• 10 Rekomendasi Bedak untuk Meredakan Gatal di Kulit (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Bedak untuk Meredakan Gatal di Kulit (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Bedak untuk Meredakan Gatal di Kulit (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Bedak untuk Meredakan Gatal di Kulit (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Bedak untuk Meredakan Gatal di Kulit (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Bedak untuk Meredakan Gatal di Kulit (Terbaru Tahun 2022)

Tinggal di negara tropis yang cenderung panas membuat kulit rentan mengalami gatal-gatal. Rasa gatal akibat biang keringat, alergi, atau jamur ini bisa mengangggu aktivitas. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan bedak untuk gatal. Namun, bedak seperti apa yang sebaiknya dibeli?

Kami akan memberikan tips cara memilih bedak yang dapat meredakan gatal di kulit. Setelahnya, ada pula rekomendasi bedak gatal yang bagus, seperti dari merek Herocyn, Caladine, dan Salicyl KF. Anda pun bisa menemukan bedak antipanas yang nyaman dipakai oleh siapa saja. Yuk, temukan bedak terbaik yang cocok dengan kulit Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Juli 2022
Daftar isi

Cara memilih bedak untuk meredakan gatal di kulit

Meski sama-sama gatal, penyebab gatal setiap orang mungkin berbeda. Jenis kulitnya pun berbeda. Karena itu, formulasi setiap bedak juga tidak sama. Agar dapat menemukan produk bedak yang pas untuk meredakan gatal Anda, simak tips di bawah ini, ya!

Pilih bedak sesuai dengan penyebab gatal

Tidak semua gatal disebabkan oleh hal yang sama. Ada gatal yang disebabkan oleh biang keringat, ada juga gatal karena jamur. Dengan demikian, Anda perlu memilih bedak yang sesuai dengan penyebab gatal. Berikut ini penjelasan tentang penyebab gatal pada kulit, serta kandungan bedak yang dibutuhkan.

Menthol dan calamine, redakan gatal karena biang keringat

Menthol dan calamine, redakan gatal karena biang keringat

Suhu yang panas dan lembap, aktivitas fisik yang berat, serta bed rest terlalu lama dapat membuat kulit mengeluarkan keringat lebih banyak. Keringat yang berlebih ini dapat menyebabkan biang keringat. Kemunculannya biasanya berupa ruam merah, serta ada bintil merah pada kulit. Kondisi ini memang sangat tidak nyaman karena menyebabkan kulit menjadi gatal dan panas.


Untuk itu, Anda dapat memilih bedak pereda gatal yang mengandung menthol. Menthol memiliki efek dingin yang bisa mengalihkan Anda dari rasa gatal. Sementara untuk mengurangi rasa gatal, Anda bisa menggunakan bedak yang mengandung calamine


Bila pembahasan mengenai gatal karena biang keringat belum terasa cukup, kami telah mengulas informasi tersebut pada artikel sebelumnya. Ada juga rekomendasi produk-produk bedak yang efektif meredakan biang keringat pada artikel tersebut. Silakan cek tautan berikut ini!

Miconazole nitrate, redakan gatal karena jamur

Miconazole nitrate, redakan gatal karena jamur

Selain biang keringat, Anda juga dapat mengalami gatal akibat infeksi jamur. Infeksi jamur menyerang bagian lipatan kulit sehingga bisa menyebabkan masalah kulit, seperti kurap, panu, dan sebagainya. Infeksi akibat jamur dapat menimbulkan rasa gatal dan panas yang tidak tertahankan pada kulit Anda. 


Anda bisa menggunakan bedak yang mengandung miconazole nitrate untuk mengobati kulit yang mengalami infeksi jamur. Miconazole nitrate bekerja dengan cara merusak struktur sel jamur sehingga pertumbuhannya akan berhenti. Kandungan 2% zat ini sudah cukup untuk memberantas jamur tanpa efek yang berbahaya bagi kulit.


Jika Anda masih ragu dalam menentukan penyebab gatal, ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kulit. Sementara itu, apabila Anda sedang mencari obat kutu air, bisa juga membaca ulasan kami berikut ini.

Salicylic acid, redakan gatal akibat alergi

Salicylic acid, redakan gatal akibat alergi

Salicylic acid adalah sejenis asam dalam kelompok BHA yang bersifat anti-inflamasi sehingga dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Produk yang mengandung salicylic acid dapat menyembuhkan masalah kulit, seperti jerawat, kutil, psoriasis. Gatal-gatal karena alergi, jerawat, biang keringat, atau gigitan serangga juga dapat diredakan dengan kandungan ini.


Akan tetapi, tingkat sensitivitas kulit tiap orang berbeda-beda. Bagi sebagian orang, mungkin penggunaan produk dengan salicylic acid justru menimbulkan iritasi, seperti kulit terasa panas dan ruam kemerahan. Karena itu, pastikan Anda mengaplikasikan bedak jenis ini secukupnya saja dan sesuai aturan pakai.

 
Selain itu, karena kandungan asamnya cukup tinggi, sebaiknya gunakan bedak ini hanya pada area kulit yang bermasalah. Bagi pemilik kulit kering, sensitif, anak-anak, ibu hamil, atau orang yang sedang menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya menghindari bedak berkandungan ini.

Sesuaikan pilihan bedak dengan penggunanya

Siapapun bisa mengalami gatal-gatal pada kulit, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Namun, sebaiknya pilihlah bedak gatal sesuai dengan penggunanya karena formula bedak gatal untuk anak dan dewasa tentunya berbeda.

Untuk anak, formula lebih ringan dan memiliki label hypoallergenic

Untuk anak, formula lebih ringan dan memiliki label hypoallergenic

Anak-anak yang masih menggunakan popok sering mengalami gatal atau ruam pada kulit. Gatal tersebut bisa timbul karena tidak cocok dengan bahan popok sekali pakai, atau kulit terasa lembap karena tertutup popok. Selain itu, pada anak yang sudah lebih besar dan aktif bergerak, gatal pada kulit bisa disebabkan oleh biang keringat.


Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan bedak gatal khusus anak-anak. Bedak yang dirancang untuk anak umumnya lebih lembut di kulit, serta memiliki label hypoallergenic. Hal ini karena kulit anak lebih rentan alergi, juga lebih lembut daripada kulit orang dewasa.

Untuk dewasa, formula lebih kuat untuk atasi masalah kulit

Untuk dewasa, formula lebih kuat untuk atasi masalah kulit

Orang dewasa memang dapat menggunakan bedak anak untuk meredakan gatal. Namun, bedak untuk orang dewasa biasanya memiliki formula yang lebih kuat sehingga lebih efektif untuk kulit Anda. Selain itu, kulit orang dewasa juga relatif bisa menerima beberapa kandungan bahan kimia yang terdapat pada bedak gatal.


Permasalahan kulit yang sering dialami orang dewasa, antara lain panu, kurap, biang keringat, atau gigitan serangga. Karena itu, Anda bisa memakai bedak khusus orang dewasa yang formula bahannya lebih kuat. Anda mungkin akan merasakan sensasi sedikit panas, tetapi formula bedak ini diyakini bisa lebih efektif mengatasi kulit gatal.

Pertimbangkan bedak bebas pewangi yang aman untuk kulit

Pertimbangkan bedak bebas pewangi yang aman untuk kulit

Bagi pemilik kulit sensitif, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih bedak pereda gatal. Sebisa mungkin, pilihlah bedak yang bebas pewangi agar terhindar dari rasa gatal yang makin parah. Anda juga dapat menggunakan bedak anak yang bersifat hypoallergenic sehingga tidak menyebabkan alergi pada kulit Anda.


Di samping itu, hindari bedak pereda gatal yang mengandung menthol. Kandungan menthol bisa jadi akan memperparah kondisi Anda. Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Jangan sampai kulit Anda malah makin gatal akibat salah memilih bedak.

Perhatikan indikasi dan aturan pakai supaya hasil lebih efektif

Perhatikan indikasi dan aturan pakai supaya hasil lebih efektif

Perhatikan indikasi bedak gatal agar sesuai dengan sumber penyebab gatal pada kulit Anda. Misalnya, bila Anda mengalami keluhan gatal karena kudis. Kudis disebabkan oleh hewan tungau sehingga obat salep atau oral dinilai lebih efektif. Namun, ada pula bedak gatal yang diklaim mampu meredakan rasa gatalnya pada kulit. Nah, pilihlah produk tersebut.


Setelah itu, perhatikanlah aturan pakainya. Di setiap kemasan bedak gatal biasanya terdapat keterangan aturan pakai yang sebaiknya Anda lakukan supaya hasilnya terasa lebih efektif. Aturan umum penggunaan bedak gatal, antara lain:


  • Aplikasikan pada kulit bersih dan tidak basah. Hal tersebut supaya kulit terjaga dari kotoran yang justru dapat menyumbat pori-pori.
  • Aplikasikan hanya pada kulit yang bermasalah saja. Pasalnya, kandungan kimia yang terdapat pada bedak gatal ini justru bisa merusak kulit bila Anda menaburkannya di kulit normal.
  • Aplikasikan sebanyak 2–3 kali sehari. Mungkin Anda merasa bahwa jika mengaplikasikan bedak gatal lebih sering, gatal-gatal akan segera hilang. Sebaliknya, ini justru membuat kulit terasa kering, bahkan bisa muncul iritasi.

10 Rekomendasi bedak untuk meredakan gatal di kulit

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bedak untuk meredakan gatal yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Penyebab gatalBiang keringat, iritasi akibat ruam popok
Kandungan bahan aktifZinc oxide, chlorhexidine
Isi100 gram, 300 gram
Mengandung pewangi×
9
Penyebab gatalJamur
Kandungan bahan aktifMiconazole nitrate
Isi25 gram
Mengandung pewangi×
8

PurolBedak Harum Pelindung Kulit

Mulai dari Rp 120.000,00

Penyebab gatalBiang keringat, bau badan
Kandungan bahan aktifSalicylic acid, bals. peruvlan, adeps. lanae, magnesium oxide, zinc oxide
Isi90 gram
Mengandung pewangi
7

Galenium Pharmasia Caladine Powder Active Fresh

Mulai dari Rp 16.000,00

Penyebab gatalBiang keringat
Kandungan bahan aktifCalamine, zinc oxide, camphora, menthol
Isi35 gram, 60 gram, 100 gram, 220 gram
Mengandung pewangi
6
Penyebab gatalBiang keringat, iritasi akibat ruam popok
Kandungan bahan aktifCalamine, zinc oxide, allantoin, vitamin E, minyak zaitun, zinc stearate, magnesium carbonate
Isi80 gram
Mengandung pewangi
5

Henson FarmaNeo Ultracyn Bedak Gatal

Mulai dari Rp 20.000,00

Penyebab gatalJamur, kudis, biang keringat, bercak kulit, bekas gigitan serangga
Kandungan bahan aktifChlorphenesin
Isi75 gram, 150 gram
Mengandung pewangi×
4

Coronet CrownHerocyn Medicated Skin Powder

Mulai dari Rp 7.250,00

Penyebab gatalBiang keringat
Kandungan bahan aktifBals. peruv, zinc oxide, sulphur, salicylic acid, camphor, menthol, deodorant
Isi50 gram, 150 gram
Mengandung pewangi×
3
Penyebab gatalBiang keringat, iritasi akibat ruam popok
Kandungan bahan aktifZinc oxide, allantoin, kaolin
Isi50 gram, 150 gram
Mengandung pewangi
2

Snake BrandPrickly Heat Cooling Powder

Mulai dari Rp 16.500,00

Penyebab gatalBiang keringat, iritasi ringan pada kulit
Kandungan bahan aktifMenthol, camphor, triclocarban, kaolin, minyak esensial alami
Isi150 gram, 300 gram
Mengandung pewangi
1
Penyebab gatalBiang keringat, jerawat, gangguan kulit selain infeksi
Kandungan bahan aktifAsam salisilat, talc
Isi60 gram
Mengandung pewangix

Tabel perbandingan produk bedak untuk meredakan gatal di kulit

Gambar produk
1
Kimia Farma Bedak Salicyl KF 1

Kimia Farma

2
Snake Brand Prickly Heat Cooling Powder 1

Snake Brand

3
Barclay My Baby Powder Biang Keringat 1

Barclay

4
Coronet Crown Herocyn Medicated Skin Powder 1

Coronet Crown

5
Henson Farma Neo Ultracyn Bedak Gatal  1

Henson Farma

6
Konimex Konicare Bedak Biang Keringat 1

Konimex

7
Galenium Pharmasia  Caladine Powder Active Fresh 1

Galenium Pharmasia

8
Purol Bedak Harum Pelindung Kulit 1

Purol

9
Galenium Pharmasia Mycorine 1

Galenium Pharmasia

10
Agnesia Antiseptic Dusting Powder 1

Agnesia

Nama produk

Bedak Salicyl KF

Prickly Heat Cooling Powder

My Baby Powder Biang Keringat

Herocyn Medicated Skin Powder

Neo Ultracyn Bedak Gatal

Konicare Bedak Biang Keringat

Caladine Powder Active Fresh

Bedak Harum Pelindung Kulit

Mycorine

Antiseptic Dusting Powder

Keunggulan

Tidak hanya meredakan gatal, tetapi juga melenyapkan beruntusan dan jerawat

Sensasi dinginnya bekerja cepat hilangkan rasa gatal

Teruji aman untuk kulit bayi

Siap tuntaskan berbagai masalah kulit!

Efektif atasi jamur dan bakteri pada kulit

Andalan seluruh anggota keluarga

Aroma segar mendukung anak bergerak aktif

Usir gatal dan bau badan seketika

Gatal di selangkangan segera hilang!

Ruam dan bekas luka, semua beres!

Harga mulai dariRp 7.500,00Rp 16.500,00Rp 8.800,00Rp 7.250,00Rp 20.000,00Rp 15.200,00Rp 16.000,00Rp 120.000,00Rp 42.900,00Rp 30.000,00
Penyebab gatalBiang keringat, jerawat, gangguan kulit selain infeksiBiang keringat, iritasi ringan pada kulitBiang keringat, iritasi akibat ruam popokBiang keringatJamur, kudis, biang keringat, bercak kulit, bekas gigitan seranggaBiang keringat, iritasi akibat ruam popokBiang keringatBiang keringat, bau badanJamurBiang keringat, iritasi akibat ruam popok
Kandungan bahan aktifAsam salisilat, talcMenthol, camphor, triclocarban, kaolin, minyak esensial alamiZinc oxide, allantoin, kaolinBals. peruv, zinc oxide, sulphur, salicylic acid, camphor, menthol, deodorant Chlorphenesin Calamine, zinc oxide, allantoin, vitamin E, minyak zaitun, zinc stearate, magnesium carbonateCalamine, zinc oxide, camphora, mentholSalicylic acid, bals. peruvlan, adeps. lanae, magnesium oxide, zinc oxideMiconazole nitrateZinc oxide, chlorhexidine
Isi60 gram150 gram, 300 gram50 gram, 150 gram50 gram, 150 gram75 gram, 150 gram80 gram35 gram, 60 gram, 100 gram, 220 gram90 gram25 gram100 gram, 300 gram
Mengandung pewangix××××
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar bedak untuk meredakan gatal di kulit

Pertanyaan umum seputar bedak untuk meredakan gatal di kulit

Dari ulasan di atas, Anda mungkin masih menyimpan beberapa pertanyaan tentang bedak gatal. Kami akan merangkum pertanyaan Anda dan mengulasnya berikut ini.

Apa biduran bisa diobati dengan bedak?

Biduran atau ruam kemerahan pada kulit bisa diatasi dengan menggunakan bedak. Anda bisa memilih bedak dengan kandungan menthol, calamine, atau salicylic acid untuk mengatasi biduran. Setelah itu, gunakan pakaian longgar supaya sirkulasi udara dapat terjaga. Pastikan Anda tidak menggaruk kulit yang gatal karena justru menambah rasa gatalnya.

Bolehkah ibu hamil memakai bedak gatal?

Perubahan hormon menyebabkan kulit ibu hamil lebih sensitif dan sering mengalami gatal-gatal. Ibu hamil tetap bisa menggunakan bedak gatal, tetapi perhatikan kandungan di dalamnya. Sebaiknya, carilah bedak gatal dengan formula ringan, bebas paraben, dan hypoallergenic supaya aman serta tidak menimbulkan reaksi tertentu.

Baca juga rekomendasi bedak dan lotion pereda gatal lainnya di sini

Selain rasa gatal, terkadang bayi mengalami ruam popok yang cukup serius. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan salep ruam popok. Jika Anda membutuhkan rekomendasi salep ruam popok terbaik untuk bayi Anda, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Pemilihan bedak yang sesuai dengan penyebab gatal akan memberikan efek maksimal untuk kulit Anda. Selain itu, ingatlah bahwa bedak untuk anak-anak umumnya diformulasikan berbeda dengan bedak untuk orang dewasa. Jadi, perhatikanlah komposisi bahannya secara saksama.


Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel kali ini. Dengan bedak yang tepat, gatal di kulit akan segera menghilang sehingga Anda bisa tenang beraktivitas. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Saat buah hati mengalami batuk, tentu Anda akan segera mencari obat batuk terbaik untuk meredakan batuknya. Di pasaran sendiri, banyak varian obat batuk anak yang dapat Anda temui, seperti merek Anakonidin, OBH Combi, serta Hufagripp BP.Saat memilih obat batuk, Anda pastinya tidak ingin si kecil mengalami efek samping. Untuk itu, kami akan memberikan rekomendasi merk obat batuk anak yang bagus dan dapat diberi secara online. Anda juga tak perlu khawatir karena artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba. 
    Obat-obatan
  • 10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sedang mengalami bersin-bersin, hidung tersumbat, atau meriang? Jika ya, mungkin Anda sedang terkena flu. Anda perlu segera mengonsumsi obat flu yang bagus. Anda bisa menemukan beragam obat flu di pasaran. Ada jenis obat flu biasa, obat flu dan batuk, hingga obat flu yang tidak menyebabkan kantuk.Kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli obat flu. Anda juga dapat menyimak rekomendasi obat flu, mulai dari produk dari merek Panadol, Bodrex, Procold, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
  • 10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Saat beraktivitas, Anda bisa saja mengalami kecelakaan, seperti terkena setrika, tersiram air atau minyak panas, dan terkena knalpot. Karena itu, penting untuk menyediakan salep luka bakar yang aman di kotak obat. Namun, salep luka bakar apa yang sebaiknya Anda beli?Untuk mengetahui tentang salep luka bakar, bacalah artikel ini sampai habis. Anda akan mendapatkan tips memilih salep luka bakar yang bagus, serta rekomendasi produknya. Salep dari berbagai merek terkenal, seperti Bioplacenton, Burnazin, dan Mebo, juga akan kami bahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. Selamat membaca!
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    Kondisi lingkungan saat musim kemarau menjadi kering dan berdebu sehingga dapat memicu mata gatal dan berair. Jika Anda mengalaminya, obat tetes mata untuk mata gatal bisa menjadi penyelamat. Selain kondisi lingkungan, ada bermacam-macam penyebab mata gatal. Oleh karena itu, produk obat tetes mata gatal juga beragam.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan informasi cara memilih obat tetes mata yang bagus. Beberapa rekomendasi merek obat tetes mata gatal juga akan kami berikan. Misalnya saja, ada obat tetes mata merek Insto, Rohto, dan Braito. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, silakan baca artikel ini.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah yang bagus sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Berbagai merek ternama, seperti Insto, Rohto, serta Cendo pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
  • 10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Obat sakit perut dikonsumsi untuk meredakan gangguan perut, seperti mules, nyeri, perut melilit, diare, dan sebagainya. Untuk mengatasinya, banyak masyarakat memilih membeli obat herbal atau obat sakit perut di apotek. Tidak hanya orang dewasa saja, banyak juga anak-anak yang membutuhkan obat sakit perut khusus anak.Anda tentu saja tidak boleh sembarangan memilih obat sakit perut. Bersama dengan dokter umum, Annisa, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih obat sakit perut yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek obat sakit perut yang bagus, seperti Mylanta, Tay Pin San, dan Polysilane.
    Obat-obatan
  • 10 Obat Diare - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Diare - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Ada berbagai jenis gejala diare yang umum dialami orang, seperti mencret, mual, dan sakit perut. Obat diare biasanya ampuh mengatasi gejala-gejala tersebut. Untungnya, kini Anda bisa mendapatkan obat diare di warung ataupun apotek terdekat. Agar tidak salah pilih, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih obat diare terbaik untuk dewasa dan anak.Produk-produk dari sejumlah merek terkenal, seperti Norit, Diatabs, Entrostop, dan Diapet juga akan kami rekomendasikan. Tidak lupa, temukan juga tips tambahan dari dokter umum, Annisa, di artikel ini. Pastikan Anda menyimaknya karena informasi ini akan berguna untuk Anda!
    Obat-obatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori