• 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Lem kuat atau lem super dapat melekatkan berbagai permukaan benda dengan erat. Lem ini adalah sahabat bagi Anda yang gemar membuat kerajinan tangan DIY (do-it-yourself) atau sekadar untuk memperbaiki bagian barang. Namun, terdapat banyak merek dan tipe lem kuat di pasaran. Tahukah Anda produk seperti apa yang berkualitas?


Kami telah mengumpulkan informasi mengenai lem kuat dengan performa baik dan ramah di kantong. Kami juga akan memaparkan tips menggunakannya. Terdapat berbagai merek, seperti UHU dan Aica-Aibon. Temukan produk yang paling pas dengan tujuan penggunaan Anda!

  • Pembaharuan terakhir: 24 Maret 2021
  • 43.826 Views
Daftar isi

Cara memilih lem kuat

Sebelum membeli, ada baiknya Anda tahu cara memilih lem kuat yang baik. Scroll terus sampai bawah!

Pilih lem kuat sesuai dengan penggunaannya

Memilih lem kuat sesuai dengan penggunaan adalah hal yang terpenting. Pilihlah berdasarkan material objek yang ingin Anda lekatkan. Bila salah membeli lem, bisa-bisa benda tidak melekat dengan baik. Tentunya Anda tidak ingin lem terbuang dengan percuma, bukan?

Tipe serbaguna yang praktis untuk melekatkan berbagai material

Tipe serbaguna yang praktis untuk melekatkan berbagai material

Lem tipe ini tidak hanya dapat melekatkan benda dengan material yang sama, benda yang bahannya berbeda pun bisa dilekatkan. Alasannya, lem serbaguna mengandung komponen utama yang disebut cyanoacrylate. Zat ini dicampurkan dengan resin sintetis sehingga membuatnya mampu melekatkan beragam material. Akan tetapi, lem ini bukan untuk menyatukan bahan yang sulit direkatkan. Untuk melekatkan bahan tersebut, Anda bisa menggunakan lem khusus yang akan kami perkenalkan nanti.

Pilih tipe shock resistant untuk daya lekat yang kuat

Pilih tipe shock resistant untuk daya lekat yang kuat

Kekurangan dari lem kuat adalah rentan akan guncangan (shock). Benda yang dilekatkan bisa lepas bila terjatuh. Untuk benda dengan beban berat atau rentan rusak, seperti mainan anak, sebaiknya pilih tipe shock resistant.


Lem kuat biasa akan mengeras setelah kering. Namun, lem kuat tipe shock resistant akan tetap elastis bila diaplikasikan pada karet sintetis, bahkan setelah kering. Sifat elastis inilah yang membuatnya tetap melekat walaupun terbentur atau terjatuh.

Pilih tipe lem kuat khusus untuk melekatkan plastik

Lem kuat juga bisa digunakan untuk melekatkan plastik. Namun, seperti yang sudah disebutkan, jenis plastik sulit merekat. Misalnya, polyethylene dan polypropylene tidak dapat melekat dengan lem kuat biasa. Gunakanlah lem kuat khusus bahan sulit merekat untuk kedua jenis plastik tersebut.


Lem kuat tipe ini biasanya memiliki primer. Cara menggunakannya adalah dengan mengaplikasikan primer terlebih dahulu, kemudian baru lemnya. Dengan demikian, primer berada di antara benda dan lem sehingga membuatnya menempel dengan baik.


Meski begitu, kini banyak produsen lem kuat yang semakin inovatif. Ada pula produk lem bukan khusus plastik, tetapi mampu merekatkan plastik dengan kuat. Beberapa di antaranya akan diulas dalam rekomendasi produk di bawah ini.

Tipe cair atau gel? Pilih berdasarkan materialnya

Tipe cair atau gel? Pilih berdasarkan materialnya

Terdapat dua tipe lem kuat dengan kelebihannya masing-masing, yaitu tipe gel dan cair. Tipe cair meresap dengan cepat dan mudah untuk masuk ke celah-celah permukaan material. Karena itu, tipe cair cocok digunakan untuk bahan plastik. Sebaliknya, untuk bahan kayu, tipe cair akan meresap terlalu cepat sehingga tipe gel lebih direkomendasikan.


Tergantung pada produk lemnya, terdapat juga produk yang memiliki tingkatan daya lekat mulai dari rendah, sedang, hingga tinggi. Maka dari itu, pilihlah lem sesuai dengan material yang ingin Anda lekatkan.

Tipe kuas paling sesuai untuk membuat miniatur

Bagi Anda yang hobi membuat kerajinan tangan, seperti miniatur, kami merekomendasikan lem tipe kuas. Tipe kuas dapat menjangkau bagian-bagian kecil lebih mudah daripada tipe cair atau gel. Lalu, tipe ini juga cocok untuk benda dengan permukaan lebar. Anda bisa meratakan lemnya dengan kuas. Tipe ini membuat pekerjaan Anda lebih cepat dan efisien. Selain itu, terdapat lem kuat dengan aplikator nozzle yang juga pas untuk mengelem bagian-bagian kecil.

Pilih tipe pak bagi Anda yang jarang memakai lem kuat

Lem kuat dapat mengering bila terkena lembapnya udara dan cahaya. Sebaiknya Anda menyeka ujung aplikator lem setelah menggunakannya agar tidak tersumbat. Namun, seiring dengan waktu, lem akan tetap mengeras walaupun Anda telah melakukan hal tersebut. Bagi Anda yang tidak terlalu sering menggunakan lem kuat, tipe pak sangat disarankan. Dengan demikian, Anda bisa menggunakannya kapan pun Anda mau. Bahkan jika lem mengering, hanya sedikit produk yang akan mubazir.

10 Rekomendasi lem kuat terbaik

Nah, di bawah ini kami telah merangkum sepuluh produk lem kuat terbaik. Pilih yang paling pas buat Anda, ya!

10
Neto3 gram (per tube)
TipeCair
BahanCyanoacrylate Adhesive
Digunakan untukMetal, plastik, porselain, keramik, kayu
9
Neto70 gram
TipePolish (oles)
BahanKaret sintetis dan pelarut organik
Digunakan untukUtama : sponge, Aica HPL, kayu lapis・General : lembaran logam, asbes, kertas, kulit, karpet, kayu
8
Neto33 ml
TipeCair
BahanTidak disebutkan
Digunakan untukKayu, papan, veneer, plastik, metal panel board (HPL, Formica), karet, kulit, kanvas, cork, linoleum, kerajinan tangan
7
Neto473 ml
TipeCair
BahanCross-linking polyvinyl acetate
Digunakan untukSoft wood, medium wood, hardwood
6
Neto488 gram
TipeSpray
BahanTidak disebutkan
Digunakan untukKertas, triplek, kain, plastik, metal, kayu
5

LoctiteSuper Glue Ultra Gel Control

Mulai dari Rp 105.000,00

Neto4 gram
TipeGel
BahanTidak disebutkan
Digunakan untukKeramik, kain, kulit, kaca, plastik, metal, kertas
4
Neto130 ml
TipeCair
BahanTidak disebutkan
Digunakan untukKayu panel, partisi lantai, peralatan kamar mandi, metal, bata, keramik, MDF (medium-density fibreboard), karpet, pajangan, gantungan di tembok
3
Neto14 ml
Tipecair
BahanEpoxy resin, pengeras
Digunakan untukAlumunium, steel, kaca, kayu, keramik, ubin, plastik, dan lain-lain
2
Neto2.0 fl oz (59,1 ml)
TipeCair
BahanTidak disebutkan
Digunakan untukPlastik, kain, metal, kayu, kaca, keramik, kulit, semen, vinil, kaleng
1
Neto20 gram
TipeGel
BahanCyanoacrylate adhesive
Digunakan untukPlastik, kayu, metal, keramik, karet, kulit, kertas

Tabel perbandingan produk lem kuat terbaik

Gambar produk
1
Gorilla Super Glue Gel 1

Gorilla

2
Eclectic E6000 Craft 1

Eclectic

3
Loctite Epoxy Instant Mix 5 Minute 1

Loctite

4
Dextone Water Based No More Nails 1

Dextone

5
Loctite Super Glue Ultra Gel Control 1

Loctite

6
3M Super 77™ Multipurpose Spray Adhesive 1

3M

7
Titebond Titebond II Premium Wood Glue 1

Titebond

8
UHU Contact Liquid 1

UHU

9
Aica-Aibon 601 1

Aica-Aibon

10
Dextone 808 1

Dextone

Nama produk

Super Glue Gel

E6000 Craft

Epoxy Instant Mix 5 Minute

Water Based No More Nails

Super Glue Ultra Gel Control

Super 77™ Multipurpose Spray Adhesive

Titebond II Premium Wood Glue

Contact Liquid

601

808

Keunggulan

Tekstur gelnya tidak akan mudah mengalir ke mana-mana!

Lem yang wajib ada di dalam craft box Anda!

Lemnya otomatis teraduk di dalam kemasan!

Saatnya paku dan palu Anda rehat

Super strong! Tahan terhadap benturan dan cuaca ekstrem

Pekerjaan makin mudah dengan lem spray

Ciptakan furnitur outdoor orisinal Anda dengan lem ini!

Sekali tempel langsung merekat kuat!

Lem kuat harga ekonomis, andalan semua kalangan

Ukuran kecil sekali pakai yang praktis

Harga mulai dariRp 145.000,00Rp 45.000,00Rp 79.900,00Rp 22.000,00Rp 105.000,00Rp 159.000,00Rp 30.000,00Rp 9.700,00Rp 23.000,00
Neto20 gram2.0 fl oz (59,1 ml)14 ml130 ml4 gram488 gram473 ml33 ml70 gram3 gram (per tube)
TipeGelCaircairCairGelSprayCairCairPolish (oles)Cair
BahanCyanoacrylate adhesiveTidak disebutkanEpoxy resin, pengerasTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanCross-linking polyvinyl acetateTidak disebutkanKaret sintetis dan pelarut organikCyanoacrylate Adhesive
Digunakan untukPlastik, kayu, metal, keramik, karet, kulit, kertasPlastik, kain, metal, kayu, kaca, keramik, kulit, semen, vinil, kalengAlumunium, steel, kaca, kayu, keramik, ubin, plastik, dan lain-lainKayu panel, partisi lantai, peralatan kamar mandi, metal, bata, keramik, MDF (medium-density fibreboard), karpet, pajangan, gantungan di tembokKeramik, kain, kulit, kaca, plastik, metal, kertasKertas, triplek, kain, plastik, metal, kayuSoft wood, medium wood, hardwoodKayu, papan, veneer, plastik, metal panel board (HPL, Formica), karet, kulit, kanvas, cork, linoleum, kerajinan tanganUtama : sponge, Aica HPL, kayu lapis・General : lembaran logam, asbes, kertas, kulit, karpet, kayuMetal, plastik, porselain, keramik, kayu
Tautan produk

Tips menggunakan lem kuat dengan benar

Masih banyak orang yang menggunakan lem kuat dengan cara yang salah. Simak tips menggunakan lem kuat dengan benar di bawah ini, yuk!

Kunci lekatan yang kuat: gunakan satu tetes saja!

Kunci lekatan yang kuat: gunakan satu tetes saja!

Cara menggunakan lem kuat yang tepat sebenarnya sangat mudah. Cukup beri satu tetes pada permukaan benda yang ingin dilekatkan, lalu tempelkan benda yang satunya lagi. Memang, lem biasa akan menempel kuat bila diaplikasikan dengan tebal. Akan tetapi, daya lekat lem kuat akan berkurang bila lapisan lem terlalu tebal.


Hal ini disebabkan lem kuat bereaksi terhadap kelembapan udara. Bila terlalu tebal, lem akan kekurangan kelembapan sehingga menyebabkan sebagian lem mengeras saat pengeleman sedang berlangsung. Lalu, untuk mengelem benda berpermukaan lebar, Anda juga tidak perlu meneteskan atau meratakan lem berkali-kali.

Gunakan spray pengering agar langsung merekat

Gunakan spray pengering agar langsung merekat

Butuh beberapa waktu bagi lem kuat untuk sepenuhnya mengering. Oleh karena itu, gunakanlah spray pengering lem (spray primer) agar lebih cepat kering. Semprotkanlah pada lem yang telah Anda aplikasikan. Namun, sebelum menggunakan produk spray, tetap perhatikan juga kesesuaiannya dengan tipe lem Anda, ya. Merek lem yang juga memproduksi spray primer salah satunya adalah Loctite. Dengan menggunakan spray pengering, proses pengeleman jadi lebih cepat dan daya rekatnya meningkat.

Basuh tangan dengan air hangat bila terkena lem

Basuh tangan dengan air hangat bila terkena lem

Secara tidak sengaja, lem kadang menempel pada tangan Anda. Tidak perlu panik bila tangan Anda terkena lem kuat. Cukup cuci tangan dengan air hangat bersuhu 40˚C. Anda juga bisa membeli cairan pengelupas lem kuat sebagai alternatif agar lebih tenang. Selain itu, pembersih cat kuku atau aseton juga bisa digunakan untuk menghilangkan lem kuat, lho!

Baca juga rekomendasi produk alat-alat DIY lainnya di sini!

Agar kerajinan tangan Anda semakin apik dan detail, tentunya lem kuat saja tidak cukup. Mesin bor, gergaji, dan alat pertukangan lainnya mungkin juga dibutuhkan. Kami memiliki beberapa artikel rekomendasinya di bawah ini. Mari simak!

Kesimpulan

Bagaimana rekomendasi produk lem kuat pilihan kami? Kelebihannya ada bermacam-macam, bukan? Dengan lem kuat yang berkualitas baik, benda akan terekat dengan kuat dan tidak mudah copot. Jangan lupa, selalu sesuaikan material objek dengan jenis lem kuat yang Anda beli. Lalu, agar tidak mudah kering, selalu tutup lem dengan rapat supaya udara tidak bisa masuk. Semoga Anda dapat membuat karya yang mengesankan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2021)
    Lem untuk logam digunakan untuk merekatkan benda yang terbuat dari logam. Bila Anda menggunakan lem lain, logam mungkin dapat melekat, tetapi mungkin kurang kuat dibanding memakai lem logam. Pada saat membeli, Anda mungkin bingung memilih di antara banyaknya merek. Masing-masing produk memiliki karakteristik tersendiri, misalnya tahan panas, tahan air, dan tahan guncangan.Melalui artikel ini, kami akan membahas mengenai cara memilih lem untuk logam dan juga memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih. Merek yang sudah populer seperti Aica-Aibon, UHU, Loctite, dan Dextone pun ada, lho. Selamat membaca!
    Tape & perekat
    112.980 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lem plastik adalah jenis lem yang digunakan untuk menempelkan dan memperbaiki benda berbahan plastik. Ada banyak jenis lem yang dijual di pasaran, seperti lem khusus benda polypropylene, akrilik, resin, polyethylene, dan plastik. Contoh merek-merek lem plastik yang sering ditemui adalah Alteco, General Power Glue, dan Dextone. Setiap merek pun memiliki keunggulannya tersendiri.Anda mungkin akan sedikit bingung saat menentukan lem plastik mana yang sebaiknya Anda beli. Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih lem plastik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Tape & perekat
    45.216 Views
  • 10 Rekomendasi Double Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Double Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Double tape merupakan salah satu barang yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak jenis dan merek double tape yang dijual di pasaran, seperti 3M, Joyko, hingga Nankai. Anda bisa menemukan tape serbaguna ini di toko buku, toko bahan bangunan, dan toko online tergantung jenis dan kegunaannya.Karena jenisnya yang bermacam-macam, mungkin Anda akan bingung dalam memilih double tape. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih double tape. Kami juga akan merekomendasikan double tape terbaik untuk Anda. Yuk, simak penjelasan di bawah!
    Tape & perekat
    29.950 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Akrilik merupakan jenis plastik transparan yang mirip seperti kaca. Sifatnya yang kuat dan ringan menjadikan akrilik banyak digunakan sebagai bahan peralatan rumah tangga, seperti tempat kosmetik, meja, dan pajangan. Akrilik tidak bisa dilekatkan begitu saja. Anda membutuhkan lem khusus yang mampu menyatukannya.Terdapat berbagai macam lem untuk akrilik, di antaranya tipe khusus untuk akrilik saja dan tipe dual-purpose. Mereknya pun beragam, contohnya Dextone dan Gorilla. Kali ini kami akan membahas ciri-ciri lem akrilik yang paling pas untuk Anda. Dengan lem yang tepat, buatlah kreasi akrilik orisinal Anda!
    Tape & perekat
    34.429 Views
  • 10 Rekomendasi Isi Staples Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Isi Staples Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Stapler merupakan barang yang sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti di sekolah, di tempat kerja atau di rumah. Menariknya, jenis isi staples cukup beragam. Anda pun harus mengecek beberapa faktor seperti bahan dan ukuran sebelum membeli. Selain merek MAX yang terkenal, Anda juga dapat mempertimbangkan isi staples merek KENKO, Deli, dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara memilih isi staples terbaik yang banyak dijual di online shop. Setelah menemukan produk yang cocok, yuk segera membeli produk tersebut sebelum kehabisan!
    Tape & perekat
    5.570 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Besi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lem Besi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda sebaiknya menyediakan lem besi di rumah untuk mengantisipasi jika ada peralatan berbahan besi yang lepas atau patah. Besi adalah bahan yang kuat dan dapat menghantarkan panas sehingga diperlukan lem dengan karakteristik khusus. Lem besi umumnya berbentuk cair, meskipun karakteristik tiap merek tentunya berbeda.Anda mungkin masih kebingungan dalam memilih lem besi yang kualitasnya bagus, kuat, dan harganya bersahabat. Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih lem besi beserta beberapa rekomendasi produk terbaik. Lem besi terkenal, seperti Milan, Dextone, dan Aica Aibon bisa Anda pilih. 
    Tape & perekat
    167 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori