• 10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Akrilik merupakan jenis plastik transparan yang mirip seperti kaca, tetapi sifatnya kuat dan ringan. Karena sifatnya tersebut, akrilik banyak digunakan sebagai bahan peralatan rumah tangga, seperti tempat kosmetik, aquarium, dan pajangan. Akrilik tidak bisa dilekatkan begitu saja. Anda membutuhkan lem khusus yang mampu menyatukannya.

Terdapat berbagai macam lem untuk akrilik, di antaranya tipe khusus untuk akrilik saja dan tipe dual-purpose. Mereknya pun beragam, contohnya Dextone dan Gorilla. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas lem akrilik terbaik untuk Anda. Dengan lem yang bagus, buatlah kreasi akrilik orisinal Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Keunggulan lem akrilik dibandingkan lem lain

Keunggulan lem akrilik dibandingkan lem lain

Berbeda dengan lem lain, alih-alih menempelkan, lem akrilik menyatukan benda seperti dilas (welding). Lem ini melarutkan bahan akrilik dan menyatukannya dengan zat yang disebut dichloromethane atau methylene chloride


Proses welding membuat bahan menyatu sehingga daya rekatnya lebih kuat dibandingkan lem biasa. Maka dari itu, lem akrilik direkomendasikan untuk menempelkan bahan akrilik dengan kokoh.

Cara memilih lem akrilik

Benda yang ingin Anda tempel akan memengaruhi tipe lem akrilik yang sebaiknya dipilih. Jangan sampai salah beli, ya. Simak penjelasannya di sini!

Pilih tipe lem yang sesuai dengan tujuan penggunaan

Terdapat tiga tipe lem yang bisa digunakan untuk akrilik, yaitu tipe khusus akrilik, dual purpose, dan multi-purpose. Cek penjelasan masing-masing tipenya di bawah ini!

Tipe khusus akrilik: Menyatukan sesama bahan akrilik

Tipe khusus akrilik: Menyatukan sesama bahan akrilik

Bila Anda ingin menyatukan dua benda yang terbuat dari akrilik, gunakanlah lem tipe khusus akrilik. Kandungan utamanya adalah dichloromethane yang mampu meleburkan bahan akrilik. Dengan begitu, bahan akrilik akan menyatu lebih solid. Semua merek lem akrilik berbahan sama. Jadi, Anda bisa pilih berdasarkan volume atau kemudahan penggunaannya saja.

Tipe dual-purpose: Melekatkan bahan selain akrilik

Tipe dual-purpose: Melekatkan bahan selain akrilik

Lem akrilik tipe dual-purpose mampu menyatukan akrilik sekaligus bahan plastik lain yang dapat larut dalam pelarut organik. Berbeda dengan lem tipe khusus akrilik, lem ini mengandung zat pelarut organik tersebut sehingga efektif untuk beberapa jenis plastik


Terdapat juga lem akrilik untuk PVC (polyvinyl chloride) dan resin ABS (acrylonitrile butadiene styrene). Lem tersebut bisa Anda coba bila sering menggunakan bahan selain akrilik. Namun, saat membeli lewat internet, lem tipe khusus akrilik dan tipe dual-purpose terlihat mirip. Jadi, Anda harus lebih teliti membaca keterangan pada produknya, ya!

Tipe multi-purpose: Merekatkan beragam material

Tipe multi-purpose: Merekatkan beragam material

Lem akrilik biasa tidak bisa digunakan untuk bahan selain akrilik dan plastik. Bahan seperti metal, karet, dan kulit tidak akan menyatu meski dilekatkan menggunakan lem akrilik. Karena itu, bila Anda hendak melekatkan akrilik dengan bahan lain, pakailah lem kuat serbaguna yang juga bisa digunakan untuk akrilik.


Perlu diingat, walaupun lem ini mampu menyatukan banyak bahan, tetap ada pengecualian. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakannya secara berlebihan karena lem dapat memutih seiring berjalannya waktu.

Utamakan yang aplikatornya mudah digunakan

Utamakan yang aplikatornya mudah digunakan

Lem akrilik cair berdaya rekat rendah diaplikasikan dengan menggunakan aplikator yang bentuknya meruncing ataupun seperti jarum suntik (injector). Pilihlah injector yang tidak terlalu tebal agar lem tidak keluar dalam jumlah banyak sekaligus. Hal itu akan mempersulit Anda dalam menyesuaikannya ketika proses pengeleman.


Biasanya, ketebalan injector tidak ditulis pada kemasan produk. Solusinya, Anda bisa memeriksa ulasan pembeli untuk mengetahui apakah injector-nya mudah dipakai. Cara lainnya adalah dengan membeli injector yang dijual terpisah dari produk lem.

Beli lem akrilik kemasan kecil untuk pengguna pemula

Beli lem akrilik kemasan kecil untuk pengguna pemula

Kandungan dichloromethane pada lem akrilik mampu menyatukan bahan aklirik. Zat tersebut dikenal juga dengan nama methylene chloride. Lem tipe khusus akrilik terbuat dari bahan-bahan yang sama. Jadi, Anda bisa memilih berdasarkan jumlah yang dibutuhkan.


Untuk pengguna pemula yang tidak sering menggunakan lem akrilik, belilah produk dalam kemasan kecil. Setelah terbiasa dan frekuensi pemakaian meningkat, Anda bisa membeli kemasan yang lebih besar. Lalu, dichloromethane sangat efektif daya rekatnya sehingga berbahaya bila tutupnya dibiarkan terbuka. Berhati-hatilah dalam pemakaiannya, jangan sampai lem tumpah dan mengenai barang di sekitarnya.

Ketahui perbedaan lem akrilik dan lem resin akrilik

Ketahui perbedaan lem akrilik dan lem resin akrilik

Meski namanya mirip, lem akrilik berbeda dengan lem resin akrilik. Jadi, berhati-hatilah ketika membeli, terutama jika Anda berbelanja online. Di internet, Anda hanya bisa melihat barangnya lewat foto sehingga rawan membeli produk yang salah.


Pada dasarnya, lem akrilik digunakan untuk menyatukan papan akrilik dengan hasil seperti dilas. Sementara itu, lem resin akrilik adalah lem yang melelehkan bahan resin akrilik. Lem resin akrilik juga digunakan untuk menyatukan berbagai plastik dan metal. Belilah lem akrilik jika bahan yang ingin Anda satukan adalah akrilik.

10 Rekomendasi lem akrilik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lem akrilik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Neto70 ml, 180 ml, 380 ml, 1000 ml, 5000 ml
BahanTidak disebutkan
Penggunaan yang sesuaiAkrilik
TipeKhusus akrilik
9
Neto3 gram, 15 gram, 20 gram
BahanCyanoacrylate adhesive
Penggunaan yang sesuaiPlastik, kayu, metal, keramik, karet, kulit, kertas
TipeMulti-purpose
8
Neto150 ml, 500 ml
BahanTidak disebutkan
Penggunaan yang sesuaiAkrilik
TipeKhusus akrilik
7
Neto4 gram
BahanTidak disebutkan
Penggunaan yang sesuaiPlastik, kayu, keramik, metal, kaca
TipeMulti-purpose
6
Neto150 ml, 250 ml, 1000 ml
BahanPolyacrylic
Penggunaan yang sesuaiAkrilik, polycarbonat (pc) sheet, polystryrene glass sheet
TipeDual purpose
5
Neto9 ml, 30 ml, 110 ml
BahanTidak disebutkan
Penggunaan yang sesuaiPlastik, kain, metal, kayu, kaca, keramik, kulit, semen, vinil, kaleng
TipeMulti purpose
4
Neto70 ml, 150 ml
BahanTidak disebutkan
Penggunaan yang sesuaiAkrilik
TipeKhusus akrilik
3
Neto15 ml
BahanTidak disebutkan
Penggunaan yang sesuaiLogam, kayu, kaca,karet, fiber glass, plastik, dan rhinestone
TipeMulti purpose
2
Neto10 gram
BahanCyanoacrylate adhesive
Penggunaan yang sesuaiKulit, besi, kain, kayu, mika, plastik, karet, logam, keramik
TipeMulti purpose
1
Neto12 gram, 48 gram
BahanTidak disebutkan
Penggunaan yang sesuaiPlastik, kaca, akrilik, porselen, keramik
TipeMulti purpose (epoxy)

Tabel perbandingan produk lem akrilik terbaik

Gambar produk
1
Dextone Epoxy 5 Menit 1

Dextone

2
Meteor Cyanoacrylate Adhesive 1

Meteor

3
Zhanlida T7000 1

Zhanlida

4
Crystal Glue Lem Akrilik 1

Crystal Glue

5
Eclectic E6000 Craft 1

Eclectic

6
Sugison Plastics Lem POLYACRYL 1

Sugison Plastics

7
Ontel 5 Second Fix 1

Ontel

8
Hammer Lem Acrylic 1

Hammer

9
Gorilla Super Glue Gel 1

Gorilla

10
Indobond Acrylic Glue 1

Indobond

Nama produk

Epoxy 5 Menit

Cyanoacrylate Adhesive

T7000

Lem Akrilik

E6000 Craft

Lem POLYACRYL

5 Second Fix

Lem Acrylic

Super Glue Gel

Acrylic Glue

Keunggulan

Perbaiki kerusakan hanya dalam 5 menit!

Lem mungil serbaguna dan cepat kering

Ramah lingkungan tanpa bau menyengat

Komplet dengan tiga pilihan tipe lem

Berkreasi lebih bebas dengan lem yang bisa dicat

Gabungkan bermacam tipe plastik sekaligus!

Unik! Merekatkan dengan bantuan sinar UV khusus

Cairan lem tetap bening setelah kering

Lekatkan panel akrilik Anda dengan berbagai material!

Kualitas tepercaya selama 23 tahun!

Harga mulai dariRp 6.900,00Rp 2.780,00Rp 6.800,00Rp 25.000,00Rp 25.000,00Rp 72.000,00Rp 14.000,00Rp 32.000,00Rp 49.900,00Rp 20.000,00
Neto12 gram, 48 gram10 gram15 ml70 ml, 150 ml9 ml, 30 ml, 110 ml150 ml, 250 ml, 1000 ml4 gram150 ml, 500 ml3 gram, 15 gram, 20 gram70 ml, 180 ml, 380 ml, 1000 ml, 5000 ml
BahanTidak disebutkanCyanoacrylate adhesiveTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanPolyacrylicTidak disebutkanTidak disebutkanCyanoacrylate adhesiveTidak disebutkan
Penggunaan yang sesuaiPlastik, kaca, akrilik, porselen, keramikKulit, besi, kain, kayu, mika, plastik, karet, logam, keramikLogam, kayu, kaca,karet, fiber glass, plastik, dan rhinestoneAkrilikPlastik, kain, metal, kayu, kaca, keramik, kulit, semen, vinil, kalengAkrilik, polycarbonat (pc) sheet, polystryrene glass sheetPlastik, kayu, keramik, metal, kacaAkrilikPlastik, kayu, metal, keramik, karet, kulit, kertasAkrilik
TipeMulti purpose (epoxy)Multi purposeMulti purposeKhusus akrilikMulti purposeDual purposeMulti-purposeKhusus akrilikMulti-purposeKhusus akrilik
Tautan produk

Pertanyaan seputar lem akrilik

Pertanyaan seputar lem akrilik

Apakah Anda masih penasaran dengan lem akrilik? Selain membahas cara memilih dan memberikan rekomendasi produknya, kami juga menjawab pertanyaan populer seputar lem akrilik. Yuk, simak pertanyaan dan jawabannya di bawah ini!

Apakah lem akrilik tahan air?

Lem akrilik biasanya tahan air atau waterproof. Selain waterproof, lem akrilik juga memiliki formula tahan terhadap cuaca, alias weatherproof. Lem akrilik yang memiliki formula tersebut bisa Anda gunakan untuk kebutuhan di dalam dan di luar ruangan.

Bagaimana bila lem berubah warna menjadi putih?

Lem berisiko berubah warna menjadi putih jika Anda mengelem akrilik menggunakan power glue atau lem kuat. Hal ini terjadi ketika Anda mengaplikasikan lem secara berlebihan hingga melebar melewati area yang hendak dilem. Untuk mencegahnya, jangan mengaplikasikan lem kuat terlalu banyak. Jika telanjur memutih, ampelaslah agar warnanya bisa kembali transparan.

Bisakah akrilik yang telah menyatu dilepas lagi?

Pelat akrilik yang sudah disatukan menggunakan lem khusus akrilik tidak bisa dilepas kembali. Hal ini karena pelat sudah melebur dan tersambung sempurna. Solusi satu-satunya adalah dengan cara memotongnya. Namun, proses ini cukup sulit dan memakan energi. Maka dari itu, pastikan tidak ada masalah pada akrilik sebelum disatukan.

Tips menyatukan bahan akrilik dengan baik

Tips menyatukan bahan akrilik dengan baik

Tanpa latihan, cukup sulit untuk mengelem bahan akrilik dengan hasil akhir yang rapi. Simak tips berikut ini agar proses pengeleman menjadi lebih mudah!


  • Pastikan tepian akrilik rata

Periksa tepian akrilik yang akan Anda satukan. Pastikan tepian dalam keadaan rata dan tidak memiliki tonjolan. Tidak seperti lem pada umumnya, lem akrilik melunakkan akrilik dan mengikat kedua potongan secara kimiawi. Untuk itu, permukaan akrilik yang akan direkatkan harus serata mungkin.


  • Poles permukaan akrilik yang akan dilem

Ketika mengelem pelat berbahan akrilik, gelembung udara akan masuk pada permukaan yang tidak rata dan simetris. Gelembung tersebut akan membuat hasil akhir kurang rapi. Maka dari itu, poleslah permukaan akrilik yang akan Anda lem. Anda bisa menggosok permukaannya dengan spons abrasif.


  • Bersihkan akrilik dengan alkohol isopropil

Pastikan permukaan akrilik yang akan direkatkan terbebas dari kotoran. Setelah menghaluskan permukaan akrilik, usap dengan kain yang dilembapkan dengan alkohol isopropil. Langkah ini akan menjamin permukaan akrilik bersih dari kotoran, debu, dan partikel lain. Dengan begitu, proses pengeleman menjadi lebih mudah.

Baca juga rekomendasi berbagai jenis lem lainnya di sini

Apakah hanya lem akrilik yang Anda butuhkan saat ini? Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya menyediakan berbagai jenis lem lainnya di rumah. Yuk, kenali berbagai jenis lem beserta rekomendasi produk terbaiknya dengan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana produk lem akrilik terbaik rekomendasi pilihan kami? Merek lem akrilik yang dijual di pasaran Indonesia jumlahnya tidak terlalu banyak. Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai panduan memilih. Selain memilih berdasarkan tipenya, Anda bisa mempertimbangkan aplikator serta ukuran kemasannya. 


Jika ingin melekatkan bahan akrilik dengan bahan lain, Anda bisa menggunakan lem kuat sebagai alternatif. Pastikan lemnya kompatibel dengan bahan yang akan Anda lekatkan, ya. Semoga karya akrilik Anda kian apik! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lem Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda masih punya sepatu rusak, tetapi masih sayang untuk dibuang? Coba perbaiki dengan lem sepatu, yuk. Di pasaran terdapat beragam jenis lem sepatu yang bagus dan dengan harga yang terjangkau. Beberapa di antaranya punya daya rekat yang kuat dan tahan lama.Selain merekomendasikan lem untuk sepatu yang bagus, kami punya tips memilih lem sepatu yang bisa Anda jadikan acuan. Lem sepatu terbaik dari merek-merek terkenal, seperti UHU, Flat Shoes Care, dan Castol, ada dalam rekomendasi kami. Ayo, jadikan sepatu Anda seperti baru kembali!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Double Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Double Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Double tape merupakan salah satu barang yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak jenis dan merek double tape yang dijual di pasaran, seperti 3M, Joyko, dan NANKAI. Anda bisa menemukan tape serbaguna ini di toko buku, toko bahan bangunan, dan toko online tergantung jenis dan kegunaannya.Karena jenisnya yang bermacam-macam, mungkin Anda akan bingung dalam memilih double tape. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih double tape yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan double tape terbaik untuk Anda. Yuk, simak penjelasannya!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lem plastik adalah jenis lem yang digunakan untuk menempelkan dan memperbaiki benda berbahan plastik. Ada banyak jenis lem plastik yang dijual di pasaran, seperti lem khusus benda polypropylene, akrilik, resin, dan polyethylene. Setiap jenis lem plastik memiliki keunggulannya sendiri. Tahukah Anda merek lem plastik mana yang bagus untuk dipilih?Anda mungkin bingung saat memilih lem plastik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena itu, kami akan membagikan cara memilih lem plastik terbaik untuk Anda. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi merek lem plastik, seperti Deli, UHU, dan Dextone. Selamat membaca!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lem kuat atau lem super dapat melekatkan berbagai permukaan benda dengan erat. Lem ini adalah sahabat bagi Anda yang gemar membuat kerajinan tangan DIY (do-it-yourself) atau sekadar untuk memperbaiki bagian barang. Namun, ada banyak merek dan tipe lem kuat di pasaran. Tahukah Anda produk seperti apa yang bagus dan berkualitas?Kami telah mengumpulkan informasi mengenai lem kuat dengan performa baik dan ramah di kantong. Kami juga akan memaparkan tips menggunakannya. Terdapat berbagai merek lem kuat di pasaran, seperti UHU dan Aica-Aibon. Temukan produk yang paling pas dengan tujuan penggunaan Anda!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2022)
    Lem untuk logam digunakan untuk merekatkan benda yang terbuat dari logam. Bila Anda menggunakan lem lain, logam mungkin dapat melekat, tetapi kurang kuat dibandingkan memakai lem untuk logam. Di antara banyaknya produk lem logam yang bagus di pasaran, mana yang sebaiknya Anda pilih?. Ada lem yang cepat kering, yang sangat tahan panas, dan yang elastis.Agar Anda tidak bingung, kami akan membagikan tips memilih lem logam serta mengulas sepuluh produk terbaik dari berbagai merek. Anda bisa menemukan lem Korea, Dextone, dan Alteco di dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lakban Aluminium Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lakban Aluminium Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lakban merupakan alat perekat yang biasanya terbuat dari plastik. Namun, ada juga yang terbuat dari aluminium. Kelebihan lakban aluminium adalah tidak mudah rusak karena lebih tahan air dan tahan panas. Lakban aluminium sering dipakai untuk mengatasi atap bocor dan melapisi benda yang rentan rusak oleh panas. Inoplast, 3M, Pajero, dan taffGUARD adalah beberapa contoh merek lakban aluminium yang bagus di pasaran.  Bagaimana cara memilih lakban aluminium yang tepat? Melalui artikel ini, kami akan mengulas cara memilihnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi lakban aluminium foil terbaik untuk Anda. Disimak, ya!
    Tape & perekat
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori