• 10 Gunting Kuku Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Gunting Kuku Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Gunting Kuku Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Gunting Kuku Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Gunting Kuku Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Gunting Kuku Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)

Berkat tingkahnya yang lucu, kucing menjadi binatang piaraan favorit banyak orang. Namun, furnitur di rumah Anda bisa saja rusak karena dicakari olehnya. Supaya hal itu tidak terjadi, Anda harus memiliki gunting khusus untuk memangkas kuku kucing yang panjang.


Kami akan memperkenalkan produk gunting kuku kucing yang bagus, seperti merek Hartz dan Mijia. Tips memilih produk sesuai kebutuhan Anda dan kucing Anda juga akan kami bahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Temukan produk terbaik yang akan membuat sesi trimming lebih mudah!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drh. Tito Suprayoga
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga
drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

drh. Tito Suprayoga, M.Sc. adalah dokter hewan lulusan S1 dan S2 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Selain menjadi asisten laboratorium Biokimia, drh. Tito juga pernah menjadi pembicara pada UKM Hewan Kesayangan di Fakultas Kedokteran Hewan UGM.


Demi mendukung keilmuannya di dunia praktisi hewan kecil, ia sering mengikuti continuing education baik nasional maupun internasional. Ia berpengalaman bekerja di PDHB drh. Cucu K. Sajuthi dkk Green Garden. Kini drh. Tito praktek mandiri di area Pekanbaru. Anda bisa menyapa drh. Tito di Instagram-nya untuk mengetahui informasi-informasi mengenai kesehatan dan perawatan anabul Anda.

Pentingnya menggunting kuku kucing

Pentingnya menggunting kuku kucing

Anda mungkin bertanya-tanya apakah kuku kucing perlu digunting atau tidak. Jawabannya adalah ya! Menggunting kuku kucing bermanfaat untuk kucing sekaligus pemiliknya. 


Kucing, terutama pejantan, sering menandai dan mempertahankan wilayah teritorial mereka. Mereka menandainya dengan spraying (menyemprotkan urin) atau mengasah/mencakar kuku mereka pada permukaan benda. Tidak jarang kebiasaan mengasah kuku tersebut membuat Anda kesal. Dengan memotong kuku, Anda dapat mengurangi jumlah kerusakan akibat cakaran kucing peliharaan Anda.


Manfaat lain dari rutin menggunting kuku kucing adalah meminimalkan terjadinya penularan cat scratch disease (CSD). CSD adalah penyakit infeksi bakteri yang ditularkan melalui cakaran kucing. 


CSD disebabkan oleh bakteri Bartonella henselae. Sekitar 40% kucing membawa Bartonella henselae pada suatu waktu dalam hidup mereka. Meskipun demikian, kebanyakan kucing dengan infeksi ini tidak menunjukkan gejala penyakit.


Selain itu, pemilik dapat terkena infeksi yang disebut cat scratch disease (CSD) bila dicakar oleh kucing yang berkuku panjang. Anak kucing juga belum bisa merawat kukunya sendiri. Jadi, ada risiko kucing akan melukai dirinya atau pemiliknya.


Kucing rumahan yang kukunya panjang dan tidak sering diasah berisiko kukunya melengkung ke dalam. Hal tersebut bisa menyakiti bantalan kakinya hingga mengakibatkan infeksi. Karena itu, penting untuk memotong kuku kucing Anda secara berkala.


Ada juga beberapa kasus lain yang terjadi akibat kuku kucing yang tidak pernah dipotong. Salah satunya adalah menyebabkan infeksi (abses) karena ujung kuku tersebut menusuk sehingga menyebabkan luka. Luka tersebut menjadi tempat masuk agen-agen infeksi. Selain itu, kuku yang panjang menyebabkan kucing kesulitan untuk berjalan. Efek jangka panjangnya bisa menyebabkan abnormalitas pertulangan anggota gerak mereka. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gunting kuku kucing

Sebelum Anda membandingkan produk-produknya, pahami dulu poin apa yang harus diperhatikan dalam memilih gunting kuku kucing. Langsung cek saja!

Pastikan Anda memilih tipe gunting kuku kucing yang tepat

Pada dasarnya, gunting kuku kucing terbagi menjadi empat tipe, yaitu scissor, guillotine, peacock, dan elektrik. Pilihlah gunting kuku yang sesuai dengan karakter kucing, apakah karakternya sensitif atau kalem. Lalu, perhatikan juga kondisi kuku kucing Anda, apakah tipe kukunya lunak atau tumbuh ke dalam.

Tipe scissor, untuk anak kucing dan kucing dengan kuku yang lunak

Tipe scissor, untuk anak kucing dan kucing dengan kuku yang lunak

Pilihlah tipe scissor untuk menggunting kuku anak kucing atau kucing dengan kuku yang lunak. Alasannya, tipe ini mudah digunakan dan cenderung antigagal. Bentuknya mirip seperti gunting biasa sehingga Anda yang masih pemula pun pasti bisa memakainya.


Hal yang perlu diperhatikan saat memakai gunting tipe ini adalah guntinglah kuku kucing dengan distribusi kekuatan yang seimbang. Bila tidak, kuku kucing bisa patah. Terutama, saat dipakai untuk kucing dewasa atau senior, kemungkinan kuku patah lebih tinggi.


Selain itu, lakukan pengguntingan dengan posisi gunting sejajar dari atas kuku atau dari bawah. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan kuku patah/terbelah secara tidak sempurna yang akan menyebabkan kucing kesakitan dan stres.

Tipe guillotine, untuk kucing yang sensitif terhadap suara

Tipe guillotine, untuk kucing yang sensitif terhadap suara

Tipe guillotine direkomendasikan untuk kucing yang sensitif terhadap suara dan yang mudah kaget. Sebab, gunting tipe ini tidak menghasilkan suara 'klik' yang keras saat menggunting. Dokter hewan dan groomer banyak menggunakan tipe ini untuk mencegah kucing menjadi takut saat sesi trimming.


Kelebihan gunting tipe ini adalah mampu mendistribusikan kekuatan dengan seimbang sehingga dapat menggunting dengan cepat. Hasilnya, kuku dapat terpangkas dengan rapi tanpa patah.


Namun, tipe guillotine sulit digunakan untuk kucing yang memiliki kuku tumbuh ke dalam. Alasannya, kuku yang tumbuh ke dalam tidak bisa masuk ke lubang mata pisau yang dimiliki tipe guillotine. Proses memotong akan lama sehingga kadang kucing stres terlebih dahulu sebelum berhasil memotong kukunya.

Tipe peacock, untuk kucing dengan kuku yang tumbuh ke dalam

Tipe peacock, untuk kucing dengan kuku yang tumbuh ke dalam

Nah, jika kucing Anda memiliki kuku yang tumbuh ke dalam, solusinya adalah gunting kuku tipe peacock. Cara penggunaannya mirip seperti tipe scissor, yaitu dekatkan mata pisau ke kuku lalu potong. Cari gunting yang tajam untuk meminimalkan stres pada kucing.


Tidak seperti tipe guillotine, kuku kucing tidak dimasukkan ke dalam lubang mata pisau jika menggunakan gunting ini. Hasilnya, kuku melengkung yang sulit dipotong pun dapat terpangkas dengan rapi. Selain itu, gunting ini juga tidak menimbulkan suara sehingga tidak akan mengagetkan kucing.

Tipe elektrik, untuk kucing yang tenang

Tipe elektrik, untuk kucing yang tenang

Untuk kucing yang cenderung kalem, kami merekomendasikan gunting kuku tipe elektrik. Kelebihannya adalah kuku yang terpotong tidak akan tercecer dan hasilnya pun rapi. Tipe elektrik juga mengikir kuku sedikit demi sedikit sehingga tak usah khawatir kuku akan terpotong berlebihan.


Akan tetapi, tipe ini kurang sesuai untuk kucing yang mudah takut atau sensitif terhadap suara. Gunting ini akan bergetar dan menghasilkan suara mesin saat memotong. Jadi, usahakan memilih gunting kuku elektrik yang tidak menimbulkan suara terlalu bising. Pastikan juga kucing Anda terbiasa dengan getaran dan suara-suara aneh untuk menghindari stres pada kucing saat kukunya dipotong.

Pertimbangkan material gunting kuku kucing

Pertimbangkan material gunting kuku kucing

Material gunting kuku kucing juga perlu Anda pertimbangkan. Hal ini terkait ketahanan dan kenyaman bagi Anda dan kucing Anda saat menggunakannya. Pilih material yang kuat dan tidak mudah patah untuk bagian plastik pegangannya. Selain itu, pilih yang tidak mudah berkarat dan yang paling penting ketajamannya awet.


Anda bisa mempertimbangkan gunting kuku kucing yang menggunakan material stainless steel. Stainless steel dinilai memiliki ketahanan yang baik dan antikarat. Di sisi lain, material pegangan pada gunting kuku kucing sebaiknya dipilih yang menggunakan bahan ABS (acrylonitrile butadiene styrene), ABS merupakan polimer pembentuk plastik yang memiliki ketahanan yang tinggi. 

Perhatikan fitur lain yang mungkin dimiliki gunting kuku kucing

Perhatikan fitur lain yang mungkin dimiliki gunting kuku kucing

Pada gunting kuku kucing, ada beberapa fitur yang bisa membantu Anda melakukan trimming dengan baik. Berikut ini adalah fitur-fitur yang dimaksud.


  • Kikir kuku

Beberapa produk gunting kuku kucing dijual sepaket dengan kikir kuku. Kikir kuku ini dapat membantu Anda merapikan potongan kuku kucing Anda. 


  • Lampu LED

Penting untuk berhati-hati dalam memotong kuku kucing. Memotong kuku kucing terlalu pendek dapat membuat kucing kesakitan hingga berdarah. Nah, agar dapat melihat dengan lebih jelas, adanya fitur lampu LED pada gunting kuku kucing tentu sangat membantu. 


Namun, mengikir kuku kucing dan menggunakan penerangan yang berasal dari fitur gunting kuku harus disesuaikan dengan tipikal kucing. Individu kucing dengan tingkat stres tinggi tidak disarankan menggunakan fitur-fitur tersebut.

10 Rekomendasi produk gunting kuku kucing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gunting kuku kucing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. 


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Tito Suprayoga.

10
TipeGuillotine
MaterialABS resin, synthetic rubber, stainless steel, PVC, makrolon
FiturKikir kuku
9
TipeGuillotine
MaterialABS
FiturLampu LED
8

HartzGroomer’s Best® Nail Clipper for Cats and Dogs

Mulai dari Rp 238.000,00

TipePeacock
MaterialStainless steel
Fiturx
7

DoggyManCattyMan Gunting Kuku Kucing

Mulai dari Rp 69.900,00

TipeScissor
MaterialStainless steel dan plastik antibakteri
Fiturx
6

MijiaPAWBBY Pet Electric Nail Polisher Portable Manicures Set

Mulai dari Rp 178.000,00

TipeElektrik
MaterialTidak ada keterangan
FiturPortable (pengisian daya via USB)
5
TipeScissors
MaterialKaret
Fiturx
4

PakewayNail Clipper With LED Light

Mulai dari Rp 108.800,00

TipeScissors
MaterialKaret
FiturLampu LED
3
TipePeacock
MaterialRubber
Fiturx
2
TipeElektrik
MaterialABS
FiturPortable (pegisian daya dengan baterai)
1
TipePeacock
MaterialStainless steel dan plastik
FiturKikir kuku

Tabel perbandingan produk gunting kuku kucing terbaik

Gambar produk
1
Gunting Kuku Kucing dan Kikir 1

2
Pet Pedicure 1

3
Chiro Gunting Kuku Tang S 1

Chiro

4
Pakeway Nail Clipper With LED Light 1

Pakeway

5
M-Pets Nail Clipper Extra Small  1

M-Pets

6
Mijia PAWBBY Pet Electric Nail Polisher Portable Manicures Set 1

Mijia

7
DoggyMan CattyMan Gunting Kuku Kucing 1

DoggyMan

8
Hartz Groomer’s Best® Nail Clipper for Cats and Dogs 1

Hartz

9
Pet LED Nail Trimmer 1

10
DoggyMan HS Guillotine Nail Clipper 1

DoggyMan

Nama produk

Gunting Kuku Kucing dan Kikir

Pet Pedicure

Gunting Kuku Tang S

Nail Clipper With LED Light

Nail Clipper Extra Small

PAWBBY Pet Electric Nail Polisher Portable Manicures Set

CattyMan Gunting Kuku Kucing

Groomer’s Best® Nail Clipper for Cats and Dogs

Pet LED Nail Trimmer

HS Guillotine Nail Clipper

Keunggulan

Lengkap dengan pengikir dalam satu set

Kikir kuku kucing tanpa sisa potongan kuku yang mengganggu

Bebaskan kucing Anda dari sakitnya kuku panjang

Memudahkan para pemula dalam merawat kuku kucingnya

Gunting kuku untuk kucing kecil

Gunting kuku kucing elektrik dengan tingkat kebisingan rendah

Lebih mudah digenggam dengan rubber grip

Dikembangkan oleh profesional untuk pawdicure sendiri di rumah

Memotong lebih presisi dengan lampu LED

Gunting kuku kucing yang awet dengan bahan-bahan berkualitas

Harga mulai dariRp 32.500,00Rp 23.000,00Rp 20.000,00Rp 108.800,00Rp 40.257,00Rp 178.000,00Rp 69.900,00Rp 238.000,00Rp 210.000,00Rp 175.000,00
TipePeacockElektrikPeacockScissorsScissorsElektrikScissorPeacockGuillotineGuillotine
MaterialStainless steel dan plastikABSRubberKaretKaretTidak ada keteranganStainless steel dan plastik antibakteriStainless steelABSABS resin, synthetic rubber, stainless steel, PVC, makrolon
FiturKikir kukuPortable (pegisian daya dengan baterai)xLampu LEDxPortable (pengisian daya via USB)xxLampu LEDKikir kuku
Tautan produk

Tips menggunting kuku kucing yang benar

Tips menggunting kuku kucing yang benar

Menggunakan gunting kuku kucing saja belum cukup untuk membuat kucing kesayangan Anda nyaman. Untuk itu, mari simak beberapa tips menggunting kuku kucing yang benar berikut ini. 


  • Pastikan kucing Anda dalam keadaan rileks

Dalam proses pengguntingan kuku kucing, jangan ada unsur paksaan. Anda dapat membuat kucing Anda rileks dengan mengelus lembut bulunya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan handuk tebal untuk membalut tubuh sang kucing.


  • Gunakan gunting kuku yang tajam 

Gunakan gunting kuku yang tajam agar tekanan pada kuku kucing tidak terlalu besar. Hal ini juga akan membuat kucing merasa lebih nyaman. 

   

  • Carilah tempat yang dengan penerangan yang cukup

Pada kuku kucing ada jaringan merah muda yang disebut quick. Anda tidak boleh memotong terlalu dekat dengan jaringan merah mudah ini. Nah, agar Anda dapat melihat jaringan merah muda ini dengan jelas, penting untuk menggunting kuku kucing di tempat yang terang.


  • Berikan pujian atau hadiah

Agar membuat kucing Anda merasa nyaman dengan kegiatan menggunting kuku, berikanlah kucing Anda hadiah dan pujian. Anda dapat memberikan makanan setiap kali ada bagian kukunya yang terpotong. Anda dapat terus mengulanginya sampai proses pengguntingan kuku selesai. 


Jika Anda tidak mampu melakukan aktivitas menggunting kuku kucing sendiri, jangan sungkan untuk meminta pertolongan orang lain. Hal ini akan lebih membuat kucing Anda nyaman. Kucing memiliki kuku yang dapat ditarik. Dengan demikian, Anda perlu menekan jari kaki mereka dengan lembut di antara ibu jari dan jari telunjuk untuk memperlihatkan kukunya.


Jangan memotong kuku kucing terlalu dalam. Kebanyakan kucing memiliki kuku berwarna terang sehingga mudah untuk melihat pembuluh darah dan saraf pada kuku. Pembuluh darah dan saraf tersebut akan tampak sebagai garis merah muda di dasar kuku yang disebut quick. Potonglah kuku kucing kira-kira 2 mm di atas quick tersebut.


Usahakan memotong kuku kucing hanya dengan sekali potongan. Untuk itu pilih gunting kuku yang tajam agar dapat memotong kuku kucing dalam sekali potongan. Memotong dalam sekali potongan tidak menimbulkan ketakutan pada kucing.

Pertanyaan umum seputar gunting kuku kucing

Pertanyaan umum seputar gunting kuku kucing

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan populer seputar gunting kuku kucing. Silakan simak jawabannya berikut ini. 

Bolehkah memotong kuku kucing dengan gunting kuku manusia?

Gunting kuku manusia tidak dapat menggunting kuku kucing yang keras. Bahkan, jika Anda menggunakan gunting lain, gunting tersebut dapat merusak kuku kucing. 


Struktur dan bentuk antara kuku manusia dan kuku kucing berbeda. Jika dipaksakan, hasil tidak akan maksimal dan dapat menimbulkan trauma pada proses pemotongan kuku berikutnya. Jadi, sebaiknya gunakanlah gunting kuku khusus untuk anabul Anda. 

Kapan kuku kucing harus dipotong?

Kuku kucing sebaiknya dipotong setiap dua minggu sekali. Anda bisa melakukannya secara rutin jika Anda memelihara kucing di dalam rumah. Namun, jika Anda sering membiarkan kucing keluar rumah, jangan terlalu sering memotong kukunya. Kuku merupakan salah satu alat pertahanan diri bagi kucing.


Rajinlah untuk mengecek kondisi kuku kucing peliharaan Anda, terutama kucing-kucing yang dipelihara indoor. Apabila ujung kuku mulai tajam dan jarak ujung kuku dari batas pembuluh darah sudah panjang, segeralah potong kuku tersebut.

Apa yang terjadi jika memotong kuku kucing terlalu pendek?

Memotong kuku kucing terlalu pendek tentu dapat melukai si kucing. Terlebih jika sampai mengenai quick kuku kucing yang terdapat sejumlah saraf dan pembuluh darah, kukunya bisa berdarah. Selain itu, memotong kuku kucing terlalu dalam dan mengenai bagian quick akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan trauma.


Hal tersebut disebabkan oleh pemotongan kuku mengenai bagian quick melukai pembuluh darah dan juga syaraf. Jika tidak diberikan penanganan, luka tersebut dapat menjadi pintu masuk infeksi bakteri.

Baca juga rekomendasi produk perawatan kucing lainnya di sini

Furry friend Anda tentunya masih membutuhkan produk-produk lain agar tetap sehat dan bahagia. Kami punya beberapa artikel yang merekomendasikan produk terbaik untuk si meong. Tunggu apa lagi? Mari lengkapi grooming tools dan perlengkapan kucing Anda di rumah!

Kesimpulan

Bagaimana rekomendasi produk gunting kuku kucing pilihan kami? Sudah tahu bagaimana cara memotong kuku kucing dengan benar? Semoga kebingungan Anda sedikit berkurang, ya. 


Hal yang perlu diingat saat memilih gunting kuku kucing adalah menyesuaikannya dengan tipe kuku kucing Anda. Hal yang tidak kalah penting, lihatlah kondisi kucing Anda sebelum memulai sesi trimming. Jika kucing ketakutan, sebaiknya Anda tidak memaksakannya. 

Artikel terkait

  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Snack kucing merupakan makanan ringan yang dikonsumsi di sela makanan utama. Seperti halnya makanan utama, snack juga mengandung nutrisi penunjang kesehatan untuk kitten dan kucing dewasa. Di samping itu, pemberian snack kucing yang bagus bisa menjadi selingan agar anabul tidak bosan dengan makanan utamanya.Kali ini kami akan memberi tips memilih snack kucing terbaik untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari berbagai merek. Snack kering Friskies dan Me-O Creamy Treats pastinya ada. Artikel ini merupakan hasil kolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Simak sampai habis, ya!
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merek banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merek tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Dog Food Basah Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Dog Food Basah Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Pemilihan dog food tak hanya berpengaruh pada kesehatan anjing, tetapi juga selera makannya. Dog food basah, misalnya, tak hanya kaya nutrisi tetapi juga dapat membangkitkan nafsu makan anjing. Makanan basah anjing ini ternyata memiliki beberapa jenis dengan peruntukan yang berbeda. Selain PEDIGREE® dan ROYAL CANIN®, ada banyak merek dog food basah yang bagus lainnya di pasaran. Agar tak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih dog food basah. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk dog food basah yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.
    Makanan hewan
  • 10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Landak yang umum dijadikan peliharaan adalah jenis landak mini atau hedgehog. Landak mini termasuk hewan omnivora yang memakan daging dan tumbuhan. Oleh sebab itu, pakan landak mini yang tersedia di pasaran cukup beragam.Makanan landak tentu dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan nutrisinya. Jika Anda bingung dalam menentukan pilihan, ada beberapa produk yang terkenal, seperti merek Mazuri dan Hamsgehog. Kali ini, kami akan merekomendasikan makanan landak yang bagus dan tepat. Sebelum memberikan rekomendasi produk, simak dahulu cara memilih makanan landak berikut, ya!
    Makanan hewan
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Anjing membutuhkan susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan serta menjaga kesehatannya. Namun, tidak sembarang susu bisa diberikan pada anjing, apalagi jika susunya mengandung laktosa yang dikhawatirkan dapat menyebabkan diare. Ada banyak jenis susu untuk anjing, mulai dari merek lokal hingga impor, seperti Royal Canin atau Ameri Pro.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk susu yang bagus untuk anjing, baik untuk anjing yang baru lahir sampai yang sudah tua. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak sampai tuntas, yuk!
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Wet food untuk kucing adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan memiliki kandungan air lebih dari 60%. Wet food biasanya memiliki tekstur lembut dan berair sehingga mudah dimakan. Beberapa merek bahkan memakai bahan utama yang berkelas dan grain free.Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan rekomendasi makanan basah terbaik untuk kucing. Ada merek Royal Canin, Whiskas, Friskies, hingga Fancy Feast. Poin berikut ini bisa dijadikan acuan sebelum memilih makanan kucing tipe basah yang bagus. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, untuk menambah wawasan.
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, produknya juga praktis untuk disimpan. Merek makanan kering kucing yang bagus di antaranya adalah Royal Canin, Purina, dan Whiskas. Anda bisa mendapatkan makanan kesehatan untuk kitten umur 2 bulan hingga yang sepuh.Kali ini kami akan menjelaskan tips cara memilih dry food kucing terbaik. Kami juga akan berbagi rekomendasi dry food kucing untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Yuk, temukan produk yang aman untuk kucing Anda!
    Makanan hewan
  • 10 Sisir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sisir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing yang sehat dan berbulu lebat memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, bulu yang lebat dan tak terawat dapat membuat kucing tidak nyaman, bahkan bisa menimbulkan masalah kesehatan. Karena itu, sisir kucing merupakan alat perawatan yang wajib Anda miliki.Kali ini, kami akan berbagi cara memilih sisir kucing yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh sisir kucing dalam berbagai bentuk dan ukuran, salah satunya dari merek Hartz. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Mari ketahui sisir apa yang terbaik untuk si fluffy!
    Grooming hewan
  • 10 Sikat Gigi Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sikat Gigi Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Agar kucing terbebas dari masalah gigi dan mulut, sikat gigi kucing adalah alat grooming yang tidak boleh Anda lupakan. Selain membuat gigi bersih, menyikat gigi kucing secara teratur juga akan membuat nafas kucing tidak berbau.Kali ini kami akan membahas cara memilih sikat gigi kucing yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kucing Anda. Sepuluh produk terbaik, seperti merek Bioline, Artero, dan Hartz juga akan kami perkenalkan di akhir artikel. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Simak sampai akhir, ya!
    Grooming hewan
  • Artikel populer

  • 10 Sisir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sisir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing yang sehat dan berbulu lebat memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, bulu yang lebat dan tak terawat dapat membuat kucing tidak nyaman, bahkan bisa menimbulkan masalah kesehatan. Karena itu, sisir kucing merupakan alat perawatan yang wajib Anda miliki.Kali ini, kami akan berbagi cara memilih sisir kucing yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh sisir kucing dalam berbagai bentuk dan ukuran, salah satunya dari merek Hartz. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Mari ketahui sisir apa yang terbaik untuk si fluffy!
    Grooming hewan
  • 10 Sikat Gigi Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sikat Gigi Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Agar kucing terbebas dari masalah gigi dan mulut, sikat gigi kucing adalah alat grooming yang tidak boleh Anda lupakan. Selain membuat gigi bersih, menyikat gigi kucing secara teratur juga akan membuat nafas kucing tidak berbau.Kali ini kami akan membahas cara memilih sikat gigi kucing yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kucing Anda. Sepuluh produk terbaik, seperti merek Bioline, Artero, dan Hartz juga akan kami perkenalkan di akhir artikel. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Simak sampai akhir, ya!
    Grooming hewan
  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merek banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merek tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan penambah nafsu makan. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin kucing merek apa yang bagus?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda. Kali ini kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, dan VITA-GEL. Jangan lupa, baca juga komentar dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, di artikel ini!
    Perawatan kucing
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Snack kucing merupakan makanan ringan yang dikonsumsi di sela makanan utama. Seperti halnya makanan utama, snack juga mengandung nutrisi penunjang kesehatan untuk kitten dan kucing dewasa. Di samping itu, pemberian snack kucing yang bagus bisa menjadi selingan agar anabul tidak bosan dengan makanan utamanya.Kali ini kami akan memberi tips memilih snack kucing terbaik untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari berbagai merek. Snack kering Friskies dan Me-O Creamy Treats pastinya ada. Artikel ini merupakan hasil kolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Simak sampai habis, ya!
    Makanan hewan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori