1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Nose Cleaner Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Nose Cleaner Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Nose Cleaner Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Nose Cleaner Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Nose Cleaner Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Nose Cleaner Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Nose Cleaner Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2023)

Ketika sedang pilek, bayi dan anak-anak biasanya kesulitan bernapas karena tidak bisa mengeluarkan ingus dari hidung. Pada saat inilah Anda membutuhkan nose cleaner. Produk ini berfungsi mengeluarkan ingus dan melegakan hidung tersumbat. Ada beberapa jenis nose cleaner, misalnya jenis elektrik dan manual. Ingin tahu perbedaannya?


Pada artikel ini, kami akan memberitahukan Anda cara memilih nose cleaner yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari merek ternama, seperti Pigeon, Mothercare, dan Fridababy. Baca juga komentar dari dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba. Jangan sampai Anda melewatkan artikel ini, ya! 

Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

dr. Agustinus adalah dokter spesialis telinga hidung tenggorok kepala leher lulusan Universitas Sumatera Utara tahun 2018. Beliau berpengalaman menangani sinusitis, rinitis alergi, polip hidung, tonsilitis, snoring, serumen prop, dan sebagainya. Saat ini beliau berpraktik pribadi di THT BEATRIX Medan dan RS Siloam Dhirga Surya Medan. Beliau memiliki prestasi sebagai runner-up Photo Competition International Sound Hearing 2019 Bali. Beliau juga menjadi juara tiga di Video Tiktok Competition Kongres Nasional PERHATI-KL 2020.

Profil dr. Agustinus Purba
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Fungsi nose cleaner

Fungsi nose cleaner

Saat pilek menyerang, gejala hidung tersumbat yang dialami oleh orang dewasa pun bisa dirasakan oleh si kecil. Bayi dan anak-anak belum bisa mengeluarkan ingusnya sendiri. Karena itu, gunakanlah nose cleaner untuk membantu mengeluarkannya.


Hidung yang tersumbat akan membuat anak kesulitan minum susu, terutama pada bayi yang masih menyusui dan belum bisa bernapas dengan mulut. Bahkan, tidur mereka pun menjadi tidak nyenyak. Hidung tersumbat yang tidak segera diatasi pada bayi bisa menimbulkan peradangan di telinga. 


Umumnya, anak baru bisa mengeluarkan ingusnya sendiri setelah berusia enam tahun. Jadi, nose cleaner yang Anda beli dapat digunakan hingga anak mencapai usia tersebut. Tidak ada salahnya menyediakan nose cleaner di rumah untuk berjaga-jaga sebelum si kecil terkena pilek!

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Hidung mempunyai peran dalam kualitas udara yang kita hirup. Setiap udara yang masuk ke hidung akan dihangatkan, difilter, dan dilembabkan. Udara yang masuk juga dibersihkan dari kotoran, debu, virus, dan bakteri sebelum dikirim ke paru-paru. Udara yang berkualitas tentu berpengaruh terhadap kesehatan manusia.


Nose cleaner adalah alat yang berfungsi membersihkan hidung dari lendir, kotoran, maupun debu. Membersihkan hidung dari kotoran, lendir, dan debu akan memperbaiki kerja sistem mukosiliar pada hidung dan meningkatkan pertahanan hidung.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih nose cleaner

Untuk mengetahui produk mana yang cocok untuk anak Anda, silakan membaca cara memilih di bawah ini. Jangan sampai salah pilih, ya!

① Untuk bayi newborn yang masih sensitif, pilih tipe manual

Nose cleaner tipe manual adalah produk perawatan hidung bayi yang sudah ada sejak dahulu. Produk ini direkomendasikan untuk bayi yang baru lahir karena bisa menyedot ingus secara lembut. Tipe ini masih terbagi menjadi dua jenis. Perhatikan perbedaan kedua jenis tersebut berikut ini.

Jenis yang diisap dengan mulut, menyedot ingus dengan lembut sebab daya isap bisa dikontrol

Jenis yang diisap dengan mulut, menyedot ingus dengan lembut sebab daya isap bisa dikontrol

Untuk bayi newborn atau yang baru lahir, kami merekomendasikan nose cleaner jenis ini. Penyedotannya dilakukan melalui isapan mulut Anda secara langsung sehingga Anda dapat mengatur daya isapnya sesuai dengan kondisi anak. Jadi, Anda bisa menyedot ingus si kecil sambil tetap mengawasinya.


Namun, Anda tetap perlu berhati-hati karena flu adalah penyakit menular. Jika Anda khawatir akan tertular, pilihlah produk yang memiliki filter pada selangnya.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Alat yang bekerja dengan menghisap menggunakan mulut keberhasilannya ditentukan oleh kondisi dan ketenangan anak yang akan disedot hidungnya. Selain itu, kemampuan orang yang menyedot juga menentukan keberhasilannya.


Risiko penularan virus atau bakteri dari hidung yang disedot ke orang yang menyedot sangat tinggi, terutama di masa pandemi akibat Covid-19. Alat model ini sangat tidak disarankan karena pilek atau ingusan dapat disebabkan oleh virus dan Covid-19 adalah salah satunya.

Jenis pipet, tidak menyentuh ingus secara langsung, lebih higienis!

Jenis pipet, tidak menyentuh ingus secara langsung, lebih higienis!
Sumber: my-best.com

Nose cleaner jenis pipet cocok untuk Anda yang tidak ingin tertular saat mengeluarkan ingus dan kurang nyaman dengan jenis yang diisap dengan mulut. Jenis ini lebih higienis karena Anda bisa menyedot tanpa harus menyentuh ingus. Jadi, Anda bisa menggunakannya dengan nyaman pada si kecil yang sedang terserang flu sekalipun.


Anda mungkin akan segan jika harus menggunakan jenis yang diisap dengan mulut di depan umum. Berbeda dengan jenis tersebut, nose cleaner berbentuk pipet dapat Anda gunakan kapan pun dan di mana pun tanpa perlu merasa risi.


Beberapa produk malah menambahkan case supaya produk mudah dibawa. Akan tetapi, daya isap jenis ini tergolong lemah. Jadi, jenis ini kurang cocok digunakan untuk mengambil ingus yang berada di ujung paling dalam hidung. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakannya sebagai alat pembantu ketika menggunakan nose cleaner yang diisap melalui mulut.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Jenis pipet penyedot lebih aman dibandingkan model dihisap dengan mulut karena tidak ada kontak langsung antara lendir hidung dengan mulut penyedot. Namun, kemampuan menyedot tergantung kemampuan alat dan lengket atau encernya lendir hidung.


Apabila lendir terlalu lengket, tentu penyedotan pun akan sulit. Sebaiknya pilih pipet berbahan karet karena risiko iritasi lebih kecil dibandingkan bahan plastik atau logam.


Ketika menggunakan jenis ini, sebaiknya anak atau bayi sedang dalam posisi duduk atau kepala lebih tinggi agar mempermudah penyedotan.

② Untuk usia balita, dapatkan tipe elektrik supaya lebih cepat

Anak-anak terkadang tidak suka dan menangis jika hidungnya disentuh. Bahkan, beberapa anak ada yang sampai memberontak, terutama anak-anak usia balita. Tentu Anda akan kesulitan dalam memakaikan nose cleaner pada mereka. Di saat seperti ini, Anda sebaiknya menggunakan nose cleaner tipe elektrik untuk proses yang lebih cepat. Karena terdapat dua jenis tipe elektrik, mari kita lihat perbedaannya di bawah ini.

Jenis portabel, bisa dibawa ke mana saja

Jenis portabel, bisa dibawa ke mana saja

Nose cleaner elektrik jenis portabel tidak memerlukan stopkontak dan kabel sehingga bisa digunakan di mana saja. Produk ini sangat praktis dengan daya isap yang cukup kuat. Anda bisa memilih jenis portabel jika Anda membutuhkan nose cleaner yang bisa segera digunakan.


Tipe elektrik memang memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan tipe manual. Namun, ukurannya masih cukup nyaman untuk dibawa-bawa. Layaknya tipe manual jenis pipet, nose cleaner jenis portabel juga bisa digunakan tanpa perlu menyentuh ingus. Hanya saja, daya isapnya tidak bisa diatur atau disesuaikan. Untuk anak yang tidak begitu suka hidungnya disentuh, gunakan jenis ini untuk proses yang lebih cepat.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Jenis portabel tentu memudahkan bagi anak atau dewasa yang sering berjalan-jalan (traveling). Selalu ingat untuk membersihkan setelah memakai, juga dalam penyimpanan. Sebaiknya hindari pemakaian bergantian untuk hindari risiko penularan. Pembersihan terutama dilakukan pada ujung alat karena dalam setiap lendir hidung yang sedang pilek berpotensi mengandung virus atau bakteri.

Jenis plug-in, mirip seperti yang digunakan di rumah sakit dengan fitur pengaturan daya isap

Nose cleaner elektrik jenis plug-in memiliki daya isap paling kuat dibandingkan jenis lainnya. Daya isapnya juga bisa diatur dan memiliki kekuatan yang sama dengan yang biasa digunakan oleh para dokter THT.


Beberapa produk bahkan sudah memiliki sertifikasi produk alat kesehatan! Karena daya isapnya yang kuat, jenis plug-in bisa menyedot ingus yang sudah menggumpal dan mengeras dengan mudah. Kami merekomendasikan jenis ini untuk anak yang sering terkena pilek.


Nose cleaner jenis plug-in ini lebih cocok digunakan di rumah lantaran membutuhkan stopkontak. Ada beberapa produk dari jenis ini yang mengeluarkan suara cukup besar ketika tengah beroperasi. Jadi, pilihlah produk yang menawarkan suara pelan supaya Anda bisa menggunakannya dengan nyaman di malam hari. Sayangnya, nose cleaner jenis plug-in masih sulit ditemukan di Indonesia.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Model penyedot plug-in mempunyai daya hisap yang lebih kuat dibandingkan nose cleaner manual. Hal ini disebabkan oleh adanya mesin suction yang berfungsi menyedot. Risiko menggunakan alat ini adalah bila terlalu menekan ke hidung bagian tengah akan menimbulkan perdarahan. Tulang hidung bagian tengah kaya akan pembuluh darah besar.


Usahakan kita tahu daerah hidung bagian mana yang disedot. Jangan gunakan alat ini untuk mengambil benda asing pada hidung sebab berisiko mendorong benda tersebut makin terdorong ke belakang. Kekurangan lain dari model plug-in adalah memerlukan daya listrik sehingga tidak dapat digunakan pada kondisi listrik padam.

③ Cari produk dengan nozzle yang lembut agar tidak melukai bagian dalam hidung

Cari produk dengan nozzle yang lembut agar tidak melukai bagian dalam hidung
Sumber: my-best.com

Nozzle atau bagian kepala nose cleaner biasanya terbuat dari silikon supaya tidak merusak selaput lendir hidung. Akan tetapi, beberapa produk memiliki nozzle yang terlalu panjang yang bisa menusuk dan merusak bagian dalam hidung. Jadi, Anda juga perlu berhati-hati ketika memilih bentuk nozzle.


Agar lebih aman, pilihlah nose cleaner dengan nozzle yang tidak terlalu panjang. Akan lebih baik lagi jika nozzle-nya berbentuk seperti corong atau labu madu. Bentuk tersebut mampu mencegah nozzle masuk terlalu jauh ke dalam hidung.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Ukuran lubang hidung setiap orang berbeda, ada yang sempit dan ada yang cukup lebar. Jangan pernah memaksakan untuk memasukkan terlalu dalam atau terlalu ke tengah. Gunakan secara perlahan karena struktur hidung sangat lembut dan sensitif. 


Ujung alat nose cleaner (nozzle) yang lembut, tidak tajam, berbahan karet (rubber) sebaiknya dipertimbangkan. Nozzle tersebut cocok digunakan pada pasien anak atau bayi yang mempunyai struktur hidung lebih kecil dan sensitif. Selain itu, penggunaan nose cleaner pada hidung mereka berisiko trauma psikis bila menimbulkan rasa sakit, nyeri, atau perdarahan pada hidung

④ Tentukan berdasarkan kondisi pileknya

Tentukan berdasarkan kondisi pileknya
Sumber: pigeon.co.id

Volume ingus tiap anak berbeda tergantung kondisi pilek si kecil. Jadi, sebaiknya Anda memilih produk yang bisa dan mudah digunakan di kondisi apa pun. 


Misalnya, jika Anda memutuskan untuk menggunakan nose cleaner tipe manual, pilihlah yang dilengkapi dengan fitur check valve. Fitur ini memungkinkan penyedotan berlangsung satu arah sehingga ingus tidak akan masuk kembali ke dalam hidung meski penyedotan dilakukan beberapa kali.


Harap diketahui bahwa sebagian tipe manual hanya bisa digunakan untuk satu kali penyedotan. Dengan adanya fitur check valve ini, Anda bisa menyedot berkali-kali sampai ingus si kecil keluar semua tanpa perlu kerap membuang ingus di setiap penyedotan.


Untuk nose cleaner tipe elektrik, pilihlah yang bisa diatur daya isapnya. Produk tersebut akan memudahkan Anda karena daya isap dapat diatur sesuai dengan kondisi pileknya. Anda bisa memulai penyedotan dari daya isap yang paling lemah, lalu ubah sedikit demi sedikit hingga yang paling kuat.


Jika anak Anda kurang suka dengan nose cleaner elektrik biasa karena daya isapnya terlalu kuat, produk yang dilengkapi mode pengaturan daya isap bisa Anda jadikan pilihan.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Pilek setiap orang berbeda, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut

  • lendir encer dan bening;
  • lendir kental dan putih pekat;
  • lendir kental berwarna kuning;
  • lendir kental berwarna hijau dan berbau; atau
  • tipe pilek yang ingusnya sangat lengket dan sulit untuk dikeluarkan.

Ada baiknya lendir diencerkan terlebih dahulu untuk mempermudah keberhasilan penggunaan nose cleaner. Posisi asal datangnya lendir juga berpengaruh dalam keberhasilan nose cleaner. Lendir bisa berasal dari rongga hidung, sinus pipi, sinus dahi, atau sinus belakang kepala.


Lendir dapat diencerkan dengan penggunaan cuci hidung dengan cairan saline, fisiologis, atau NaCl 0,9%. Setelah diencerkan, lendir akan lebih mudah disedot nose cleaner model apa pun. Selain itu, pasien yang hidungnya disedot tentu akan lebih cepat merasa hidung plong nyaman dan lebih lega bernafas.

⑤ Cari yang memiliki sedikit spare part agar mudah dibersihkan


Karena digunakan di hidung bayi, Anda pasti ingin menjaga produk agar tetap bersih dan higienis. Sebisa mungkin, pilihlah produk dengan spare part yang bisa dibongkar. Selain itu, produk dengan sedikit spare part lebih mudah dirakit kembali dan pencuciannya pun menjadi jauh lebih mudah.


Sebagian besar nose cleaner tipe manual lebih mudah dibersihkan. Sebaliknya, tipe elektrik lebih susah dirawat. Terutama nose cleaner elektrik jenis plug-in, spare part-nya yang banyak membuat perawatannya lebih merepotkan dibanding jenis lain. Jadi, sebelum membeli, jangan lupa untuk memperhatikan poin ini juga, ya!

10 Rekomendasi nose cleaner terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk nose cleaner terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Agustinus Purba.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Pigeon

Nose Cleaner

Pigeon Nose Cleaner 1枚目

Membuat hidung bayi terasa bersih dan lega dalam sekali sedot

2

Dodo

Nasal Aspirator 2 in 1

Dodo Nasal Aspirator 2 in 1 1枚目

Dua jenis nozzle dalam satu kemasan

3

Mothercare

Nasal Aspirator

Mothercare Nasal Aspirator 1枚目

Bisa kembali higienis hanya dengan pencucian air dingin!

4

Honey Boo

Alat Penyedot Ingus Elektrik Baby Nasal Aspirtor

Honey Boo Alat Penyedot Ingus Elektrik Baby Nasal Aspirtor 1枚目

Tidak mengganggu tidur buah hati berkat fitur low noise

5

Young Young

Nasal Aspirator Anti Backflow

Young Young Nasal Aspirator Anti Backflow 1枚目

BPA free, aman untuk si kecil yang rentan alergi

6

Olala Baby

Wireless Electric Nasal Aspirator

Olala Baby Wireless Electric Nasal Aspirator 1枚目

Keluarkan ingus dengan sangat cepat? Bisa!

7

Squip

NeilMed NäsaKleen Squeezie Nasal Rinsing System

Squip NeilMed NäsaKleen Squeezie Nasal Rinsing System 1枚目

Pilihan penyedot ingus untuk orang dewasa dan anak-anak!

8

Fridababy

NoseFrida The Snotsucker

Fridababy NoseFrida The Snotsucker 1枚目

Lebih higienis! Tidak perlu dimasukkan ke dalam hidung

9

Squip

NeilMed Baby NäsaKleen Nasal Aspirator

Squip NeilMed Baby NäsaKleen Nasal Aspirator 1枚目

Langsung dapat 50 buah filter dalam sekali pembelian!

10

Graco

NasalClear Battery Operated Nasal Aspirator

Graco NasalClear Battery Operated Nasal Aspirator 1枚目

Dengan fitur musik agar si kecil lebih tenang saat hidungnya dibersihkan

Perincian produk
Close
No.1

Membuat hidung bayi terasa bersih dan lega dalam sekali sedot

Pigeon Nose Cleaner jenis pipet ini memiliki pompa penyedot yang nyaman saat dioperasikan. Karena mudah digunakan, produk ini layak menjadi pertimbangan jika Anda baru pertama kali menggunakan nose cleaner.


Nozzle-nya lentur sehingga tidak akan melukai bagian dalam hidung. Agar tetap higienis, Pigeon melengkapi produknya dengan tutup nozzle. Pompanya pun lembut dan bisa Anda gunakan kapan saja. Namun hati-hati, tekan pompa sebelum nozzle dimasukkan ke dalam hidung si kecil, ya!

No.2

DodoNasal Aspirator 2 in 1

Mulai dari Rp28.500,00

Dua jenis nozzle dalam satu kemasan

Dodo Nasal Aspirator 2 in 1 menyediakan dua jenis nozzle yang berbeda dalam satu kemasan. Salah satu produk memiliki nozzle berukuran pendek dengan penampungan ingus yang lebih besar


Sementara itu, produk satunya memiliki nozzle yang lebih panjang dengan ukuran penampungan lebih kecil. Bagi Anda yang ingin leluasa menyesuaikan penggunaan alat dengan kondisi pilek si kecil, produk ini bisa menjadi andalan.

No.3

MothercareNasal Aspirator052120145-KA488

Mulai dari Rp169.000,00

Bisa kembali higienis hanya dengan pencucian air dingin!

Nose cleaner keluaran Mothercare ini hadir dengan dua desain unik yang berbeda untuk bayi newborn dan usia di atasnya. Produk ini juga menawarkan daya isap yang lembut supaya anak berhidung sensitif tetap merasa nyaman saat memakainya. 


Selain itu, Anda yang ingin membawanya saat bepergian tidak perlu khawatir akan kesulitan untuk menjaga produk tetap higienis. Pasalnya, nose cleaner ini dapat dibersihkan sampai kembali higienis dengan air dingin! Jadi, bila Anda tidak ingin repot menyiapkan air panas untuk membersihkan nose cleaner, pilihlah produk ini.

No.4

Honey BooAlat Penyedot Ingus Elektrik Baby Nasal Aspirtor

Mulai dari Rp150.000,00

Tidak mengganggu tidur buah hati berkat fitur low noise

Melihat buah hati kesayangan kesulitan bernapas saat tidur karena hidung tersumbat pasti tidak menyenangkan bagi orang tua. Sayangnya, orang tua kadang dilema saat akan menyedot ingus bayi sebab khawatir anak terbangun akibat suara alat.


Apabila Anda termasuk yang mengalami masalah tersebut, produk ini untuk Anda. Alat penyedot ingus elektrik dari Honey Boo ini hadir dengan fitur low noise alias tidak berisik. Jadi, Anda dapat menyedot ingus si kecil saat tertidur sekalipun.

No.5

Young YoungNasal Aspirator Anti Backflow307

Mulai dari Rp71.875,00

BPA free, aman untuk si kecil yang rentan alergi

Sebagian bayi yang baru lahir sampai usia enam bulan cenderung mudah alergi terhadap komponen BPA. Padahal, BPA banyak digunakan dalam perlengkapan bayi yang berbahan plastik.


Nah, apabila anak Anda mudah pilek dan sensitif terhadap BPA, pertimbangkanlah nose cleaner dari Young Young ini. Produk penyedot ingus yang satu ini tidak mengandung BPA sehingga aman untuk buah hati yang rentan alergi.

No.6

Olala BabyWireless Electric Nasal Aspirator

Mulai dari Rp635.000,00

Keluarkan ingus dengan sangat cepat? Bisa!

Nose cleaner elektrik ini mampu mengeluarkan ingus hanya dalam tiga detik! Dengan dua baterai AA, Anda dapat menggunakan produk ini hingga 1000 kali pemakaian. Selain itu, nose cleaner ini juga water resistant sehingga proses pencucian menjadi lebih mudah. 


Jadi, pilihlah produk ini bila Anda mencari produk yang kerjanya cepat dan perawatanya mudah. Lebih dari itu, dalam satu paket, produk ini menyediakan tiga ujung penyedot dengan warna dan fungsi yang berbeda. Warna biru untuk ingus normal, warna putih untuk ingus yang lebih kental, dan warna pink untuk usia 0-3 bulan.

No.7

SquipNeilMed NäsaKleen Squeezie Nasal Rinsing System

Mulai dari Rp215.000,00

Pilihan penyedot ingus untuk orang dewasa dan anak-anak!

Walaupun pada awal artikel disebutkan bahwa nose cleaner kebanyakan dibutuhkan oleh bayi, orang dewasa atau anak-anak pun dapat memerlukannya. Pasalnya, anak-anak dan orang dewasa juga bisa mengalami gejala hidung tersumbat, mulai dari karena flu hingga sinusitis.


Untuk mengatasi persoalan tersebut, Anda dapat menggunakan produk ini. Berbeda dengan nose cleaner untuk bayi yang bekerja dengan menyedot ingus, produk ini akan membersihkan saluran hidung. Jadi, saat bagian squeezy ditekan, alat akan mengalirkan cairan untuk mengirigasi hidung. Hasilnya, saluran hidung Anda akan bersih dan terasa lega!

No.8

FridababyNoseFrida The Snotsucker

Mulai dari Rp144.000,00

Lebih higienis! Tidak perlu dimasukkan ke dalam hidung

Dibuat di Swedia, NoseFrida The Snotsucket tergolong nose cleaner yang higienis. Alasannya, dengan bentuk memanjang seperti roket yang ramping, Anda tidak perlu memasukkan nozzle ke dalam hidung si kecil. Anda Cukup meletakkan alat pada ujung hidung anak, lalu sedotlah dengan mulut Anda.


Jadi, produk ini sesuai untuk Anda yang khawatir dengan risiko memasukkan alat ke dalam hidung anak. Selain itu, produk ini dilengkapi disposable filter yang dapat menahan ingus agar tidak tertelan oleh Anda saat menyedotnya.  

No.9

SquipNeilMed Baby NäsaKleen Nasal Aspirator

Mulai dari Rp165.000,00

Langsung dapat 50 buah filter dalam sekali pembelian!

NeilMed Baby NäsaKleen Nasal Aspirator memiliki nozzle dengan bentuk seperti alat suntik yang nyaman di hidung. Spare part nose cleaner ini dapat dibongkar saat akan dicuci. Sayangnya, filternya hanya sekali pakai sehingga harus langsung dibuang setelah digunakan.


Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab Anda akan langsung mendapatkan 50 buah filter cadangan dalam sekali pembelian. Apabila Anda merasa penyedotan manual dengan mulut lebih aman bagi si kecil, pilihlah alat yang dilengkapi filter ini. Dengan begitu, risiko penularan penyakit dari bayi ke orang tua atau sebaliknya dapat diperkecil.

No.10

GracoNasalClear Battery Operated Nasal Aspirator

Mulai dari Rp765.000,00

Dengan fitur musik agar si kecil lebih tenang saat hidungnya dibersihkan

Ketika Anda berusaha membersihkan hidung bayi yang tersumbat, si kecil tidak akan selalu tenang. Bahkan, dalam banyak kasus, bayi atau balita menangis dan panik saat hidungnya akan dibersihkan.


Gunakanlah NasalClear Battery Operated Nasal Aspirator agar anak Anda lebih tenang selama proses pembersihan saluran hidung. Nose cleaner ini bukan hanya efektif menyedot ingus, melainkan dilengkapi dengan 12 pilihan musik untuk mendistraksi buah hati Anda. Menarik, bukan?

Tips menggunakan nose cleaner dengan aman

Tips menggunakan nose cleaner dengan aman
Sumber: my-best.com

Tidak seperti orang dewasa, hidung anak kecil sangatlah sensitif. Anda mungkin khawatir saat pertama kali menggunakan nose cleaner. Karena itu, kami akan menjelaskan tips dan trik menggunakan nose cleaner dengan aman.


Lendir dan ingus pada hidung akan makin mudah diambil ketika hidung dalam keadaan hangat. Maka dari itu, Anda sebaiknya memakaikan nose cleaner setelah si kecil mandi atau setelah makan makanan hangat seperti sup. Perlu diperhatikan bahwa terlalu sering menyedot ingus akan berpotensi melukai hidung anak. Jadi, tidak perlu terburu-buru, sedotlah sedikit demi sedikit sampai anak Anda merasa lebih baik.


Selain itu, menyedot ingus dengan kuat dalam waktu lama juga tidak direkomendasikan. Cobalah melakukannya dalam waktu sesingkat mungkin. Jika si kecil terlihat menderita karena hidung tersumbat, sedotlah ingusnya secara perlahan sambil mengajaknya berbicara.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Pilih nose cleaner yang sesuai dengan ukuran lubang hidung. Sesuaikan juga dengan usia dan keperluan aktivitas, apakah untuk di rumah, pemakaian sehari-hari, atau untuk dibawa perjalanan (traveling).


Penting untuk mengencerkan lendir hidung agar nose cleaner dapat bekerja maksimal mengeluarkan lendir lengket dan sulit dikeluarkan


Usahakan posisi saat memakainya adalah posisi duduk dan kepala menghadap ke depan. Jangan gunakan pada posisi berbaring atau tiduran. Hal tersebut berisiko membuat lendir terjatuh ke hidung bagian belakang serta masuk ke leher dan memicu risiko batuk atau tersedak.

Tips dari dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba

Tips dari dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba

Seberapa sering penggunaan nose cleaner yang disarankan? Pada saat kondisi pilek dan banyak lendir, nose cleaner membantu melepaskan lendir dan mempercepat pembersihan lendir hidung. Pembersihannya akan lebih cepat bila nose cleaner dikombinasikan dengan cairan cuci hidung. 


Penekanan alat nose cleaner pada lubang hidung juga berisiko menyebabkan luka dan perdarahan pada hidung bagian tengah depan. Gunakan nose cleaner dengan tenang, lembut, serta kombinasikan dengan cuci hidung. Dengan demikian, hidung akan sehat dan nafas menjadi lega.

Baca juga rekomendasi cotton bud di sini

Ingus yang mengerak pada bibir hidung tidak bisa disedot oleh nose cleaner. Jadi, sangat disarankan untuk selalu membersihkan ujung hidung dengan cotton bud. Berikut adalah rekomendasi cotton bud terbaik yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Kesimpulan

Bagaimana? Sudah menemukan produk yang cocok? Jika si kecil belum bisa mengeluarkan ingusnya sendiri, gunakanlah nose cleaner! Untuk bayi yang sering terserang pilek, tipe elektrik lebih direkomendasikan. Untuk bayi yang baru lahir, pilihlah tipe manual yang lembut. Jadi, Anda kini tidak perlu panik lagi ketika hidung anak tersumbat. Semoga si kecil cepat sembuh, ya.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer