1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Badminton
  6. >
  7. 10 Sepatu Badminton Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Sepatu Badminton Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Sepatu Badminton Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Sepatu Badminton Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Sepatu Badminton Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Sepatu Badminton Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Sepatu Badminton Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2023)

Dalam permainan badminton, sepatu merupakan poin penting untuk menunjang performa bermain Anda. Sudah banyak merek sepatu badminton wanita yang menawarkan produk dengan kualitas tinggi, seperti Li-Ning, Yonex, dan Victor. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dan bertanya-tanya sepatu mana yang cocok untuk Anda.


Karena itu, kali ini kami akan membantu Anda memilih sepatu badminton wanita dengan membandingkan harga dan fiturnya. Kami juga akan berbagi rekomendasi sepatu badminton wanita terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh mantan atlet badminton, Debby Susanto. Mari temukan sepatu bulu tangkis wanita yang bagus untuk Anda!

Diperbaharui 01-31-2023
Pakar
Mantan atlet badminton
Debby Susanto

Seorang wanita yang dikenal melalui prestasinya di bidang olahraga badminton. Debby mewakili Indonesia di kancah internasional dengan prestasi tertinggi, yaitu peringkat dua dunia. Sekarang, prioritasnya telah berubah, yaitu menjadi seorang ibu. Dengan pengetahuan dan pengalaman dalam hal peralatan badminton, Debby ingin membaginya melalui artikel ini.

Profil Debby Susanto
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dominiko Dhany

Sejak 2020, Dominiko menikmati berkarya di mybest sambil menyortir barang unik yang layak masuk keranjang belanjanya. Petualangan bersama mybest membawanya menjelajah bermacam kategori produk, dari komputer, olahraga, hingga outdoor gear. Pengalaman itu menjadi catatan manis dalam kariernya di bidang content creation selama 8 tahun. Ia bahkan tak mengira kalau berkontribusi di mybest memberinya pengetahuan soal skincare dan alat musik. Mungkin fashion atau bumbu masak akan menjadi pelabuhan berikutnya? Siapa tahu!

Profil Dominiko Dhany
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 29 Januari 2023)

Cara memilih sepatu badminton untuk wanita

Sekarang kami akan mengulas bagaimana cara memilih sepatu badminton yang tepat untuk wanita. Kami akan menguraikan poin yang paling penting untuk Anda perhatikan terlebih dahulu. Simak sampai selesai supaya Anda tidak salah pilih, ya!

① Pilih sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki Anda

Hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah memilih sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki Anda. Simak poin-poin berikut untuk menemukan ukuran sepatu yang pas untuk Anda.

Debby Susanto
Mantan atlet badminton
Debby Susanto

Pemilihan sepatu yang tepat adalah kunci kenyamanan seorang atlet saat berolahraga. Poin-poin yang perlu Anda ingat saat memilih sepatu adalah ukurannya pas dan sesuai dengan bentuk kaki. Jangan lupa juga memilih sepatu berdasarkan bobotnya saat dipakai. Kini sudah banyak produsen yang menawarkan sepatu badminton berkualitas baik dengan berbagai model.

Toleransi ukuran antara 1–1,5 cm: Untuk menghindari cedera

Toleransi ukuran antara 1–1,5 cm: Untuk menghindari cedera
Sumber: yonex.com

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memilih sepatu adalah “toleransi ukuran" atau "kelonggaran”. Kelonggaran diukur dari ujung kaki bagian depan sampai ujung depan sepatu. Kami menyarankan agar Anda memberikan kelonggaran antara 1–1,5 cm dalam kondisi sedang mengenakan kaus kaki.


Anda dapat merasakan ruang kosong pada ujung kaki Anda jika terbiasa memakai sepatu hak tinggi, bukan? Dengan memberikan kelonggaran, jari-jari kaki Anda dapat bergerak bebas guna memperoleh daya cengkeram yang kuat dan stabil.


Namun, memperhatikan toleransi ukuran bukan berarti Anda harus memilih sepatu dengan ukuran yang lebih besar. Jika toleransi ukuran terlalu pendek, ujung kuku Anda akan mudah terluka. Di sisi lain, Anda akan mudah tersandung ketika bergerak bila toleransi ukuran sepatu terlalu panjang.


Kondisi kaki yang menyentuh bagian atas sepatu juga tidak baik karena dapat membuat kuku Anda terasa sakit. Anda harus berhati-hati, terutama jika Anda termasuk tipe orang yang mementingkan penampilan kuku.

Lebar sepatu yang pas: Untuk pergerakan yang lebih lincah

Lebar sepatu yang pas: Untuk pergerakan yang lebih lincah
Sumber: yonex.com

Ukuran yang proporsional merupakan poin penting dalam pemilihan sepatu. Untuk itu, lebar sepatu juga perlu Anda pertimbangkan selain sisi panjang sepatu yang akan Anda pakai. Sepatu badminton wanita umumnya memiliki bentuk yang ramping.


Ukuran lebar sepatu biasanya ditunjukkan dengan label size E, 2E (EE), dan 3E (EEE). Size E menunjukkan bentuk sepatu yang ramping, sedangkan 3E menunjukkan bentuk sepatu yang lebar. Jadi, periksalah terlebih dahulu lebar kaki Anda sebelum memilih sepatu bulu tangkis wanita.

② Pastikan desain sepatu ergonomis

Selain ukurannya, Anda perlu memperhatikan desain sepatu badminton wanita. Langkah kecil ini akan menentukan kenyamanan pergerakan kaki Anda selama permainan berlangsung.

Upper dengan lekukan seamless, memberikan kenyamanan pada kaki

Upper dengan lekukan seamless, memberikan kenyamanan pada kaki
Sumber: yonex.com

Agar kaki Anda mampu bergerak bebas, pilihlah sepatu dengan struktur upper tanpa lipatan atau seamless. Sepatu dengan desain ini hanya memiliki lipatan pada bagian heels. Sepatu ini dapat membuat kaki Anda mudah bergerak karena tidak ada hambatan pada bagian depannya.

Desain inner bootie, membuat sepatu lebih pas di kaki

Desain inner bootie, membuat sepatu lebih pas di kaki
Sumber: yonex.com

Desain inner bootie yang menyambungkan antara lidah sepatu dengan topline akan membuat sepatu menjadi pas di kaki. Desain ini akan memudahkan Anda untuk bergerak bebas. Kestabilan kaki Anda pun akan tetap terjaga karena tidak ada celah antara pergelangan kaki dengan sepatu. Anda yang atlet wanita juga lebih senang jika penampilan kaki terlihat rapi, bukan?

Desain 3D fitting, memberikan kestabilan kaki saat bergerak

Desain 3D fitting, memberikan kestabilan kaki saat bergerak
Sumber: yonex.com

Jika Anda mencari sepatu yang stabil, Anda bisa memilih sepatu yang dilengkapi sol 3D. Desain sol 3D akan menyamakan bagian bawah kaki Anda. Selain itu, desain ini dapat membantu para wanita bebas dari masalah hallux valgus yang mengganggu


Hallux valgus adalah kondisi saat ibu jari bengkok akibat penggunaan sepatu dengan fitting yang kurang pas. Kondisi ini banyak ditemui pada wanita yang sering menggunakan high-heels.


Sepatu ini dapat mencengkeram tumit dengan baik sehingga mampu menjaga kestabilan pemakainya. Kestabilan tumit menjadi poin penting dalam permainan bulu tangkis, terutama bagi para pemain profesional. Jadi, pertimbangkanlah desain sol 3D saat memilih sepatu badminton!

③ Utamakan sepatu yang ringan

Utamakan sepatu yang ringan

Untuk mendapatkan gerakan kaki yang sempurna, bobot sepatu juga menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan. Utamakan sepatu dengan upper berbahan ringan, seperti synthetic fibers. Anda juga bisa memilih sepatu dengan area mesh atau jaring yang lebar.


Pada kenyataannya banyak sepatu yang menggunakan bahan kulit sintetis pada bagian upper. Karena berat, bahan ini kurang sesuai jika menginginkan pergerakan yang bebas. Sepatu yang ringan akan mempermudah gerakan dan membantu Anda untuk meningkatkan performa di lapangan.

Debby Susanto
Mantan atlet badminton
Debby Susanto

Menurut pengalaman pribadi, saya telah mencoba beberapa sepatu dengan merek yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya adalah ASICS, Li-Ning, Yonex, dan adidas. Sebenarnya, pemilihan ini kembali lagi pada kondisi dan bentuk kaki Anda masing-masing.


Untuk sepatu badminton, merek Li-Ning cenderung memiliki bobot yang agak berat. Meskipun begitu, pilihan sepatu badmintonnya cukup banyak. Merek adidas juga mempunyai sepatu badminton, tetapi pilihan modelnya belum banyak.


Selanjutnya, saya juga pernah mencoba sepatu ASICS. Sepatu merek ini cukup bagus, bobotnya ringan, dan awet. Tidak heran kalau banyak orang Jepang yang menyukai merek ini.


Terakhir, ada sepatu Yonex. Menurut saya, sepatu badminton dari Yonex masih menjadi favorit saya karena nyaman dan bobotnya pas saat dipakai. Selain itu, model sepatunya cukup banyak sehingga memudahkan Anda mencari sepatu yang tepat untuk bentuk kaki.

④ Carilah sepatu berdesain feminin untuk tampilan yang lebih stylish

Carilah sepatu berdesain feminin untuk tampilan yang lebih stylish
Sumber: yonex.com

Sepatu badminton yang dirancang untuk wanita memiliki berbagai gaya dan warna yang stylish. Ada banyak warna menarik yang dapat dijadikan sebagai pilihan, seperti merah muda, ungu, oranye, dan merah. Gaya dan kombinasi warna sepatu dapat disesuaikan dengan pakaian yang Anda kenakan untuk tampil lebih maksimal.


Bagi Anda yang ingin tampil keren, sepatu berwarna biru muda dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda. Karena dapat memberikan kesan segar pada pemakainya, warna ini cocok untuk wanita dengan pesona cool beauty. Selain bagian upper, Anda dapat memperhatikan desain tali sepatu dan heels. Memakai sepatu yang sesuai dengan selera mode akan meningkatkan rasa percaya diri Anda saat bermain badminton, bukan? 

10 Rekomendasi sepatu badminton terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu badminton terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Debby Susanto.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Eagle

Commando 2

Eagle Commando 2 1枚目

Mendukung pergerakan kaki saat Anda bermain

2

Li-Ning

Cloud Ace X2

Li-Ning Cloud Ace X2 1枚目

Bebas dari gerah dengan sepatu branded yang terjangkau

3

Victor

A362II

Victor A362II 1枚目

Daya pantul tinggi dengan kestabilan yang terjaga

4

Eagle

Jet Pro

Eagle Jet Pro 1枚目

Penampilan di lapangan makin memukau berkat desainnya

5

Kodachi

Sepatu 8115

Kodachi Sepatu 8115 1枚目

Cocok dipakai untuk main badminton dan bepergian!

6

Spotec

Splash

Spotec Splash 1枚目

Daya cengkeram tinggi demi mencegah Anda tergelincir

7

Spotec

Mighty

Spotec Mighty 1枚目

Menawarkan midsole yang empuk dan bouncy, tidak membuat kaki cepat lelah

8

Victor

S99Elite

Victor S99Elite 1枚目

Salah satu sepatu paling ringan di dunia dengan bobot hanya 250 gram

9

Yonex

Power Cushion Cascade Drive Unisex

Yonex Power Cushion Cascade Drive Unisex 1枚目

Penuh teknologi, sepatunya pemain bulu tangkis profesional!

10

Yonex

Power Cushion Aerus X

Yonex Power Cushion Aerus X 1枚目

Teknologinya memberikan kestabilan pada tiap permainan yang intens

Perincian produk
Close
No.1

Mendukung pergerakan kaki saat Anda bermain

Kelebihan:

  • Dilengkapi backcounter stabilizer sebagai penyeimbang

Kekurangan:

  • Keseluruhan bobot sepatu cukup berat dibandingkan produk lain


Teknologi Power Grid Rubber pada bagian outsole sepatu bulu tangkis ini membuat kaki Anda lebih fleksibel saat bergerak. Bagian upper-nya juga ringan serta dilengkapi backcounter stabilizer sebagai penyeimbang. Dengan teknologi dan harganya yang masih terjangkau, produk ini cocok untuk pemula yang ingin mulai rutin tepok bulu.


Terdapat beberapa pilihan warna yang menarik pada Eagle Commander 2, seperti biru/citrus, hitam/emas, dan merah/putih. Pilihlah warna yang sesuai dengan kegemaran Anda untuk meningkatkan motivasi bermain!

No.2

Bebas dari gerah dengan sepatu branded yang terjangkau

Kelebihan:

  • Bagian midsole dibekali cushion technology yang membuat transisi gerakan lebih mulus dan stabil

Kekurangan:

  • Pilihan warnanya cukup mencolok, kurang cocok untuk wanita penyuka warna lembut

Anda mencari sepatu bulu tangkis branded yang tidak membuat gerah sekaligus terjangkau? Jika iya, produk ini adalah jawabannya. Meski tidak menggunakan teknologi khusus, bagian upper-nya dirancang antigerah sehingga nyaman digunakan.


Bagian upper pada sepatu badminton Li-Ning wanita ini diberi beberapa ventilasi di beberapa tempat. Tidak hanya itu, bagian tersebut didesain agar bisa diregangkan untuk membuat aliran udara di dalamnya lebih baik. Tambahan lagi, desain produk ini keren dan kekinian!

No.3

Daya pantul tinggi dengan kestabilan yang terjaga

Kelebihan:

  • Bagian dalam sepatu dilengkapi lapisan pelindung sehingga lebih tahan lama

Kekurangan:

  • Desain sepatu ramping, kurang cocok untuk Anda yang berkaki lebar

Jika Anda termasuk tipe pemain bulu tangkis yang agresif menyerang, tentu Anda membutuhkan sepatu yang kuat dan stabil. Nah, Anda bisa memilih produk ini. Permukaan bagian dalamnya dilengkapi lapisan pelindung sehingga memiliki ketahanan yang lebih lama. 


Selain itu, bagian depan sepatu badminton ini dirancang dengan kekuatan TPU yang tinggi. Teknologi ini membuat Victor A362II menjadi lebih stabil untuk mengimbangi kecepatan pergantian gerakan Anda. 

No.4

Penampilan di lapangan makin memukau berkat desainnya

Kelebihan:

  • Bagian upper menggunakan kombinasi bahan kulit sintetis berdaya tahan tinggi serta mesh berkualitas

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa bobotnya cukup berat

Sepatu bulu tangkis ini diberi sentuhan warna pink yang menarik pada bagian outsole. Desainnya pastilah menarik hati para wanita. Tambahan lagi, perpaduan warna putih, merah, oranye, dan pink melahirkan kombinasi warna yang cantik. Jadi, pilih produk ini jika Anda ingin tampil makin memukau di lapangan. Eagle Jet Pro pun sudah menggunakan bahan-bahan berkualitas!

No.5

Cocok dipakai untuk main badminton dan bepergian!

Kelebihan:
  • Harga terjangkau untuk sepatu badminton

Kekurangan:

  • Model low-cut tidak bisa melindungi ankle

Anda butuh sepatu versatile untuk berbagai kegiatan, seperti olahraga dan juga aktivitas sehari-hari? Kalau begitu, pilihlah produk Kodachi ini. Sepatu ini bisa Anda gunakan untuk main badminton ataupun bepergian. Produk ini dibuat dari bahan kanvas yang tebal, ringan, dan bersirkulasi udara baik. Sepatu dari kanvas juga mudah dipadukan dengan fashion item yang lain, lho. Tambahan lagi, harga sepatu badminton warna putih ini terjangkau!

No.6

Daya cengkeram tinggi demi mencegah Anda tergelincir

Kelebihan:

  • Menggunakan rubber berkualitas tinggi yang bisa mencegah timbulnya goresan di lapangan

Kekurangan:

  • Ukurannya lebih kecil dari sepatu lain

Spotec Splash menggunakan teknologi bernama RGB+ (Rubber Grip Balance) pada bagian outsole. Teknologi RGB+ mampu menghasilkan daya cengkeram yang tinggi. Jadi, pastikan untuk membeli produk ini jika Anda khawatir kaki Anda tergelincir saat bermain di lapangan yang licin.


Permukaan lapangan bahkan tidak akan tergores oleh sepatu bulu tangkis ini berkat non-marking rubber berkualitas yang digunakannya. Selain itu, warnanya yang menyala akan menarik perhatian!

No.7

Menawarkan midsole yang empuk dan bouncy, tidak membuat kaki cepat lelah

Kelebihan:

  • Menggunakan bahan breathable sandwich mesh sehingga tidak membuat kaki Anda gerah

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen mengatakan bahwa ukuran sepatu terlalu kecil, tidak sesuai dengan ukuran kaki biasanya

Sepatu Spotec Mighty didesain menggunakan bahan berkualitas tinggi dari bagian insole sampai outsole. Konstruksi material upper-nya yang kokoh mumpuni untuk menjaga permukaan kaki saat bergerak di lapangan. Sepatu bulu tangkis ini cocok untuk Anda yang mementingkan penampilan kaki selama permainan.


Seri ini juga termasuk high-class segment pada kategori sepatu badminton dari Spotec. Bahan breathable sandwich mesh yang digunakannya tidak akan membuat kaki Anda gerah. Selain itu, bagian midsole-nya yang empuk akan membuat performa Anda makin maksimal.

No.8

Salah satu sepatu paling ringan di dunia dengan bobot hanya 250 gram

Kelebihan:

  • Bobot sepatu hanya 250 gram sehingga membuat pergerakan makin lincah

Kekurangan:

  • Pilihan warna selain putih terlihat mencolok

Victor S99Elite merupakan salah satu sepatu badminton paling ringan di dunia dengan bobot 250 gram saja. Ditambah teknologi Nitro Lite pada bagian midsole, sepatu ini dapat membuat gerakan kaki menjadi lebih bebas dan nyaman.


Produk ini diberi rubber outsole guna mendukung gerakan kaki Anda selama permainan berlangsung. Sepatu ini ideal dipakai untuk Anda yang ingin meningkatkan kelincahan dalam bermain bulu tangkis.

No.9

YonexPower Cushion Cascade Drive Unisex

Mulai dari Rp2.159.000,00

Penuh teknologi, sepatunya pemain bulu tangkis profesional!

Kelebihan:

  • Bagian upper menggunakan teknologi Utilized Durable Skin (Cascade Drive) yang lembut, lentur, serta wear-resistant

Kekurangan:

  • Bagian upper terbuat dari kulit sintetis yang cukup berat

Bila Anda butuh rekomendasi sepatu badminton wanita terbaik untuk turnamen, produk ini bisa dipertimbangkan. Sepatu ini diberi bermacam teknologi. Bagian upper-nya menggunakan teknologi Utilized Durable Skin (Cascade Drive) yang lembut, lentur, serta wear-resistant.


Sepatu badminton wanita Yonex ini akan memudahkan Anda bergerak ke segala arah. Jadi, Anda akan makin lincah bermain dengan penuh gaya. Tambahan lagi, bagian insole pada produk ini menggunakan teknologi memory foam yang empuk dan pas di kaki.

No.10

YonexPower Cushion Aerus X

Mulai dari Rp2.199.000,00

Teknologinya memberikan kestabilan pada tiap permainan yang intens

Kelebihan:

  • Menggunakan teknologi Double Raschel Mesh yang membantu pertukaran udara di dalam sepatu delapan kali lebih banyak

Kekurangan:

  • Desainnya slim, kurang cocok untuk Anda yang memiliki kaki lebar

Sepatu badminton Yonex ini menggabungkan teknologi Double Raschel Mesh dan Durable Skin Light. Teknologi Double Raschel Mesh membantu pertukaran udara di dalam sepatu delapan kali lebih banyak.


Sementara itu, Durable Skin Light merupakan teknologi yang menggabungkan kelenturan rubber dan kekakuan dari plastik yang keras. Sepatu bulu tangkis ini cocok untuk pemain yang ingin merasakan kestabilan untuk bertahan dalam permainan yang intens.

Baca juga rekomendasi perlengkapan badminton lainnya di sini

Anda tentu akan membutuhkan perlengkapan selain sepatu untuk bermain badminton, seperti raket atau shuttlecock. Mari klik link di bawah ini untuk mengetahui ulasan mengenai alat-alat pendukung permainan badminton Anda!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan sepatu bulu tangkis yang tepat setelah membaca ulasan di atas? Walaupun punya fungsi yang sama, tentu Anda juga akan mempertimbangkan desain ataupun harganya. 


Anda akan lebih bersemangat bermain bulu tangkis dengan sepatu yang sesuai dengan selera dan gaya bermain Anda. Pilihan sepatu yang tepat juga dapat menambah motivasi Anda untuk menjadi yang terbaik di lapangan. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer