1. TOP
  2. >
  3. DIY & tools
  4. >
  5. Power tools
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Pepohonan yang terlalu rindang dengan banyak cabang akan membuat pekarangan rumah Anda terlihat tidak terawat. Karena itu, Anda perlu memotong dahannya menggunakan gergaji agar tetap rapi. Dewasa ini, terdapat gergaji tangan yang ringan dan mudah digunakan. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran barangkali membuat Anda bingung dalam memilihnya.


Kali ini, kami akan membahas cara memilih gergaji tangan yang bagus. Berbagai merek gergaji tangan terbaik, seperti Tekiro Tools dan Carl Schlieper atau Cap Mata ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai habis jika Anda ingin mendapatkan gergaji tangan terbaik.

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa itu gergaji tangan?

Apa itu gergaji tangan?

Gergaji tangan adalah perkakas berupa besi atau baja tipis bergigi tajam yang berguna untuk membelah atau memotong benda. Gergaji tangan sangat efektif untuk memotong beragam material, seperti kayu, PVC (polyvinyl chloride), metal, aluminium, besi, dan lain-lain.


Alat ini bisa berfungsi bila mata pisaunya digerakkan dengan tangan dalam kecepatan tinggi. Dengan gergaji tangan, Anda dapat memotong banyak bahan yang sulit dipotong sehingga meningkatkan efisiensi kerja.


Pengoperasian gergaji ini manual dengan tangan dan tidak membutuhkan listrik sehingga bisa Anda gunakan di mana saja. Alat yang praktis ini bisa menjadi penyelamat bagi Anda yang kesulitan memotong berbagai bahan.

Cara memilih gergaji tangan

Sebelum menentukan gergaji tangan terbaik, Anda harus memilihnya dengan cermat. Beberapa hal yang patut Anda perhatikan dalam memilih gergaji tangan yang bagus adalah panjang pisau, tipe pisau, hingga pilihan removable pisaunya. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

① Periksa panjang pisaunya, pastikan sesuai objek yang ingin Anda gergaji

Periksa panjang pisaunya, pastikan sesuai objek yang ingin Anda gergaji

Panjang pisau pada gergaji tangan diukur hanya dari pisaunya saja, tidak termasuk gagang atau frame. Panjangnya pun berbeda-beda. Ada dua ukuran pisau gergaji tangan yang biasanya beredar di pasaran. Ukuran pisau tersebut adalah:


  • Pendek, untuk gergaji tangan yang memiliki panjang pisau tak lebih dari 12 inci atau di bawah 30,48 cm. Gergaji dengan pisau pendek ini cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan ketelitian ekstra. Anda bisa memotong benda-benda yang tergolong kecil atau berdiameter tipis, seperti besi beton, ranting kecil, dan pipa.


  • Panjang, untuk gergaji tangan yang memiliki panjang pisau lebih dari 12 inci atau di atas 30,48 cm. Gergaji dengan pisau panjang ini cocok untuk memotong material berukuran besar. Anda bisa memotong benda-benda berukuran besar, seperti balok kayu, tripleks, batang pohon, dan benda ukuran besar lainnya. 


Selain itu, ada pula gergaji tangan yang panjang pisaunya bisa diatur dan ada pula yang tidak. Gergaji tersebut lebih memudahkan Anda dalam memotong benda yang beragam ukurannya. Pastikan Anda memeriksa dengan cermat panjang pisau gergaji tangan yang ingin Anda beli.

② Cek bentuk pisaunya, pastikan sesuai jenis bahan yang ingin Anda gergaji

Dilihat dari bentuk pisaunya, terdapat beberapa tipe pada gergaji tangan, yaitu rip saw dan crosscut saw. Masing-masing memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya.

Rip saw, efektif memotong benda yang tergolong lunak

Rip saw, efektif memotong benda yang tergolong lunak

Gergaji dengan tipe rip saw disebut juga sebagai gergaji belah. Pisau gergaji tipe ini biasanya memiliki gigi atau mata gergaji yang besar dan kasar.


Jarak antargiginya juga renggang sehingga cocok untuk memotong kayu yang tebal. Mata gergaji tersebut didesain untuk memotong kayu dengan jalur urat atau serat kayu yang searah sehingga mudah terbelah.


Tipe ini sangat efektif digunakan untuk membelah benda yang tergolong lunak, seperti batang pohon, dahan, dan balok kayu. Pisau gergaji tipe ini tidak bisa diganti sehingga Anda perlu mengasah pisaunya jika gergaji sudah tidak tajam.

Crosscut saw, efektif memotong benda yang cenderung keras

Crosscut saw, efektif memotong benda yang cenderung keras

Gergaji tangan dengan tipe crosscut saw disebut juga sebagai gergaji potong. Pisau gergaji tipe ini biasanya memiliki gigi atau mata gergaji yang lebih halus dan rapat. Mata gergaji yang rapat tersebut didesain untuk memotong kayu dengan jalur urat atau serat kayu secara melintang.


Gergaji ini juga efektif untuk memotong berbagai benda yang cenderung keras, seperti pipa, plastik, besi, baja, dan logam lainnya. Jika pisau gergaji sudah tidak tajam, Anda bisa menggantinya sehingga gergaji tipe ini cocok untuk penggunaan yang lama.

③ Pilih gergaji tiga mata untuk pekerjaan memotong benda yang lebih cepat

Pilih gergaji tiga mata untuk pekerjaan memotong benda yang lebih cepat

Jika biasanya gergaji tangan memiliki dua mata pisau pada tiap giginya, gergaji tipe ini memiliki tiga mata. Bagi Anda yang menginginkan pekerjaan memotong yang lebih cepat, pilih gergaji tiga mata atau hand saw 3-edge teeth.


Perbedaan tersebut ada pada ujung giginya. Gergaji tangan tiga mata memiliki satu mata pisau ekstra di ujung giginya. Dengan tiga mata pisau tersebut, pekerjaan memotong benda jadi lebih cepat dibanding dengan gergaji dua mata.

④ Pertimbangkan gergaji tangan yang pisaunya bisa diganti

Pertimbangkan gergaji tangan yang pisaunya bisa diganti

Berkat penggunaannya yang mudah dan pas di tangan, gergaji tangan telah menjadi andalan banyak orang selama bertahun-tahun. Dewasa ini, terdapat gergaji yang pisau penggantinya dijual secara set atau terpisah.


Jika Anda menggunakan gergaji tangan untuk waktu yang singkat, fitur ini tidak begitu penting untuk dicek. Namun, bagi Anda yang akan menggunakan gergaji tangan untuk waktu yang lama, sebaiknya pilih yang pisaunya bisa diganti.

⑤ Lebih baik memilih gergaji tangan yang tidak menimbulkan bising

Lebih baik memilih gergaji tangan yang tidak menimbulkan bising

Bergantung dari merek dan modelnya, gergaji tangan dapat mengeluarkan suara ketika digunakan. Ada yang bersuara pelan dan ada juga yang suara gesekannya cenderung bising. Pilihlah yang menghasilkan suara sekecil mungkin, terutama bila hendak Anda gunakan pada malam hari.


Akan tetapi, ketika membeli secara online, akan cukup sulit untuk mengetahui suara yang dihasilkan hanya dengan melihat fotonya. Karena itu, Anda bisa membaca komentar dan review dari pelanggan lain di marketplace. Anda juga bisa bertanya langsung ke tokonya melalui fitur chat toko di marketplace.

10 Rekomendasi gergaji tangan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gergaji tangan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Goto Hardware

Multifunction Magic Saw

Goto Hardware Multifunction Magic Saw 1枚目

Gergaji multifungsi dalam kemasan satu set

2

Gergaji Lipat Portable

 Gergaji Lipat Portable 1枚目

Gergaji portabel yang aman di bawa ke mana-mana

3

GODWIN

Gergaji Tangan 3 Mata

GODWIN Gergaji Tangan 3 Mata 1枚目

Pekerjaan memotong jadi lebih cepat dengan gergaji tiga mata

4

Madico

Pruning Saw

Madico Pruning Saw 1枚目

Dua mata pisaunya lebih presisi karena diasah dengan mesin

5

Carl Schlieper

Gergaji Kayu Tjap Mata

Carl Schlieper Gergaji Kayu Tjap Mata 1枚目

Tampil gagah dan bersahaja dengan gergaji yang terkenal ketajaman dan keawetannya

6

Camel

14 Inch Hand Compass Saw Teflon

Camel 14 Inch Hand Compass Saw Teflon 1枚目

Lancip dan panjang untuk memotong bagian yang sulit dijangkau

7

Tekiro Tools

Gergaji Kayu 3 Mata 18 Inch

Tekiro Tools Gergaji Kayu 3 Mata 18 Inch 1枚目

Gergaji dengan gerigi kuat dan antirusak

8

Gergaji Jepang Ryoba

 Gergaji Jepang Ryoba 1枚目

Fleksibel, bisa untuk rip cut atau cross cut

9

Palazzo

Hand Saw 450 mm

Palazzo Hand Saw 450 mm 1枚目

Memotong lebih presisi dengan penggaris di atasnya

10

Tekiro Tools

Gergaji Besi

Tekiro Tools Gergaji Besi 1枚目

Lebih tahan lama dengan pisau yang removable

Perincian produk
Close
No.1

Goto HardwareMultifunction Magic Saw

Mulai dari Rp31.500,00

Gergaji multifungsi dalam kemasan satu set

Belum bisa menentukan tipe pisau mana yang ingin Anda beli atau ingin gergaji multifungsi? Nah, kami punya produk yang cocok untuk Anda. Gergaji tangan ini dilengkapi dengan dua tipe pisau sekaligus dalam satu produk. Mata gergaji juga mudah diatur sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan segala kebutuhan.


Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya secara fleksibel untuk memotong berbagai material. Kayu, pipa besi, pipa PVC atau paralon, aluminium, hingga keramik lantai dapat terpotong dengan mudah dengan gergaji ini.

No.2

Gergaji Lipat Portable

Mulai dari Rp18.000,00

Gergaji portabel yang aman di bawa ke mana-mana

Perlu bekerja dengan membawa gergaji ke mana saja? Kini, Anda bisa membawa gergaji dengan lebih aman berkat gergaji lipat ini. Dalam keadaan terlipat, Anda tak perlu khawatir membawa gergaji ini karena sudah dilengkapi case.


Gergaji ini lebih aman ketika disimpan di dalam tas karena tidak akan mengenasi barang lainnya. Namun, jangan lupa untuk selalu meletakkannya di tempat yang tidak terjangkau si kecil, ya!

No.3

GODWINGergaji Tangan 3 Mata

Mulai dari Rp72.500,00

Pekerjaan memotong jadi lebih cepat dengan gergaji tiga mata

Jika Anda ingin pekerjaan yang lebih cepat dalam memotong, gunakan gergaji yang memiliki tiga mata pisau. Gergaji dengan tiga mata pisau dinilai lebih cepat dalam memotong dibanding gergaji dua mata pisau, seperti halnya gergaji Godwin.


Gergaji ini didesain khusus dengan tujuh mata gerigi tiap satu incinya sehingga pekerjaan Anda agar lebih cepat dan efisien. Selain kayu, gergaji ini juga pas untuk memotong pipa PVC atau besi yang tidak dikeraskan.

No.4

Dua mata pisaunya lebih presisi karena diasah dengan mesin

Gergaji ini dibuat dari bahan baja tipe Manganese 65 yang sangat tajam dan kuat untuk memotong kayu. Gergaji ini memiliki dua mata pisau yang sudah diasah dengan mesin sehingga presisi di tiap mata gigi.


Desain gergaji ini sangat ergonomis dengan pegangan yang kukuh dan nyaman digenggam. Miliki produk ini untuk hasil pemotongan yang halus dan memuaskan.

No.5

Carl SchlieperGergaji Kayu Tjap Mata

Mulai dari Rp67.500,00

Tampil gagah dan bersahaja dengan gergaji yang terkenal ketajaman dan keawetannya

Gergaji Carl Schlieper merek dari Jerman ini dikenal sebagai gergaji kayu Cap Mata. Gergaji ini sudah tak asing di dunia pertukangan karena terkenal ketajaman dan keawetannya. Kualitas gergaji ini di atas standar pekerja bangunan karena memiliki mata gergaji yang sangat tajam. Gagang terbuat dari kayu yang dapat membuat Anda nyaman menggunakannya.


Dari segi desain, mata gergaji ini tampil gagah dengan logo Carl Sclieper. Gagangnya terlihat elegan dengan bahan berkualitas dan sentuhan hitam polos dibalut warna emas merek dan logo. Dengan gergaji ini, Anda akan tampil lebih gagah dan bersahaja.

No.6

Camel14 Inch Hand Compass Saw Teflon

Mulai dari Rp30.000,00

Lancip dan panjang untuk memotong bagian yang sulit dijangkau

Gergaji merek Camel ini didesain untuk menjangkau area-area yang sulit, seperti kolong atau bagian yang mepet tembok. Pisaunya yang lancip dan panjang bisa memotong sambil merogoh benda yang sulit dijangkau.


Kikirnya dibuat dari mesin sehingga lebih rapi dan tajam. Untuk Anda yang ingin memotong benda-benda di area sempit atau sulit dijangkau, gergaji ini adalah jawabannya.

No.7

Tekiro ToolsGergaji Kayu 3 Mata 18 InchGT-HS1556

Mulai dari Rp85.800,00

Gergaji dengan gerigi kuat dan antirusak

Gergaji tangan biasa digunakan untuk memotong benda-benda yang keras. Gesekkan dengan benda-benda tersebut bisa saja menyebabkan gerigi pada gergaji rusak. Namun, lain halnya dengan gergaji keluaran Tekiro ini. 


Ujung geriginya keras hanya pada bagian yang digunakan memotong, sedangkan inti geriginya tetap soft untuk menghindari kerusakan. Dengan gergaji ini, Anda bisa menggergaji material dengan lebih mantap dengan gergaji yang durable! Menariknya lagi, gergaji ini juga tahan karat.

No.8

Fleksibel, bisa untuk rip cut atau cross cut

Gergaji Jepang ini memiliki dua sisi pisau. Satu sisi untuk membelah (rip cut), sedangkan sisi lainnya untuk memotong (cross cut). Gergaji ini juga memiliki dua mata pisau (double edge) yang diperkeras dengan metode impulse hardening 65HRC. Hal tersebut menjadikan gergaji ini lebih tajam dan tahan lama dibanding lainnya.


Pisau gergaji ini sangat tipis dan agresif sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk memotong. Pisau gergaji ini juga bisa diganti sehingga gergaji ini akan awet di tangan Anda. Produk ini cocok digunakan untuk memotong kayu untuk hasil yang lebih halus dan presisi.

No.9

Memotong lebih presisi dengan penggaris di atasnya

Ketika ingin memotong benda, tentu Anda perlu mengukur panjangnya menggunakan penggaris terlebih dahulu. Agar lebih praktis, lebih baik menggunakan gergaji Palazzo. Pasalnya gergaji ini sudah dilengkapi penggaris di sisi atasnya.


Dengan demikian, Anda bisa memotong benda dengan lebih presisi menggunakan penggaris di gergaji ini. Hal tersebut akan menghemat waktu dan pengeluaran karena Anda tidak perlu lagi membeli penggaris industrial use secara terpisah.

No.10

Tekiro ToolsGergaji BesiGT-HS1623

Mulai dari Rp92.660,00

Lebih tahan lama dengan pisau yang removable

Gergaji merek Tekiro ini sudah memenuhi standar JIS (Japan Industrial Standard) sehingga kualitasnya terpercaya. Pilihlah gergaji ini jika Anda ingin memiliki gergaji yang awet. Selain awet, pisau gergaji ini bisa dilepas dan diganti dengan yang baru.


Kelengkapan pisaunya pun dapat dengan mudah Anda temui di marketplace. Gergaji ini memiliki dua macam pegangan sehingga bisa disesuaikan dengan kenyamanan Anda. Anda bisa menggunakan gergaji ini untuk memotong dengan sudut 45 dan 90 derajat.

Baca juga rekomendasi produk alat pertukangan lainnya di sini

Agar dapat membuat karya yang mumpuni, tentu gergaji tangan saja tidak cukup. Anda masih membutuhkan alat-alat pertukangan lainnya untuk menyempurnakannya. Kami punya beberapa rekomendasinya di bawah ini!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Anda pasti sudah menemukan produk gergaji tangan terbaik. Gergaji tangan cocok sekali bagi Anda yang menggemari DIY (do-it-yourself). Anda bisa dengan mudah merapikan atau membuat karya yang mengesankan dengan gergaji tangan.

Dewasa ini, sudah banyak gergaji tangan yang ringan dan mudah digunakan oleh siapa saja. Desain gergaji tangan pun sudah semakin beragam. Semoga Anda menemukan gergaji tangan terbaik yang dapat membantu Anda membuat karya yang mengesankan.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer