• 10 Eye Mask Terbaik untuk Hilangkan Mata Panda - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Eye Mask Terbaik untuk Hilangkan Mata Panda - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Eye Mask Terbaik untuk Hilangkan Mata Panda - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Eye Mask Terbaik untuk Hilangkan Mata Panda - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Eye Mask Terbaik untuk Hilangkan Mata Panda - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Eye Mask Terbaik untuk Hilangkan Mata Panda - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)

Mata panda atau lingkaran di bawah mata sering kali muncul karena berbagai faktor, mulai dari kurang tidur sampai penuaan kulit. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan eye mask. Di pasaran, terdapat berbagai produk eye mask yang bagus untuk menghilangkan mata panda.


Agar Anda tidak bingung, kami akan membagikan tips memilih masker mata yang tepat untuk Anda. Temukan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti LANEIGE, Etude House, L'Occitane, dan Estee Lauder. Anda juga bisa membaca tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Selamat menyimak!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dessy Esa S.
  • Pembaharuan terakhir: 22 September 2021
Daftar isi

Profil pakar: Certified aesthetic doctor dan cosmetologist dr. Dessy Esa S.

Profil pakar: Certified aesthetic doctor dan cosmetologist dr. Dessy Esa S.

Dokter Dessy merupakan seorang dokter praktisi estetik atau kecantikan yang aktif sejak 2016. Ia memiliki passion di bidang botox, filler, dan thread lift. Dessy memilih kariernya karena kecintaannya dengan dunia kecantikan.


Berbekal pengetahuan di bidang beauty, Dokter Dessy juga sering membagikan informasi mengenai skincare dan makeup melalui Instagram-nya. Selain aktif praktik, Dokter Dessy juga menjalankan bisnis di bidang skincare yaitu di Utsukushii Skin Center Bandung.

Apa penyebab mata panda?

Apa penyebab mata panda?

Mata panda merupakan kondisi di mana terdapat lingkaran hitam di bawah mata Anda. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang membuat area di bawah mata menghitam.


  • Kurang tidur dapat menyebabkan mata panda, tetapi kondisi ini hanya bersifat sementara. Ketika jam tidur Anda berkurang, darah tidak dapat mengalir dengan baik sehingga terkumpul di bawah mata. Kulit di sekitar mata yang sangat tipis membuat kumpulan aliran darah tersebut terlihat menghitam. Jika jam tidur Anda sudah normal kembali, lingkaran hitam tersebut akan hilang dengan sendirinya.
  • Terlalu sering menatap monitor atau smartphone dalam jangka waktu yang lama juga dapat memicu munculnya mata panda. Kebiasaan ini membuat mata menjadi tegang dan pembuluh darah di sekitarnya membesar sehingga kulit di sekitar mata menghitam. 
  • Pertambahan usia juga bisa menyebabkan mata panda. Bertambahnya usia menyebabkan elastisitas kulit berkurang sehingga pembuluh darah di bawah mata makin terlihat jelas.
  • Alergi juga bisa menyebabkan mata panda. Saat Anda mengalami alergi, akan terjadi hiperpigmentasi sehingga area sekitar mata jadi menggelap. Selain itu, mata panda dapat muncul karena dehidrasi ringan, hidung tersumbat, anemia, dan kehamilan. Masih banyak hal lain yang dapat memicu munculnya mata panda, seperti faktor genetik, paparan sinar UV, serta konsumsi alkohol dan kafein berlebih. 

Mata panda dapat dihilangkan dengan cara sederhana, antara lain memperbaiki jam tidur, mengompres mata, mencukupi kebutuhan air harian, serta menghindari kafein dan alkohol. Untuk membantu mengurangi tampilan mata panda, Anda bisa menggunakan eye mask, eye cream, dan tabir surya. Di samping itu, hindarilah menggosok mata karena akan membuat kulit iritasi.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Mata panda adalah penampakan lingkaran gelap di sekitar mata yang diakibatkan oleh banyak faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah alergi, dermatitis atopik, dermatitis kontak, kelelahan, rhinitis alergi, genetik, paparan sinar matahari, dan penuaan kulit.


Apabila penyebabnya dari dalam, misalnya akibat penyakit seperti dermatitis dan alergi, mata panda akan sedikit lebih sulit ditangani. Sebaliknya apabila penyebabnya dari luar seperti gaya hidup dan kebiasaan,mata panda bisa lebih mudah dan cepat untuk ditangani.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih eye mask untuk hilangkan mata panda

Berbagai produk eye mask dapat Anda temui di pasaran. Tips berikut ini akan membantu Anda menemukan produk eye mask yang tepat untuk Anda. Baca secara saksama, ya.

Pilih bahan aktif sesuai penyebab mata panda

Pemilihan bahan aktif dalam eye mask yang sesuai dengan penyebab mata panda akan memberikan efek yang maksimal untuk Anda. Berikut ini adalah beberapa bahan aktif yang dapat mengatasi mata panda sesuai dengan penyebabnya.

Kolagen dan hyaluronic acid untuk mata panda karena usia

Kolagen dan hyaluronic acid untuk mata panda karena usia

Pertambahan usia membuat kulit di bawah mata makin menipis. Dengan demikian, pembuluh darah jadi lebih terlihat dan kantong mata pun muncul. Jika Anda mengalami mata panda seiring dengan pertambahan usia, pilihlah eye mask yang mengandung kolagen dan hyaluronic acid atau asam hialuronat. 


Kolagen berfungsi untuk mengencangkan kulit Anda, sedangkan hyaluronic acid membantu pembentukan kolagen pada kulit. Menggunakan eye mask yang mengandung kedua bahan ini akan membantu mengencangkan kulit di bawah mata serta mengurangi tampilan kantong mata. Di samping itu, hyaluronic acid juga bersifat sebagai anti-inflamasi.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Masalah sekitar mata ada yang bisa dikoreksi dengan skincare dan makeup. Namun, ada juga yang memerlukan tindakan medis. Bila masalah mata panda karena usia, Anda bisa menggunakan skincare seperti eye cream atau eye serum. Pilihlah produk yang mengandung pelembap dan brightening agent, seperti kolagen, hyaluronic acid, vitamin C, arbutin, dan niacinamide.


Menggunakan pelembap di sekitar mata juga dapat membuat kerutan halus membaik serta mata tampak segar. Moisturizing agent pada eye cream atau eye serum juga dapat membantu Anda mengatasi masalah mata sembap atau eye puffiness. Namun, bila masalah Anda adalah mata berkantong, Anda mungkin perlu prosedur bedah untuk mengatasi masalah tersebut.

Kafein untuk mata yang lelah

Kafein untuk mata yang lelah

Mata panda juga dapat disebabkan karena kurang tidur dan rasa lelah pada mata. Untuk masalah ini, Anda dapat menggunakan eye mask yang mengandung kafein. Kafein dapat membantu mencerahkan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati.


Selain mencerahkan warna kulit, kafein dapat membuat daerah di sekitar mata lebih relaks sehingga mata menjadi lebih segar dan tidak sembap. Di samping kafein murni, Anda dapat memilih kandungan ekstrak daun teh atau Camellia sinensis. Meskipun sedikit, daun teh juga mengandung kafein.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Kafein sudah terkenal dan banyak digunakan di dunia skincare. Berikut ini adalah beberapa manfaat kafein:


  1. Memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. 
  2. Terbukti mampu melawan tanda penuaan pada kulit sehingga menyamarkan kerutan pada wajah. 
  3. Dapat memberikan efek brightening untuk membantu mencerahkan lingkaran mata yang gelap.
  4. Memiliki sifat anti-inflamasi atau antiperadangan sehingga dapat meringankan mata yang sembap. 

Namun, perlu diingat bahwa selain menggunakan skincare, tidur yang cukup juga dapat memberikan efek yang baik pada kulit sekitar mata.

Allantoin untuk alergi di area sekitar mata

Allantoin untuk alergi di area sekitar mata

Alergi di area sekitar mata bisa terjadi karena penggunaan kosmetik atau skincare yang tidak sesuai atau karena faktor lainnya. Alergi dapat menyebabkan kulit di bawah mata Anda menghitam dan membengkak. 


Agar alergi Anda mereda, pilihlah bahan allantoin yang memiliki sifat anti-inflamasi. Selain allantoin, Anda juga dapat memilih eye mask yang mengandung Aloe vera. Sifat Aloe vera yang mendinginkan dapat membuat iritasi lebih cepat mereda.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Allantoin juga dikenal dengan sebutan aluminum dihydroxy allantoinate. Zat ini berasal dari ekstrak tanaman komfrey yang tumbuh pada iklim sedang di Asia dan Eropa. Allantoin memiliki sifat menenangkan atau soothing dan memiliki efek wound healing


Selama berabad-abad, allantoin digunakan untuk membantu penyembuhan luka kulit ringan dan juga reaksi peradangan. Peradangan yang terjadi pada sekitar mata bisa membuat mata menjadi sembap sehingga allantoin merupakan bahan yang baik untuk dijadikan eye cream atau eye serum.

Niacinamide untuk hilangkan dark circle membandel

Niacinamide untuk hilangkan dark circle membandel

Jika Anda memiliki dark circle yang membandel, cobalah eye mask dengan kandungan niacinamide. Niacinamide atau vitamin B3 memang sudah dikenal dapat mencerahkan warna kulit. Di samping itu, niacinamide juga dapat mengencangkan kulit di area sekitar mata.


Kandungan lain yang juga dapat mencerahkan kulit adalah antioksidan dan vitamin C. Antioksidan dapat Anda peroleh dari eye mask yang kaya akan ekstrak tumbuh-tumbuhan.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Dark circle di bawah mata bisa dikoreksi dengan menggunakan skincare khusus mata yang mengandung brightening agent. Salah satu kandungan yang dimaksud adalah niacinamide. Niacinamide atau vitamin B3 dapat memperbaiki DNA yang rusak akibat efek dari paparan sinar UV matahari terhadap kulit.


Tidak hanya itu, niacinamide juga memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi kemerahan serta mencerahkan kulit. Oleh sebab itu, niacinamide sangat baik untuk diformulasikan ke dalam eye serum atau eye cream.

Pilih eye mask yang mengandung pelembap

Pilih eye mask yang mengandung pelembap

Selain memperhatikan bahan aktifnya, Anda juga perlu memilih eye mask yang mengandung pelembap. Kandungan pelembap pada eye mask sangat membantu membuat kulit Anda lebih kenyal, juga menjaga dari kemungkinan munculnya kerutan.


Castor oil, Aloe vera, dan snail secretion filtrate merupakan contoh kandungan pelembap yang dapat Anda temui dalam eye mask. Kulit di bawah mata Anda akan lebih terhidrasi sehingga pembuluh darah Anda lebih rileks.

Pilih jenis eye mask yang nyaman digunakan

Terdapat 2 jenis eye mask yang dapat mengatasi mata panda yaitu sleeping mask dan eye patch. Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing. Pada poin berikutnya, kami akan menjelaskan keunggulan masing-masing jenis eye mask.

Sleeping mask, untuk efek lembap di pagi hari

Sleeping mask adalah masker yang Anda pakai sepanjang malam saat sedang tidur. Anda tidak perlu khawatir karena masker ini aman untuk diaplikasikan pada kulit di bagian bawah mata. 


Menggunakan sleeping mask akan membantu proses regenerasi kulit sehingga keesokan harinya Anda akan bangun dengan tampilan mata yang lebih segar. Jika Anda memiliki banyak aktivitas di pagi hari, Anda dapat menggunakan sleeping mask agar mata Anda selalu terlihat fresh.

Eye patch, menyegarkan dalam sekejap

Eye patch merupakan sheet mask berbentuk bulan sabit. Dengan bentuk ini, eye patch jadi pas saat digunakan di bagian bawah mata. Berbeda dengan sleeping mask, eye patch hanya dipakai dalam beberapa menit saja sesuai dengan petunjuk penggunaan. Kandungan essence yang kaya di dalamnya membuat area di sekitar mata terasa lebih segar dalam sekejap.


Eye patch sendiri memiliki 2 jenis bahan, hydrogel dan fabric. Eye patch dari bahan hydrogel tidak dibasahi dengan essence karena di dalamnya langsung mengandung bahan aktif. Bentuk hydrogel juga lebih dapat merekat di kulit Anda. 


Sementara itu, eye patch dengan bahan fabrics dirancang agar lebih lembut di kulit Anda. Eye patch ini menggunakan tambahan essence. Jika essence-nya berlebih, Anda dapat mengaplikasikannya langsung ke kulit Anda.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Eye patch adalah salah satu inovasi terbaru dari perawatan wajah. Adanya patch yang dapat menempel di kulit bawah mata Anda membuat penggunaan produk ini menjadi lebih efisien. Eye patch bekerja seperti Anda sedang mengompres area tertentu dari tubuh. Eye patch bisa berbentuk seperti jeli atau bisa juga seperti sheet pada sheet mask


Produk ini berfungsi untuk menahan ingredients keluar kulit sehingga penyerapan ingredients ke bawah mata menjadi maksimal. Ada juga eye patch yang bisa digunakan setelah Anda memasukkan produknya ke dalam kulkas. Dengan begitu, suhu dingin pada eye patch secara tidak langsung membuat mata sembap menjadi berkurang.

10 Rekomendasi produk eye mask terbaik untuk hilangkan mata panda

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk eye mask terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dessy Esa S.

10
JenisEye patch
Bahan aktifCucumber, vitamin A, vitamin B2, vitamin C, aloe vera
9

Nature RepublicSnail Solution Hydrogel Eye Patch

Mulai dari Rp 65.000,00

JenisEye patch
Bahan aktifSnail secretion filtrate, citrus paradisi fruit extract, camelia sinensis leaf extract, calendula officinalis extract, dan lain-lain
8
JenisEye patch
Bahan aktifPearl extract, black soybean, niacinamide, green tea extract, citron extract
7

Holika HolikaSpot Band Eye Zone Patch

Mulai dari Rp 78.000,00

JenisEye patch
Bahan aktifNiacinamide, adenosine, coenzyme Q 10, boripyrin
6

The Body ShopDrops of Youth Bouncy Eye Mask

101170231

Mulai dari Rp 399.000,00

JenisSleeping mask
Bahan aktifEdelweiss, criste marine, sea holly extract
5

Estee LauderAdvanced Night Repair Concentrated Recovery Eye Mask

Mulai dari Rp 125.000,00

JenisEye patch
Bahan aktifHyaluronic acid, cornflower extract, coffea arabica seed extract, algae extract, dan lain-lain
4
JenisEye patch
Bahan aktifCollagen, castor oil, centella asiatica extract, paeonia suffruticosa root extract, chamomilla recutita flower extract, camellia sinensis leaf extract
3

L'Occitane en ProvenceReine Blanche Illuminating Eye Care & Mask

Mulai dari Rp 625.500,00

JenisSleeping mask
Bahan aktifMeadowsweet, white mulberry extract, caffeine
2

HeimishBulgarian Rose Hydrogel Eye Patch

Mulai dari Rp 127.500,00

JenisEye patch
Bahan aktifAllantoin, glycerin, centella asiatica extract, castor oil, bulgarian rose water, niacinamide, adenosine, coconut fruit extract, dan lain-lain
1
JenisSleeping mask
Bahan aktifCaffeine, vitamin P, oligosaccharides, adenosine, glycerin

Tabel perbandingan produk eye mask terbaik untuk hilangkan mata panda

Gambar produk
1
Amore Pacific Eye Sleeping Mask 1

Amore Pacific

2
Heimish Bulgarian Rose Hydrogel Eye Patch 1

Heimish

3
L'Occitane en Provence Reine Blanche Illuminating Eye Care & Mask 1

L'Occitane en Provence

4
Etude House Collagen Eye Patch AD 1

Etude House

5
Estee Lauder Advanced Night Repair Concentrated Recovery Eye Mask 1

Estee Lauder

6
The Body Shop Drops of Youth Bouncy Eye Mask 1

The Body Shop

7
Holika Holika Spot Band Eye Zone Patch 1

Holika Holika

8
SNP Black Pearl Renew Eye Patch 1

SNP

9
Nature Republic Snail Solution Hydrogel Eye Patch 1

Nature Republic

10
Qiansoto Cucumber Eye Patch Mask 1

Qiansoto

Nama produk

Eye Sleeping Mask

Bulgarian Rose Hydrogel Eye Patch

Reine Blanche Illuminating Eye Care & Mask

Collagen Eye Patch AD

Advanced Night Repair Concentrated Recovery Eye Mask

Drops of Youth Bouncy Eye Mask

Spot Band Eye Zone Patch

Black Pearl Renew Eye Patch

Snail Solution Hydrogel Eye Patch

Cucumber Eye Patch Mask

Keunggulan

Teknologi asal Korea jadikan kulit lebih terhidrasi

Kulit bebas iritasi dan ekstra lembap

Praktis! Krim dan masker jadi satu!

Sampai jumpa kulit kendur!

Hapus tanda penuaan, wajah tetap awet muda

Rawat kulit sedari dini, cegah munculnya kerutan

Ukuran lebih lebar, merawat lebih luas

Kulit bebas kering walau terpapar AC sepanjang hari

Cegah lingkaran hitam sedari dini

Menghidrasi kulit dalam waktu instan

Harga mulai dariRp 279.000,00Rp 127.500,00Rp 625.500,00Rp 11.000,00Rp 125.000,00Rp 399.000,00Rp 78.000,00Rp 148.500,00Rp 65.000,00Rp 39.000,00
JenisSleeping maskEye patchSleeping maskEye patchEye patchSleeping maskEye patchEye patchEye patchEye patch
Bahan aktifCaffeine, vitamin P, oligosaccharides, adenosine, glycerinAllantoin, glycerin, centella asiatica extract, castor oil, bulgarian rose water, niacinamide, adenosine, coconut fruit extract, dan lain-lainMeadowsweet, white mulberry extract, caffeineCollagen, castor oil, centella asiatica extract, paeonia suffruticosa root extract, chamomilla recutita flower extract, camellia sinensis leaf extractHyaluronic acid, cornflower extract, coffea arabica seed extract, algae extract, dan lain-lainEdelweiss, criste marine, sea holly extractNiacinamide, adenosine, coenzyme Q 10, boripyrinPearl extract, black soybean, niacinamide, green tea extract, citron extractSnail secretion filtrate, citrus paradisi fruit extract, camelia sinensis leaf extract, calendula officinalis extract, dan lain-lainCucumber, vitamin A, vitamin B2, vitamin C, aloe vera
Tautan produk

Baca juga rekomendasi berbagai jenis eye cream di sini

Di samping eye mask, Anda juga membutuhkan eye cream untuk merawat kulit di area mata. Klik tautan di bawah ini untuk menemukan eye cream yang sesuai dengan usia, budget, dan permasalahan kulit Anda.

Kesimpulan

Mata panda memang terasa mengganggu penampilan. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kondisi tersebut. Anda dapat meringankannya dengan menggunakan eye mask. Pilihlah kandungan eye mask yang sesuai dengan penyebab mata panda. 


Jangan lupa untuk juga memperhatikan kandungan pelembap di dalamnya. Selain itu, pilih bentuk eye mask yang nyaman bagi Anda. Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel ini. Selamat memilih dan ucapkan selamat tinggal pada mata panda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kerusakan skin barrier dapat dialami oleh semua orang, baik remaja maupun orang dewasa. Skin barrier yang rusak dapat memicu timbulnya beragam masalah kulit. Kali ini kami akan membahas tentang tips memilih skincare untuk memperbaiki skin barrier yang rusak.Sepuluh rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Wardah, Avoskin, dan Somethinc, juga telah disiapkan. Ada produk yang bahan kandungannya ditujukan untuk kulit berminyak, kering, hingga normal. Produk lokal yang bagus serta harganya murah juga ada, lho. Baca juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika. Yuk, disimak!
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask ada dalam rekomendasi. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
  • 10 Skincare Terbaik yang Mengandung Retinol - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Skincare Terbaik yang Mengandung Retinol - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap orang tentu ingin tampak awet muda sehingga munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dapat mengganggu penampilan. Oleh sebab itu, skincare dengan kandungan yang dapat mencegahnya menjadi incaran. Salah satu kandungan yang baik untuk masalah tersebut adalah retinol.Supaya Anda mendapatkan produk yang bagus, kami akan membahas cara memilih skincare yang mengandung retinol. Sepuluh produk terbaik juga sudah kami siapkan ulasannya sebagai rekomendasi. Produk merek Somethinc, Avoskin, dan The Ordinary dapat Anda temukan di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ana Rahmawati. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori