• 10 Rekomendasi SSD Eksternal Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi SSD Eksternal Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi SSD Eksternal Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi SSD Eksternal Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi SSD Eksternal Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi SSD Eksternal Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

SSD eksternal portable sering menjadi media penyimpanan karena kepraktisannya. SSD juga diketahui mempunyai transfer data yang cepat dan mudah dibawa ke mana-mana. Awalnya, SSD merupakan produk yang sulit didapatkan dan harganya juga mahal. Namun, sekarang Anda bisa dengan mudah menemukan SSD yang ekonomis dengan kapasitas, ukuran, hingga kecepatan transfer yang beragam.


Nah, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih SSD eksternal portable sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, dilanjutkan dengan rekomendasi beberapa produk SSD external keluaran  Samsung, Sandisk, Toshiba, dan lainnya. Semua produk ini bisa digunakan baik di Windows maupun Mac. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 21 Februari 2020
  • 3.201 Views
Daftar isi

Mengenal SSD eksternal portable

SSD merupakan kependekan dari Solid State Drive. Alih-alih menggunakan disk, SSD memakai memori semikonduktor untuk merekam data. Singkatnya, SSD adalah media penyimpanan seperti halnya USB flashdisk.


Hingga saat ini, banyak komputer dilengkapi dengan HDD sebagai fitur standarnya. Namun, kini SSD sering dipasang sebagai system drive pada komputer berspesifikasi tinggi karena kapasitasnya lebih besar serta lebih ekonomis. Kecepatan yang dimiliki SSD juga sangat bervariasi, tergantung antarmuka (interface) dan metode koneksinya. Akan tetapi, umumnya kecepatan transfer tersebut mencapai dua kali lebih cepat daripada HDD.


Tidak seperti SSD internal, SSD eksternal praktis dibawa ke mana-mana, cocok untuk Anda yang mempunyai mobilitas tinggi. Ukurannya pun tergolong compact karena tidak ada disk di dalamnya. Berhubung sumber energinya didapatkan langsung dari USB, Anda tidak membutuhkan stopkontak seperti halnya ketika memakai HDD eksternal. Banyak juga SSD eksternal yang dilengkapi fitur-fitur tambahan lainnya. Jadi, pilihlah produk yang sesuai kebutuhan untuk semakin menunjang produktivitas Anda!

Cara memilih SSD eksternal portable

Di bawah akan kami jelaskan beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum memilih SSD eksternal. Mengingat SSD yang dipilih adalah jenis portabel, sebaiknya Anda memperhatikannya dengan lebih teliti.

Pilih kapasitas SSD yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah mempertimbangkan jenis file yang akan disimpan dan besar ukurannya. SSD biasanya digunakan sebagai storage untuk cadangan data atau menyimpan beragam jenis file seperti dokumen teks, foto, atau video. Dengan mengetahui besarnya ukuran data yang akan disimpan, Anda bisa memprediksi kapasitas SSD yang dibutuhkan.

200 GB cukup untuk menyimpan foto dari kamera digital dan dokumen teks

200 GB cukup untuk menyimpan foto dari kamera digital dan dokumen teks

SSD 200 GB sudah cukup untuk menyimpan foto dari kamera digital, file berbentuk gambar, atau dokumen teks. Hal ini karena jenis file tersebut memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Contohnya, file teks dari Microsoft Word mencapai sekitar 60 halaman saja hanya berukuran kurang dari 1 MB.


Bila Anda ingin menyimpan foto dari kamera digital, dalam 1 GB Anda bisa menyimpan sekitar 700 foto dengan 3 juta piksel. Dengan kapasitas SSD 200 GB, foto yang dapat tersimpan adalah sekitar 140 ribu file. Kecuali Anda seorang fotografer profesional, SSD berkapasitas 200 GB sudah mencukupi.

500 GB - 1 TB untuk backup foto berkualitas tinggi

500 GB - 1 TB untuk backup foto berkualitas tinggi

Untuk menyimpan atau backup foto beresolusi tinggi seperti dari kamera DSLR, Anda membutuhkan SSD dengan kapasitas besar. Pertimbangkanlah dari jumlah foto beresolusi tinggi yang hendak Anda simpan di dalamnya.


Sebagai contoh, satu foto tangkapan kamera DSLR dengan resolusi 3264 x 2448 berukuran sekitar 3 MB. Jadi, dalam 1 GB hanya dapat menyimpan sekitar 300 foto. Dengan besaran file tersebut, SSD kapasitas 100 GB dirasa akan cepat penuh. Maka dari itu, direkomendasikan untuk memilih SSD dengan kapasitas 500 GB saja. Bila Anda juga merekam video berkualitas tinggi, kami merekomendasikan Anda memilih SSD berkapasitas 1 TB.

Bandingkan kecepatan transfer maksimum dan kecepatan baca/tulis data

Bandingkan kecepatan transfer maksimum dan kecepatan baca/tulis data

Saat ini sudah banyak SSD yang di-support dengan USB 3.0 atau lebih. Namun, kenyataannya ada perbedaan kecepatan transfer meskipun SSD sudah didukung USB 3.0. Maka dari itu, Anda tetap perlu membandingkan antarmuka setiap SSD dan kecepatan transfer maksimumnya. Dibanding USB 2.0 yang saat ini masih lazim digunakan, kecepatan transfer USB 3.0 bisa mencapai sepuluh kali lipat lebih cepat. Jadi, direkomendasikan untuk memilih SSD yang sudah didukung dengan USB 3.0 atau 3.1.

Selain itu, kecepatan baca/tulis data dari SSD juga penting karena menunjukkan performa dari SSD itu sendiri. Namun, kecepatan baca/tulis data yang tertulis pada SSD kadang berbeda dengan kenyataannya. Mempertimbangkan hal tersebut, pilihlah SSD dengan kecepatan baca/tulis data sekitar 350-500 mbps agar Anda mendapatkan performa yang baik.

Pilih SSD ExFAT bila ingin dipakai pada Windows dan Mac bersamaan

Tidak semua SSD eksternal kompatibel dengan semua jenis OS. Beberapa produk hanya kompatibel dengan Windows atau Mac saja. Sebaiknya Anda memilih SSD exFAT yang kompatibel dengan semua jenis OS. Dengan begitu, baik Anda menggunakan Windows maupun Mac, semua data dapat ditransfer tanpa ada halangan.


Jenis OS yang didukung pada SSD biasanya selalu tercantum dalam tabel spesifikasi. Pilihlah SSD yang bisa digunakan di banyak OS sehingga bisa kompatibel dengan OS yang Anda gunakan.

Pilih SSD yang tahan getaran dan goncangan

Pilih SSD yang tahan getaran dan goncangan

Bila Anda sering membawa SSD portable ke mana-mana, pilihlah produk yang kuat terhadap getaran, goncangan, debu, dan tahan air. Beberapa produk SSD tidak memiliki daya tahan yang baik sehingga data di dalamnya bisa rusak. SSD yang tahan goncangan direkomendasikan karena sudah melewati serangkaian tes sehingga data di dalamnya tetap aman meskipun terjatuh.


Selain itu, jika Anda sering melakukan kegiatan outdoor dengan membawa SSD, pastikan SSD Anda tahan air. Bila tidak tahan air, tentu saja air akan merusak mesin SSD. Ada beberapa SSD yang tahan air yang beredar di pasaran. Kami menyarankan Anda untuk memperhatikan poin ini juga sebagai bahan pertimbangan saat memilih.

Pilih SSD yang memiliki fitur pengaman

Sistem keamanan pada SSD sangat penting untuk berjaga-jaga bila SSD hilang atau dicuri. Terlebih bila Anda menggunakan SSD untuk kepentingan pekerjaan pilihlah SSD yang dilengkapi fitur keamanan. Fitur keamanan pada SSD cukup beragam, tetapi kami menyarankan Anda untuk memilih yang mudah digunakan.


Sebagai contoh, di Jepang ada beberapa SSD eksternal yang menggunakan kartu IC sebagai kunci pembuka. Dengan menggenggam iPhone yang terintegrasi dengan kartu IC tadi, Anda sudah bisa membuka SSD milik Anda.


Karena biasa dibawa ke luar, SSD eksternal ini rentan hilang dan dicuri. Maka dari itu, sangat berbahaya bila data yang tersimpan di dalamnya bersifat rahasia dan tidak ada pengaman tambahan. Sebaiknya Anda menggunakan SSD yang memiliki fitur keamanan tinggi agar bisa lebih tenang.

Periksa kemudahan SSD untuk dibawa-bawa

Periksa kemudahan SSD untuk dibawa-bawa

Anda perlu juga memperhatikan ukuran dan berat SSD agar bisa dibawa dengan nyaman dalam tas. Beberapa produk SSD memiliki bobot berat dan berukuran terlalu besar untuk dibawa mobile. Di sisi lain, ada juga SSD yang memiliki bobot sangat ringan. Jadi, bandingkan selalu ukuran dan berat masing-masing SSD sebelum memilih.


Agar mudah dibawa, sebaiknya SSD memiliki ukuran sebesar kartu nama saja supaya muat di kantung baju. Sebagai panduan, Anda bisa memilih produk berukuran sekitar 10 cm x 7 cm. Selain ukuran, direkomendasikan juga menggunakan SSD yang memiliki strap agar kian mudah dibawa. Memilih produk yang sudah dilengkapi kabel USB tambahan juga akan menguntungkan.

10 Rekomendasi SSD eksternal portable terbaik

Setelah menjelaskan hal-hal penting memilih SSD eksternal portable, selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Silakan disimak!

10
Kapasitas120 GB, 250 GB, 500 GB
OS yang kompatibelWindows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, dan Mac OS X
Keunggulan lainnyaTidak tertera
Dimensi (p x l x t)80 mm x 49,5 mm x 9,5 mm
Berat24 gr
AntarmukaUSB3.1 Gen 1 (USB2.0 compatible)
Kecepatan transfer maksimumBaca/tulis: 430/400 mbps
9
Kapasitas250 GB, 500 GB, 1 TB, 2 TB
OS yang kompatibelWindows 7 atau lebih tinggi, Mac OS X 10.9 atau lebih tinggi
Keunggulan lainnyaTahan guncangan
Dimensi (p x l x t)94 mm x 79 mm x 9 mm
Berat82 gr
AntarmukaUSB 3.0
Kecepatan transfer maksimumBaca/tulis: 540/500 mbps
8
Kapasitas128 GB, 256 GB, 512 GB
OS yang kompatibelWindows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10, Mac OS 8.6, Linux, Android
Keunggulan lainnyaTidak tertera
Dimensi (p x l x t)180 mm x 53 mm x 9 mm
Berat49 gr
AntarmukaUSB 3.1 Gen1
Kecepatan transfer maksimumBaca/tulis: 420/400 mbps
7
Kapasitas500 GB, 1 TB, 2 TB
OS yang kompatibelWindows 10, macOS 10.13
Keunggulan lainnyaTahan jatuh, tahan getaran
Dimensi (p x l x t)95 mm x 67 mm x 10 mm
Berat55 gr
AntarmukaUSB 3.0
Kecepatan transfer maksimumTidak tertera
6
Kapasitas‎250 GB‎, ‎500 GB‎, ‎1 TB‎
OS yang kompatibelWindows 7 or higher / Mac OS 10.7 or higher
Keunggulan lainnya Tahan getaran dan goncangan
Dimensi (p x l x t)71 mm x 53 mm x 9,2 mm
Berat26 gr
Antarmuka USB 3.0, 2.0
Kecepatan transfer maksimumBaca/tulis: 450/450 mbps
5
Kapasitas240 GB, 480 GB, 960 GB
OS yang kompatibelWindows 7, Windows 8. Windows 10, Mac OS X 10.5 atau di atasnya
Keunggulan lainnyaTahan guncangan
Dimensi (p x l x t)96,5 mm x 53,6 mm x 12,5 mm
Berat87 gr
AntarmukaUSB 3.1 Gen 2
Kecepatan transfer maksimumBaca/tulis: 1.050/950 mbps
4
Kapasitas256 GB, 512 GB, 1TB
OS yang kompatibelWindows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, WIndows 10, Mac OS X 10.6 atau di atasnya, Linux Kernel 2.6 atau di atasnya, Android 5.0 atau di atasnya
Keunggulan lainnyaTahan air, tahan debu, dan tahan air
Dimensi (p x l x t)83,5 mm x 83,5 mm x 13,9 mm
Berat100 gr
AntarmukaUSB 3.2 Gen1
Kecepatan transfer maksimumBaca/tulis: 440/430 mbps
3
Kapasitas250 GB, 500 GB, 1 TB, 2 TB
OS yang kompatibel Windows 7 atau di atasnya, Mac OS X 10.9 atau di atasnya, Android 4.4 (KitKat) atau di atasnya
Keunggulan lainnyaTahan guncangan
Dimensi (p x l x t)74 mm x 57,3 mm x 10,5 mm
Berat51 gr
AntarmukaUSB 3.1 Gen2
Kecepatan transfer maksimumBaca/tulis: 540/540 mbps
2
Kapasitas500 GB, 1 TB, 2 TB
OS yang kompatibelWindows 7, Windows 8, Windows 10 dan Mac OS X v. 10.9+
Keunggulan lainnyatahan goncangan, antidebu, antiair
Dimensi (p x l x t)110,26 mm x 57,34 mm x 10,22 mm
Berat78,9 gr
AntarmukaUSB 3.1 Gen 2
Kecepatan transfer maksimumBaca: 1050 mbps
1
Kapasitas500 GB, 1 TB
OS yang kompatibelWindows 7, Windows 8, Windows 10, Mac X 10.6.8 atau di atasnya
Keunggulan lainnyaTahan goncangan, tahan getaran, antiair, antidebu
Dimensi (p x l x t)140,1 mm x 88,9 mm x 25 mm
Berat400 gr
AntarmukaUSB 2.0, USB 3.0
Kecepatan transfer maksimum510 mbps

Tabel perbandingan produk SSD eksternal portabel terbaik

Gambar produk
1
LaCie Rugged Thunderbolt USB-C 1

LaCie

2
SanDisk Extreme Pro Portable SSD 1

SanDisk

3
Samsung  SSD Portable  1

Samsung

4
XPG External SSD 1

XPG

5
Transcend SSD Portable 1

Transcend

6
Samsung Portable SSD  1

Samsung

7
Western Digital My Passport Go 1

Western Digital

8
Tammuz External SSD  1

Tammuz

9
Seagate  Fast SSD 1

Seagate

10
Toshiba  Portable SSD  1

Toshiba

Nama produk

Rugged Thunderbolt USB-C

Extreme Pro Portable SSD

SSD Portable

External SSD

SSD Portable

Portable SSD

My Passport Go

External SSD

Fast SSD

Portable SSD

KeunggulanTangguh! Tetap aman meski t...Performa baca data tinggi, ...Update firmware SSD lebih m...Loading empat kali lebih ce...Kinerja maksimal tanpa memb...Hanya sebesar kartu nama, b...Dilindungi bumper karet, am...Desain anodized, tak khawat...Permukaan SSD berdesain ele...Produk ringan sehingga muda...
HargaRp 5.719.000,00Rp 1.550.000,00Rp 1.579.000,00Rp 1.875.000,00Rp 1.164.000,00Rp 1.650.000,00Rp 1.295.000,00Rp 1.000.000,00Rp 1.235.000,00Rp 1.490.000,00
Kapasitas500 GB, 1 TB500 GB, 1 TB, 2 TB250 GB, 500 GB, 1 TB, 2 TB 256 GB, 512 GB, 1TB240 GB, 480 GB, 960 GB‎250 GB‎, ‎500 GB‎, ‎1 TB‎500 GB, 1 TB, 2 TB128 GB, 256 GB, 512 GB250 GB, 500 GB, 1 TB, 2 TB 120 GB, 250 GB, 500 GB
OS yang kompatibelWindows 7, Windows 8, Windows 10, Mac X 10.6.8 atau di atasnyaWindows 7, Windows 8, Windows 10 dan Mac OS X v. 10.9+ Windows 7 atau di atasnya, Mac OS X 10.9 atau di atasnya, Android 4.4 (KitKat) atau di atasnyaWindows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, WIndows 10, Mac OS X 10.6 atau di atasnya, Linux Kernel 2.6 atau di atasnya, Android 5.0 atau di atasnyaWindows 7, Windows 8. Windows 10, Mac OS X 10.5 atau di atasnyaWindows 7 or higher / Mac OS 10.7 or higherWindows 10, macOS 10.13Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10, Mac OS 8.6, Linux, AndroidWindows 7 atau lebih tinggi, Mac OS X 10.9 atau lebih tinggiWindows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, dan Mac OS X
Keunggulan lainnyaTahan goncangan, tahan getaran, antiair, antidebutahan goncangan, antidebu, antiairTahan guncanganTahan air, tahan debu, dan tahan airTahan guncangan Tahan getaran dan goncanganTahan jatuh, tahan getaranTidak terteraTahan guncanganTidak tertera
Dimensi (p x l x t)140,1 mm x 88,9 mm x 25 mm110,26 mm x 57,34 mm x 10,22 mm74 mm x 57,3 mm x 10,5 mm83,5 mm x 83,5 mm x 13,9 mm96,5 mm x 53,6 mm x 12,5 mm71 mm x 53 mm x 9,2 mm95 mm x 67 mm x 10 mm180 mm x 53 mm x 9 mm94 mm x 79 mm x 9 mm80 mm x 49,5 mm x 9,5 mm
Berat400 gr78,9 gr51 gr100 gr87 gr26 gr55 gr49 gr82 gr24 gr
AntarmukaUSB 2.0, USB 3.0USB 3.1 Gen 2USB 3.1 Gen2USB 3.2 Gen1 USB 3.1 Gen 2 USB 3.0, 2.0USB 3.0USB 3.1 Gen1USB 3.0USB3.1 Gen 1 (USB2.0 compatible)
Kecepatan transfer maksimum510 mbpsBaca: 1050 mbpsBaca/tulis: 540/540 mbpsBaca/tulis: 440/430 mbpsBaca/tulis: 1.050/950 mbpsBaca/tulis: 450/450 mbpsTidak terteraBaca/tulis: 420/400 mbpsBaca/tulis: 540/500 mbpsBaca/tulis: 430/400 mbps
Tautan produk

Baca juga rekomendasi media penyimpanan data lainnya di sini

Kami telah mengulas terkait SSD eksternal portable secara detail. Namun, ada juga media penyimpanan data lainnya seperti HDD, SDD internal, atau SD card yang mungkin dibutuhkan. Bila Anda mencari produk tersebut, kami sudah menyiapkannya untuk Anda. Silakan klik pada tautan di bawah ini untuk informasi lebih jauh.

Kesimpulan

Kali ini, kami telah memperkenalkan Anda bagaimana memilih SSD eksternal portabel yang sesuai. Selanjutnya, kami juga memberikan rekomendasi produk yang bisa menjadi referensi pilihan Anda. Apakah Anda menemukan produk yang sesuai?


Ada banyak produk SSD yang bisa Anda temukan dengan spesifikasi yang beragam. Tiap-tiap produk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, pilihlah SSD yang tepat dengan kebutuhan Anda. Semoga ulasan ini membantu Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    106.102 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!
    Komputer & kamera
    84.173 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan laptop 2-in-1 yang lebih fleksibel dibandingkan laptop konvensional membuat laptop jenis ini cukup populer. Namun, laptop 2-in-1 dibuat dengan model, prosesor, dan tentunya harga yang berbeda. Hal ini tentunya dapat membingungkan sebagian pengguna.Ikutilah artikel berikut ini apabila Anda masih kebingungan saat memilih laptop 2-in-1 yang sesuai. Kami akan memberikan informasi cara memilih laptop 2-in-1. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 dari Microsoft, Lenovo, Asus, Acer, HP, dan Dell. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    76.548 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS adalah merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS sendiri memiliki bermacam varian untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.Simak artikel berikut agar tidak salah memilih laptop ASUS. Kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, TransBook, ZenBook, dan seri gaming. Selamat menyimak!
    Komputer & kamera
    67.151 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lenovo terkenal sebagai produsen yang menghasilkan laptop-laptop berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Laptop Lenovo memiliki berbagai macam tipe, mulai dari untuk penggunaan kantor, pemakaian pribadi, sampai laptop khusus untuk gaming. Saking banyaknya, sering kali konsumen dibuat bingung saat memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan.Di sini kami akan menjelaskan ciri khas dari masing-masing tipe laptop Lenovo yang dapat Anda pertimbangkan saat hendak membelinya. Kami juga akan merekomendasi sepuluh laptop Lenovo terbaik untuk referensi Anda dalam memilih. Temukanlah laptop favorit sesuai kebutuhan Anda di sini!
    Komputer & kamera
    47.158 Views
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika ingin mencetak foto atau dokumen di rumah, printer sangat diperlukan. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga semakin mudah, karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan ulasan untuk memilih printer berdasarkan fungsinya, mulai dari printer dengan fungsi tunggal hingga yang multifungsi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan HP. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    57.199 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Converter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Converter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa converter adalah aksesori yang dapat mengubah tampilan foto jika dipasangkan pada kamera atau lensa. Produk ini disukai penggemar fotografi karena memberikan pengalaman fotografi baru tanpa harus membeli peralatan yang mahal. Anda dapat mengambil foto-foto menarik dengan menginstal aksesori tambahan tanpa kehilangan kualitas gambar. Saat ini, produsen seperti Olympus, Sony, dan Ricoh telah merilis berbagai jenis lensa converter. Kali ini, kami akan memperkenalkan beberapa jenis lensa converter berserta cara memilihnya. Anda mungkin akan menemukan produk-produk yang menarik. Jadi, silakan cek rekomendasi kami berikut ini.
    Komputer & kamera
    164 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori