• 10 DVD Eksternal Terbaik untuk Laptop - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 DVD Eksternal Terbaik untuk Laptop - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 DVD Eksternal Terbaik untuk Laptop - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 DVD Eksternal Terbaik untuk Laptop - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 DVD Eksternal Terbaik untuk Laptop - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 DVD Eksternal Terbaik untuk Laptop - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)

Seiring perkembangan teknologi, dimensi laptop makin lama makin tipis. Hal itu membuat kebanyakan laptop tidak dilengkapi DVD drive lagi. Kini semua data bisa disimpan di cloud storage. Namun, tetap saja ada momen tertentu ketika Anda memerlukan DVD drive.


Solusinya, gunakanlah DVD eksternal atau external DVD drive. Anda dapat mentransfer data hingga menikmati hiburan lewat CD atau DVD dengan produknya. Untuk itu, kami akan membagikan cara memilih serta merekomendasikan DVD eksternal yang bagus, seperti merek ASUS, LG, dan Samsung. Yuk, disimak! Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Yosua Surojo
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 10 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016.

Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Tabel perbandingan produk DVD eksternal terbaik untuk laptop

Gambar produk
1
Livideas USB Slim Portable Optical Drive 1

Livideas

2
ASUS External Slim DVD-RW 1

ASUS

3
M-Tech External DVD RW Type C USB 3.0 1

M-Tech

4
LG Ultra-Slim Portable DVD Burner & Drive with M-DISC™ Support 1

LG

5
Samsung Ultra Thin DVD Writer 1

Samsung

6
HP USB Slim Portable Optical Drive 1

HP

7
Lenovo Slim DVD Burner 1

Lenovo

8
Dell USB Slim DVD±RW Drive 1

Dell

9
LiteOn 8X External DVD/CD Writer 1

LiteOn

10
Verbatim External Slimline CD/DVD Writer 1

Verbatim

Nama produk

USB Slim Portable Optical Drive

External Slim DVD-RW

External DVD RW Type C USB 3.0

Ultra-Slim Portable DVD Burner & Drive with M-DISC™ Support

Ultra Thin DVD Writer

USB Slim Portable Optical Drive

Slim DVD Burner

USB Slim DVD±RW Drive

8X External DVD/CD Writer

External Slimline CD/DVD Writer

Keunggulan

Ekonomis dan praktis, habis beli bisa langsung dipakai

Tidak hanya tampil memesona, keamanannya pun menawan

Perangkat apa pun bukan masalah berkat fleksibilitas koneksinya

Sudah sepaket dengan lima software fungsional

Sangat compact, mudah disimpan di dalam tas

Makin komplet dengan beragam fitur modern

Jadi DVD eksternal bisa, jadi DVD drive pada desktop juga bisa

Menjaga kualitas warna, gambar, dan suara dari DVD Anda

Makin praktis digunakan dengan teknologi SMART Burn dan SMART-X

Kompatibel dengan miniDVD juga, lho!

Harga mulai dariRp 129.000,00Rp 355.000,00Rp 255.000,00Rp 345.000,00Rp 198.500,00Rp 185.000,00Rp 400.000,00Rp 450.000,00Rp 225.000,00Rp 475.000,00
KompatibilitasDVD+R, DVD-R, DVD-ROM, CD-R, CD-RW, CD-ROMDVD-R, DVD+R, DVD-RW, DVD+RW, DVD+R, DVD-R, DVD+R, CD-RW, CD-R, CD-ROMDVD-ROM, DVD-R, DVD+R, DVD-RW, DVD-R DLCDA, CD-ROM, CD-R, VCD, CD-RWCD-R, DVD-R, DVD+RW, DVD-RW, CD-RW, DVD+R, DVD-RAMDVD-R, DVD-RW, DVD+R, DVD+RW, DVD+DL; DVD-DL, DVD-RAM, CD-R, CD-RW, CD-ROMDVD-RW, DVD+R, DVD+R DL, DVD-R, DVD-R DLDVD-RAM, DVD-RW, DVD+RW, DVD-R, CD-RW, DVD-ROM, DVD+R, CD-R, CD-ROMTidak tercantumDVD+R, DVD+R DL, DVD-R, DVD-R DL, DVD-RW, DVD+RW, DVD-ROM, CD-R, CD-RW, CD-ROMDVD+R, DVD-R, DVD+RW, DVD-RW, DVD-ROM, DVD-RAM, DVD+R, DVD-R DL, CD-R, CD-RW, miniDVD
Sistem operasiWindows XP/2003/Vita/7/8/10, Linux, Mac OSWindows 8/8.1/10/11, Mac OS X 10.6 ke atasWindows XP 2003/Vista/7/8.1/10, Linux, Mac OSWindows 2003/2008/XP/Vista/7/8/8.1, Mac OS X 10.7.5Windows 98/ME/2000/XPVista/7/8, Mac OS 8.6 ke atasWindows 7/8/10, Mac OSOS IndependentWindows XP/2003/Vista/7/8/10, Mac OS, Chrome OSWindows 2000/XP/Vista/7/8/10, Linux, Mac OSWindows XP ke atas, Mac OS X 10.6 ke atas
Versi USB2.0Tidak tercantum3.02.03.02.03.02.02.02.0
Kecepatan writeDVD maksimum 8x, CD maksimum 24xDVD maksimum 8x, CD maksimum 24xDVD maksimum 8x, CD maksimum 24xDVD maksimum 8x, CD maksimum 24xDVD maksimum 8x, CD maksimum 24xMaksimum 8xTidak tercantumTidak tercantumDVD maksimum 8xDVD maksimum 8x, CD maksimum 24x
Tautan produk

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih DVD eksternal untuk laptop

Tidak semua DVD eksternal akan cocok dengan laptop Anda. Kompatibilitas hingga spesifikasinya perlu Anda periksa lebih dahulu. Untuk itu, di bawah ini kami akan memandu Anda dalam memilih produk yang tepat. Disimak baik-baik, ya.

Periksa kompatibilitasnya dengan DVD yang Anda gunakan

Periksa kompatibilitasnya dengan DVD yang Anda gunakan

Pertama, Anda perlu mengenal lebih dahulu jenis DVD yang sering Anda gunakan. Selanjutnya, pilihlah DVD eksternal sesuai dengan tipe DVD tersebut. Ada bermacam-macam jenis DVD, misalnya DVD-R, DVD-RW, dan sebagainya. Perlu dicatat, DVD eksternal bisa rusak jika Anda memasang DVD yang tidak kompatibel.


Saat ini kebanyakan DVD eksternal sudah kompatibel dengan hampir semua jenis DVD R dan DVD RW. Namun, produk yang kompatibel dengan DVD+R DL masih belum terlalu banyak. Oleh karena itu, pastikan untuk mengecek poin ini, ya!

Pastikan produknya mendukung sistem operasi laptop Anda

Pastikan produknya mendukung sistem operasi laptop Anda

Setelah memeriksa jenis DVD, cek juga sistem operasi atau OS pada laptop yang hendak dihubungkan dengan DVD eksternal. Memilih produk yang cocok dengan OS pada laptop Anda penting hukumnya. Jika tidak kompatibel, bisa saja timbul permasalahan saat DVD eksternal tersebut dihubungkan ke laptop Anda.


Banyak DVD eksternal yang cocok dengan OS lama, misalnya Windows XP/Vista/2003. Namun, produknya mungkin tidak mendukung OS yang lebih baru, contohnya Windows 10/11. Sebuah produk juga bisa saja tidak kompatibel dengan OS tertentu seperti Linux. Karena itu, Anda perlu mengecek kompatibilitas produknya dengan saksama.

Ketahui jenis koneksi USB produknya

DVD eksternal umumnya menggunakan koneksi USB. Namun, jenisnya bisa berbeda-beda. Ada yang menggunakan versi USB 2.0 atau 3.0, ada juga tipe USB-A atau USB-C. Yuk, simak kelebihan dan kekurangan tiap jenisnya berikut ini.

Versi USB, menentukan kecepatan transfer data

Versi USB, menentukan kecepatan transfer data

Berdasarkan kecepatan transfer data, versi USB terbagi menjadi 1.0, 2.0, dan 3.0. Makin tinggi angka di depannya, makin cepat pula data dipindahkan. Oleh karena itu, USB 3.0 tentu paling direkomendasikan di antara ketiganya. 


Laptop dan DVD eksternal terbaru kebanyakan sudah dilengkapi USB 3.0. Kecepatan transfer datanya sendiri bisa 10 kali lipat lebih cepat dibandingkan USB 2.0. Dengan begitu, proses pemindahan data dapat berlangsung lebih cepat dan nyaman.


Sebagai informasi, Anda mendapatkan backward compatibility dari USB 3.0. Artinya, Anda tetap bisa menggunakan DVD eksternal pada laptop dengan port USB 2.0. Namun, kecepatan transfer datanya akan berubah menjadi secepat USB 2.0 saja.

Tipe USB, menentukan perangkat yang kompatibel

Tipe USB, menentukan perangkat yang kompatibel

Anda akan banyak menemukan DVD eksternal dengan koneksi USB tipe C/USB-C atau tipe A/USB-A. Koneksi USB-C bersahabat dengan berbagai laptop terbaru, khususnya MacBook. Sementara itu, koneksi USB-A akan cocok untuk laptop yang lebih lawas. 


Tak menutup kemungkinan koneksi USB-C akan makin banyak digunakan pada kemudian hari. Oleh karena itu, memilih produk yang mendukung kedua tipe koneksi tersebut akan banyak membantu. Anda tidak perlu membeli USB hub saat mengganti laptop.

Pilih produk dengan spesifikasi 8x write/read speed

Pilih produk dengan spesifikasi 8x write/read speed

Sangat direkomendasikan agar Anda memilih produk dengan kecepatan write/read 8x. Umumnya, DVD eksternal memiliki kecepatan write/read 6x sampai 8x. Produk seperti ini tidak akan membuat Anda kesal karena kecepatannya sudah mumpuni.


DVD eksternal dengan kecepatan write/read mencapai 16x atau bahkan 24x memang tersedia. Namun, tidak menutup kemungkinan harga produknya jadi lebih mahal. Selain itu, makin tinggi kecepatannya, cenderung makin berat pula bobotnya.

Pertimbangkan produk yang sudah dilengkapi software bawaan

Pertimbangkan produk yang sudah dilengkapi software bawaan

Untuk write atau memindahkan data dari laptop ke DVD, Anda membutuhkan software khusus saat menggunakan DVD eksternal. Software yang bisa diunduh secara online memang banyak beredar. Namun, keamanan situsnya belum tentu terjamin.


Jika produk pilihan Anda dilengkapi software bawaan sejak awal pembelian, Anda akan lebih hemat waktu dan tenaga. Anda tidak perlu lagi mencari software khusus secara terpisah untuk mulai menggunakan DVD eksternal.


Penting untuk diingat, software bawaan DVD eksternal belum tentu kompatibel dengan perangkat milik Anda. Meski produknya dapat digunakan di laptop Anda, tidak demikian dengan software bawaannya. Hal ini biasanya dialami oleh pengguna Mac OS. Jadi, perhatikan juga mengenai hal ini, ya.

10 Rekomendasi DVD eksternal terbaik untuk laptop

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk DVD eksternal terbaik untuk laptop yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yosua Surojo.

10

VerbatimExternal Slimline CD/DVD Writer

98938

Mulai dari Rp 475.000,00

KompatibilitasDVD+R, DVD-R, DVD+RW, DVD-RW, DVD-ROM, DVD-RAM, DVD+R, DVD-R DL, CD-R, CD-RW, miniDVD
Sistem operasiWindows XP ke atas, Mac OS X 10.6 ke atas
Versi USB2.0
Kecepatan writeDVD maksimum 8x, CD maksimum 24x
9

LiteOn8X External DVD/CD Writer

eBAU108

Mulai dari Rp 225.000,00

KompatibilitasDVD+R, DVD+R DL, DVD-R, DVD-R DL, DVD-RW, DVD+RW, DVD-ROM, CD-R, CD-RW, CD-ROM
Sistem operasiWindows 2000/XP/Vista/7/8/10, Linux, Mac OS
Versi USB2.0
Kecepatan writeDVD maksimum 8x
8
KompatibilitasTidak tercantum
Sistem operasiWindows XP/2003/Vista/7/8/10, Mac OS, Chrome OS
Versi USB2.0
Kecepatan writeTidak tercantum
7
KompatibilitasDVD-RAM, DVD-RW, DVD+RW, DVD-R, CD-RW, DVD-ROM, DVD+R, CD-R, CD-ROM
Sistem operasiOS Independent
Versi USB3.0
Kecepatan writeTidak tercantum
6
KompatibilitasDVD-RW, DVD+R, DVD+R DL, DVD-R, DVD-R DL
Sistem operasiWindows 7/8/10, Mac OS
Versi USB2.0
Kecepatan writeMaksimum 8x
5
KompatibilitasDVD-R, DVD-RW, DVD+R, DVD+RW, DVD+DL; DVD-DL, DVD-RAM, CD-R, CD-RW, CD-ROM
Sistem operasiWindows 98/ME/2000/XPVista/7/8, Mac OS 8.6 ke atas
Versi USB3.0
Kecepatan writeDVD maksimum 8x, CD maksimum 24x
4

LGUltra-Slim Portable DVD Burner & Drive with M-DISC™ Support

GP65NB60

Mulai dari Rp 345.000,00

KompatibilitasCD-R, DVD-R, DVD+RW, DVD-RW, CD-RW, DVD+R, DVD-RAM
Sistem operasiWindows 2003/2008/XP/Vista/7/8/8.1, Mac OS X 10.7.5
Versi USB2.0
Kecepatan writeDVD maksimum 8x, CD maksimum 24x
3

M-TechExternal DVD RW Type C USB 3.0

Mulai dari Rp 255.000,00

KompatibilitasDVD-ROM, DVD-R, DVD+R, DVD-RW, DVD-R DLCDA, CD-ROM, CD-R, VCD, CD-RW
Sistem operasiWindows XP 2003/Vista/7/8.1/10, Linux, Mac OS
Versi USB3.0
Kecepatan writeDVD maksimum 8x, CD maksimum 24x
2

ASUSExternal Slim DVD-RW

SDRW-08D2S-U LITE

Mulai dari Rp 355.000,00

KompatibilitasDVD-R, DVD+R, DVD-RW, DVD+RW, DVD+R, DVD-R, DVD+R, CD-RW, CD-R, CD-ROM
Sistem operasiWindows 8/8.1/10/11, Mac OS X 10.6 ke atas
Versi USBTidak tercantum
Kecepatan writeDVD maksimum 8x, CD maksimum 24x
1
KompatibilitasDVD+R, DVD-R, DVD-ROM, CD-R, CD-RW, CD-ROM
Sistem operasiWindows XP/2003/Vita/7/8/10, Linux, Mac OS
Versi USB2.0
Kecepatan writeDVD maksimum 8x, CD maksimum 24x

Kenapa DVD eksternal tidak terbaca di laptop?

Kenapa DVD eksternal tidak terbaca di laptop?

Tidak ada masalah dengan kompatibilitas, tetapi DVD eksternal tidak terbaca di laptop Anda? Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya, seperti BIOS, OS, atau driver. Masalahnya mungkin terdapat pada salah satu faktor tersebut.


Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda coba untuk membuat produknya dapat dikenali perangkat Anda. Bila langkah pertama belum menyelesaikan masalah, cobalah langkah selanjutnya.


  • Gunakan troubleshooter pada perangkat Anda. Bagian tersebut biasanya dapat ditemukan di bagian pengaturan. Pilihlah opsi yang terkait dengan masalah Anda, misalnya video playback. Setelah memilih, sistem laptop akan memberi petunjuk-petunjuk yang bisa Anda ikuti.
  • Uninstall dan install ulang driver. Meski sudah terpasang, driver dari DVD eksternal, mungkin saja corrupt. Hapuslah driver tersebut dari device list di laptop Anda, kemudian pasang kembali. Untuk hasil yang lebih optimal, cobalah untuk restart laptop setelah memasang driver.
  • Perbarui driver dari DVD eksternal. Masalah bisa saja datang dari perangkat yang baru Anda beli. Jika produknya memiliki versi driver terbaru, Anda mungkin perlu memasangnya di laptop. Driver tersebut dapat Anda temukan pada laman resmi produsen.

Jika DVD eksternal masih tidak terbaca di laptop, cobalah untuk menghubungi layanan konsumen dari produsen. Mungkin saja Anda mendapatkan produk yang cacat pabrik.

Baca juga rekomendasi aksesori lainnya untuk laptop di sini

DVD bukan satu-satunya media penyimpanan data yang bisa Anda manfaatkan. Produk lain seperti flashdisk dan SD card juga tidak kalah praktis. Kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda, lho. Yuk, kunjungi artikel-artikel di bawah ini untuk membaca ulasan selengkapnya dari kami.

Kesimpulan

Sudah menemukan DVD eksternal yang Anda butuhkan untuk laptop? Baik untuk menikmati hiburan maupun transfer data, produknya layak Anda miliki. Mengetahui kompatibilitasnya akan memudahkan Anda mengambil keputusan saat memilih produk.


Selain itu, spesifikasi seperti jenis koneksi dan kecepatan write/read juga penting untuk diperhatikan. Jika mau, Anda dapat memilih produk yang sudah dibekali beragam software bawaan. Yuk, segera lengkapi laptop Anda dengan DVD eksternal terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain merek Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam. Beberapa di antaranya adalah ANKER, UGREEN, dan ENERGEA.Kali ini kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kabel data iPhone. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak ulasannya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sound card adalah perangkat terintegrasi yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara atau audio dan sebaliknya. Bila Anda suka menonton video, main games, atau menikmati musik, Anda mungkin tahu pentingnya sound card.  Sound card yang dimaksud termasuk sound card USB, sound card eksternal, sound card HP, dan sound card PC. Merek sound card seperti V8 dan Behringer mungkin terdengar familier bagi Anda. Nah, untuk mendapatkan produk yang bagus, mari simak rekomendasi sound card terbaik dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer sangat diperlukan ketika ingin mencetak dokumen atau foto di rumah. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga makin mudah karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih printer yang bagus, mulai dari mengulas berbagai jenis printer hingga berbagai fungsinya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan Brother. Perhatikan juga review printer sebelum membeli agar Anda lebih memahami keunggulan setiap printer, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Menggunakan headphone dapat membuat Anda lebih nyaman saat mendengarkan musik, menonton film, ataupun bermain games. Namun, kualitas suara yang dihasilkan tiap produk headphone tentu berbeda-beda. Begitu pula dengan koneksinya, baik yang berkabel maupun nirkabel. Selain itu, desain yang beragam juga memengaruhi kebocoran suara. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih headphone dengan kualitas suara terbaik. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Anda akan menjumpai produk merek Sony, JBL, dan Logitech. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Power Supply Terbaik untuk PC - Ditinjau oleh Software Engineer dan Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Power Supply Terbaik untuk PC - Ditinjau oleh Software Engineer dan Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Power supply adalah salah satu bagian penting pada PC (personal computer). Perangkat ini memberikan suplai daya untuk komputer dengan cara mengubah arus AC (alternating current) menjadi arus DC (direct current).Kali ini, kami akan memberikan tips dan rekomendasi power supply terbaik. Anda bisa menemukan beragam power supply, mulai dari 500 watt hingga 1000 watt. Cool Master, Seasonic, CORSAIR, dan ASUS adalah beberapa contoh merek yang bagus untuk Anda miliki. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo, dan tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Yuk, simak selengkapnya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, kebutuhan penggunaan webcam makin meningkat. Hal ini karena meningkatnya aktivitas pertemuan virtual, seperti kelas, meeting, dan konferensi online. Banyak produk webcam yang bagus dikeluarkan oleh berbagai perusahaan elektronik yang kompatibel untuk laptop maupun PC.Kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan saat hendak membeli webcam. Ada berbagai kriteria yang perlu Anda perhatikan, mulai dari resolusi, frame per second, dan lainnya. Selanjutnya, kami juga akan merekomendasikan produk yang bisa menjadi pertimbangan Anda, seperti merek Logitech, Microsoft, dan Razer. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti Radiasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kacamata Anti Radiasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sinar radiasi berasal dari sinar ultraviolet yang terkandung dalam cahaya matahari dan blue light dari gadget. Sinar tersebut tidak baik bagi mata sehingga Anda membutuhkan perlindungan khusus berupa kacamata antiradiasi. Fungsi dari kacamata antiradiasi atau kacamata anti blue light adalah menghalau sinar radiasi supaya tidak merusak mata.Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan mengulas cara memilih kacamata antiradiasi yang bagus. Selain itu, kami akan memberikan ulasan produk kacamata antiradiasi terbaik dari merek Urban State, Hamlin, serta Shadez Eyewear. Ayo baca terus artikelnya guna mengetahui kacamata yang cocok untuk Anda!
    Aksesori komputer & laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori