• 10 Sisir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sisir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sisir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sisir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sisir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sisir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)

Kucing yang sehat dan berbulu lebat memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, bulu yang lebat dan tak terawat dapat membuat kucing tidak nyaman, bahkan bisa menimbulkan masalah kesehatan. Karena itu, sisir kucing merupakan alat perawatan yang wajib Anda miliki.


Kali ini, kami akan berbagi cara memilih sisir kucing yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh sisir kucing dalam berbagai bentuk dan ukuran, salah satunya dari merek Hartz. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Mari ketahui sisir apa yang terbaik untuk si fluffy!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drh. Tito Suprayoga
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga
drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

drh. Tito Suprayoga, M.Sc. adalah dokter hewan lulusan S1 dan S2 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Selain menjadi asisten laboratorium Biokimia, drh. Tito juga pernah menjadi pembicara pada UKM Hewan Kesayangan di Fakultas Kedokteran Hewan UGM.


Demi mendukung keilmuannya di dunia praktisi hewan kecil, ia sering mengikuti continuing education baik nasional maupun internasional. Ia berpengalaman bekerja di PDHB drh. Cucu K. Sajuthi dkk Green Garden. Kini drh. Tito praktek mandiri di area Pekanbaru. Anda bisa menyapa drh. Tito di Instagram-nya untuk mengetahui informasi-informasi mengenai kesehatan dan perawatan anabul Anda.

Manfaat menyisir bulu kucing

Manfaat menyisir bulu kucing

Banyak pemilik kucing yang mengetahui manfaat dari menyisir bulu kucing ialah untuk merawat bulu agar halus dan berkilau. Namun, selain manfaat tersebut, tahukah Anda ada beragam manfaat lain dari menyisir bulu kucing? Berikut kami sebutkan beberapa manfaat menyisir bulu kucing, di antaranya adalah:


  • Mengurangi bulu yang kusut/hairball
  • Mencegah kucing terkena kutu
  • Mengurangi kerontokan bulu
  • Membangun serta meningkatkan kedekatan antara owner dan kucing peliharaan

Itulah beberapa manfaat dari menyisir bulu kucing. Dengan menyisir bulu kucing, bulu-bulu yang sudah rontok akan tersisir sehingga tidak akan menghambat pertumbuhan bulu-bulu yang baru. 


Selain itu, jika terbiasa menyisir, Anda juga akan mudah mengenali kelainan atau penyakit pada kulit kucing. Apabila menemukan perubahan fisik atau perilaku yang tidak biasa, segeralah berkonsultasi pada dokter hewan Anda.


Kucing-kucing yang mudah stres saat di-grooming biasanya akan memberontak ketika dilakukan penyisiran bulu mereka. Pendekatan menggunakan peralatan yang mengurangi risiko stres dapat mengoptimalkan proses grooming tersebut.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sisir kucing

Sebelum menuju rekomendasi produk, ada baiknya Anda memahami cara memilih sisir kucing yang sesuai dengan kebutuhan kucing Anda. Mari simak tips berikut ini!

Pertimbangkan tipe sisir yang sesuai dengan penggunaan

Terdapat banyak tipe sisir kucing. Setiap sisir memiliki cara penggunaan dan karakterisitik yang berbeda-beda. Karena itu, pahami perbedaannya dan pilihlah yang sesuai dengan kondisi bulu kucing Anda.

Tipe karet dan mitt brush, untuk kucing yang enggan disisir

Tipe karet dan mitt brush, untuk kucing yang enggan disisir

Sisir karet memiliki karakteristik yang terasa lembut saat menyentuh tubuh kucing. Sifat sisir karet yang lembut dapat mengurangi perasaan risih yang dirasakan kucing saat disisir. Karena itu, produk ini cocok digunakan untuk kucing yang kurang suka disisir. 


Keunggulan lainnya dari sisir karet adalah bulu yang rontok mudah menempel pada sisir sehingga tidak sulit dibersihkan setelah digunakan. Akan tetapi, sisir ini mudah berdebu seiring dengan waktu. Jadi, perhatikan tempat penyimpanannya, ya.


Mirip dengan sisir karet, mitt brush juga cocok untuk kucing yang kurang suka disisir. Sisir ini memiliki bentuk menyerupai sarung tangan yang memiliki tonjolan gerigi berbahan silikon. Kucing Anda akan merasa seperti sedang dibelai sehingga tidak akan merasa terganggu. Penggunaan sisir ini juga cocok untuk mengatasi bulu-bulu yang rontok.


Sisir yang lentur akan lebih menyesuaikan dengan lekukan tubuh kucing. Namun, sisir tipe karet ini kurang tepat jika diperuntukkan untuk menyisir bulu-bulu yang menggimbal.

Tipe bristle, untuk membuat bulu tampak berkilau

Tipe bristle, untuk membuat bulu tampak berkilau

Keindahan kucing salah satunya dilihat dari kualitas bulunya. Untuk menciptakan bulu yang indah, diperlukan perawatan yang rutin dan menjaga agar bulu-bulu tersebut tetap sehat dan tertata. Bulu yang sehat akan tampak berkilau dan halus, serta tidak kasar atau rapuh.


Untuk membuat bulu kucing mengilap/berkilau, Anda dapat melakukan dengan cara memberikan suplemen tambahan untuk nutrisi kulit dan bulu. Selain itu, Anda juga harus rajin menyisir bulu mereka. Anda dapat menggunakan sisir tipe bristle ini untuk menjaga agar bulu kucing Anda tetap berkilau.


Sisir bristle digunakan untuk membuat bulu kucing tampak berkilau. Untuk kucing berbulu panjang (long hair), direkomendasikan untuk memilih sisir keras yang memiliki panjang gigi tidak rata.


Sementara itu, untuk kucing berbulu pendek (medium hair atau short hair), carilah sisir halus yang panjang giginya sama rata. Sayangnya, sisir ini cukup langka di pasaran Indonesia. Untuk itu, Anda bisa mempertimbangkan tipe sisir lainnya yang lebih mudah ditemukan.

Tipe khusus undercoat, untuk kucing dalam periode shedding

Tipe khusus undercoat, untuk kucing dalam periode shedding

Sisir khusus undercoat cocok dipakai ketika kucing sedang dalam masa perontokan bulu atau shedding. Sisir ini menghilangkan bulu yang berada di dalam (undercoat), sedangkan bulu bagian luar (top coat) tetap utuh. Salah satu sisir khusus undercoat ialah dematting brush.


Sisir kucing biasa mungkin dapat menghilangkan bulu yang telah rontok. Akan tetapi, sisir ini mampu menjangkau undercoat lebih banyak seiring Anda menyisir. Namun, berhati-hatilah untuk tidak menyisir secara berlebihan karena dapat merusak top coat kucing Anda.


Pada musim-musim kawin, kondisi bunting, dan pasca melahirkan, biasanya kucing akan mengalami stres. Tidak jarang kondisi tersebut akan memengaruhi kulit dan bulu mereka. Banyak kucing yang mengalami pergantian bulu ketika kondisi tersebut.


Banyak bulu-bulu tua yang rontok untuk berganti dengan bulu yang baru. Jika tidak dibantu dengan disisir, biasanya bulu-bulu yang telah rontok tersebut akan menggumpal jadi satu (gimbal). Terutama bulu-bulu yang tersembunyi pada bagian dalam. Aktivitas self-grooming yang dilakukan kucing biasanya tidak menjangkau hingga bagian dalam. Gimbal yang terbentuk jika dibiarkan maka akan menyebabkan permasalahan kulit. 

Tipe comb, untuk menghilangkan bulu yang tidak diinginkan

Tipe comb, untuk menghilangkan bulu yang tidak diinginkan

Tipe comb digunakan ketika Anda ingin memotong atau menghilangkan bulu yang tidak diinginkan dari area dekat kulit si kucing. Anda juga bisa memijat kucing dengan cara menepuk halus ujung gigi sisir ke tubuh kucing. Namun, sisir dengan ujung gigi yang lancip dapat melukai kulit kucing. Jadi, sebaiknya pilih produk dengan ujung gigi yang membulat.


Kucing long hair, seperti Maine Coon, persia, angora, dan sebagainya, dengan banyak bulu rontok mungkin tidak bisa tuntas disisir menggunakan sisir ini. Jadi, lebih baik bila Anda gunakan slicker brush atau pin brush untuk mengurai bulu kusutnya terlebih dahulu. Lalu untuk bagian sensitif, seperti wajah, perut, dan bokong, pilihlah sisir tipe comb yang juga sekaligus bisa menghilangkan kutu.

Tipe pin brush, untuk mengurai bulu yang kusut

Tipe pin brush, untuk mengurai bulu yang kusut

Kucing-kucing yang pemeliharaannya tidak full indoor biasanya sering mengalami bulu yang kusut dan kusam akibat kotor. Jika dibiarkan, bulu-bulu kusut ini lama-lama akan membentuk gimbal. Kalau sudah gimbal, akan lebih susah untuk membersihkannya. Pilihlah tipe sisir ini agar lebih mudah menata kembali bulu-bulu kucing yang kusut.


Pin brush cocok digunakan untuk kucing long hair dan short hair yang memiliki bulu bervolume. Hal tersebut karena sisir ini dapat menguraikan bulu yang kusut. Selain itu, sisir tipe ini juga dapat memberikan efek pijatan bila digunakan dengan lembut. Namun, pilihlah sisir dengan ujung membulat agar tidak melukai kucing.


Perlu diperhatikan, ada beberapa produk sisir dengan gigi yang sangat lentur sehingga mudah melengkung ketika digunakan. Jadi, periksa terlebih dahulu kekuatan gigi sisir sebelum membelinya, ya. Jika membeli melalui online shop, perhatikan juga keterangan bahan sisir atau coba bertanya pada penjualnya. 

Tipe slicker brush, untuk menghilangkan bulu-bulu kusut atau gimbal

Tipe slicker brush, untuk menghilangkan bulu-bulu kusut atau gimbal

Untuk menghilangkan gumpalan bulu, pilihlah slicker brush. Sisir ini mampu mengangkat bulu kucing dari akarnya sedikit demi sedikit hingga kekusutan bulu terurai. Sisirlah bulu ke arah atas dengan menggunakan kedua tangan. Batas antara bulu dan kulit akan mudah terlihat sehingga menyisir akar bulu pun tidak sulit.


Bila khawatir akan melukai kulit kucing, Anda bisa pilih sisir dengan ujung gigi membulat. Walaupun kemampuannya menghilangkan bulu kusut masih kalah dengan sisir bergigi kawat, sisir ini cenderung lebih aman.

Pilih yang mudah digunakan

Pilih yang mudah digunakan

Agar tidak membuat kucing stres, pilihlah sisir yang mudah digunakan. Bila sisir sulit digunakan, sesi brushing akan memakan waktu sehingga menyebabkan kucing menjadi enggan disisir. Ukuran atau dimensi sisir juga menjadi pertimbangan mudah tidaknya sisir tersebut digunakan. Karena itu, silakan pilih sisir dengan ukuran yang paling sesuai dengan kenyamanan Anda.


Penggunaan sisir ukuran terlalu besar pada anak kucing atau sebaliknya tidak akan efisien baik dari segi waktu maupun hasil grooming-nya. Pilih sisir yang nyaman di tangan Anda dan tidak membahayakan kucing Anda.

Pastikan kemampuan sisirnya efektif

Pastikan kemampuan sisirnya efektif

Pilihlah sisir yang membuat tampilan akhir bulu kucing Anda terlihat rapi dan cantik. Sisir yang tidak dapat membersihkan bulu rontok secara tuntas bukanlah sisir yang baik. Akan tetapi, sisir yang saking kuatnya sampai menghilangkan bulu yang sebenarnya tidak rontok juga kurang baik. Sisir yang efektif adalah sisir yang dapat menghilangkan bulu yang tidak diinginkan saja.

10 Rekomendasi sisir kucing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sisir kucing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Tito Suprayoga.

10
TipeUndercoat brush (dematting brush)
UkuranTidak disebutkan
Rekomendasi tipe buluLong hair/bulu panjang
9

HartzGROOMER'S BEST® Slicker Brush for Cats

3270012411

Mulai dari Rp 152.500,00

TipeSlicker brush
UkuranTidak disebutkan
Rekomendasi tipe buluSemua tipe bulu
8
TipePin brush, bristle brush
Ukuran17,5 cm x 6 cm
Rekomendasi tipe buluTidak disebutkan
7
TipeSlicker brush
Ukuran13 cm x 10 cm
Rekomendasi tipe buluTidak disebutkan
6

Sisir Anjing/Kucing Peliharaan Bahan Stainless Steel

Mulai dari Rp 9.999,00

TipeComb
Ukuran16 cm x 3 cm, 19 cm x 3 cm, 19 cm x 3,5 cm, 19 cm x 4 cm, 19 cm x 5 cm
Rekomendasi tipe buluTidak disebutkan
5
TipeKaret
Ukuran12,5 cm x 10,5 cm
Rekomendasi tipe buluTidak disebutkan
4
TipeMitt brush
UkuranSebesar tangan orang dewasa
Rekomendasi tipe buluTidak disebutkan
3
TipeComb
UkuranPanjang 14 cm
Rekomendasi tipe buluTidak disebutkan
2
TipeSlicker brush
Ukuran12,5 cm x 7,5 cm
Rekomendasi tipe buluTidak disebutkan
1
TipeKaret
Ukuran12 cm x 8,5 cm
Rekomendasi tipe buluTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk sisir kucing terbaik

Gambar produk
1
Sisir Bulu dan Pijat Grooming Karet 1

2
Sisir Grooming Tombol  1

3
Sisir Kutu Handle Kucing & Anjing 1

4
Sisir Silikon Sarung Tangan 1

5
Sikat Karet Mandi Anjing Kucing 1

6
Sisir Anjing/Kucing Peliharaan Bahan Stainless Steel 1

7
Sisir Grooming Kucing Anjing Slicker 1

8
Double Grooming Brush 1

9
Hartz GROOMER'S BEST® Slicker Brush for Cats 1

Hartz

10
Pakeway  Dematting Comb Pet  1

Pakeway

Nama produk

Sisir Bulu dan Pijat Grooming Karet

Sisir Grooming Tombol

Sisir Kutu Handle Kucing & Anjing

Sisir Silikon Sarung Tangan

Sikat Karet Mandi Anjing Kucing

Sisir Anjing/Kucing Peliharaan Bahan Stainless Steel

Sisir Grooming Kucing Anjing Slicker

Double Grooming Brush

GROOMER'S BEST® Slicker Brush for Cats

Dematting Comb Pet

Keunggulan

Sisir elastis dan lebar dengan warna-warni ceria

Dengan tombol pendorong, tak sulit lagi membersihkan bulu di sisir

Basmi kutu sampai ke telurnya!

Sesi brushing tanpa beban, tinggal elus!

Bisa untuk sisir dan sikat mandi, harganya pun sangat terjangkau!

Bahannya kuat dan awet digunakan dalam waktu lama

Gagangnya ergonomis, tangan tidak mudah pegal saat membabat habis hairball yang mengganggu

Dua tipe sisir dalam satu produk

Jaga kilau alami pada bulu kucing Anda!

Angkat bulu rontok tanpa merusak lapisan bulu atas

Harga mulai dariRp 6.000,00Rp 14.900,00Rp 8.000,00Rp 11.000,00Rp 4.900,00Rp 9.999,00Rp 21.000,00Rp 25.000,00Rp 152.500,00Rp 122.500,00
TipeKaretSlicker brushCombMitt brushKaretCombSlicker brushPin brush, bristle brushSlicker brushUndercoat brush (dematting brush)
Ukuran12 cm x 8,5 cm12,5 cm x 7,5 cmPanjang 14 cmSebesar tangan orang dewasa12,5 cm x 10,5 cm16 cm x 3 cm, 19 cm x 3 cm, 19 cm x 3,5 cm, 19 cm x 4 cm, 19 cm x 5 cm13 cm x 10 cm17,5 cm x 6 cmTidak disebutkanTidak disebutkan
Rekomendasi tipe buluTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanSemua tipe buluLong hair/bulu panjang
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar sisir kucing

Pertanyaan umum seputar sisir kucing

Beberapa dari Anda mungkin masih bertanya-tanya mengenai bagaimana menyisir bulu kucing yang benar, perlu dilakukan berapa kali, dan sebagainya. Maka dari itu, kami juga sudah merangkumkan beberapa penjelasan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum seputar sisir kucing. Silakan simak penjelasannya berikut ini. 

Bagaimana menyisir bulu kucing yang benar?

Sisirlah kucing dengan lembut dan berhati-hati agar tidak mengenai tulangnya saat menyisir. Selain itu, arah gerakan sisir juga penting untuk diperhatikan. Sebaiknya, sisirlah kucing Anda secara perlahan mulai dari kepala, lalu turun ke arah ekor. Kemudian, pastikan juga Anda menyisir kucing Anda searah dengan pertumbuhan bulunya


Sebenarnya, kucing dapat membersihkan bulunya sendiri, tetapi tidak dapat menjangkau bulu di bagian belakang leher, bawah dagu, dan kepala. Karena itu, sebaiknya Anda membantu kucing membersihkan bagian tersebut dengan menyisirnya.


Jika terbiasa menyisir, Anda akan mudah mengenali kelainan atau penyakit pada kulit kucing. Lalu, kucing senior biasanya lebih kurus dan punggungnya kaku. Selalu perhatikan kondisi kucing ketika menyisir.

Perlu berapa kali menyisir bulu kucing?

Pemeliharaan dan perawatan kucing berbulu panjang memang lebih intensif. Kucing berbulu panjang rawan mengalami permasalahan kulit akibat bulu yang tebal. Bulu yang tebal menyebabkan kelembapan kulit meningkat. Hal ini sangat ideal untuk perkembangan berbagai macam penyakit. Sering sekali owner tidak menyadari karena tertutup oleh bulu yang tebal tersebut.


Oleh karena itu, ketika Anda memutuskan untuk mengadopsi kucing berbulu panjang, Anda harus berkomitmen untuk rajin merawat bulunya. Anda harus meluangkan waktu setiap hari untuk menyisir rambut mereka untuk menghindari terbentuknya gimbal. Selain itu, kulit kucing juga menjadi lembap karena aktivitas self-grooming mereka.


Frekuensi menyisir yang ideal bagi kucing ras long hair adalah setiap hari. Sementara itu, untuk kucing ras short hair adalah seminggu sekali. Brushing (menyisir bulu) adalah perawatan yang tak kalah penting dari memberi makan dan minum, terutama untuk kucing long hair. Bila tidak rajin disisir, bulu kusut akan menjadi gimbal dan dapat menyebabkan masalah kulit, lho.


Untuk ras short hair yang sedang dalam masa shedding, ada baiknya untuk disisir setiap hari. Apabila sulit untuk brushing setiap hari, paling tidak, sisirlah kucing short hair Anda seminggu sekali, ya. 

Apakah hair dryer aman untuk kucing?

Ya, hair dryer aman untuk mengeringkan bulu kucing. Namun, pastikan Anda memilih hair dryer yang tidak terlalu bising agar tidak mengganggu pendengaran kucing. Selain itu, hindari menggunakan hair dryer dengan jarak yang terlalu dekat dengan si kucing. Anda juga bisa memanfaatkan handuk terlebih dahulu sebelum memakai hair dryer untuk membuat bulu kucing Anda setengah kering.


Penggunaan hair dryer sangat membantu mengeringkan bulu kucing dengan merata dan cepat. Anda bisa mulai dari kaki terlebih dahulu, kemudian naik ke badan dan kepala. Bulu kucing yang tidak dikeringkan dengan benar dapat berpotensi menjadi lembap dan membuat jamur berkembang di kulitnya. Selain itu, kucing bisa kedinginan, bahkan mengalami flu apabila bulu-bulunya tidak segera dikeringkan dengan benar. 

Baca juga rekomendasi produk perawatan kucing lainnya di sini

Supaya bulu kucing Anda makin rapi, sehat, dan berkilau, tentu sisir kucing saja belum cukup. Sampo, makanan, dan faktor lainnya juga berpengaruh pada kesehatan bulu kucing Anda, lho. Kami memiliki beberapa produk rekomendasi artikel lainnya di bawah ini. Langsung cek saja, yuk!

Kesimpulan

Merawat bulu kucing dengan brushing agar tetap bersih dan sehat adalah hal yang wajib. Namun, supaya tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan, pilihlah tipe sisir yang sesuai dengan bulu kucing Anda. 


Selama proses brushing, kenyamanan dan kondisi kucing Anda patut diproritaskan. Dengan begitu, kucing pun akan senang disisir oleh Anda. Nah, semoga artikel ini dapat membantu dan menjadi referensi bagi Anda dalam mencari sisir kucing!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sikat Gigi Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sikat Gigi Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Agar kucing terbebas dari masalah gigi dan mulut, sikat gigi kucing adalah alat grooming yang tidak boleh Anda lupakan. Selain membuat gigi bersih, menyikat gigi kucing secara teratur juga akan membuat nafas kucing tidak berbau.Kali ini kami akan membahas cara memilih sikat gigi kucing yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kucing Anda. Sepuluh produk terbaik, seperti merek Bioline, Artero, dan Hartz juga akan kami perkenalkan di akhir artikel. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Simak sampai akhir, ya!
    Grooming hewan
  • 10 Gunting Kuku Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gunting Kuku Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Berkat tingkahnya yang lucu, kucing menjadi binatang piaraan favorit banyak orang. Namun, furnitur di rumah Anda bisa saja rusak karena dicakari olehnya. Supaya hal itu tidak terjadi, Anda harus memiliki gunting khusus untuk memangkas kuku kucing yang panjang.Kami akan memperkenalkan produk gunting kuku kucing yang bagus, seperti merek Hartz dan Mijia. Tips memilih produk sesuai kebutuhan Anda dan kucing Anda juga akan kami bahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Temukan produk terbaik yang akan membuat sesi trimming lebih mudah!
    Grooming hewan
  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merek banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merek tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan penambah nafsu makan. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin kucing merek apa yang bagus?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda. Kali ini kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, dan VITA-GEL. Jangan lupa, baca juga komentar dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, di artikel ini!
    Perawatan kucing
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Snack kucing merupakan makanan ringan yang dikonsumsi di sela makanan utama. Seperti halnya makanan utama, snack juga mengandung nutrisi penunjang kesehatan untuk kitten dan kucing dewasa. Di samping itu, pemberian snack kucing yang bagus bisa menjadi selingan agar anabul tidak bosan dengan makanan utamanya.Kali ini kami akan memberi tips memilih snack kucing terbaik untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari berbagai merek. Snack kering Friskies dan Me-O Creamy Treats pastinya ada. Artikel ini merupakan hasil kolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Simak sampai habis, ya!
    Makanan hewan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori