• 10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Pepohonan yang terlalu rindang dengan banyak cabang akan membuat pekarangan rumah Anda terlihat tidak terawat. Karena itu, Anda perlu memotong dahannya menggunakan gergaji agar tetap rapi. Dewasa ini, terdapat gergaji tangan yang lebih ringan dan mudah digunakan. Namun, beragamnya tipe pisau dan harga gergaji tangan mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.


Kali ini, kami akan membahas cara memilih produk gergaji tangan yang berkualitas. Tidak ketinggalan, sepuluh produknya juga akan kami rekomendasikan untuk Anda. Terdapat berbagai merek, seperti IRWIN dan Krisbow. Baca terus sampai bawah, yuk!

  • Pembaharuan terakhir: 26 Februari 2020
  • 15.587 Views
Daftar isi

Apa itu gergaji tangan?

Gergaji tangan adalah alat untuk memotong beragam material seperti PVC (polyvinyl chloride), metal, dan kayu. Alat ini efektif bila mata pisaunya digerakkan dengan kecepatan tinggi. Dengan mempelajari cara memakai gergaji dengan benar, Anda dapat memotong banyak bahan yang sulit dipotong sehingga meningkatkan efisiensi kerja.


Gergaji tangan tidak membutuhkan listrik sehingga bisa Anda gunakan di mana saja. Alat yang praktis ini bisa menjadi penyelamat bagi Anda yang kesulitan memotong berbagai bahan tersebut.

Cara memilih gergaji tangan

Jangan terburu-buru membeli! Kami akan memaparkan bagaimana cara memilih gergaji tangan yang baik. Agar tidak salah pilih, simak saran-saran kami di bawah ini, yuk!

Periksa panjang pisaunya

Pisau pada gergaji tangan memiliki panjang yang berbeda-beda. Pilihlah gergaji dengan pisau yang pendek untuk pekerjaan yang membutuhkan ketelitian ekstra. Sedangkan, untuk mengerjakan material berukuran besar, pilihlah gergaji berpisau panjang. Lalu, terdapat gergaji yang panjang pisaunya bisa diatur dan ada pula ang tidak. Jadi, ketika memilih gergaji tangan, jangan lupa untuk memeriksa kemampuan dan panjang pisaunya, ya!

Periksa bentuk pisaunya

Dilihat dari bentuknya, terdapat beberapa tipe pisau pada gergaji tangan, yaitu tipe skip blade, tipe razor blade, dan tipe profile blade. Masing-masing memiliki karakteristiknya, lho! Berikut penjelasannya.

Tipe skip blade untuk memotong benda yang lunak

Tipe pisau pertama yang akan kami perkenalkan adalah tipe skip blade. Gergaji tangan dengan tipe pisau seperti ini umumnya berdesain konvensional layaknya gergaji yang biasa kita lihat. Tipe skip blade sesuai untuk memotong material yang lunak, seperti kayu atau aluminium. Bagi Anda yang biasa bekerja dengan bahan-bahan yang tidak keras, kami merekomendasikan gergaji tangan tipe ini.

Tipe razor blade untuk memotong benda yang menghasilkan serbuk gergaji

Beberapa bahan metal seperti aluminium dapat mengeluarkan serbuk gergaji ketika dipotong. Nah, gergaji tangan dengan pisau razor blade cocok untuk memotong material yang menghasilkan serbuk tersebut. Selain aluminium, pisau razor blade juga pas digunakan untuk bahan baja berkarbon tinggi dan benda berukuran kecil.

Tipe profile blade untuk memotong dan menata

Tipe profile blade untuk memotong dan menata

Pisau tipe profile sesuai untuk memotong beberapa benda sekaligus. Contohnya, bila Anda ingin memotong sejumlah potongan kayu yang berjejer dalam sekali potong. Gergaji dengan tipe pisau ini juga baik digunakan untuk benda yang mungkin bergetar ketika dipotong. Lalu, untuk memotong I steel dan H steel, gergaji tangan tipe ini juga efektif, lho!

Pilih yang suaranya tidak bising

Pilih yang suaranya tidak bising

Bergantung dari merek dan modelnya, gergaji tangan dapat mengeluarkan suara ketika digunakan. Ada yang bersuara pelan dan ada juga yang suara gesekannya cenderung bising. Pilihlah yang menghasilkan suara sekecil mungkin, terutama bila hendak Anda gunakan di malam hari. Akan tetapi, ketika membeli secara online, cukup sulit untuk mengetahui suara yang dihasilkan hanya dengan melihat fotonya. Karena itu, ceklah juga komentar dan review dari pelanggan lain, ya!

Pilih yang pisaunya bisa diganti

Pilih yang pisaunya bisa diganti

Berkat cara penggunaannya yang mudah dan pas di tangan, gergaji tangan telah menjadi andalan banyak orang selama bertahun-tahun. Dewasa ini, terdapat gergaji yang pisau penggantinya dijual secara set atau terpisah. Jika Anda menggunakan gergaji tangan untuk waktu yang singkat, fitur ini tidak begitu penting untuk dicek. Namun, bagi Anda yang akan menggunakan gergaji tangan untuk waktu yang lama, sebaiknya pilih yang pisaunya bisa diganti.

10 Rekomendasi gergaji tangan terbaik

Kami telah menyiapkan sepuluh produk gergaji tangan terbaik yang bisa Anda pilih. Jadikan produk-produk di bawah ini sebagai referensi Anda, ya!

10
Tipe pisauProfile blade
BahanStainless steel
Digunakan untukKayu
Ukuran56 cm (panjang keseluruhan) ・27 cm (panjang pisau)・29 cm (panjang gagang)
9
Tipe pisauSkip blade
BahanFiber lapis karet (gagang)
Digunakan untukKayu, chipboard
Ukuran45 cm (panjang pisau) ・50 cm (panjang keseluruhan)
8
Tipe pisauRazor blade, skip blade, profile blade
BahanChrome (frame)
Digunakan untukKeramik lantai, kayu, benda berbahan plastik atau karet, dan lain-lain
Ukuran20 x 20 x 10 cm
7
Tipe pisauProfile blade
BahanCarbonsteel
Digunakan untukKayu
Ukuran36 x 15 x 4 cm
6
Tipe pisauRazor blade
BahanSolid aluminium (frame)
Digunakan untukBesi
Ukuran12 inci (30,48 cm)
5
Tipe pisauSkip blade
BahanSK-85 (jenis baja)
Digunakan untukHard wood, plastik
Ukuran27 cm (panjang pisau)・0,03 cm (ketebalan pisau)
4
Tipe pisauRazor blade
BahanAluminium alloy, carbonsteel
Digunakan untukBesi, logam, pipa plastik
Ukuran40 x 20 x 3,5 cm
3

TakagiShark Saw Series Pull Saw Double Edge Fine-Cut Saw

Rp 456.000,00

Tipe pisauSkip blade, profile blade
BahanSK-85 (jenis baja)
Digunakan untukHard wood, plastik
Ukuran24 cm (panjang pisau)・0,5 cm (ketebalan pisau)
2
Tipe pisauProfile blade
BahanChromium-vanadium steel
Digunakan untukKayu
Ukuran18 inci (45,72 cm)
1
Tipe pisauProfile blade
BahanProTouch™ Handle (gagang)
Digunakan untukKayu
Ukuran38,1 cm (panjang pisau)

Tabel perbandingan produk gergaji tangan terbaik

Gambar produk
1
IRWIN 15" ProTouch™ Coarse Cut Saw 1

IRWIN

2
Tekiro Tools Gergaji Kayu 3 Mata 18 Inch 1

Tekiro Tools

3
Takagi Shark Saw Series Pull Saw Double Edge Fine-Cut Saw 1

Takagi

4
Krisbow Hacksaw Frame 12Inc 2-Angle 1

Krisbow

5
Takagi Shark Saw Series Pull Saw Extra Fine-Cut Saw 1

Takagi

6
Tekiro Tools Gergaji Besi 1

Tekiro Tools

7
Krisbow Handsaw 16Inc Foldable Type 1

Krisbow

8
Goto Hardware Magic Saw 3 Way Blade 1

Goto Hardware

9
Palazzo Hand Saw 450 mm 1

Palazzo

10
Gergaji Lipat Portable 1

Nama produk

15" ProTouch™ Coarse Cut Saw

Gergaji Kayu 3 Mata 18 Inch

Shark Saw Series Pull Saw Double Edge Fine-Cut Saw

Hacksaw Frame 12Inc 2-Angle

Shark Saw Series Pull Saw Extra Fine-Cut Saw

Gergaji Besi

Handsaw 16Inc Foldable Type

Magic Saw 3 Way Blade

Hand Saw 450 mm

Gergaji Lipat Portable

Keunggulan

Memotong lebih cepat dengan teknologinya yang canggih

Gergaji dengan gerigi kuat dan antirusak

Memotong dengan berbagai teknik kini lebih mudah

Hasil potongan lebih rapi dan halus

Lebih sedikit bahan yang terbuang dengan extra fine cut

Lebih tahan lama dengan pisau yang removable

Pekerjaan lebih mudah dengan gergaji ekstra ringan

Lengkap dengan tiga tipe pisau dalam satu set gergaji

Memotong lebih presisi dengan penggaris di atasnya

Portabel dan aman di bawa kemana-mana

HargaRp 465.000,00Rp 85.800,00Rp 456.000,00Rp 98.175,00Rp 441.000,00Rp 92.660,00Rp 73.865,00Rp 31.500,00Rp 17.500,00Rp 18.000,00
Tipe pisauProfile bladeProfile bladeSkip blade, profile bladeRazor bladeSkip bladeRazor bladeProfile bladeRazor blade, skip blade, profile bladeSkip bladeProfile blade
BahanProTouch™ Handle (gagang)Chromium-vanadium steelSK-85 (jenis baja)Aluminium alloy, carbonsteelSK-85 (jenis baja)Solid aluminium (frame)CarbonsteelChrome (frame)Fiber lapis karet (gagang)Stainless steel
Digunakan untukKayuKayuHard wood, plastikBesi, logam, pipa plastikHard wood, plastikBesiKayuKeramik lantai, kayu, benda berbahan plastik atau karet, dan lain-lainKayu, chipboardKayu
Ukuran38,1 cm (panjang pisau)18 inci (45,72 cm)24 cm (panjang pisau)・0,5 cm (ketebalan pisau)40 x 20 x 3,5 cm27 cm (panjang pisau)・0,03 cm (ketebalan pisau)12 inci (30,48 cm)36 x 15 x 4 cm20 x 20 x 10 cm45 cm (panjang pisau) ・50 cm (panjang keseluruhan)56 cm (panjang keseluruhan) ・27 cm (panjang pisau)・29 cm (panjang gagang)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk alat pertukangan lainnya di sini!

Agar dapat membuat karya yang mumpuni, tentu gergaji tangan saja tidak cukup. Anda masih membutuhkan alat-alat pertukangan lainnya untuk menyempurnakannya. Kami punya beberapa rekomendasinya di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana ulasan kami mengenai produk gergaji tangan terbaik? Apakah Anda sudah menemukan produk yang cocok untuk karya Anda selanjutnya? Dewasa ini, sudah banyak gergaji tangan yang ringan dan mudah digunakan oleh siapa saja. Desain gergaji tangan pun sudah semakin beragam, lho. Cocok sekali bagi Anda yang menggemari DIY (do-it-yourself). Semoga karya ciptaan Anda dapat selesai dengan mengesankan, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bor listrik saat ini bukanlah merupakan perkakas khusus untuk tukang saja. Mesin bor merupakan alat yang sangat berguna untuk memasang lukisan, pigura, atau dekorasi lain di rumah Anda. Alat ini juga penting bagi Anda yang suka mengerjakan kerajinan tangan atau proyek Do It Yourself (DIY).Ada berbagai merek bor listrik di pasaran: Bosch, Makita, Black & Decker, dan banyak lainnya. Ada bor listrik untuk profesional dan ada juga untuk pemula. Artikel ini akan sangat berguna bagi Anda untuk memilih bor listrik. Selain itu, kami juga memberi 10 rekomendasi bor listrik terbaik untuk Anda. Mari disimak!
    DIY & tools
    110.981 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    Lem untuk logam digunakan untuk merekatkan benda yang terbuat dari logam. Bila Anda menggunakan lem lain, logam mungkin dapat melekat, tetapi mungkin kurang kuat dibanding memakai lem logam. Pada saat membeli, Anda mungkin bingung memilih di antara banyaknya merek. Masing-masing produk memiliki karakteristik tersendiri, misalnya tahan panas, tahan air, dan tahan guncangan.Melalui artikel ini, kami akan membahas mengenai cara memilih lem untuk logam dan juga memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih. Merek yang sudah populer seperti Aica-Aibon, UHU, Loctite, dan Dextone pun ada, lho. Selamat membaca!
    DIY & tools
    81.877 Views
  • 10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Impact wrench atau pembuka baut digunakan untuk mengencangkan mur dan baut serta untuk mengganti roda. Anda akan menemukan impact wrench keluaran Bosch, Hitachi, Stanley, dan sebagainya yang berbeda spesifikasi dan harga. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi impact wrench terbaik.Sebenarnya ada juga impact wrench yang dapat Anda hubungkan dengan kompresor. Namun, kali ini kami akan membatasi hanya pada tipe pembuka baut elektrik saja. Tidak ada salahnya Anda membeli impact wrench karena alat ini akan sangat memudahkan pekerjaan Anda, lho!
    DIY & tools
    32.825 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika Anda menyekrup bagian yang tebal saat merangkai produk furnitur, Anda akan kesulitan melakukannya bila hanya menggunakan obeng. Pada saat itulah sebaiknya Anda gunakan mesin bor beton atau biasa disebut impact drill. Banyaknya merek impact drill seperti Makita, Bosch, Hitachi, atau DeWALT di pasaran bisa saja membuat Anda bingung memilih.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi mesin bor beton terbaik. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda satu sama lain. Kami harap Anda dapat menemukan mesin bor beton yang akan membantu pekerjaan Anda melalui artikel ini. Selamat membaca!
    DIY & tools
    48.432 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lem kuat atau lem super dapat melekatkan berbagai permukaan benda dengan erat. Lem ini adalah sahabat bagi Anda yang gemar membuat kerajinan tangan DIY (do-it-yourself) atau sekadar untuk memperbaiki bagian barang. Namun, terdapat banyak merek dan tipe lem kuat di pasaran. Tahukah Anda produk seperti apa yang berkualitas?Kami telah mengumpulkan informasi mengenai lem kuat dengan performa baik dan ramah di kantong. Kami juga akan memaparkan tips menggunakannya. Terdapat berbagai merek, seperti UHU dan Aica-Aibon. Temukan produk yang paling pas dengan tujuan penggunaan Anda!
    DIY & tools
    23.299 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mesin gergaji atau saw machine adalah gergaji yang bekerja secara otomatis sehingga lebih praktis dibandingkan dengan gergaji manual. Mesin gergaji tersedia dalam berbagai merek, seperti Bosch, Hitachi, dan Stanley Steel yang masing-masing punya karakteristik tersendiri sehingga seringkali membuat bingung saat ingin membelinya.Pada artikel kali ini kami akan membantu Anda dengan memberi tips mengenai hal-hal yang perlu diketahui saat memilih mesin gergaji. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    DIY & tools
    30.794 Views
  • 10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebuah pH meter dapat mengukur tingkat keasaman lebih akurat dibandingkan kertas lakmus. pH meter dengan berbagai jenis dan fungsi sudah banyak dijual di pasaran, apalagi yang harganya terjangkau. Dari segi jenisnya, ada pH meter tipe compact dan handy. Sementara, dari penggunaannya, ada pH meter untuk cairan dan ada yang untuk tanah.Anda kesulitan mencari pH meter yang sesuai kebutuhan? Di artikel ini, kami akan membagikan tips memilih pH meter yang baik. Selain itu, kami juga merekomendasikan beberapa produk dari merek terbaik, seperti Horiba, Hanna Instrument, atau Thermo Scientific!
    DIY & tools
    6.167 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori