• 10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Air cooler adalah penyejuk ruangan yang fleksibel dan bisa melembapkan udara. Dibandingkan dengan AC, air cooler lebih ramah lingkungan. Selain itu, udara yang dihasilkan juga lebih sejuk daripada kipas angin. Beberapa merk seperti Sharp, Midea, dan Krisbow telah memproduksi air cooler yang bagus dan dilengkapi fitur-fitur canggih.


Dengan banyaknya produk yang dijual, Anda mungkin jadi bingung dalam memilih. Kali ini kami akan memberikan tips cara memilih air cooler yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaiknya untuk Anda. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 29 April 2021
  • 75.426 Views
Daftar isi

Cara memilih air cooler

Sebelum membeli air cooler, Anda perlu mengetahui cara memilihnya yang tepat. Apabila informasi yang Anda dapatkan tidak tepat, bisa jadi produk yang Anda beli tidak sesuai ekspektasi. Berikut ini kami akan mengulas cara memilih air cooler supaya Anda bisa mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan.

Pilihlah ukuran yang sesuai dengan pemakaian

Ukuran air cooler yang tepat akan mempermudah Anda dalam menentukan lokasi pemasangan dan penyimpanannya. Ada air cooler yang pas untuk pemakaian rumahan, ada juga air cooler yang lebih cocok untuk keperluan bisnis. Yuk, lihat detail pembahasannya!

Air cooler mini, untuk pemakaian rumahan

Untuk pemakaian di rumah atau kamar tidur, pilihlah air cooler berukuran mini. Air cooler mini sangat pas untuk ditaruh di rumah karena bentuknya yang ringkas dan mudah digunakan. Daya listrik yang dibutuhkan biasanya juga kompatibel dengan besarnya daya listrik rumahan. Selain itu, air cooler mini juga lebih mudah dibersihkan berkat ukurannya yang kecil.

Air cooler besar, lebih pas untuk keperluan bisnis

Kami merekomendasikan air cooler yang berukuran besar untuk kebutuhan bisnis. Pemakaian daya listriknya juga lebih besar sehingga lebih cocok ditempatkan di tempat yang lebar, misalnya di toko atau kantor. Jangkauan udaranya pun lebih luas dibandingkan air cooler versi mini.

Periksa kebutuhan daya listriknya

Periksa kebutuhan daya listriknya

Dengan mengetahui konsumsi daya listriknya, Anda dapat memperkirakan kemampuan air cooler dalam mendinginkan ruangan. Daya listrik ini ditulis dalam satuan watt. Biasanya, air cooler hanya membutuhkan daya listrik sebesar 7,4 sampai 200 watt saja. Maka dari itu, air cooler lebih hemat listrik dibandingkan dengan AC. 


Air cooler yang ringkas biasanya membutuhkan daya listrik yang lebih kecil. Sementara itu, air cooler ukuran besar cenderung membutuhkan daya listrik yang besar. Jadi, ingatlah untuk selalu memastikan tempat penggunaannya agar pemakaian listrik lebih tepat guna.

Supaya mudah dipindah-pindah, perhatikan berat air cooler dan ketersediaan roda

Supaya mudah dipindah-pindah, perhatikan berat air cooler dan ketersediaan roda

Selain dapat menyejukkan dan melembapkan udara, keunggulan lain dari air cooler adalah bisa dipindah-pindah. Karena itu, ingatlah untuk mengecek berat dan kemudahannya untuk dipindahkan sebelum membeli. Air cooler berukuran besar biasanya memiliki berat kurang dari 40 kg.


Beberapa air cooler bahkan dilengkapi dengan roda agar mudah digeser. Akan tetapi, ada juga produk yang tidak dilengkapi roda. Produk yang tidak memiliki roda ini biasanya lebih cocok untuk digunakan di rumah.

Periksa kapasitas tangki air

Cara kerja air cooler berbeda dengan AC dan kipas angin. Air cooler bekerja dengan cara menyemprotkan partikel air yang dihasilkan dari proses penguapan di dalam tangki. Jadi, setiap air cooler pasti memiliki tangki air di dalamnya. 


Tiap air cooler memiliki kapasitas tangki air yang berbeda-beda tergantung produsennya. Kapasitas tangki air yang besar akan meringankan kerja Anda karena tidak perlu sering-sering diisi ulang. Namun, kami menyarankan Anda untuk menjaga isi air selalu di atas volume minimum agar air cooler berfungsi dengan baik.


Ingatlah untuk tidak membiarkan air cooler bekerja dengan tangki kosong karena akan membuatnya cepat rusak. Selain itu, Anda sebaiknya membersihkan tangki air tiap dua minggu sekali supaya udara yang dihasilkan tetap segar dan sehat.

Perhatikan kekuatan air flow-nya

Perhatikan kekuatan air flow-nya

Jika pada AC dikenal satuan PK untuk kekuatan pendinginnya, pada air cooler digunakan istilah air flow. Air flow penting sekali untuk dipertimbangkan saat mencari air cooler karena menentukan volume hembusan udara yang dikeluarkan.


Makin besar kekuatan air flow, makin cepat pula ruangan menjadi sejuk dan lembap. Akan tetapi, perhatikan juga keberadaan ventilasi di ruangan supaya kelembapannya tetap stabil.

Perhatikan juga fitur tambahan lainnya

Beberapa air cooler memiliki fitur tambahan, seperti ice pack, timer, humidifier, dan dehumidifier. Di bawah ini kami telah merangkum penjelasannya untuk Anda. 

Ice pack, membuat suhu jadi makin dingin

Ice pack, membuat suhu jadi makin dingin

Agar bisa mendinginkan ruangan dengan lebih maksimal, beberapa produsen melengkapi air cooler buatannya dengan ice pack. Ice pack berfungsi untuk mengoptimalkan hembusan udara dari air cooler sehingga akan terasa lebih dingin. 


Sebelum digunakan, ice pack terlebih dahulu harus dibekukan di freezer, baru kemudian dimasukkan ke dalam tangki. Beberapa air cooler bahkan dilengkapi dengan lebih dari satu buah ice pack. Makin banyak jumlah ice pack, tentu akan makin dingin hembusan anginnya.

Timer, memudahkan Anda untuk mengatur lamanya penggunaan air cooler

Timer, memudahkan Anda untuk mengatur lamanya penggunaan air cooler

Kadang-kadang Anda mungkin tidak ingin menggunakan air cooler terlalu lama agar tagihan listriknya tidak membengkak. Di saat seperti itu, Anda perlu mematikan air cooler saat suhu sudah terasa cukup dingin. Namun, tidak jarang muncul rasa malas untuk beranjak dari kursi atau kasur saat ingin mematikan air cooler.


Karena itu, beberapa produsen menyediakan fitur timer di produk air cooler buatannya. Anda cukup mengatur timer-nya sesuai kebutuhan, lalu air cooler akan mati secara otomatis pada waktu yang telah ditentukan.

Humidifier dan dehumidifier, untuk mengatur kelembapan udara

Humidifier dan dehumidifier, untuk mengatur kelembapan udara

Beberapa air cooler dilengkapi fitur humidifier, tetapi ada juga yang justru dilengkapi fitur dehumidifier. Kedua fitur ini berbeda, tetapi sama-sama berfungsi untuk mengatur kelembapan udara.


Fitur humidifier dibutuhkan untuk menambah kelembapan saat udara di ruangan sudah terlalu kering dan panas. Udara yang terlalu kering bisa mengakibatkan beberapa keluhan, seperti bibir pecah-pecah, dehidrasi, atau sakit tenggorokan. Perabot rumah yang terbuat dari kayu pun berisiko mudah retak karenanya.


Sebaliknya, fitur dehumidifier berfungsi untuk mengurangi kelembapan udara supaya kembali normal. Udara yang terlampau lembap juga bisa memunculkan beberapa keluhan, seperti asma, hidung tersumbat, atau alergi. Selain itu, sudut ruangan jadi mudah berjamur dan perabot kayu bisa mudah lapuk.

10 Rekomendasi air cooler terbaik

Berikut ini, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi air cooler pilihan kami. Silakan Anda pilih yang paling pas dengan kebutuhan Anda.

10
Daya listrik10 watt
Kapasitas tangkiTidak ada keterangan
Berat / roda1 kg / x
Dimensi17 cm x 17 cm x 17 cm
Air flowTidak ada keterangan
Fitur tambahanHumidifier, 3 speed mode, LED light
9
Daya listrik80 watt
Kapasitas tangki5 liter
Berat / roda10 kg / ✔︎
Dimensi41 cm x 35 cm x 77 cm
Air flowTidak ada keterangan
Fitur tambahanHumidifier, remote control, 3 speed mode, 3 airflow mode, timer (8 hours), 2 ice boxes, LED light
8
Daya listrik100 watt
Kapasitas tangki7 liter
Berat / roda11 kg / ✔︎
DimensiTidak ada keterangan
Air flowTidak ada keterangan
Fitur tambahanHumidifier, remote control, 3 speed mode, 2 pcs ice pack, timer (7,5 hours)
7
Daya listrik65 watt
Kapasitas tangki8 liter
Berat / rodaTidak ada keterangan / ✔︎
Dimensi36 cm x 30 cm x 76 cm
Air flow550 ml/h
Fitur tambahanIonizer, remote control, LED light, timer (9 hours)
6

KrisEvaporative Air Cooler

10098204

Mulai dari Rp 1.699.000,00

Daya listrik100 watt
Kapasitas tangki5 liter
Berat / roda5,51 kg / x
Dimensi 24,5 cm x 27 cm x 65 cm
Air flow480 m3/h
Fitur tambahan3 speed mode, auto off
5

KrisbowAir Cooler KN-1181

10012728

Mulai dari Rp 1.699.000,00

Daya listrik60 watt
Kapasitas tangki12 liter
Berat / roda6 kg / ✔︎
Dimensi37,8 cm x 28,5 cm x 69 cm
Air flow648 m3/h
Fitur tambahanRechargeable, 3 speed mode, remote control, emergency lamp, anti-overcharge and overdischarge
4

Denpoo Mandiri IndonesiaDenpoo AR-1103 XF Air Cooler

Mulai dari Rp 1.550.000,00

Daya listrik200 watt
Kapasitas tangki20 liter
Berat / roda30 kg / x
Dimensi50 cm x 50 cm x 80 cm
Air flowTidak ada keterangan
Fitur tambahanWater level sensor, ice pack, timer, 3 speed mode, LED display
3
Daya listrik55 watt
Kapasitas tangki6 liter
Berat / roda6 kg / ✔︎
Dimensi25,5 cm x 28,4 cm x 73 cm
Air flowTidak ada keterangan
Fitur tambahanIonizer, humidifier, air purifier, remote control, 3 speed mode, timer (7 hours), LED display
2
Daya listrik230 watt
Kapasitas tangki20 liter
Berat / roda10,6 kg / ✔︎
Dimensi48 cm x 37 cm x 83,5 cm
Air flow800 m3/h
Fitur tambahanRemote control, 3 speed mode, carbon filter, low water alarm, adjustable humidity control
1
Daya listrik65 watt
Kapasitas tangki6 liter
Berat / roda7 kg / ✔︎
Dimensi37,5 cm x 30,6 cm x 74,5 cm
Air flow320 m3/h
Fitur tambahanLCD panel, 4 pcs ice pack, auto swing louver

Tabel perbandingan produk air cooler terbaik

Gambar produk
1
Sharp Air Cooler PJ-A26MY-B 1

Sharp

2
Honeywell Indoor Air Cooler CL201AE 1

Honeywell

3
Midea Air Cooler AC100-A 1

Midea

4
Denpoo Mandiri Indonesia Denpoo AR-1103 XF Air Cooler 1

Denpoo Mandiri Indonesia

5
Krisbow Air Cooler KN-1181 1

Krisbow

6
Kris Evaporative Air Cooler 1

Kris

7
Cosmos Cosler  1

Cosmos

8
Arashi King Penguin 1

Arashi

9
Mayaka Air Cooler 1

Mayaka

10
New Style Air Cooler B04 1

New Style

Nama produk

Air Cooler PJ-A26MY-B

Indoor Air Cooler CL201AE

Air Cooler AC100-A

Denpoo AR-1103 XF Air Cooler

Air Cooler KN-1181

Evaporative Air Cooler

Cosler

King Penguin

Air Cooler

Air Cooler B04

Keunggulan

Dua kali lebih sejuk dengan empat buah ice pack

Sesuaikan kelembapannya dengan kebutuhan

Bodinya ramping! Tak perlu banyak tempat untuk ciptakan udara sejuk

Water level sensor akan mengingatkan Anda saat air hampir habis

Dilengkapi baterai rechargeable, tetap sejuk meski mati listrik

Lebih aman dengan fitur mati otomatis saat tangkinya kosong

Atur waktu penggunaan hingga 9 jam, pastinya lebih hemat!

Mesin berbahan tembaga, antibising dan tahan lama

Manjakan mata dengan desain klasik sekaligus mewah

Air cooler mini yang warna lampunya bisa diubah sesuai mood

Harga mulai dariRp 760.000,00Rp 2.888.000,00Rp 814.000,00Rp 1.550.000,00Rp 1.699.000,00Rp 1.699.000,00Rp 1.405.000,00Rp 1.150.000,00Rp 855.000,00Rp 115.000,00
Daya listrik65 watt230 watt55 watt200 watt60 watt100 watt65 watt100 watt80 watt10 watt
Kapasitas tangki6 liter20 liter6 liter20 liter12 liter5 liter8 liter7 liter5 literTidak ada keterangan
Berat / roda7 kg / ✔︎10,6 kg / ✔︎6 kg / ✔︎30 kg / x6 kg / ✔︎5,51 kg / xTidak ada keterangan / ✔︎11 kg / ✔︎10 kg / ✔︎1 kg / x
Dimensi37,5 cm x 30,6 cm x 74,5 cm48 cm x 37 cm x 83,5 cm25,5 cm x 28,4 cm x 73 cm50 cm x 50 cm x 80 cm37,8 cm x 28,5 cm x 69 cm 24,5 cm x 27 cm x 65 cm36 cm x 30 cm x 76 cmTidak ada keterangan41 cm x 35 cm x 77 cm17 cm x 17 cm x 17 cm
Air flow320 m3/h800 m3/hTidak ada keteranganTidak ada keterangan648 m3/h480 m3/h550 ml/hTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Fitur tambahanLCD panel, 4 pcs ice pack, auto swing louverRemote control, 3 speed mode, carbon filter, low water alarm, adjustable humidity controlIonizer, humidifier, air purifier, remote control, 3 speed mode, timer (7 hours), LED displayWater level sensor, ice pack, timer, 3 speed mode, LED displayRechargeable, 3 speed mode, remote control, emergency lamp, anti-overcharge and overdischarge3 speed mode, auto offIonizer, remote control, LED light, timer (9 hours)Humidifier, remote control, 3 speed mode, 2 pcs ice pack, timer (7,5 hours)Humidifier, remote control, 3 speed mode, 3 airflow mode, timer (8 hours), 2 ice boxes, LED lightHumidifier, 3 speed mode, LED light
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk pendingin ruangan lainnya di sini

Kami telah menjelaskan hal-hal yang perlu Anda ketahui saat hendak membeli air cooler. Namun, mungkin Anda membutuhkan pendingin ruangan jenis lain, misalnya AC atau kipas angin. Selain penyejuk udara, Anda juga perlu alat untuk melembapkan dan menjernihkan udara. Nah, kami telah menyiapkan beberapa artikelnya di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, apakah sekarang Anda sudah menemukan air cooler yang pas? Sebelum memilih, ingatlah selalu untuk mempertimbangkan pemakaian Anda. Pilihlah produk yang memang sesuai dengan kebutuhan. Air cooler yang tepat akan membantu Anda beraktivitas dan beristirahat dengan lebih nyaman, senyaman menggunakan AC. Selamat memilih dan menikmati udara yang lebih sejuk!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2021)
    Ada banyak merk AC yang bagus, seperti SHARP, LG, Panasonic, dan lainnya. Produk-produk tersebut tentunya memiliki spesifikasi yang beragam, ada yang 1/2 PK, ada juga yang 1 PK. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari 2 jutaan hingga 3 jutaan. AC seperti apa yang tepat untuk Anda?Agar tidak bingung, kami akan menjelaskan hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli AC. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan referensi. Jika Anda sedang mencari AC untuk rumah Anda, silakan baca artikel ini. Selamat menemukan AC yang cocok!
    Penyejuk & pembersih udara
    236.191 Views
  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, air purifier menjadi pembersih udara ruangan yang sering dicari di pasaran. Jenis yang dicari pun beragam. Ada yang mencari air purifier kecil untuk mobil dan ada yang menginginkan air purifier besar untuk diletakkan di ruangan. Produk air purifier terbaik 2021 ini dilengkapi berbagai fitur, salah satunya filter HEPA.Anda akan menemukan banyak merek air purifier terbaik yang bagus, seperti Samsung, Xiaomi, hingga Phillips. Ada pula merek lain, seperti Daikin, Panasonic, Sharp yang khas karakteristiknya. Kami telah mengulas semuanya itu di sini untuk Anda. Selamat membaca!
    Penyejuk & pembersih udara
    158.206 Views
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tinggal di negara tropis membuat Anda harus bersahabat dengan cuaca panas sepanjang hari. AC tentu bisa menyejukkan rumah Anda, tetapi bagaimana jika listrik rumah Anda terbatas? Kipas angin adalah alternatif yang bisa Anda coba.Harga yang terjangkau dan hemat listrik menjadi kelebihan dari kipas angin. Anda bisa memilih merek lokal, seperti Cosmos, Maspion, atau bahkan merek luar negeri. Kini, kami akan membantu Anda memilih kipas angin terbaik. Baca sampai habis dan temukan rekomendasi produk terbaik dari kami!
    Penyejuk & pembersih udara
    119.910 Views
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kipas angin dinding sering dipasang di ruangan kelas, kamar tidur, atau warung makan. Seperti namanya, kipas ini untuk dipasang di dinding sehingga ideal untuk ruangan kecil. Selain hemat tempat, daya tarik kipas ini adalah harganya yang terjangkau. Kipas ini identik dengan tali yang menjulur ke bawah untuk menyalakannya. Namun, kini ada kipas dinding tipe remote juga, lho.Kali ini, kami akan mengulas keunggulan, tips memilih, hingga rekomendasi kipas angin dinding yang bagus. Merek kipas ternama, seperti Cosmos, Panasonic, Maspion, Miyako, dan Sanex juga ada dalam rekomendasi kami. Yuk, simak pembahasannya!
    Penyejuk & pembersih udara
    2.546 Views
  • 10 Rekomendasi Desk Humidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Desk Humidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Air humidifier adalah alat yang digunakan untuk menjaga kelembapan ruangan. Desk humidifier adalah humidifier berukuran mini yang bisa diletakkan di atas meja. Beberapa tipe desk humidifier di antaranya adalah steam, ultrasonik, hibrida, dan vaporisasi. Selain ukuran yang beragam, tiap tipe memiliki karakteristik yang berbeda.Untuk membantu Anda menemukan produk yang cocok, kami akan menjelaskan cara memilih desk humidifier yang bagus kepada Anda. Tak ketinggalan, kami pun akan memperkenalkan rekomendasi humidifier terbaik untuk Anda dari merek Taffware, CIJI, dan lainnya. Mari ciptakan lingkungan dengan udara yang nyaman untuk keluarga Anda.
    Penyejuk & pembersih udara
    92.573 Views
  • 10 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dehumidifier merupakan alat elektronik yang dapat menurunkan kelembapan udara dengan mengubah udara lembap menjadi air. Alat ini biasanya ditempatkan pada ruangan yang tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Jika tidak terkontrol, udara lembap dapat menyebabkan tumbuhnya lumut, jamur, serta bakteri. Udara lembap merupakan masalah umum di hunian penduduk beriklim tropis seperti Indonesia.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lebih jauh mengenai dehumidifier dan merekemondasikan produk terbaik untuk Anda. Ada banyak brand ternama yang bisa Anda jumpai di pasaran, seperti Deerma, Notale, dan Invitop. Jadi, silakan baca ulasan lengkapnya berikut ini!
    Penyejuk & pembersih udara
    28.041 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori