• 10 SSD External Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 SSD External Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 SSD External Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 SSD External Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 SSD External Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 SSD External Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)

SSD external sering menjadi pilihan media penyimpanan yang praktis. Selain memiliki transfer data yang cepat, SSD juga mudah dibawa ke mana-mana. Saat ini, Anda bisa dengan mudah menemukan SSD yang ekonomis dengan kapasitas, ukuran, hingga kecepatan transfer yang beragam.


Kami akan memperkenalkan cara memilih SSD external yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek SSD eksternal terbaik keluaran Samsung, Sandisk, Kingston, dan lainnya. Semua produk ini bisa digunakan baik di Windows ataupun Mac. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Yosua Surojo
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 29 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016.

Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Mengenal SSD external

Mengenal SSD external

SSD merupakan kependekan dari Solid State Drive. SSD memakai memori semikonduktor untuk merekam data. Singkatnya, SSD adalah media penyimpanan yang memiliki fungsi seperti HDD. Meski memiliki fungsi yang sama, SSD dan HDD memiliki perbedaan, salah satunya adalah kecepatan.


SSD memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan HDD. Selain itu, SSD juga tidak memiliki piringan cakram seperti HDD sehingga SSD lebih tahan guncangan dan hemat daya listrik.


SSD external memiliki berbagai keunggulan, di antaranya adalah kepraktisannya. SSD external kekinian umumnya memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga mudah disimpan dan dibawa ke mana pun. Tak hanya itu, SSD eksternal modern juga telah dilengkapi berbagai fitur ciamik lainnya. Jadi, pilihlah produk yang sesuai kebutuhan untuk semakin menunjang produktivitas Anda!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih SSD external

Kami akan jelaskan beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum memilih SSD external. Mengingat SSD yang dipilih adalah jenis eksternal, sebaiknya Anda memperhatikannya dengan lebih teliti.

Pilih kapasitas SSD yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah mempertimbangkan jenis file yang akan disimpan dan besar ukurannya. SSD biasanya digunakan sebagai storage untuk cadangan data atau menyimpan beragam jenis file seperti dokumen teks, foto, atau video games. Dengan mengetahui besarnya ukuran data yang akan disimpan, Anda bisa memprediksi kapasitas SSD yang dibutuhkan.

500 GB cukup untuk menyimpan foto dari kamera digital dan dokumen teks

SSD 500 GB sudah cukup untuk menyimpan foto dari kamera digital, file berbentuk gambar, atau dokumen teks. Hal ini karena jenis file tersebut memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Contohnya, file teks dari Microsoft Word yang mencapai sekitar 60 halaman hanya berukuran kurang dari 1 MB.


Bila Anda ingin menyimpan foto dari kamera digital, dalam 1 GB Anda bisa menyimpan sekitar 700 foto dengan 3 juta piksel. Dengan kapasitas SSD 500 GB, foto yang dapat tersimpan adalah sekitar 350 ribu file. Kecuali Anda seorang fotografer profesional, SSD berkapasitas 500 GB sudah mencukupi.

500 GB–1 TB untuk backup video kualitas tinggi atau data game

Menjengkelkan rasanya bila Anda hanya bisa memainkan beberapa judul game karena keterbatasan storage. Untuk itu, Anda perlu menyimpan atau backup data game, seperti game Xbox, PS4, ataupun game PC dengan SSD berkapasitas besar. Pertimbangkanlah dari jumlah judul game yang hendak Anda simpan di dalamnya.


Game AAA biasanya membutuhkan storage yang besar. Sebagai contoh, game Read Dead Redemption 2 membutuhkan 150 GB storage usage, Cyberpunk membutuhkan hingga 70 GB. Berkat adanya SSD, Anda tidak perlu takut untuk mengoleksi berbagai judul game triple A.

Bandingkan kecepatan transfer maksimum dan kecepatan baca/tulis data

Saat ini SSD umumnya dilengkapi dengan versi USB 3.1. Meski memiliki versi yang sama, tetap ada perbedaan kecepatan transfer pada setiap SSD. Maka dari itu, Anda tetap perlu membandingkan interface setiap SSD dan kecepatan transfer maksimumnya. Versi SSD saat ini sudah mencapai USB 3.2 dan ada juga versi Thunderbolt. 

Selain itu, kecepatan baca/tulis data dari SSD juga penting karena menunjukkan performa dari SSD itu sendiri. Namun, kecepatan baca/tulis data yang tertulis pada SSD kadang berbeda dengan kenyataannya. Mempertimbangkan hal tersebut, pilihlah SSD dengan kecepatan baca/tulis data minimal 450 MBps agar Anda mendapatkan performa yang baik.

Pilih SSD yang kompatibel dengan Windows dan Mac bersamaan

Tidak semua SSD eksternal kompatibel dengan semua jenis OS. Beberapa produk hanya kompatibel dengan Windows saja atau Mac saja. Sebaiknya Anda memilih SSD exFAT yang kompatibel dengan semua jenis OS. Dengan begitu, baik Anda menggunakan Windows maupun Mac, semua data dapat ditransfer tanpa ada halangan.


Jenis OS yang didukung pada SSD biasanya selalu tercantum dalam tabel spesifikasi. Bahkan saat ini, banyak SSD yang kompatibel dengan console game, seperti Xbox dan PS 4. Pilihlah SSD yang bisa digunakan di banyak OS sehingga bisa kompatibel dengan OS yang Anda gunakan.

Cari SSD yang tahan getaran dan goncangan

Bila Anda sering membawa SSD portable ke mana-mana, pilihlah produk yang kuat terhadap getaran, goncangan, debu, dan tahan air. Beberapa produk SSD tidak memiliki daya tahan yang baik sehingga data di dalamnya bisa rusak. SSD yang tahan goncangan direkomendasikan karena sudah melewati serangkaian tes sehingga data di dalamnya tetap aman meskipun terjatuh.


Selain itu, jika Anda sering melakukan kegiatan outdoor dengan membawa SSD, pastikan SSD Anda tahan air. Bila tidak tahan air, tentu saja air akan merusak mesin SSD. Ada beberapa SSD yang tahan air yang beredar di pasaran. Kami menyarankan Anda untuk memperhatikan poin ini juga sebagai bahan pertimbangan saat memilih.

Pertimbangkan SSD yang memiliki fitur pengaman

Sistem keamanan pada SSD sangat penting untuk berjaga-jaga apabila SSD hilang atau dicuri. Terlebih jika Anda menggunakan SSD untuk kepentingan pekerjaan, pilihlah SSD yang dilengkapi fitur keamanan. Fitur keamanan pada SSD cukup beragam, tetapi kami menyarankan Anda untuk memilih yang mudah digunakan.


Karena biasa dibawa ke luar, SSD external rentan hilang dan dicuri. Maka dari itu, sangat berbahaya bila data yang tersimpan di dalamnya bersifat rahasia dan tidak ada pengaman tambahan. Sebaiknya Anda menggunakan SSD yang memiliki fitur keamanan tinggi agar bisa lebih tenang. Anda bisa memilih SSD dengan fitur password atau fingerprint agar data menjadi lebih aman.

Periksa kemudahan SSD untuk dibawa-bawa

Anda perlu juga memperhatikan ukuran dan berat SSD agar bisa dibawa dengan nyaman dalam tas. Beberapa produk SSD memiliki bobot berat dan berukuran terlalu besar untuk dibawa mobile. Di sisi lain, ada juga SSD yang memiliki bobot sangat ringan. Jadi, bandingkan selalu ukuran dan berat masing-masing SSD sebelum memilih.


Agar mudah dibawa, sebaiknya SSD memiliki ukuran sebesar kartu nama saja supaya muat di kantung baju. Selain ukuran, direkomendasikan juga menggunakan SSD yang memiliki strap agar kian mudah dibawa. Memilih produk yang sudah dilengkapi kabel USB tambahan juga akan menguntungkan.

10 Rekomendasi SSD external terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk SSD external terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yosua Surojo.

Gambar produk
1
SanDisk Extreme Pro Portable SSD 1

SanDisk

2
Vivan SSD Harddisk 1

Vivan

3
Samsung Portable SSD T7 Touch 1

Samsung

4
Kingston Solid-State Drive (SSD) Eksternal 1

Kingston

5
Seagate  Fast SSD 1

Seagate

6
Samsung SSD Portable 1

Samsung

7
LACIE Rugged SSD Pro 1

LACIE

8
Crucial Portable SSD 1

Crucial

9
XPG External SSD 1

XPG

10
Transcend SSD Portable 1

Transcend

Nama produk

Extreme Pro Portable SSD

SSD Harddisk

Portable SSD T7 Touch

Solid-State Drive (SSD) Eksternal

Fast SSD

SSD Portable

Rugged SSD Pro

Portable SSD

External SSD

SSD Portable

Keunggulan

Performa baca data tinggi, cocok untuk video editor

SSD portabel yang berkualitas dan ekonomis

Jaga keamanan data Anda dengan fitur fingerprint

Ukurannya sangat mini, muat disimpan dalam saku pakaian

Permukaan SSD berdesain elegan dan futuristik

Tahan banting, bahkan hingga ketinggian 1,8 meter!

Hemat waktu ketika transfer data dengan performa super cepat!

Kompatibel dengan segala jenis device!

Loading empat kali lebih cepat dari HDD, sahabatnya para gamer!

Kinerja maksimal tanpa membuat mesin panas

Harga mulai dariRp 1.550.000,00Rp 416.000,00Rp 5.199.000,00Rp 1.290.000,00Rp 1.235.000,00Rp 10.299.000,00Rp 7.549.000,00Rp 1.500.000,00Rp 690.000,00Rp 1.000.000,00
Kapasitas500 GB, 1 TB, 2 TB120 GB, 240GB500 MB, 1 TB, 2 TB500 GB, 1 TB, 2TB250 GB, 500 GB, 1 TB, 2 TB 500 GB, 1 TB1 TB, 2 TB, 4 TB500 MB, 1 TB256 GB, 512 GB, 1TB250 GB, 500 GB, 1 TB
OS yang kompatibelWindows 7, Windows 8, Windows 10 dan Mac OS X v. 10.9+Tidak disebutkanMinimal Windows 7, Mac OS X 10.10, Android 5.1 (Lollipop)Windows® 10, 8.1, Mac OS (v.10.14.x +), Linux (v. 2.6.x +), Chrome OS™Windows 7 atau lebih tinggi, Mac OS X 10.9 atau lebih tinggiMac OS X Sierra, High Sierra (10.12 atau setelahnya), Windows 10 64bit RS 2 atau setelahnyaWindows® 10/ Mac OS 10.12 (Sierra)Windows 10, 8.1 , MacOSWindows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, WIndows 10, Mac OS X 10.6 atau di atasnya, Linux Kernel 2.6 atau di atasnya, Android 5.0 atau di atasnyaMicrosoft Windows 7 atau setelahnya, MacOS 10.10 atau setelahnya
Keunggulan lainnyaTahan guncangan, antidebu, antiairTidak disebutkanFitur fingerprint lockTidak disebutkanTahan guncanganTahan bantinganIP67 water resistanceTahan bantingan, suhu, dan getaranTahan air, tahan debu, dan tahan airTahan guncangan
Dimensi (p x l x t)11,03 cm x 5,73 cm x 1,02 cm10 cm x 6,9 cm x 0,7 cm8,5 cm x 5,7 cm x 0,8 cm6,96 cm x 3,26 cm x 1,35 cm94 mm x 79 mm x 9 mm11,89 cm x 6,2 cm x 2 cmTidak diketahuiTidak disebutkan83,5 mm x 83,5 mm x 13,9 mm96.5 mm x 53.6 mm x 12.5 mm
Berat78,9 g60 g58 g28,9 g82 g150 gTidak diketahuiTidak disebutkan100 g87 g
AntarmukaUSB 3.2 Gen 2 x2Tidak disebutkanUSB 3.2 Gen 2 (10 Gbps), backwards compatibilityUSB 3.2 Gen 2x2USB 3.0Thunderbolt™ 3Thunderbolt 3 USB-C 3.2 Gen2 USB 3.2 Gen1USB 3.1 Gen 2
Kecepatan transfer maksimum2000 mbps450–550 mbps1,050 mbps2.000 mbpsBaca/tulis: 540/500 mbpsBaca/tulis: 2.800/2.300 mbps2.800 mbps1050 mbpsBaca/tulis: 440/430 mbpsBaca/tulis: 1.050/950 mbps
Tautan produk
10
Kapasitas250 GB, 500 GB, 1 TB
OS yang kompatibelMicrosoft Windows 7 atau setelahnya, MacOS 10.10 atau setelahnya
Keunggulan lainnyaTahan guncangan
Dimensi (p x l x t)96.5 mm x 53.6 mm x 12.5 mm
Berat87 g
AntarmukaUSB 3.1 Gen 2
Kecepatan transfer maksimumBaca/tulis: 1.050/950 mbps
9
Kapasitas256 GB, 512 GB, 1TB
OS yang kompatibelWindows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, WIndows 10, Mac OS X 10.6 atau di atasnya, Linux Kernel 2.6 atau di atasnya, Android 5.0 atau di atasnya
Keunggulan lainnyaTahan air, tahan debu, dan tahan air
Dimensi (p x l x t)83,5 mm x 83,5 mm x 13,9 mm
Berat100 g
Antarmuka USB 3.2 Gen1
Kecepatan transfer maksimumBaca/tulis: 440/430 mbps
8
Kapasitas500 MB, 1 TB
OS yang kompatibelWindows 10, 8.1 , MacOS
Keunggulan lainnyaTahan bantingan, suhu, dan getaran
Dimensi (p x l x t)Tidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
AntarmukaUSB-C 3.2 Gen2
Kecepatan transfer maksimum1050 mbps
7
Kapasitas1 TB, 2 TB, 4 TB
OS yang kompatibelWindows® 10/ Mac OS 10.12 (Sierra)
Keunggulan lainnyaIP67 water resistance
Dimensi (p x l x t)Tidak diketahui
BeratTidak diketahui
AntarmukaThunderbolt 3
Kecepatan transfer maksimum2.800 mbps
6
Kapasitas500 GB, 1 TB
OS yang kompatibelMac OS X Sierra, High Sierra (10.12 atau setelahnya), Windows 10 64bit RS 2 atau setelahnya
Keunggulan lainnyaTahan bantingan
Dimensi (p x l x t)11,89 cm x 6,2 cm x 2 cm
Berat150 g
AntarmukaThunderbolt™ 3
Kecepatan transfer maksimumBaca/tulis: 2.800/2.300 mbps
5
Kapasitas250 GB, 500 GB, 1 TB, 2 TB
OS yang kompatibelWindows 7 atau lebih tinggi, Mac OS X 10.9 atau lebih tinggi
Keunggulan lainnyaTahan guncangan
Dimensi (p x l x t)94 mm x 79 mm x 9 mm
Berat82 g
AntarmukaUSB 3.0
Kecepatan transfer maksimumBaca/tulis: 540/500 mbps
4

KingstonSolid-State Drive (SSD) Eksternal

XS2000

Mulai dari Rp 1.290.000,00

Kapasitas500 GB, 1 TB, 2TB
OS yang kompatibelWindows® 10, 8.1, Mac OS (v.10.14.x +), Linux (v. 2.6.x +), Chrome OS™
Keunggulan lainnyaTidak disebutkan
Dimensi (p x l x t)6,96 cm x 3,26 cm x 1,35 cm
Berat28,9 g
AntarmukaUSB 3.2 Gen 2x2
Kecepatan transfer maksimum2.000 mbps
3
Kapasitas500 MB, 1 TB, 2 TB
OS yang kompatibelMinimal Windows 7, Mac OS X 10.10, Android 5.1 (Lollipop)
Keunggulan lainnyaFitur fingerprint lock
Dimensi (p x l x t)8,5 cm x 5,7 cm x 0,8 cm
Berat58 g
AntarmukaUSB 3.2 Gen 2 (10 Gbps), backwards compatibility
Kecepatan transfer maksimum1,050 mbps
2
Kapasitas120 GB, 240GB
OS yang kompatibelTidak disebutkan
Keunggulan lainnyaTidak disebutkan
Dimensi (p x l x t)10 cm x 6,9 cm x 0,7 cm
Berat60 g
AntarmukaTidak disebutkan
Kecepatan transfer maksimum450–550 mbps
1

SanDiskExtreme Pro Portable SSD

Mulai dari Rp 1.550.000,00

Kapasitas500 GB, 1 TB, 2 TB
OS yang kompatibelWindows 7, Windows 8, Windows 10 dan Mac OS X v. 10.9+
Keunggulan lainnyaTahan guncangan, antidebu, antiair
Dimensi (p x l x t)11,03 cm x 5,73 cm x 1,02 cm
Berat78,9 g
AntarmukaUSB 3.2 Gen 2 x2
Kecepatan transfer maksimum2000 mbps

Apakah SSD dan HDD dapat digabung?

Apakah SSD dan HDD dapat digabung?

SSD dan HDD dapat digabung pada PC yang sama. Namun, Anda perlu memperhatikan slot yang tersedia pada motherboard. Anda perlu mengecek apakah SSD tersedia dalam bentuk SATA, PCIe, atau M.2.


Begitu juga dengan SSD eksternal, Anda juga perlu perhatikan interface-nya. Terdapat berbagai macam bentuk interface, di antaranya adalah USB C 3.1, 3.2, USB A, dan Thunderbolt. Selama interface-nya cocok dengan bentuk USB pada PC, maka SSD dan HDD dapat digunakan secara bersamaan.

Baca juga rekomendasi media penyimpanan data lainnya di sini

Kami telah mengulas terkait SSD external secara detail. Namun, ada juga media penyimpanan data lainnya seperti HDD portabel atau SDD internal yang mungkin dibutuhkan. Bila Anda mencari produk tersebut, kami sudah menyiapkannya untuk Anda. Silakan klik pada tautan di bawah ini untuk informasi lebih jauh.

Kesimpulan

Kami telah memperkenalkan Anda bagaimana memilih SSD external yang sesuai. Kami juga memberikan rekomendasi produk yang bisa menjadi referensi pilihan. Apakah Anda suda menemukan produk yang sesuai?


Ada banyak produk SSD yang bisa Anda temukan dengan spesifikasi beragam. Tiap-tiap produk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, pilihlah SSD yang tepat dengan kebutuhan Anda. Semoga ulasan ini membantu Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 SSD Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 SSD Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai media perekam data, solid state drive (SSD) dianggap mempunyai kemampuan lebih baik dibandingkan HDD. SSD sering digunakan sebagai media penyimpanan utama dengan tingkat kemampuan membaca dan menulis data yang cepat. Saat ini, ada banyak jenis SSD di pasaran dengan kapasitas dan karakter yang beragam. Agar Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilih produk SSD yang bagus. Selain itu, kami akan memberikan rekomendasi SSD terbaik, baik SSD internal maupun eksternal, seperti merek Sandisk, Adata, hingga Samsung. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Selamat membaca!
    Media penyimpanan data
  • 10 Hard Disk Internal Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hard Disk Internal Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Hard disk internal atau internal HDD berguna sebagai alat penyimpanan data. Dengan begitu, Anda dapat menyimpan banyak file penting dan data dari perangkat lunak di device Anda. Ada berbagai jenis hard disk internal yang bisa Anda temukan di pasaran. Bagi orang awam, hal ini mungkin akan membingungkan.Kami akan merekomendasikan produk hard disk internal yang bagus dari berbagai merek. Ada dari Western Digital, Toshiba, Seagate, dan juga HGST. Kami juga akan mengulas poin penting untuk memilih hard disk internal. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo.
    Media penyimpanan data
  • 10 Hard Disk Eksternal Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hard Disk Eksternal Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Hard disk eksternal atau HDD eksternal merupakan perangkat yang dapat membantu Anda menyimpan berbagai data penting. Produk ini berguna untuk Anda yang memiliki banyak data dan device yang sering digunakan. Hard disk eksternal memiliki kapasitas, kompabilitas, dan fitur yang berbeda-beda sehingga mungkin membingungkan Anda dalam memilih.Nah, kami akan berbagi tips memilih hard disk eksternal yang bagus. Produk external HDD terbaik dari merek Toshiba, Transcend, Western Digital, dan Seagate ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Disimak sampai habis, ya.
    Media penyimpanan data
  • 10 Flashdisk yang Bagus - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Flashdisk yang Bagus - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk kebutuhan pemindahan data pada komputer, diperlukan memori eksternal yang praktis. Flashdisk atau USB flash drive merupakan perangkat external storage yang tergolong praktis untuk penyimpanan dan pemindahan data. Di pasaran terdapat berbagai macam jenis flashdisk dengan berbagai spesifikasi dan fitur yang berbeda.Kami akan memberi Anda tips memilih flashdisk yang bagus. Berbagai produk flashdisk terbaik dari merek seperti Toshiba, Kingston, Transcend, hingga Western Digital ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak artikel ini sampai akhir dan temukan flashdisk terbaik sesuai kebutuhan Anda!
    Media penyimpanan data
  • 10 USB Flash Drive OTG Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 USB Flash Drive OTG Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    USB flash drive atau flashdisk OTG (on-the-go) memiliki kapasitas penyimpanan besar dan berukuran kecil sehingga mudah dibawa. Flashdisk OTG cocok digunakan untuk memindahkan file lagu, video, atau file lainnya dari komputer ke gadget. Anda bisa menemukan beragam merek flashdisk OTG yang bagus, seperti SanDisk, Kingston, atau Samsung.Banyaknya jenis flashdisk OTG dengan berbagai keistimewaannya malah mungkin membuat Anda kebingungan saat hendak membelinya. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi flashdisk OTG terbaik. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Silakan disimak!
    Media penyimpanan data
  • 9 HDD Portable Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    9 HDD Portable Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Hard disk drive (HDD) portabel adalah perangkat yang praktis dipakai untuk menyimpan data secara mobile. Meskipun solid state drive (SSD) makin bayak digunakan karena unggul dalam kecepatan, HDD masih lebih ekonomis dari sisi harga. WD, ADATA, Seagate, dan Transcend termasuk di antara merek HDD portabel yang populer dengan keunggulannya masing-masing.Agar Anda tidak bingung menentukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan, kami akan membahas cara memilih HDD portabel. Kami juga telah menyiapkan sembilan rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda pilih. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo.
    Media penyimpanan data
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori