• 10 Rekomendasi Sepatu Basket Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Basket Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Basket Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Basket Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Basket Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sepatu Basket Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Sepatu basket merupakan sepatu yang dibuat khusus untuk pemain basket. Biasanya, sepatu ini dipilih berdasarkan performa, desain, dan kelebihan lain yang dimiliki. Pemilihan sepatu basket pastinya akan berdampak kepada permainan basket Anda. Namun, ada banyak sekali produk sepatu basket yang beredar di pasaran.


Sekarang, kami akan merekomendasikan produk sepatu basket dari berbagai produsen ternama, seperti Nike, Adidas, Under Armour, dan sebagainya. Tak hanya itu, pertama-tama kami akan menjelaskan cara pemilihan sepatu basket yang tepat. Yuk, simak pembahasannya lebih lanjut di bawah ini.

  • Pembaharuan terakhir: 12 Februari 2020
  • 1.473 Views
Daftar isi

Sepatu basket fungsional untuk meningkatkan performa!

Sepatu basket fungsional untuk meningkatkan performa!

Olahraga basket adalah olahraga yang memerlukan kekuatan serta begitu mencolok dengan adanya dunk shoot dan three point shoot. Permainan yang menakjubkan ini tidak akan bisa terjadi tanpa didukung sepatu basket yang bagus. Karenanya, memilih sepatu yang pas tentu akan menambah performance permainan basket Anda menjadi lebih baik.


Dalam olahraga basket, pemain biasa melakukan gerakan offense dan defense yang terus bergantian dengan cepat. Gerakan akselerasi inilah yang akan memberikan beban berat pada kaki Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memilih produk yang tepat, seperti sepatu dengan sol yang nyaman dan dapat melindungi kaki.


Ada pula gerakan yang sering digunakan pada olahraga basket, yaitu teknik feint. Gerakan ini memerlukan sepatu yang kesat agar Anda tidak tergelincir ketika bermain dalam gerakan lincah. Pemain NBA ternama pasti dikenal karena permainannya yang gesit. Oleh sebab itu, pilihlah sepatu yang cocok untuk bermain basket dengan nyaman.

Cara memilih sepatu basket

Sebelum membeli, ada baiknya Anda perhatikan terlebih dahulu produk yang akan dipilih. Untuk lebih jelasnya, berikut tips untuk memilih sepatu basket yang tepat bagi Anda.

Pilih ukuran sepatu 1 cm lebih besar dan pas dengan bentuk kaki Anda

Pilih ukuran sepatu 1 cm lebih besar dan pas dengan bentuk kaki Anda

Pilihlah sepatu berukuran 1 cm lebih besar dari ukuran sepatu Anda biasanya. Hal ini dikarenakan gerakan basket yang begitu cepat akan membuat kaki Anda terus menerus membentur bagian dalam sepatu. Jika ukuran sepatu terlalu pas, kaki Anda bisa cedera. Nah, dengan memberi ruang sekitar 1 cm, kaki Anda tidak akan membentur sepatu sehingga risiko cedera pun dapat dihindari.


Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan bentuk kaki Anda karena bentuk kaki setiap orang berbeda-beda. Bahkan, atlet basket pun belum tentu menemukan sepatu yang pas dengan lebar dan punggung kakinya. Jadi, pilihlah sepatu yang pas dengan bentuk kaki Anda ketimbang hanya memperhatikan desainnya saja.


Sepatu basket terdiri dari banyak sekali bentuk, baik yang lebar maupun yang ramping. Jangan lupa untuk memilih sepatu sedikit lebih besar dan sesuai dengan bentuk kaki agar gerakan Anda semakin gesit, ya!

Pilih sol yang kesat dan kaku

Pilih sol yang kesat dan kaku

Pilihlah sepatu basket yang memiliki sol kaku dan tidak licin. Sol yang kaku akan memberikan daya tahan tinggi terhadap gerakan intens. Sementara, sol yang tidak licin akan memungkinkan Anda berakselerasi dari teknik offense ke defense dan sebaliknya dengan leluasa.


Tentu saja tidak mungkin Anda mencoba satu per satu sepatu basket yang ada di toko, bukan? Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk melihat review dari orang lain. Jangan langsung memilih sepatu basket tanpa tahu kelebihan dan fungsionalitasnya, ya!

Disarankan untuk memilih sepatu keluaran produsen Asia bila digunakan anak-anak

Disarankan untuk memilih sepatu keluaran produsen Asia bila digunakan anak-anak

Seperti orang Asia lainnya, orang Indonesia juga memiliki bentuk kaki melebar. Jadi, bagi anak-anak yang hendak membeli sepatu basket, disarankan untuk memilih merek lokal atau merek keluaran negara Asia. Hal ini disebabkan produk lokal atau merek keluaran Asia memiliki bentuk yang sesuai dengan kaki orang Indonesia. Memang banyak produk keluaran luar negeri tampak stylish dan berdesain menarik. Namun, bisa jadi Anda agak kesulitan menemukan bentuk sepatu yang pas dengan kaki orang Indonesia yang cenderung melebar.


Memakai ukuran sepatu yang tidak pas akan membuat anak Anda merasakan nyeri pada otot karena kaki merupakan pusat gravitasi tubuh. Hal ini tentu akan berdampak pada permainan basket si kecil di masa mendatang. Maka dari itu, pilihlah baik-baik sepatu basket yang cocok untuk anak Anda.


Produsen lokal semisal Ardiles atau merek Jepang seperti Asics sudah didesain sesuai dengan bentuk kaki orang Indonesia. Produk ini direkomendasikan karena bentuknya sudah sesuai dan tidak akan mengganggu pertumbuhan kaki anak Anda. Tentu saja Anda tetap bisa memilih produk keluaran Nike, Adidas, dan berbagai merek luar negeri lainnya. Hanya, pastikan bentuknya pas dengan kaki Anda atau anak Anda dan bacalah review pengguna lainnya untuk informasi lebih jelas.

Pilih sepatu berdasarkan posisi Anda sebagai pemain basket

Pilih sepatu berdasarkan posisi Anda sebagai pemain basket

Untuk meningkatkan kualitas permainan, Anda perlu memilih sepatu yang cocok dengan posisi Anda sebagai pemain basket. Bagi posisi Guard dan Forward, kami rekomendasikan untuk memakai sepatu seringan mungkin dan memiliki cengkeraman kuat. Hal tersebut dikarenakan posisi ini memerlukan kelincahan untuk bergerak secara agresif, seperti men-dribble atau blocking tembakan. Sepatu yang ringan dengan cengkeraman kuat akan mempermudah gerakan Anda menjadi lebih gesit dan agresif. 


Sementara untuk posisi Power Forward dan Center, sepatunya haruslah memiliki sol yang baik. Sol ini penting untuk mengurangi beban pada kaki saat mendarat ketika Anda bermain power play atau rebound. Selain itu, sepatu haruslah kuat dan tahan terhadap permainan yang memakan waktu lama. Kami rekomendasikan pula untuk memilih sepatu dengan sol elastis yang mempermudah Anda untuk melompat.

Periksa kelebihan yang dimiliki sepatu basket merek ternama

Produk merek ternama umumnya mempunyai keunikan dan karakteristiknya masing-masing. Pastikan Anda memahami setiap keunikan dan karakteristik tersebut agar Anda merasa lebih enjoy dalam bermain basket.

Nike, dipakai oleh banyak pemain NBA

Nike, dipakai oleh banyak pemain NBA

Jika ingin memakai sepatu seperti yang dipakai pemain NBA kesayangan Anda, pilihlah sepatu merek Nike. Tak sedikit pemain NBA memakai sepatu yang sangat menarik ini, bahkan mengeluarkan seri signature tersendiri. Dengan memakai sepatu idola Anda, bermain basket menjadi lebih asyik, deh!


Karena desain uniknya, seperti seri Air Max dan Air Jordan, Nike pun menjadi semakin terkenal. Sepatu ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin terlihat stylish dan stand out. Selain itu, ciri lain dari sepatu ini adalah begitu ringan dan memiliki sol yang sangat baik. Produk ini direkomendasikan pula bagi Anda dari posisi pemain mana pun.

Under Armour, ringan dan sangat pas di kaki

Apabila Anda mencari produk yang ringan dan pas di kaki, kami merekomendasikan merek Under Armour. Meski merek ini termasuk baru di dunia basket, popularitasnya seketika melejit setelah dipakai oleh pemain NBA ternama, yaitu Stephen Curry. Karakteristik dari sepatu ini adalah begitu ringan sehingga tidak membuat Anda cepat lelah. Dengan begitu, memasuki second half pun Anda masih akan bertenaga!


Meski Under Armour bukanlah produk buatan lokal, mereka turut memproduksi model yang pas di kaki orang Indonesia. Hal ini tentu tidak seperti merek luar kebanyakan yang memproduksi sepatu ramping untuk kaki orang Eropa dan Amerika. Untuk posisi yang tepat, kami rekomendasikan produk ini bagi pemain Guard yang banyak bergerak. Gerakan intens pun jadi terasa lebih ringan dan gesit.

Adidas, sepatu dengan busa dan daya cengkeram lebih baik

Apakah Anda mencari sepatu yang sesuai dengan posisi Anda? Kalau ya, check this shoes out! Sepatu produksi Adidas ini menitikberatkan kepada fungsionalitas sepatu itu sendiri. Ada produk yang memiliki cengkeraman kuat, ada juga produk yang memiliki sol mumpuni, dan sebagainya.


Sebagai contoh, sepatu dengan cengkeraman yang kuat cocok untuk pemain posisi Guard dan Small Forward. Lalu, bagaimana untuk posisi Power Forward dan Center yang sering melakukan lompatan, seperti shoot dan rebound?  Anda dapat memilih produk Adidas yang memiliki bantalan sol mumpuni.

10 Rekomendasi sepatu basket terbaik

Setelah membahas cara memilihnya, berikut kami akan memperkenalkan rekomendasi sepatu basket terbaik untuk Anda. Tidak terbatas hanya bagi pria, buat wanita pun ada. Mari kita simak produk-produk di bawah ini.

10
Ukuran36-46
Material outsoleSol karet
Posisi pemain yang cocokSemua posisi
9
Ukuran39-47
Material outsoleSol karet
Posisi pemain yang cocokSemua posisi
8
Ukuran36-46
Material outsoleSol karet
Posisi pemain yang cocokSemua posisi
7
Ukuran40-47
Material outsoleSol karet
Posisi pemain yang cocokGuard dan Forward
6
Ukuran40-48,5
Material outsoleSol karet
Posisi pemain yang cocokPoint Guard dan Shooting Guard
5
Ukuran36-47
Material outsoleSol karet
Posisi pemain yang cocokSemua posisi
4
Ukuran40-44
Material outsoleTidak disebutkan
Posisi pemain yang cocokGuard dan Forward
3
Ukuran36-48
Material outsoleSol karet
Posisi pemain yang cocokGuard dan Forward
2
Ukuran41-46
Material outsoleSol karet
Posisi pemain yang cocokForward
1

Under ArmourMen's UA Spawn Mid Basketball Shoes

Rp 1.999.000,00

Ukuran40-48,5
Material outsoleTidak disebutkan
Posisi pemain yang cocokPower Forward & Center

Tabel perbandingan produk sepatu basket terbaik

Gambar produk
1
Under Armour Men's UA Spawn Mid Basketball Shoes 1

Under Armour

2
Nike LeBron Soldier 13 SFG 1

Nike

3
Asics Blaze Nova 1

Asics

4
Nike Basketball Shoe Kyrie 5 x Bandulu 1

Nike

5
Asics Gelhoop V11 1

Asics

6
Under Armour Curry 7 Basketball Shoes 1

Under Armour

7
Adidas Pro Vision Shoes 1

Adidas

8
Adidas Pro Bounce 2018 Low Shoes 1

Adidas

9
Ardiles AZA 5 1

Ardiles

10
Nike Team Hustle D 8 GS 1

Nike

Nama produk

Men's UA Spawn Mid Basketball Shoes

LeBron Soldier 13 SFG

Blaze Nova

Basketball Shoe Kyrie 5 x Bandulu

Gelhoop V11

Curry 7 Basketball Shoes

Pro Vision Shoes

Pro Bounce 2018 Low Shoes

AZA 5

Team Hustle D 8 GS

KeunggulanAntiaus, tahan gesekan, dan...Fans berat LeBron James har...Fit, fleksibel, dan cengker...Bergerak hingga 360 derajat...Teknologi FlyteFoam membuat...Didesain khusus seperti tip...Ingin bermain street basket...Melompat lebih stabil dan n...Berkualitas, tetapi hargany...Sirkulasi udara lebih baik,...
HargaRp 1.999.000,00Rp 2.099.000,00Rp 1.840.000,00Rp 850.000,00Rp 1.810.000,00Rp 853.195,00Rp 975.000,00Rp 868.995,00Rp 269.500,00Rp 799.000,00
Ukuran40-48,541-4636-4840-4436-4740-48,540-4736-4639-4736-46
Material outsoleTidak disebutkanSol karetSol karetTidak disebutkanSol karetSol karetSol karetSol karetSol karetSol karet
Posisi pemain yang cocokPower Forward & CenterForwardGuard dan ForwardGuard dan ForwardSemua posisiPoint Guard dan Shooting GuardGuard dan ForwardSemua posisiSemua posisiSemua posisi
Tautan produk

Ganti sepatu basket secara berkala demi menjaga performa permainan

Ganti sepatu basket secara berkala demi menjaga performa permainan

Agar dapat selalu bermain basket dengan performa terbaik, Anda perlu mengganti sepatu secara berkala. Jika tetap menggunakan satu sepatu basket dalam waktu lama, Anda tidak akan merasakan manfaatnya secara signifikan. Satu-satunya hal yang dapat terlihat secara signifikan hanyalah betapa kotornya sepatu Anda. Kira-kira bagaimana cara memperkirakan lama pemakaian sepatu basket?


Apabila sepatu dipakai untuk latihan seminggu sekali, performa sepatu tersebut akan menurun dalam waktu satu atau dua tahun. Jika sudah demikian, Anda tidak dapat bergerak dengan cepat dan tidak bisa menunjukkan teknik permainan yang baik.

Selain itu, performa solnya pun akan menurun. Apabila hal ini terjadi, kaki Anda akan mengalami kapalan, lecet, bahkan cedera kaki. Pastinya menyebabkan performa permainan Anda tidak maksimal, bukan?

Bagaimana jika Anda lebih sering memakainya untuk berlatih? Tentu saja penurunan performa sepatu akan terjadi lebih cepat, bahkan kurang dari satu atau dua tahun. Jadi, hindari pemikiran sepatu belum rusak dan masih bisa digunakan. Untuk performa permainan terbaik, Anda perlu mengganti sepatu basket yang kualitasnya sudah menurun.

Baca juga rekomendasi perlengkapan basket lainnya di sini

Setelah membaca artikel di atas, pastinya Anda telah mengetahui lebih dalam mengenai sepatu basket terbaik. Namun, selain sepatu basket, ada pula perlengkapan lain yang dapat Anda gunakan untuk bermain basket. Kami telah menulis artikel mengenai perlengkapan basket lainnya, silakan Anda baca pada link di bawah ini.

Kesimpulan

Nah, setelah membaca rekomendasi di atas, bagaimana menurut Anda? Apakah Anda telah menemukan sepatu basket yang sesuai? Ada begitu banyak variasi bentuk kaki dan style bermain basket. Oleh karena itu, merupakan hal penting bagi Anda untuk memilihnya berdasarkan fungsinya.


Memilih produk yang tepat akan meningkatkan performa permainan Anda. Melompat tinggi, bermain gesit, atau berlari dengan cepat, pilihlah sesuai kebutuhan Anda. Akhir kata, selamat bermain basket!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik untuk pemula. Pilihlah yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan!
    Outdoor & sports
    83.396 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda lipat adalah sepeda yang dapat dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana. Saat ini sudah banyak produsen sepeda lipat, seperti Apollo, Evergreen, United Trifold, dan lainnya. Masing-masing produk memiliki karakteristiknya sendiri, sehingga seringkali membuat kita bingung saat memilih.Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih sepeda lipat. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepeda lipat terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat membantu Anda!
    Outdoor & sports
    111.527 Views
  • 10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Olahraga bulu tangkis adalah salah satu dari sekian banyak olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, dapat memainkan olahraga ini. Raket, menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.Kali ini, kami akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis yang bagus dan berkualitas seperti Yonex, Adidas, Li-Ning, dan sebagainya, yang dapat digunakan untuk pemula atau untuk Anda yang sudah profesional. Namun, sebelum itu kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih raket bulu tangkis. Silakan disimak!
    Outdoor & sports
    53.860 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda balap atau road bike merupakan salah satu moda transportasi yang simple dan digunakan tidak hanya oleh para pesepeda. Road bike yang saat ini beredar di pasaran memiliki banyak jenis, antara lain road bike keluaran merek-merek ternama seperti Polygon, United, Element, dan sebagainya. Selain itu, komponen-komponennya pun tergolong banyak sehingga sering kali membuat para pemula menjadi bingung.Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan mengenai poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih road bike. Kemudian kami akan memperkenalkan rekomendasi produk road bike dalam format ranking. Produk road bike yang akan kami perkenalkan di sini memiliki banyak variasi untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan bersepeda Anda.
    Outdoor & sports
    39.100 Views
  • 10 Rekomendasi Treadmill Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Treadmill Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda ingin bugar dengan berolahraga setiap hari? Atau mungkin Anda ingin menurunkan berat badan? Tidak perlu pergi ke gym, Anda bisa berolahraga jalan cepat, berlari, ataupun jogging dengan alat treadmill kapan pun Anda mau.Meski bukan merupakan alat olahraga yang murah, membeli treadmill bisa menjadi investasi yang baik untuk Anda. Kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang cara memilih treadmill terbaik. Lalu, kami juga memberikan rekomendasi treadmill dari merek Idachi, OB FIT, Jaco, Total Fitness, dan lainnya yang bisa Anda miliki di rumah.
    Outdoor & sports
    25.141 Views
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ada pepatah mengatakan sedialah payung sebelum hujan. Namun, bagaimana jika Anda sedang mengendarai motor atau sepeda? Jas hujan tentu menjadi barang yang lebih Anda pilih dibandingkan payung. Jas hujan dianggap lebih mampu menghalau air hujan dan mencegah pakaian Anda basah.Berbagai macam merek jas hujan, seperti Yamaha, Respiro, Axio, Eiger, dan lainnya dapat Anda temukan dengan mudah di toko online. Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi produk-produk jas hujan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk berbagai aktivitas. Jangan dilewatkan, ya!
    Outdoor & sports
    53.058 Views
  • 10 Rekomendasi Sports Bra Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sports Bra Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sports bra berfungsi untuk mengurangi guncangan pada payudara saat berolahraga. Sport item yang satu ini begitu esensial bagi perempuan yang gemar melakukan olahraga, seperti fitness, yoga, dan running. Banyak merek yang memproduksi berbagai jenis sports bra, mulai dari Nike, Adidas, Puma hingga Under Armour.Kali ini, kami tidak hanya akan mengulas poin-poin penting saat memilih sports bra, tetapi juga merekomendasikan produk-produk terbaiknya. Temukanlah sports bra favorit dan rasakan kenyamanan saat mengenakan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Outdoor & sports
    5.863 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori