• 10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)

Lipstik waterproof cukup diminati oleh orang Indonesia. Lipstik ini memudahkan Anda agar tidak perlu melakukan touch up dalam waktu beberapa jam. Bahkan, ada produk yang tahan lama dan tidak luntur meski dipakai saat makan. Lipstik waterproof hadir dalam berbagai tipe, baik cream, stick, maupun liquid.


Jika Anda tertarik untuk membeli lipstik waterproof yang bagus, simaklah tips dari kami. Temukan tips tambahan dari makeup artist, Renata Aprianti. Jangan ketinggalan juga untuk membaca rekomendasi lipstik waterproof terbaik. Anda akan menemukan merek Maybelline, Revlon, serta merek lokal, seperti Wardah dan Emina. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Renata Aprianti
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Makeup artist, Renata Aprianti

Profil pakar: Makeup artist, Renata Aprianti

Renata Aprianti merupakan seorang makeup artist dan beauty enthusiast yang aktif membagikan video review produk beauty. Selain itu, Renata juga senang membagikan tutorial makeup dan skincare di YouTube dan Instagram miliknya.


Wanita yang suka menulis ini pernah menerbitkan tiga novel remaja dan telah berkecimpung di dunia blogger selama sepuluh tahun. Penulis dan penggemar dunia beauty ini fokus menjadi makeup artist (MUA) dan vlogger sejak 2017. 

Apa itu lipstik waterproof?

Apa itu lipstik waterproof?

Secara harfiah, waterproof berarti tahan air. Jadi, lipstik waterproof adalah lipstik yang memiliki ketahanan terhadap air. Lipstik berlabel waterproof biasanya memiliki formula lebih kuat, long lasting, dan tidak mudah luntur. Lipstik waterproof cenderung susah dihapus. Untuk membersihkannya, Anda perlu menggunakan cara khusus.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih lipstik waterproof

Ada berbagai hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih lipstik waterproof. Perhatikanlah tips berikut agar Anda dapat menemukan produk yang sesuai.

Hasil akhir matte memiliki daya tahan yang lebih lama

Hasil akhir matte memiliki daya tahan yang lebih lama

Kebanyakan lipstik waterproof memiliki hasil akhir matte. Hal ini karena formula lipstik matte mengandung lebih sedikit minyak, serta memiliki warna yang pigmented di bibir. Selain waterproof, lipstik matte juga transferproof sehingga tidak akan menempel di gelas dan sendok ketika makan.


Di samping matte, ada juga lipstik waterproof yang memiliki hasil akhir suede dan creamy matte. Keduanya hampir menyerupai matte dengan hasil bebas glossy. Namun, tekstur hasil akhir suede dan creamy matte sedikit lebih lembap daripada matte.


Meskipun tergolong lipstik waterproof, jangan lupa untuk tetap mengecek informasi mengenai daya tahan produk pilihan Anda. Biasanya, dalam kemasannya tertulis daya tahan lipstik tersebut, misalnya long lasting hingga 6 jam atau 12 jam. Anda dapat memilih produk yang daya tahannya sesuai dengan kebutuhan.

Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

Lipstik merupakan produk makeup yang tidak dapat dipisahkan dari wanita. Setiap wanita pasti menggunakan produk makeup ini dalam riasannya. Karena itu, pilihlah jenis dan hasil akhir lipstik yang sesuai dengan jenis bibir Anda.


Pilihlah lipstik dengan hasil akhir matte untuk tampilan tahan lama. Lipstik matte cocok untuk Anda yang jarang melakukan touch up, tetapi ingin bibir cantik sepanjang hari. Pilih juga lipstik matte yang tidak membuat bibir kering, ya.

Pilih berdasarkan bentuk lipstik

Lipstik waterproof diproduksi dalam berbagai bentuk, yaitu stick, liquid, dan crayon. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kenyamanan penggunaannya. Di bawah ini adalah penjelasan tentang masing-masing bentuk lipstik waterproof.

Stick, klasik dan lebih melembapkan

Stick, klasik dan lebih melembapkan

Lipstik bentuk stick adalah lipstik klasik dalam bentuk padat yang sering Anda temui. Lipstik ini biasa digunakan oleh segala rentang usia. Umumnya, lipstik waterproof dalam bentuk stick memiliki ketahanan yang tidak terlalu lama, hanya beberapa jam saja.


Meski begitu, lipstik bentuk stick memiliki kandungan pelembap yang lebih banyak ketimbang bentuk lainnya. Maka dari itu, teksturnya lebih creamy sehingga memudahkan Anda dalam pengaplikasiannya.

Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

Lipstick jenis stick merupakan tipe lipstick yang paling klasik dan cocok untuk bibir hampir setiap orang. Hal ini karena tektur dan formulanya lebih lembap dan jarang membuat bibir kering. Ditambah lagi, teksturnya yang lebih creamy membuat jenis ini lebih mudah untuk digunakan. Bahkan, beberapa orang bisa mengaplikasikannya tanpa berkaca, lho!

Liquid, memiliki pigmentasi lebih tinggi

Liquid, memiliki pigmentasi lebih tinggi

Lipstik waterproof bentuk liquid paling banyak dijual di pasaran. Lipstik liquid memiliki pigmentasi yang lebih tinggi dibanding dengan lipstik bentuk lainnya. Untuk Anda yang memiliki warna bibir cenderung gelap, lipstik ini adalah pilihan tepat. Warna yang intens pada lipstik liquid dapat membantu menutupi warna bibir secara merata.


Berbeda dengan bentuk stick, lipstik liquid memiliki applicator-nya sendiri yang disebut dengan doe foot. Applicator ini memudahkan Anda dalam merapikan lipstik dan melakukan touch up.

Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

Lipstick jenis liquid merupakan tipe lipstick yang sedang hits beberapa tahun belakangan ini. Tipe yang memiliki pigmentasi lebih tinggi ini cocok untuk Anda yang memiliki warna bibir gelap. Lipstick liquid biasanya sudah dilengkapi dengan aplikator yang memudahkan penggunaan.

Apakah Anda memiliki ketertarikan khusus dengan liquid lipstick? Anda bisa membaca artikelnya dengan cara klik tautan di bawah ini. Selamat membaca!

Crayon, nyaman dan praktis digunakan

Crayon, nyaman dan praktis digunakan

Bentuk lipstik yang satu ini menyerupai crayon untuk mewarnai. Ujungnya yang lancip akan memudahkan Anda menjangkau sudut bibir dan mengaplikasikan lipstik dengan rapi. Selain itu, bentuk lipstik ini lebih nyaman digenggam serta lebih praktis untuk digunakan.


Saat ini, lipstik berbentuk crayon merupakan bentuk lipstik yang banyak diminati oleh para pelajar. Warna yang tidak seintens lipstik liquid membuatnya cocok digunakan oleh para pemula yang kurang menyukai warna bold.

Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

Lipstick jenis crayon memiliki tektur yang lebih creamy sehingga mampu membuat bibir lebih lembap. Tipe ini cocok untuk Anda yang memiliki bibir kering. Biasanya, tipe ini hadir dengan aplikator yang berbentuk runcing sehingga para pemula pun mudah menggunakannya.


Meskipun tidak se-bold liquid lipstick, lipstick jenis ini memiliki pigmentasi yang cukup tinggi. Dengan begitu, tipe ini cocok untuk Anda yang kurang menyukai tipe liquid, tetapi ingin menutup warna bibir dengan baik.

Perhatikan kandungan pelembapnya

Perhatikan kandungan pelembapnya

Lipstik waterproof akan menempel pada bibir selama beberapa jam, bahkan ada yang sampai 24 jam. Ketika menggunakannya, tidak akan ada air yang dapat terserap ke dalam bibir. Alhasil, bibir Anda berisiko menjadi kering jika memakai lipstik waterproof secara rutin atau terus-menerus. Tentu Anda tidak mau hal itu terjadi, bukan?


Untuk itu, pilihlah lipstik waterproof dengan kandungan pelembap. Lipstik waterproof dengan kandungan shea butterolive oil, jojoba oil, dan coconut oil bisa Anda coba. Shea butter dan vitamin E juga merupakan komponen pelembap yang biasa ditambahkan dalam formula lipstik waterproof. Selain melembapkan, kandungan tersebut sekaligus memberikan nutrisi untuk bibir Anda.


Jika lipstik Anda tidak mengandung pelembap, sebaiknya gunakan lip balm terlebih dahulu. Lip balm akan melembapkan, serta membuat kulit bibir tidak terlihat retak-retak ketika menggunakan lipstik waterproof. Jangan lupa juga untuk melakukan eksfoliasi bibir agar tidak ada kulit mati ketika menggunakan lipstik. Dengan begitu, tekstur lipstik pun terlihat makin halus di bibir Anda.

Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

Saat membeli lipstick matte dengan tipe cream sekalipun, pastikan bahwa produknya mengandung pelembap. Walaupun teksturnya matte, jika kandungan pelembapnya cukup tinggi, lipstick tersebut tidak akan membuat bibir kering dan pecah. Justru, lipstick matte akan lebih cantik jika digunakan di atas bibir yang lembap dan sehat

Sesuaikan shades warna yang cocok

Sesuaikan shades warna yang cocok

Saat memilih lipstik waterproof, Anda perlu menyesuaikan warnanya dengan warna kulit Anda.


  • Jika Anda berkulit putih, lipstik berwarna merah, merah muda, nude, dan coral dapat menjadi pilihan tepat. 
  • Bagi pemilik kulit kuning langsat, Anda akan cocok dengan warna oranye, merah marun, peach, dan mauve.
  • Anda yang berkulit sawo matang, bisa memilih lipstik berwarna deep red, plum, dan pink.

Namun, jangan lupakan juga warna bibir Anda, terutama jika Anda memiliki warna bibir yang gelap. Pilihlah warna lipstik yang sedikit lebih terang atau lebih gelap daripada warna bibir Anda.


Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan warna lipstik dengan outfit. Jangan sampai Anda memilih lipstik yang warnanya sama dengan outfit Anda karena akan terlihat monoton. Anda dapat memilih lipstik dengan tone warna yang sama, tetapi lebih muda atau lebih tua agar terlihat lebih menarik.

Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

Memang ada begitu banyak warna lipstick dan tipe produk yang beredar di pasaran saat ini. Seiring dengan berkembangnya teknologi, makin banyak warna-warna baru yang belum pernah ada sebelumnya. 


Meski begitu, cobalah untuk memilih shade warna yang cocok untuk Anda. Hal ini karena warna pink untuk satu orang belum tentu cocok untuk bibir orang lain. Pastikan bahwa Anda memilih warna lipstick yang membuat wajah terlihat segar dan cerah.

10 Rekomendasi lipstik waterproof terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lipstik waterproof terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Renata Aprianti.

10

Wet n WildMegaLast Liquid Catsuit Matte Lipstick

Mulai dari Rp 119.000,00

JenisLiquid
Hasil akhirMatte
Varian warna8 shades
Pelembap×
Daya tahan16 jam
9

REVLONSuperlustrous Bold Matte Lipstick

Mulai dari Rp 75.000,00

JenisStick
Hasil akhirSoft matte
Varian warna6 shades
PelembapVitamin E dan Aloe vera extract
Daya tahanTidak disebutkan
8
JenisCrayon
Hasil akhirMatte
Varian warna19 shades
PelembapCastor oil, vitamin E
Daya tahan10 jam
7
JenisStick
Hasil akhirMatte
Varian warna6 shades
PelembapTidak disebutkan
Daya tahanTidak disebutkan
6

PINKFLASHKiss Air Matte Liquid Lipstick

Mulai dari Rp 100.000,00

JenisLiquid
Hasil akhirMatte
Varian warna16 shades
Pelembapx
Daya tahan8 jam
5
JenisLiquid
Hasil akhirMatte
Varian warna19 shades
PelembapVitamin E
Daya tahanTidak disebutkan
4
JenisLiquid
Hasil akhirMatte
Varian warna20 shades
PelembapVitamin E, vitamin C
Daya tahan8 jam
3

O.TWO.ONew Velvet Matte Lip Cheek Mud

Mulai dari Rp 75.000,00

JenisLiquid
Hasil akhirVelvet matte
Varian warna13 shades
Pelembap×
Daya tahan24 jam
2

MaybellineSuper Stay Matte Ink Liquid Lipstick

Mulai dari Rp 65.000,00

JenisLiquid
Hasil akhirMatte
Varian warna30 shades
Pelembap×
Daya tahan16 jam
1

WardahExclusive Matte Lip Cream

Mulai dari Rp 62.000,00

JenisLiquid
Hasil akhirMatte
Varian warna18 shades
PelembapVitamin E
Daya tahanSepanjang hari

Tabel perbandingan produk lipstik waterproof terbaik

Gambar produk
1
Wardah Exclusive Matte Lip Cream 1

Wardah

2
Maybelline Super Stay Matte Ink Liquid Lipstick 1

Maybelline

3
O.TWO.O New Velvet Matte Lip Cheek Mud 1

O.TWO.O

4
MAKE OVER Intense Matte Lip Cream 1

MAKE OVER

5
Emina Creamatte Liquid Lipstick 1

Emina

6
PINKFLASH Kiss Air Matte Liquid Lipstick 1

PINKFLASH

7
Implora Lipstick Intense Matte 1

Implora

8
FOCALLURE Matte Lip Crayon 1

FOCALLURE

9
REVLON Superlustrous Bold Matte Lipstick 1

REVLON

10
Wet n Wild MegaLast Liquid Catsuit Matte Lipstick 1

Wet n Wild

Nama produk

Exclusive Matte Lip Cream

Super Stay Matte Ink Liquid Lipstick

New Velvet Matte Lip Cheek Mud

Intense Matte Lip Cream

Creamatte Liquid Lipstick

Kiss Air Matte Liquid Lipstick

Lipstick Intense Matte

Matte Lip Crayon

Superlustrous Bold Matte Lipstick

MegaLast Liquid Catsuit Matte Lipstick

Keunggulan

Hasilkan matte finished intens yang tahan seharian

Pigmen lebih intens, warna tahan lebih lama

Kosmetik all-in-one, praktis dan tahan hingga 24 jam!

Bibir kenyal, sehat, dan lembap dengan formula antioksidan

Hadirkan warna natural yang cocok untuk semua jenis kulit

Hasil matte dengan formula ringan seperti tidak memakai lipstik

Desain klasik dengan enam varian warna mewah

Ramah di kantong, ramah di bibir

Lipstik waterproof yang ringan untuk sehari-hari

Bebas budge, warna lebih rapi merata

Harga mulai dariRp 62.000,00Rp 65.000,00Rp 75.000,00Rp 79.600,00Rp 47.500,00Rp 100.000,00Rp 23.500,00Rp 15.000,00Rp 75.000,00Rp 119.000,00
JenisLiquidLiquidLiquidLiquidLiquidLiquidStickCrayonStickLiquid
Hasil akhirMatteMatteVelvet matteMatteMatteMatteMatteMatteSoft matteMatte
Varian warna18 shades30 shades13 shades20 shades19 shades16 shades6 shades19 shades6 shades8 shades
PelembapVitamin E××Vitamin E, vitamin CVitamin ExTidak disebutkanCastor oil, vitamin EVitamin E dan Aloe vera extract×
Daya tahanSepanjang hari16 jam24 jam8 jamTidak disebutkan8 jamTidak disebutkan10 jamTidak disebutkan16 jam
Tautan produk

Pertanyaan seputar lipstik waterproof

Pertanyaan seputar lipstik waterproof

Selain membahas cara memilih dan memberikan rekomendasi produk, kami juga menjawab pertanyaan populer seputar lipstik waterproof, lho. Yuk, simak pertanyaan dan jawabannya di bawah ini!

Bagaimana membersihkan lipstik waterproof?

Tidak seperti lipstik pada umumnya, lipstik waterproof tidak mudah dibersihkan jika hanya menggunakan tisu. Anda membutuhkan makeover remover untuk membersihkannya. Basahi kapas dengan makeup remover, lalu usap lembut bibir hingga lipstik terangkat. Selain makeup remover, Anda bisa menggunakan Vaseline. Aplikasikan Vaseline ke permukaan bibir, lalu seka menggunakan handuk hangat.

Tips dari makeup artist kami, Renata Aprianti

Tips dari makeup artist kami, Renata Aprianti

Semua orang tentunya ingin tampil cantik dengan lipstik yang sesuai untuk bibirnya. Karena itu, Anda harus rutin merawat bibir dengan scrubbing agar sel kulit mati bisa terangkat. Jangan lupa juga untuk menggunakan lipbalm sebelum mengaplikasikan lipstick agar bibir tetap lembap.

Baca juga rekomendasi lipstik lainnya di sini

Lipstik merupakan kosmetik yang banyak digemari wanita karena memberikan warna bibir yang lebih menawan. Selain lipstik waterproof, ada berbagai lipstik lainnya yang dapat Anda coba. Klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasinya!

Kesimpulan

Lipstik waterproof memang sangat menarik karena terasa jauh lebih praktis. Anda tidak perlu melakukan touch up setelah memakainya Supaya lebih pas di bibir Anda, pilihlah lipstik waterproof dengan mempertimbangkan bentuk, hasil akhir, serta warnanya. 


Jangan lupakan juga kandungan pelembapnya karena lipstik akan menempel di bibir dalam waktu yang lama. Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel kali ini. Selamat tampil lebih cantik dengan lipstik waterproof!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Serum Bibir Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Bibir Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Serum bibir atau lip serum adalah produk perawatan bibir yang populer akhir-akhir ini. Serum dapat membuat bibir lebih kenyal, memperbaiki tekstur, serta memudarkan kerutan di bibir. Beberapa serum juga bisa digunakan sebagai pewarna bibir serta efektif melindungi bibir dari sinar UV.Di sini kami akan menjelaskan cara memilih serum bibir yang bagus. Baca juga tips memilihnya dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Temukan rekomendasi serum bibir terbaik dari merk lokal dan luar negeri, seperti Emina, Clarins, Dior, Ms. Glow, dan lainnya. Selamat tinggal bibir hitam!
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bibir yang tampak lembap dan cerah akan membuat penampilan Anda makin segar. Namun, gaya hidup dan paparan sinar ultraviolet dapat mengakibatkan bibir gelap dan kering. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan pelembap bibir untuk mengatasi bibir gelap dan kering.Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan tips memilih lip balm yang bagus dan ber-BPOM. Berbagai merk lip balm mancanegara, seperti Nivea, dan Vaseline telah kami siapkan. Kami juga akan mengulas lip balm lokal, seperti Wardah, Emina, dan Tiff Body. So, jangan lewatkan ulasan kami, ya!
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lip tint merupakan produk pewarna bibir dari Korea yang diklaim tahan lama. Penggunaan lip tint bahkan tidak membuat bibir hitam dan bibir kering. Karena formulanya yang unik, lip tint cocok untuk semua orang, termasuk untuk remaja.Kini telah banyak merk ternama seperti Etude House, Innisfree, Tony Moly hingga Emina yang mengeluarkan lip tint. Ada produk yang dilengkapi Aloe vera, ada pula yang bersifat waterproof. Namun, produk manakah yang bagus? Kali ini kami akan menjabarkan cara memilih sekaligus memperkenalkan rekomendasi lip tint terbaik. Untuk lebih lengkapnya, bacalah artikel ini hingga selesai!
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang (Terbaru Tahun 2022)
    Warna kulit sawo matang merupakan salah satu warna kulit asli orang Indonesia. Ada banyak produk lipstik yang akan mempercantik tampilan Anda yang kulitnya sawo matang atau memiliki bibir hitam. Namun, salah pilih warna lipstik akan berisiko membuat kulit Anda jadi terlihat kusam dan tidak menarik.Kali ini, kami akan membantu Anda memilih warna lipstik untuk kulit sawo matang agar wajah terlihat fresh. Kami juga akan mengulas tips memilih serta rekomendasi produk yang bagus. Berbagai merek, mulai dari Y.O.U, Implora, Maybelline, Hanasui, hingga Purbasari, dapat Anda temukan dalam daftar rekomendasi kami.
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lipstik Ombre Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lipstik Ombre Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Riasan bibir ombre berasal dari Korea Selatan dan mendapat sambutan baik di Indonesia. Gaya riasan ini memberikan gradasi warna yang indah pada bibir. Untuk menciptakan efek ombre dengan cara mudah, Anda bisa menggunakan lipstik ombre ataupun lip tint. Namun, lipstik ombre seperti apa yang cocok untuk Anda?Laneige yang berasal dari Korea Selatan menjadi salah satu merek lipstik ombre yang bagus. Produsen lokal seperti Madame Gie juga memiliki paket lipstik ombre cantik. Tidak perlu bingung memilih lipstik ombre yang pas untuk Anda karena kami akan memberikan tips cara memilihnya.
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lipstik 3CE Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lipstik 3CE Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tren kosmetik asal Korea makin diminati di Indonesia. Pilihan warna dan desain menarik, serta kecantikan para brand ambassador, menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Salah satu kosmetik Korea yang patut Anda coba adalah 3CE lipstick. Selain banyak digunakan, produknya kerap mendapatkan penghargaan.Dalam artikel ini, kami akan membahas produk lipstik merek 3CE, mulai dari warna hingga kandungannya. Simak tips kami dalam memilih lipstik 3CE yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak lupa, simak rekomendasi produk terbaiknya, seperti Velvet Lip Tint, Mood Recipe Lip Color, dan Blur Water Tint.
    Lip color & lip care
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori