mybest
Ban sepeda

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Sepeda
  4. 10 Rekomendasi Ban Dalam Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Ban Dalam Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Ban Dalam Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Ban Dalam Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Ban Dalam Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Ban Dalam Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Ban Dalam Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Meski tidak terlihat langsung manfaatnya saat bersepeda, ban dalam berperan penting agar Anda bisa bersepeda dengan lancar. Anda akan menemukan ban dalam dengan beragam bahan dan ukuran di pasaran. Hal tersebut bisa saja membuat Anda bingung untuk memilih, bukan?


Agar Anda mudah menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilih ban dalam sepeda. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek ban dalam sepeda terbaik, seperti King Tire, Maxxis, Kenda, dan sebagainya. Pilihlah yang paling sesuai dengan preferensi Anda.

Diperbaharui 20/01/2024
Willa
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Willa

Willa atau sering dipanggil Uwill dan Win ini dulunya berkuliah di jurusan Jurnalistik. Setelah itu, Willa bekerja sebagai reporter di sebuah majalah yang sudah terbit sejak 1973. Di tempat inilah ia memperdalam kemampuan menulisnya. Willa sempat beberapa kali berpindah tempat kerja hingga akhirnya bekerja di mybest Indonesia sejak 2020. Saat senggang, Willa biasanya mencari pakaian untuk di-mix-and-match karena kegemarannya menyaksikan fashion runway di televisi saat kecil. Selain itu, pria penyuka bunga ini juga gemar bersepeda, renang, atau jogging. Pada penghujung akhir pekan ia biasanya menghabiskan waktu untuk memasak atau re-cook resep kue yang dilihatnya di Instagram.

Profil Willa
Lanjut membaca

Daftar isi

Bersepeda makin nyaman dengan rutin ganti ban dalam

Bersepeda makin nyaman dengan rutin ganti ban dalam

Ban dalam adalah salah satu komponen sepeda yang harus diganti secara berkala. Mengganti ban dalam sepeda secara rutin dengan produk yang baik tentunya akan meningkatkan kenyamanan bersepeda. Selain itu, Anda juga dapat mengayuh dengan lebih sedikit tenaga dan kecepatan rata-ratanya pun meningkat. Di pihak lain, ban bisa bergulir lebih luwes sehingga sepeda jadi makin mudah digunakan.


Anda mungkin ingin tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban sepeda? Lalu, berapa lama umur pakai ban dalam sepeda? Dalam hal ini, Anda bisa mengganti ban dalam saat mengganti ban luar sepeda. Ban dalam sepeda juga sebaiknya diganti ketika sudah banyak tambalan. Namun, Anda juga dapat menyesuaikan dengan jenis sepeda dan rutinitas pemakaian seperti penjelasan di bawah ini:


  • Sepeda gunung (MTB): Ban dalamnya dapat bertahan sekitar delapan tahun. Namun, jika digunakan secara rutin dan agresif, ban dalam sepeda gunung hanya bertahan sekitar 2-3 tahun.

  • Sepeda balap (road bike): Masa pakai ban dalam sepeda balap yang dipakai rutin adalah 2-3 tahun. Jika Anda berkendara secara santai, ban dalam road bike dapat bertahan hingga lima tahun.

  • Sepeda touring: Ban dalam sepeda touring bisa bertahan 10 tahun jika digunakan secara normal. Akan tetapi, ban dalam biasanya hanya bertahan 2-3 jika digunakan oleh profesional yang rajin berlatih.

  • Sepeda BMX: Masa pakai ban dalam sepeda BMX terbilang sebentar, sekitar 2-4 tahun. Masa pakainya akan lebih singkat (menjadi 1-2 tahun) apabila sering dipakai melakukan freestyle.

  • Sepeda anak: Masa pakai ban dalam sepeda anak juga sebentar, hanya sekitar tiga tahun. Masa pakainya akan lebih singkat (menjadi sekitar 1-2 tahun) apabila sepeda dipakai terus-menerus.

Cara memilih Ban Dalam Sepeda

Saat hendak membeli ban dalam sepeda, ada poin-poin yang perlu Anda perhatikan. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silakan simak pembahasan di bawah ini.

1

Pilih produk dengan katup atau pentil yang sesuai

Pilih produk dengan katup atau pentil yang sesuai

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah spesifikasi katup atau pentil ban dalam. Jika dikelompokkan berdasarkan pentilnya, ada tiga jenis ban dalam sepeda, yaitu English atau dunlop, American atau schrader, dan French atau presta.


  • Pentil tipe dunlop biasanya digunakan untuk bersepeda dalam kota.

  • Pentil tipe schrader umumnya digunakan pada mountain bike.

  • Pentil tipe presta dapat digunakan di sport bike 700c, termasuk road bike. Namun, ada juga produk yang panjang pentilnya mencapai 60 mm.


Tipe dunlop dan schrader kebanyakan berdiameter sama sehingga keduanya bisa dipasang pada roda yang sama. Mengganti ban dalam dari tipe dunlop ke schrader memang membutuhkan waktu, tetapi pentil tipe schrader lebih durable. Lalu, jika Anda menggunakan roda berpelek dalam, cek juga kedalaman pelek dan panjang pentil ban dalamnya, ya!

2

Gunakan ban dengan bahan sesuai kebutuhan

Berdasarkan bahannya, ada tiga tipe ban dalam, yaitu butyl, latex, dan R Air. Tergantung bahannya, kenyamanan dan ketangguhan setiap ban tentunya berbeda-beda. Ketahui karakteristik tiap-tiap bahan dan pilihlah ban dalam sepeda yang bagus serta sesuai dengan kebutuhan.

Bahan butyl: Ketahanan tinggi dan minim bocor, bahkan di jalan rusak

Bahan butyl: Ketahanan tinggi dan minim bocor, bahkan di jalan rusak

Jika Anda mencari ban dalam dengan resistansi tinggi terhadap risiko pecah, ban berbahan butyl pantas diperhitungkan. Tersedia beragam jenis ban dalam butyl di pasaran, misalnya yang cocok untuk road bike, sepeda fixie, dan lain sebagainya. Harganya pun masih terjangkau sehingga Anda tidak akan kesulitan membelinya.


Karakteristik yang tebal dan tidak mudah pecah membuat ban butyl menjadi pilihan tepat untuk menemani Anda bersepeda harian. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan ban dalam butyl ketika bersepeda melewati jalan yang rusak. Akan tetapi, bobot ban dalam berbahan butyl sedikit lebih berat ketimbang bahan lainnya.

Bahan latex: Karet tipis superringan dan nyaman digunakan

Bahan latex: Karet tipis superringan dan nyaman digunakan

Ban latex direkomendasikan bagi Anda yang mengutamakan kenyamanan dan bobot ringan. Dibuat untuk sepeda sport, bahan ini mempunyai tingkat elastisitas dan tingkat keempukan yang baik. Bobot dan ringan memungkinkan sepeda dikayuh lebih cepat dibandingkan bahan lain sehingga pas dipilih oleh para pembalap sepeda.


Meskipun begitu, udara cenderung lebih mudah keluar dari ban berbahan latex. Hal ini membuat ban dalam berbahan latex kurang tepat digunakan bersepeda jarak jauh. Selain itu, harga ban dalam sepeda yang terbuat dari latex pun relatif tinggi. Kalau Anda tidak benar-benar membutuhkan kecepatan, tidak masalah untuk menghindari ban berbahan latex.

Bahan R Air: Keseimbangan antara bobot ringan dan ketahanan

Bahan R Air: Keseimbangan antara bobot ringan dan ketahanan
Sumber: panaracer.com

R Air adalah bahan yang dikembangkan oleh Panaracer. Bahan ini memiliki kombinasi seimbang dengan performa menengah di antara bahan butyl dan latex. Tipe ini sempurna untuk Anda yang mencari ban dalam berbobot ringan dan tidak mudah pecah.


Orang yang gemar bersepeda jarak jauh patut mempertimbangkan bahan ini. Meski harganya lebih tinggi dari butyl, bahan ini memiliki risiko pecah yang rendah sehingga Anda bisa tenang menggunakannya. Untuk Anda yang menginginkan ban serbaguna, ban R Air pantas dijadikan opsi. Sayangnya, ban dalam ini masih sulit ditemui di online shop Indonesia.

3

Pastikan ukurannya sesuai dengan ban luar

Pastikan ukurannya sesuai dengan ban luar

Saat memilih ban dalam, pastikan Anda membeli produk yang ukurannya sesuai dengan ban luar sepeda. Cek dahulu diameter dan lebar ban Anda, kemudian pilihlah ban dalam dengan ukuran yang tepat.


Memilih ukuran ban dalam sepeda yang salah bukan hanya membuatnya sulit dipasang, tetapi juga dapat menimbulkan kecelakaan. Jika Anda tidak mengetahui ukurannya, cobalah mengecek sisi ban. Biasanya keterangan ukuran ditulis dalam tiga format:


  • ISO (ETRTO)

Standar ini menggunakan satuan milimeter (mm). Angka yang dicantumkan di dalam keterangan adalah angka lebar ban - diameter bagian dalam ban. Kira-kira contoh penulisannya seperti ini 37 - 622.


  • Inch Marking

Standar ini menggunakan satuan inci. Terdapat tiga angka yang dicantumkan dalam penulisan format ini, yaitu diameter outer ban luar x tinggi ban luar x lebar ban luar. Contoh penulisannya kira-kira seperti ini 28 x 1 5/8 x 1 3/8.


  • French

Standar ini memakai satuan milimeter (mm). Terdapat dua angka yang dicantumkan dalam penulisan format ini, yaitu diameter outer ban luar x lebar ban luar. Untuk contoh penulisannya sendiri kira-kira seperti ini 700 x 35C.


Sayangnya, tidak semua produsen menggunakan format penulisan yang sama. Jika demikian, Anda dapat mencari informasi tambahan melalui situs resmi produsen.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Ban Dalam Sepeda Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Ban Dalam Sepeda terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 20 Januari 2024).
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Tipe pentil
Bahan ban
Panjang pentil
Ukuran
Rekomendasi jenis sepeda
1

King Tire Indonesia

Kingland Tire & Tube 12 1/2 x 2 1/4

King Tire Indonesia Kingland Tire & Tube 12 1/2 x 2 1/4 1

Rp11.900

Lebih Murah

Ban dalam yang harganya bersahabat untuk kantong

Schrader

Karet

Tidak diketahui

12 1/2 x 2 1/4

Sepeda anak, BMX

2

Maxxis Tires

Welter Weight Tubes 27.5

Maxxis Tires Welter Weight Tubes 27.5 1

Rp80.000

Agak Mahal

Puncture resistant, makin awet digunakan

Presta

Tidak diketahui

48 mm

27.5 x 1.90-2.35

Road bike, MTB

3

Kenda

Bicycle Butyl Rubber 16 x 1 3/8

Kenda  Bicycle Butyl Rubber 16 x 1 3/8 1

Rp45.000

Menengah

Sahabat tepat untuk pelek double wall

Presta

Butyl rubber

48 mm

16 x 1 3/8

Sepeda lipat, BMX

4

Industri Karet Deli

Deli Tire Bicycle Tube 14 x 2.125

Industri Karet Deli Deli Tire Bicycle Tube 14 x 2.125 1

Rp23.900

Agak Murah

Ban dalam sepeda listrik yang ringan dan stabil tekanan anginnya

Schrader

Butyl

Tidak diketahui

14 X 2.125

Sepeda listrik, sepeda lipat

5

United

Bicycle Tube

United  Bicycle Tube 1

Rp35.000

Menengah

Sepeda lipat atau sepeda BMX? Keduanya bisa!

Schrader

Tidak diketahui

30 mm, 48 mm

20 x 1 3/8

Sepeda lipat, BMX

6

Industri Karet Deli

Swallow Bicycle English Valve 26 x 1 3/8

Industri Karet Deli Swallow Bicycle English Valve 26 x 1 3/8 1

Rp25.000

Agak Murah

Pasangan terbaik sepeda ontel Anda

English valve/dunlop

Tidak diketahui

Tidak diketahui

26 x 1 3/8

Sepeda ontel, city bike

7

RideNow

Race Formula Bicycle Inner Tube Super Light 700

RideNow Race Formula Bicycle Inner Tube Super Light 700 1

Rp110.000

Agak Mahal

70% lebih tipis dan 2/3 lebih ringan dari ban biasanya

Presta

TPU

65 mm, 88 mm

700 x 18-32C

Sepeda balap, city bike

8

Polygon

Ban Dalam 700AV33

Polygon  Ban Dalam 700 1

Rp45.000

Menengah

Ban sepeda roda tipis yang fleksibel dan berpori-pori kuat

Schrader

Rubber

35 mm

700 x 35-43C

Road bike, city bike

9

Vittoria

Heavy Duty Bicycle Inner Tube

Vittoria Heavy Duty Bicycle Inner Tube 1

Rp85.000

Agak Mahal

Lapisan ekstra tebal untuk Anda pencinta off-road

Presta

Karet

48 mm

700 x 20-28c

MTB, BMX

10

Vittoria

Competition Latex1TA00002

Vittoria Competition Latex 1

Rp160.000

Lebih Mahal

Latex premium yang ringan dan gesekannya rendah

Presta

Latex

48 mm

700 x 25-28

Sepeda balap, sepeda pixie

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

King Tire IndonesiaKingland Tire & Tube 12 1/2 x 2 1/4

Kingland Tire & Tube 12 1/2 x 2 1/4 1
Sumber: shopee.co.id
Kingland Tire & Tube 12 1/2 x 2 1/4 2
Sumber: shopee.co.id
Kingland Tire & Tube 12 1/2 x 2 1/4 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp11.900
Lebih Murah
Harga referensi
Rp11.900
Lebih Murah

Ban dalam yang harganya bersahabat untuk kantong

Beberapa ban dalam sepeda di pasaran memang dijual dengan harga mahal. Namun, harga ban sepeda anak buatan Kingland ini tidak demikian. Harganya tergolong murah sehingga aman untuk kantong.


Walaupun harganya murah, ban dalam sepeda ukuran 12 ini tidak diproduksi asal-asalan. Hal ini terlihat dari bagian pentil yang dilapisi dengan bahan nonlogam sehingga tidak mudah karatan. Selain itu, ukuran pentil pada ban dalam ini sama dengan pentil motor agar lebih mudah ketika proses pengisian angin.

Tipe pentilSchrader
Bahan banKaret
Panjang pentilTidak diketahui
Ukuran12 1/2 x 2 1/4
Rekomendasi jenis sepedaSepeda anak, BMX
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Maxxis TiresWelter Weight Tubes 27.5

Harga referensi
Rp80.000
Agak Mahal

Puncture resistant, makin awet digunakan

Ban dalam sepeda ukuran 27,5 ini mempunyai dinding ban setebal 0,8 mm sehingga ketahanannya bisa dibilang tinggi. Selain itu, ban ini didesain khusus supaya puncture resistant atau tahan bocor ketika tertekan benda keras.


Anda yang sering bersepeda dengan agresif atau sering melewati jalanan yang tidak rata sepertinya dapat menggunakan ban dalam ini. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi ban dalam akan bocor saat melewati jalan berbatu tajam.

Tipe pentilPresta
Bahan banTidak diketahui
Panjang pentil48 mm
Ukuran27.5 x 1.90-2.35
Rekomendasi jenis sepedaRoad bike, MTB
View all
No.3

Kenda Bicycle Butyl Rubber 16 x 1 3/8

Harga referensi
Rp45.000
Menengah

Sahabat tepat untuk pelek double wall

Ada banyak orang menggunakan pelek double wall karena faktor ketahanan dan bobot pelek yang balance. Bila Anda adalah salah satunya, cobalah menggunakan ban dalam ini. Didesain khusus, ban dalam dan pentil produk ini bisa dengan mudah dipasangkan ke pelek double wall. Pentil ban dalam ini juga cukup panjang sehingga makin memudahkan Anda untuk mengisi angin ke dalam ban.

Tipe pentilPresta
Bahan banButyl rubber
Panjang pentil48 mm
Ukuran16 x 1 3/8
Rekomendasi jenis sepedaSepeda lipat, BMX
View all
No.4

Industri Karet DeliDeli Tire Bicycle Tube 14 x 2.125

Harga referensi
Rp23.900
Agak Murah

Ban dalam sepeda listrik yang ringan dan stabil tekanan anginnya

Ukuran ban sepeda listrik biasanya kecil sehingga bisa menyulitkan Anda ketika memompanya. Namun, Anda tak perlu khawatir soal itu jika menggunakan ban dalam ini. Pentilnya didesain melengkung sehingga Anda dapat menambah angin dengan mudah. Selain itu, Deli Tire menggunakan bahan butyl yang diklaim ringan dan menjaga tekanan angin lebih awet.

Tipe pentilSchrader
Bahan banButyl
Panjang pentilTidak diketahui
Ukuran14 X 2.125
Rekomendasi jenis sepedaSepeda listrik, sepeda lipat
View all
No.5

United Bicycle Tube

Harga referensi
Rp35.000
Menengah

Sepeda lipat atau sepeda BMX? Keduanya bisa!

Beberapa review menyatakan bahwa produk ini kurang fleksibel. Hal ini memang tricky. Namun, di luar kekurangan tersebut, produk ini dapat digunakan sebagai ban dalam sepeda lipat atau ban dalam sepeda BMX. Anda hanya perlu memastikan ukuran ban luarnya saja. Tambahan lagi, ban ini juga tersedia dengan ukuran pentil 30 mm, lho!

Tipe pentilSchrader
Bahan banTidak diketahui
Panjang pentil30 mm, 48 mm
Ukuran20 x 1 3/8
Rekomendasi jenis sepedaSepeda lipat, BMX
View all
No.6

Industri Karet DeliSwallow Bicycle English Valve 26 x 1 3/8

Harga referensi
Rp25.000
Agak Murah

Pasangan terbaik sepeda ontel Anda

Peredaran ban dalam tipe dunlop di pasaran memang tidak sebanyak schrader. Namun, Anda tidak perlu bingung saat membutuhkannya. Anda dapat memilih ban dalam ukuran 26 buatan Swallow ini. Ban dengan pentil bertipe English atau dunlop ini cocok untuk sepeda ontel dan city bike. Menariknya lagi, harga ban dalam sepeda ukuran 26 ini termasuk murah, lho.

Tipe pentilEnglish valve/dunlop
Bahan banTidak diketahui
Panjang pentilTidak diketahui
Ukuran26 x 1 3/8
Rekomendasi jenis sepedaSepeda ontel, city bike
View all
No.7

RideNowRace Formula Bicycle Inner Tube Super Light 700

Harga referensi
Rp110.000
Agak Mahal

70% lebih tipis dan 2/3 lebih ringan dari ban biasanya

Ada banyak hal yang membuat ban dalam sepeda balap pecah, seperti keadaan jalan dan tekanan udara yang tak sesuai. Supaya risiko ban pecah bisa dikurangi, coba ganti bannya dengan produk ini. RideNow mendesain ban dalam ini dari TPU dan juga tanpa sambungan sehingga risiko ban robek lebih kecil.


Di pihak lain, ban ini diklaim tahan bocor dan bobotnya 2/3 lebih lebih ringan daripada ban biasa. Hal ini membuat aktivitas gowes Anda lebih lancar dan nyaman. Tambahan lagi, ban dalam ini 70% lebih tipis daripada ban butyl sehingga lebih mudah diselipkan ke dalam tas untuk dijadikan cadangan.

Tipe pentilPresta
Bahan banTPU
Panjang pentil65 mm, 88 mm
Ukuran700 x 18-32C
Rekomendasi jenis sepedaSepeda balap, city bike
View all
No.8

Polygon Ban Dalam 700AV33

Harga referensi
Rp45.000
Menengah

Ban sepeda roda tipis yang fleksibel dan berpori-pori kuat

Pemilik sepeda roda tipis, seperti fixie, hybrid, commuter, dan gravel mungkin pernah merasakan jengkel karena ban sepeda sering kempis. Kejadian ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah angin keluar melalui pori-pori ban.


Untuk meminimalkan risiko tersebut, kami merekomendasikan ban dalam sepeda Polygon. Ban dalam ukuran 700 ini fleksibel karena bisa digunakan pada beberapa jenis sepeda roda tipis. Selain itu, ban ini memiliki pori-pori yang kuat sehingga dapat menjaga tekanan udara lebih lama. Alhasil, ban dalam sepeda fixie, hybrid, dan sepeda roda tipis lainnya tidak mudah kempis dan bisa dipakai lebih lama.

Tipe pentilSchrader
Bahan banRubber
Panjang pentil35 mm
Ukuran700 x 35-43C
Rekomendasi jenis sepedaRoad bike, city bike
View all
No.9

VittoriaHeavy Duty Bicycle Inner Tube

Heavy Duty Bicycle Inner Tube 1
Sumber: shopee.co.id
Heavy Duty Bicycle Inner Tube 2
Sumber: shopee.co.id
Heavy Duty Bicycle Inner Tube 3
Sumber: shopee.co.id
Heavy Duty Bicycle Inner Tube 4
Sumber: shopee.co.id
Heavy Duty Bicycle Inner Tube 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp85.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp85.000
Agak Mahal

Lapisan ekstra tebal untuk Anda pencinta off-road

Bobot ban dalam ini memang berat sehingga akan menambah beban pada sepeda Anda. Namun, di luar kekurangan tersebut, Vittoria mendesain ban dalam ini lebih tebal daripada ban dalam biasanya sehingga lebih kukuh. Produk ini cocok untuk para pencinta off-road atau Anda yang sering melewati area berkerikil saat sedang bersepeda.

Tipe pentilPresta
Bahan banKaret
Panjang pentil48 mm
Ukuran700 x 20-28c
Rekomendasi jenis sepedaMTB, BMX
View all
No.10

VittoriaCompetition Latex1TA00002

Competition Latex 1
Sumber: shopee.co.id
Competition Latex 2
Sumber: shopee.co.id
Competition Latex 3
Sumber: shopee.co.id
Competition Latex 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp160.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp160.000
Lebih Mahal

Latex premium yang ringan dan gesekannya rendah

Produk ini adalah opsi tepat untuk Anda yang menginginkan performa terbaik saat ajang balapan tiba. Bahan latex kelas premium membuat ban dalam ini memiliki gesekan yang sangat rendah saat dipasang. Alhasil, rolling resistance menjadi minim dan Anda pun bisa makin cepat melaju dalam berbagai lomba yang diikuti.

Tipe pentilPresta
Bahan banLatex
Panjang pentil48 mm
Ukuran700 x 25-28
Rekomendasi jenis sepedaSepeda balap, sepeda pixie
View all

Pemula pun bisa! Cara mengganti ban dalam sepeda

Pemula pun bisa! Cara mengganti ban dalam sepeda

Salah satu hal sulit untuk orang yang baru mulai bersepeda adalah mengganti ban dalam sepeda. Makin sering Anda pergi ke bengkel untuk mengganti ban, makin besar pula biaya yang perlu dikeluarkan. Karena itu, kami akan jelaskan cara mengganti ban dalam sepeda yang super mudah dilakukan. Para pemula pun pasti bisa!


Hal pertama adalah Anda harus menyiapkan pencungkil terlebih dahulu, lalu pastikan pencungkilnya terjepit di antara ban dan pelek. Selanjutnya, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  • Kempiskan ban (bila sudah bocor, biarkan sebagaimana adanya)
  • Setelah tahu sumber kebocoran, masukkan pencungkil di antara pelek dan ban.
  • Keluarkan satu sisi ban dan tarik keluar seluruh ban dalam.
  • Terakhir, keluarkan pentilnya.

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan, tiba saatnya untuk memasang ban dalam baru. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masukkan sedikit angin ke dalam ban dalam baru (sekitar 1–2 pompaan udara saja).
  • Masukkan ban dalam ke ban luar.
  • Pasangkan ban dalam dan luar ke pelek.
  • Cek untuk memastikan ban dalam tidak terputar atau tertusuk.
  • Pastikan pentil sudah terpasang sempurna.
  • Isi penuh dengan angin.

5 Rekomendasi Ban Dalam Sepeda terbaik

No. 1: King Tire IndonesiaKingland Tire & Tube 12 1/2 x 2 1/4

No. 2: Maxxis TiresWelter Weight Tubes 27.5

No. 3: Kenda Bicycle Butyl Rubber 16 x 1 3/8

No. 4: Industri Karet DeliDeli Tire Bicycle Tube 14 x 2.125

No. 5: United Bicycle Tube

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Sepeda
  4. 10 Rekomendasi Ban Dalam Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.