• 10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Akrilik merupakan jenis plastik transparan yang mirip seperti kaca. Sifatnya yang kuat dan ringan menjadikan akrilik banyak digunakan sebagai bahan peralatan rumah tangga, seperti tempat kosmetik, meja, dan pajangan. Akrilik tidak bisa dilekatkan begitu saja. Anda membutuhkan lem khusus yang mampu menyatukannya.


Terdapat berbagai macam lem untuk akrilik, di antaranya tipe khusus untuk akrilik saja dan tipe dual-purpose. Mereknya pun beragam, contohnya Dextone dan Gorilla. Kali ini kami akan membahas ciri-ciri lem akrilik yang paling pas untuk Anda. Dengan lem yang tepat, buatlah kreasi akrilik orisinal Anda!

  • Pembaharuan terakhir: 04 Maret 2020
  • 10.315 Views
Daftar isi

Apa keunggulan lem akrilik dibandingkan lem lain?

Berbeda dengan lem lain, alih-alih menempelkan, lem akrilik menyatukan benda seperti dilas (welding). Lem ini melarutkan bahan akrilik dan menyatukannya dengan zat yang disebut dichloromethane atau methylene chloride. Proses welding membuat bahan menyatu sehingga daya rekatnya lebih kuat dibandingkan lem biasa. Maka dari itu, lem akrilik direkomendasikan untuk menempelkan bahan akrilik dengan kukuh.

Cara memilih lem akrilik

Benda yang ingin Anda tempel akan memengaruhi tipe lem akrilik yang sebaiknya dipilih. Jangan sampai salah beli, ya. Simak penjelasannya di sini!

Pilih tipe lem yang sesuai dengan tujuan penggunaan

Terdapat tiga tipe lem yang bisa digunakan untuk akrilik, yaitu tipe khusus akrilik, dual purpose, dan multi-purpose. Dual purpose bisa merekatkan akrilik sekaligus jenis plastik lain. Sedangkan, lem kuat (power glue) multi-purpose mampu melekatkan akrilik dengan bahan lain. Cek penjelasan masing-masing tipenya di bawah ini!

Tipe khusus akrilik sesuai untuk menyatukan sesama bahan akrilik

Tipe khusus akrilik sesuai untuk menyatukan sesama bahan akrilik

Bila Anda ingin menyatukan dua benda yang terbuat dari akrilik, gunakanlah lem tipe khusus akrilik. Kandungan utamanya adalah dichloromethane yang mampu meleburkan bahan akrilik. Dengan begitu, bahan akrilik akan menyatu lebih solid. Semua merek lem akrilik berbahan sama. Jadi, Anda bisa pilih berdasarkan volume atau kemudahan penggunaannya saja.

Tipe dual-purpose untuk melekatkan bahan selain akrilik

Tipe dual-purpose untuk melekatkan bahan selain akrilik

Lem akrilik tipe ini mampu menyatukan akrilik sekaligus bahan plastik lain yang dapat larut dalam pelarut organik. Berbeda dengan lem tipe khusus akrilik, lem ini mengandung zat pelarut organik tersebut sehingga efektif untuk beberapa jenis plastik. Terdapat juga tipe khusus untuk PVC (polyvinyl chloride) dan resin ABS (acrylonitrile butadiene styrene) yang bisa Anda coba bila sering menggunakan bahan selain akrilik.


Namun, saat membeli lewat internet, lem tipe khusus akrilik dan tipe dual-purpose terlihat mirip. Jadi, Anda harus lebih teliti membaca keterangan pada produknya, ya!

Tipe multi-purpose mampu merekatkan beragam material

Tipe multi-purpose mampu merekatkan beragam material

Lem akrilik biasa tidak bisa digunakan untuk bahan selain akrilik dan plastik. Bahan seperti metal, karet, dan kulit tidak akan menyatu meski dilekatkan menggunakan lem akrilik. Karena itu, bila Anda hendak melekatkan akrilik dengan bahan lain, pakailah lem kuat serbaguna yang juga bisa digunakan untuk akrilik.


Hal yang perlu diingat adalah walaupun lem ini mampu menyatukan banyak bahan, tetap ada pengecualian. Selain itu, berhati-hatilah untuk tidak menggunakannya berlebihan karena lem dapat memutih seiring berjalannya waktu.

Lebih praktis bila aplikatornya mudah digunakan

Lem akrilik cair dengan daya lekat rendah diaplikasikan dengan menggunakan aplikator seperti jarum suntik (injector). Pilihlah jarum yang tidak terlalu tebal karena jarum yang tebal membuat lem keluar dalam jumlah banyak sekaligus. Hal itu akan mempersulit Anda dalam menyesuaikannya ketika proses pengeleman.


Biasanya, ketebalan jarum tidak ditulis pada kemasan produk. Solusinya, Anda bisa memeriksa ulasan pembeli untuk mengetahui apakah injector-nya mudah dipakai. Cara lainnya adalah dengan membeli injector yang dijual terpisah dari produk lem.

Beli lem akrilik kemasan kecil untuk pengguna pemula

Beli lem akrilik kemasan kecil untuk pengguna pemula

Kandungan dichloromethane pada lem akrilik mampu menyatukan bahan aklirik. Zat tersebut dikenal juga dengan nama methylene chloride. Lem tipe khusus akrilik terbuat dari bahan-bahan yang sama. Jadi, Anda bisa memilih berdasarkan jumlah yang dibutuhkan.


Untuk pengguna pemula yang tidak sering menggunakan lem akrilik, belilah produk dalam kemasan kecil. Setelah terbiasa dan frekuensi pemakaian meningkat, Anda bisa membeli kemasan yang lebih besar. Lalu, dichloromethane sangat efektif daya rekatnya sehingga berbahaya bila tutupnya dibiarkan terbuka. Berhati-hatilah dalam pemakaiannya, jangan sampai lem tumpah dan mengenai barang-barang di sekitarnya.

Apa bedanya lem akrilik dan lem resin akrilik?

Meski namanya mirip, lem akrilik berbeda dengan lem resin akrilik. Jadi, berhati-hatilah ketika membeli, terutama jika Anda berbelanja online. Di internet, Anda hanya bisa melihat barangnya lewat foto sehingga rawan membeli produk yang salah.


Pada dasarnya, lem akrilik digunakan untuk menyatukan papan akrilik dengan hasil seperti dilas. Sedangkan, lem resin akrilik adalah lem yang melelehkan bahan resin akrilik. Lem resin akrilik juga digunakan untuk menyatukan berbagai plastik dan metal. Belilah lem akrilik jika bahan yang ingin Anda satukan adalah akrilik.

10 Rekomendasi lem akrilik terbaik

Selanjutnya, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk lem akrilik terbaik yang bisa Anda beli secara online. Baca terus sampai akhir, ya!

10
Neto4 gram
BahanTidak disebutkan
Digunakan untukPlastik, kayu, keramik, metal, kaca
TipeMulti-purpose
9
Neto2.0 fl oz (59,1 ml)
BahanTidak disebutkan
Digunakan untukPlastik, kain, metal, kayu, kaca, keramik, kulit, semen, vinil, kaleng
TipeMulti purpose (lem kuat)
8
Neto20 gram
BahanCyanoacrylate adhesive
Digunakan untukPlastik, kayu, metal, keramik, karet, kulit, kertas
TipeMulti-purpose (lem kuat)
7
Neto50 ml
BahanMethacrylate ester acrylic liquid
Digunakan untukAkrilik, metal, stainless steel
TipeMulti purpose
6
Neto150 ml
BahanTidak disebutkan
Digunakan untukAkrilik
TipeKhusus akrilik
5
Neto48 gram
BahanTidak disebutkan
Digunakan untukPlastik, kaca, akrilik, porselen, keramik
TipeMulti purpose (epoxy)
4
Neto25 ml
BahanTidak disebutkan
Digunakan untukBaja, aluminium, kaca, kayu, keramik, berbagai plastik, ubin
TipeMulti purpose (epoxy)
3
Neto70 ml
BahanTidak disebutkan
Digunakan untukAkrilik
TipeKhusus akrilik
2
Neto180 ml
BahanTidak disebutkan
Digunakan untukAkrilik
TipeKhusus akrilik
1
Neto250 ml
BahanPolyacrylic
Digunakan untukAkrilik, polycarbonat (pc) sheet, polystryrene glass sheet
TipeDual purpose

Tabel perbandingan produk lem akrilik terbaik

Gambar produk
1
Sugison Plastics Lem POLYACRYL 1

Sugison Plastics

2
Indobond Acrylic Glue 1

Indobond

3
Crystal Glue Lem Akrilik 1

Crystal Glue

4
Gorilla Epoxy 1

Gorilla

5
Dextone Epoxy 5 Menit 1

Dextone

6
Hammer Lem Acrylic 1

Hammer

7
Loctite Retaining Compound 1

Loctite

8
Gorilla Super Glue Gel 1

Gorilla

9
Eclectic E6000 Craft 1

Eclectic

10
Ontel 5 Second Fix 1

Ontel

Nama produk

Lem POLYACRYL

Acrylic Glue

Lem Akrilik

Epoxy

Epoxy 5 Menit

Lem Acrylic

Retaining Compound

Super Glue Gel

E6000 Craft

5 Second Fix

KeunggulanGabungkan bermacam tipe pla...Kualitas terpercaya selama ...Komplet dengan tiga pilihan...Lem tahan air untuk perabot...Perbaiki kerusakan hanya da...Cairan lem tetap bening set...Antilonggar setelah melekatLekatkan panel akrilik Anda...Berkreasi lebih bebas denga...Merekatkan dengan bantuan s...
HargaRp 125.000,00Rp 50.000,00Rp 25.000,00Rp 111.000,00Rp 22.000,00Rp 33.000,00Rp 200.000,00Rp 145.000,00Rp 45.000,00Rp 19.000,00
Neto250 ml180 ml70 ml25 ml48 gram150 ml50 ml20 gram2.0 fl oz (59,1 ml)4 gram
BahanPolyacrylicTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanMethacrylate ester acrylic liquidCyanoacrylate adhesiveTidak disebutkanTidak disebutkan
Digunakan untukAkrilik, polycarbonat (pc) sheet, polystryrene glass sheetAkrilikAkrilikBaja, aluminium, kaca, kayu, keramik, berbagai plastik, ubinPlastik, kaca, akrilik, porselen, keramikAkrilikAkrilik, metal, stainless steelPlastik, kayu, metal, keramik, karet, kulit, kertasPlastik, kain, metal, kayu, kaca, keramik, kulit, semen, vinil, kalengPlastik, kayu, keramik, metal, kaca
TipeDual purposeKhusus akrilikKhusus akrilikMulti purpose (epoxy)Multi purpose (epoxy)Khusus akrilikMulti purposeMulti-purpose (lem kuat)Multi purpose (lem kuat)Multi-purpose
Tautan produk

Tips menyatukan bahan akrilik dengan baik

Tanpa latihan, cukup sulit untuk mengelem bahan akrilik dengan hasil akhir yang rapi. Berikut beberapa tips yang dapat membantu proses pengeleman.

Poles permukaan yang ingin dilem agar finishing lebih rapi

Poles permukaan yang ingin dilem agar finishing lebih rapi

Ketika mengelem pelat akrilik, gelembung udara akan masuk pada permukaan yang tidak rata dan simetris. Gelembung tersebut akan membuat hasil akhir kurang rapi. Karena itu, pastikan permukaan akrilik rata, terutama bila Anda memotongnya sendiri. Anda juga bisa menggosok permukaannya dengan spons abrasif supaya lebih yakin dengan hasilnya.

Bagaimana bila lem berubah warna menjadi putih?

Bagaimana bila lem berubah warna menjadi putih?

Kalau Anda mengelem akrilik dengan power glue atau lem kuat, bisa jadi lama kelamaan lem akan memutih. Hal ini terjadi ketika lem diaplikasikan berlebihan dan melebar melewati area yang hendak dilem. Kemudian, lem akan mengeras dan menguap karena bereaksi terhadap kelembapan udara. Hasilnya, warna lem berubah menjadi putih kelabu akibat membiaskan cahaya.


Untuk mencegahnya, janganlah mengaplikasikan lem kuat terlalu banyak agar lem tidak menguap. Jika sudah terlanjur memutih, solusinya adalah dengan mengampelas. Dengan begitu, warna transparan akan kembali. 

Bisakah akrilik yang telah menyatu dilepas lagi?

Saat salah mengelem, barangkali Anda ingin melepas lagi pelat akrilik yang telah disatukan menggunakan lem akrilik. Sayangnya, pelat tidak bisa kembali seperti kondisi semula karena telah melebur dan menyatu. Solusinya, pelat akrilik harus dipotong. Proses ini cukup sulit dan memakan energi.


Maka dari itu, pastikan tidak ada masalah pada akrilik sebelum disatukan. Sebab, Anda tidak bisa melepasnya lagi jika telah tersambung.

Baca juga rekomendasi berbagai jenis lem lainnya di sini!

Yakin lem akrilik saja yang Anda butuhkan saat ini? Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya menyediakan berbagai jenis lem lainnya di rumah. Yuk, mengenal berbagai jenis lem beserta produk-produk berkualitasnya dalam artikel-artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana produk lem akrilik terbaik rekomendasi pilihan kami? Apakah kebingungan Anda sedikit berkurang?


Merek lem akrilik yang dijual di pasaran Indonesia jumlahnya tidak terlalu banyak. Maka dari itu, Anda bisa juga memakai lem kuat sebagai alternatifnya. Jangan lupa untuk selalu memeriksa bahan yang kompatibel untuk lemnya, ya. Semoga karya dari akrilik Anda semakin apik! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bor listrik saat ini bukanlah merupakan perkakas khusus untuk tukang saja. Mesin bor merupakan alat yang sangat berguna untuk memasang lukisan, pigura, atau dekorasi lain di rumah Anda. Alat ini juga penting bagi Anda yang suka mengerjakan kerajinan tangan atau proyek Do It Yourself (DIY).Ada berbagai merek bor listrik di pasaran: Bosch, Makita, Black & Decker, dan banyak lainnya. Ada bor listrik untuk profesional dan ada juga untuk pemula. Artikel ini akan sangat berguna bagi Anda untuk memilih bor listrik. Selain itu, kami juga memberi 10 rekomendasi bor listrik terbaik untuk Anda. Mari disimak!
    DIY & tools
    88.692 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    Lem untuk logam digunakan untuk merekatkan benda yang terbuat dari logam. Bila Anda menggunakan lem lain, logam mungkin dapat melekat, tetapi mungkin kurang kuat dibanding memakai lem logam. Pada saat membeli, Anda mungkin bingung memilih di antara banyaknya merek. Masing-masing produk memiliki karakteristik tersendiri, misalnya tahan panas, tahan air, dan tahan guncangan.Melalui artikel ini, kami akan membahas mengenai cara memilih lem untuk logam dan juga memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih. Merek yang sudah populer seperti Aica-Aibon, UHU, Loctite, dan Dextone pun ada, lho. Selamat membaca!
    DIY & tools
    67.411 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika Anda menyekrup bagian yang tebal saat merangkai produk furnitur, Anda akan kesulitan melakukannya bila hanya menggunakan obeng. Pada saat itulah sebaiknya Anda gunakan mesin bor beton atau biasa disebut impact drill. Banyaknya merek impact drill seperti Makita, Bosch, Hitachi, atau DeWALT di pasaran bisa saja membuat Anda bingung memilih.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi mesin bor beton terbaik. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda satu sama lain. Kami harap Anda dapat menemukan mesin bor beton yang akan membantu pekerjaan Anda melalui artikel ini. Selamat membaca!
    DIY & tools
    38.188 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lem kuat atau lem super dapat melekatkan berbagai permukaan benda dengan erat. Lem ini adalah sahabat bagi Anda yang gemar membuat kerajinan tangan DIY (do-it-yourself) atau sekadar untuk memperbaiki bagian barang. Namun, terdapat banyak merek dan tipe lem kuat di pasaran. Tahukah Anda produk seperti apa yang berkualitas?Kami telah mengumpulkan informasi mengenai lem kuat dengan performa baik dan ramah di kantong. Kami juga akan memaparkan tips menggunakannya. Terdapat berbagai merek, seperti UHU dan Aica-Aibon. Temukan produk yang paling pas dengan tujuan penggunaan Anda!
    DIY & tools
    13.246 Views
  • 10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Impact wrench atau pembuka baut digunakan untuk mengencangkan mur dan baut serta untuk mengganti roda. Anda akan menemukan impact wrench keluaran Bosch, Hitachi, Stanley, dan sebagainya yang berbeda spesifikasi dan harga. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi impact wrench terbaik.Sebenarnya ada juga impact wrench yang dapat Anda hubungkan dengan kompresor. Namun, kali ini kami akan membatasi hanya pada tipe pembuka baut elektrik saja. Tidak ada salahnya Anda membeli impact wrench karena alat ini akan sangat memudahkan pekerjaan Anda, lho!
    DIY & tools
    23.709 Views
  • 10 Rekomendasi Glue Gun Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Glue Gun Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Glue gun atau kadang disebut juga sebagai lem tembak sangat bermanfaat untuk Anda gunakan ketika mengerjakan baik kegiatan pertukangan maupun kerajinan tangan. Tangan yang tak perlu berlepotan lem membuat glue gun yang praktis ini semakin populer dari hari ke hari.Namun, Anda akan menemukan berbagai merek glue gun, seperti Stanley, Bosch, Mollar, dan sebagainya sehingga Anda bisa bingung untuk memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi glue gun terbaik. Anda akan menemukan berbagai glue gun berkualitas dalam daftar rekomendasi ini. Selamat membaca!
    DIY & tools
    8.065 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori