• 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)

Siapa yang tidak tahu olahraga sepatu roda? Olahraga ini tergolong populer di kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan, olahraga yang berasal dari Belanda ini sudah memiliki cabang resminya di beberapa kompetisi olahraga nasional dan internasional. Komunitasnya pun telah menjamur di berbagai kota di Indonesia.


Di pasaran, ada beberapa merek sepatu roda yang bagus, seperti OXER, Power Line, dan lainnya. Agar tidak salah beli, kami akan memberikan panduan cara memilihnya untuk Anda. Kemudian, kami juga akan memberikan tips memakai sepatu roda yang aman. Yuk, simak artikel berikut hingga tuntas, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih sepatu roda

Ada beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan saat akan membeli sepatu roda untuk pemula. Mari pelajari poin-poin penting berikut ini. 

Kenali jenis sepatu roda

Berdasarkan jenisnya, sepatu roda untuk pemula dibagi menjadi tiga macam. Di bawah ini, kami akan menjelaskan lebih detail perbedaan dari masing-masing jenis. 

Quad skate: Rodanya berada di empat sudut

Quad skate: Rodanya berada di empat sudut

Sepatu roda jenis ini memiliki empat roda yang terletak dua di depan dan dua di belakang. Oleh sebab itu, dengan menggunakan sepatu roda ini, keseimbangan pengguna lebih terjaga. Sepatu roda quad skate ini sering digunakan oleh anak-anak atau remaja. 

Inline skate: Keempat rodanya tersusun secara lurus

Inline skate: Keempat rodanya tersusun secara lurus

Sementara itu, sepatu roda untuk pemula model inline skate ini adalah varian yang paling banyak dijumpai di marketplace. Memiliki roda yang sejajar merupakan ciri khas dari sepatu roda ini. Beberapa sepatu roda model ini juga telah dilengkapi dengan braker sehingga lebih aman. Tidak hanya itu, pilihan desain sepatu roda inline skate juga lebih variatif. 

Roller shoes: Gabungan sepatu roda dan sneakers

Sepatu roda model roller shoes ini merupakan inovasi terbaru, yakni menggabungkan sneaker dan sepatu roda. Roda pada sepatu ini terpasang pada bagian outsole dan berbentuk lipatan. 


Jadi, ketika ingin bersepatu roda, Anda perlu mengeluarkan rodanya. Setelah selesai, Anda dapat melipat kembali rodanya ke dalam dan menggunakan sepatu tersebut layaknya sneaker biasa

Cek keberadaan rem dan roda bantu

Bagi pemula, penting untuk memilih sepatu roda yang aman ketika digunakan. Oleh karena itu, sangat baik bila Anda memastikan ada tidaknya rem dan roda bantu pada sepatu roda incaran.

Lebih aman menggunakan sepatu roda dengan rem

Lebih aman menggunakan sepatu roda dengan rem

Bila pemula, biasanya sulit untuk mengerem dengan baik ketika menggunakan sepatu roda. Karena itu, akan lebih aman apabila Anda memilih sepatu roda dengan rem tumit. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan menekankan bagian tumit ke permukaan tanah ketika bersepatu roda.


Dengan memilih sepatu roda yang dapat dilepas pasang remnya, Anda bisa melepas rem tersebut setelah mahir. Perlu diperhatikan, umumnya sepatu roda hanya memiliki satu rem tumit. Untuk itu, pastikan bahwa sepatu roda pilihan Anda tidak mengalami kerusakan. 

Gunakan sepatu dengan roda bantu agar lebih stabil

Gunakan sepatu dengan roda bantu agar lebih stabil

Bagi pemula, berdiri tegak saat meluncur akan terasa sulit karena letak roda yang berjajar. Terjatuh ketika belum terbiasa menggunakan sepatu roda adalah hal yang wajar. Tak perlu khawatir, pilihlah sepatu roda dengan roda bantu terutama ketika memilih sepatu roda untuk anak.


Adanya roda bantu membuat sepatu roda lebih stabil sehingga risiko jatuh makin kecil. Sebagai orang tua, Anda tentu menjadi lebih tenang. Anak pun bisa lebih menikmati permainan sepatu rodanya. Tenang saja, Anda bisa melepas roda bantu setelah merasa cukup mahir.

Perhatikan materialnya

Selanjutnya, kami akan memaparkan beberapa material sepatu roda yang sering digunakan. Umumnya, sepatu roda terbuat dari material soft boot dan ada juga yang hard boot. Selengkapnya akan kami jabarkan di bawah ini. 

Soft boot: Ada bantalan bagian dalam yang empuk

Soft boot: Ada bantalan bagian dalam yang empuk

Keunggulan utama soft boot adalah adanya bantalan di bagian dalam yang empuk dan terasa pas di kaki. Tenang saja, bantalan tersebut dapat menyangga pergelangan kaki Anda dengan kuat. Anda pun akan merasa lebih nyaman saat meluncur

Hard boot: Lebih kokoh, cocok untuk belajar beragam teknik sepatu roda

Hard boot: Lebih kokoh, cocok untuk belajar beragam teknik sepatu roda

Sementara itu, sepatu roda hard boot mampu mencengkeram kaki dengan lebih erat. Hal tersebut tentu akan membuat kaki Anda lebih terlindungi. Umumnya, sepatu roda hard boot ini tidak dilengkapi dengan rem. 


Jika Anda ingin mempelajari teknik bermain seperti slalom atau aggressive, memakai sepatu roda ini adalah pilihan tepat. Lebih lanjut, bagian dalam pada sepatu roda hard boot ini dapat dilepas sehingga Anda lebih mudah mencucinya

Ketahui bahan roda dan nomor bearing-nya

Dengan mengetahui bahan sepatu roda dan nomor bearing-nya, Anda dapat lebih mudah memilih sepatu roda sesuai kebutuhan. Bahan sepatu roda yang sering dipakai adalah plastik dan karet


Roda sepatu yang terbuat dari bahan plastik lebih tahan lama dan aman saat digunakan. Namun, plastik biasanya mengeluarkan suara yang berisik. Sebaliknya, bahan karet terasa empuk dan mampu meredam suara sehingga terasa lebih nyaman. 


Sementara itu, bearing merupakan bagian dengan bola logam yang berada di tengah roda. Nomor bearing ditunjukkan dengan skala ABEC (Annular Bearing Engineering Committee). Nomor ini menunjukkan kekuatan rotasi pada bearing. Makin tinggi nomornya, makin licin pula roda pada sepatu. Bagi pemula, disarankan untuk menggunakan ABEC 3 bearing atau lebih.

Pertimbangkan sepatu roda yang memiliki keunggulan tambahan

Kemudian, periksa juga keunggulan tambahan yang ada pada sepatu roda yang akan Anda beli. Adanya keunggulan tambahan akan membuat sepatu roda makin fungsional digunakan.

Sepatu yang ukurannya bisa diatur, cocok untuk anak-anak

Sepatu yang ukurannya bisa diatur, cocok untuk anak-anak

Dalam memilih sepatu roda pemula untuk anak-anak, pilihlah sepatu roda yang dapat diatur ukurannya. Hal tersebut penting terlebih bila anak Anda masih dalam usia sekolah dasar di mana pertumbuhannya sedang berlangsung cepat. Pada masa pertumbuhan, akan merepotkan bila Anda harus membeli produk baru setiap kali sepatu rodanya tidak lagi muat.


Namun, dengan sepatu roda yang dapat disesuaikan ukurannya, anak-anak bisa menggunakannya dengan nyaman dalam jangka waktu yang lama. Cara penyesuaian ukuran dapat bervariasi dalam setiap produk. Akan tetapi, umumnya penyesuaikan ukuran dilakukan dengan sistem slide antara bodi depan dan belakang sepatu.

Set sepatu roda beserta perlengkapannya, lebih ekonomis

Set sepatu roda beserta perlengkapannya, lebih ekonomis

Bagi pemula, kemungkinan mengalami jatuh atau cedera sangatlah tinggi. Untuk mencegah hal tersebut, kami merekomendasikan sepatu roda yang telah dijual satu set. Perlengkapan dalam set tersebut meliputi helm, pelindung lutut, pelindung siku, dan lainnya. Selain lebih praktis, Anda juga dapat berhemat. Warna-warnanya pun senada sehingga mendongkrak penampilan Anda.


Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai sepatu roda, Anda bisa membacanya melalui link di bawah ini. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sepatu roda untuk pemula

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu roda untuk pemula yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
JenisInline skate
Size36–46
MaterialBodi: aluminium・Roda: karet flat 80mm hardness 85a
BearingABEC 7
9

Power Line Recreational Inline Skate - Blue

HB22

Mulai dari Rp 458.000,00

JenisInline skate
SizeS: 29–33・M: 34–38・L: 39–42 (adjustable)
MaterialBodi: frame aluminium・Roda: karet PVC
BearingTidak disebutkan
8

Power AositeKids Inline Skate

6001

Mulai dari Rp 182.000,00

JenisInline/quad skate
SizeS: 26–31・ M: 31–35・L: 39–42
MaterialBodi: frame aluminium・Roda: karet PVC
BearingTidak disebutkan
7
JenisInline skate
Size36–38
MaterialBodi: CNC Frames・Roda: 88A 60mm high elasticity durable wheels
BearingABEC 7
6

Impala Roller SkatesHolographic Quad Roller Skate

Mulai dari Rp 1.995.000,00

JenisQuad skate
Size32–42
MaterialRoda: PU・Frame: Aluminium alloy
BearingABEC 7
5
JenisRoller shoes
Size36–42
MaterialTidak disebutkan
BearingTidak disebutkan
4

DecathlonOxelo Play 5 Skate Anak Merah/Hitam

8396633

Mulai dari Rp 460.000,00

JenisInline skate
Size28–36
MaterialRoda: Polikarbonat・Bodi: polipropilena
BearingABEC 1
3
JenisQuad skate
Size36–42 (adjustable)
MaterialTidak disebutkan
BearingTidak disebutkan
2
JenisInline skate
SizeS: 29–33・M: 34–38・L: 39–42
MaterialRoda: hardness 82A PU wheels
BearingABEC 7
1
JenisInline skate
SizeS: 30–33・M: 34–37・L: 38–41
MaterialBodi: frame aluminium
BearingTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk sepatu roda terbaik untuk pemula

Gambar produk
1
Inline Skate Full Set  1

2
Cougar Power King 1

Cougar

3
Dry Skates  1

4
Decathlon Oxelo Play 5 Skate Anak Merah/Hitam 1

Decathlon

5
Roller Shoes Skate Dewasa 1

6
Impala Roller Skates Holographic Quad Roller Skate 1

Impala Roller Skates

7
OXER  Aggresive Inline Skate  1

OXER

8
Power Aosite Kids Inline Skate  1

Power Aosite

9
Power Line  Recreational Inline Skate - Blue 1

Power Line

10
Flying Eagle  Raven Black 1

Flying Eagle

Nama produk

Inline Skate Full Set

Power King

Dry Skates

Oxelo Play 5 Skate Anak Merah/Hitam

Roller Shoes Skate Dewasa

Holographic Quad Roller Skate

Aggresive Inline Skate

Kids Inline Skate

Recreational Inline Skate - Blue

Raven Black

Keunggulan

Sudah lengkap! Hadiah menarik bagi si pemula

Desain manly untuk tampilan perky!

Letak rodanya membuat bersepatu roda lebih stabil

Dapat disetel hingga tiga ukuran, sempurna untuk kaki anak-anak

Bisa sekaligus dijadikan sepatu hang out, keren!

Tampil beda dengan warna hologram yang eye-catching

Bisa digunakan sejak pemula hingga mahir

Berseluncur seimbang dengan formasi roda yang berbeda!

Cukup tekan tombol untuk size adjusting, mudah!

Perpaduan desain keren dan kenyamanan yang mutlak

Harga mulai dariRp 265.000,00Rp 500.000,00Rp 85.000,00Rp 460.000,00Rp 1.450.000,00Rp 1.995.000,00Rp 805.000,00Rp 182.000,00Rp 458.000,00Rp 1.950.000,00
JenisInline skateInline skateQuad skateInline skateRoller shoesQuad skateInline skateInline/quad skateInline skateInline skate
SizeS: 30–33・M: 34–37・L: 38–41S: 29–33・M: 34–38・L: 39–42 36–42 (adjustable)28–3636–4232–4236–38 S: 26–31・ M: 31–35・L: 39–42S: 29–33・M: 34–38・L: 39–42 (adjustable)36–46
MaterialBodi: frame aluminiumRoda: hardness 82A PU wheelsTidak disebutkanRoda: Polikarbonat・Bodi: polipropilenaTidak disebutkanRoda: PU・Frame: Aluminium alloyBodi: CNC Frames・Roda: 88A 60mm high elasticity durable wheelsBodi: frame aluminium・Roda: karet PVCBodi: frame aluminium・Roda: karet PVCBodi: aluminium・Roda: karet flat 80mm hardness 85a
BearingTidak disebutkanABEC 7Tidak disebutkan ABEC 1Tidak disebutkanABEC 7ABEC 7Tidak disebutkan Tidak disebutkan ABEC 7
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar sepatu roda

Pertanyaan umum seputar sepatu roda

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer seputar sepatu roda. Jika Anda masih penasaran dengan sepatu roda, simak jawabannya di bawah ini. 

Apa perbedaan sepatu roda karet dan plastik?

Sepatu roda berbahan karet mampu meredam suara sehingga cocok juga untuk digunakan di area indoor. Sementara itu, sepatu roda yang terbuat dari plastik lebih kokoh sehingga dapat juga digunakan di aspal. 

Tips bermain sepatu roda dengan aman dan nyaman

Terjatuh saat bersepatu roda akan menyebabkan cedera ringan bahkan parah. Karena itu, sebelum Anda bisa berseluncur dengan baik, mari persiapkan safe plan agar terhindar dari cedera!

Jangan lupa memakai helm!

Jangan lupa memakai helm!

Pada aktivitas olahraga apa pun, melindungi bagian kepala adalah hal yang penting. Apalagi untuk pemula yang sedang berlatih bermain sepatu roda. Sangat penting untuk menggunakan perlengkapan pelindung berupa helm, pelindung tangan, pelindung siku, dan pelindung lutut. 


Bagi anak-anak, gunakanlah perlengkapan yang sesuai dengan umur dan ukuran tubuh. Pastikan ukurannya tidak terlalu besar agar tidak mengganggu gerakan tubuh saat bersepatu roda.


Kemudian, dengan memilih warna dan desain yang disukai anak-anak, mereka pasti akan selalu betah memakainya. Jangan lupa untuk memastikan kenyamanan penggunaan helm agar tidak terjadi kecelakaan saat berseluncur. Nikmati berseluncur nyaman dan aman dengan memakai helm!

Gunakanlah pelindung siku dan lutut

Gunakanlah pelindung siku dan lutut

Meluncur dengan sepatu roda di jalanan taman atau jalan beraspal memang nyaman. Namun, ketika terjatuh atau tergelincir, juga pasti akan terasa sakit. Untuk itu, gunakanlah pelindung siku dan lutut agar terhindar dari luka atau cedera


Memilih pelindung yang tepat dan pas digunakan adalah hal penting, terutama bagi anak-anak. Dengan pelindung, berkali-kali terjatuh saat berlatih sepatu roda pun tubuh tetap akan aman dan terlindungi.

Baca juga rekomendasi sepatu untuk dewasa dan anak-anak di sini

Setelah menemukan sepatu roda, bisa jadi Anda membutuhkan sepatu model lainnya. Artikel di bawah ini akan membahas mengenai sepatu untuk anak-anak hingga orang dewasa. Yuk, cari tahu selengkapnya!

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan sepatu roda yang Anda inginkan dari jajaran rekomendasi di atas? Banyak pilihan warna, model, dan lainnya, tetapi Anda perlu memilih sepatu roda yang sesuai dengan kebutuhan. 


Jangan sampai lupa juga untuk mengenakan perlengkapan keamanan seperti helm dan pelindung, ya. Ada pula produk yang dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak. Pasti asyik bila bisa kembaran sepatu roda dengan anak, bukan? Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Topi baseball menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fashion. Fungsinya bukan lagi sekadar pelindung dari sinar matahari, tetapi juga sebagai penunjang style. Topi baseball mampu menambah outlook dari pemakainya, baik untuk perempuan maupun laki-laki.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih topi baseball kepada Anda. Anda akan menemukan berbagai jenis topi baseball yang bagus, mulai dari merek branded hingga topi brand lokal. Salah satu merek topi baseball terkenal yang akan kami rekomendasikan adalah Ralph Lauren, Puma, dan EIGER. Penasaran dengan merek topi lainnya? Langsung scroll ke bawah, yuk!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bermain pingpong adalah salah satu opsi untuk mencari keringat atau berekreasi. Akan tetapi, Anda tentu membutuhkan bola pingpong yang bagus agar permainan berjalan sesuai ekspektasi. Ada yang cocok untuk main santai hingga serius. Manakah yang harus Anda pilih?Bola pingpong atau bola tenis meja terbuat dari bahan plastik. Namun, tergantung pada merek dan harga, karakteristiknya berbeda-beda. Karena itu, kami akan memandu Anda memilih bola pingpong terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk untuk Anda. Ada Nittaku, DHS, dan lainnya. Bila Anda hobi pingpong atau ingin berlatih, jangan lewatkan ulasannya, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pingpong atau tenis meja adalah olahraga lintas generasi yang bisa dimainkan secara serius ataupun fun. Selain bola, raket, dan net-nya, elemen utama yang harus ada dalam permainan ini adalah meja pingpong. Kualitas meja pingpong yang bagus bisa menjadi jaminan keseruan permainan Anda. Merk meja pingpong yang bagus, seperti Butterfly, DONIC, Double Fish, Power Spin, dan Nexsist mungkin sudah pernah Anda dengar. Namun, bagaimana dengan merk lainnya? Di artikel ini kami akan memberikan tips membeli meja pingpong terbaik dan merekomendasikan produknya. Meja pingpong mini juga ada, lho!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Raket menjadi salah satu perlengkapan yang dibutuhkan dalam olahraga badminton dan tenis. Salah satu komponen raket yang harus mendapatkan perawatan adalah bagian grip. Jika grip raket sudah rusak dan tidak nyaman saat digenggam, sebaiknya Anda segera menggantinya. Namun, bagaimana cara memilih grip raket yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih grip raket, baik untuk pemain pemula maupun atlet profesional. Produk dari merek grip raket terbaik, seperti Li-Ning, Adidas, Yonex akan Anda jumpai dalam daftar rekomendasi kami. Jadi, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Akhir-akhir ini, wireless earphone menjadi barang yang populer. Salah satu alasannya adalah karena ringkas dan nyaman digunakan bahkan saat berlari. Saat hendak membelinya, bisa jadi Anda bingung memilih karena ada banyak pilihan earphone untuk olahraga. Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah kecocokan dengan bentuk telinga sehingga tidak mudah jatuh. Nah, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih earphone untuk olahraga serta merekomendasikan merek-merek populer, seperti Apple, JBL, dan ÉGGEL. Bacalah artikel berikut untuk mendapatkan produk terbaik. Selamat membaca!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Skuter atau otoped anak merupakan sebuah papan dengan kemudi yang dilengkapi roda. Anda mungkin pernah memainkannya saat kanak-kanak. Pastinya Anda ingin agar anak dapat ikut merasakan keseruan yang sama. Namun, jenis skuter kini sudah makin bervariasi sehingga bisa membuat bingung dalam memilih.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih scooter anak terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, antara lain Decathlon dan Segway. Ada skuter listrik, injak, sampai yang roda 3. Ulasan setiap produknya pun sudah tersedia. Yuk, temukan skuter favorit anak Anda!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Hula Hoop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hula Hoop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Hula hoop kini menjadi salah satu olahraga pilihan karena begitu mudah dilakukan. Jika menggunakannya dengan membentuk pose tertentu, abs dan leher yang indah otomatis akan menjadi milik Anda. Akan tetapi, produknya yang memiliki banyak variasi ukuran dan berat ini mungkin akan membuat Anda bingung.Oleh sebab itu, kali ini kami akan memberikan rekomendasi dan cara memilih hula hoop yang bagus. Di artikel ini kami akan mengulas produk keluaran merek ternama, seperti Decathlon, Happyfit, dan SFIDN FITS. Tubuh indah kini tak hanya menjadi impian, bukan? Mari langsung baca pembahasannya berikut ini!
    Olahraga lainnya
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori