• 10 Rekomendasi Sepatu Basket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Basket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Basket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Basket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Basket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sepatu Basket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)

Basket adalah salah satu permainan bola yang banyak digemari. Seiring meningkatnya popularitas permainan basket, penjualan sepatu basket, khususnya sepatu basket pria juga terus meroket. Sebut saja merek-merek sepatu basket ternama yang bagus, seperti Nike, adidas, dan Under Armour.


Sepatu basket yang tepat dapat membuat Anda bergerak dengan lebih lincah, performa permainan pun bisa makin meningkat. Nah, untuk mendapatkan sepatu basket pria yang tepat, silakan baca artikel ini sampai habis. Ada pembahasan mengenai cara memilih sepatu basket pria hingga sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. 

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Sepatu basket dapat meningkatkan performa permainan

Sepatu basket dapat meningkatkan performa permainan

Olahraga basket adalah olahraga yang memerlukan kekuatan serta begitu mencolok dengan adanya dunk shoot dan three point shoot. Permainan yang menakjubkan ini tidak akan bisa terjadi tanpa didukung sepatu basket yang bagus. Karenanya, memilih sepatu yang pas tentu akan menambah performa permainan basket Anda menjadi lebih baik.


Dalam olahraga basket, pemain biasa melakukan gerakan offense dan defense yang terus bergantian dengan cepat. Gerakan akselerasi inilah yang akan memberikan beban berat pada kaki Anda. Untuk itu, Anda perlu memilih sepatu yang nyaman dan dapat melindungi kaki. Di sisi lain, sepatu dengan sol kesat juga dibutuhkan agar Anda tidak tergelincir ketika bermain.

Cara memilih sepatu basket untuk pria

Sebelum membeli, ada baiknya Anda perhatikan terlebih dahulu produk yang akan dipilih. Untuk lebih jelasnya, berikut tips untuk memilih sepatu basket yang tepat.

Pilih ukuran sepatu 1 cm lebih besar

Pilih ukuran sepatu 1 cm lebih besar

Pilihlah sepatu berukuran 1 cm lebih besar dari ukuran sepatu Anda biasanya. Hal ini dikarenakan gerakan basket yang begitu cepat akan membuat kaki terus menerus membentur bagian dalam sepatu. Jika ukuran sepatu terlalu pas, kaki Anda bisa cedera. Dengan memberi ruang sekitar 1 cm, kaki Anda tidak akan membentur sepatu sehingga risiko cedera dapat dihindari.


Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan bentuk kaki Anda karena bentuk kaki setiap orang berbeda-beda. Sepatu basket terdiri dari banyak sekali bentuk, baik yang lebar maupun yang ramping. Jadi, pilihlah sepatu basket yang pas dengan bentuk kaki Anda daripada hanya memperhatikan desainnya saja.

Pastikan Anda memilih sol yang tepat

Pastikan Anda memilih sol yang tepat

Pilihlah sepatu basket yang memiliki sol kaku dan tidak licin. Sol yang kaku akan memberikan daya tahan tinggi terhadap gerakan intens. Sementara itu, sol yang antiselip memungkinkan Anda berakselerasi dari teknik offense ke defense dan sebaliknya dengan leluasa.


Tentu saja tidak mungkin Anda mencoba satu per satu sepatu basket yang ada di toko, bukan? Terlebih jika Anda akan membeli sepatu basket secara online. Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk melihat review mengenai produk yang akan Anda pilih. Baca juga informasi mengenai fitur sol sepatu basket pilihan Anda di website maupun official store-nya.

Pertimbangkan desain sepatu yang juga bisa dipakai ke sekolah

Pertimbangkan desain sepatu yang juga bisa dipakai ke sekolah

Untuk dipakai ke sekolah, desain dan warna sepatu basket perlu dipertimbangkan. Tidak semua desain dan warna sepatu basket diperbolehkan dipakai di sekolah. Misalnya, ada beberapa sekolah yang memiliki peraturan tidak boleh menggunakan sepatu dengan desain yang mencolok. Bahkan, ada aturan sekolah yang juga mengatur warna sepatu yang diperbolehkan, seperti hitam atau putih saja. 


Jadi, terkait hal di atas, sebaiknya Anda mempertimbangkan desain dan warna sepatu basket dengan saksama. Carilah sepatu basket dengan desain polos atau warna-warna netral

Pilih sepatu berdasarkan posisi Anda sebagai pemain basket

Pilih sepatu berdasarkan posisi Anda sebagai pemain basket

Untuk meningkatkan kualitas permainan, Anda perlu memilih sepatu yang cocok dengan posisi Anda sebagai pemain basket. Nah, mari kita bahas satu per satu di bawah ini. 


  • Guard (point guard dan shooting guard)

Ini adalah posisi nomor satu dalam tim basket yang berperan untuk menggiring dan mengumpan bola dengan baik. Untuk itu, posisi guard membutuhkan sepatu basket ringan dengan cengkeraman yang kuat. Dengan demikian, guard dapat melakukan aksinya dengan lincah. 


  • Forward (small forward dan power forward)

Posisi forward merupakan posisi backup dari posisi guard. Posisi forward diharuskan bisa bermain 1-on-1 dengan pemain lawan dan membantu pemain guard yang ada di bawah tekanan. Posisi forward juga diharapkan bisa mengambil bola yang memantul dari ring (rebound). Untuk itu, forward membutuhkan sepatu basket dengan sol yang fleksibel. Sol fleksibel akan membantu pemain forward saat melompat atau mendarat. 


  • Center

Posisi center bertugas menjaga pertahanan. Hal ini meliputi perebutan bola di awal pertandingan, jump ball, menghalangi lawan mencetak poin, hingga menangkap bola rebound. Biasanya posisi center diisi pemain basket bertubuh paling besar. Untuk menopang postur pemain center, pilihlah sepatu basket dengan outsole empuk. Pilihlah juga sepatu model med cut atau high cut untuk mengurangi risiko cedera ankle. 

Periksa kelebihan yang dimiliki sepatu basket merek ternama

Produk merek ternama umumnya mempunyai keunikan dan karakteristiknya masing-masing. Pastikan Anda memahami setiap keunikan dan karakteristik tersebut agar Anda merasa lebih enjoy dalam bermain basket.

Nike, dipakai oleh banyak pemain NBA

Nike, dipakai oleh banyak pemain NBA

Jika ingin memakai sepatu seperti yang dipakai pemain NBA kesayangan Anda, pilihlah sepatu basket merek Nike. Tak sedikit pemain NBA memakai sepatu basket dari Nike, bahkan mengeluarkan seri signature mereka tersendiri.


Sepatu basket Nike yang terkenal, antara lain seri Air Max dan Air Jordan. Sepatu ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin terlihat stylish dan standout. Selain itu, ciri lain dari sepatu ini adalah bobotnya yang ringan dan fitur sol yang sangat baik. Produk ini direkomendasikan bagi Anda dengan posisi pemain apa pun.

Pada artikel lainnya, kami pernah membahas sepatu Nike Air Jordan. Jika Anda penasaran dengan review sepatu Nike seri Air Jordan, silakan klik link di bawah ini!

Under Armour, ringan dan sangat pas di kaki

Apabila Anda mencari produk yang ringan dan pas di kaki, kami merekomendasikan merek Under Armour. Meski merek ini termasuk baru di dunia basket, popularitasnya seketika melejit setelah dipakai pemain NBA ternama, Stephen Curry. Karakteristik sepatu ini adalah bobotnya yang begitu ringan sehingga tidak membuat kaki cepat lelah. Dengan begitu, memasuki second half pun Anda masih tetap bertenaga!


Meski Under Armour bukanlah produk buatan lokal, mereka turut memproduksi model yang pas untuk kaki orang Indonesia. Hal ini tentu tidak seperti kebanyakan merek luar yang memproduksi tipe sepatu ramping untuk kaki orang Eropa dan Amerika. Kami merekomendasikan merek sepatu ini bagi pemain guard yang banyak bergerak. Gerakan intens pun jadi terasa lebih ringan dan gesit.

Kami punya review sepatu pria merek Under Armour, lho. Jika penasaran, silakan baca artikel lengkapnya pada tautan di bawah ini! 

adidas, sepatu dengan busa dan daya cengkeram lebih baik

Apakah Anda mencari sepatu yang sesuai dengan posisi Anda? Kalau ya, check this shoes out! Sepatu produksi adidas ini menitikberatkan pada fungsionalitas sepatu itu sendiri. Ada produk yang memiliki cengkeraman kuat, ada juga produk yang memiliki sol mumpuni, dan sebagainya.


Sebagai contoh, sepatu dengan cengkeraman yang kuat cocok untuk pemain posisi guard dan small forward. Lalu, bagaimana untuk posisi power forward dan center yang sering melakukan lompatan, seperti shoot dan rebound? Anda dapat memilih sepatu basket adidas yang memiliki bantalan sol yang fleksibel dan mumpuni.

10 Rekomendasi sepatu basket terbaik untuk Pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu basket terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Under ArmourMen's UA HOVR™ Havoc 2 Basketball Shoes

Mulai dari Rp 1.095.000,00

Ukuran40–44
OutsoleSol karet dengan herringbone traction
Fitur lainnyaUA HOVR™ cushioning
DesainPotongan high cut dengan warna putih dan pink
Cocok untuk posisiCenter
9

DiadoraDribble Men's Basketball Shoes

Mulai dari Rp 599.000,00

Ukuran39–45
OutsoleTidak ada keterangan
Fitur lainnyax
DesainPotongan high cut dengan warna abu dan hitam
Cocok untuk posisiGuard
8

PeakNBA Dwight Howard III Signature High Cut Design Black

Mulai dari Rp 1.499.000,00

Ukuran39–46
OutsoleSol karet
Fitur lainnyaLightweight dan ankle support
DesainPotongan high vut dengan warna hitam polos
Cocok untuk posisiCenter
7
Ukuran40–47,5
OutsoleExtra durable rubber
Fitur lainnyaSistem cushioning tiga lapis, grippy rubber, bahan yang ringan dan breathable
DesainPotongan medium cut dengan corak beraneka warna
Cocok untuk posisiCenter dan forward
6
Ukuran41–45
OutsoleDengan teknologi trusstic system
Fitur lainnyaBantalan berbasis gel dan strategic ventilation
DesainPotongan medium cut dengan pilihan warna merah dan putih
Cocok untuk posisiCenter
5
Ukuran39–45
OutsoleSol karet
Fitur lainnyaCushioned ankle collar dan cushioned insole and midsole
DesainPotongan medium cut dengan dua pilihan warna, biru dan putih
Cocok untuk posisiForward dan center
4
Ukuran38–46
OutsoleRubber grip balance
Fitur lainnyaRebounce EVA insole, breathable mesh
DesainPotongan medium cut, berwarna biru dengan corak diamond
Cocok untuk posisiSemua posisi
3

adidasDonovan Mitchell D.O.N. Issue #2 Shoes

Mulai dari Rp 1.600.000,00

Ukuran36–55
OutsoleSol karet
Fitur lainnyaLightweight and breathable mesh upper, bounce midsole
DesainPotongan low cut dengan dominasi warna hitam dan lis berwarna emas
Cocok untuk posisiSemua posisi
2
Ukuran39–48
OutsoleSolid rubber
Fitur lainnyaEVA midsole, breathable material
DesainPotongan medium cut dengan warna putih
Cocok untuk posisiSemua posisi
1
Ukuran39–45
OutsoleMegatonic sol antislip
Fitur lainnyaFlywear support
DesainPotongan low cut dengan warna netral
Cocok untuk posisiGuard

Tabel perbandingan produk sepatu basket terbaik

Gambar produk
1
Ardiles AZA 6.9 1

Ardiles

2
League Clash 2 Men 1

League

3
adidas Donovan Mitchell D.O.N. Issue #2 Shoes 1

adidas

4
Spotec Dazzle Biru/Putih 1

Spotec

5
Astec Dreamer Men's Basketball Shoes 1

Astec

6
Asics Invade Nova 1

Asics

7
 Nike Kyrie Infinity EP 1

Nike

8
Peak NBA Dwight Howard III Signature High Cut Design Black 1

Peak

9
Diadora Dribble Men's Basketball Shoes 1

Diadora

10
Under Armour Men's UA HOVR™ Havoc 2 Basketball Shoes 1

Under Armour

Nama produk

AZA 6.9

Clash 2 Men

Donovan Mitchell D.O.N. Issue #2 Shoes

Dazzle Biru/Putih

Dreamer Men's Basketball Shoes

Invade Nova

Kyrie Infinity EP

NBA Dwight Howard III Signature High Cut Design Black

Dribble Men's Basketball Shoes

Men's UA HOVR™ Havoc 2 Basketball Shoes

Keunggulan

Brand lokal dengan kualitas mumpuni

Desain simpel untuk Anda yang tidak suka desain mencolok

Sepatunya bintang NBA, Donovan Mitchell

Kaki tetap nyaman selama bermain basket dengan bahan yang breathable

Dengan bantalan empuk yang meminimalkan risiko cedera

Memantapkan setiap langkah Anda di lapangan dengan kenyamanan ganda

Sepatu Nike yang menawarkan kenyaman maksimal saat bermain basket

Hadir dengan warna hitam polos, bisa dipakai ke sekolah

Berwarna gelap, sepatu ini mudah dipadupadankan dengan outfit apa pun

Bantalan UA HOVR™-nya meminimalkan benturan

Harga mulai dariRp 599.000,00Rp 699.000,00Rp 1.600.000,00Rp 379.900,00Rp 499.000,00Rp 2.199.000,00Rp 1.979.000,00Rp 1.499.000,00Rp 599.000,00Rp 1.095.000,00
Ukuran39–4539–4836–5538–4639–4541–4540–47,539–4639–4540–44
OutsoleMegatonic sol antislipSolid rubberSol karetRubber grip balanceSol karetDengan teknologi trusstic systemExtra durable rubberSol karetTidak ada keteranganSol karet dengan herringbone traction
Fitur lainnyaFlywear supportEVA midsole, breathable materialLightweight and breathable mesh upper, bounce midsoleRebounce EVA insole, breathable meshCushioned ankle collar dan cushioned insole and midsole Bantalan berbasis gel dan strategic ventilationSistem cushioning tiga lapis, grippy rubber, bahan yang ringan dan breathableLightweight dan ankle supportxUA HOVR™ cushioning
DesainPotongan low cut dengan warna netralPotongan medium cut dengan warna putih Potongan low cut dengan dominasi warna hitam dan lis berwarna emasPotongan medium cut, berwarna biru dengan corak diamondPotongan medium cut dengan dua pilihan warna, biru dan putihPotongan medium cut dengan pilihan warna merah dan putihPotongan medium cut dengan corak beraneka warnaPotongan high vut dengan warna hitam polosPotongan high cut dengan warna abu dan hitamPotongan high cut dengan warna putih dan pink
Cocok untuk posisiGuardSemua posisiSemua posisiSemua posisiForward dan centerCenterCenter dan forwardCenterGuardCenter
Tautan produk

Ganti sepatu basket secara berkala demi menjaga performa permainan

Ganti sepatu basket secara berkala demi menjaga performa permainan

Agar dapat bermain basket dengan performa terbaik, Anda perlu mengganti sepatu secara berkala. Jika tetap menggunakan satu sepatu basket dalam waktu lama, Anda tidak akan merasakan manfaatnya secara signifikan. Lalu, bagaimana cara memperkirakan lama pemakaian sepatu basket?


Jika sepatu dipakai latihan seminggu sekali, performa sepatu akan menurun dalam waktu satu atau dua tahun. Setelah jangka waktu tersebut, biasanya performa sepatu akan menurun, terlebih performa solnya. Apabila hal ini terjadi, kaki Anda akan mengalami kapalan, lecet, bahkan cedera kaki. 

Bagaimana jika Anda lebih sering memakainya untuk berlatih? Tentu saja penurunan performa sepatu akan terjadi lebih cepat, bahkan kurang dari satu atau dua tahun. Untuk performa permainan terbaik, jangan menunggu sepatu Anda rusak, ya. Jika kualitas sepatu basket Anda sudah menurun, segera ganti dengan sepatu yang baru.

Baca juga rekomendasi perlengkapan basket lainnya di sini

Setelah membaca artikel di atas, pastinya Anda telah mengetahui lebih dalam mengenai sepatu basket terbaik. Namun, selain sepatu basket, ada perlengkapan lain yang dapat Anda gunakan untuk bermain basket. Kami telah menulis artikel mengenai perlengkapan basket lainnya, silakan Anda baca pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana dengan sepuluh rekomendasi sepatu basket pria yang kami sajikan? Ada begitu banyak variasi bentuk kaki dan style bermain basket. Untuk itu, perhatikan ukuran sepatu yang Anda pilih, bentuk sol, serta fitur-fitur yang dimiliki setiap sepatu. 


Terakhir, jangan lupa sesuaikan fitur tersebut dengan posisi Anda sebagai pemain basket. Sepatu basket yang tepat dapat meningkatkan performa permainan Anda. Selamat bermain basket!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bola Basket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bola Basket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bola basket adalah alat utama yang digunakan ketika bermain basket. Mungkin banyak orang yang mengira bahwa semua bola basket itu sama saja, padahal faktanya tidaklah demikian. Terdapat perbedaan dari sisi bahan, ukuran, dan sensasi grip antara satu bola basket dengan bola basket lainnya.Jadi, bagaimana cara memilih bola basket yang bagus dan tepat? Untuk menjawab hal tersebut, kami akan memaparkan cara memilih dan mengulas beberapa rekomendasi bola basket terbaik. Anda akan menemukan beragam bola basket berkualitas keluaran Mikasa, Molten, atau PROTEAM dalam daftar rekomendasi ini. Selamat membaca!
    Bola basket
  • 10 Rekomendasi Ring Basket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Ring Basket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bola basket merupakan olahraga yang digemari banyak orang. Salah satu peralatan penting dari olahraga tersebut adalah ring basket. Kali ini, kami akan mengulas berbagai hal mengenai ring basket untuk Anda. Anda akan menemukan beragam ring basket yang bagus keluaran Nerf, Berwyn, dan berbagai merek lainnya.Kami juga akan menjelaskan cara memilih ring basket dan merekomendasikan produk terbaiknya. Ring basket yang kami pilihkan dalam artikel ini bisa digunakan untuk pertandingan resmi atau permainan santai. Temukanlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan nikmati saat-saat main basket dengan lebih seru!
    Bola basket
  • 10 Rekomendasi Sepatu Basket Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Basket Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Permainan bola basket tidak hanya populer di kalangan pria, tetapi wanita juga bisa melakukannya. Karena itu, kini sudah banyak sepatu basket wanita yang bagus dan murah di pasaran. Namun, Anda perlu cermat dalam memilih sepatu basket untuk wanita di antara banyaknya pilihan.Di artikel ini, kami akan membantu Anda menemukan sepatu basket terbaik untuk wanita. Tak lupa, ada sepuluh rekomendasi sepatu basket wanita original dari sejumlah merek ternama. Anda dapat menemukan sepatu basket wanita Nike Air Jordan, adidas, Ardiles x DBL, dan lainnya. Selamat membaca!
    Bola basket
  • 10 Rekomendasi Jersey Basket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jersey Basket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Basket merupakan salah satu olahraga yang populer di Indonesia. Membicarakan basket tidak melulu soal klub atau pemain profesionalnya. Jersey juga menjadi produk yang populer di kalangan fans. Produknya bisa dipakai untuk bermain atau menonton pertandingan basket.Di artikel ini kami akan membagikan cara memilih jersey basket terbaik untuk pria. Jenisnya beragam, dari jersey NBA, jersey tim nasional basket Indonesia, hingga yang polos. Kami juga akan merekomendasikan produk original dari berbagai merek yang bagus, seperti Nike, adidas, dan lainnya. Tiap produknya sudah kami ulas untuk Anda, lho. Yuk, dilanjutkan membacanya!
    Bola basket
  • 10 Rekomendasi Baju Basket Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baju Basket Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang terkenal di dunia. Seragam atau jersey yang dipakai para atlet di pertandingan menjadi salah satu ciri khas dari olahraga ini. Anda bisa menemukan baju basket dari merk pakaian olahraga terkenal seperti Nike, adidas, dan sebagainya.Pada artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih baju basket yang bagus khusus untuk wanita. Selain untuk latihan, Anda juga bisa mengoleksi atau memakainya untuk menonton pertandingan. Bahkan, Anda bisa tampil sporty dan keren dengan memakai baju basket, lho. Penasaran? Yuk, baca sampai selesai!
    Bola basket
  • 10 Merk Jersey Basket Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Jersey Basket Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya disukai para pria, basket juga menjadi salah satu cabang olahraga yang banyak diminati wanita. Supaya merasa nyaman dan bisa menunjukkan permaian basket yang memukau, Anda membutuhkan jersey khusus yang memang dirancang untuk wanita. Di pasaran, terdapat tiga tipe jersey basket wanita, yaitu jersey authentic, swingman, dan replika.Agar tidak salah pilih, bacalah tips memilih jersey basket untuk wanita yang kami siapkan di bawah ini. Kami juga menyediakan review dan rekomendasi merek jersey basket wanita yang bagus, seperti Nike, adidas, Decathlon, dan Proteam. Mari simak ulasan lengkapnya dengan membaca artikel ini sampai akhir!
    Bola basket
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori