• 10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Air cooler adalah penyejuk ruangan yang fleksibel dan bisa melembapkan udara. Dibandingkan dengan AC, air cooler lebih ramah lingkungan. Udara yang dihasilkan air cooler juga lebih sejuk daripada kipas angin. Karena digemari masyarakat, merek seperti SHARP, Midea, dan Krisbow berlomba-lomba menawarkan air cooler yang bagus.


Dengan banyaknya air cooler di pasaran, Anda mungkin jadi bingung dalam memilih. Tenang saja. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih air cooler. Review produk air cooler terbaik juga akan kami ulas setelahnya. Simak pembahasannya dan temukan air cooler terbaik untuk menyejukkan kamar Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 20 Juni 2022
Daftar isi

Tabel perbandingan produk air cooler terbaik

Gambar produk
1
New Style Air Cooler B04 1

New Style

2
SHARP Air Cooler PJ-A36TY-B 1

SHARP

3
Denpoo Air Cooler AR-1208 XF 1

Denpoo

4
Sanken SAC-38 1

Sanken

5
Honeywell Air Cooler ES800 1

Honeywell

6
Gree GTA-ACOOL4 1

Gree

7
Tissor Leka AC6030 Rechargeable Air Cooler 1

Tissor

8
Krisbow Evaporative Air Cooler 6 Ltr - Putih 1

Krisbow

9
Midea Air Cooler - AC120-U 1

Midea

10
Kangaroo Air Cooler KG50F64 1

Kangaroo

Nama produk

Air Cooler B04

Air Cooler PJ-A36TY-B

Air Cooler AR-1208 XF

SAC-38

Air Cooler ES800

GTA-ACOOL4

Leka AC6030 Rechargeable Air Cooler

Evaporative Air Cooler 6 Ltr - Putih

Air Cooler - AC120-U

Air Cooler KG50F64

Keunggulan

Harganya murah, cocok untuk anak indekos!

Mudah dipakai dengan panel bahasa Indonesia

Efisiensi pendinginan lebih baik dengan honeycomb pad

Embusan udara lebih dingin dengan empat ice pack

Hemat daya listrik, maksimal 36 watt saja!

Mengeluarkan ion-ion yang dapat membunuh virus dan bakteri

Ringan dan memiliki tali, bisa dibawa ke mana-mana!

Ruangan tetap sejuk meski listrik padam!

Jaga kebersihan ruangan dengan HEPA filter

Kapasitas superbesar, tak perlu sering isi ulang air

Harga mulai dariRp 300.000,00Rp 1.500.000,00Rp 1.390.000,00Rp 1.375.000,00Rp 1.863.750,00Rp 1.699.000,00Rp 659.900,00Rp 1.499.000,00Rp 1.656.000,00Rp 1.876.000,00
Daya listrik10 watt65 watt65 watt69 watt7,4 watt–36 watt50 wattTidak disebutkanTidak disebutkan60 watt90 watt
Kapasitas tangkiTidak disebutkan6 liter12 liter6 liter7 liter4 liter0,24 liter6 liter7 liter34 liter
Berat1 kg7 kgTidak disebutkan6,2 kg (net)Tidak disebutkan5,96 kg0,815 kgTidak disebutkan6 kg9,8 kg
Dimensi17 cm x 17 cm x 17 cm37,5 cm x 30,6 cm x 74,5 cm38,1 cm x 33,6 cm x 69,5 cm 30 cm x 30 cm x 74 cmTidak disebutkan29 cm x 29 cm x 100,8 cm15 cm x 15 cm x 18 cmTidak disebutkan39 cm x 32 cm x 83 cm43 cm x 34 cm x 97 cm
RodaXXX
Fitur lainnyaLED berubah warna, tidak berisikRemote control dan auto swing louver3 mode speed, timer 7,5 jam, remote control, automatic oscillation, 4 cooling gel/padHumidifier, automatic vertical dan horizontal swing, mati otomatis saat air habis, fleksibel diputar 360 derajatRemote controlTimer3 level kipas, water tank, dan water filterRemote controlLCD display, timer 7 jam, 2 ice pack12 hours timer, dan cooling pack, swing mode, remote control
Tautan produk

Cara memilih air cooler

Sebelum membeli air cooler, Anda perlu mengetahui cara memilihnya terlebih dahulu. Berikut ini kami sajikan cara memilih air cooler agar Anda menemukan produk yang tepat.

Pilih ukuran yang sesuai dengan pemakaian

Air cooler tersedia dalam berbagai ukuran. Anda bisa memilih air cooler mini serta yang ukurannya besar.

Air cooler mini, untuk pemakaian rumahan

Untuk pemakaian di rumah atau kamar tidur, pilihlah air cooler berukuran mini. Air cooler mini sangat pas untuk ditaruh di rumah karena tidak memakan tempat. Daya listriknya juga cenderung sesuai dengan besarnya daya listrik rumahan. Selain itu, air cooler mini juga lebih mudah dibersihkan berkat ukurannya yang kecil.

Air cooler besar, lebih pas untuk keperluan bisnis

Kami merekomendasikan air cooler yang berukuran besar untuk kebutuhan bisnis. Pemakaian daya listriknya juga lebih besar. Dengan begitu, air cooler tipe ini cocok ditaruh di tempat dengan kapasitas listrik yang juga besar, seperti di kantor. Jangkauan embusan anginnya pun lebih luas daripada air cooler versi mini.

Periksa kebutuhan daya listriknya

Periksa kebutuhan daya listriknya

Dengan mengetahui konsumsi daya listrik air cooler, Anda dapat memperkirakan kemampuan produk dalam mendinginkan ruangan. Daya listrik ditulis dalam satuan watt. Biasanya, air cooler membutuhkan daya listrik sebesar 7,4 watt sampai 200 watt.


Air cooler mini biasanya membutuhkan daya listrik yang lebih kecil. Sementara itu, air cooler ukuran besar cenderung membutuhkan daya listrik yang besar pula. Daya listrik yang dibutuhkan suatu air cooler biasanya selalu tercantum pada deskripsi produk.

Perhatikan berat air cooler dan ketersediaan roda

Perhatikan berat air cooler dan ketersediaan roda

Selain dapat menyejukkan dan melembapkan udara, keunggulan lain dari air cooler adalah bisa dipindah-pindah. Karena itu, ingatlah untuk mengecek berat dan kemudahannya untuk dipindahkan sebelum membeli. Berat air cooler bervariasi, ada yang di bawah 1 kilogram hingga 20 kilogram.


Beberapa air cooler dilengkapi dengan roda. Hal ini tentu memudahkann Anda untuk memindahkan produk. Akan tetapi, ada juga produk yang tidak dilengkapi roda. Produk yang tidak memiliki roda biasanya lebih cocok untuk pemakaian di rumah.

Cek kapasitas tangki airnya

Cara kerja air cooler berbeda dengan AC dan kipas angin. Air cooler bekerja dengan cara menyemprotkan partikel air yang dihasilkan dari proses penguapan di dalam tangki. Jadi, setiap air cooler pasti memiliki tangki air di dalamnya. 


Tiap air cooler memiliki kapasitas tangki air yang berbeda-beda. Kapasitas tangki air yang besar membuatnya tak perlu sering diisi ulang. Namun, pastikan isi air selalu di atas volume minimum agar air cooler berfungsi dengan baik.


Ingatlah untuk tidak membiarkan air cooler bekerja dengan tangki kosong. Pasalnya, hal ini akan membuat produk cepat rusak. Selain itu, Anda sebaiknya membersihkan tangki air tiap dua minggu sekali supaya udara yang dihasilkan tetap segar dan sehat.

Ketahui kekuatan air flow-nya

Ketahui kekuatan air flow-nya

Jika pada AC dikenal satuan PK untuk kekuatan pendinginnya, pada air cooler digunakan istilah air flow. Air flow penting diperhatikan karena menentukan volume embusan udara yang dikeluarkan. Makin besar kekuatan air flow, makin cepat pula ruangan menjadi sejuk dan lembap. 


Sayangnya, tidak banyak merek yang mencantumkan air flow produk mereka. Anda bisa menanyakan hal ini pada penjual agar yakin sebelum membeli. 

Temukan produk juga fitur tambahan lainnya

Beberapa air cooler memiliki fitur tambahan, seperti ice pack, timer, humidifier, dan dehumidifier. Berikut kami rangkum penjelasannya untuk Anda. 

Ice pack, membuat suhu jadi makin dingin

Ice pack, membuat suhu jadi makin dingin

Agar bisa mendinginkan ruangan lebih maksimal, banyak air cooler dilengkapi dengan ice pack. Ice pack berfungsi untuk mengoptimalkan embusan udara dari air cooler sehingga terasa lebih dingin


Sebelum digunakan, ice pack harus dibekukan terlebih dahulu di freezer. Setelah itu, Anda bisa memasukkannya ke dalam tangki. Beberapa air cooler dilengkapi dengan lebih dari satu ice pack. Makin banyak jumlah ice pack, tentu akan makin dingin embusan anginnya.

Timer, memudahkan Anda untuk mengatur lamanya penggunaan air cooler

Timer, memudahkan Anda untuk mengatur lamanya penggunaan air cooler

Adakalanya Anda tidak ingin menggunakan air cooler terlalu lama. Namun, Anda mungkin tidak bisa mematikan ice cooler meski ruangan sudah sejuk, seperti saat Anda tidur.


Tenang saja. Beberapa produsen menyediakan fitur timer pada air cooler buatan mereka. Anda cukup mengatur timer-nya sesuai kebutuhan. Kemudian, air cooler akan mati secara otomatis pada waktu yang telah ditentukan.

Humidifier dan dehumidifier, untuk mengatur kelembapan udara

Humidifier dan dehumidifier, untuk mengatur kelembapan udara

Beberapa air cooler dilengkapi fitur humidifier, tetapi ada juga yang justru dilengkapi fitur dehumidifier. Kedua fitur ini berbeda, tetapi sama-sama berfungsi untuk mengatur kelembapan udara.


Fitur humidifier dapat menambah kelembapan udara di ruangan yang kering. Udara yang terlalu kering bisa mengakibatkan beberapa keluhan, seperti bibir pecah-pecah, dehidrasi, atau sakit tenggorokan. Perabot rumah yang terbuat dari kayu pun menjadi mudah retak.


Sebaliknya, fitur dehumidifier berfungsi untuk mengurangi kelembapan udara. Udara yang terlampau lembap juga bisa memunculkan beberapa keluhan, seperti asma, hidung tersumbat, atau alergi. Selain itu, sudut ruangan jadi mudah berjamur dan perabot kayu bisa mudah lapuk.

10 Rekomendasi air cooler terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh air cooler terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Daya listrik90 watt
Kapasitas tangki34 liter
Berat9,8 kg
Dimensi43 cm x 34 cm x 97 cm
Roda
Fitur lainnya12 hours timer, dan cooling pack, swing mode, remote control
9
Daya listrik60 watt
Kapasitas tangki7 liter
Berat6 kg
Dimensi39 cm x 32 cm x 83 cm
Roda
Fitur lainnyaLCD display, timer 7 jam, 2 ice pack
8

KrisbowEvaporative Air Cooler 6 Ltr - Putih

Mulai dari Rp 1.499.000,00

Daya listrikTidak disebutkan
Kapasitas tangki6 liter
BeratTidak disebutkan
DimensiTidak disebutkan
Roda
Fitur lainnyaRemote control
7

TissorLeka AC6030 Rechargeable Air Cooler

Mulai dari Rp 659.900,00

Daya listrikTidak disebutkan
Kapasitas tangki0,24 liter
Berat0,815 kg
Dimensi15 cm x 15 cm x 18 cm
RodaX
Fitur lainnya3 level kipas, water tank, dan water filter
6
Daya listrik50 watt
Kapasitas tangki4 liter
Berat5,96 kg
Dimensi29 cm x 29 cm x 100,8 cm
RodaX
Fitur lainnyaTimer
5
Daya listrik7,4 watt–36 watt
Kapasitas tangki7 liter
BeratTidak disebutkan
DimensiTidak disebutkan
Roda
Fitur lainnyaRemote control
4
Daya listrik69 watt
Kapasitas tangki6 liter
Berat6,2 kg (net)
Dimensi30 cm x 30 cm x 74 cm
Roda
Fitur lainnyaHumidifier, automatic vertical dan horizontal swing, mati otomatis saat air habis, fleksibel diputar 360 derajat
3
Daya listrik65 watt
Kapasitas tangki12 liter
BeratTidak disebutkan
Dimensi38,1 cm x 33,6 cm x 69,5 cm
Roda
Fitur lainnya3 mode speed, timer 7,5 jam, remote control, automatic oscillation, 4 cooling gel/pad
2
Daya listrik65 watt
Kapasitas tangki6 liter
Berat7 kg
Dimensi37,5 cm x 30,6 cm x 74,5 cm
Roda
Fitur lainnyaRemote control dan auto swing louver
1
Daya listrik10 watt
Kapasitas tangkiTidak disebutkan
Berat1 kg
Dimensi17 cm x 17 cm x 17 cm
RodaX
Fitur lainnyaLED berubah warna, tidak berisik

Baca juga rekomendasi produk pengondisi udara lainnya di sini

Fungsi utama air cooler adalah menyejukkan ruangan. Namun, tidak semua air cooler memiliki fitur lengkap untuk melembapkan atau membersihkan udara di sekitar. Untuk itu, pertimbangkanlah produk lainnya dengan fungsi spesifik. Anda bisa mengoleksi air purifier, humidifier, dan dehumidifier. Mari simak tiap-tiap ulasannya!

Kesimpulan

Air cooler akan membantu Anda beraktivitas dan beristirahat dengan lebih nyaman. Bahkan, kenyamanan yang Anda dapatkan tak kalah baik daripada AC. Apakah Anda sudah menemukan air cooler yang pas? 


Sebelum memilih, pertimbangkan kondisi seperti luas ruangan dan kebutuhan listrik. Cek pula fitur pada air cooler idaman Anda, seperti kapasitas tangki dan roda. Selamat memilih dan menikmati hawa ruangan yang lebih sejuk!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, air purifier menjadi pembersih udara ruangan yang sering dicari di pasaran. Jenis yang dicari pun beragam. Ada air purifier kecil untuk mobil dan ada air purifier besar untuk diletakkan di ruangan. Ada pula produk air purifier yang dilengkapi berbagai fitur, salah satunya filter HEPA.Anda akan menemukan banyak merek air purifier terbaik yang bagus, seperti Samsung, Xiaomi, hingga Phillips. Ada pula merek lain, seperti Daikin, Panasonic, Sharp yang khas karakteristiknya. Kami telah mengulas semuanya itu di sini untuk Anda. Selamat membaca!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tinggal di negara tropis membuat Anda harus bersahabat dengan cuaca panas sepanjang hari. AC tentu bisa menyejukkan rumah Anda, tetapi bagaimana jika listrik rumah Anda terbatas? Kipas angin adalah alternatif yang bisa Anda coba.Harga yang terjangkau dan hemat listrik menjadi kelebihan dari kipas angin. Anda bisa memilih merek lokal yang bagus, seperti Cosmos, Maspion, Miyako, atau bahkan merek luar negeri. Kini, kami akan membantu Anda memilih kipas angin terbaik. Baca sampai habis dan temukan rekomendasi produk terbaik dari kami!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Air Purifier HEPA Filter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Air Purifier HEPA Filter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tinggal di perkotaan membuat kualitas udara yang dihirup tidak begitu sehat karena sudah tercemar polusi, debu, dan kuman. Untuk mengatasinya, Anda membutuhkan air purifier, yaitu alat untuk membersihkan udara. Dari sekian banyak alat pembersih udara, air purifier HEPA filter layak dipertimbangkan karena mampu menyaring polutan dan meredakan alergi.Apakah Anda tertarik untuk memilikinya? Nah, kebetulan kali ini kami akan membahas rekomendasi air purifier HEPA filter yang bagus dari berbagai merek. Ada Xiaomi, Philips, dan lainnya. Namun, sebelum Anda melihat rekomendasi produk dari kami, simaklah pembahasan di bawah ini terlebih dahulu.
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak merek AC yang bagus, seperti SHARP, LG, Panasonic, dan lainnya. Produk-produk tersebut tentunya memiliki spesifikasi yang beragam. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari 2 jutaan hingga 3 jutaan. AC seperti apa yang tepat untuk Anda?Agar tidak bingung, kami akan menjelaskan hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli AC. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan referensi. Jika Anda sedang mencari AC untuk rumah Anda, silakan baca artikel ini. Selamat menemukan AC yang cocok!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kipas angin dinding sering dipasang di ruangan kelas, kamar tidur, atau warung makan. Seperti namanya, kipas ini dipasang di dinding sehingga ideal untuk ruangan kecil. Selain hemat tempat, daya tarik kipas ini adalah harganya yang terjangkau. Kipas ini identik dengan tali yang menjulur ke bawah untuk menyalakannya. Namun, kini ada kipas dinding tipe remote juga, lho.Kali ini, kami akan mengulas keunggulan, tips memilih, hingga rekomendasi kipas angin dinding terbaik. Merek kipas ternama yang bagus, seperti Cosmos, Panasonic, Maspion, Miyako, dan Sanex juga ada dalam rekomendasi kami. Yuk, simak pembahasannya!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Kipas Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kipas Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kipas gantung atau ceiling fan praktis untuk digunakan karena Anda tidak perlu menyediakan area khusus untuk penempatannya. Terlebih lagi, kini kipas gantung makin fungsional untuk digunakan karena ada yang sudah dilengkapi lampu. Anda pun bisa dengan mudah menemukan kipas angin gantung yang bagus dengan ukuran kecil dan besar di pasaran.Untuk membantu Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Setelah itu, kami akan merekomendasikan kipas angin gantung terbaik merek Maspion, Panasonic, EDMA, dan sebagainya di artikel ini. Mari simak pembahasan kami selengkapnya!
    Penyejuk & pembersih udara
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori