• 10 Rekomendasi Makaroni Pasta Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Makaroni Pasta Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Makaroni Pasta Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Makaroni Pasta Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Makaroni Pasta Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Makaroni Pasta Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Makaroni merupakan jenis pasta yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Berbagai makanan, seperti sup, salad, bahkan camilan menggunakan jenis pasta ini. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda kebingungan memilih produk yang pas untuk disajikan.


Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih makaroni terbaik agar Anda mudah menemukan makaroni yang tepat. Temukan juga berbagai merek ternama, seperti La Fonte, San Remo, Kraft, dan lain-lain dalam rekomendasi kami. Yuk, langsung simak informasinya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih makaroni pasta

Ada banyak produk makaroni yang dapat Anda temui di berbagai gerai online. Agar Anda bisa memilih makaroni yang pas untuk sajian Anda, mari perhatikan panduan cara memilih di bawah ini.

Sesuaikan bentuknya dengan jenis masakan

Perlu diketahui bahwa makaroni tidak hanya tersedia dalam bentuk elbow, tetapi juga bentuk lurus. Keduanya dapat dipilih sesuai dengan jenis masakan Anda. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

Elbow, bisa untuk segala jenis masakan

Elbow, bisa untuk segala jenis masakan

Makaroni elbow atau chifferi merupakan bentuk yang banyak Anda temui di pasaran. Bentuk elbow ini cocok untuk berbagai jenis makanan, seperti mac n cheese, sup, salad, dan macaroni schotel. Makaroni elbow memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan makaroni bentuk lurus.


Karena itu, saat dipadukan dengan bahan makanan lain, rasa dan teksturnya akan tetap seimbang. Namun, makaroni elbow juga tersedia dalam ukuran yang lebih kecil, lho. Dengan begitu, Anda dapat memilih ukurannya sesuai dengan selera masing-masing.

Maccheroni, lebih mudah tercampur dengan krim

Maccheroni, lebih mudah tercampur dengan krim

Makaroni yang juga disebut maccheroni ini mungkin tidak terlalu sering terdengar karena cukup jarang ditemukan. Bentuknya berupa pipa yang pendek dan kecil serta lebih ramping jika dibanding dengan makaroni elbow.


Bentuknya yang ramping membuat tekstur maccheroni terasa lebih halus sehingga mudah membaur dengan krim. Karena itu, maccheroni tepat dipilih jika Anda menginginkan rasa makaroni yang lebih menyatu dengan krim atau bumbu lainnya.

Anda juga dapat menyimak rekomendasi produk makaroni bantet yang sudah kami siapkan melalui link di bawah ini.

Pilih makaroni dengan bumbu instan atau tanpa bumbu instan

Saat hendak membeli makaroni Anda akan menemukan produk yang dilengkapi bumbu instan dan yang tidak. Berikut ini kami jelaskan kelebihannya masing-masing.


  • Produk makaroni tanpa bumbu umum dijumpai di mana-mana. Jenis ini banyak diminati karena dapat dikombinasikan dengan berbagai varian makanan, misalnya sup dan salad. Selain itu, Anda juga dapat berkreasi dengan bermacam-macam bumbu untuk menghadirkan sajian baru yang unik. Jika Anda sedang ingin belajar memasak, makaroni ini juga cocok untuk digunakan.


  • Jumlah produk makaroni yang sudah dilengkapi dengan bumbu instan memang tidak sebanyak makaroni biasa. Namun, makaroni yang dijual dengan bumbu ini akan memudahkan Anda dalam menyajikan makanan. Anda hanya perlu merebus makaroni, lalu mencampurnya dengan bumbu instan yang sudah disertakan. Secara umum, untuk varian bumbunya, Anda dapat memilih antara mac n cheese dan bolognese.

Cek jumlah isi kemasan

Cek jumlah isi kemasan

Di pasaran, makaroni dijual dalam jumlah isi yang berbeda-beda sehingga pemilihannya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Pertama-tama, Anda perlu menentukan makaroni tersebut akan dijadikan sebagai bahan utama masakan atau pelengkap. Setelah itu, pertimbangkanlah jumlah porsi makanan yang ingin Anda buat. Agar lebih jelas, simak panduannya di bawah ini.


  • Jika hendak menjadikan makaroni sebagai bahan utama, Anda membutuhkan sekitar 85–113 gram makaroni per porsi. Namun, bila hanya sebagai pelengkap, Anda memerlukan sekitar 57 gram makaroni saja untuk tiap porsi.


  • Jika ingin membuat sajian untuk banyak orang dengan makaroni sebagai bahan utama, pilihlah kemasan 500 gram atau lebih. Dengan begitu, Anda tidak akan kehabisan stok makaroni ketika memasak.


  • Sementara itu, untuk sajian yang menggunakan makaroni sebagai pelengkap, seperti sup atau salad, kemasan kecil pun sudah cukup. Anda bisa memilih produk yang isinya 100 gram atau 250 gram.


Apabila berlebih, simpan makaroni Anda di wadah yang tertutup dan kedap udara. Makaroni yang kering akan menyerap uap air dalam udara sehingga berisiko membuatnya berjamur. Selain itu, bila disimpan dengan benar, makaroni akan terasa lebih fresh saat disajikan.

Periksa keterangan bebas gluten jika memiliki alergi

Kebanyakan pasta terbuat dari durum wheat yang diolah menjadi tepung sehingga pasta tidak mudah hancur ketika dimasak. Penggunaan tepung untuk membuat pasta, termasuk makaroni, membuatnya tidak bebas dari gluten. Untuk itu, jika Anda memiliki alergi terhadap gluten, carilah makaroni yang bebas gluten.


Ada berbagai produk yang mengeluarkan makaroni bebas gluten dengan bahan dasar jagung dan beras. Produk-produk seperti ini biasanya mencantumkan keterangan "gluten free" pada label kemasan. Dengan produk bebas gluten, Anda bisa merasa tenang dan tidak perlu was-was terhadap risiko alergi.

Utamakan produk tanpa gula dan garam untuk bayi di bawah setahun

Utamakan produk tanpa gula dan garam untuk bayi di bawah setahun

Makaroni dapat menjadi salah satu pilihan makanan bagi bayi yang sudah mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI). Namun, Anda perlu tetap selektif karena tidak semua makaroni aman untuk bayi yang usianya belum genap setahun. Misalnya saja, produk dengan bahan tambahan yang belum boleh dikonsumsi bayi, seperti gula dan garam.


Pemberian garam pada bayi di bawah setahun dapat meningkatkan risiko hipertensi dan penyakit ginjal. Sementara itu, pemberian gula pada usia dini bisa menyebabkan kerusakan gigi dan melemahnya daya tahan tubuh bayi. Jadi, pastikan Anda memilih makaroni tanpa tambahan gula dan garam jika akan dikonsumsi oleh bayi di bawah setahun.

10 Rekomendasi makaroni pasta terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk makaroni pasta terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Bellamy's OrganicOrganic Veggie Macaroni

Mulai dari Rp 82.900,00

BentukMaccheroni
Bumbu instan×
Isi175 gr
Gluten free×
9
BentukElbow
Bumbu instan×
Isi100 gr, 200 gr, 400 gr, 500 gr, 1 kg
Gluten free
8
BentukMaccheroni
Bumbu instan×
Isi500 gr
Gluten free×
7
BentukElbow
Bumbu instan
Isi170 gr
Gluten free
6
BentukElbow
Bumbu instan
Isi206 gr
Gluten free×
5
BentukMaccheroni
Bumbu instan×
Isi500 gr
Gluten free×
4

BogasariLa Fonte Elbow Macaroni

206

Mulai dari Rp 7.000,00

BentukElbow
Bumbu instan×
Isi225 gr
Gluten free×
3
BentukElbow
Bumbu instan×
Isi250 gr
Gluten free
2
BentukElbow
Bumbu instan×
Isi500 gr
Gluten free×
1
BentukElbow
Bumbu instan×
Isi1 kg
Gluten free×

Tabel perbandingan produk makaroni pasta terbaik

Gambar produk
1
Bogasari Sedani Makaroni Pipa 1

Bogasari

2
AI Makaroni Goreng 1

AI

3
ORGRAN Rice & Corn Macaroni 1

ORGRAN

4
Bogasari La Fonte Elbow Macaroni 1

Bogasari

5
Barilla Maccheroni 1

Barilla

6
Kraft Original 7.25 Oz 1

Kraft

7
Annie's Classic Cheddar Mac & Cheese 1

Annie's

8
San Remo Macaroni 1

San Remo

9
Egafood Makaroniku Elbow 1

Egafood

10
Bellamy's Organic Organic Veggie Macaroni 1

Bellamy's Organic

Nama produk

Sedani Makaroni Pipa

Makaroni Goreng

Rice & Corn Macaroni

La Fonte Elbow Macaroni

Maccheroni

Original 7.25 Oz

Classic Cheddar Mac & Cheese

Macaroni

Makaroniku Elbow

Organic Veggie Macaroni

Keunggulan

Isinya berlimpah ruah, harga pun ekonomis

Bantat, tetapi tidak keras! Nikmat dikonsumsi dengan taburan bumbu kering

Tanpa tambahan gula dan garam! Aman dikonsumsi bayi

Kenyal dan lembut, bikin keluarga kecil Anda jadi ketagihan

Makaroni bebas gagal, selalu al dente

Kurang dari 10 menit, makaroni pun siap dinikmati

Nyaman di lidah, nyaman di perut

Bahan terbaik hasilkan makaroni berkualitas

Ukurannya bervariasi, mudah disesuaikan dengan kebutuhan

Menyantap makaroni sambil mengenalkan warna kepada si kecil

Harga mulai dariRp 16.500,00Rp 18.050,00Rp 37.990,00Rp 7.000,00Rp 35.900,00Rp 42.000,00Rp 56.000,00Rp 28.500,00Rp 7.900,00Rp 82.900,00
BentukElbowElbowElbowElbowMaccheroniElbowElbowMaccheroniElbowMaccheroni
Bumbu instan××××××××
Isi1 kg500 gr250 gr225 gr500 gr206 gr170 gr500 gr100 gr, 200 gr, 400 gr, 500 gr, 1 kg175 gr
Gluten free×××××××
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar makaroni pasta

Selain hal-hal yang telah kami bagikan di atas, Anda mungkin masih memiliki pertanyaan lain seputar makaroni. Kami akan membahasnya secara singkat untuk Anda. Mari disimak!

Apakah makaroni bagus untuk diet

Seperti yang Anda telah ketahui, makaroni merupakan salah satu jenis dari pasta. Meski identik dengan hidangan tinggi kalori, pasta itu sendiri sebetulnya bagus untuk diet. Hal ini tidak lain karena pasta memiliki indeks glikemik rendah sehingga kadar gula darah tidak melonjak naik. Selain itu, indeks glikemik rendah ternyata memiliki peran signifikan dalam mencegah makan berlebihan. Hal inilah yang membuat makaroni bagus dikonsumsi saat diet.

Apakah makaroni membuat gemuk

Makanan yang membuat gemuk adalah makanan dengan kalori tinggi. Jadi, jawaban untuk pertanyaan ini sangat bergantung pada cara pengolahan dan bahan-bahan yang digunakan saat membuat hidangan makaroni. Sebagai contoh, makaroni yang diolah dengan cara digoreng tentu kalorinya lebih tinggi dibanding dengan cara direbus atau dikukus. Selain itu, penggunaan bahan-bahan tinggi kalori, seperti keju dan krim, juga sangat berpengaruh terhadap total kalori hidangan.

Baca juga rekomendasi bahan-bahan pelengkap sajian makaroni di sini

Apakah Anda berniat untuk meracik saus pasta makaroni sendiri? Berikut ini adalah rekomendasi bahan-bahan yang mungkin Anda butuhkan untuk melengkapi sajian Anda. Silakan Anda klik tautan di bawah ini, ya.

Kesimpulan

Makaroni makin banyak disukai oleh orang Indonesia. Ketika memilih makaroni, periksalah bentuk dan ukurannya agar sesuai dengan jenis masakan Anda. Selanjutnya, sesuaikan jumlah isi dengan keperluan agar tidak kekurangan ataupun kelebihan.


Jangan lupakan juga soal kandungan gula dan garam jika akan diberikan pada bayi di bawah setahun, ya! Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel kali ini. Selamat memilih dan berkreasi dengan makaroni pilihan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian? Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang baik. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Filma, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulannya masing-masing.Guna mendapatkan produk yang tepat, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi pada masyarakat saat ini berupa meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG adalah kaldu jamur. Jadi, tak heran jika kaldu jamur non MSG banyak dipakai untuk melezatkan berbagai masakan ataupun MPASI bayi.Sejumlah merek kaldu jamur yang bagus, seperti Totole, Lemonilo, dan Royco, menawarkan produk-produknya yang menarik. Nah, di artikel ini kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi kaldu jamur terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kecap Asin Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kecap Asin Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kecap asin Jepang atau sering disebut shoyu terkenal memiliki perpaduan rasa asin dan gurih yang sangat lezat. Tak hanya cocok untuk masakan Jepang semacam sushi, resep lokal seperti semur pun akan makin lezat dengan penggunaan shoyu.Nah, kali ini kami ingin membahas tips-tips memilih kecap asin Jepang yang bagus, serta memberikan rekomendasi produknya. Merek-merek terbaik, seperti Kikkoman, Higeta, dan Yamasa, ada di dalamnya. Selain harga yang bervariasi, kami juga menyediakan pilihan kecap asin Jepang yang halal, lho. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori