• 10 Rekomendasi Benang Rajut Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Benang Rajut Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Benang Rajut Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Benang Rajut Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Benang Rajut Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Benang Rajut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Merajut dapat menghasilkan berbagai jenis barang hanya dengan satu jenis benang. Yang menarik lagi, Anda bisa mendapatkan finishing yang berbeda hanya dengan mengganti jenis benangnya! Ada banyak sekali jenis benang rajut, mulai dari wol, akrilik, nilon, hingga sutra. 


Di artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih benang rajut yang sesuai dengan apa yang ingin Anda buat. Kami juga akan ulas beberapa rekomendasi benang rajut terbaik dari merek Red Heart Yarn, Papi Put, atau Drops. Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, mari baca ulasan artikel berikut ini!

  • Pembaharuan terakhir: 24 Maret 2021
  • 52.027 Views
Daftar isi

Apa itu benang rajut?

Apa itu benang rajut?

Benang rajut adalah benang yang digunakan untuk merajut. Banyak orang berpikir benang yang digunakan untuk merajut hanyalah wol. Padahal, banyak sekali jenis dan tipe benang rajut selain wol. Selain jenis benang yang berbeda-beda, ternyata ragam ketebalan dari benang rajut juga bermacam-macam. Mulai dari yang sangat tebal sampai ada yang setipis benang jahit biasa. 


Berhubung hasil rajutan sangat bergantung pada jenis benangnya, sangat penting untuk memilih benang sesuai dengan apa yang ingin dibuat. Meski fungsi dari benang rajut sama, tetapi pemilihan benang akan membuat kreativitas dan hasil rajutan menjadi sangat berbeda. Pemula akan merasakan bagaimana menyenangkannya memilih benang rajut! 

Cara memilih benang rajut

Di bawah ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih benang rajut yang tepat dan yang terbaik. Simak baik-baik, ya!

Pilihlah benang rajut berdasarkan bahannya

Benang rajut terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Mari pelajari bahan-bahan berikut ini sebelum Anda mulai merajut.

Benang wol: Hangat dan memiliki tekstur alami yang khas

Benang wol: Hangat dan memiliki tekstur alami yang khas

Wol adalah benang yang paling umum dikenal sebagai benang rajut. Wol mampu menahan suhu panas sehingga sangat cocok untuk dijadikan sweater atau syal. Selain itu, karena bahannya higroskopis (mudah menyerap air), Anda akan tetap merasa nyaman meski sedang berkeringat sekalipun. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, benang jenis ini juga sangat direkomendasikan karena terbuat dari bahan alami. 


Merajut dengan benang wol akan menghasilkan rajutan yang lembut dan elastis. Namun, berhati-hatilah jika Anda salah dalam perawatannya, wol akan lebih mudah kusut. 

Benang sintetis nilon dan akrilik: Rajutan lebih tahan lama

Benang sintetis nilon dan akrilik: Rajutan lebih tahan lama

Benang sintetis seperti nilon dan akrilik dikenal kuat dan memiliki daya tahan yang tinggi. Pada umumnya, benang wol akrilik memiliki ciri fleksibel dan mudah untuk dirajut. Harganya pun terbilang cukup terjangkau sehingga cocok untuk pemula yang ingin belajar merajut. Di samping itu, benang rajut sintetis juga memiliki berbagai macam warna. Anda pun dapat membuat banyak kreasi rajutan yang menarik dengan benang ini.


Sayangnya, benang rajut sintetis memiliki bentuk sedikit kaku dan kurang nyaman saat bergesekan dengan kulit. Jadi, benang ini kurang cocok untuk dijadikan sweater atau pakaian yang menempel langsung di kulit. Oleh sebab itu, benang ini lebih cocok untuk membuat boneka atau pernak-pernik yang tidak dipakai di badan.


Di pasaran Indonesia, benang akrilik memiliki tampilan yang mirip dengan benang wol. Biasanya, benang ini juga banyak digunakan sebagai bahan campuran benang wol atau benang rajut lainnya. Di samping itu, saat ini benang akrilik juga sudah mengalami perkembangan. Benang ini tidak selalu kaku, tetapi ada juga yang lembut dan bisa digunakan untuk merajut pakaian bayi. Anda bisa mencari jenis benang baby acrylic atau premium acrylic untuk mendapatkan hasil benang yang lebih lembut dan “jatuh”. 

Benang katun: Lembut dan fleksibel untuk dirajut ke berbagai bentuk

Benang katun: Lembut dan fleksibel untuk dirajut ke berbagai bentuk

Benang katun sangat populer dan bisa diaplikasikan untuk membuat berbagai macam bentuk karena karakteristiknya yang lembut. Anda bisa membuat sweater dari benang katun tebal atau crochet doily dari benang katun yang kecil tipis. Katun juga bahan yang tepat jika Anda ingin merajut pakaian yang mampu menyerap keringat, terutama untuk dipakai pada cuaca panas.


Selain itu, bahan katun juga sangat mudah dibersihkan, hanya tinggal dicuci dengan air saja. Anda tidak perlu khawatir baju rajut buatan Anda kotor terkena keringat atau noda. Selain itu, karena bahannya yang lembut dan nyaman, Anda bisa membuat pakaian anak-anak dan aksesori bayi menggunakan benang ini. 

Benang linen dan rayon: Berikan sentuhan alami untuk produk fashion dan kriya interior

Benang linen dan rayon: Berikan sentuhan alami untuk produk fashion dan kriya interior

Selain katun, linen dan rayon juga cocok digunakan untuk cuaca panas atau untuk tema summer. Benang yang memiliki warna alami seperti kertas kraft ini sangat pas untuk membuat produk rajutan yang membutuhkan sentuhan natural, misalnya tas jerami atau benda dekorasi ruangan (kriya interior). Jenis yang paling populer adalah benang yang memiliki ketebalan sedang dan mudah dirajut. Banyak juga jenis benang dengan warna gradasi. Jadi, Anda bisa menciptakan kreasi unik tergantung kombinasi warna benangnya. 


Rayon memiliki kilau unik dengan tekstur halus dan cocok untuk membuat topi jerami dan tas keranjang. Benang rayon yang halus juga membuat kegiatan merajut menjadi lebih menyenangkan dan nyaman. 

Benang sutra: Kualitas terbaik, cocok untuk yang mahir merajut

Benang sutra: Kualitas terbaik, cocok untuk yang mahir merajut

Meski tidak begitu banyak jenisnya, tetapi benang rajut sutra selalu menjadi yang terfavorit. Benang jenis ini cocok untuk membuat syal atau aksesori renda rajut. Namun, jenis benang ini kurang cocok untuk pemula. Hal ini dikarenakan Anda membutuhkan teknik khusus untuk merajut benang sutra yang tipis dan kecil. Namun, jika Anda sudah terbiasa merajut, benang ini dapat menjadi tantangan tersendiri yang menyenangkan. 

Untuk pemula, gunakanlah benang rajut berukuran tebal

Untuk pemula, gunakanlah benang rajut berukuran tebal

Orang yang baru belajar sering kali merasa frustrasi dalam proses merajut. Untuk mencegah hal tersebut, disarankan agar pemula menggunakan benang rajut yang lebih tebal supaya pekerjaan lebih cepat selesai. Benang tebal akan menghasilkan stitch yang lebih besar sehingga lebih mudah dilihat oleh mata saat melakukan proses merajut.


Salah satu benang rajut yang cukup terkenal belakangan ini adalah benang yang terbuat dari bahan sisa kaus. Benang ini biasanya berukuran tebal atau sangat tebal. Karena ketebalannya, proses merajut akan lebih cepat selesai dan tidak memakan waktu lama. Bahannya juga mudah dicuci dan perawatannya pun mudah. Jadi, jangan lewatkan benang jenis ini, ya! 

Untuk efek menarik, pilihlah benang rajut bertekstur atau bergradasi warna

Untuk efek menarik, pilihlah benang rajut bertekstur atau bergradasi warna

Anda ingin membuat karya rajutan yang terlihat rumit dengan cara mudah? Cobalah menggunakan variasi benang rajut seperti benang limbah yang dipenuhi nep. Nep adalah bagian serat yang kusut saat proses pemintalan benang dan biasanya dibuat secara sengaja. Nep membentuk gumpalan-gumpalan kecil di beberapa bagian benang hingga terlihat seperti motif bintik. Hal ini yang membuat teksturnya tidak merata, tebal-tipis, dan memberikan efek yang unik. Meskipun Anda merajut dengan teknik sederhana menggunakan benang ini, karya rajutan Anda akan terlihat lebih menarik. Berkat tekstur benang yang tidak merata, kesalahan kecil saat merajut pun dapat tertutupi sempurna, malahan kelihatan makin artistik!


Selain itu, kami juga merekomendasikan benang rajut dengan warna bergradasi untuk menghasilkan karya rajutan yang lebih kompleks. Benang rajut semacam ini harus dicoba oleh para pemula! Benang jenis ini lebih mudah dirajut dibandingkan menggunakan benang penuh nep yang teksturnya tidak merata.

Pastikan benang yang Anda pilih memiliki kode yang sama

 Pastikan benang yang Anda pilih memiliki kode yang sama

Merajut memang kegiatan yang menyita waktu. Namun, meski Anda memiliki banyak waktu luang sekalipun, stok benang rajut yang Anda butuhkan mungkin tidak akan selalu tersedia. Untuk menghindari kehabisan stok benang di tengah sesi merajut, baiknya Anda menyiapkan satu gulung sejak awal.


Perlu diketahui juga jika setiap benang memiliki kode produk yang berbeda. Meski jenis warnanya sama (contoh saja hijau mint), setiap kode biasanya memiliki sedikit perbedaan warna. Jadi, pastikan Anda membeli kode yang sama dengan benang yang pertama Anda beli.


Dalam beberapa kasus, saat melakukan proses mewarnai benang, produsen biasanya mewarnai benang hanya tiga gulung dalam satu kali celup. Maka dari itu, untuk proses pencelupan berikutnya, besar kemungkinan warna benang yang diproduksi tidak akan 100% sama. 

Carilah benang rajut yang sesuai dengan teknik pembuatan produknya

Carilah benang rajut yang sesuai dengan teknik pembuatan produknya

Kami sudah menjelaskan berbagai jenis bahan dan pilihan untuk benang rajut. Namun, jika Anda bingung menentukan benang apa yang cocok untuk project yang akan Anda buat, pilih saja sesuai petunjuk yang disarankan. 


Jika Anda terlalu banyak berkreasi, bukan hanya ukuran, tetapi desainnya mungkin akan sangat jauh dari kata ideal. Hal ini bisa membuat hasil akhir rajutan jauh dari harapan, padahal Anda sudah merajutnya dengan susah payah. Contohnya saja jika Anda membuat produk berukuran besar seperti sweater. Tentu akan sulit mengganti benang di tengah merajut sweater jika terjadi kesalahan. Maka dari itu, pastikan untuk memilih benang wol yang disarankan.

10 Rekomendasi benang rajut terbaik

Selanjutnya, kami akan mengulas rekomendasi terbaik untuk benang rajut. Ada banyak sekali jenisnya, pilihlah dan tentukan benang yang Anda butuhkan sesuai project yang ingin dibuat. 

10

Cap PenitiBenang Rajut Nilon Sembur D27

Mulai dari Rp 70.500,00

Bahan 100% nilon
Tebal benangSize 2 (fine)
Rekomendasi jarumKnitting needle: 4 mm・Hakpen/crochet hook: 5/6, 3/4
Panjang gulunganTidak diketahui
9
Bahan100% akrilik microfiber
Tebal benangSize 7 (jumbo)
Rekomendasi jarum20 mm
Panjang gulungan40 m
8

United by YarnBenang Rajut Soft Rayon

Mulai dari Rp 27.000,00

Bahan 100% rayon sintetis
Tebal benangSize 3 (light) / 8 ply
Rekomendasi jarumKnitting needle: 3,75 mm - 4,5 mm・Hakpen/Crochet hook: 4,5 mm - 5,5 mm
Panjang gulungan250 m
7
Bahan 65% silk protein velvet, 10% cashmere, 25% skin care velvet
Tebal benang6 ply
Rekomendasi jarum2,75 mm - 3 mm
Panjang gulunganTidak diketahui, tetapi dibutuhkan 8-10 gulung untuk sweater dewasa dan 6-8 gulung untuk sweater anak-anak
6
Bahan100% katun
Tebal benangSize 2 (fine)
Rekomendasi jarum2,2 mm - 2,5 mm
Panjang gulungan330 m
5
Bahan 50% katun, 50% poliester
Tebal benang8 ply
Rekomendasi jarum4 mm
Panjang gulungan105 m
4

RosecolorHand Dyed Gradient Wool Yarn

Mulai dari Rp 57.000,00

Bahan 100% wol
Tebal benang3 ply
Rekomendasi jarumKnitting needle: 2,75 mm – 3 mm・Hakpen/Crochet hook: 2,5 mm – 2,75 mm atau 3/0 – 4/0
Panjang gulungan180 m
3
Bahan 100% linen
Tebal benangSize 0 (lace)
Rekomendasi jarumKnitting needle: 2,75-3,5 mm
Panjang gulungan290 m
2
Bahan 100% wol
Tebal benang10 ply
Rekomendasi jarum5 mm
Panjang gulungan190 m
1
Bahan100% akrilik
Tebal benangSize 4 (medium)
Rekomendasi jarumKnitting needle: 5 mm・Hakpen/Crochet hook: 5.5 mm
Panjang gulungan333 m

Tabel perbandingan produk benang rajut terbaik

Gambar produk
1
Red Heart  Super Saver Yarn 1

Red Heart

2
DROPS Design Big Delight 1

DROPS Design

3
Papiput  Linen Yarn 1

Papiput

4
Rosecolor Hand Dyed Gradient Wool Yarn 1

Rosecolor

5
DROPS Design  Cotton Light 1

DROPS Design

6
Onitsuga Bali Benang Rajut Katun  1

Onitsuga Bali

7
Ailizhi Color Point Silkworm Yarn 1

Ailizhi

8
United by Yarn Benang Rajut Soft Rayon 1

United by Yarn

9
Loopy Yarn 1

10
Cap Peniti Benang Rajut Nilon Sembur D27 1

Cap Peniti

Nama produk

Super Saver Yarn

Big Delight

Linen Yarn

Hand Dyed Gradient Wool Yarn

Cotton Light

Benang Rajut Katun

Color Point Silkworm Yarn

Benang Rajut Soft Rayon

Loopy Yarn

Benang Rajut Nilon Sembur D27

Keunggulan

Dengan 120 warna berbeda, Anda tidak akan pernah kehabisan ide!

Dapatkan kombinasi warna menarik untuk karya Anda!

Rekomendasi benang untuk pakaian saat cuaca hangat!

Warna gradasi untuk hasil rajutan yang cantik dan colorful

Benang yang dapat dicuci dengan mesin!

Ramah lingkungan, benang ini dapat didaur ulang!

Aksen berbintik untuk hasil rajutan yang terlihat lebih indah

Teksturnya yang lembut akan membuat kegiatan merajut sangat menyenangkan dan nyaman

Benang jumbo yang lembut untuk berbagai kreasi unik

Kuat dan awet, cocok dijadikan tas!

Harga mulai dariRp 134.000,00Rp 115.000,00Rp 135.000,00Rp 57.000,00Rp 73.000,00Rp 10.500,00Rp 17.676,00Rp 27.000,00Rp 55.000,00Rp 70.500,00
Bahan100% akrilik100% wol100% linen100% wol50% katun, 50% poliester100% katun65% silk protein velvet, 10% cashmere, 25% skin care velvet100% rayon sintetis100% akrilik microfiber100% nilon
Tebal benangSize 4 (medium)10 plySize 0 (lace)3 ply8 plySize 2 (fine)6 plySize 3 (light) / 8 plySize 7 (jumbo)Size 2 (fine)
Rekomendasi jarumKnitting needle: 5 mm・Hakpen/Crochet hook: 5.5 mm5 mmKnitting needle: 2,75-3,5 mmKnitting needle: 2,75 mm – 3 mm・Hakpen/Crochet hook: 2,5 mm – 2,75 mm atau 3/0 – 4/04 mm2,2 mm - 2,5 mm2,75 mm - 3 mmKnitting needle: 3,75 mm - 4,5 mm・Hakpen/Crochet hook: 4,5 mm - 5,5 mm20 mmKnitting needle: 4 mm・Hakpen/crochet hook: 5/6, 3/4
Panjang gulungan333 m190 m290 m180 m105 m330 mTidak diketahui, tetapi dibutuhkan 8-10 gulung untuk sweater dewasa dan 6-8 gulung untuk sweater anak-anak250 m40 mTidak diketahui
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk membuat kerajinan tangan di sini!

Merajut adalah kegiatan yang sangat menyenangkan hingga sering kali membuat lupa waktu. Selanjutnya, apakah Anda tertarik untuk membuat barang-barang kriya, kreasi aksesori, atau kerajinan tangan lainnya? Bagaimana jika menyiapkan pembidang sulam, mesin jahit, dan bantalan jarum jahit di rumah? Silakan melihat rekomendasi produk-produk lainnya untuk mendukung hobi crafting Anda di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana dengan ulasan yang sudah kami tulis? Apakah dapat membantu Anda yang sedang kebingungan memilih benang rajut? Jadikan artikel ini sebagai referensi Anda sehingga bisa membuat karya-karya rajutan yang indah!


Setelah menghasilkan satu project, Anda pasti tertantang untuk mencoba berbagai jenis benang lainnya. Tentunya dengan tingkat kesulitan pola yang lebih menantang. Hasilnya bisa Anda nikmati sendiri atau menjadi hadiah khusus bagi orang tercinta. Selamat mencoba!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2021)
    Memperbaiki pakaian sendiri akan lebih praktis dengan menggunakan mesin jahit. Anda juga dapat menggunakan mesin jahit untuk membuat tas dan aksesori. Oleh karena itu, produsen mesin jahit Singer, Brother, Butterfly, dan lain-lain berlomba-lomba memproduksi berbagai mesin jahit.Setiap mesin jahit dari masing-masing produsen memiliki fungsi dan harga yang berbeda-beda. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mesin jahit yang cocok digunakan di rumah. Setelah itu, kami akan mengulas sepuluh mesin jahit rumahan terbaik untuk Anda. Simak sampai selesai, ya!
    Kerajinan
    81.710 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Membuat aksesori kecil akan lebih praktis jika menggunakan mesin jahit. Akan tetapi, mesin jahit full size akan memenuhi ruangan dan berat untuk dipindahkan. Anda bisa memakai mesin jahit compact size atau mesin jahit portabel sebagai solusinya.Sekarang ini, mesin jahit portabel banyak diproduksi oleh produsen Singer, Butterfly, Brother, Juki, dan lain sebagainya. Apa saja keunggulan dan fitur masing-masing mesin jahit portabel? Mari kita bandingkan agar Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Yuk, dibaca!
    Kerajinan
    56.484 Views
  • 10 Rekomendasi Crayon Terbaik Bisa untuk Dewasa dan Anak-anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Crayon Terbaik Bisa untuk Dewasa dan Anak-anak (Terbaru Tahun 2021)
    Aktivitas menggambar tidak bisa lepas dari barang-barang seperti cat air, pensil warna, dan crayon. Di antara peralatan menggambar tersebut, crayon menjadi andalan anak-anak hingga dewasa karena mudah digunakan dan menghasilkan sentuhan yang halus. Namun, banyaknya variasi merek dan produk mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih crayon yang bisa digunakan untuk dewasa dan anak-anak. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi crayon terbaik dari produsen ternama, seperti TiTi, Joyko, dan Faber Castell. Simak artikel ini sampai selesai, ya!
    Kerajinan
    30.416 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Komputer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Komputer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda memiliki hobi menjahit dan menginginkan sesuatu yang berbeda pada hasil kreasi Anda? Mungkin mesin jahit komputer adalah jawabannya. Anda dapat membuat bordir nama dan bordir gambar yang dapat diaplikasikan pada kreasi jahit Anda. Alhasil, banyak karya orisinal yang bisa dihasilkan.Namun, bagaimana cara memilih mesin jahit komputer yang tepat bagi Anda? Ada banyak produk yang ditawarkan mulai dari Singer, Janome, Brother, Juki, dan lain sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi mesin jahit komputer yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.
    Kerajinan
    12.190 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Mewarnai Terbaik untuk Orang Dewasa (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Mewarnai Terbaik untuk Orang Dewasa (Terbaru Tahun 2020)
    Beberapa tahun belakangan ini, banyak orang dewasa mulai berminat dengan kegiatan mewarnai. Bagi orang dewasa, mewarnai suatu gambar atau pola dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan sekaligus melepaskan stres. Buku mewarnai untuk orang dewasa tentu berbeda dengan buku mewarnai untuk anak-anak.Kali ini, kami akan memberi Anda informasi seputar buku mewarnai untuk orang dewasa. Kami telah menyiapkan tips untuk memilih buku mewarnai yang tepat, serta rekomendasi produk terbaiknya. Berbagai buku mewarnai dari penerbit terkenal, seperti Kawan Pustaka, Gramedia Pustaka, dan Laurance King, ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Kerajinan
    1.098 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ukuran mesin jahit mini lebih compact dibandingkan mesin jahit biasa. Mesin jahit mini bisa digunakan untuk kebutuhan menjahit dasar seperti memperbaiki kain sobek dan lainnya. Terlebih lagi, pengoperasian mesin jahit mini jauh lebih mudah, terutama untuk para pemula.Di artikel ini kami akan membahas rekomendasi mesin jahit mini yang bagus dari berbagai harga dan merk, seperti SINGER, Brother, dan Butterfly. Anda bisa memilih mesin jahit mini tangan atau portable yang multifungsi dan bisa dibawa ke mana saja. Bacalah hingga selesai karena kami juga akan membagikan cara menggunakan mesin jahit mini.
    Kerajinan
    112 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori