• 10 Sikat Gigi Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sikat Gigi Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sikat Gigi Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sikat Gigi Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sikat Gigi Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sikat Gigi Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)

Agar kucing terbebas dari masalah gigi dan mulut, sikat gigi kucing adalah alat grooming yang tidak boleh Anda lupakan. Selain membuat gigi bersih, menyikat gigi kucing secara teratur juga akan membuat nafas kucing tidak berbau.


Kali ini kami akan membahas cara memilih sikat gigi kucing yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kucing Anda. Sepuluh produk terbaik, seperti merek Bioline, Artero, dan Hartz juga akan kami perkenalkan di akhir artikel. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drh. Bella Fortuna
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Bella Fortuna

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Bella Fortuna
drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

drh. Bella adalah seorang dokter hewan muda yang telah selesai menempuh profesi dokter hewan di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Ia merupakan founder dokterhewanku.com, situs untuk konsultasi online hewan kesayangan.

drh. Bella berpengalaman dalam telemedicine selama satu tahun lebih dengan ratusan client setiap bulannya. Ia juga menerima konsultasi online melalui aplikasi khusus tentang hewan peliharaan. Selain itu, ia juga seorang dokter praktisi di klinik hewan kecil di Kota Ngawi, Jawa Timur.

Apakah gigi kucing perlu disikat?

Apakah gigi kucing perlu disikat?

Menyikat gigi kucing perlu dilakukan agar kucing Anda terhindar dari masalah gigi dan mulut, seperti gigi berlubang. Bila sisa makanan tertinggal di gigi, kerusakan gigi atau radang gusi bisa terjadi. Kalau sudah begitu, kucing Anda mungkin jadi tidak mau makan.


Risiko kerusakan gigi ini akan menjadi lebih tinggi lagi pada kucing rumahan. Alasannya, cat food cenderung lebih mudah menyelip di antara gigi dibandingkan dengan makanan yang dimakan kucing liar. Karena itu, penting untuk membersihkan gigi kucing secara teratur agar kucing bisa hidup lebih sehat dan panjang umur.


Kucing dewasa di atas 3 tahun sangat rentan terkena penyakit gingivitis atau peradangan pada gusi. Infeksi bakteri bisa masuk lewat aliran darah dan menimbulkan masalah di beberapa organ, seperti ginjal dan hati. Untuk itu, menyikat gigi sangat penting dan perlu dibiasakan sejak kucing masih kecil agar terbiasa.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sikat gigi kucing

Sebelum melirik produk sikat gigi kucing yang akan kami rekomendasikan, mari pahami dulu cara memilihnya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui tipe sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan kucing Anda!

Pilih tipe sikat berdasarkan terbiasa tidaknya kucing

Sikat gigi kucing terbagi menjadi tiga tipe, yaitu sheet type, finger type, dan brush type. Sesuaikanlah tipe sikat gigi dengan seberapa terbiasanya kucing Anda dengan kegiatan menyikat gigi. Dengan begitu, tingkat kewaspadaan kucing akan berkurang dan Anda pun jadi lebih mudah membersihkan giginya.

Sheet type untuk kucing yang belum terbiasa

Sheet type untuk kucing yang belum terbiasa

Bagi kucing yang baru pertama kali disikat giginya, kami merekomendasikan sikat gigi tipe sheet. Alasannya, kucing belum terbiasa dengan keberadaan benda asing di dalam area mulut. Jadi, Anda perlu membuat kucing terbiasa dengan cara menyikat giginya menggunakan jari Anda terlebih dahulu.


Cara penggunaan tipe ini yaitu dengan membalutkannya pada jari sehingga gerakan jari akan terefleksikan secara langsung. Alhasil, Anda dapat dengan mudah mengatur kekuatan tangan saat menggosok gigi kucing.


Akan tetapi, tipe ini sulit menjangkau keseluruhan sudut mulut sehingga ada kemungkinan hasilnya kurang bersih. Sikat gigi dengan sheet type juga kurang efektif karena ujungnya terbuka yang berakibat jari Anda bisa tergigit. Selain itu, sikat gigi sheet type masih sulit ditemukan di Indonesia.

Finger type untuk kucing yang mulai terbiasa disentuh di area mulut

Finger type untuk kucing yang mulai terbiasa disentuh di area mulut

Ketika kucing Anda sudah mulai terbiasa disentuh di area mulut, Anda bisa melangkah ke tahap selanjutnya. Di tahap ini Anda bisa menggunakan sikat gigi finger type yang memiliki helaian sikat pada bagian ujungnya. Sama seperti sheet type, kucing cenderung menoleransi sikat gigi finger type sehingga tidak berontak ketika disikat.


Perbedaannya adalah tipe jari mampu menjangkau sudut-sudut mulut sehingga hasilnya akan lebih bersih. Ditambah lagi, sikat gigi tipe ini dapat melindungi jari bila kucing Anda memiliki kebiasaan menggigit. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa sakit karena gigitannya tidak langsung mengenai jari.

Brush type untuk kucing yang sudah terbiasa

Brush type untuk kucing yang sudah terbiasa

Sikat gigi brush type direkomendasikan untuk kucing yang telah terbiasa digosok giginya. Ujung sikatnya dapat menjangkau setiap sudut mulut, termasuk gusi sehingga kotoran dapat dibersihkan dengan maksimal. Namun, sebaiknya pilih produk berkepala sikat kecil sehingga bisa masuk ke sudut mulut yang sempit sekalipun.


Kemudian, pilihlah sikat dengan tekstur halus agar tidak mencederai gusi kucing ketika sedang dibersihkan. Sebagai informasi, sikat gigi brush type mirip seperti sikat gigi untuk manusia sehingga Anda tidak akan kesulitan menggunakannya.


Sikat gigi dengan tipe brush cukup efektif untuk menghilangkan plak. Tipe brush juga cocok untuk kucing yang sudah dikenalkan lama mengenai penyikatan gigi. Lakukan dengan gerakan memutar. Hati-hati jangan sampai gerakan Anda terlalu keras karena akan menyakiti gusinya.

Cek kemudahannya saat digunakan

Cek kemudahannya saat digunakan

Memilih sikat gigi yang mudah digunakan adalah hal penting agar tidak menimbulkan stres bagi Anda dan si meong. Jika Anda kesulitan menggunakannya, sesi teeth brushing akan memakan waktu lebih banyak dan kucing pun menjadi ogah-ogahan.


Kalau sudah begitu, kucing dapat mengasosiasikan teeth brushing sebagai pengalaman yang tidak menyenangkan. Kucing Anda bahkan bisa jadi membenci aktivitas ini, lho! Nah, untuk mencegah hal itu, cek rekomendasi produk sikat gigi kucing yang paling mudah digunakan di akhir artikel.

Utamakan produk yang mudah membersihkan sisa makanan

Utamakan produk yang mudah membersihkan sisa makanan

Penggunaan sikat gigi kucing bertujuan untuk membersihkan area mulut dengan cara mengangkat sisa makanan yang menempel. Jadi, pilihlah produk yang mampu menghilangkan sisa makanan dengan baik, misalnya yang memiliki kepala sikat berukuran kecil. Hindari memilih kepala sikat dengan ukuran yang lebar karena sisa makanan akan sulit untuk dibersihkan.


Selain itu, pilihlah sikat yang pegangannya ergonomis sehingga Anda bisa membersihkan mulut kucing dengan mudah. Jika kegiatan sikat gigi pada kucing dipaksakan, kucing akan mengalami stres. Oleh karena itu, memilih produk yang efektif dan mudah perlu dipertimbangkan. Nah, agar lebih jelas, mari simak ulasan sikat gigi dengan hasil akhir paling bersih di segmen selanjutnya.

10 Rekomendasi sikat gigi kucing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sikat gigi kucing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Bella Fortuna.

10
TipeBrush
BahanTidak disebutkan
Ukuran/bobotTidak disebutkan
9
TipeSheet
BahanTidak disebutkan
Ukuran/bobot50 sheets
8

HartzDentist’s Best with DentaShield Dental Kit for Dogs & Cats

Mulai dari Rp 252.000,00

TipeFinger, brush
BahanFlouride-free (pasta gigi)
Ukuran/bobot85 gram (plus pasta gigi)
7
TipeFinger, brush
BahanTidak disebutkan
Ukuran/bobotTidak disebutkan
6

BiolineDental Hygiene Set for Cats

Mulai dari Rp 95.000,00

TipeBrush
BahanTidak disebutkan
Ukuran/bobot50 gram (plus pasta gigi)
5

Sikat Gigi Hewan Anjing Kucing Kelinci

Mulai dari Rp 56.000,00

TipeFinger
BahanTidak disebutkan
Ukuran/bobotGagang sikat: 13 cm・Kepala sikat: 2 cm x 0,9 cm
4

KOJIMA360°Roll Soft Pet Toothbrush

Mulai dari Rp 65.000,00

TipeBrush
BahanGagang: PP・Sikat: nano thermoplastic elastomer
Ukuran/bobotTidak disebutkan
3

Sikat Gigi Anjing Kucing 3 Sisi

Mulai dari Rp 25.000,00

TipeBrush
BahanTidak disebutkan
Ukuran/bobot17,5 cm x 3 cm
2
TipeFinger
BahanSilikon
Ukuran/bobot5,5 cm x 2,2 cm
1
TipeBrush
BahanPP (polypropylene), benang nilon
Ukuran/bobot± 21 cm

Tabel perbandingan produk sikat gigi kucing terbaik

Gambar produk
1
Sikat Gigi Anjing Kucing Musang 1

2
Sikat Gigi Jari 1

3
Sikat Gigi Anjing Kucing 3 Sisi 1

4
KOJIMA 360°Roll Soft Pet Toothbrush 1

KOJIMA

5
Sikat Gigi Hewan Anjing Kucing Kelinci 1

6
Bioline Dental Hygiene Set for Cats 1

Bioline

7
Bioline Dental Care Set 1

Bioline

8
Hartz Dentist’s Best with DentaShield Dental Kit for Dogs & Cats 1

Hartz

9
Artero Disposable Teeth Cleaning Wipes 1

Artero

10
Kenko Care Cylinder Toothbrush 1

Kenko Care

Nama produk

Sikat Gigi Anjing Kucing Musang

Sikat Gigi Jari

Sikat Gigi Anjing Kucing 3 Sisi

360°Roll Soft Pet Toothbrush

Sikat Gigi Hewan Anjing Kucing Kelinci

Dental Hygiene Set for Cats

Dental Care Set

Dentist’s Best with DentaShield Dental Kit for Dogs & Cats

Disposable Teeth Cleaning Wipes

Cylinder Toothbrush

Keunggulan

Dua sisi kepala sikat dalam satu produk

Lebih higienis dengan storage box

Bersihkan tiga sisi gigi sekaligus dalam sekali sikatan

Sikat superhalus dengan bentuk 360°yang ramah di gusi

Membersihkan secara menyeluruh sampai ke gigi belakang

Sikat gigi menyenangkan dengan pasta gigi rasa catnip!

Superlengkap! Ada pasta gigi dan 4 macam kepala sikat

Gigi bersih dan putih, nafas pun jadi segar!

Praktis, bebas repot dengan pembersih gigi sekali pakai

Ergonomis, gagang berbentuk segi lima mudahkan Anda menyikat

Harga mulai dariRp 11.000,00Rp 4.323,00Rp 25.000,00Rp 65.000,00Rp 56.000,00Rp 95.000,00Rp 54.400,00Rp 252.000,00Rp 166.300,00Rp 112.500,00
TipeBrushFingerBrushBrushFingerBrushFinger, brushFinger, brushSheetBrush
BahanPP (polypropylene), benang nilonSilikonTidak disebutkanGagang: PP・Sikat: nano thermoplastic elastomerTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanFlouride-free (pasta gigi)Tidak disebutkanTidak disebutkan
Ukuran/bobot± 21 cm5,5 cm x 2,2 cm17,5 cm x 3 cmTidak disebutkanGagang sikat: 13 cm・Kepala sikat: 2 cm x 0,9 cm50 gram (plus pasta gigi)Tidak disebutkan85 gram (plus pasta gigi)50 sheetsTidak disebutkan
Tautan produk

Tips menyikat gigi kucing

Menyikat gigi kucing bisa menjadi pekerjaan yang menantang, khususnya jika kucing Anda belum terbiasa. Namun, jangan memaksa kucing bila Anda tidak mau kucing menjadi benci dengan kegiatan menyikat gigi. Karena itu, kami mempunyai beberapa tips agar kucing kesayangan Anda tetap tenang saat disikat giginya. Langsung saja simak di bawah ini!

Bisa karena terbiasa!

Bisa karena terbiasa!

Jika baru pertama kali, sebaiknya jangan menggosok gigi kucing secara tiba-tiba agar kucing tidak takut atau menjadi waspada. Lebih baik Anda mulai dengan menyentuh area mulut bagian luar terlebih dahulu.


Setelah kucing terbiasa, lanjutkan dengan menyentuh mulut dalam, seperti gigi depan dan gigi belakangnya. Kemudian, perkenalkan sikat gigi yang akan digunakan untuk menyikat giginya. Anda bisa juga mengoleskan wet food ke jari atau sikat gigi agar kucing tertarik.

Lakukan saat kucing sedang rileks

Lakukan saat kucing sedang rileks

Disarankan untuk menyikat gigi kucing saat ia sedang bersantai. Kucing suka dibelai di bagian bawah dagu dan kepalanya. Karena itu, ketika sedang rileks, dekati dan belai kucing Anda, lalu mulailah menggosok giginya.


Perhatikan juga situasi dan kondisi kucing sebelum memulai sesi teeth brushing. Ada baiknya Anda tidak melakukannya setelah kucing selesai makan atau bermain. Sebab, kucing mungkin akan kabur atau berontak.

Pahami cara menyikat yang tidak membebani kucing

Pahami cara menyikat yang tidak membebani kucing

Tidak perlu membuka mulut kucing secara paksa ketika ingin membersihkan giginya. Cukup angkat bagian atas mulut kucing dengan cara menyelipkan ibu jari Anda. Setelah itu, janganlah menggosok, melainkan angkat kotoran gigi dengan gerakan kecil secara perlahan. Lakukan dari gigi belakang menuju ke gigi depan.


Lalu, kucing tidak suka bila penglihatannya terhalang. Karena itu, lakukan kegiatan menyikat gigi dengan cara memegang kepala kucing secara lembut dari bagian belakang. Hal ini dapat mengurangi kegelisahan kucing.

Beri dental snack dan chewing toy

Beri dental snack dan chewing toy

Bagi kucing yang tidak suka disikat giginya, mungkin Anda bisa gunakan chewing toy atau dental snack. Dental snack dapat menghilangkan plak pada gigi dengan cara yang disukai kucing. Begitu pula dengan chewing toy. Plak dapat terkikis saat kucing menggigiti mainan tersebut.

Minta bantuan profesional sebagai jalan terakhir

Minta bantuan profesional sebagai jalan terakhir

Bila dirasa sulit untuk menyikat gigi kucing secara mandiri, Anda bisa meminta bantuan profesional. Gunakanlah jasa dokter hewan atau salon hewan. Beberapa klinik hewan juga menyediakan pengecekan gigi dan masalah mulut lain. Lakukanlah secara berkala agar kucing terbebas dari segala masalah mulut!

Pertanyaan umum seputar sikat gigi kucing

Pertanyaan umum seputar sikat gigi kucing

Selain membahas cara memilih, kami juga akan menjawab beberapa pertanyaan populer seputar sikat gigi kucing. Yuk, langsung saja simak pembahasannya!

Berapa kali menyikat gigi kucing?

Proses membersihkan gigi kucing sebaiknya dilakukan satu kali setiap hari agar kesehatan gigi dan gusinya tetap terjaga. Akan tetapi, jika kucing belum terbiasa, lakukan setidaknya seminggu sekali sembari membiasakan kucing dengan kegiatan menyikat gigi.

Bolehkah pasta gigi manusia untuk kucing?

Kucing tidak dapat menggunakan pasta gigi manusia karena umumnya mengandung bahan-bahan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan kucing. Selain itu, alih-alih berkumur, kucing akan menelan pasta giginya saat disikat. Itu sebabnya kucing memerlukan pasta gigi yang diformulasikan khusus untuk kucing.

Apa penyebab mulut kucing bau?

Bau mulut pada kucing biasanya mewakili kondisi kesehatan kucing secara keseluruhan. Aroma tak sedap tersebut bisa saja diakibatkan oleh adanya penyakit serius pada gigi, gusi, atau pernafasannya. Namun, bau mulut pada kucing umumnya disebabkan karena kurang minum, sering mengonsumsi makanan mentah, dan penumpukan plak pada gigi.

Tips menyikat gigi kucing tanpa dicakar oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna

Tips menyikat gigi kucing tanpa dicakar oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna
  • Lakukan handling dengan benar, yaitu dengan menidurkan kucing dan pegang tengkuknya. Anda juga bisa juga membungkus seluruh badan kucing dengan handuk hingga tersisa bagian kepala saja. Posisikan Anda di belakang kucing.
  • Berikan makanan kesukaan sebagai hadiah setiap selesai menyikat gigi.
  • Buka mulut kucing dari samping. Gunakan tangan kiri untuk membuka mulut dengan dua jari, yakni jempol dan ibu jari, yang membentuk huruf "C".
  • Gunakan tangan kanan untuk menyikat.
  • Lakukan kegiatan menyikat gigi dengan bantuan orang lain.
  • Lakukan secara perlahan. Jika kucing merasa tidak nyaman, berhentilah sejenak dan mulai lagi.
  • Jika ingin menyikat gigi kucing secara optimal, mintalah bantuan orang lain untuk menekan rahang atas dan bawah kucing.

Baca juga rekomendasi gunting kuku, susu, dan shampo kucing di sini

Furry friend Anda tentunya masih membutuhkan produk-produk lain agar tetap terawat dan terjaga kesehatannya. Kami mempunyai beberapa rekomendasi, seperti gunting kuku kucing, susu kucing, dan shampo kucing. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan produk sikat gigi kucing dan menjelaskan tips memilih sikat gigi kucing yang bagus. Setelah membacanya, apakah Anda sudah mengetahui tipe sikat gigi yang paling sesuai untuk kucing Anda?


Saat memilih sikat gigi, pertimbangkanlah kondisi dan kebiasaan kucing agar Anda dapat menemukan produk yang tepat. Terakhir, latihlah kucing Anda supaya terbiasa dengan sesi teeth brushing. Dengan begitu, kegiatan ini pun bisa sekaligus menjadi media bonding bagi Anda dan kucing peliharaan!

Artikel terkait

  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Snack kucing merupakan makanan ringan yang dikonsumsi di sela makanan utama. Seperti halnya makanan utama, snack juga mengandung nutrisi penunjang kesehatan untuk kitten dan kucing dewasa. Di samping itu, pemberian snack kucing yang bagus bisa menjadi selingan agar anabul tidak bosan dengan makanan utamanya.Kali ini kami akan memberi tips memilih snack kucing terbaik untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari berbagai merek. Snack kering Friskies dan Me-O Creamy Treats pastinya ada. Artikel ini merupakan hasil kolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Simak sampai habis, ya!
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merek banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merek tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Dog Food Basah Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Dog Food Basah Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Pemilihan dog food tak hanya berpengaruh pada kesehatan anjing, tetapi juga selera makannya. Dog food basah, misalnya, tak hanya kaya nutrisi tetapi juga dapat membangkitkan nafsu makan anjing. Makanan basah anjing ini ternyata memiliki beberapa jenis dengan peruntukan yang berbeda. Selain PEDIGREE® dan ROYAL CANIN®, ada banyak merek dog food basah yang bagus lainnya di pasaran. Agar tak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih dog food basah. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk dog food basah yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.
    Makanan hewan
  • 10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Landak yang umum dijadikan peliharaan adalah jenis landak mini atau hedgehog. Landak mini termasuk hewan omnivora yang memakan daging dan tumbuhan. Oleh sebab itu, pakan landak mini yang tersedia di pasaran cukup beragam.Makanan landak tentu dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan nutrisinya. Jika Anda bingung dalam menentukan pilihan, ada beberapa produk yang terkenal, seperti merek Mazuri dan Hamsgehog. Kali ini, kami akan merekomendasikan makanan landak yang bagus dan tepat. Sebelum memberikan rekomendasi produk, simak dahulu cara memilih makanan landak berikut, ya!
    Makanan hewan
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Anjing membutuhkan susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan serta menjaga kesehatannya. Namun, tidak sembarang susu bisa diberikan pada anjing, apalagi jika susunya mengandung laktosa yang dikhawatirkan dapat menyebabkan diare. Ada banyak jenis susu untuk anjing, mulai dari merek lokal hingga impor, seperti Royal Canin atau Ameri Pro.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk susu yang bagus untuk anjing, baik untuk anjing yang baru lahir sampai yang sudah tua. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak sampai tuntas, yuk!
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Wet food untuk kucing adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan memiliki kandungan air lebih dari 60%. Wet food biasanya memiliki tekstur lembut dan berair sehingga mudah dimakan. Beberapa merek bahkan memakai bahan utama yang berkelas dan grain free.Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan rekomendasi makanan basah terbaik untuk kucing. Ada merek Royal Canin, Whiskas, Friskies, hingga Fancy Feast. Poin berikut ini bisa dijadikan acuan sebelum memilih makanan kucing tipe basah yang bagus. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, untuk menambah wawasan.
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, produknya juga praktis untuk disimpan. Merek makanan kering kucing yang bagus di antaranya adalah Royal Canin, Purina, dan Whiskas. Anda bisa mendapatkan makanan kesehatan untuk kitten umur 2 bulan hingga yang sepuh.Kali ini kami akan menjelaskan tips cara memilih dry food kucing terbaik. Kami juga akan berbagi rekomendasi dry food kucing untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Yuk, temukan produk yang aman untuk kucing Anda!
    Makanan hewan
  • 10 Sisir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sisir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing yang sehat dan berbulu lebat memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, bulu yang lebat dan tak terawat dapat membuat kucing tidak nyaman, bahkan bisa menimbulkan masalah kesehatan. Karena itu, sisir kucing merupakan alat perawatan yang wajib Anda miliki.Kali ini, kami akan berbagi cara memilih sisir kucing yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh sisir kucing dalam berbagai bentuk dan ukuran, salah satunya dari merek Hartz. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Mari ketahui sisir apa yang terbaik untuk si fluffy!
    Grooming hewan
  • 10 Gunting Kuku Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gunting Kuku Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Berkat tingkahnya yang lucu, kucing menjadi binatang piaraan favorit banyak orang. Namun, furnitur di rumah Anda bisa saja rusak karena dicakari olehnya. Supaya hal itu tidak terjadi, Anda harus memiliki gunting khusus untuk memangkas kuku kucing yang panjang.Kami akan memperkenalkan produk gunting kuku kucing yang bagus, seperti merek Hartz dan Mijia. Tips memilih produk sesuai kebutuhan Anda dan kucing Anda juga akan kami bahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Temukan produk terbaik yang akan membuat sesi trimming lebih mudah!
    Grooming hewan
  • Artikel populer

  • 10 Sisir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sisir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing yang sehat dan berbulu lebat memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, bulu yang lebat dan tak terawat dapat membuat kucing tidak nyaman, bahkan bisa menimbulkan masalah kesehatan. Karena itu, sisir kucing merupakan alat perawatan yang wajib Anda miliki.Kali ini, kami akan berbagi cara memilih sisir kucing yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh sisir kucing dalam berbagai bentuk dan ukuran, salah satunya dari merek Hartz. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Mari ketahui sisir apa yang terbaik untuk si fluffy!
    Grooming hewan
  • 10 Gunting Kuku Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gunting Kuku Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Berkat tingkahnya yang lucu, kucing menjadi binatang piaraan favorit banyak orang. Namun, furnitur di rumah Anda bisa saja rusak karena dicakari olehnya. Supaya hal itu tidak terjadi, Anda harus memiliki gunting khusus untuk memangkas kuku kucing yang panjang.Kami akan memperkenalkan produk gunting kuku kucing yang bagus, seperti merek Hartz dan Mijia. Tips memilih produk sesuai kebutuhan Anda dan kucing Anda juga akan kami bahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Temukan produk terbaik yang akan membuat sesi trimming lebih mudah!
    Grooming hewan
  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merek banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merek tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan penambah nafsu makan. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin kucing merek apa yang bagus?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda. Kali ini kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, dan VITA-GEL. Jangan lupa, baca juga komentar dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, di artikel ini!
    Perawatan kucing
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Snack kucing merupakan makanan ringan yang dikonsumsi di sela makanan utama. Seperti halnya makanan utama, snack juga mengandung nutrisi penunjang kesehatan untuk kitten dan kucing dewasa. Di samping itu, pemberian snack kucing yang bagus bisa menjadi selingan agar anabul tidak bosan dengan makanan utamanya.Kali ini kami akan memberi tips memilih snack kucing terbaik untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari berbagai merek. Snack kering Friskies dan Me-O Creamy Treats pastinya ada. Artikel ini merupakan hasil kolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Simak sampai habis, ya!
    Makanan hewan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori