• 10 Pembersih Telinga Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pembersih Telinga Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pembersih Telinga Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pembersih Telinga Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pembersih Telinga Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pembersih Telinga Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)

Alat pembersih telinga tak hanya berfungsi untuk membersihkan. Beberapa orang menggunakan alat pembersih telinga saat telinga terasa gatal. Ada banyak tipe alat pembersih telinga, seperti tipe spatula, spiral, dan sekrup. Bahannya pun beragam, mulai dari kayu hingga stainless steel.


Anda tak perlu bingung memilih alat pembersih telinga yang bagus karena di artikel ini kami akan menjelaskan cara memilihnya. Selain itu, kami pun merekomendasikan produk merek As Seen on Tv, Oogiebear, dan lain-lain. Kami juga berkolaborasi dengan dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba, dalam penulisan artikel ini. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Agustinus Purba
  • Pembaharuan terakhir: 29 Januari 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis THT-KL, dr. Agustinus HW Purba, M.Ked. (ORL-HNS), Sp.THT-KL

Profil pakar: Dokter spesialis THT-KL, dr. Agustinus HW Purba, M.Ked. (ORL-HNS), Sp.THT-KL

dr. Agustinus adalah dokter spesialis telinga hidung tenggorok kepala leher lulusan Universitas Sumatera Utara tahun 2018. Beliau berpengalaman menangani sinusitis, rinitis alergi, polip hidung, tonsilitis, snoring, serumen prop, dan sebagainya.


Saat ini beliau berpraktik pribadi di THT BEATRIX Medan dan RS Siloam Dhirga Surya Medan. Beliau memiliki prestasi sebagai runner-up Photo Competition International Sound Hearing 2019 Bali. Beliau juga menjadi juara tiga di Video Tiktok Competition Kongres Nasional PERHATI-KL 2020.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pembersih telinga

Sebelum membandingkan produk terbaik, kami akan memaparkan empat poin yang perlu diperhatikan ketika memilih alat pembersih telinga.

Sesuaikan bentuk pembersih telinga dengan jenis kotoran dan ukuran telinga

Hal terpenting saat memilih bentuk pembersih telinga adalah kenyamanan penggunaan. Terkadang, ukuran telinga dan jenis kotorannya tidak sesuai dengan alat pembersih telinga pilihan Anda. Maka dari itu, pilihlah bentuk yang sesuai dengan kebutuhan berdasarkan cirinya masing-masing.

Untuk kotoran kering: Tipe spatula yang lebih keras dan kaku

Untuk kotoran kering: Tipe spatula yang lebih keras dan kaku

Tipe spatula merupakan pembersih telinga dengan bentuk spatula tradisional. Tipe ini cocok digunakan untuk Anda yang menyukai bahan yang keras. Tipe ini terutama cocok untuk membersihkan jenis kotoran telinga yang kering.


Kami menyarankan bahan bambu, tetapi bahan logam antibakteri juga bagus dan higienis. Jika Anda memilih pembersih yang ujungnya sedikit lebih kecil, kotoran telinga tidak akan terdorong masuk ke dalam.


Namun, sebagian besar pembersih telinga spatula yang murah memiliki ujung yang kasar. Berhati-hatilah karena alat seperti ini dapat melukai liang telinga. Saat memilih alat pembersih telinga berbentuk spatula, utamakan kualitas dibandingkan harga yang murah.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Mengambil kotoran telinga kering dan sedikit dengan spatula keras dan kaku akan memudahkan pengambilan secara utuh. Sebaiknya pengambilannya dilakukan dengan visual atau penglihatan yang baik, bukan dengan perasaan saja. Dengan kata lain, ada orang lain yang melakukannya untuk Anda.


Penggunaan tipe spatula pada kotoran telinga kering dan jumlahnya banyak akan menyebabkan kotoran terdorong ke dalam dan melukai gendang telinga. Bahkan penggunaannya dapat merobek gendang telinga. Hal ini disebabkan oleh gendang telinga yang sangat tipis dan mudah robek.

Untuk kotoran basah dan kering: Tipe sekrup yang bisa membersihkan hingga 360 derajat

Untuk kotoran basah dan kering: Tipe sekrup yang bisa membersihkan hingga 360 derajat

Keuntungan dari tipe sekrup adalah dapat membersihkan seluruh permukaan hingga 360 derajat. Bahannya pun bermacam-macam, seperti stainless steel, titanium, plastik, dan karet. Bentuk dan ukuran sekrup juga tergantung pada produknya. Namun, tipe yang ramping dan spiral lebih mudah digunakan.

Bahan karet cocok untuk membersihkan berbagai kotoran telinga, tetapi lebih direkomendasikan untuk kotoran basah. Karena bahan karet cukup lunak, kotoran telinga yang lengket di pinggiran liang telinga dapat Anda jangkau dengan mudah.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Untuk tipe ini, Anda sebaiknya memilih yang berbahan lembut karena liang telinga berkulit tipis dan sensitivitas tiap orang berbeda. Penggunaannya lebih disarankan apabila volume kotoran baik basah maupun kering tidak terlalu banyak. Selain itu, tipe ini juga baik digunakan apabila posisi kotoran tidak terlalu dekat ke gendang telinga.

Untuk kotoran kering atau basah: Tipe spiral yang lebih mudah digunakan

Untuk kotoran kering atau basah: Tipe spiral yang lebih mudah digunakan

Pada dasarnya, tipe spiral memiliki kelebihan yang sama dengan tipe sekrup. Namun, karena memiliki ujung yang dibuat menyerupai pegas, tipe ini tidak membutuhkan banyak tenaga dari ujung jari Anda. Dengan gerakan zig-zag atau meliuk lembut di dalam telinga, Anda dapat mengambil seluruh kotoran telinga sekaligus membersihkannya.


Tipe spiral dapat membersihkan kotoran telinga kering dan basah. Namun, jika bagian ujungnya besar, kemungkinan alat tidak dapat mencapai hingga ke ujung dalam telinga. Kami tidak menyarankan Anda membeli tipe spiral dengan bagian ujung yang sangat besar. Periksalah terlebih dahulu sebelum membeli.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Sebaiknya pilih alat pembersih telinga tipe spiral yang berbahan lembut dan tidak tajam. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko tertusuk atau melukai kulit liang telinga dan gendang telinga. Alat tipe ini ditujukan untuk kotoran telinga baik basah maupun kering dengan volume kotoran sedikit. Selain itu, tipe ini ditujukan juga untuk kotoran yang posisinya tidak dekat dengan gendang telinga.

Pastikan bahannya lembut di kulit dan sesuai dengan lubang telinga

Pastikan bahannya lembut di kulit dan sesuai dengan lubang telinga

Selanjutnya, pilihlah alat pembersih telinga dengan bahan yang lembut di kulit dan sesuai dengan ukuran lubang telinga. Bahan baku pembersih telinga secara garis besar dibagi menjadi empat macam, yaitu kayu, logam, karet, dan plastik.


Bahan yang keras dapat menghilangkan kotoran telinga lebih mudah. Sementara itu, bahan yang lembut seperti karet atau plastik tidak akan melukai telinga Anda. Jika lubang telinga Anda sempit atau terasa sakit saat menggunakan pembersih telinga, sebaiknya pilihlah bahan yang lebih lembut.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Bahan lembut dan lentur lebih disarankan dalam pemilihan bahan alat pembersih telinga. Selain itu, tidak ada bagian yang tajam pada alat pembersih telinga juga lebih disarankan. Hal tersebut untuk mengurangi risiko luka dan iritasi pada kulit liang telinga dan gendang telinga.


Pemakaian alat pembersih disarankan hanya di luar atau sekitar bulu-bulu telinga. Hindari memasukkan alat pembersih ke dalam liang telinga. Terlebih bila alat tersebut digunakan hanya berdasarkan perasaan pasien sendiri tanpa ada yang melihat langsung arah pergerakan di dalam liang telinga.


Sensitivitas liang telinga berbeda pada tiap pasien. Meskipun disentuh pelan, pasien dengan telinga sensitif akan merasa sakit dan tidak nyaman. Ada juga pasien dengan telinga tidak terlalu sensitif. Meskipun liang telinga bagian dalamnya disentuh, pasien tersebut akan merasa nyaman-nyaman saja.

Pilih pembersih telinga yang mudah dibersihkan

Pilih pembersih telinga yang mudah dibersihkan

Ketika memilih alat pembersih telinga, Anda perlu memperhatikan bagian yang tersembunyi. Pembersih telinga digunakan untuk bagian telinga yang sensitif. Jika Anda tidak menjaganya tetap bersih, kemungkinan bakteri akan tumbuh melalui goresan kecil. Untuk mencegah dari hal berbahaya tersebut, pilihlah pembersih telinga yang mudah dibersihkan.


Bentuk pembersih telinga yang sederhana dapat dibersihkan hanya dengan diseka. Sementara itu, untuk tipe sekrup atau tipe spiral yang memiliki bentuk ujung rumit dapat dicuci dengan air dingin. Jika Anda khawatir, Anda bisa memilih produk dengan bahan antibakteri,

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Sebaiknya Anda memilih alat pembersih telinga yang mudah untuk dibersihkan karena alat tersebut pasti akan berinteraksi dengan kotoran telinga. Pada telinga yang terinfeksi tentu cairan infeksi ataupun darah akan menempel pada alat tersebut.


Alat yang kotor, terutama ada jamur yang menempel pada alat tersebut, akan lebih mudah menyebabkan infeksi pada telinga yang akan dibersihkan. Sisa kotoran telinga, sisa cairan infeksi, dan sisa darah dapat membuat alat pembersih telinga menjadi kotor.

Pilihlah pembersih telinga yang dapat membersihkan secara aman

Akhir-akhir ini, sudah ada produk pembersih telinga yang cocok dan aman, bahkan untuk anak-anak. Kami akan memperkenalkan dua macam pembersih telinga yang dapat membersihkan secara aman. Jika Anda tertarik, silakan membaca penjelasannya di bawah ini!

Ear cleaner atau pembersih telinga otomatis, mengisap kotoran sampai bersih

Ear cleaner atau pembersih telinga otomatis, mengisap kotoran sampai bersih

Ear cleaner merupakan pembersih telinga otomatis yang bertenaga listrik atau baterai. Dengan getaran yang dihasilkannya, kotoran yang ada di telinga dapat lebih mudah dikeluarkan dan disedot. 


Ear cleaner populer karena mampu membersihkan telinga tanpa risiko melukai. Pembersih telinga otomatis ini memang terkesan mahal, tetapi ada juga produsen yang menjual dengan harga sewajarnya.


Namun, mungkin beberapa orang tidak nyaman dengan suara listrik dan getaran yang ditimbulkan saat digunakan di liang telinga. Sebelum membeli, periksalah review dari orang-orang yang sudah memakainya.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Alat pembersih telinga otomatis yang menggunakan tenaga baterai sebaiknya digunakan pada liang telinga bagian luar sekitar bulu-bulu telinga. Daya hisap atau sedot alat tergantung tipe alat, kekuatan mesin, dan kekuatan baterai.


Apabila digunakan terlalu dalam, tentu akan berisiko melukai gendang telinga. Gendang telinga yang tipis dapat tersedot dan pendengaran akan berkurang permanen. Perhatikan kebersihan alat ini. Apabila ada sisa kotoran, jamur, sisa lendir infeksi yang tidak bersih dan menempel, alat tersebut akan menyebabkan infeksi pada telinga yang akan dibersihkan.

Pembersih telinga dengan LED, dapat melihat kotoran hingga bagian dalam

Pembersih telinga dengan LED, dapat melihat kotoran hingga bagian dalam

Pembersih telinga dengan LED merupakan pembersih telinga yang di ujungnya terdapat lampu. Ketika membersihkan telinga anak-anak dan lansia, tentu lebih sulit untuk melihat bagian dalam telinga. Namun, dengan adanya cahaya, Anda dapat dengan jelas melihat bagian terdalam. Jadi, telinga dapat dibersihkan dalam waktu yang lebih singkat. Di pasaran, kebanyakan pembersih telinga dengan LED adalah tipe manual (bukan otomatis).

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Alat pembersih telinga dengan lampu LED akan memudahkan untuk melihat ke dalam liang telinga. Struktur dan letak kotoran serta letak gendang telinga lebih mudah dievaluasi dengan alat pembersih tipe ini. Hal tersebut dipengaruhi kekuatan lampu dan baterai alat, model lekukan alat, dan posisi lampu pada alat tersebut.

10 Rekomendasi pembersih telinga terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pembersih telinga terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Agustinus Purba.

10

Visual USB WiFi LED Light Endoscope with Ear Cleaning Spoon

Mulai dari Rp 285.000,00

TipeLED (manual)
BahanPlastik (IP67 waterproof level)
BateraiTidak ada
Set1 pembersih telinga, 1 Wi-Fi transmitter, 1 USB
9

As Seen on TVThe Doctor's Ear Wax Cleaner

Mulai dari Rp 120.000,00

TipeEar cleaner (pembersih telinga otomatis), LED
BahanSilikon
Baterai2 baterai AAA
Set1 pembersih telinga, 3 kepala silikon
8
TipeSpatula, loop
BahanKaret (bebas lateks, BPA, PVC)
BateraiTidak ada
Set1 pembersih telinga dan hidung
7

Korek Kuping Kayu Bentuk Boneka

HP026

Mulai dari Rp 1.500,00

TipeSpatula
BahanKayu
BateraiTidak ada
Set1 pembersih telinga
6

Ear Pick Cleaner Stainless

BT-016

Mulai dari Rp 20.000,00

TipeSpatula, sekrup
BahanStainless steel
BateraiTidak ada
Set1 pembersih telinga
5

Alat Pembersih Telinga Elektrik

Mulai dari Rp 30.000,00

TipeEar cleaner (pembersih telinga otomatis)
BahanPlastik ABS, TPE
Baterai1 baterai AAA
Set1 pembersih telinga, 1 kuas, 2 kepala pembersih telinga
4

As Seen on TVWaxVac Ear Cleaner

Mulai dari Rp 15.900,00

TipeEar cleaner (pembersih telinga otomatis)
BahanSilikon, plastik
Baterai2 baterai AA
Set1 pembersih telinga, 8 kepala silikon, 1 kuas pembersih
3
TipeLED (manual)
BahanStainless steel
Baterai2 baterai AA
Set1 pembersih telinga, 2 kepala pembersih telinga, 1 pembersih telinga stainless steel, 1 pinset pengangkat kotoran telinga dengan LED, 1 pembuka tutup baterai
2
TipeSpiral
BahanKaret, plastik
BateraiTidak ada
Set1 pembersih telinga, 16 kepala sekali pakai
1
TipeSpiral, spatula, sekrup
BahanStainless steel
BateraiTidak ada
Set7 macam pembersih telinga

Tabel perbandingan produk pembersih telinga terbaik

Gambar produk
1
Ear Wax Picker 7 pcs 1

2
As Seen on TV Smart Ear Cleaner Swab 1

As Seen on TV

3
Korek Kuping LED Lampu Senter 1

4
As Seen on TV WaxVac Ear Cleaner 1

As Seen on TV

5
Alat Pembersih Telinga Elektrik 1

6
Ear Pick Cleaner Stainless  1

7
Korek Kuping Kayu Bentuk Boneka  1

8
Ooogiebear Chestrub Kit 1

Ooogiebear

9
As Seen on TV The Doctor's Ear Wax Cleaner 1

As Seen on TV

10
Visual USB WiFi LED Light Endoscope with Ear Cleaning Spoon 1

Nama produk

Ear Wax Picker 7 pcs

Smart Ear Cleaner Swab

Korek Kuping LED Lampu Senter

WaxVac Ear Cleaner

Alat Pembersih Telinga Elektrik

Ear Pick Cleaner Stainless

Korek Kuping Kayu Bentuk Boneka

Chestrub Kit

The Doctor's Ear Wax Cleaner

Visual USB WiFi LED Light Endoscope with Ear Cleaning Spoon

Keunggulan

Atasi kotoran kering hingga basah dengan tujuh macam pembersih telinga

Simpel! Cukup dengan memutar tiga kali, kotoran langsung go away

Dilengkapi pinset dengan LED untuk membersihkan telinga secara lebih teliti

Sahabat bagi seluruh anggota keluarga

Penyedot kotoran telinga yang mudah digunakan

Sering ceroboh saat membersihkan telinga? Desain antiselip solusinya

Bentuk bonekanya unik, membersihkan telinga jadi menyenangkan

Pembersih khusus untuk si buah hati

Lebih aman dengan produk rekomendasi dari dokter spesialis THT

Lihat secara langsung proses pembersihan telinga! Bersih maksimal secara aman!

Harga mulai dariRp 12.500,00Rp 8.500,00Rp 49.900,00Rp 15.900,00Rp 30.000,00Rp 20.000,00Rp 1.500,00Rp 175.000,00Rp 120.000,00Rp 285.000,00
TipeSpiral, spatula, sekrupSpiralLED (manual)Ear cleaner (pembersih telinga otomatis)Ear cleaner (pembersih telinga otomatis)Spatula, sekrupSpatulaSpatula, loopEar cleaner (pembersih telinga otomatis), LEDLED (manual)
BahanStainless steelKaret, plastikStainless steelSilikon, plastikPlastik ABS, TPEStainless steelKayuKaret (bebas lateks, BPA, PVC)SilikonPlastik (IP67 waterproof level)
BateraiTidak adaTidak ada2 baterai AA2 baterai AA1 baterai AAATidak adaTidak adaTidak ada2 baterai AAATidak ada
Set7 macam pembersih telinga1 pembersih telinga, 16 kepala sekali pakai1 pembersih telinga, 2 kepala pembersih telinga, 1 pembersih telinga stainless steel, 1 pinset pengangkat kotoran telinga dengan LED, 1 pembuka tutup baterai1 pembersih telinga, 8 kepala silikon, 1 kuas pembersih1 pembersih telinga, 1 kuas, 2 kepala pembersih telinga1 pembersih telinga1 pembersih telinga1 pembersih telinga dan hidung1 pembersih telinga, 3 kepala silikon1 pembersih telinga, 1 Wi-Fi transmitter, 1 USB
Tautan produk

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan telinga

Alat pembersih telinga memang mudah digunakan, tetapi Anda harus tetap berhati-hati. Hal ini karena bagian terdalam telinga merupakan bagian yang sensitif. Karena itu, kami akan memaparkan hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan pembersih telinga. Pastikan Anda menggunakan alat pembersih telinga dengan benar!

Cara membersihkan telinga dengan tepat dan aman

Cara membersihkan telinga dengan tepat dan aman

Anda dilarang menggunakan pembersih telinga hingga bagian terdalam telinga. Sebagian besar kotoran telinga menumpuk sekitar 1 cm dari lubang telinga. Jika Anda membersihkan terlalu dalam, kemungkinan kotoran telinga akan terdorong kembali ke bagian dalam.


Saat Anda menggunakan pembersih telinga, Anda mungkin ingin membersihkan sedalam mungkin. Namun, tetap saja sebaiknya Anda hanya memasukkan alat tersebut sejauh maksimal 1 cm dari lubang telinga.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Posisi yang aman untuk menggunakan alat pembersih adalah di liang telinga bagian depan yang terdapat bulu-bulu telinga. Hindari memasukkannya lebih dalam sebab berisiko melukai liang dan gendang telinga. Hindari mengorek telinga hanya bermodalkan perasaan sebab posisi masuknya alat tidak dapat dipantau.

Hindari membersihkan telinga setiap hari

Hindari membersihkan telinga setiap hari

Beberapa orang suka membersihkan telinga setiap hari. Namun, jika terlalu sering menggunakan pembersih telinga, kemungkinan risiko terkena infeksi bakteri menjadi lebih tinggi. Anda juga dapat terkena penyakit radang otitis externa dan ruam di saluran telinga.


Ada perbedaan pendapat di kalangan para dokter. Ada yang menyarankan untuk membersihkan telinga tiap 1–2 minggu sekali, ada juga yang berpendapat bahwa telinga tidak perlu dibersihkan sama sekali. Persamaannya, Anda tidak disarankan untuk membersihkan telinga setiap hari.


Orang yang sudah terbiasa membersihkan telinga setiap hari mungkin merasa tidak nyaman jika harus menghentikan kebiasaannya. Akan tetapi, untuk menjaga kesehatan telinga Anda, bersihkanlah telinga kurang dari dua kali dalam sebulan.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Produksi kotoran telinga berada di 1/3 liang telinga bagian depan yang terdapat kelenjar penghasil kotoran dan kelenjar penghasil minyak telinga. Produksi kotoran setiap orang berbeda baik dari segi jumlah maupun tekstur. Ada yang memiliki produksi kotoran aktif dan banyak, ada juga yang produksi kotoran sedikit.


Sebaiknya hindari membersihkan setiap hari dan ingat batas aman, yaitu sampai lokasi bulu-bulu telinga berada.

Tips dari dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba

Tips dari dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba

Produksi kotoran telinga berbeda baik dari segi volume atau jumlah maupun tekstur (kering, basah, atau lengket). Meskipun suami istri ataupun saudara kandung, model kotoran pasti akan berbeda.


Sebaiknya, Anda ke dokter THT untuk mengecek dan mengevaluasi model, tekstur, serta posisi kotoran telinga sekaligus membersihkannya. Hal tersebut perlu dilakukan minimal 6 bulan sekali. Dengan mengetahui model dan tekstur kotoran, Anda akan lebih mengetahui hal-hal berikut:

  • kondisi telinga,
  • model alat pembersih yang akan digunakan;
  • aman atau tidaknya memakai cairan pembersih; dan
  • kapan sebaiknya kontrol kembali.

Baca juga rekomendasi pembersih telinga lainnya di sini

Banyak orang menggunakan cotton bud atau pembersih telinga untuk membersihkan telinga. Namun, bagi sebagian orang mungkin akan bingung memilih produk terbaiknya. Jangan khawatir! Artikel di bawah ini akan merekomendasikan dan menjelaskan cara memilih cotton bud serta cairan pembersih telinga terbaik. Selamat membaca, ya!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan alat pembersih telinga yang sesuai dengan kebutuhan? Pembersih telinga yang nyaman tergantung pada bahan dan jenisnya. Namun, jangan menganggap bahwa semua alat pembersih telinga itu sama.


Terkadang, tidak semua produk sesuai dengan ukuran liang telinga Anda, bahkan bisa melukai telinga. Jagalah selalu kebersihan telinga, tetapi tetap perhatikan poin-poin yang disarankan saat membersihkan telinga. Semoga bermanfaat dan selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Masker Duckbill Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Duckbill Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu model masker yang paling banyak dicari saat ini ialah masker duckbill. Masker yang bentuknya menyerupai paruh bebek ini memiliki potongan yang pas di wajah dengan desain yang stylish. Bagian tengahnya diijahit secara vertikal menjadi lancip untuk memberi ruang ekstra pada area hidung dan mulut Anda.Khusus untuk Anda, kami akan memberikan tips memilih masker duckbill yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, kami juga akan membagikan ulasan merk masker duckbill yang bagus, seperti Sensi, Alkindo, I Care, dan BOSON. Mari baca review lengkapnya di bawah ini, ya!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Masker Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Masker sekali pakai atau disposable mask adalah pelindung wajah yang banyak dicari akhir-akhir ini. Masker ini umumnya terdiri dari beberapa lapisan, dilengkapi penyangga hidung, dan terbuat dari bahan nonwoven. Disposable mask dapat digunakan saat Anda sedang mengalami masalah kesehatan, berada di tempat berdebu, atau dikelilingi zat-zat berbahaya.Kali ini, kami akan menjelaskan beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk memilih disposable mask. Rekomendasi merek masker sekali pakai yang bagus, seperti Sensi, Pokana, Neppi, dan Softies juga akan kami berikan. Bacalah artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan ulasan lengkapnya!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Masker KF94 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker KF94 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, masker menjadi starter pack new normal yang wajib dibawa semua orang. Produk masker kesehatan pun makin beragam, salah satunya adalah masker KF94. Masker KF94 adalah salah satu jenis masker yang banyak disukai. Selain karena bentuknya fashionable, masker Korea ini juga memiliki tingkat filtrasi setinggi 94%.Kali ini kami akan mengulas masker KF94, baik untuk wanita dengan hijab sampai yang model earloop. Ada juga masker KF94 untuk anak sampai dewasa. Selain itu, Anda akan menemukan sepuluh merek masker KF94 yang bagus, seperti Sensi, JSP, dan Pokana. Yuk, simak informasinya!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mengecek kadar gula darah secara teratur adalah hal penting bila Anda memiliki riwayat penyakit diabetes. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan alat cek gula darah yang kini banyak beredar di pasaran. Anda dapat memilih alat dari berbagai produsen, seperti Abbott, Roche atau Xiaomi. Pemilihannya tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas cara memilih alat cek gula darah sekaligus merekomendasikan produk terbaiknya. Pilihlah alat yang dapat membantu Anda untuk memantau gula darah secara efektif!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Masker KN95 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker KN95 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini masker KN95 dianggap salah satu jenis masker yang memberikan perlindungan efektif. Masker yang satu ini mampu menyaring sampai 95% partikel udara, termasuk mencegah masuknya virus dan bakteri. Berbagai merek masker KN95 yang bagus bisa Anda pilih, misalnya Pokana, Sensi, serta 3M. Tentunya, harga masker KN95 yang dijual di apotik dan e-commerce berbeda-beda tergantung mereknya. Anda dapat menyimak poin-poin tips memilih dan rekomendasi produk berikut ini sebelum membeli masker KN95. Pastikan Anda menjatuhkan pilihan pada produk yang paling sesuai kebutuhan!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Termometer digital merupakan pengukur suhu yang saat ini umum digunakan untuk menggantikan termometer air raksa. Termometer ini tersedia dalam berbagai bentuk dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Merk ternama, seperti Beurer, Omron, dan Braun juga turut meramaikan pasar dengan produk-produknya. Anda mungkin jadi sedikit kebingungan untuk menentukan termometer yang tepat. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli termometer digital yang bagus. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi termometer digital terbaik yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lewatkan informasinya berikut ini, ya!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pulse Oximeter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pulse oximeter adalah alat yang berfungsi untuk memeriksa kondisi jantung dan paru-paru. Alat ini juga digunakan untuk mendeteksi happy hypoxia, kondisi saat kadar oksigen dalam darah sangat rendah. Happy hypoxia dapat menyebabkan organ utama dalam tubuh mengalami gagal fungsi dan berakibat fatal. Ada banyak produk pulse oximeter di pasaran, mulai dari Beurer, Elitech, Onemed, Contecmed, ChoiceMMed, dan lainnya. Cara menggunakannya pun beragam. Untuk itu, kami akan mengulas cara memilih pulse oximeter beserta harga dan rekomendasi produk terbaiknya. Perhatikan dengan saksama dan pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat membaca!
    Alat medis
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori