• 10 Rekomendasi Krim Penghilang Stretch Mark Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Stretch Mark Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Stretch Mark Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Stretch Mark Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Stretch Mark Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Krim Penghilang Stretch Mark Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Stretch mark dapat muncul saat Anda mengalami perubahan berat badan yang drastis atau setelah melahirkan. Kehadirannya dapat mengganggu kepercayaan diri, terutama untuk remaja. Namun, jangan khawatir! Anda bisa menyamarkannya dengan mengoleskan cream stretch mark di perut, di paha, atau bagian lainnya.


Namun, cream stretch mark seperti apakah yang ampuh? Nah, kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih cream penghilang stretch mark yang bagus. Sepuluh rekomendasi produk terbaik dengan review mentereng juga telah kami siapkan. Anda bisa menemukan berbagai merk seperti Sebamed, Mothercare, hingga Palmer's. Yuk, baca hingga selesai!

  • Pembaharuan terakhir: 30 April 2021
  • 31.488 Views
Daftar isi

Penyebab munculnya stretch mark

Stretch mark adalah garis atau guratan yang muncul pada bagian kulit yang menyimpan banyak lemak. Garis atau guratan ini awalnya berwarna merah, merah muda, atau hitam. Namun, lama-kelamaan akan berubah menjadi putih. Stretch mark berwarna merah merupakan garis yang masih baru. Dalam kondisi ini, pembuluh darahnya masih terlihat sehingga lebih mudah hilang. Akan tetapi, bila stretch mark sudah berwarna putih, Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menghilangkannya.


Umumnya, stretch mark sering muncul pada wanita saat hamil atau setelah melahirkan. Namun, wanita remaja atau yang tidak hamil pun bisa memiliki stretch mark akibat perubahan berat badan. Bacalah penjelasan detailnya di bawah ini.

Stretch mark yang muncul saat hamil atau setelah melahirkan

Stretch mark yang muncul saat hamil atau setelah melahirkan

Stretch mark sering terjadi pada wanita yang sedang hamil atau setelah melahirkan. Hal ini dikarenakan pertambahan berat badan yang drastis selama mengandung sehingga kulit merenggang. Setelah Anda melahirkan dan berat badan turun kembali, garis-garis stretch mark biasanya belum meninggalkan kulit.


Kulit yang tidak terhidrasi dengan baik dapat menjadi salah satu penyebab munculnya stretch mark pada masa ini. Kulit yang kering menjadi tidak elastis sehingga tidak mampu mengikuti pertambahan berat badan. Untuk menyamarkannya, Anda dapat menggunakan krim penghilang stretch mark.


Namun, Anda tentu tidak bisa sembarangan menggunakan cream stretch mark. Pada wanita hamil, penggunaan krim yang sembarangan dapat memengaruhi janin. Sementara itu, ibu yang baru melahirkan sedang memasuki masa menyusui. Oleh karenanya, Anda harus memilih produk yang tidak hanya aman untuk diri sendiri, tetapi juga bagi bayi Anda.

Stretch mark yang muncul akibat perubahan berat badan yang drastis

Stretch mark yang muncul akibat perubahan berat badan yang drastis

Wanita yang belum mengalami proses hamil atau melahirkan bukan berarti bisa bebas dari stretch mark. Pada masa seperti ini, stretch mark biasa muncul akibat perubahan berat badan yang sangat drastis. Misalnya, ketika Anda melakukan diet ketat.


Untuk remaja, stretch mark dapat muncul saat memasuki masa pubertas. Pada usia pubertas, terjadi peningkatan jumlah hormon yang mengakibatkan tubuh anak perempuan memproduksi lemak lebih banyak. Hal ini membuat stretch mark berpotensi muncul pada remaja.

Cara memilih krim penghilang stretch mark

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu menggunakan krim penghilang stretch mark secara rutin. Oleh karenanya, Anda tidak boleh sembarangan memilih produk. Berikut akan kami jabarkan beberapa poin dalam menentukan krim penghilang stretch mark yang ampuh.

Pilih krim dengan formula yang tepat untuk kulit

Pilih krim dengan formula yang tepat untuk kulit

Karena akan digunakan setiap hari, pastikan Anda memilih krim penghilang stretch mark dengan formula yang tepat. Pilihlah krim yang tidak terlalu kental dan tidak membebani kulit agar lebih nyaman untuk digunakan. Tekstur krim yang terlalu kental juga akan membuatnya sulit diaplikasikan, serta bisa menimbulkan ruam di kulit.


Krim penghilang stretch mark dengan formula yang ringan akan lebih cepat meresap ke dalam kulit. Hasilnya, krim akan lebih cepat menampakkan hasilnya karena mampu menembus lapisan terdalam kulit. Selain itu, kemungkinan sisa-sisa krim menempel di lapisan baju akan lebih sedikit. Hal ini tentu merupakan sebuah keuntungan, bukan?

Periksa kandungan bahan aktifnya

Periksa kandungan bahan aktifnya

Anda juga perlu mempertimbangkan kandungan bahan aktif dari krim penghilang stretch mark yang dipilih. Stretch mark terjadi karena elastisitas kulit berkurang akibat pertambahan berat badan yang drastis. Agar dapat meningkatkan kembali elastisitas kulit, Anda disarankan untuk memilih krim yang mengandung kolagen. Selain itu, Centella asiatica, ekstrak alpukat, vitamin E, dan glycolic acid juga dapat meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. 


Perlu diketahui, stretch mark juga bisa membuat kulit Anda terasa gatal. Karena itu, jangan lupa untuk memperhatikan kandungan pelembap dari krim pilihan Anda. Pelembap bisa menjaga kulit agar tetap lembap dan tidak gatal. Selain itu, kulit yang lembap juga membantu mempercepat proses perbaikan kerusakannya. Beberapa bahan kaya pelembap yang terdapat di cream stretch mark antara lain almond oil, shea butter, hingga Aloe vera

Untuk ibu hamil atau setelah melahirkan, hindari krim dengan kandungan berbahaya

Untuk ibu hamil atau setelah melahirkan, hindari krim dengan kandungan berbahaya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda tidak boleh sembarangan memilih cream stretch mark untuk ibu hamil atau menyusui. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat menghilangkan stretch mark secara maksimal.


Anda perlu menghindari krim yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti paraben dan pengawet lainnya. Sebisa mungkin, pilihlah krim yang dibuat tanpa pewangi buatan. Jika Anda lebih suka krim yang harum, pastikan kandungan pewanginya aman untuk Anda dan bayi.


Sejak hamil, kulit Anda juga menjadi lebih sensitif. Karena itu, pilihlah krim yang bersifat hypoallergenic atau tidak menyebabkan alergi. Hindari pula bahan seperti retinoid karena dapat menyebabkan alergi pada kulit Anda. Penggunaan krim dengan bahan-bahan organik juga lebih disarankan karena lebih aman dan bersahabat untuk kulit.

Perhatikan area pemakaiannya

Perhatikan area pemakaiannya

Umumnya, krim penghilang stretch mark di pasaran ditujukan untuk seluruh area tubuh yang berpotensi menyimpan banyak lemak. Alhasil, kebanyakan produk tidak menuliskan area pengaplikasiannya secara spesifik.


Meski begitu, ada beberapa produk yang berfokus untuk menghilangkan stretch mark pada bagian tertentu. Misalnya, di paha, perut, sekitar payudara, atau bagian lainnya. Produk seperti ini biasanya mengandung bahan khusus yang dapat berfungsi secara maksimal untuk area tertentu.


Jika kemunculan stretch mark tergolong cukup merata di berbagai bagian tubuh, Anda disarankan memilih krim untuk seluruh tubuh. Anda akan merasa lebih ringkas saat memakainya karena tidak perlu repot berganti produk. Bila stretch mark hanya muncul di area tertentu, penggunaan krim untuk bagian khusus akan lebih baik. Dengan begitu, stretch mark akan cepat hilang karena formulanya lebih tepat sasaran.

10 Rekomendasi krim penghilang stretch mark terbaik

Setelah menjabarkan tips memilih krim penghilang stretch mark, berikut ini kami bagikan berbagai rekomendasi produk pilihan kami. Produk-produk ini telah kami kurasi dari berbagai review konsumen. Temukanlah krim terbaik yang cocok untuk Anda gunakan.

10
Kandungan bahan aktifShea butter extract, avocado seed extract
Isi60 gr
Area penggunaanSeluruh tubuh
9

MothercareIt's Your Body Stretch Mark Cream

Mulai dari Rp 169.000,00

Kandungan bahan aktifSweet almond oil, shea butter
Isi200 ml
Area penggunaanPerut
8
Kandungan bahan aktifDaun pegagan
Isi200 ml
Area penggunaanPerut, paha
7

Palmer'sCocoa Butter Massage Cream for Stretch Marks

Mulai dari Rp 160.000,00

Kandungan bahan aktifPure cocoa butter, shea butter, vitamin E, lutein, argan oil, almond oil, coconut oil
Isi125 g
Area penggunaanPerut, pinggul, paha, bokong
6
Kandungan bahan aktifAvocado oil, shea butter
Isi200 ml
Area penggunaanPerut, payudara, pinggul, paha
5

Bud CosmeticsBuds Beautiful Blooming Belly Stretch Mark Cream

Mulai dari Rp 689.900,00

Kandungan bahan aktifJojoba, shea butter, sunflower oil, Chlorella vulgaris extract, tamanol oil, Aloe vera extract, algae extract, inca inchi
Isi150 ml
Area penggunaanPerut, payudara, bokong
4

ClarinsBody Partner - Stretch Mark Expert

Mulai dari Rp 920.000,00

Kandungan bahan aktifCentella asiatica, banana, hazelnut
Isi175 ml
Area penggunaanPerut, payudara, pinggul, paha
3
Kandungan bahan aktifElastonyl (ekstrak labu), tochoperol, phytosqualane
Isi100 ml
Area penggunaanTidak disebutkan
2

MooimomBelly Cream - Krim Anti Stretch Mark

Mulai dari Rp 209.000,00

Kandungan bahan aktifEkstrak edelweiss, Croton lechleri extract, minyak biji kakao Maroko, soluble collagen essence
Isi30 ml
Area penggunaanPerut, wajah
1

TriLASTINSR Maximum Strength Stretch Mark Cream

Mulai dari Rp 1.350.000,00

Kandungan bahan aktifPalmitate, Chlorella vulgaris extract, serenoa, serrulata fruit extract, hydrolyzed soy protein, corn kernel extract
Isi162 ml
Area penggunaanTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk krim penghilang stretch mark terbaik

Gambar produk
1
TriLASTIN SR Maximum Strength Stretch Mark Cream 1

TriLASTIN

2
Mooimom Belly Cream - Krim Anti Stretch Mark 1

Mooimom

3
Activa NT Stretch Mark Cream 1

Activa

4
Clarins Body Partner - Stretch Mark Expert 1

Clarins

5
Bud Cosmetics Buds Beautiful Blooming Belly Stretch Mark Cream 1

Bud Cosmetics

6
Sebamed Anti-Stretch Mark Cream 1

Sebamed

7
Palmer's Cocoa Butter Massage Cream for Stretch Marks 1

Palmer's

8
Satto Body Stretch Mark Cream 1

Satto

9
Mothercare It's Your Body Stretch Mark Cream 1

Mothercare

10
Konimex Konicare Stretch Marks Lotion 1

Konimex

Nama produk

SR Maximum Strength Stretch Mark Cream

Belly Cream - Krim Anti Stretch Mark

NT Stretch Mark Cream

Body Partner - Stretch Mark Expert

Buds Beautiful Blooming Belly Stretch Mark Cream

Anti-Stretch Mark Cream

Cocoa Butter Massage Cream for Stretch Marks

Body Stretch Mark Cream

It's Your Body Stretch Mark Cream

Konicare Stretch Marks Lotion

Keunggulan

Aksi cepat atasi segala jenis stretch mark

Unik! Bisa diaplikasikan di perut dan wajah

Solusi jitu untuk mengembalikan keremajaan kulit

Hentikan pertumbuhan stretch mark secara signifikan

Kembalikan kondisi kulit dengan bahan organik

Noda krim di pakaian? Tidak lagi!

Jaga kelembapan kulit hinga 48 jam

Kurangi sensasi gatal pada stretch mark

Jago menyamarkan stretch mark pada kulit sensitif

Hilangkan lemak dengan triple action

Harga mulai dariRp 1.350.000,00Rp 209.000,00Rp 499.000,00Rp 920.000,00Rp 689.900,00Rp 370.000,00Rp 160.000,00Rp 95.000,00Rp 169.000,00Rp 87.600,00
Kandungan bahan aktifPalmitate, Chlorella vulgaris extract, serenoa, serrulata fruit extract, hydrolyzed soy protein, corn kernel extractEkstrak edelweiss, Croton lechleri extract, minyak biji kakao Maroko, soluble collagen essenceElastonyl (ekstrak labu), tochoperol, phytosqualaneCentella asiatica, banana, hazelnutJojoba, shea butter, sunflower oil, Chlorella vulgaris extract, tamanol oil, Aloe vera extract, algae extract, inca inchiAvocado oil, shea butterPure cocoa butter, shea butter, vitamin E, lutein, argan oil, almond oil, coconut oilDaun pegaganSweet almond oil, shea butterShea butter extract, avocado seed extract
Isi162 ml30 ml100 ml175 ml150 ml200 ml125 g200 ml200 ml60 gr
Area penggunaanTidak disebutkanPerut, wajahTidak disebutkanPerut, payudara, pinggul, pahaPerut, payudara, bokongPerut, payudara, pinggul, pahaPerut, pinggul, paha, bokongPerut, pahaPerutSeluruh tubuh
Tautan produk

Cegah stretch mark sejak dini, yuk!

Cegah stretch mark sejak dini, yuk!

Sebenarnya, kemunculan stretch mark pada tubuh dapat diminimalkan. Salah satu caranya adalah dengan menjaga agar perubahan berat badan Anda tidak terlalu drastis. Jika Anda sedang hamil, pertambahan berat badan ini dapat dikonsultasikan dengan dokter kandungan. Selain itu, konsumsilah sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan cereal untuk menutrisi kulit Anda.


Elastisitas kulit juga dapat dirawat dengan mengoleskan krim yang mengandung vitamin E dan pelembap. Namun, saat hamil, penggunaan krim tersebut harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar terjamin keamanannya. Jangan lupa juga untuk tetap berolahraga demi menjaga kulit tetap elastis.


Terakhir, jangan lupa untuk mengonsumsi air yang cukup, minimal 8-10 gelas per hari. Mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup dapat membantu menjaga kelembapan kulit Anda. Jika Anda mengikuti tips ini, dijamin kemunculan stretch mark dapat dikurangi sejak dini.

Baca juga rekomendasi produk pendukung diet lainnya di sini

Selain krim penghilang stretch mark, mungkin Anda juga membutuhkan produk untuk membantu menurunkan berat badan. Tenang saja, kami punya beragam rekomendasinya untuk Anda. Mulai dari slimming gel, sereal terbaik untuk diet, hingga teh daun jati Cina, semuanya telah kami ulas. Langsung saja buka tautan di bawah ini untuk membacanya.

Kesimpulan

Stretch mark memang lazim ditemukan pada wanita, terutama setelah melahirkan atau usia pubertas. Untuk membantu menyamarkan garis-garis tersebut, Anda dapat menggunakan krim penghilang stretch mark. Agar dapat memilih krim penghilang stretch mark yang tepat, ingatlah untuk selalu memperhatikan formula dan bahan-bahan yang terkandung. Pastikan bahwa produk pilihan Anda aman dan nyaman untuk digunakan. 


Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel ini. Mari berjuang menghilangkan stretch mark yang muncul di kulit!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari berbagai kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Agar Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering. Tentu saja lengkap dengan rekomendasi beberapa produk dari merek terbaik yang ada di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
    127.583 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sinar matahari berlebihan diketahui berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali untuk melindungi kulit Anda dengan pengaplikasian tabir surya secara rutin. Beragam sunscreen untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Produk mancanegara, seperti Nivea dan Vaseline, maupun produk lokal seperti Wardah dan Joylab, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai 50, akan kami bahas di sini. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Jadi, mari simak sampai akhir, ya!
    Perawatan badan
    390.661 Views
  • 10 Lotion Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Lotion Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit kering yang tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan masalah serius, seperti kulit kasar, bersisik, kemerahan, dan gatal. Lakukan perawatan dari luar untuk mengatasinya, yaitu memakai lotion dengan formula khusus yang mengatasi kulit kering. Namun, mungkin Anda akan kesulitan memilih merek yang bagus untuk kulit Anda.Kami akan memandu Anda menemukan lotion yang bagus untuk kulit kering. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto, juga turut memberikan komentarnya di artikel ini. Kami juga mempunyai rekomendasi produk dari merek ternama, seperti L'Occitane, Innisfree, dan Cetaphil. Selamat membaca!
    Perawatan badan
    204.527 Views
  • 10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi para wanita, bicara perihal payudara tidak akan ada habisnya. Ada saja yang dikeluhkan, mulai dari tidak puas dengan ukurannya sampai payudara yang kendur. Karena itu, bust up cream hadir sebagai solusi yang dapat memberikan efek bust up dan mengembalikan kekencangan payudara.Produk bust up cream dari Mustika Ratu, Clinelle, dan Royalty mungkin sudah banyak dikenal publik. Namun, masih banyak produk lain yang juga tak kalah bagusnya. Agar tidak salah pilih, artikel ini akan membahas cara memilih bust up cream beserta produk rekomendasinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.
    Perawatan badan
    211.882 Views
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
    207.268 Views
  • 10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit menjadi lebih halus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli body scrub, seperti tekstur butiran, bahan baku, dan khasiatnya untuk kulit. Anda dapat memilih di antara beberapa merk yang populer, seperti Mustika Ratu, The Body Shop, dan LUSH.Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih scrub badan yang bagus. Anda juga dapat menemukan rekomendasi scrub badan terbaik. Baca juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani mengenai penggunaan body scrub yang tepat. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
    238.908 Views
  • 10 Rekomendasi Shower Puff Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shower Puff Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Shower puff adalah jaring-jaring yang digosokkan ke tubuh saat mandi, fungsinya untuk menghilangkan daki dan mengangkat sel kulit mati. Di pasaran, shower puff memiliki beragam bentuk dan ukuran. Bisa jadi hal tersebut membuat Anda bingung dalam memilih shower puff. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan memberikan cara memilih shower puff yang bagus. Kami juga akan  memberikan sepuluh rekomendasi shower puff dari berbagai merek. Anda akan menemukan shower puff dari merek terkenal seperti Bath & Body Works, The Body Shop, dan sebagainya.
    Perawatan badan
    607 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori