• 10 Sepatu Badminton Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sepatu Badminton Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sepatu Badminton Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sepatu Badminton Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sepatu Badminton Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sepatu Badminton Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2022)

Dalam permainan badminton, sepatu merupakan poin penting untuk menunjang performa bermain Anda. Namun, beberapa merek sepatu yang menawarkan produk dengan kualitas tinggi sangat banyak, seperti Li-Ning, Yonex, Adidas, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dan bertanya-tanya sepatu mana yang bagus untuk Anda.


Karena itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih sepatu badminton untuk wanita beserta rekomendasi produknya. Mantan atlet badminton, Debby Susanto, juga ikut memberikan komentar mengenai cara memilihnya. Untuk itu, jangan lewatkan dan pilihlah sepatu yang sesuai dengan gaya bermain Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Debby Susanto
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Mantan Atlet Badminton, Debby Susanto

Profil pakar: Mantan Atlet Badminton, Debby Susanto

Seorang wanita yang dikenal melalui prestasinya di bidang olahraga badminton. Debby mewakili Indonesia di kancah internasional dengan prestasi tertinggi, yaitu peringkat dua dunia. Sekarang, prioritasnya telah berubah, yaitu menjadi seorang ibu. Dengan pengetahuan dan pengalaman dalam hal peralatan badminton, Debby ingin membaginya melalui artikel ini.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sepatu badminton untuk wanita

Sekarang, kami akan mengulas bagaimana cara memilih sepatu badminton yang tepat untuk wanita. Kami akan menguraikan poin yang paling penting untuk Anda perhatikan terlebih dahulu. Simak sampai selesai supaya Anda tidak salah pilih, ya!

Pilih sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki Anda

Hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah memilih sepatu yang sesuai untuk ukuran kaki Anda. Simak poin-poin berikut untuk menemukan sepatu yang pas dengan bentuk kaki Anda!

Debby Susanto
Mantan atlet badminton
Debby Susanto

Pemilihan sepatu yang tepat adalah kunci kenyamanan seorang atlet saat berolahraga. Poin-poin yang perlu kalian ingat saat memilih sepatu adalah ukurannya pas dan sesuai dengan bentuk kaki kalian. Jangan lupa, pilih juga sepatu berdasarkan bobotnya saat dipakai. Saat memilihnya, kalian juga tidak perlu khawatir. Kini sudah banyak produsen yang menawarkan sepatu badminton berkualitas baik dengan berbagai model. 

Untuk menghindari cedera, carilah sepatu dengan toleransi ukuran antara 1–1,5 cm

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memilih sepatu adalah “toleransi ukuran" atau "kelonggaran”. Kelonggaran diukur dari ujung kaki bagian depan sampai ujung depan sepatu. Kami menyarankan agar Anda memberikan kelonggaran antara 1 sampai 1,5 cm dalam kondisi sedang mengenakan kaus kaki.


Jika terbiasa memakai sepatu hak tinggi, Anda dapat merasakan ruang kosong pada ujung kaki Anda, bukan? Dengan memberikan kelonggaran, jari-jari kaki Anda dapat bergerak bebas guna memperoleh daya cengkeram yang kuat dan stabil.


Namun, memperhatikan toleransi ukuran bukan berarti Anda harus memilih sepatu dengan ukuran yang lebih besar. Jika toleransi ukuran terlalu pendek, tentu ujung kuku Anda akan mudah terluka. Akan tetapi, jika toleransi ukuran sepatu terlalu panjang, Anda akan mudah tersandung ketika bergerak. 


Kondisi kaki yang menyentuh bagian atas sepatu juga tidak baik karena dapat membuat kuku Anda terasa sakit. Anda harus berhati-hati, terutama jika Anda termasuk tipe orang yang mementingkan penampilan kuku.

Untuk pergerakan yang lebih lincah, periksa juga lebar sepatu pilihan

Ukuran yang proporsional merupakan poin penting dalam pemilihan sepatu. Untuk itu, tidak hanya sisi panjang saja, Anda juga perlu mempertimbangkan lebar sepatu yang akan Anda pakai. Sepatu badminton untuk wanita umumnya memiliki bentuk yang ramping. 


Ukuran lebar sepatu biasanya ditunjukkan dengan label size E, 2E (EE), dan 3E (EEE). Size E menunjukkan bentuk sepatu yang berdesain ramping sedangkan 3E menunjukkan bentuk sepatu yang berdesain lebar. Jadi, periksalah terlebih dahulu lebar kaki Anda sebelum memilih sepatu badminton.

Pilihlah sepatu dengan desain ergonomis

Selain ukurannya, Anda juga perlu memperhatikan desain sepatu badminton Anda. Langkah kecil ini akan menentukan kenyamanan pergerakan kaki Anda selama permainan berlangsung.

Upper dengan lekukan seamless: Memberikan kenyamanan pada kaki

Agar kaki Anda mampu bergerak bebas, pilihlah sepatu dengan struktur upper tanpa lipatan atau seamless. Sepatu dengan desain ini hanya memiliki lipatan pada bagian heels saja. Sepatu ini dapat membuat kaki Anda mudah bergerak karena tidak ada hambatan pada bagian depannya.

Desain inner bootie: Membuat sepatu lebih pas di kaki

Desain inner bootie yang menyambungkan antara lidah sepatu dengan topline akan membuat sepatu menjadi pas di kaki. Desain ini akan memudahkan Anda untuk bergerak bebas. Kestabilan kaki Anda pun akan tetap terjaga karena tidak ada celah antara pergelangan kaki dengan sepatu. Selain itu, Anda yang atlet wanita juga lebih senang jika penampilan kaki terlihat rapi, bukan?

Desain 3D fitting: Memberikan kestabilan kaki saat bergerak

Jika Anda mencari sepatu yang stabil, Anda bisa memilih sepatu yang dilengkapi dengan sol 3D. Desain sol 3D ini akan menyamakan bagian bawah kaki Anda. Selain itu, desain ini dapat membantu para wanita bebas dari masalah hallux valgus yang mengganggu. 


Hallux valgus adalah kondisi saat ibu jari bengkok akibat penggunaan sepatu dengan fitting yang kurang pas. Kondisi ini terutama banyak ditemui pada wanita yang sering menggunakan high-heels.


Sepatu dengan desain ini dapat mencengkeram tumit dengan baik sehingga mampu menjaga kestabilan pemakainya. Kestabilan tumit menjadi poin penting dalam permainan badminton, terutama bagi para pemain profesional. Jadi, pertimbangkan desain sol 3D ini saat memilih sepatu badminton!

Utamakan sepatu yang ringan

Untuk mendapatkan gerakan kaki yang sempurna, bobot sepatu juga menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan. Utamakan sepatu dengan upper berbahan ringan seperti synthetic fibers. Anda juga bisa memilih sepatu dengan area mesh atau jaring yang lebar.


Pada kenyataannya, banyak sepatu menggunakan bahan kulit sintetis pada bagian upper. Karena berat, bahan ini kurang sesuai jika menginginkan pergerakan yang bebas. Sepatu yang ringan akan mempermudah gerakan dan membantu Anda untuk meningkatkan performa di lapangan.

Debby Susanto
Mantan atlet badminton
Debby Susanto

Menurut pengalaman pribadi, saya telah mencoba beberapa sepatu dengan merek yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya adalah ASICS, Li-Ning, Yonex, dan Adidas. Sebenarnya, pemilihan ini kembali lagi pada kondisi dan bentuk kaki Anda masing-masing. 


Untuk sepatu badminton, merek Li-Ning cenderung memiliki bobot yang agak berat. Meskipun begitu, pilihan sepatu badmintonnya cukup banyak. Nah, untuk Adidas, merek satu ini juga mempunyai sepatu badminton, tetapi pilihan modelnya belum banyak. 


Selanjutnya, saya juga pernah mencoba sepatu ASICS. Sepatu merek ini juga cukup bagus, bobotnya ringan, dan awet. Tidak heran, banyak orang Jepang yang menyukai merek satu ini. 


Terakhir ada sepatu Yonex. Menurut saya, sepatu badminton dari Yonex ini masih menjadi favorit saya karena nyaman dan bobotnya pas saat dipakai. Selain itu, model sepatunya juga cukup banyak sehingga memudahkan kita mencari sepatu yang tepat untuk bentuk kaki. 

Carilah sepatu berdesain feminin untuk tampilan yang lebih stylish

Sepatu badminton yang dirancang untuk wanita memiliki berbagai gaya dan warna yang stylish. Ada banyak warna menarik, seperti merah muda, ungu, oranye, merah, dan warna lain yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Gaya dan kombinasi warna sepatu dapat disesuaikan dengan pakaian yang Anda kenakan untuk tampil lebih maksimal.


Bagi Anda yang ingin tampil keren, sepatu berwarna biru muda dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda. Karena dapat memberikan kesan segar pada pemakainya, warna ini cocok untuk wanita dengan pesona cool beauty. Selain bagian upper, Anda juga dapat memperhatikan desain tali sepatu dan heels. Memakai sepatu yang sesuai dengan selera mode akan meningkatkan rasa percaya diri Anda dalam bermain, bukan? 

10 Rekomendasi sepatu badminton terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu badminton terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Debby Susanto.

10
Ukuran (EUR)36–43
MaterialUpper: TPU dan double mesh・Midsole: EVA, TPU・Outsole: VSR rubber
Desainseamless (no stitching)
Bobot sepatuTidak tercantum
9
Ukuran (EUR)36–44
MaterialUpper: mesh・Midsole: EVA
DesainSeamless (no stitching)
Bobot sepatuTidak tercantum
8

AstecEvolto Women Badminton Shoes

Mulai dari Rp 459.000,00

Ukuran (EUR)36–40
MaterialUpper: breathable mesh with PU reinforce・Midsole: responsive cushion・Outsole: non-marking rubber
DesainTidak tercantum
Bobot sepatuTidak tercantum
7
Ukuran (EUR)39–46
MaterialUpper: synthetic leather, TPU, dan mesh・Outsole: rubber outsole dan phylon midsole
DesainSeamless (no stitching)
Bobot sepatuTidak tercantum
6
Ukuran (EUR)38–45
MaterialUpper: PU leather dan double mesh・Midsole: EVA, ENERGYMAX, nylon sheet・Outsole: rubber
DesainUpper seamless
Bobot sepatuTidak tercantum
5

YonexPower Cushion Comfort Z 2 Women

SHBCFZ2L

Mulai dari Rp 1.780.000,00

Ukuran (EUR)35–42
MaterialUpper: Double Raschel Mesh・Midsole: Power Cushion・Outsole: Rubber
DesainInner bootie
Bobot sepatuTidak tercantum
4
Ukuran (EUR)36–40
MaterialUpper : Double Raschel Mesh・midsole : hyper mslite, power graphite sheet, dan Power Cushion +
DesainSeamless (no stitching)
Bobot sepatuTidak tercantum
3
Ukuran (EUR)37–45
MaterialUpper: breathable sandwich mesh, synthetic leather・Midsole: high quality phylon・Insole: anatomic shape moulded・Outsole: rubber grip balance
DesainBreathable, anatomic shape
Bobot sepatuTidak tercantum
2
Ukuran (EUR)37–44
MaterialUpper: membran mesh, synthetic PU, sandwich mesh, xeon frametrue, backcounter stabilizer・Outsole: Eco+, side wall shank, power grid rubber anti-slip
DesainTidak tercantum
Bobot sepatu1 kg
1
Ukuran (EUR)38–45
MaterialUpper: PU leather, double mesh・Midsole: Light resilient EVA, ENERGYMAX 3.0, TPU・Outsole: VSR Rubber
DesainSeamless (no stitching)
Bobot sepatuTidak tercantum

Tabel perbandingan produk sepatu badminton terbaik untuk wanita

Gambar produk
1
Victor SHA670 1

Victor

2
EAGLE Commando 2 1

EAGLE

3
Spotec Indonesia Mighty 1

Spotec Indonesia

4
Yonex Power Cushion Aerus 3 Womens 1

Yonex

5
Yonex Power Cushion Comfort Z 2 Women 1

Yonex

6
Victor SHA362 1

Victor

7
Li-Ning Cloud Ace IV 1

Li-Ning

8
Astec Evolto Women Badminton Shoes 1

Astec

9
adidas Ligra 6 1

adidas

10
Victor A900F 1

Victor

Nama produk

SHA670

Commando 2

Mighty

Power Cushion Aerus 3 Womens

Power Cushion Comfort Z 2 Women

SHA362

Cloud Ace IV

Evolto Women Badminton Shoes

Ligra 6

A900F

Keunggulan

Kenyamanan bagi pemilik Egyptian-type toe

Mendukung pergerakan kaki saat Anda bermain

Midsole yang empuk dan bouncy, tidak membuat kaki cepat lelah

Sepatu ringan dengan bobot kurang dari 300 gram

Kokoh, sesuai untuk permainan panjang Anda

Daya pantul tinggi dengan kestabilan yang terjaga

Tampil maksimal dengan harga terjangkau

Daya cengkeram tinggi yang mencegah Anda tergelincir

Siap untuk melompat lebih tinggi

Bergerak lincah dengan tampilan penuh gaya

Harga mulai dariRp 1.359.000,00Rp 379.000,00Rp 319.900,00Rp 1.900.000,00Rp 1.780.000,00Rp 1.200.000,00Rp 599.800,00Rp 459.000,00Rp 475.000,00Rp 1.950.000,00
Ukuran (EUR)38–4537–4437–4536–4035–4238–4539–4636–4036–4436–43
MaterialUpper: PU leather, double mesh・Midsole: Light resilient EVA, ENERGYMAX 3.0, TPU・Outsole: VSR RubberUpper: membran mesh, synthetic PU, sandwich mesh, xeon frametrue, backcounter stabilizer・Outsole: Eco+, side wall shank, power grid rubber anti-slipUpper: breathable sandwich mesh, synthetic leather・Midsole: high quality phylon・Insole: anatomic shape moulded・Outsole: rubber grip balanceUpper : Double Raschel Mesh・midsole : hyper mslite, power graphite sheet, dan Power Cushion +Upper: Double Raschel Mesh・Midsole: Power Cushion・Outsole: RubberUpper: PU leather dan double mesh・Midsole: EVA, ENERGYMAX, nylon sheet・Outsole: rubberUpper: synthetic leather, TPU, dan mesh・Outsole: rubber outsole dan phylon midsoleUpper: breathable mesh with PU reinforce・Midsole: responsive cushion・Outsole: non-marking rubberUpper: mesh・Midsole: EVAUpper: TPU dan double mesh・Midsole: EVA, TPU・Outsole: VSR rubber
DesainSeamless (no stitching)Tidak tercantumBreathable, anatomic shapeSeamless (no stitching)Inner bootieUpper seamlessSeamless (no stitching)Tidak tercantumSeamless (no stitching)seamless (no stitching)
Bobot sepatuTidak tercantum1 kgTidak tercantumTidak tercantumTidak tercantumTidak tercantumTidak tercantumTidak tercantumTidak tercantumTidak tercantum
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan badminton lainnya di sini

Selain sepatu, Anda tentu juga akan membutuhkan perlengkapan lain untuk bermain badminton seperti raket atau shuttlecock. Cek link di bawah ini untuk mengetahui ulasan mengenai alat-alat pendukung permainan badminton Anda!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan sepatu yang tepat setelah membaca ulasan di atas? Walaupun memiliki fungsi yang sama, tentu Anda juga akan mempertimbangkan desain maupun harganya. 


Anda akan lebih bersemangat bermain badminton dengan sepatu yang sesuai selera dan gaya bermain Anda. Pilihan sepatu yang tepat juga dapat menambah motivasi Anda untuk menjadi yang terbaik di lapangan. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Raket Li-Ning Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Raket Li-Ning Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sejak menjadi sponsor banyak atlet bulu tangkis Indonesia, popularitas raket Li-Ning mulai meledak di tanah air. Merek ini menyediakan raket yang bagus untuk pemula hingga atlet profesional. Variasi serinya mampu memenuhi kebutuhan berbagai gaya permainan.Tergantung pada kebutuhan, Anda bisa memilih raket Li-Ning SS 2020, Windstorm 72, Windstorm 75, atau lainnya. Tenang saja, kami akan memandu Anda memilih produk original demi mendapat performa terbaik. Rekomendasi dan ulasan produknya pun sudah kami siapkan khusus untuk Anda. Silakan disimak pembahasan selengkapnya dari kami berikut ini!
    Badminton
  • 10 Raket Bulu Tangkis Terbaik - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2022)
    10 Raket Bulu Tangkis Terbaik - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2022)
    Bulu tangkis atau badminton adalah olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, semua memainkannya. Raket menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.Kali ini kami akan menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih raket bulu tangkis, baik untuk pemula maupun profesional. Kami juga akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis terbaik, seperti Yonex, Adidas, dan Li-Ning. Tak ketinggalan, mantan atlet bulu tangkis, Debby Susanto dan Liliyana Natsir juga ikut memberikan rekomendasinya dalam artikel ini.
    Badminton
  • 10 Rekomendasi Sepatu Badminton Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Badminton Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda menggemari olahraga badminton? Anda tentu membutuhkan sepatu badminton supaya dapat bergerak dengan nyaman di lapangan. Sepatu yang bagus akan mendukung Anda untuk berkonsentrasi saat bermain. Di pasaran, sepatu bulutangkis hadir dengan spesifikasi yang bervariasi. Dengan munculnya berbagai produk, Anda mungkin kebingungan saat ingin memilih produk yang tepat. Untuk itu, kami akan mengulas rekomendasi sepatu badminton yang bagus untuk pria beserta cara memilihnya. Sepatu badminton terbaik merek Yonex, Victor, dan Mizuno akan Anda jumpai dalam daftar pilihan kami. Selamat membaca!
    Badminton
  • 10 Shuttlecock Terbaik - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shuttlecock Terbaik - Ditinjau oleh Mantan Atlet Badminton (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk menikmati permainan bulu tangkis, Anda perlu memilih shuttlecock atau kok badminton terbaik. Kenyamanan shuttlecock saat dipukul bisa dinilai dari bahan yang digunakan serta bobotnya. Beberapa merek, seperti Yonex, Samurai, dan Victor sudah banyak memproduksi kok badminton. Performa dan harganya pun bervariasi, mulai dari yang terjangkau hingga yang cukup tinggi untuk pertandingan resmi.Agar Anda tidak kebingungan, kami akan memberikan tips memilih shuttlecock yang bagus. Mantan atlet bulu tangkis, Debby Susanto, juga ikut memberikan komentar mengenai cara memilihnya, lho. Jadi, baca artikel ini sampai habis, ya!
    Badminton
  • 10 Rekomendasi Senar Raket Badminton Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Senar Raket Badminton Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Senar raket badminton adalah salah satu komponen penting yang dapat meningkatkan performa permainan bulu tangkis Anda. Keberadaan senar yang dijual secara terpisah tentu sangat menguntungkan, terlebih bila senar bawaan raket telah rusak. Jadi, Anda tak perlu membuang raket begitu saja.Di pasaran, Anda dapat menemukan beragam merek senar raket badminton yang bagus, seperti Yonex, Kizuna, hingga Adidas. Nah, kali ini kami akan membahas cara memilih senar raket badminton sekaligus memberikan rekomendasi produk-produk terbaik dan original. Ada yang harganya murah, ditujukan untuk pemula, hingga yang awet. Yuk, disimak!
    Badminton
  • 10 Rekomendasi Raket VICTOR Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Raket VICTOR Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang gemar dengan olahraga bulu tangkis pasti sudah tidak asing dengan merek VICTOR. Brand asal Taiwan ini memproduksi berbagai perlengkapan bulu tangkis, mulai dari pakaian, sepatu, kok, hingga raket. Bahkan, para atlet kebanggaan Indonesia juga banyak yang menggunakan raket VICTOR saat bertanding, lho!Bila tertarik untuk memilikinya, pastikan Anda membaca artikel ini hingga tuntas. Kami akan berikan beberapa tips dan rekomendasi raket merek VICTOR yang bagus untuk Anda. Thruster F, DriveX-9X B, dan JETSPEED S 12TD adalah beberapa tipe raket VICTOR yang jadi favorit. Silakan pilih yang Anda suka!
    Badminton
  • 10 Rekomendasi Kaos Badminton Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kaos Badminton Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Badminton atau bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang mengharuskan pemainnya bergerak cepat. Hal tersebut akan membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Supaya tidak mengganggu performa di lapangan, Anda sebaiknya menggunakan kaos badminton. Bahan kaos badminton memiliki desain khusus agar bisa menyerap keringat dan menjaga pergerakan tetap maksimal.Untuk membantu Anda memilih kaos badminton, kami telah menyiapkan pembahasan cara memilih kaos badminton yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi kaos badminton dari beberapa merek terbaik, seperti Lining, Marvell, Victor, dan Yonex. Apabila Anda berencana membeli baju badminton, bacalah artikel ini terlebih dahulu!
    Badminton
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori