1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Mainan anak
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Tak hanya untuk bersenang-senang, mobil remote control dapat merangsang saraf motorik dan koordinasi otak anak, lho. Saat ini, sudah tersedia beragam produk di pasaran. Harga, fitur, hingga cara pengoperasiannya berbeda pada setiap produk. Bahkan, ada mobil RC jarak jauh juga.


Kami akan membahas berbagai merk RC terbaik dalam model mobil balap, sedan, hingga Jeep. Mobil RC off-road juga bisa dipilih untuk penggunaan outdoor. Kami pun akan merekomendasikan berbagai mobil remote control yang bagus. Merek mobil remote control terbaik, seperti Homyped, JJRC, atau Huina tersedia di sini. Simak, yuk!

Diperbaharui 01-10-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih mobil remote control

Pertama, kami akan menjelaskan cara memilih mobil remote control untuk anak-anak. Ada beberapa poin penting untuk Anda perhatikan, seperti model, durability, dan ketahanan airnya. Mari simak penjelasan selengkapnya!

① Periksa struktur dan keamanan mobil remote control

Periksa struktur dan keamanan mobil remote control

Keamanan struktur dan material yang digunakan mobil remote control perlu diperiksa lebih dahulu. Beda pemain, beda hal pula yang perlu diperhatikan.


  • Apabila mainan tersebut akan dimainkan oleh balita, periksa apakah ada komponen yang tajam atau mudah terlepas. Pastikan juga jari anak Anda tidak akan terjepit di sekitar ban.

  • Ada pula mobil remote control yang dibuat untuk orang dewasa. Bukan menggunakan energi listrik dan baterai, mainan tersebut biasanya bergerak menggunakan bahan bakar seperti bensin. Meski terlihat keren, mainan seperti ini tidak pas dimainkan anak-anak.

Untuk Anda ketahui, di Indonesia sendiri, standar keamanan mobil remote control untuk anak-anak adalah SNI (Standar Nasional Indonesia). Produk yang sesuai standar SNI sudah diperiksa oleh badan sertifikasi dan tentunya lebih aman digunakan. Bila memungkinkan, pilihlah produk yang sudah memenuhi SNI agar lebih aman dimainkan si kecil.

② Pastikan pengoperasian controller sesuai dengan umur anak

Pastikan pengoperasian controller sesuai dengan umur anak

Berikutnya, cek juga cara pengoperasian controller-nya. Untuk balita atau Anda yang baru pertama kali memainkan mobil remote control, gerakan sederhana sudah cukup. Produk yang dapat dioperasikan hanya dengan menekan tombol akan sangat mudah dimainkan oleh balita. Sementara itu, produk bergagang juga mudah dikendalikan secara intuitif.


Bagaimana dengan anak yang sudah terbiasa memainkan mobil remote control atau setidaknya sudah menginjak usia SD? Pilihlah produk yang dapat bergerak halus serta controller-nya dilengkapi tombol untuk melakukan gerakan rumit. Balapan bersama teman atau saudara pun akan makin seru! Oleh karena itu, sesuaikan cara pengendalian controller-nya dengan usia anak.

③ Pilih model mobil RC yang disukai

Pilih model mobil RC yang disukai

Model mobil RC yang tersedia di pasaran sangat beragam. Berikut beberapa jenis model remote control yang mudah dijumpai.


  • Model sedan

Mobil remote control dengan model sedan biasanya merupakan mainan replika mobil aslinya. Mobil RC sedan dibuat dengan presisi tinggi agar makin realistis saat dimainkan, misalnya pintu yang dapat dibuka. Hal tersebut juga membuat mainan seperti ini sering dikoleksi oleh orang dewasa.


  • Model mobil balap

Anak-anak biasanya menyukai mobil remote control yang terlihat keren. Nah, Anda bisa memilih produk dengan model mobil balap. Mobil RC balap memiliki desain yang lebih menarik mata. Warnanya dibuat mencolok dengan beragam stiker.


  • Model truk

Produk yang besar seperti mobil RC truk juga mudah disukai anak. Produk dengan model ini umumnya memiliki fitur unik, contohnya derek yang bisa digerakkan.


  • Model mobil off-road

Mobil RC off-road dibuat agar dapat dimainkan di luar ruangan. Secara desain, produknya mungkin tidak semenarik yang lain karena lebih mengutamakan fungsi. Namun, banyak produsen yang sudah membuat mobil RC off-road dengan tampilan menarik bagi anak-anak. Biasanya, bodinya dibuat warna-warni atau menggunakan desain bertema karakter favorit anak-anak.

④ Ketahui fitur pendukung untuk dimainkan di luar ruangan

Memainkan mobil remote control di dalam ruangan memang seru. Namun, mungkin saja Anda ingin agar anak dapat bermain di luar ruangan sekaligus. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan bila mencari mobil remote control yang bisa dimainkan di outdoor.

Ban besar atau karet, untuk melewati medan sulit

Ban besar atau karet, untuk melewati medan sulit

Untuk digunakan outdoor, Anda perlu mengecek terlebih dahulu daya tahan dan ukuran bannya. Kebanyakan mobil remote control untuk anak-anak didesain untuk digunakan di dalam ruangan. Alhasil, ketika digunakan di area yang tidak rata, berpasir, atau berbatu, mobil tidak bisa bergerak dengan lancar.


Lain halnya bila mobil remote control dilengkapi ban besar atau ban karet yang sangat durable. Bermain off-road, misalnya di tangga, jalan berpasir, atau area berbatu, bisa dilakukan dengan mudah. Namun, pastikan batu atau debu halus tidak mudah masuk ke dalam bodi mobil.

Waterproof, untuk melewati genangan air

Waterproof, untuk melewati genangan air

Hal berikutnya yang harus Anda pikirkan mengenai mobil remote control untuk outdoor adalah air. Saat berada di luar ruangan, Anda bisa saja menemukan banyak genangan air. Oleh karena itu, Anda juga perlu mengecek apakah produknya bersifat kedap air atau tidak.


Ada produk yang amfibi, ada juga yang komponennya bisa diganti menjadi kedap air. Selain itu, pastikan juga apakah produknya waterproof  saat dalam kondisi terbalik. Jika produknya waterproof, anak-anak bisa memainkannya setelah hujan. Tidak hanya itu, produknya bisa dimainkan di tempat rekreasi, seperti kolam renang, pantai, dan sungai


Keunggulan lain dari produk yang waterproof adalah lebih mudah dibersihkan dengan air ketika kotor. Selain itu, tampilan ketika mobil melintasi genangan air dan terkena cipratan air pun terlihat sangat keren! Si kecil bisa memainkannya dengan cara yang berbeda dari biasanya sehingga memberi kepuasan tersendiri.

⑤ Cek ada tidaknya lampu dan suara

Cek ada tidaknya lampu dan suara

Jika Anda mencari produk yang bisa dimainkan berjam-jam tanpa bosan, pilihlah yang mampu mengeluarkan cahaya dan suara. Ada mobil remote control yang lampunya bisa menyala. Selain itu, ada juga yang dapat mengeluarkan suara, misalnya klakson, mesin, dan saat idle.


Dengan merangsang indra penglihatan dan pendengaran, anak akan makin senang dan menikmati belajar tentang mobil. Bahkan, jika anak masih terlalu kecil atau produknya rumit dioperasikan, Anda tetap bisa menikmati saat memainkannya. Namun, perhatikan juga baterainya karena akan lebih cepat habis.

⑥ Pertimbangkan mobil remote control yang rechargeable

Pertimbangkan mobil remote control yang rechargeable

Jika mobilnya akan dimainkan dalam waktu lama atau Anda khawatir dengan biaya pembelian baterai, produk rechargeable solusinya. Mobil remote control yang dayanya bisa diisi ulang tentu lebih ekonomis.


Biasanya, mobil remote control menggunakan baterai rechargeable atau baterai AA. Keduanya memang mengonsumsi banyak energi listrik dalam waktu singkat. Namun, produk yang menggunakan baterai akan kurang ekonomis. Contohnya, ada produk yang membutuhkan hingga delapan baterai untuk bisa dimainkan. Ada juga yang baterainya habis setelah dimainkan selama satu jam.


Saat ini, makin banyak mobil remote control yang baterainya bisa diisi melalui slot USB. Jadi, ceklah mainan pilihan Anda, apakah rechargeable atau harus menggunakan baterai. Ketahui juga informasi lainnya, contohnya waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya serta durasi bermain saat baterainya penuh.

10 Rekomendasi mobil remote control terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mobil remote control terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

YP Toys

RC Rock Crawler Jeep Police Car

YP Toys RC Rock Crawler Jeep Police Car 1枚目

Mobil polisi berdesain mobil Jeep, gagah dan macho

2

KKV

Shuangfeng Rock Crawler

KKV Shuangfeng Rock Crawler 1枚目

Kontrol makin optimal berkat full active suspension

3

RC Transformer

 RC Transformer 1枚目

Bisa berubah bentuk! Si kecil pasti makin suka

4

Homyped

Flex Car Mobil Remote Control 4WD

Homyped Flex Car Mobil Remote Control 4WD 1枚目

Saksikan keseruan mobil yang berakrobat dengan lincahnya

5

Yigong

Alloy Engineering Vehicle Series

Yigong Alloy Engineering Vehicle Series 1枚目

Asyiknya berimajinasi sedang mengerjakan proyek pembangunan

6

Mainan Remote Kontrol Mobil Polisi

 Mainan Remote Kontrol Mobil Polisi 1枚目

Paket lengkap untuk mobil RC yang harganya bersahabat

7

JJRC

Remote Control BRC Stunt Buggy Car

JJRC Remote Control BRC Stunt Buggy Car 1枚目

Tetap bisa berjalan meskipun terbalik

8

RC Mobil Pemadam Kebakaran

 RC Mobil Pemadam Kebakaran 1枚目

Membuat anak berimajinasi jadi pemadam kebakaran dengan mobil RC berukuran besar

9

Cruzer

Speed Fury Wall Climber

Cruzer Speed Fury Wall Climber 1枚目

Dapat berjalan di dinding juga, lho!

10

Huina

RC Dump Truck

Huina RC Dump Truck 1枚目

Bisa dikendalikan dari jarak jauh, sampai 30 meter!

Perincian produk
Close
No.1

YP ToysRC Rock Crawler Jeep Police Car

Mulai dari Rp150.000,00

Mobil polisi berdesain mobil Jeep, gagah dan macho

Kelebihan:

  • Harganya ekonomis, cocok juga dijadikan hadiah

Kekurangan:

  • Ukurannya cukup mini, mungkin kurang memuaskan bagi anak yang menyukai mobil RC berukuran besar

Ini dia satu lagi mobil polisi yang tidak boleh dilewatkan! Mengusung bentuk seperti mobil Jeep, mobil polisi ini memberi kesan gagah dan berbeda dengan mobil polisi jenis sedan. Terlebih lagi, pilihan warna hitam dan birunya juga membuat mobil RC ini makin tampak macho. Segera miliki jika anak Anda menyukai mobil Jeep, yuk!

No.2

KKVShuangfeng Rock Crawler

Mulai dari Rp279.800,00

Kontrol makin optimal berkat full active suspension

Kelebihan:

  • Bodi terbuat dari alloy, kuat dan tangguh untuk dimainkan outdoor
  • Ban berbahan karet, grip lebih oke di permukaan tidak rata

Kekurangan:

  • Jika memainkan mobil RC lain yang serupa, harus menjaga jarak 1 meter agar frekuensi tidak bertabrakan

Produk ini adalah jawaban jika Anda mencari mobil remote control yang gerakannya cekatan. Dilengkapi full active suspension, produk ini mudah dikendalikan, bahkan di medan yang kasar. Berbagai permukaan tidak rata, seperti tanah, pasir, dan kerikil, dapat diterjang produk ini. Area permainannya tentu jadi lebih luas. Rasakan sendiri keseruan memainkannya di area outdoor!

No.3

Bisa berubah bentuk! Si kecil pasti makin suka

Kelebihan:

  • Bisa berubah bentuk menjadi robot hanya dengan satu tombol

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen mendapatkan produk yang rodanya gagal berputar sehingga mobil RC hanya berputar di tempat

Bila anak Anda juga menyukai robot, produk ini adalah pilihan tepat. Mobil remote control ini dapat berubah bentuk menjadi robot hanya dengan satu tombol pada controller. Desainnya dalam mode mobil dan robot pun keren. Selain itu, pilihan desain dan warnanya juga beragam. Si kecil bisa bebas memilih tampilannya berdasarkan mobil yang muncul di film Transformers.

No.4

HomypedFlex Car Mobil Remote Control 4WD

Mulai dari Rp150.000,00

Saksikan keseruan mobil yang berakrobat dengan lincahnya

Kelebihan:

  • Setiap sisi roda terdiri dari tiga roda yang dapat saling berputar, unik dan memberikan pengalaman main yang berbeda

Kekurangan:

  • Tidak disebutkan keterangan detail mengenai waterproof dan ukuran mobilnya

Ingin mobil off-road yang lain daripada yang lain? Jika ya, Anda bisa memilih mobil RC off-road ini untuk dihadiahkan kepada anak Anda. Produk ini tampak spesial karena bodi mobilnya tampak tenggelam akibat tiga buah ban berukuran besar di setiap sisi.


Semua ban tersebut bukan semata aksesori, tetapi ketiganya bisa saling berputar dan membuat mobil melakukan akrobat dengan lincah. Pastinya mainan mobil ini seru sekali untuk dimainkan.

No.5

YigongAlloy Engineering Vehicle Series

Mulai dari Rp500.000,00

Asyiknya berimajinasi sedang mengerjakan proyek pembangunan

Kelebihan:

  • Detail truknya memukau, memuaskan visual pemainnya
  • Beberapa bagian terbuat dari alloy sehingga makin kuat

Kekurangan:

  • Pengoperasian remote control tergolong rumit untuk anak yang terlalu kecil atau belum terbiasa memainkan RC

Anak-anak, terutama anak laki-laki, umumnya memiliki ketertarikan khusus pada mobil, truk, dan jenis kendaraan lainnya. Jika sekarang anak Anda sedang keranjingan dengan mobil alat-alat berat, Anda bisa mempertimbangkan untuk memberikan produk ini.


Anda dapat memilih antara mobil dump truck, tractor, excavator, atau bahkan membeli ketiganya! Si kecil dijamin akan keseruan berimajinasi sebagai kontraktor yang mengerjakan sebuah proyek pembangunan.

No.6

Mainan Remote Kontrol Mobil PolisiPR 17228

Mulai dari Rp64.900,00

Paket lengkap untuk mobil RC yang harganya bersahabat

Kelebihan:

  • Pintu bisa dibuka melalui controller

Kekurangan:

  • Belum ada fitur suara, mungkin mengurangi keasyikan bermain untuk sebagian anak

Mobil remote control bisa saja cepat rusak karena banyak bertabrakan dengan benda lain. Nah, bila Anda mencari mobil RC pertama untuk anak, produk ini bisa dipilih. Harganya relatif ekonomis sehingga bisa menjadi mobil RC latihan untuk anak. Meski demikian, produk ini memiliki fitur yang menarik, lho.


Pintu dan lampu produk ini dapat dikontrol melalui pengendalinya. Tak hanya realistis, desain produk ini pun keren. Anda juga dapat melengkapinya dengan produk lain untuk bermain kejar-kejaran mobil RC dengan anak.

No.7

JJRCRemote Control BRC Stunt Buggy CarHY828

Mulai dari Rp140.000,00

Tetap bisa berjalan meskipun terbalik

Kelebihan:

  • Dapat berputar hingga 360 derajat, menawarkan sensasi permainan yang berbeda

Kekurangan:

  • Ukurannya tergolong kecil, mungkin kurang memuaskan bagi anak yang menyukai RC berukuran besar

JJRC memang sudah banyak membuat mobil remote control dengan model unik. Sebagai mobil RC stunt car, produk ini memiliki roda yang melebihi tinggi bodinya. Tidak ada kata terbalik karena produk ini dapat berputar hingga 360 derajat. Anda yang mencari mobil RC berbeda patut mempertimbangkan produk ini. Memainkannya bersama anak pasti sangat seru!

No.8

RC Mobil Pemadam Kebakaran

Mulai dari Rp235.000,00

Membuat anak berimajinasi jadi pemadam kebakaran dengan mobil RC berukuran besar

Kelebihan:

  • Bisa menyemprotkan air seperti mobil pemadam kebakaran aslinya

Kekurangan:

  • Meski bisa menyemprotkan air, tidak ada klaim waterproof sehingga tetap perlu berhati-hati saat memainkannya

Model truk pemadam kebakaran pada produk ini akan membantu mengasah imajinasi anak Anda. Pasalnya, mobil remote control ini dapat menyemprotkan air seperti kendaraan aslinya. Selain itu, sirenenya dapat bersuara dan menyala. Suaranya pun dapat diubah sesuai dengan kemauan anak sehingga makin realistis.


Agar anak lebih bebas berimajinasi, controller produk ini sengaja dibuat menyerupai setir mobil. Pengendaliannya pun simpel dan mudah dimengerti anak kecil. Jika Anda mencari produk yang dapat meningkatkan daya imajinasi anak, mobil RC ini adalah pilihan tepat.

No.9

CruzerSpeed Fury Wall Climber

Mulai dari Rp137.500,00

Dapat berjalan di dinding juga, lho!

Kelebihan:

  • Unik karena bisa dimainkan di dinding juga

Kekurangan:

  • Menurut ulasan, saat dimainkan di dinding kurang lancar dan tersendat-sendat

Mobil remote control yang berjalan di lantai sudah biasa. Bagaimana jika berjalan di dinding? Pastinya akan membuat takjub anak Anda, ya. Produk ini merupakan RC wall climber yang dapat menempel dan berjalan di dinding.


Produk ini juga dapat berjalan di jendela, cermin, dan pintu kaca, lho. Cukup gunakan mode wall untuk mengaktifkan penyedotnya. Setelahnya, produk ini dapat menempel di berbagai permukaan. Akan tetapi, mobil RC ini bakal mengeluarkan suara kencang. Namun, tidak demikian pada mode floor. Bila Anda mencari variasi permainan untuk anak, produk ini bisa dipilih.

No.10

HuinaRC Dump Truck1540

Mulai dari Rp425.000,00

Bisa dikendalikan dari jarak jauh, sampai 30 meter!

Kelebihan:

  • Bagian baknya bisa diangkat dan diturunkan sehingga lebih realistis

Kekurangan:

  • Harganya cukup mahal, kurang cocok untuk anak yang baru mencoba memainkan RC

Produk ini dapat bekerja persis seperti kendaraan aslinya. Bagian baknya bisa diangkat untuk menurunkan muatan dan diturunkan kembali. Sebagai informasi, controller-nya masih terkoneksi hingga jarak 30 m. Jadi, produk ini tepat sekali untuk Anda yang mencari mobil RC jarak jauh.


Anda bisa melengkapinya dengan produk lain seperti mainan excavator. Anak-anak dapat menirukan adegan persis seperti pada proyek pembangunan. Meskipun tidak ada mainan pendamping, produk ini tetap dapat dimainkan dengan seru. Anak-anak bisa memanfaatkan baknya untuk mengangkut beragam benda.

Baca juga rekomendasi mainan mobil lainnya di sini

Selain mobil remote control, terdapat mainan mobil lain yang mungkin masuk dalam pertimbangan Anda. Kami sudah membahas mainan mobil-mobilan, mobil aki, dan mobil dorong untuk anak. Kunjungi link berikut ini untuk makin membahagiakan anak Anda.

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan mobil remote control yang sesuai dengan selera anak? Sebelum mewujudkan keinginan anak, perhatikan dahulu faktor keamanannya, penggunaan controller, desain mobil, dan pengisian dayanya. Dengan begitu, memainkan RC car akan jadi lebih menarik dan menyenangkan.


Semoga Anda kini lebih mudah memilih, ya. Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai referensi Anda. Yuk, bahagiakan anak dengan mobil remote control pilihan Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer