1. TOP
  2. >
  3. Perawatan hewan
  4. >
  5. Perawatan kucing
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Hammock Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Hammock Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Hammock Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Hammock Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Hammock Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Hammock Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Hammock Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Cat hammock atau tempat tidur kucing gantung belakangan ini makin populer di kalangan cat lovers. Dengan ayunan pelan dari cat hammock, kucing Anda bisa beristirahat dengan relaks di atasnya. Akan tetapi, terdapat banyak tipe cat hammock di pasaran dengan beragam jenisnya. Jadi, cat hammock seperti apakah yang tepat untuk kucing Anda?


Kami akan menjawab pertanyaan tersebut dengan merekomendasikan produk-produk cat hammock yang bagus untuk Anda. Tidak lupa, kami juga akan memaparkan cara memilihnya. Pilihlah produk terbaik dari rekomendasi kami dan ciptakanlah tidur yang berkualitas untuk kucing kesayangan Anda!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa saja keunggulan dari hammock kucing?

Apa saja keunggulan dari hammock kucing?

Terdapat beberapa kelebihan dari cat hammock. Pertama, kucing dapat merasa relaks saat tidur di atasnya karena kucing suka dengan tempat yang nyaman. Lalu, kucing yang bersantai dan berayun di atas hammock terlihat sangat lucu. Hal ini bisa menjadi penghibur bagi pemilik kucing.


Selain itu, cat hammock juga baik bagi kucing yang tidak tahan terhadap udara dingin. Alasannya, udara hangat mudah terakumulasi di atas sehingga kucing dapat tidur terpisah dari dinginnya lantai. Sempurna untuk kucing yang mudah kedinginan. Ditambah lagi, kini ada juga cat hammock dari bahan bulu atau katun yang cocok digunakan ketika udara dingin.

Cara memilih hammock kucing

Sebelum kita lanjutkan ke rekomendasi produk, kenali dulu cara-cara memilih cat hammock yang baik, yuk!

① Perhatikan kapasitas bebannya

Perhatikan kapasitas bebannya

Seperti manusia, kucing juga memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda. Ada yang kecil dan ada juga yang besar atau gemuk. Jika Anda memilih produk yang tidak sesuai dengan bobot kucing, dikhawatirkan cat hammock tidak kuat dan rusak. Jadi, pastikan Anda membeli yang pas dengan berat badan kucing Anda. Tentunya Anda tidak mau bila cat hammock terjatuh dan cepat rusak, kan?

② Pilih berdasarkan cara memasangnya

Sebagian besar produk cat hammock dipasang menggunakan pengait. Akan tetapi, ada juga tipe yang dapat berdiri sendiri (standing type) dan tipe yang dikaitkan dengan plastik pengisap. Apa perbedaannya, ya? Cek penjelasan di bawah ini!

Pilih tipe yang dipasang dengan pengait bila membeli untuk pertama kali

Pilih tipe yang dipasang dengan pengait bila membeli untuk pertama kali

Kelebihan tipe pengait adalah dapat dipasang di mana saja asalkan stabil, seperti di bawah kursi atau di dalam kandang. Cara memasangnya pun tidak rumit. Karena itu, bila Anda membeli cat hammock untuk pertama kali, tipe ini lebih direkomendasikan. Akan tetapi, jangan lupa untuk memeriksa apakah tempat yang akan Anda gunakan untuk cat hammock bisa dipasangi pengait atau tidak.

Tipe plastik pengisap sesuai untuk kucing yang suka berjemur

Tipe plastik pengisap sesuai untuk kucing yang suka berjemur

Tipe dengan plastik pengisap sangat ideal untuk rumah dengan jendela besar yang memungkinkan masuknya sinar matahari. Kucing gemar melihat ke luar melalui jendela sambil berjemur. Di sisi lain, hammock kucing dengan plastik pengisap tidak bisa berayun seperti tipe pengait. Namun, dijamin hammock ini akan jadi tempat kesukaan kucing Anda.

Standing type untuk kucing yang memiliki tingkat kewaspadaan tinggi

Standing type untuk kucing yang memiliki tingkat kewaspadaan tinggi

Standing type direkomendasikan bagi Anda yang tidak memiliki tempat untuk memasang cat hammock tipe lainnya. Tipe ini mudah Anda pindahkan ke mana saja yang kucing Anda suka.


Jika kucing Anda tidak mau naik ke hammock yang berayun-ayun, tidak ada salahnya mencoba tipe ini. Kedua ujungnya kukuh sehingga stabil saat dinaiki. Maka dari itu, hammock ini direkomendasikan untuk kucing yang memiliki tingkat kewaspadaan tinggi. Kucing akan merasa lebih tenang saat menaikinya.

③ Tentukan berdasarkan bahannya

Dewasa ini, cat hammock dibuat dari beragam bahan. Pilih yang paling sesuai dengan kondisi tempat tinggal Anda, ya!

Bahan poliester yang tahan lama dan higienis

Bahan poliester yang tahan lama dan higienis

Hammock untuk kucing umumnya terbuat dari poliester. Keunggulan utamanya adalah daya tahan yang tinggi sehingga aman untuk dinaiki oleh kucing. Selain itu, jamur dan bakteri sulit berkembang karena bahan ini cepat kering bila basah. Jadi, dari segi sanitasi, bahan ini juga direkomendasikan.

Bahan fleece yang ringan dan hangat untuk cuaca yang dingin

Bahan fleece yang ringan dan hangat untuk cuaca yang dingin

Sebagian besar bahan fleece juga terbuat dari poliester, tetapi fleece telah disikat sehingga terasa lebih hangat. Bahan ini sesuai digunakan bila cuaca dingin atau di ruangan ber-AC (air conditioner). 


Selain itu, layaknya poliester fleece juga cepat mengering setelah dicuci, menjadikannya bahan yang bersih untuk cat hammock. Ada juga produk yang karakteristiknya hangat dan lembut seperti fleece. Material tersebut antara lain flanel, wol, atau kain halus sejenis lainnya.

Bahan mesh untuk sirkulasi udara yang baik

Bahan mesh untuk sirkulasi udara yang baik

Kelebihan dari bahan mesh adalah ventilasinya yang baik. Lubang-lubang pada bahan ini memungkinkan udara masuk sehingga kucing tidak akan merasa pengap saat berada di atas hammock. Tentunya, hammock dari bahan ini pas digunakan di tempat berudara panas. Tak hanya itu, bahan mesh juga halus dan elastis mengikuti tubuh kucing sehingga sangat nyaman ditiduri.

Bahan campuran katun dan bahan linen yang lembut

Bahan campuran katun dan bahan linen yang lembut

Produk berbahan ini memang cukup sulit ditemukan di pasaran Indonesia. Katun dan linen yang dibuat dari bahan alami ini dikenal berventilasi baik dan mudah menyerap kelembapan. Kebanyakan bahan ini dicampur dengan poliester untuk menambah daya tahannya. Meski begitu, bahan campuran katun dan linen tetap direkomendasikan bagi kucing yang memiliki kulit sensitif. 

10 Rekomendasi hammock kucing terbaik

Setelah mengetahui cara memilih yang baik, kini tiba saatnya kami memperkenalkan produk cat hammock terpopuler untuk Anda. Selamat berbelanja!
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Cat Hammock

 Cat Hammock 1枚目

Makin empuk berkat bahan EVA

2

Cat Window Hammock

 Cat Window Hammock 1枚目

Bisa dipasang di jendela mobil, lho!

3

Pet Bed Hammock

 Pet Bed Hammock 1枚目

Ekstra kuat dan tahan banting

4

Cat Hammock Wood Solid

 Cat Hammock Wood Solid 1枚目

Cantik dan disukai kucing yang waspada

5

Sunny Seat

Window Mounted Cat Bed

Sunny Seat Window Mounted Cat Bed 1枚目

Berjemur di bawah sinar matahari dengan nyaman

6

Cat Condo Hammock

 Cat Condo Hammock 1枚目

Hammock pada cat condo, unik dan praktis

7

Summer Breathable Mesh Cloth Hammock

 Summer Breathable Mesh Cloth Hammock 1枚目

Bahan mesh-nya antigerah!

8

Pet Hanger + 4 Hanger

 Pet Hanger + 4 Hanger 1枚目

Ayunan tidur gantung yang ekonomis

9

Ayunan Kucing Macrame

 Ayunan Kucing Macrame 1枚目

Ayunan kucing gantung yang menambah nuansa ala bohemian

10

Cat Hammock Polkadot

 Cat Hammock Polkadot 1枚目

Motif polkadot yang keren, hangat pula!

Perincian produk
Close
No.1

Makin empuk berkat bahan EVA

Produk ini berukuran 51 cm x 42 cm x 12 cm dan berbentuk oval. Kombinasi kedua hal tersebut memungkinkan kucing Anda untuk meregangkan badan dan beristirahat dengan lebih leluasa di dalam produk ini. 


Hebatnya lagi, penggunaan material EVA menjadikan produk ini makin empuk digunakan. Produk ini adalah solusi cerdas bila Anda mencari hammock kucing yang berani menawarkan kenyamanan tanpa mengorbankan kelegaan ruang.

No.2

Bisa dipasang di jendela mobil, lho!

Cat hammock yang satu ini berbeda dengan window hammock biasanya. Lonjong dan plastik pengisapnya langsung menempel di badan hammock, produk ini dapat dipasang di jendela mobil Anda. Untuk Anda yang hobi jalan-jalan menggunakan mobil, produk ini pilihan yang bagus untuk membawa kucing kesayangan bersama Anda. 


Hammock ini juga mampu menahan bobot hingga 20 kg. Jadi, baik kitten maupun kucing dewasa Anda dapat ditahan dengan baik oleh produk ini. Menikmati pemandangan di luar sambil berkendara bersama kucing kesayangan Anda benar-benar mengasyikkan, bukan?

No.3

Ekstra kuat dan tahan banting

Bila Anda khawatir tentang keamanan cat hammock yang digantung, Anda bisa memilih produk ini sebagai alternatifnya. Cat hammock ini memiliki empat kaki sehingga lebih stabil saat diletakkan di lantai. 


Berbentuk seperti kasur, produk ini juga dapat menjadi pilihan lain sebagai tempat tidur untuk kucing Anda. Ditambah lagi, produk ini juga mampu menahan bobot hingga 35 kg. Bagi Anda yang memiliki kucing bertubuh gemuk, tentu lebih aman membelikan kucing kesayangan kasur gantung kucing ini.

No.4

Cat Hammock Wood Solid

Mulai dari Rp749.852,00

Cantik dan disukai kucing yang waspada

Bila Anda mencari cat hammock yang desainnya indah untuk dijadikan hiasan interior, kami merekomendasikan produk ini! Berbentuk setengah lingkaran dan terbuat dari kayu, hammock ini bisa membuat interior rumah Anda makin stylish


Apalagi jika diletakkan di dekat perabotan yang bahannya sama, hammock ini akan tampak harmonis. Selain itu, hammock tipe ini cocok untuk kucing yang waspada dengan ayunan hammock. Kucing Anda akan merasa aman, Anda pun senang!

No.5

Sunny SeatWindow Mounted Cat Bed

Mulai dari Rp368.000,00

Berjemur di bawah sinar matahari dengan nyaman

Kucing Anda suka melihat keluar dari jendela atau barangkali suka dengan tempat yang hangat? Kalau iya, berilah cat hammock ini untuknya! Cara pemasangannya sangat mudah. Anda tinggal tempelkan plastik pengisapnya di jendela yang terkena sinar matahari. Selain itu, kucing Anda yang lainnya bisa ikut naik, lho. Sesi sunbathing kucing kesayangan Anda kini lebih nyaman!

No.6

Cat Condo Hammock

Mulai dari Rp239.000,00

Hammock pada cat condo, unik dan praktis

Mungkin Anda mencari hammock kucing fungsional dan memiliki tampilan tidak biasa. Cat hammock ini akan memberikan jawabannya untuk Anda. Menggabungkan cat condo dengan hammock, produk ini terlihat unik. 


Selain itu, hal tersebut juga membuat kucing Anda dapat bermain dengan scratching post-nya atau tidur di hammock. Fungsional dan praktis! Tersedia dalam dua ukuran hammock yaitu 35 cm dan 40 cm, pilihlah varian yang ukurannya paling sesuai dengan kucing Anda.

No.7

Summer Breathable Mesh Cloth Hammock

Mulai dari Rp117.200,00

Bahan mesh-nya antigerah!

Negara tropis seperti Indonesia memiliki suhu yang cukup tinggi, apalagi di musim kemarau. Agar kucing bisa tidur tanpa merasa kepanasan, produk inilah solusinya. Bahannya terbuat dari mesh yang memiliki lubang-lubang kecil pada permukaannya. Udara akan masuk dari lubang tersebut dan langsung menyejukkan tubuh kucing.


Selain itu, cat hammock ini sangat tipis sehingga bisa dengan mudah Anda bawa saat bepergian. Anda tinggal lipat dan masukkan ke dalam tas tanpa butuh banyak space. Kini kucing Anda bisa bersantai tanpa kegerahan di mana saja!

No.8

Ayunan tidur gantung yang ekonomis

Mencari hammock tipe pengait untuk kucing besar Anda kadang tidak mudah. Namun, Anda tak perlu pusing lagi karena produk ini dapat membantu Anda menyediakannya. Mempunyai dimensi 40 cm x 50 cm, kucing besar juga muat dalam produk ini. Tak hanya itu, harga hammock kucing ini juga terjangkau. Jadi, jangan ragu untuk memilih produk ini, ya! 

No.9

Ayunan kucing gantung yang menambah nuansa ala bohemian

Cat hammock ini terbuat dari makrame yang menjuntai. Tampilan eksotis menjadikannya cocok dipilih untuk ditambahkan pada ruangan bernuansa bohemian atau natural. Produk ini dapat digantung di area yang Anda inginkan. Namun, pastikan untuk menggantungnya di lokasi yang dapat dijangkau oleh kucing Anda.


Ayunan kucing ini tidak termasuk bantal sehingga Anda harus menyediakan bantal untuk kucing Anda. Ukuran bantal yang disarankan adalah maksimal 40 cm. Dengan menggunakan ukuran tersebut sebagai referensi, pilihlah bantal dengan warna dan motif yang menarik.

No.10

Motif polkadot yang keren, hangat pula!

Nah, cat hammock yang ini cocok sekali digunakan bila cuaca sedang dingin. Terbuat dari bulu halus, produk ini akan memberikan kehangatan untuk kucing Anda dan sangat nyaman digunakan sebagai alas tidur. 


Mempunyai motif polkadot yang stylish dan lucu, hammock ini terlihat keren bila digantung di dalam kandang. Anda yang mencari hammock hangat bernuansa cute untuk ditiduri kucing kesayangan sebaiknya mempertimbangkan produk ini.

Cara membuat hammock kucing

Cara membuat hammock kucing

Kami juga akan menjelaskan tips DIY atau cara membuat hammock/ayunan kucing. Anda bahkan tidak perlu membeli kain atau membuat rangka baru. Ya, Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang sudah ada di rumah.


Lalu, bagaimana cara membuatnya?


  1. Siapkan handuk sebagai bahan utamanya. Kami sarankan Anda menggunakan handuk berukuran 30 cm x 70 cm atau 35 cm x 75 cm. Jika menggunakan handuk mandi, Anda dapat memotong atau melipatnya menjadi dua hingga berukuran sekitar 50 cm x 50 cm. Pastikan Anda menjahit ujung lipatan atau potongan kain untuk mencegah benang menjuntai
  2. Siapkan empat carabiner dan ring gantungan kunci untuk dipasang ke empat sudut handuk. Pilihlah carabiner dengan panjang sekitar 5-7 cm dan ring berdiameter 2,5-3 cm. 
  3. Masukan ring ke dalam carabiner. Ring ini akan menjadi bagian yang dipasang ke empat sudut handuk.
  4. Masukkan ujung ring ke bagian sudut handuk sampai tembus ke sisi lainnya. Apabila dirasa tebal, lubangi handuk terlebih dahulu dengan jarum atau gunting.
  5. Selanjutnya, pasang carabiner ke jeruji bagian atas. Dengan begitu, DIY cat hammock Anda sudah jadi!

Bagaimana bila kucing tidak lekas menaiki hammock?

Bagaimana bila kucing tidak lekas menaiki hammock?

Terkadang, sebagian kucing tidak langsung menaiki cat hammock yang telah dibeli. Kucing memiliki sifat waspada terhadap hal-hal yang baru pertama kali mereka lihat. 


Karena itu, biarpun sebenarnya tertarik, kucing akan mengobservasi keamanannya terlebih dahulu. Bila Anda memaksakan kucing untuk naik, bisa-bisa kucing menjadi takut dan kehilangan minat terhadap hammock-nya. Jadi, biarkan kucing terbiasa dengan sendirinya.


Selain itu, kucing bisa saja tidak menyukai tempat Anda memasang hammock. Ada juga kucing yang tidak tahan dengan bau barang baru. Jika kasusnya seperti ini, coba pindahkan hammock ke tempat kucing Anda biasa bersantai. Anda bisa juga meletakkan selimut atau mainan favorit kucing Anda di atasnya untuk menarik perhatian.

Baca juga rekomendasi produk perawatan lainnya untuk kucing di sini

Kesimpulan

Kucing yang bersantai sambil berayun-ayun di atas hammock akan terlihat sangat menggemaskan. Hal ini dapat menjadi kesenangan tersendiri bagi pemilik kucing. 


Tentunya Anda ingin kucing Anda dapat istirahat senyaman mungkin, bukan? Kalau begitu, jadikan artikel kali ini referensi Anda dalam menentukan cat hammock yang kira-kira akan disukai si meong, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer