• 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Lem kuat atau lem super dapat melekatkan berbagai permukaan benda dengan erat. Lem ini adalah sahabat bagi Anda yang gemar membuat kerajinan tangan DIY (do-it-yourself) atau sekadar untuk memperbaiki bagian barang. Namun, ada banyak merek dan tipe lem kuat di pasaran. Tahukah Anda produk seperti apa yang bagus dan berkualitas?


Kami telah mengumpulkan informasi mengenai lem kuat dengan performa baik dan ramah di kantong. Kami juga akan memaparkan tips menggunakannya. Terdapat berbagai merek lem kuat di pasaran, seperti UHU dan Aica-Aibon. Temukan produk yang paling pas dengan tujuan penggunaan Anda!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih lem kuat

Sebelum membeli lem kuat, Anda sebaiknya mengetahui cara memilih lem kuat yang baik terlebih dahulu. Untuk penjelasan lebih lengkapnya silakan Anda scroll sampai bawah, ya!

Tentukan penggunaannya terlebih dahulu

Memilih lem kuat yang sesuai dengan penggunaan merupakan hal penting. Dalam hal ini, Anda bisa memilih berdasarkan material objek yang ingin Anda lekatkan. Jika salah membeli lem, bisa-bisa benda tidak melekat dengan baik dan sisa lem tak akan terpakai. Tentunya Anda tidak ingin uang yang dikeluarkan untuk membeli lem terbuang dengan percuma, bukan?

Tipe serbaguna, praktis untuk melekatkan berbagai material

Tipe serbaguna, praktis untuk melekatkan berbagai material

Lem serbaguna ini mengandung komponen utama yang disebut cyanoacrylate. Zat ini dicampurkan dengan resin sintetis sehingga mampu merekatkan beragam material. Karena itu, lem ini tidak hanya mampu melekatkan benda yang materialnya sama, tetapi juga melekatkan benda yang materialnya berbeda.


Namun, bukan berarti Anda bisa menggunakannya pada bahan yang sulit direkatkan. Untuk keperluan tersebut, Anda bisa menggunakan lem khusus yang akan kami perkenalkan nanti.

Lem kuat khusus, sangat memahami karakter material

Lem kuat khusus, sangat memahami karakter material

Lem kuat memiliki daya rekat lebih baik dibandingkan lem lainnya. Namun, tetap saja Anda memerlukan lem kuat khusus untuk menangani material tertentu. Misalnya, plastik polyethylene dan polypropylene tak bisa melekat dengan lem kuat biasa. Begitu pun material seperti kayu, karet, logam, atau kulit, akan membutuhkan lem kuat khusus.


Lem kuat tipe khusus biasanya memiliki primer. Cara menggunakannya adalah mengaplikasikan primer terlebih dahulu, baru kemudian mengaplikasikan lemnya. Dengan demikian, primer berada di antara benda dan lem sehingga membuatnya menempel dengan baik.


Meskipun begitu, kini banyak produsen lem kuat yang makin inovatif. Produsen mulai mengembangkan lem yang bukan khusus plastik, tetapi mampu merekatkan plastik dengan kuat. Beberapa di antaranya akan diulas dalam rekomendasi produk di bawah ini. Apakah Anda sedang mencari lem khusus? Kami punya beberapa artikel yang mungkin dapat membantu. Silakan klik tautan di bawah ini.

Ketahui berbagai tipe aplikator lem kuat

Daya lekat yang kuat mungkin membuat proses mengoleskan lem tidak bisa dilakukan dengan tangan telanjang. Karena itu, Anda butuh aplikator. Pilihlah aplikator yang tepat untuk mendapatkan hasil optimal.

Kuas, untuk mengoleskan lem pada benda berpermukaan luas

Kuas, untuk mengoleskan lem pada benda berpermukaan luas

Jika Anda hendak mengoleskan lem kuat di permukaan yang luas, pilih lem kuat yang dilengkapi aplikator kuas. Anda bisa mengoleskannya secara merata. Selain itu, proses pengolesannya akan berjalan lebih cepat


Anda tidak perlu takut lem kuat mengering sebelum semua bagian terolesi lem. Beberapa lem memang sudah dilengkapi kuas, tetapi ada juga produk yang tidak dilengkapi kuas. Jika demikian, Anda mungkin harus membeli kuas secara terpisah.

Nozzle, untuk melekatkan benda berukuran kecil

Nozzle, untuk melekatkan benda berukuran kecil

Sebaliknya, jika Anda berencana melekatkan benda berukuran mungil, tentunya akan lebih mudah menggunakan nozzle. Lem kuat akan jatuh ke tempat yang Anda sasar dengan lebih tepat. Ukuran nozzle bermacam-macam. Anda tinggal menyesuaikannya seturut ukuran benda. Makin kecil benda yang akan dilekatkan, gunakan nozzle yang dengan diameter mulut yang kecil pula.

Perhatikan tekstur material lem kuat

Perhatikan tekstur material lem kuat

Terdapat dua tipe lem kuat, yaitu tipe gel dan cair. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Tipe cair meresap dengan cepat dan mudah untuk masuk ke celah-celah permukaan material. Karena itu, tipe cair cocok digunakan untuk bahan plastik.


Sebaliknya, lem tipe cair tidak terlalu cocok untuk bahan kayu karena akan meresap dengan cepat. Sebagai gantinya Anda bisa memilih lem tipe gel untuk digunakan pada bahan kayu.


Daya lekat pada setiap lem kuat juga pastinya berbeda-beda, mulai dari rendah, sedang, hingga tinggi. Oleh karena itu, pilihlah lem sesuai dengan material yang ingin Anda lekatkan.

Kenali fitur tambahan lem kuat

Kenali fitur tambahan lem kuat

Beberapa lem kuat rentan akan guncangan (shock). Akibatnya, benda yang dilekatkan bisa lepas saat terjatuh. Untuk benda dengan beban berat atau rentan rusak, contohnya mainan plastik, sebaiknya pilih tipe shock resistant.


Lem kuat berfitur shock resistant akan tetap elastis apabila diaplikasikan pada karet sintetis, bahkan setelah kering. Sifat elastis itulah yang membuat lem tetap melekat walaupun terbentur atau terjatuh.


Fitur lainnya adalah tahan panas dan tahan air. Lem kuat dengan fitur tersebut cocok untuk melekatkan benda yang ada di luar ruangan atau kerap terkena air. Tambahan lagi, bagi Anda yang tidak tahan dengan bau lem kuat yang menyengat, lem tanpa bau layak untuk dipertimbangkan.

Sesuaikan ukuran lem kuat dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan ukuran lem kuat dengan kebutuhan Anda

Lem kuat dapat mengering bila terkena lembapnya udara dan cahaya. Sebaiknya, Anda menyeka ujung aplikator lem setelah menggunakannya agar tidak tersumbat. Namun, seiring dengan waktu, lem akan tetap mengeras walaupun Anda telah melakukan hal tersebut. 


Bagi Anda yang tidak terlalu sering menggunakan lem kuat, tipe pak sangat disarankan. Jadi, Anda bisa menggunakannya kapan pun Anda mau. Bahkan jika lem mengering, Anda hanya perlu membuang sedikit.

10 Rekomendasi lem kuat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lem kuat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Digunakan untukPlastik, kayu, metal, keramik, karet, kulit, kertas
Tipe aplikatorNozzle
Tekstur materialGel
BahanCyanoacrylate adhesive
Fitur tambahanTahan panas hingga 104,4 °C
Neto20 gr
9
Digunakan untukAlumunium, kaca, kayu, keramik, ubin, plastik, dan lain-lain
Tipe aplikatorNozzle
Tekstur materialCair
BahanEpoxy resin, pengeras
Fitur tambahanTahan air
Neto14 ml
8

TitebondPROvantage Heavy Duty Construction Adhesive

Mulai dari Rp 75.000,00

Digunakan untukKayu, logam, plat galvanis, MDF, batu bata, beton, cermin, keramik, granit, sebagian besar panel jenis substrat
Tipe aplikatorNozzle
Tekstur materialCair
BahanProprietary synthetic polymer
Fitur tambahanTahan air, tahan panas
Neto296 ml
7

LoctiteSuper Glue Ultra Gel Control

Mulai dari Rp 90.000,00

Digunakan untukKulit, gabus, kertas, karton, kayu, chipboard, kain, logam, keramik, karet, dan plastik keras (akrilik, polikarbonat, PVC)
Tipe aplikatorNozzle
Tekstur materialGel
BahanEthyl cyanoacrylate
Fitur tambahanShock resistant, tahan panas, tahan air
Neto4 gram
6

3MSuper 77™ Multipurpose Spray Adhesive

Mulai dari Rp 122.000,00

Digunakan untukKertas, triplek, kain, plastik, metal, kayu
Tipe aplikatorSpray
Tekstur materialCair
BahanSynthetic Elastomer
Fitur tambahanTidak disebutkan
Neto381 gram
5
Digunakan untukUtama : sponge, kayu lapis・General : lembaran logam, asbes, kertas, kulit, karpet, kayu, Aica HPL
Tipe aplikatorKuas
Tekstur materialCair
BahanKaret sintetis dan pelarut organik
Fitur tambahanTidak disebutkan
Neto70 gram
4
Digunakan untukPlastik, kain, metal, kayu, kaca, keramik, kulit, semen, vinil, kaleng
Tipe aplikatorNozzle
Tekstur materialCair
BahanTidak disebutkan
Fitur tambahanShock resistant, tahan panas
Neto2.0 fl oz (59,1 ml)
3
Digunakan untukMetal, plastik, porselain, keramik, kayu
Tipe aplikatorNozzle
Tekstur materialGel
BahanCyanoacrylate Adhesive
Fitur tambahanTidak disebutkan
Neto3 gram (per tube)
2
Digunakan untukKayu, papan, veneer, plastik, metal panel board (HPL, Formica), karet, kulit, kanvas, cork, linoleum, kerajinan tangan
Tipe aplikatorKuas
Tekstur materialCair
BahanPolychloroprene
FiturTahan air, minyak, asam encer dan alkali
Neto33 ml
1
Digunakan untukKayu, plastik, batu bata, logam, keramik, batu
Tipe aplikatorKuas
Tekstur materialCair
BahanTidak disebutkan
Fitur tambahanTidak berbau
Neto130 ml

Tabel perbandingan produk lem kuat terbaik

Gambar produk
1
Dextone Water Based No More Nails 1

Dextone

2
UHU Contact Liquid 1

UHU

3
Dextone 808 1

Dextone

4
Eclectic E6000 Craft 1

Eclectic

5
Aica-Aibon 601 1

Aica-Aibon

6
3M Super 77™ Multipurpose Spray Adhesive 1

3M

7
Loctite Super Glue Ultra Gel Control 1

Loctite

8
Titebond PROvantage Heavy Duty Construction Adhesive 1

Titebond

9
Loctite Epoxy Instant Mix 5 Minute 1

Loctite

10
Gorilla Super Glue Gel 1

Gorilla

Nama produk

Water Based No More Nails

Contact Liquid

808

E6000 Craft

601

Super 77™ Multipurpose Spray Adhesive

Super Glue Ultra Gel Control

PROvantage Heavy Duty Construction Adhesive

Epoxy Instant Mix 5 Minute

Super Glue Gel

Keunggulan

Saatnya paku dan palu Anda untuk rehat

Sekali tempel langsung merekat kuat!

Ukuran kecil sekali pakai yang praktis

Lem yang wajib ada di dalam craft box Anda!

Lem kuat harga ekonomis, andalan semua kalangan

Pekerjaan makin mudah dengan lem spray

Super strong! Tahan terhadap benturan dan cuaca ekstrem

Lem konstruksi yang kuat sekaligus fleksibel

Lemnya otomatis teraduk di dalam kemasan!

Tekstur gelnya tidak akan mudah mengalir ke mana-mana!

Harga mulai dariRp 20.500,00Rp 28.000,00Rp 17.500,00Rp 21.000,00Rp 9.500,00Rp 122.000,00Rp 90.000,00Rp 75.000,00Rp 76.900,00Rp 150.800,00
Digunakan untukKayu, plastik, batu bata, logam, keramik, batuKayu, papan, veneer, plastik, metal panel board (HPL, Formica), karet, kulit, kanvas, cork, linoleum, kerajinan tanganMetal, plastik, porselain, keramik, kayuPlastik, kain, metal, kayu, kaca, keramik, kulit, semen, vinil, kalengUtama : sponge, kayu lapis・General : lembaran logam, asbes, kertas, kulit, karpet, kayu, Aica HPLKertas, triplek, kain, plastik, metal, kayuKulit, gabus, kertas, karton, kayu, chipboard, kain, logam, keramik, karet, dan plastik keras (akrilik, polikarbonat, PVC)Kayu, logam, plat galvanis, MDF, batu bata, beton, cermin, keramik, granit, sebagian besar panel jenis substratAlumunium, kaca, kayu, keramik, ubin, plastik, dan lain-lainPlastik, kayu, metal, keramik, karet, kulit, kertas
Tipe aplikatorKuasKuasNozzleNozzleKuasSprayNozzleNozzleNozzleNozzle
Tekstur materialCairCairGelCairCairCairGelCairCairGel
BahanTidak disebutkanPolychloropreneCyanoacrylate AdhesiveTidak disebutkanKaret sintetis dan pelarut organikSynthetic ElastomerEthyl cyanoacrylateProprietary synthetic polymerEpoxy resin, pengerasCyanoacrylate adhesive
Fitur tambahanTidak berbauTahan air, minyak, asam encer dan alkali Tidak disebutkanShock resistant, tahan panasTidak disebutkanTidak disebutkanShock resistant, tahan panas, tahan airTahan air, tahan panasTahan airTahan panas hingga 104,4 °C
Neto130 ml33 ml3 gram (per tube)2.0 fl oz (59,1 ml)70 gram381 gram4 gram296 ml14 ml20 gr
Tautan produk

Tips menggunakan lem kuat dengan benar

Masih banyak orang yang menggunakan lem kuat dengan cara yang salah. Oleh sebab itu, kami membuat tips menggunakan lem kuat dengan benar di bawah ini. Simak setiap poinnya dengan saksama, ya!

Gunakan satu tetes untuk kunci lekatan yang kuat

Gunakan satu tetes untuk kunci lekatan yang kuat

Cara menggunakan lem kuat yang tepat sebenarnya sangat mudah. Cukup beri satu tetes pada permukaan benda yang ingin dilekatkan, lalu tempelkan benda yang satunya lagi. Lem biasa memang akan menempel kuat bila dioleskan tebal-tebal. Namun, pada lem kuat, daya lekat ini justru berkurang bila lapisan lem terlalu tebalHal ini disebabkan oleh lem kuat yang bereaksi terhadap kelembapan udara


Jika Anda mengoleskan lem terlalu tebal, lem akan kekurangan kelembapan dan menyebabkan sebagian lem mengeras saat pengeleman sedang berlangsung. Lalu untuk mengelem benda berpermukaan lebar, Anda juga tidak perlu meneteskan atau meratakan lem berkali-kali.

Gunakan spray pengering agar langsung merekat

Gunakan spray pengering agar langsung merekat

Butuh beberapa waktu bagi lem kuat untuk sepenuhnya mengering. Oleh karena itu, gunakanlah spray pengering lem (spray primer) agar lebih cepat kering. Semprotkanlah pada lem yang telah Anda aplikasikan.


Namun, sebelum menggunakan spray primer, tetap perhatikan kesesuaiannya dengan tipe lem yang digunakan. Merek lem yang juga memproduksi spray primer salah satunya adalah Loctite. Dengan menggunakan spray pengering, proses pengeleman jadi lebih cepat dan daya rekatnya meningkat.

Basuh tangan dengan air hangat bila terkena lem

Basuh tangan dengan air hangat bila terkena lem

Secara tidak sengaja, lem kadang menempel pada tangan Anda. Tidak perlu panik apabila tangan Anda terkena lem kuat. Cukup cuci tangan dengan air hangat bersuhu 40˚C. Anda juga bisa membeli cairan pengelupas lem kuat sebagai alternatif agar lebih tenang. Selain itu, pembersih cat kuku atau aseton juga bisa digunakan untuk menghilangkan lem kuat, lho!

Baca juga rekomendasi produk alat-alat DIY lainnya di sini!

Agar kerajinan tangan Anda semakin apik dan detail, tentunya lem kuat saja tidak cukup. Mesin bor, gergaji, dan alat pertukangan lainnya mungkin juga dibutuhkan. Kami memiliki beberapa artikel rekomendasinya di bawah ini. Mari simak!

Kesimpulan

Dengan lem kuat yang berkualitas baik, benda akan merekat dengan kuat dan tidak mudah copot. Sebelum Anda membeli salah satunya, tentukan dahulu material yang akan direkatkan menggunakan lem kuat. 


Setelah itu, cek apakah bahannya ada di daftar bahan yang bisa direkatkan dengan lem kuat pilihan Anda. Mayoritas lem di rekomendasi produk dapat difungsikan sebagai lem untuk plastik, karet, dan kulit. Selamat berbelanja dan semoga Anda dapat membuat karya yang mengesankan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lem Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepatu yang rusak jangan langsung dibuang! Supaya tidak mubazir, cobalah untuk memperbaikinya dengan lem sepatu. Kini sudah ada banyak lem sepatu yang bagus dan dengan harga yang terjangkau. Beberapa di antaranya bahkan tahan lama dan daya rekatnya sangat kuat.Artikel ini akan menjelaskan cara memilih lem sepatu secara lengkap. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh lem sepatu terbaik. Beberapa di antaranya ada merk terkenal seperti UHU, Aibon, dan Shoe Goo. Ayo, jadikan sepatu Anda seperti baru kembali!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Double Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Double Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Double tape merupakan salah satu barang yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak jenis dan merek double tape yang dijual di pasaran, seperti 3M, Joyko, hingga Nankai. Anda bisa menemukan tape serbaguna ini di toko buku, toko bahan bangunan, dan toko online tergantung jenis dan kegunaannya.Karena jenisnya yang bermacam-macam, mungkin Anda akan bingung dalam memilih double tape. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih double tape. Kami juga akan merekomendasikan double tape terbaik untuk Anda. Yuk, simak penjelasan di bawah!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lem plastik adalah jenis lem yang digunakan untuk menempelkan dan memperbaiki benda berbahan plastik. Ada banyak jenis lem yang dijual di pasaran, seperti lem khusus benda polypropylene, akrilik, resin, polyethylene, dan plastik. Contoh merek-merek lem plastik yang sering ditemui adalah Alteco, General Power Glue, dan Dextone. Setiap merek pun memiliki keunggulannya tersendiri.Anda mungkin akan sedikit bingung saat menentukan lem plastik mana yang sebaiknya Anda beli. Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih lem plastik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2022)
    Lem untuk logam digunakan untuk merekatkan benda yang terbuat dari logam. Bila Anda menggunakan lem lain, logam mungkin dapat melekat, tetapi kurang kuat dibandingkan memakai lem untuk logam. Di antara banyaknya produk lem logam yang bagus di pasaran, mana yang sebaiknya Anda pilih?. Ada lem yang cepat kering, yang sangat tahan panas, dan yang elastis.Agar Anda tidak bingung, kami akan membagikan tips memilih lem logam serta mengulas sepuluh produk terbaik dari berbagai merek. Anda bisa menemukan lem Korea, Dextone, dan Alteco di dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Akrilik merupakan jenis plastik transparan yang mirip seperti kaca, tetapi sifatnya kuat dan ringan. Karena sifatnya tersebut, akrilik banyak digunakan sebagai bahan peralatan rumah tangga, seperti tempat kosmetik, aquarium, dan pajangan. Akrilik tidak bisa dilekatkan begitu saja. Anda membutuhkan lem khusus yang mampu menyatukannya.Terdapat berbagai macam lem untuk akrilik, di antaranya tipe khusus untuk akrilik saja dan tipe dual-purpose. Mereknya pun beragam, contohnya Dextone dan Gorilla. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas lem akrilik terbaik untuk Anda. Dengan lem yang bagus, buatlah kreasi akrilik orisinal Anda!
    Tape & perekat
  • 10 Rekomendasi Lakban Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lakban Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lakban kain menjadi salah satu jenis peralatan yang akrab dalam kehidupan masyarakat. Jenis lakban ini kerap digunakan untuk keperluan sehari-hari, contohnya untuk menambal robekan. Lakban kain yang digunakan biasanya berwarna hitam. Namun, sejatinya ada lakban kain dengan warna lain, seperti putih dan kuning.Selain memiliki warna yang beragam, merek lakban kain juga bermacam-macam. Di pasaran Anda bisa menemukan lakban kain dengan merek Daimaru, Joyko, Nachi, Sazanami, dan lain-lain. Agar Anda tidak bingung saat memilih, kami akan menyampaikan cara memilih serta rekomendasi lakban kain yang bagus. Simak penjelasan lengkapnya di sini!
    Tape & perekat
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori