1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Musik
  6. >
  7. 10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2023)

Senar memberikan pengaruh pada kualitas suara gitar akustik sehingga penting untuk memilih senar terbaik. Senar gitar akustik sendiri terdiri dari beberapa jenis. Ada senar nylon yang digunakan pada gitar klasik. Ada juga senar baja antikarat untuk memainkan musik genre rock, blues, dan country.

 
Kali ini, kami akan mengulas cara memilih senar untuk menemukan senar terbaik yang original untuk gitar akustik Anda. Kami juga merekomendasikan beragam merek senar gitar akustik yang bagus, seperti Elixir, D'addario, Yamaha, dan Martin & Co. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!

Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Gitaris
Adriano Pandapotan

Adriano belajar gitar sejak usia 6 tahun dan sempat mengajar gitar di Yamaha. Ia memiliki berbagai pengalaman di bidang musik. Beberapa di antaranya seperti menjadi additional player gitaris untuk band tingkat sekolah serta mengiringi band gereja. Pria yang pernah mengiringi acara di kampus ini juga turut serta mengisi gitar di beberapa lagu band temannya.

Profil Adriano Pandapotan
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih senar gitar akustik

Sebelum masuk ke bagian rekomendasi produk, kami akan menjelaskan cara memilih senar untuk gitar akustik. Pastikan Anda membaca seluruhnya agar dapat menemukan senar yang tepat untuk gitar Anda.

① Sesuaikan jenis bahan senar dengan karakter suara yang Anda inginkan

Terdapat beragam jenis bahan senar yang digunakan untuk gitar akustik, seperti perunggu, baja, dan nylon. Tiap-tiap jenis senar ini memiliki karakteristik suara yang berbeda-beda. Karena itu, pilihlah bahan senar dengan karakter suara yang Anda butuhkan untuk permainan gitar Anda.

Senar 80/20 bronze, memudahkan melakukan teknik picking di mid-low range

Senar 80/20 bronze, memudahkan melakukan teknik picking di mid-low range

Senar 80/20 bronze ideal untuk Anda yang bermain gitar dengan teknik picking. Angka 80/20 memiliki arti bahwa senar perunggu tersebut terbuat dari 80% tembaga dan 20% timah. Senar ini kuat di range mid-low dan sangat mudah digunakan. Meski 80/20 adalah standar senar gitar akustik, ada pula senar perunggu khusus yang memiliki perbandingan 85/15.


Hasil nada yang bening dan seimbang membuat senar ini banyak dipakai. Karakter suaranya pun lebih bright daripada phospor bronze. Senar 80/20 bronze sangat cocok untuk gitar yang bagian bodi belakang dan sampingnya berbahan kayu mahoni. Terlebih lagi, gitar dari kayu mahoni dikenal mampu menghasilkan nada yang cerah dan tajam. Senar 80/20 pas untuk gitar khusus akustik tanpa amplifier apa pun. 

Senar phosphor bronze, suara cerah dan halus untuk tampil solo

Senar phosphor bronze, suara cerah dan halus untuk tampil solo

Pilihlah senar berbahan phosphor bronze bila Anda sering tampil solo dan ingin melakukan fingerstyle dengan apik. Selain menggunakan bahan yang sama dengan 80/20 bronze yaitu tembaga dan timah, ditambahkan bahan fosforus pada senar ini. Jadi, nada yang dihasilkan sangatlah cerah, hangat, dan halus


Dengan karakteristiknya tersebut, senar berbahan ini cocok untuk memainkan teknik arpeggio. Namun, warna suara dari senar phosphor bronze cenderung v-shaped dan kuat. Hal ini membuat suaranya sulit ditutupi oleh alat musik lainnya. Karena itu, gitar dengan senar ini lebih cocok untuk dimainkan dalam band atau pertunjukan ansambel (instrumental).

Senar coated, lebih awet untuk penggunaan jangka panjang

Senar coated, lebih awet untuk penggunaan jangka panjang

Ingin senar tetap awet dan tahan lama? Pilihlah coated string atau senar yang dilapisi bahan coating khusus. Berkat lapisan tersebut senar tidak akan mudah karatan sehingga Anda tidak perlu gonta-ganti senar. Coated string memiliki ciri suara yang lebih tenang dibandingkan senar tanpa coatingSaat ini banyak coated string yang berbahan 80/20 bronze dan phosphor bronze. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda!

Senar silk&steel, senar lebih lembut tidak membuat jari sakit

Senar silk&steel, senar lebih lembut tidak membuat jari sakit

Jika Anda pemula dan jarinya mudah sakit saat berlatih gitar, cobalah senar compound atau yang lebih dikenal sebagai senar silk&steel. Senar ini sangat halus karena menggunakan bahan sutra pada bagian senar bass (senar 4– 6)


Meskipun nadanya tidak senyaring 80/20 bronze atau sekuat phosphor bronze, nada senar silk&steel sangat lembut dan menenangkan. Maka dari itu, senar ini pas digunakan untuk pertunjukan yang mengutamakan nuansa dan penciptaan suasana. Contohnya ketika menampilkan teknik fingering pada pertunjukan solo dan teknik arpeggio.

Senar nylon, makin mudah memainkan arpeggio untuk gitar klasik

Senar nylon, makin mudah memainkan arpeggio untuk gitar klasik

Senar nylon biasa digunakan di gitar klasik. Ciri gitar klasik di antaranya memiliki leher lebih lebar dari gitar dengan senar baja. Jenis gitar klasik ini juga masuk dalam gitar akustik, lho! Jenis senar ini terdiri dari tiga senar nylon (senar 1,2,3) dan senar baja (senar 4,5,6).


Senar ini memiliki karakter yang soft sehingga tidak membuat jari sakit. Maka dari itu, senar gitar ini memungkinkan Anda untuk memainkan melodi yang rumit seperti halnya musik klasik. Tidak hanya untuk genre klasik, senar nylon juga digunakan untuk memainkan genre musik folk, jazz, flamenco, dan sejenisnya.

② Pilih ketebalan senar gitar sesuai kemampuan Anda bermain

Selain bahan, ketebalan senar juga akan memengaruhi hasil suara dan kemudahan permainan. Ketebalan senar dibagi menjadi tiga, yaitu extra light gauge, light gauge, dan medium gauge. Mari kita cari tahu lebih lanjut!

Extra light gauge, suara halus dan lembut untuk para pemula

Extra light gauge, suara halus dan lembut untuk para pemula

Extra light gauge yang disebut juga dengan super light atau custom light memiliki ketebalan paling tipis di antara senar lainnya. Senar ini direkomendasikan untuk Anda yang masih pemula, anak-anak, dan wanita


Berkat ukurannya yang tipis, senar extra light gauge mudah dipetik sehingga menghasilkan suara yang halus dengan low tension. Senar dengan tension ini mudah untuk dimainkan tanpa memerlukan tenaga yang terlalu besar. 

Light gauge, suara tetap seimbang saat memainkan beragam genre

Light gauge, suara tetap seimbang saat memainkan beragam genre

Jika Anda masih ragu dengan banyaknya opsi yang tersedia, pilihlah senar jenis light gauge! Biasanya, senar ini dipasang sepaket pada gitar akustik sewaktu pertama kali dibeli. Normal tension yang dimiliki senar light gauge menghasilkan suara yang seimbang. Tidak heran jika senar light gauge cocok dimainkan untuk berbagai genre dan teknik musik. Di samping itu, senar ini pun mudah digunakan.

Medium gauge, menekankan tone nada rendah agar terdengar jelas

Medium gauge, menekankan tone nada rendah agar terdengar jelas

Medium gauge direkomendasikan ketika Anda melakukan drop tuning untuk mendapatkan nada yang lebih low. Senar medium gauge juga cocok digunakan saat memainkan melodi pada penampilan band


Nada rendah akan jelas terdengar karena tingginya tension saat gitar dipetik. Karena itu, medium gauge akan memberikan image yang kuat di permainan Anda. Medium gauge sangat cocok untuk Anda yang banyak memainkan gitar secara petikan.

③ Pertimbangkan juga sisi ekonomis dari senar gitar

Pertimbangkan juga sisi ekonomis dari senar gitar

Pada dasarnya, senar gitar perlu diganti jika kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk dapat memproduksi nada dengan baik. Untuk menghasilkan permainan yang optimal, gantilah senar setidaknya sebulan sekali. Terlebih lagi, senar berbahan perunggu biasanya cepat berkarat bila sering dimainkan. Karena itu, selain karakteristik dan kualitas, Anda juga perlu memperhatikan sisi ekonomis produk.


Beberapa senar sudah di-coating sehingga dapat memiliki durability yang lebih lama. Namun, hal tersebut tetap harus diperhitungkan dengan dasar pertimbangan karakter suara yang diinginkan pengguna. Jadi, pilihlah senar yang tidak hanya berkualitas dan sesuai dengan gaya bermain Anda, tetapi juga yang harganya cocok. Dengan begitu, Anda tidak merasa berat saat membeli senar berulang kali.

10 Rekomendasi senar gitar akustik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk senar gitar akustik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adriano Pandapotan.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

D'Addario

Bronze Acoustic Guitar Strings

D'Addario  Bronze Acoustic Guitar Strings 1枚目

Tone stabil untuk hasil rekaman audio yang tidak sumbang

2

Orphee

Acoustic Guitar Strings

Orphee  Acoustic Guitar Strings 1枚目

Budget friendly, kualitas tetap tinggi!

3

Elixir

Nanoweb Phosphor Bronze Acoustic Guitar String

Elixir  Nanoweb Phosphor Bronze Acoustic Guitar String  1枚目

Hasilkan suara bright untuk lakukan atraksi fingerstyle!

4

Martin & Co

M170 Bronze Acoustic Guitar Strings

Martin & Co M170 Bronze Acoustic Guitar Strings 1枚目

Mainkan beragam genre untuk bermusik sehari-hari

5

Alice

Senar Gitar Akustik Profesional Anti Karat

Alice  Senar Gitar Akustik Profesional Anti Karat 1枚目

Profesional gitar string untuk tingkat mid-end ke atas

6

ESPER

EXA 18 Super Light

ESPER  EXA 18 Super Light  1枚目

Multiguna! Performance dan rekaman hanya dengan satu produk

7

Yamaha

Classic Guitar Strings

Yamaha  Classic Guitar Strings 1枚目

Senar nylon khusus untuk belajar dan memainkan gitar klasik

8

Dean Markley

Blue Steel Acoustic Guitar Strings

Dean Markley Blue Steel Acoustic Guitar Strings 1枚目

Tawarkan tone yang konsisten untuk membuat konten!

9

Ernie Ball

Slinky Acoustic Coated

Ernie Ball  Slinky Acoustic Coated 1枚目

Coated string yang awet untuk penggunaan yang lama

10

La Bella

710L Silk & Steel - Light

La Bella  710L Silk & Steel - Light 1枚目

Senar lembut untuk pemula yang berlatih

Perincian produk
Close
No.1

D'Addario Bronze Acoustic Guitar StringsEJ10

Mulai dari Rp99.000,00

Tone stabil untuk hasil rekaman audio yang tidak sumbang

Jika Anda mencari senar gitar untuk kebutuhan perekaman audio, ini produk yang tepat. Sebagai merek senar gitar yang populer, kualitas D'Addario 80/20 Bronze Acoustic Guitar Strings tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Hal ini karena senar ini memiliki karakter suara yang tajam, dalam, dan stabil, untuk mampu menghasilkan tone yang bersih.


Dengan karakter suara yang dihasilkan, tidak ada nada senar yang sumbang saat Anda melakukan perekaman. Di sisi lain, senar gitar ini memiliki playability yang baik. Jari-jari tidak pun merasa sakit meskipun memainkan gitar dalam waktu lama. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil rekaman audio yang terbaik.

No.2

Orphee Acoustic Guitar StringsTX620

Mulai dari Rp25.000,00

Budget friendly, kualitas tetap tinggi!

Kami merekomendasikan Orphee TX620 ini untuk Anda yang mencari senar gitar berkualitas yang tidak menguras kantong. Meskipun memiliki harga yang terjangkau, senar ini terbuat dari bahan berkualitas. Adanya lapisan antioksidan pun membuat senar ini bisa berumur panjang. 


Selain gitar akustik, senar gitar ini juga dapat digunakan pada gitar elektrik. Anda bisa menjadikan produk ini sebagai senar cadangan di saat-saat terjepit untuk gitar elektrik Anda.

No.3

Elixir Nanoweb Phosphor Bronze Acoustic Guitar String 16002 (10-47)

Mulai dari Rp303.000,00

Hasilkan suara bright untuk lakukan atraksi fingerstyle!

Salah satu keunggulan produk dari Elixir, senar gitar ini dilapisi dengan Nanoweb. Nanoweb ini melindungi senar dari kotoran secara keseluruhan serta dapat menghasilkan suara yang lebih jernih dan menggelegar. Dengan karakter suaranya tersebut, senar ini sangat cocok digunakan untuk memainkan teknik fingerstyle. Jika Anda seorang performer one-man show, inilah senar gitar yang pas!

No.4

Martin & CoM170 Bronze Acoustic Guitar StringsEx Lt 10-47

Mulai dari Rp99.000,00

Mainkan beragam genre untuk bermusik sehari-hari

Senar gitar Martin & Co ini memiliki suara bass yang dalam dan kaya. Kemudian, treble yang dihasilkan juga clean dan bright. Karakter suara tersebut membuat senar gitar cocok memainkan beragam genre musik. Jenis senar ini cocok untuk Anda yang mencari senar untuk kebutuhan bermusik sehari-hari. Jika Anda sedang bereksplorasi untuk menemukan genre yang cocok dengan Anda, senar ini juga bisa diandalkan.

No.5

Alice Senar Gitar Akustik Profesional Anti KaratAW436P

Mulai dari Rp90.000,00

Profesional gitar string untuk tingkat mid-end ke atas

Anda seorang gitaris profesional wannabe? Pertimbangkanlah produk dari Alice ini. Senar 1 dan 2 ini terbuat dari baja yang dilapisi nikel. Senar 3 hingga 6 terbuat dari inti hexagonal yang dibalut bronze phosphor. Berkat material tersebut senar memiliki resonansi yang baik. Timbre yang dihasilkan juga jelas. Dipadukan dengan tension yang rendah, Anda dapat melakukan beragam teknik permainan layaknya seorang pro.

No.6

ESPER EXA 18 Super Light

Mulai dari Rp55.000,00

Multiguna! Performance dan rekaman hanya dengan satu produk

Jika Anda seorang seniman atau musisi, ini senar yang Anda cari. Senar gitar akustik ESPER ini diproduksi dengan standar tinggi sehingga performa suara yang keluar lebih optimal. Maka dari itu, senar ini cocok digunakan untuk tujuan pertunjukkan maupun rekaman. Kemudian, ada lapisan antikarat yang tahan terhadap korosi sehingga masa pakai senar dapat lebih lama.

No.7

Yamaha Classic Guitar Strings

Mulai dari Rp85.000,00

Senar nylon khusus untuk belajar dan memainkan gitar klasik

Apakah Anda senang bermain gitar klasik? Senar gitar produksi Yamaha ini menjadi pilihan yang asyik. Ini adalah senar nylon yang biasa digunakan untuk memainkan musik klasik. Terlebih lagi, jika Anda pengguna gitar Yamaha. Perpaduan senar dan gitarnya membuat kualitas suara yang dihasilkan jadi makin baik. Tension-nya yang normal membuat Anda juga dapat belajar gitar klasik dengan senar ini.

No.8

Dean MarkleyBlue Steel Acoustic Guitar Strings2036

Mulai dari Rp140.000,00

Tawarkan tone yang konsisten untuk membuat konten!

Jika Anda membutuhkan senar gitar yang bagus untuk membuat konten bermusik, produk ini menjadi pilihan yang cocok. Senar Dean Markley Blue Steel Acoustic Guitar Strings ini terbuat dari 92% tembaga dan 8% seng yang berkualitas. 


Sebelum dipasarkan, senar dibekukan pada suhu -320ºF untuk meminimalkan celah mikroskopis sehingga senar memiliki range resonansi yang tinggi. Nada tingginya tidak terlalu melengking dan nada rendahnya nendang sehingga suaranya lebih konsisten. Anda pun dapat menghasilkan konten bermusik yang berkualitas.

No.9

Ernie Ball Slinky Acoustic Coated2158

Mulai dari Rp230.000,00

Coated string yang awet untuk penggunaan yang lama

Bagi Anda yang membutuhkan senar yang awet dan tahan lama, Anda dapat mempertimbangkan Slinky Acoustic Coated. Pasalnya, senar gitar dari Ernie Ball ini dilapisi dengan material titanium yang memberikan perlindungan secara menyeluruh. Dengan begitu, bagian permukaan senar tidak cepat kotor sehingga senar dapat digunakan lebih lama.

No.10

La Bella 710L Silk & Steel - Light

Mulai dari Rp180.000,00

Senar lembut untuk pemula yang berlatih

Untuk seorang pemula, dibutuhkan senar yang lembut agar tangan tidak cepat sakit saat berlatih. Maka dari itu, kami merekomendasikan 710L Silk & Steel dari La Bella ini. Karena dibuat dari bahan silk&steel, produk ini menjadi senar yang lembut untuk jari-jari seorang pemula. Berlatih gitar dalam waktu yang lama pun jari-jari Anda tidak sakit.

Pertanyaan umum seputar senar gitar akustik

Pertanyaan umum seputar senar gitar akustik

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar senar gitar akustik. Jika Anda masih penasaran dengan senar gitar akustik, simak jawabannya di bawah ini!


  • Adakah tips saat menyetem gitar?

Umumnya, senar gitar disetem dengan cara mengandalkan indra pendengaran dan pengetahuan nada. Namun, jika belum terbiasa menggunakan telinga sendiri, Anda bisa menggunakan aplikasi di smartphone Anda. Anda juga bisa melakukannya dengan cara menonton video tutorial di YouTube.


  • Bagaimana cara memasang senar gitar sendiri?

Buka senar yang ingin diganti. Anda bisa melakukannya secara manual dari memutar tuner sampai habis. Anda juga bisa menggunting langsung senar tersebut, baru lepaskan ikatan senar di bagian bridge. Selanjutnya, masukkan senar pada bagian bridge gitar. Anda perlu berhati-hati agar tidak merusak senar. Ketika bagian bridge sudah terpasang dengan baik, Anda hanya tinggal memasukkan melalui fret, kemudian diikat ke tuner. Setelah itu, setemlah sampai mendapat suara yang diinginkan.

Baca juga rekomendasi produk aksesori gitar lainnya di sini

Selain senar, Anda pasti ingin mempunyai aksesori gitar lainnya. Anda bisa membaca artikel kami di bawah ini untuk mencari aksesori yang dapat menunjang gitar kesayangan Anda. Semoga Anda menemukan produk yang sesuai, ya!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel kami, apakah Anda sudah menemukan senar yang sesuai? Senar gitar akustik memiliki ketebalan atau gauge yang berbeda-beda. Ketebalan tersebut sangat berpengaruh dengan suara yang dikeluarkan.


Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan sisi ekonomisnya agar tidak boros. Anda bisa menggunakan artikel kami sebagai bahan referensi sebelum membeli senar gitar akustik. Jangan lupa untuk menyesuaikan senar gitar dengan gaya bermain Anda agar performa dan penampilan Anda makin luar biasa.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer