• 10 Obat Kutu Air - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Obat Kutu Air - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Obat Kutu Air - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Obat Kutu Air - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Obat Kutu Air - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Obat Kutu Air - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Rasa gatal di tangan, telapak kaki, dan jari-jari kaki sering kali merupakan gejala dari kutu air. Hal ini dapat mengganggu aktivitas, apalagi jika Anda sudah mencoba berbagai obat, tetapi tidak ada yang efektif menghilangkan kutu air.


Pemilihan obat kutu air yang ampuh tergantung pada jenis kutu air, area kulit yang terinfeksi, hingga kondisi penderita. Kami akan membahas cara memilih dan merekomendasikan beberapa merek obat kutu air, seperti Daktarin, Fungiderm, dan Kalpanax. Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Andina Bulan Sari. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Andina Bulan
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Andina Bulan Sari, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Andina Bulan Sari, SpKK

Dokter Andina Bulan Sari merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang lulus pada 2008. Pada 2009, Dokter Andina memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya pada program spesialis Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin di FKUI-RSCM.

Setelah lulus pada 2014, ibu dari dua orang anak ini aktif praktik di Klinik Sakti Medika Tebet, RS Omni Pekayon, dan Zap Premiere Sumarecon Mall Bekasi. Wanita yang tertarik pada bidang kosmetik, infeksi menular seksual, dan alergi imunologi ini bisa ditemui melalui akun Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih obat kutu air

Di pasaran terdapat berbagai jenis obat kutu air dengan karakteristiknya masing-masing. Pertama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilihnya untuk memudahkan Anda menemukan produk yang tepat.

Pilih obat kutu air berdasarkan tipenya

Secara garis besar, obat kutu air terbagi menjadi tipe cair, krim, salep, dan spray. Selain itu, ada juga obat kutu air berbentuk tablet meskipun tipe ini kurang lazim ditemukan. Pemilihan jenis obat sendiri tergantung pada gejala dan area kulit yang terinfeksi. Simak kelebihan dan kekurangan dari tiap-tiap tipe obat kutu air pada penjelasan berikut ini.

Tipe cair, menyerap dengan baik pada kulit tanpa mengotori tangan

Tipe cair, menyerap dengan baik pada kulit tanpa mengotori tangan

Tipe obat ini direkomendasikan jika Anda ingin mengobati kutu air tanpa mengotori tangan. Obat tipe cair dapat menyerap ke dalam kulit dengan baik dan mudah dioleskan sehingga Anda akan nyaman menggunakannya. Beberapa produk obat yang berbentuk cair memiliki sensasi menyegarkan. Dalam penggunaannya, tipe ini direkomendasikan untuk jenis permukaan kulit yang kering.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan kandungan di dalamnya. Ada sebagian obat kutu air cair yang mengandung alkohol. Jenis obat seperti ini bisa mengakibatkan permukaan kulit yang pecah-pecah akibat infeksi terasa perih dan meninggalkan ruam.

Tipe krim, cocok digunakan saat kondisi kulit terkelupas atau melepuh

Tipe krim, cocok digunakan saat kondisi kulit terkelupas atau melepuh

Sebagian besar obat kutu air yang ada di pasaran berbentuk krim. Hal ini karena obat berbentuk krim biasanya dapat digunakan di semua gejala kutu air. Kebanyakan obat tipe krim terasa lengket. Namun, kini makin banyak produk bertipe krim mudah diratakan dan tidak terasa terlalu lengket di kulit.


Obat yang berbentuk krim direkomendasikan jika Anda terkena kutu air dengan kondisi kulit terkelupas atau melepuh. Meski demikian, jika area kulit yang terkena kutu air adalah area lembap, sebaiknya hindari obat tipe krim. Penggunaan tipe ini juga sebaiknya dihindari jika kulit yang terpapar kutu air mengalami luka karena dapat memperburuk infeksinya.

Tipe salep, memiliki tingkat iritasi ringan dan dapat melindungi kulit

Tipe salep, memiliki tingkat iritasi ringan dan dapat melindungi kulit

Obat yang berbentuk salep menggunakan perawatan berbasis petroleum jelly. Maka dari itu, tipe salep mempunyai tingkat iritasi rendah dan mampu melindungi kulit secara signifikan.


Penggunaan salep direkomendasikan jika daerah yang terkena kutu air adalah area yang kaku atau menyakitkan. Namun, berhubung tipe ini mengandung banyak minyak, tangan Anda mungkin akan terasa lengket dan tidak nyaman setelah penggunaan.

Tipe spray, mudah digunakan tanpa perlu menyentuh area yang teinfeksi

Tipe spray, mudah digunakan tanpa perlu menyentuh area yang teinfeksi

Keuntungan obat kutu air tipe spray adalah bisa digunakan tanpa harus menyentuh langsung area yang terinfeksi. Selain tidak lengket, Anda juga akan lebih nyaman menggunakannya. Obat tipe ini direkomendasikan untuk mengobati kutu air dengan tipe lembap.


Namun, mungkin Anda akan kesulitan menyemprotkannya pada area yang kecil. Selain itu, sayangnya tipe spray juga masih cukup sulit ditemukan di Indonesia.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Ketika memilih obat antijamur yang diberikan secara oral (sediaan minum) ataupun topikal (sediaan oles), sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut:


  • Luas lesi: apabila lokasi infeksi jamur pada kulit yang terkena cukup luas, obat antijamur lebih efektif diberikan secara oral dibandingkan topikal. Obat antijamur juga bisa diberikan secara kombinasi jika lokasi infeksi cukup luas.
  • Gangguan hepar: apabila terdapat riwayat gangguan hepar atau kecurigaan, sebaiknya dilakukan pemeriksaan laboratorium terlebih dahulu untuk pemberian obat antijamur oral.
  • Area lesi: lesi jamur yang mengenai area berambut dan kuku lebih efektif diatasi dengan pemberian obat antijamur oral. Biasanya topikal diberikan juga sebagai kombinasi.

Oleh karena itu, sebaiknya penggunaan obat antijamur oral haruslah melalui pertimbangan dan resep dokter. Jika diminum dengan dosis yang tidak tepat dan berlebihan, obat antijamur bisa menyebabkan gangguan hati dan risiko efek samping lainnya.


Pemilihan sediaan topikal untuk obat antijamur sebenarnya sama dengan pemilihan obat topikal secara umum. Bentuk krim digunakan untuk area lesi yang tidak luas. Sementara itu, untuk area lesi lebih luas, biasanya bentuk cair atau lotion lebih dipilih. Untuk lesi kulit yang tebal dan bersisik, sediaan salep/ointment lebih dipilih karena dapat memberikan penetrasi lebih dalam.

Perhatikan bahan aktif antijamur yang digunakan

Perhatikan bahan aktif antijamur yang digunakan

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah melihat komposisi aktif antijamur dalam setiap produk. Beberapa kandungan yang biasa digunakan untuk menyembuhkan kutu air adalah terbafine hydrochloride, butenafine hydrochloride, dan miconazole nitrate. Bahan-bahan ini berfungsi untuk membunuh Trichophyton (sejenis jamur) yang menyebabkan kutu air pada kulit.


Namun, setiap bahan tersebut memiliki kecocokannya masing-masing dengan gejala yang dialami. Jika obat yang digunakan tidak bekerja dengan baik, Anda bisa mengganti obat dengan kandungan zat antijamur lainnya. Jika masih juga tidak membaik, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan tenaga medis.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Bahan aktif antijamur yang digunakan tentunya harus disesuaikan dengan jamur penyebab. Oleh karena itu, penting dilakukan penegakan diagnosis yang tepat agar pemberian obat juga tepat. Apabila diagnosis gatal disebabkan jamur Dermatophyta (tinea pedis dan manus) atau kutu air, beberapa kandungan obat yang tepat adalah sebagai berikut:


  • Golongan alilamin (terbinafin): kandungan ini menjadi pilihan utama pada infeksi Dermatophyta karena bersifat fungisidal (membunuh jamur) terhadap Dermatophyta. Bahan ini juga bersifat fungistatik (menghambat pertumbuhan jamur) pada infeksi jamur Candida sp. Selain itu, bahan ini juga bekerja dengan cara menekan enzim squalene epoxidase sehingga menghambat pembentukan ergosterol. Bahan ini terdapat pada sediaan oral dan topikal.
  • Golongan azol: kandungan ini bekerja dengan cara menghambat enzim demetilase yang merupakan enzim pada jamur. Enzim demetilase bergantung pada sitokrom P450 yang mengatalisis tahapan konversi lanosterol menjadi ergosterol. Untuk sediaan oral, ada ketokonazol, itrakonazol, dan flukonazol. Sementara itu, ketokonazol, mikonazol, dan clotrimazol terdapat pada sediaan topikal.
  • Griseofulvin: kandungan ini merupakan derivat metabolit Penicillium griseofulvum yang bersifat fungistatik dan menghambat pertumbuhan serta proliferasi sel jamur. Kandungan ini hanya mempunyai efek pada infeksi jamur Dermatophyta, tetapi tidak pada infeksi jamur lainnya. Kandungan ini hanya terdapat sediaan oral.
  • Terdapat beberapa bahan lain yang mempunyai aktivitas germisidal luas dan keratolitik yang bisa dikombinasikan dalam preparat antijamur, misalnya: asam salisilat, sulfur presipitatum, asam benzoic, dan povidone iodine.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian obat antijamur adalah sebagai berikut.

  1. Perlu diingat bahwa pada infeksi jamur tidak boleh menggunakan obat oral/topikal yang mengandung steroid. Steroid akan menyebabkan infeksi jamur makin meluas dan berat. Ada beberapa preparat obat antijamur topikal yang dikombinasikan dengan steroid potensi ringan. Obat tersebut bisa digunakan jika peradangan akibat infeksi jamur cukup hebat. Namun, tentunya penggunaannya harus dengan pertimbangan dan pengawasan dari dokter.
  2. Penggunaan ketokonazol oral saat ini sudah dibatasi oleh FDA. Ketokonazol oral tidak diperbolehkan lagi digunakan sebagai terapi infeksi jamur kulit dan kuku. Hal ini disebabkan risiko gangguan hepar yang berat, gangguan kelenjar adrenal, dan besarnya risiko berinteraksi dengan obat-obatan lain. Ketokonazol oral boleh digunakan sebagai terapi infeksi jamur yang berat jika tidak ada terapi antijamur lain yang tersedia.

Periksa keberadaan bahan yang meredakan rasa gatal dan disinfektan

Periksa keberadaan bahan yang meredakan rasa gatal dan disinfektan

Penggunaan obat kutu air harus dilakukan secara kontinu sampai benar-benar sembuh. Selain memperhatikan komposisi bahan aktif untuk mengatasi masalah jamur, Anda juga perlu melihat beberapa kandungan tambahan lainnya.


Bahan tambahan tersebut berfungsi untuk perawatan lanjutan seperti mengurangi rasa gatal atau mensterilkan dan mendisinfeksi daerah yang terinfeksi. Kemudian, ada juga kandungan untuk menekan area yang mengalami peradangan dan melembutkan bagian kulit yang terkena kutu air.


Misalnya, jika Anda ingin mengurangi rasa gatal, sebaiknya pilihlah obat yang mengandung lidocaine dan crotamiton. Ketika Anda ingin mensterilkan atau mendisinfeksi area yang terkena kutu air, gunakan obat yang mengandung isopropylmethylphenol. Nah, apabila Anda ingin mengurangi peradangan, gunakan glycyrrhizic acid.

Pilih produk dengan kandungan bahan menyegarkan

Pilih produk dengan kandungan bahan menyegarkan

Ketika memilih obat kutu air, penting untuk memperhatikan komponen utama dan subkomponen antijamurnya. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memeriksa ada tidaknya bahan yang memberikan efek segar pada kulit.


Saat kulit Anda terkena kutu air, biasanya area yang terinfeksi terasa gatal sehingga tanpa sadar Anda menggaruknya. Dengan adanya bahan yang memberi rasa segar, gatal akan mereda. Anda pun jadi tidak perlu menggaruk area yang terinfeksi.


Kami merekomendasikan obat yang mengandung mentol karena memiliki sensasi menyegarkan. Mentol dapat menjaga area kulit yang sedang diobati agar tidak gatal. Saat area kulit yang terinfeksi tidak gatal, Anda tidak akan menggaruknya sehingga tidak ada kulit yang tergores. Maka dari itu, tidak ada kerusakan pada kulit.


Menggaruk area yang terkena kutu air justru bisa menimbulkan masalah baru pada bagian kulit tersebut. Oleh karena itu, cobalah memilih obat dengan kandungan mentol yang akan memberikan sensasi dingin dan segar pada kulit.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Obat antijamur topikal yang dijual bebas di pasaran beberapa ada yang dikombinasikan dengan bahan lain untuk mengurangi rasa gatal. Contoh bahan lain tersebut adalah menthol dan camphora. Ada juga yang dikombinasikan dengan bahan disinfektan seperti povidon iodin yang juga mempunyai aktivitas germisidal luas.

10 Rekomendasi obat kutu air

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk obat kutu air yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Andina Bulan.

Komposisi utamaSalicylic acid, benzoic acid, sulfur praecipitatum, menthol, camphora
Manfaat komposisi tambahanMengatasi sisik dan peradangan kulit, mengurangi gatal
Pemakaian3 kali sehari
Volume6 gram
Komposisi utamaMiconazole nitrate
Manfaat komposisi tambahanDingin di kulit
Pemakaian2 kali sehari
Volume5 gram
Komposisi utamaSulfur praecipitatum, asam benzoat, asam salisilat, camphora, menthol
Manfaat komposisi tambahanMenyegarkan, menghilangkan sisik kasar, mengurangi gatal
Pemakaian1–2 kali sehari
Volume 10 gram
Komposisi utamaClotrimazole
Manfaat komposisi tambahanTidak disebutkan
Pemakaian2–3 kali sehari
Volume5 gram dan 10 gram
Komposisi utamaKetoconazole
Manfaat komposisi tambahanTidak disebutkan
Pemakaian1 tablet sehari
Volume200 mg
Komposisi utamaMiconazole nitrate 2%
Manfaat komposisi tambahanTidak disebutkan
Pemakaian2 kali sehari
Volume5 gram dan 10 gram
Komposisi utamaSalicylic acic, benzoic acid, menthol, camphora, tea tree oil
Manfaat komposisi tambahanMeredakan inflamasi
Pemakaian3 kali sehari
Volume10 ml
Komposisi utamaClotrimazole
Manfaat komposisi tambahanMeredakan gatal
Pemakaian2–3 kali sehari
Volume5 gram
Komposisi utamaTerbinafine HCl
Manfaat komposisi tambahanTidak disebutkan
Pemakaian1–2 kali sehari
Volume5 gram
Komposisi utamaKlotrimazol
Manfaat komposisi tambahanTidak disebutkan
Pemakaian2–3 kali sehari
Volume5 gram dan 10 gram

Tabel perbandingan produk obat kutu air

Gambar produk
Obat Kutu Air Interbat Interbi 1

Interbat

Obat Kutu Air Medikon Prima Laboratories Medisten Cream 1

Medikon Prima Laboratories

Obat Kutu Air Balatif Resida SC Cair 1

Balatif

Obat Kutu Air Janssen-Cilag Daktarin Cream 1

Janssen-Cilag

Obat Kutu Air Dexa Medica Ketoconazole Tablet 1

Dexa Medica

Obat Kutu Air Konimex Fungiderm 1

Konimex

Obat Kutu Air Afiat Pagoda Extra Salep  1

Afiat

Obat Kutu Air Kalbe Kalpanax Krim 1

Kalbe

Obat Kutu Air MECCAYA Salep Kulit 88 1

MECCAYA

Nama produk

Interbi

Medisten Cream

Resida SC Cair

Daktarin Cream

Ketoconazole Tablet

Fungiderm

Pagoda Extra Salep

Kalpanax Krim

Salep Kulit 88

Keunggulan

Waktu penyembuhan jadi lebih singkat

Sembuhkan kutu air si kecil tanpa rasa khawatir

Mengandung bahan germisida yang efektif membunuh mikroba

Ampuh atasi hingga superinfeksi bakteri gram positif

Pengobatan dari dalam, pilihan saat infeksi tak kunjung sembuh

Basmi jamur hingga tuntas, bahkan yang ada di kuku!

Kombinasi mentol dan camphora yang ampuh menghilangkan rasa gatal

Aromanya harum, daya kerjanya pun cepat

Tutup versi putar, aman untuk dibawa ke mana-mana

Harga mulai dariRp 35.000,00Rp 9.500,00Rp 8.000,00Rp 27.900,00Rp 25.000,00Rp 15.400,00Rp 6.000,00Rp 16.000,00Rp 10.500,00
Komposisi utamaTerbinafine HClClotrimazoleSalicylic acic, benzoic acid, menthol, camphora, tea tree oilMiconazole nitrate 2%KetoconazoleClotrimazoleSulfur praecipitatum, asam benzoat, asam salisilat, camphora, mentholMiconazole nitrateSalicylic acid, benzoic acid, sulfur praecipitatum, menthol, camphora
Manfaat komposisi tambahanTidak disebutkanMeredakan gatalMeredakan inflamasiTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanMenyegarkan, menghilangkan sisik kasar, mengurangi gatalDingin di kulitMengatasi sisik dan peradangan kulit, mengurangi gatal
Pemakaian1–2 kali sehari2–3 kali sehari3 kali sehari2 kali sehari1 tablet sehari2–3 kali sehari1–2 kali sehari2 kali sehari3 kali sehari
Volume5 gram5 gram10 ml5 gram dan 10 gram200 mg5 gram dan 10 gram10 gram5 gram6 gram
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Andina Bulan Sari

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Andina Bulan Sari

Kutu air merupakan istilah awam yang sering dikaitkan dengan kondisi gatal di area telapak tangan dan kaki, serta jari tangan dan kaki. Kutu air biasanya disebabkan oleh infeksi jamur jenis Dermatophyta. Jamur tersebut dikenal dengan istilah medis tinea pedis (pada kaki) dan tinea manus (pada tangan). Bentuk infeksi tinea pedis dan manus ada beberapa jenis, yaitu:

  1. Tipe interdigitalis: terdapat lesi pada sela jari kaki dan tangan dan berseling sela jari ketiga sampai kelima. Tipe ini biasanya sering terdapat maserasi, gatal, dan menimbulkan bau.
  2. Tipe hiperkeratotik kronik (moccasin foot): terdapat lesi di sebagian atau keseluruhan telapak kaki dan mengenai bagian tepi ataupun tengah. Tipe ini biasanya berupa bercak tebal kemerahan yang bersisik putih.
  3. Tipe vesikobulosa: terdapat lenting-lenting isi cairan di area telapak kaki.

Menegakkan diagnosis tinea pedis dan manus berdasarkan klinis (anamnesis dan pemeriksaan fisik) juga dibantu dengan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan KOH dari kerokan kulit. Apabila ditemukan, artrospora dan hifa sejati dapat menegakkan diagnosis. Bisa juga dilakukan pemeriksaan lanjutan berupa kultur untuk lebih mengetahui jenis jamur penyebab.


Namun, yang perlu diingat adalah diagnosis banding yang sangat banyak untuk keluhan gatal di telapak tangan dan kaki, serta jari-jari tangan dan kaki. Hal tersebut bisa disebabkan oleh kondisi noninfeksi, misalnya dermatitis kontak alergi/iritan, atau hand dermatitis lain. Hand dermatitis misalnya yang berkaitan dengan dermatitis atopik.


Selain itu, terdapat juga penyebab lain seperti infeksi jamur bentuk lain, misalnya Candida yang sering kali mengenai area lipatan tangan dan kaki. Candida juga bisa disebabkan oleh infeksi parasit, misalnya pada skabies.


Oleh karena itu, jika terdapat keluhan gatal di telapak kaki dan tangan, serta jari tangan dan kaki yang tidak kunjung sembuh, hendaknya segera diperiksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Pemeriksaan tersebut untuk mengetahui penyebab yang pasti sehingga dapat diberikan pengobatan yang tepat.

Baca juga rekomendasi produk perawatan kulit lainnya di sini

Tidak hanya obat kutu air, Anda juga dapat melihat beberapa produk perawatan kulit rekomendasi kami di artikel berikut. Temukan pembahasan mengenai krim untuk mengobati jerawat di punggung, foot mask, atau foot spray. Anda bisa membacanya pada link di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca pembahasan kali ini, apakah Anda telah menemukan produk yang tepat? Kami telah mengulas hal penting yang perlu diperhatikan ketika mencari obat kutu air. Ingatlah untuk memilih obat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu, rasa gatal menyebalkan di kaki maupun tangan akan segera hilang!


Jangan lupa juga untuk memperhatikan kandungan di dalam tiap obat dengan cermat. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika musim kemarau tiba, tak jarang kondisi lingkungan menjadi kering serta berdebu sehingga menyebabkan mata gatal dan berair. Pada saat seperti ini, obat tetes mata untuk mata gatal bisa menjadi penyelamat. Namun, karena penyebab mata gatal sebenarnya bermacam-macam, mungkin akan membingungkan untuk memilih obat tetes mata yang tepat.Untuk itu, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai penyebab mata gatal, kandungan obat tetes mata yang tepat untuk mengobatinya, dan memberikan rekomendasi produknya. Ada obat tetes mata yang bagus, seperti dari merk Visine, Insto, Rohto, dan lainnya. Simak pembahasannya berikut ini!
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Produk-produk dari merk ternama, seperti Insto, Rohto, serta Visine pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
  • 8 Rekomendasi Lotion Calamine Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Lotion Calamine Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lotion calamine adalah obat oles yang bermanfaat untuk meredakan gatal dan biduran. Selain itu, calamine lotion juga ampuh mengatasi cacar air, scabies, hingga meringankan reaksi kulit terhadap racun tanaman. Karena memiliki banyak manfaat, lotion calamine tak hanya digunakan orang dewasa, bayi dan ibu hamil juga dapat memakainya.Namun, tentu tak sembarang lotion calamine bisa digunakan, ya. Supaya Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih lotion calamine terbaik. Delapan rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Caladine, juga telah kami siapkan. Harganya pun bervariasi. Jadi, mari disimak!
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit merupakan pelindung tubuh dari lingkungan sekitar sehingga rentan mengalami luka. Bila Anda menjalani operasi, proses operasi juga biasanya meninggalkan luka di kulit. Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka. Langkah paling sederhana adalah dengan menggunakan salep penghilang bekas luka.Salep penghilang bekas luka memiliki berbagai bahan aktif untuk membuat kulit kembali mulus. Dalam artikel ini, kami akan mengulas tips memilih salep dengan bahan yang pas untuk Anda, serta memberi rekomendasi produk pilihan. Berbagai produk, seperti merk Dermatix, Mederma, dan Laderma, ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Obat-obatan
  • 10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Obat sakit perut dikonsumsi untuk meredakan gangguan perut, seperti mules, nyeri, perut melilit, diare, dan sebagainya. Untuk mengatasinya, banyak masyarakat memilih membeli obat herbal atau obat sakit perut di apotek. Tidak hanya orang dewasa saja, banyak juga anak-anak yang membutuhkan obat sakit perut khusus anak.Anda tentu saja tidak boleh sembarangan memilih obat sakit perut. Bersama dengan dokter umum, Annisa, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih obat sakit perut yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek obat sakit perut yang bagus, seperti Mylanta, Tay Pin San, dan Polysilane.
    Obat-obatan
  • 10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Saat beraktivitas, Anda bisa saja mengalami kecelakaan, seperti terkena setrika, tersiram air atau minyak panas, dan terkena knalpot. Karena itu, penting untuk menyediakan salep luka bakar yang aman di kotak obat. Namun, salep luka bakar apa yang sebaiknya Anda beli?Untuk mengetahui tentang salep luka bakar, bacalah artikel ini sampai habis. Anda akan mendapatkan tips memilih salep luka bakar yang bagus, serta rekomendasi produknya. Salep dari berbagai merek terkenal, seperti Bioplacenton, Burnazin, dan Mebo, juga akan kami bahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. Selamat membaca!
    Obat-obatan
  • 10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sedang mengalami bersin-bersin, hidung tersumbat, atau meriang? Jika ya, mungkin Anda sedang terkena flu. Anda perlu segera mengonsumsi obat flu yang bagus. Anda bisa menemukan beragam obat flu di pasaran. Ada jenis obat flu biasa, obat flu dan batuk, hingga obat flu yang tidak menyebabkan kantuk.Kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli obat flu. Anda juga dapat menyimak rekomendasi obat flu, mulai dari produk dari merek Panadol, Bodrex, Procold, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori