1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Lip color & lip care
  6. >
  7. 10 Lip Cushion Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Lip Cushion Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Lip Cushion Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Lip Cushion Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Lip Cushion Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Lip Cushion Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Lip Cushion Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)

Lip cushion adalah kosmetik bibir dengan aplikator berupa cushion atau menyerupai bantalan. Bentuk pewarna bibir yang berupa cairan memudahkan Anda mengaplikasikan dan memperoleh look sesuai keinginan. Mulai dari tampilan bibir ombre hingga sexy, bisa dengan mudah didapatkan.


Produk yang beredar saat ini menawarkan banyak pilihan warna dan hasil akhir. Simaklah tips dari kami untuk memilih lip cushion yang bagus sesuai kebutuhan. Temukan juga berbagai rekomendasi lip cushion terbaik dari sejumlah merek, seperti Emina, NYX, dan Somethinc. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty content creator sekaligus makeup artist kami, Luella Artistry.

Diperbaharui 07-28-2022
Pakar
Beauty content creator dan MUA
Luella Artistry

Luella adalah seorang beauty content creator dan makeup artist. Ia memulai karier di bidang beauty sejak tahun 2017. Berawal dari passion-nya sebagai MUA, Ia terjun lebih dalam lagi ke dunia beauty sebagai content creator. Luella berpengalaman banyak dalam mencoba berbagai produk skincare dan makeup. Hal tersebut membuat dirinya makin paham bagaimana cara memaksimalkan dan memilih produk sesuai jenis kulit. Ia juga gemar membagikan review dan rekomendasi berbagai produk di media sosial.

Profil Luella Artistry
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Lip cushion, ciptakan bibir ombre lebih mudah

Lip cushion, ciptakan bibir ombre lebih mudah
Sumber: revlon.com

Sesuai namanya, produk kecantikan ini disebut lip cushion karena aplikatornya berbentuk cushion atau bantalan. Aplikator bantalan ini menempel di ujung kemasan sehingga penggunaannya pun lebih praktis. Lip cushion memiliki isi berbentuk cairan, seperti lip tint atau lip cream. Dengan aplikatornya, akan lebih mudah bagi Anda untuk menciptakan tampilan bibir sesuai keinginan.


Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah riasan ombre untuk bibir. Nah, riasan ombre yang berasal dari Korea tersebut dapat Anda hasilkan dengan lip cushion ini. Berkat apilkatornya, riasan ombre dapat dibuat dengan mudah tanpa memerlukan bantuan jari atau cotton bud untuk meratakan bagian dalam bibir. Bahkan, bantalan cushion-nya akan memberikan efek bauran yang lebih natural.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih lip cushion

Bentuk aplikator, warna, dan hasil akhir yang beragam mungkin membuat Anda kebingungan memilih lip cushion yang pas. Tips berikut ini akan membantu Anda dalam memilih lip cushion. Jangan sampai ada yang terlewatkan, ya!

① Pertimbangkan aplikator yang nyaman

Meskipun sama-sama berupa bantalan, aplikator pada lip cushion memiliki beragam bentuk. Anda bisa memilih cushion yang sesuai dengan gaya riasan favorit Anda. 


Cushion yang lancip dan ramping membuat Anda dapat mencapai sudut bibir sehingga Anda bisa memakainya dengan lebih rapi. Sementara itu, cushion yang bentuknya membulat dengan permukaan lebih luas akan memudahkan Anda menghasilkan efek ombre.


Selain bentuknya, perhatikan juga kenyamanan cushion saat digunakan. Untuk mengetahui tentang hal ini, Anda dapat terlebih dahulu membaca ulasan produk yang diinginkan. Supaya terasa lebih nyaman, pilihlah aplikator yang cukup empuk dan lembut di bibir.

② Cek hasil akhirnya

Cek hasil akhirnya
Meskipun isinya merupakan cairan, lip cushion dapat memberikan berbagai hasil akhir, antara lain glossy, matte, dan velvet. Anda bisa memilih lip cushion berdasarkan hasil akhirnya untuk penampilan yang diinginkan.

  • Lip cushion dengan hasil glossy akan memberikan kilau pada bibir sehingga memberikan efek bibir yang penuh. Jika Anda memiliki bibir yang cenderung kecil, lip cushion dengan hasil akhir yang glossy dapat menjadi pilihan menarik. Selain itu, hasil akhir yang glossy juga membuat tampilan terkesan lebih playful.

  • Di sisi lain, hasil akhir matte umumnya akan membuat penampilan Anda tampak lebih serius. Biasanya, hasil akhir matte memiliki ketahanan yang lebih lama dibandingkan tipe glossy. Namun, saat memakainya, garis bibir akan terlihat jelas apabila bibir Anda sedang kering. Jadi, jangan lupa poleskan lip balm sebelum menggunakan lip cushion matte.

  • Bila Anda ingin hasil akhir yang lebih tahan lama, tetapi tidak membuat bibir kering, cobalah velvet finished. Hasil akhir velvet merupakan perpaduan antara lipstik matte dan glossy. Karena itu, teksturnya yang menyerupai beludru terasa lembut di bibir dengan sedikit kilau.

③ Pilih shades warna yang sesuai

Seperti lipstik lainnya, lip cushion juga memiliki berbagai varian warna. Anda dapat memilih warna sesuai kesukaan Anda. Namun, pilihan warna yang sesuai dengan warna kulit, karakter, serta outfit Anda akan membuat tampilan makin serasi.

Perhatikan warna kulit dan bibir

Perhatikan warna kulit dan bibir

Anda yang berkulit terang dapat mempertimbangkan lip cushion berwarna nude dan pastel untuk hasil natural. Anda juga bisa mencoba warna terang, seperti oranye, merah muda, atau merah terang. Bagi pemilik kulit kuning langsat, pilihlah lipstik berwarna merah bata, maroon, dan dark berry.


Apabila kulit Anda termasuk sawo matang, biasanya cocok menggunakan berbagai warna. Jika Anda memiliki kulit yang lebih gelap, warna maroon, ungu, dan cokelat dapat mencegah kulit terlihat kusam. Namun, hindari warna nude coral atau nude pink karena akan membuat wajah menjadi pucat. Untuk hasil optimal, cobalah memilih lip cushion dengan warna yang mampu menyamarkan warna asli bibir Anda.

Sesuaikan dengan mood dan karakter Anda

Sesuaikan dengan mood dan karakter Anda

Di samping itu, Anda dapat menyesuaikan warna lip cushion dengan mood dan karakter Anda. Warna-warna yang cerah, seperti pink, merah, dan coral akan membuat Anda terlihat lebih playful. Anda dapat menggunakan warna cerah untuk membuat Anda lebih bersemangat. Sebaliknya, pilihan warna yang lebih gelap, seperti ungu dan cokelat akan membuat tampilan Anda lebih dewasa.

Padukan warna bibir dengan outfit

Padukan warna bibir dengan outfit

Anda juga bisa memilih warna lip cushion yang cocok dengan outfit Anda. Hindari menggunakan warna yang sama dengan baju Anda karena akan terlihat monoton. Agar terlihat lebih serasi, cobalah shades dengan warna yang lebih terang atau lebih gelap daripada warna outfit Anda. 

④ Utamakan produk yang mengandung pelembap

Utamakan produk yang mengandung pelembap

Poin penting lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah kandungan pelembap dalam lip cushion. Anda akan menggunakan lip cushion dalam waktu beberapa jam sehingga bibir juga membutuhkan nutrisi dan pelembap untuk melindunginya.


Beberapa produk lip cushion telah dilengkapi dengan kandungan pelembap. Kandungan pelembap yang biasa digunakan antara lain coconut oil, avocado oil, shea butter, mango butter, dan Aloe vera extract. Selain melembapkan, kandungan tersebut juga akan memberikan nutrisi untuk bibir agar lebih sehat. Selain itu, kandungan vitamin E juga sangat membantu untuk melembapkan bibir.

10 Rekomendasi lip cushion terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lip cushion terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Luella Artistry.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Emina Cosmetics

Lip Cushion

Emina Cosmetics Lip Cushion 1枚目

Ukuran mini dengan tekstur mudah dibaurkan

2

Somethinc

Fabric Lasting Tint

Somethinc Fabric Lasting Tint 1枚目

Lebih tahan lama, bebas retouch seharian

3

Masami

Powder Puff Velvet Tint

Masami Powder Puff Velvet Tint 1枚目

Samarkan kerutan di bibir tanpa terasa kering

4

NYX

Powder Puff Lippie Lip Cream

NYX Powder Puff Lippie Lip Cream 1枚目

Pilihan warna unik untuk tampil beda

5

Revlon

Kiss Cushion Lip Tint

Revlon Kiss Cushion Lip Tint 1枚目

Miliki bibir cantik yang ekstra lembap dengan produk ini

6

Memebox

I'm Tic Toc Tint Lip Cashmere

Memebox I'm Tic Toc Tint Lip Cashmere 1枚目

Bebas mengatur intensitas warna sesuai keinginan

7

Alliance Cosmetic Group

Silkygirl Cushion Matte Lip Powder

Alliance Cosmetic Group Silkygirl Cushion Matte Lip Powder 1枚目

Aplikator fleksibel, lebih leluasa berkreasi

8

Lancôme

Juicy Shaker

Lancôme Juicy Shaker 1枚目

Bibir sensitif tetap bisa pakai lip cushion!

9

Clinique Laboratories

Pop Lip Shadow Cushion Matte Lip Powder

Clinique Laboratories Pop Lip Shadow Cushion Matte Lip Powder 1枚目

Pewarnanya ditempatkan terpisah, minimalkan risiko kontaminasi

10

L'Oreal Paris

Blossom Tint Caresse

L'Oreal Paris Blossom Tint Caresse 1枚目

Pewarna bibir, mata, dan pipi jadi satu. Praktis!

Perincian produk
Close
No.1

Emina CosmeticsLip Cushion

Mulai dari Rp57.500,00

Ukuran mini dengan tekstur mudah dibaurkan

Produk berikutnya juga datang dari brand lokal, Emina Cosmetics. Lip cushion ni memiliki tekstur yang mudah membaur saat diaplikasikan. Alhasil, Anda tidak akan kesulitan dalam mempercantik bibir, pas untuk Anda yang pemula dalam berdandan.


Formula lip cushion ini juga dilengkapi dengan vitamin E yang membuat bibir jadi lebih terawat. Di samping itu, lip cushion ini berukuran kecil sehingga terasa ringkas dan tidak menghabiskan banyak ruang di pouch Anda.

No.2

SomethincFabric Lasting Tint

Mulai dari Rp79.000,00

Lebih tahan lama, bebas retouch seharian

Tidak hanya populer dengan skincare-nya, kini merek lokal Somethinc turut menghadirkan lini kosmetik. Salah satunya adalah Fabric Lasting Tint dengan 17 warna pilihan yang cocok untuk warna kulit orang Indonesia. Lip cushion ini dibuat dengan formulasi non-drying dan non-patchy yang tetap ringan serta mampu menutupi bibir gelap.


Aplikatornya kecil dan miring menyerupai bentuk lipstik sehingga nyaman saat dipulas ke bibir. Bagian sudut bibir pun bisa dijangkau dengan mudah! Produk ini juga diklaim water-resistant dan transferproof sehingga cocok untuk Anda yang sibuk. Jadi, bibir Anda tetap tampak on point meskipun tidak di-retouch dalam waktu lama.

No.3

MasamiPowder Puff Velvet Tint

Mulai dari Rp155.000,00

Samarkan kerutan di bibir tanpa terasa kering

Bibir penuh kerutan membuat Anda kurang percaya diri menggunakan lipstik matte? Cobalah Powder Puff Velvet Tint. Dengan tekstur lip cream yang ringan dan memiliki hasil powdery matte, garis halus di bibir akan tersamarkan. Lip cushion ini juga dilengkapi ekstrak mutiara yang dapat melembapkan bibir.


Cushion produk ini sangat lembut, tetapi Anda harus berhati-hati saat memulaskannya di bagian sudut bibir karena tidak ada sudut lancip. Namun, berkat bentuknya tersebut, pengaplikasian di area dalam bibir akan terasa lebih mudah. Untuk menjaga aplikator tetap bersih, Anda dapat mencucinya dengan sabun khusus kuas kosmetik dan air.

No.4

NYXPowder Puff Lippie Lip Cream

Mulai dari Rp96.000,00

Pilihan warna unik untuk tampil beda

Lip cushion dari NYX ini memiliki tekstur creamy dengan hasil akhir matte yang powdery. Teksturnya yang creamy membuat lip cushion ini lebih mudah untuk digunakan. Cushion-nya pun empuk, halus, dan lembut di bibir. Pilihan warna yang ditawarkan cukup unik, seperti oranye, cokelat, dan berbagai shades ungu.


Intensitas warna yang lebih bold membuat produk ini pas untuk Anda gunakan saat pesta kostum. Kemasannya cukup unik karena berbentuk tube. Aplikatornya berbentuk bulat dengan bagian ujung yang tidak terlalu lancip. Karena itu, hati-hati saat mengaplikasikan lip cushion ini di area sudut bibir. Anda bisa meratakan produk menggunakan cotton bud.

No.5

RevlonKiss Cushion Lip Tint

Mulai dari Rp129.000,00

Miliki bibir cantik yang ekstra lembap dengan produk ini

Jika bibir Anda cenderung kering, cobalah produk lip cushion dari Revlon. Selain mempercantik bibir Anda, formulanya sanggup memberikan kelembapan ekstra. Di dalamnya terkandung coconut oil yang dapat melembapkan dan menutrisi bibir kering Anda.


Kiss Cushion Lip Tint memiliki pengunci keluarnya tint ke cushion. Di bawah cushion, terdapat ring untuk mencegah tint keluar ke cushion ketika tidak digunakan. Dengan demikian, Anda dapat membawanya ke mana saja tanpa takut tint bocor melalui cushion.

No.6

MemeboxI'm Tic Toc Tint Lip Cashmere

Mulai dari Rp225.000,00

Bebas mengatur intensitas warna sesuai keinginan

Bagi Anda yang gemar tampil dengan riasan ala idol Korea, sebaiknya jangan lewatkan produk ini. Lip cushion dari Memebox ini dilengkapi aplikator menyerupai jari yang berbentuk diagonal. Jadi, Anda tidak perlu merapikan riasan bibir dengan tangan atau cotton bud lagi.


Dengan 15 warna pilihan, Anda bisa mengaplikasikannya tipis-tipis, ombre, atau full lips untuk tampil bold. Kandungan elastomer di dalamnya akan menutupi sela-sela bibir seolah Anda telah mengaplikasikan lip primer.

No.7

Alliance Cosmetic GroupSilkygirl Cushion Matte Lip Powder

Mulai dari Rp90.000,00

Aplikator fleksibel, lebih leluasa berkreasi

Anda bekerja di luar ruangan? Tenang saja karena bibir Anda akan tetap terlindungi dengan produk satu ini. Lip cushion-nya mengandung vitamin E untuk melindungi bibir dari paparan sinar UV serta menutrisi bibir Anda. Selain itu, produk ini tidak sulit untuk dibaurkan berkat aplikatornya yang fleksibel ketika digunakan.


Tekstur produk ini adalah creamy powdery. Jadi, warnanya akan langsung keluar hanya dengan ditepukkan secara ringan ke bibir. Silkygirl Cushion Matte Lip Powder juga diklaim bebas kandungan paraben dan pewangi tambahan.

No.8

Bibir sensitif tetap bisa pakai lip cushion!

Lancôme menggunakan teknologi bi-phase atau dua fase untuk lip cushion ini. Fase pertama merupakan minyak transparan untuk bibir berkilau bebas lengket, lalu pigmen kedua merupakan pigmen warna. Pigmennya memberikan efek sheer untuk bibir Anda. Di dalamnya terdapat empat jenis minyak yang menutrisi bibir, yaitu peach kernel, sweet almond, cranberry, serta muscat rose oil.


Selain melembapkan bibir, lip cushion ini berfungsi sebagai antioksidan yang cocok untuk pemilik bibir sensitif. Teksturnya tidak terlalu creamy dan cair sehingga sangat ringan saat diaplikasikan di bibir. Tidak hanya itu, kemasan yang cantik dan mungil membuatnya mudah dibawa traveling karena tidak memakan tempat di dalam tas.

No.9

Clinique LaboratoriesPop Lip Shadow Cushion Matte Lip Powder

Mulai dari Rp165.000,00

Pewarnanya ditempatkan terpisah, minimalkan risiko kontaminasi

Pop Lip Shadow Cushion Matte Lip Powder memiliki bentuk lip cushion yang berbeda dari lainnya. Cushion-nya berbentuk amat ramping sehingga Anda lebih mudah menjangkau sudut bibir. Bagian pewarnanya pun berbentuk padat, lalu ditempatkan secara terpisah untuk mengurangi risiko kontaminasi.


Pigmentasi dan coverage produk ini sangat bagus sehingga direkomendasikan terutama untuk bibir yang cenderung gelap. Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih dewasa, varian warna dari lip cushion ini dapat menjadi pilihan tepat. Dengan kemasannya yang manis, produk ini akan cocok untuk mempercantik meja rias Anda.

No.10

L'Oreal ParisBlossom Tint Caresse

Mulai dari Rp126.000,00

Pewarna bibir, mata, dan pipi jadi satu. Praktis!

Terinspirasi dari warna-warni bunga yang paling indah, L'Oreal meluncurkan Tint Caresse. Ada empat warna secantik bunga, yakni Sakura, Peony, Orchid, dan Rose yang dapat Anda pilih. Tidak hanya memiliki warna yang cantik, produk ini menggunakan campuran minyak bunga untuk menutrisi bibir Anda. 


Bagi Anda para wanita yang tidak terlalu suka membawa banyak alat rias, produk ini adalah solusinya. Selain untuk bibir, Anda dapat menggunakannya pula sebagai eyeshadow dan blush. Untuk memberikan warna yang cerah dan tahan lama, L'Oreal menggunakan serbuk pigmen pada lip cushion ini.

Tips membuat bibir ombre dengan lip cushion

Tips membuat bibir ombre dengan lip cushion

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, lip cushion dapat digunakan untuk menciptakan bibir ombre ala Korea. Proses pembuatannya cukup tricky sehingga Anda perlu melakukannya dengan saksama. Simaklah tips di bawah ini untuk mendapatkan hasil bibir ombre idaman. 


  1. Pertama-tama, persiapkan dahulu bibir Anda dengan mengaplikasikan lip balm. Lip balm berfungsi untuk memberikan kelembapan pada bibir, serta mencegah pigmen warna terlihat cracky, terutama untuk hasil akhir matte.
  2. Jika bibir Anda cenderung gelap, aplikasikan concealer di sekitar bibir untuk menyamarkannya.
  3. Setelah itu, pakailah lipstik atau lip cushion dengan pilihan warna terang atau yang lebih mendekati warna bibir Anda.
  4. Lalu, gunakan lip cushion yang lebih gelap untuk menciptakan efek ombre. Aplikasikan dari bagian dalam bibir, lalu baurkan perlahan ke arah luar dengan menggunakan cushion. Bila ingin gradasi warna lebih tampak, baurkan dengan jari atau cotton bud.
  5. Jika hasilnya sudah sesuai dengan yang Anda inginkan, jangan satukan kedua bibir seperti saat Anda menggunakan lipstik biasa. Hal tersebut bisa menyebabkan warnanya jadi bercampur. Buka bibir sedikit, lalu tunggu sampai pigmen warnanya benar-benar menempel. 
  6. Setelah itu, Anda sudah siap dengan penampilan ombre ala Korea.

Latihlah teknik ini beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Baca juga rekomendasi lipstik lainnya di sini

Selain lip cushion, Anda juga dapat menggunakan berbagai jenis lipstik lainnya untuk memberikan warna-warni yang cantik di bibir Anda. Pilihan lainnya, seperti oil tint, lipstik ombre, serta lipstik waterproof dapat mempercantik riasan Anda. Jika Anda tertarik untuk mengetahui informasi tentang produk tersebut, klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Lip cushion akan membuat bibir jadi lebih menawan. Baik itu tampilan natural maupun yang lebih bold, semuanya bisa dilakukan dengan lip cushion. Pilihlah cushion yang sesuai dengan penggunaan Anda, lalu pertimbangkan juga mengenai hasil akhirnya. 


Selanjutnya, gunakan warna yang pas di bibir Anda serta sesuai dengan outfit yang Anda kenakan. Namun, pastikan bahwa Anda juga menyukai warnanya. Semoga Anda terbantu dengan artikel ini. Selamat mempercantik bibir Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer