• 10 Rekomendasi Sikat Gigi Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sikat Gigi Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Agar kucing terbebas dari masalah gigi dan mulut, sikat gigi kucing adalah alat grooming yang tidak boleh Anda lupakan. Selain membuat gigi bersih, menyikat gigi kucing secara teratur juga akan membuat nafas kucing tidak berbau. Namun, dari sekian banyak jenis sikat gigi kucing di pasaran, tahukah Anda produk mana yang terbaik untuk si pus?


Kali ini kami akan membahas cara memilih sikat gigi kucing yang sesuai dengan kebutuhan kucing Anda. Sepuluh produk terbaik, sepert merek Bioline, Artero, dan Hartz juga akan kami perkenalkan di akhir artikel. Yuk, simak!

  • Pembaharuan terakhir: 20 Februari 2020
  • 4.680 Views
Daftar isi

Apakah gigi kucing perlu disikat?

Apakah gigi kucing perlu disikat?

Menyikat gigi kucing perlu dilakukan agar kucing Anda terhindar dari masalah gigi dan mulut, seperti gigi berlubang. Bila sisa makanan tertinggal di gigi, kerusakan gigi atau radang gusi bisa terjadi. Kalau sudah begitu, kucing Anda mungkin jadi tidak mau makan. 


Terlebih lagi, risikonya lebih besar untuk kucing rumahan. Alasannya, cat food cenderung lebih mudah menyelip di antara gigi dibandingkan dengan makanan yang dimakan kucing liar. Karena itu, penting untuk membersihkannya secara teratur agar kucing bisa hidup lebih sehat dan panjang umur.

Cara memilih sikat gigi kucing

Sebelum melirik produk-produk apa saja yang kami rekomendasikan, pahami dulu cara-cara memilihnya di bagian ini. Dengan begitu, Anda jadi lebih tahu tipe sikat gigi apa yang sesuai dengan kebutuhan kucing Anda!

Pilih berdasarkan terbiasa tidaknya kucing

Sikat gigi kucing terbagi menjadi tiga tipe, yaitu sheet type, finger type, dan brush type. Sesuaikan tipe sikat gigi dengan seberapa terbiasanya kucing Anda untuk disikat giginya. Dengan begitu, kewaspadaan kucing pun dapat berkurang.

Sheet type untuk kucing yang belum terbiasa

Sheet type untuk kucing yang belum terbiasa

Bagi kucing yang baru pertama kali disikat giginya, kami merekomendasikan sheet type. Alasannya, kucing belum terbiasa disentuh atau dimasuki benda asing ke dalam area mulutnya. Jadi, Anda perlu membiasakannya dengan menyikat memakai jari terlebih dahulu. Cara penggunaan tipe ini yaitu dengan membalutkannya di jari Anda. Sebelum lanjut ke tipe sikat gigi yang lain, mari kenali dulu tentang sheet type ini!


Sheet type merefleksikan gerakan jari Anda secara langsung. Alhasil, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan kekuatan saat menggosok gigi kucing. Akan tetapi, kelemahannya adalah sulit menjangkau setiap sudut mulut sehingga ada kemungkinan hasilnya kurang bersih. Kekurangan lainnya adalah tipe ini masih sulit ditemukan di Indonesia.

Finger type untuk kucing yang terbiasa disentuh di area mulut

Finger type untuk kucing yang terbiasa disentuh di area mulut

Ketika kucing Anda sudah mulai terbiasa disentuh di area mulut, Anda bisa melangkah ke step selanjutnya. Gunakalanlah finger type agar kucing terbiasa dimasuki benda ke dalam mulutnya. 


Kelebihan finger type adalah, seperti sheet type, kucing cenderung menoleransinya sehingga tidak berontak ketika disikat. Selain itu, tipe ini juga mampu menjangkau sudut-sudut mulut kucing. Lalu, bila kucing Anda memiliki kebiasaan menggigiti jari Anda, Anda tidak akan merasa sakit. Sebab, gigitannya tidak langsung mengenai jari.

Brush type untuk kucing yang sudah terbiasa

Brush type untuk kucing yang sudah terbiasa

Sikat gigi brush type direkomendasikan untuk kucing yang telah terbiasa digosok giginya. Ujung sikatnya dapat menjangkau setiap sudut mulut, termasuk gusi. Hasilnya, kotoran dapat dibersihkan dengan maksimal.


Sebaiknya, pilih produk berkepala sikat kecil sehingga sikat bisa masuk ke sudut mulut yang sempit sekalipun. Kemudian, pilihlah juga yang bahannya bertekstur halus agar tidak mencederai gusi kucing. Sikat gigi brush type mirip seperti sikat gigi untuk manusia sehingga Anda tidak akan kesulitan menggunakannya.

Pilih yang mudah digunakan

Pilih yang mudah digunakan

Pilihlah sikat gigi yang mudah digunakan agar tidak menimbulkan stres bagi Anda dan si meong. Jika Anda kesulitan menggunakannya, sesi teeth brushing akan memakan waktu lebih banyak dan kucing akan menjadi ogah-ogahan. Kalau sudah begitu, kucing dapat mengasosiasikan teeth brushing sebagai pengalaman yang tidak menyenangkan. Kucing Anda bahkan bisa jadi membencinya, lho! Nah, agar hal itu tidak terjadi, cek rekomendasi produk sikat gigi kucing yang paling mudah digunakan di bawah ini, ya!

Pilih yang mudah membersihkan sisa makanan

Pilih yang mudah membersihkan sisa makanan

Alih-alih menggosok, menyikat gigi kucing bertujuan membersihkan dengan mengangkat sisa makanan. Jadi, pilihlah produk yang mampu menghilangkan sisa makanan dengan baik. Terutama, untuk sikat brush type, janganlah memilih yang kepala sikatnya lebar seperti sikat gigi manusia. Kepala sikat yang kecil lebih sesuai untuk kucing. Temukan sikat gigi yang hasil akhirnya paling bersih di bagian rekomendasi produk, ya!

10 Rekomendasi sikat gigi kucing terbaik

Nah, sekarang kami akan memperkenalkan produk-produk sikat gigi kucing terbaik untuk Anda. Pilih yang paling sesuai untuk Anda dan furry friend Anda!

10
TipeFinger
BahanTidak disebutkan
Ukuran/bobotTidak disebutkan
9
TipeBrush
BahanPP (polypropylene), benang nilon
Ukuran/bobot± 21 cm
8
TipeFinger
BahanSilikon
Ukuran/bobot5,5 x 2 cm
7
TipeBrush
BahanTidak disebutkan
Ukuran/bobot17,5 x 3 cm
6
TipeFinger
BahanTidak disebutkan
Ukuran/bobot13 cm (gagang sikat) ・ 2 x 0,9 cm (kepala sikat)
5
TipeBrush
BahanTidak disebutkan
Ukuran/bobotTidak disebutkan
4
TipeBrush
BahanTidak disebutkan
Ukuran/bobot50 gram (pasta gigi)
3

Kenko Care Sikat Gigi Khusus Anjing dan Kucing

Rp 135.000,00

TipeBrush
BahanTidak disebutkan
Ukuran/bobot15,5 x 1,45 cm
2
TipeSheet
BahanTidak disebutkan
Ukuran/bobot50 sheets
1

HartzDentist’s Best® with DentaShield® Dental Kit for Dogs & Cats

Rp 210.000,00

TipeBrush, finger
BahanFlouride-free (pasta gigi)
Ukuran/bobot85 gram (pasta gigi)

Tabel perbandingan produk sikat gigi kucing terbaik

Gambar produk
1
Hartz Dentist’s Best® with DentaShield® Dental Kit for Dogs & Cats 1

Hartz

2
Artero Artero Disposable Teeth Cleaning Wipes 1

Artero

3
Kenko Care Sikat Gigi Khusus Anjing dan Kucing 1

4
Bioline Dental Hygiene Set for Cats 1

Bioline

5
Super Soft Toothbrush 1

6
Sikat Gigi Hewan Anjing Kucing Kelinci 1

7
Sikat Gigi Anjing Kucing 3 Sisi 1

8
Sikat Gigi Jari 1

9
Sikat Gigi Anjing Kucing Musang 1

10
Bioline Toothbrush Set 1

Bioline

Nama produk

Dentist’s Best® with DentaShield® Dental Kit for Dogs & Cats

Artero Disposable Teeth Cleaning Wipes

Kenko Care Sikat Gigi Khusus Anjing dan Kucing

Dental Hygiene Set for Cats

Super Soft Toothbrush

Sikat Gigi Hewan Anjing Kucing Kelinci

Sikat Gigi Anjing Kucing 3 Sisi

Sikat Gigi Jari

Sikat Gigi Anjing Kucing Musang

Toothbrush Set

Keunggulan

Gigi bersih dan putih, nafas pun jadi segar!

Praktis dengan pembersih gigi sekali pakai

Menyikat dengan berbagai angle dengan kepala sikat silinder

Sikat gigi menyenangkan dengan pasta gigi rasa catnip!

Sikat superhalus yang ramah di gusi

Membersihkan secara menyeluruh sampai ke gigi belakang

Bersihkan tiga sisi gigi sekaligus dalam sekali sikatan

Higienis dengan storage box

Dua sisi kepala sikat dalam satu produk

Tinggal selipkan ke jari lalu gosok, mudah sekali!

HargaRp 210.000,00Rp 125.000,00Rp 135.000,00Rp 78.000,00Rp 85.000,00Rp 56.000,00Rp 25.000,00Rp 3.524,00Rp 7.500,00Rp 30.000,00
TipeBrush, fingerSheetBrushBrushBrushFingerBrushFingerBrushFinger
BahanFlouride-free (pasta gigi)Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanSilikonPP (polypropylene), benang nilonTidak disebutkan
Ukuran/bobot85 gram (pasta gigi)50 sheets15,5 x 1,45 cm50 gram (pasta gigi)Tidak disebutkan13 cm (gagang sikat) ・ 2 x 0,9 cm (kepala sikat)17,5 x 3 cm5,5 x 2 cm± 21 cmTidak disebutkan
Tautan produk

Tips menyikat gigi kucing

Menyikat gigi kucing bisa menjadi pekerjaan yang menantang. Apalagi, kalau kucing Anda belum terbiasa disikat giginya. Janganlah memaksa kucing bila Anda tidak mau kucing menjadi benci dengan kegiatan menyikat gigi. Karena itu, kami mempunyai beberapa tips yang bisa menjadi referensi agar Anda nyaman dan si pus pun tenang saat disikat giginya. Simak di bawah ini!

Bisa karena terbiasa!

Bisa karena terbiasa!

Jika baru pertama kali, sebaiknya jangan mencoba menggosok giginya secara tiba-tiba. Kucing bisa saja menjadi takut atau waspada terhadap sikat giginya. Lebih baik bila Anda mulai dengan menyentuh area mulut kucing. Setelah kucing terbiasa, lanjutkan dengan menyentuh mulut, gigi depan, dan gigi belakangnya. Kemudian, seiring terbiasanya kucing, ia akan perlahan menerima sikat giginya. Anda bisa juga mengoleskan wet food ke jari Anda agar kucing tertarik.

Lakukan saat kucing sedang rileks

Lakukan saat kucing sedang rileks

Disarankan untuk menyikat gigi kucing saat ia sedang bersantai. Kucing suka dibelai di bagian bawah dagu dan kepalanya. Karena itu, ketika sedang rileks, dekati dan belai kucing, lalu mulailah menggosok giginya.


Perhatikan juga situasi dan kondisi kucing sebelum memulai sesi teeth brushing. Ada baiknya Anda tidak melakukannya setelah kucing selesai makan atau bermain. Sebab, kucing mungkin akan kabur atau memberontak.

Pahami cara menyikat yang tidak membebani kucing

Pahami cara menyikat yang tidak membebani kucing

Tidak perlu membuka mulut kucing secara paksa. Anda cukup angkat bagian atas mulut kucing dengan cara menyelipkan ibu jari Anda. Setelah itu, janganlah menggosok, melainkan angkat kotorannya dengan gerakan kecil secara perlahan. Lakukan dari gigi belakang menuju ke gigi depan.


Lalu, kucing tidak suka bila penglihatannya terhalang. Karena itu, lakukanlah dengan cara memegang kepala kucing secara lembut dari bagian belakang. Hal ini dapat mengurangi kegelisahan kucing.

Beri dental snack dan chewing toy

Beri dental snack dan chewing toy

Bagi kucing yang tidak suka disikat giginya, mungkin Anda bisa gunakan chewing toy atau dental snack. Dental snack dapat menghilangkan plak pada gigi dengan cara yang disukai kucing. Begitu pula dengan chewing toy. Plak dapat terkikis saat kucing menggigiti mainan tersebut.

Minta bantuan profesional sebagai jalan terakhir

Minta bantuan profesional sebagai jalan terakhir

Bila dirasa sulit untuk menyikat gigi kucing sendiri, Anda bisa meminta bantuan profesional. Gunakanlah jasa dokter hewan atau salon hewan. Beberapa klinik hewan juga menyediakan pengecekan gigi dan masalah mulut lain. Lakukanlah secara berkala agar kucing terbebas dari segala masalah mulut!

Baca juga rekomendasi produk perawatan kucing lainnya di sini!

Furry friend Anda tentunya masih membutuhkan produk-produk lain agar tetap terawat dan terjaga kesehatannya. Kami punya beberapa artikel yang merekomendasikan produk terbaik untuk si meong. Mari lengkapi grooming tools dan perlengkapan kucing Anda di rumah! Kucing senang, Anda pun bahagia.

Kesimpulan

Itulah produk-produk sikat gigi kucing dan tips memilihnya yang dapat kami paparkan untuk Anda. Setelah membacanya, apakah Anda sudah mengetahui tipe sikat gigi apa yang paling sesuai? Ingatlah untuk selalu memerhatikan kondisi dan situasi kucing Anda sebelum mulai menyikat giginya. Jangan juga memaksakan bila kucing meronta-ronta. Terakhir, biasakanlah kucing dan diri Anda dalam sesi teeth brushing. Dengan begitu, kegiatan ini bisa jadi media bonding bagi Anda berdua! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan mereka. Semenjak itu beraneka ragam makanan kucing atau cat food dari beragam tekstur dan merek banyak bermunculan. Mulai dari yang paling terkenal seperti Whiskas, Meo, dan Friskies, hingga yang paling premium seperti Equilibrio, Royal Canin, Orijen, dan Blackwood. Pernah merasa kebingungan harus pilih yang mana?Kali ini kami akan memberikan tip untuk memilih makanan kucing serta 10 rekomendasi terbaik untuk kucing kesayangan Anda. Adapun kandungan yang perlu dihindari juga harus Anda ingat supaya tidak salah pilih.
    Perawatan hewan
    215.611 Views
  • 10 Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Namun, ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan sebagainya. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin mana yang terbaik?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda di rumah. Kali ini, kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, VITA-GEL, dan sebagainya. Tak perlu menunggu lama, langsung saja simak ulasan kami di bawah ini!
    Perawatan hewan
    38.487 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang diberikan dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu kucing bernutrisi yang paling direkomendasikan. Pilihlah produk terbaik untuk kucing kesayangan Anda!
    Perawatan hewan
    132.094 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sampo kucing adalah produk perawatan yang penting untuk memelihara kebersihan kucing kesayangan agar terhindar dari jamur, kutu, kerontokan, dan berbagai penyakit lainnya. Banyak sampo kucing dijual dengan bermacam-macam aroma yang menyenangkan. Namun, apakah kucing kesayangan akan menyukai sampo berbau wangi tersebut sebagaimana Anda?Dalam artikel ini, kami menjelaskan bagaimana cara memilih sampo kucing yang tepat. Temukan pula sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Bio-Groom, Bioline, Raid-All, Pet Silk, Espree, hingga merek lokal I’m Organic yang populer di kalangan pencinta kucing. Simak artikel ini sampai selesai!
    Perawatan hewan
    107.274 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing terbaik adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Meski pilihannya banyak, Anda tidak perlu bimbang lagi. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Perawatan hewan
    86.906 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    Sedikit berbeda dengan tipe kering, makanan kucing tipe basah/wet food digilai oleh para kucing karena memiliki tekstur lembut, berair, mudah dimakan, dan mengandung potongan daging. Beberapa merek pun all out memakai bahan utama yang berkelas dan grain-free.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami merekomendasikan sepuluh makanan kucing terbaik tipe basah, seperti Royal Canin, Whiskas, Friskies, dan Fancy Feast! Silakan memilih makanan kucing tipe basah yang sesuai dengan kriteria di bawah ini!
    Perawatan hewan
    90.273 Views
  • 10 Rekomendasi Dispenser Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Dispenser Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dispenser makanan hewan atau pet feeder akan membantu Anda dalam memberi makan hewan peliharaan kesayangan secara otomatis. Alat ini akan mengisi wadah makanan hewan kesayangan secara berkala sehingga dia tak akan kelaparan meski ditinggal beraktivitas seharian di luar rumah.Khususnya untuk dispenser makanan kucing, terdapat berbagai macam varian yang kini banyak beredar di pasaran. Beragam model dan fitur dapat Anda pilih, tetapi mana yang paling tepat untuk Anda? Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara memilih dispenser makanan kucing sekaligus rekomendasi produknya.
    Perawatan hewan
    3.645 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori