• 10 Silent Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Silent Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Silent Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Silent Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Silent Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Silent Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)

Silent mouse merupakan produk yang direkomendasikan bagi Anda yang kerap terganggu dengan suara mouse saat digunakan. Produk ini ideal dipakai di perkantoran, perpustakaan, serta tempat sunyi lainnya. Namun, banyaknya produk yang beredar mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang pas.


Untuk membantu Anda, kami telah menyiapkan cara memilih silent mouse yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya dari merek ternama, seperti Logitech, Rapoo, dan Robot. Anda pun bisa bekerja kapan saja dan di mana saja tanpa khawatir mengganggu sekitar. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Yosua Surojo
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016.


Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Keuntungan menggunakan silent mouse

Keuntungan menggunakan silent mouse

Mouse biasanya menimbulkan suara 'klik' yang bisa membuat Anda tidak nyaman saat memakainya di tempat sunyi. Dengan silent mouse, suara klik tersebut akan berkurang hingga lebih dari 90 persen. Anda pun jadi bisa berkonsentrasi saat berada di tempat sunyi tanpa perlu khawatir dengan sekitar.


Silent mouse memiliki banyak variasi sesuai fungsinya, seperti mouse berdesain ergonomis atau mouse khusus gaming. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Dengan memiliki setidaknya satu silent mouse, tentu Anda akan makin nyaman saat mengerjakan tugas sekolah atau kantor.


Namun, harap diperhatikan bahwa harga silent mouse mungkin lebih tinggi daripada mouse biasa. Meski begitu, harga ini sebanding dengan fitur yang ditawarkan. Anda juga bisa memakainya di mana pun dan kapan pun. Jadi, sudah siap mengganti mouse biasa Anda dengan silent mouse yang kami rekomendasikan pada artikel ini?

Tabel perbandingan produk silent mouse terbaik

Gambar produk
1
Logitech  Pebble M350 1

Logitech

2
Grotic Mouse Wireless X1 Silent Rechargeable 1

Grotic

3
Upupin Wireless Silent Mouse Gaming 1

Upupin

4
Alcatroz AirMouse Duo 7X 1

Alcatroz

5
Robot Mouse Wireless M230 Stylish 1

Robot

6
Armaggeddon Raven-III Stealth (8000 CPI) RGB 1

Armaggeddon

7
Rokeet Mouse Gaming RGB Silent Wired 1

Rokeet

8
Rapoo M100 Silent 1

Rapoo

9
CLIPtec Mouse Silent Wireless Tri-Mode 1

CLIPtec

10
NAFFEE  Iron Man Wireless Mouse Gaming Silent Click 2.4Ghz  1

NAFFEE

Nama produk

Pebble M350

Mouse Wireless X1 Silent Rechargeable

Wireless Silent Mouse Gaming

AirMouse Duo 7X

Mouse Wireless M230 Stylish

Raven-III Stealth (8000 CPI) RGB

Mouse Gaming RGB Silent Wired

M100 Silent

Mouse Silent Wireless Tri-Mode

Iron Man Wireless Mouse Gaming Silent Click 2.4Ghz

Keunggulan

Si ramping yang selalu siap menemani hangout Anda

Desain simetris yang bisa dipakai si kidal

Tampilan futuristik dengan lampu LED yang bisa bergonta-ganti warna

Dilengkapi fitur mati otomatis dan tombol on/off untuk menghemat daya

Ceriakan hari Anda dengan silent mouse yang imut

Mouse gaming silent click dengan lampu dan nama yang bisa di-custom

Koneksi kabel yang stabil untuk berbagai keperluan

Kompatibel dengan semua sistem operasi, pas untuk Anda yang memiliki banyak perangkat

Tiga mode koneksi, dapat terhubung pada dua perangkat dalam satu waktu

Tanpa delay dengan tampilan keren, mirip Iron Man!

Harga mulai dariRp 489.000,00Rp 250.000,00Rp 285.000,00Rp 199.000,00Rp 160.000,00Rp 299.000,00Rp 199.000,00Rp 159.000,00Rp 210.000,00Rp 77.700,00
Koneksi Wireless: USB dan BluetoothWireless dengan kontektor USBWireless USBWireless: USB dan BluetoothWireless dengan konektor USBWired (kabel)Wired (kabel)Wireless: USB dan BluetoothWireless: USB dan BluetoothWireless dengan konektor USB
Sumber dayaBateraiListrik (rechargeable)Listrik (rechargeable)BateraiBateraiListrikListrikBateraiBateraiBaterai
Ukuran10,7 cm x 5,9 cm x 2,65 cm11,2 cm x 5,8 cm x 2,6 cm13 cm x 8 cm x 3,8 cm 10,62 cm x 6,2 cm x 3,77 cm10,69 cm x 5,85 cm x 2,68 cmTidak disebutkan12,8 cm x 6,5 cm x 3,5 cm9,8 cm x 6,1 cm x 3,8 cm 11 cm x 7,36 cm x 4,38 cm12,2 cm x 6,9 cm x 3,9 cm
Bobot100 g (termasuk baterai)68,6 g170 gTidak disebutkan47±5 gTidak disebutkan70 g55 g 65,5 gTidak disebutkan
Fitur lainnyaTidak ada3 level DPI: 800, 1.200, dan 1.600DPI adjustment: 1.200, 1.600, dan 2.4005-Button + 2-Way Click ScrollTidak adaSoftware untuk kustomisasi ringan dan makroRhytm Breathing LightTidak adaDPI adjustment: 800, 1.200, dan 1.6004 level DPI: 800, 1.200, 1.600, dan 2.400
Tautan produk

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih silent mouse

Nah, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih silent mouse yang cocok untuk Anda. Berikut ini adalah tips untuk memilih silent mouse terbaik. 

Pilih tipe koneksi yang sesuai dengan perangkat Anda

Ada dua tipe koneksi untuk mouse, yaitu berkabel (wired) atau nirkabel (wireless). Pilihlah mouse yang sesuai dengan perangkat yang Anda pakai.

Wired mouse (berkabel): Lebih stabil dipakai di kantor atau rumah

Wired mouse (berkabel): Lebih stabil dipakai di kantor atau rumah

Jika Anda hendak memakai komputer di rumah atau kantor, kami rekomendasikan silent mouse dengan kabel. Pasalnya, mouse dengan kabel memiliki kestabilan koneksi yang tinggi. Anda hanya perlu menyambungkannya ke USB port dan mouse siap dipakai.


Tentu saja mouse jenis ini tidak akan pernah kehabisan baterai. Anda juga tidak perlu merasa sulit mengurus kabelnya karena sebagian produk sudah dibekali tempat penyimpanan kabel. Jika Anda tidak mau repot mengisi daya atau mengganti baterai mouse, jenis wired mouse cocok untuk Anda.

Wireless mouse (nirkabel): Cocok dibawa ke mana saja

Wireless mouse (nirkabel): Cocok dibawa ke mana saja

Apabila Anda ingin membawa mouse ke berbagai tempat, seperti kafe dan perpustakaan, pilihlah silent mouse jenis wireless. Mouse ini dilengkapi receiver wireless untuk disambungkan dengan USB port dan harganya pun relatif terjangkau. Jika jumlah USB port pada laptop Anda terbatas, pertimbangkanlah memilih wireless mouse dengan koneksi Bluetooth.


Selain itu, jangan lupa juga untuk memeriksa metode pengisian dayanya. Ada dua jenis wireless mouse berdasarkan metode pengisian dayanya, yaitu mouse berbaterai dan yang dapat diisi ulang (rechargeable). Dari segi kualitas, rechargeable mouse sebenarnya lebih bagus. Namun, jika Anda tidak punya waktu untuk mengisi ulang dayanya, pilihlah mouse dengan baterai.

Ketahui jenis sensor yang digunakan pada silent mouse

Mouse tanpa suara dilengkapi sensor yang berfungsi mendeteksi pergerakannya. Ada dua jenis sensor yang digunakan pada silent mouse, yaitu sensor optik dan laser. Mari baca penjelasan di bawah ini untuk mengetahui perbedaan keduanya!

Optik: Terjangkau dan memiliki tiga pilihan warna LED

Optik: Terjangkau dan memiliki tiga pilihan warna LED

Optical mouse atau mouse optik menggunakan sinar LED sebagai sensor untuk mendeteksi gerakan. Pada kondisi optimal, sensor optik mampu mendeteksi hingga 3,2 megapiksel per detik


Hal ini bisa diperoleh saat Anda menggunakannya di permukaan yang rata dan tidak reflektif, seperti pada mousepad. Sejalan dengan itu, mouse ini kurang ideal digunakan pada permukaan yang tidak rata dan terlalu mengilap


Meski begitu, harganya yang terjangkau membuat mouse silent click bersensor LED banyak diminati berbagai kalangan. Selanjutnya, sensor LED ini juga terbagi lagi dalam tiga jenis, yakni blue, red, dan infrared LED. Ketiga jenis sinar LED ini memiliki keunggulan tersendiri. Berikut adalah penjelasan singkatnya.


  • Blue LED: Tingkat presisinya tinggi, hampir setara dengan mouse bersensor laser. 
  • Red LED: Paling populer karena harganya terjangkau dan mudah digunakan.
  • Infrared LED: Konsumsi dayanya lebih awet, ideal untuk pribadi yang memiliki mobilitas tinggi.

Laser: Sensor sensitif yang bisa dipakai di segala permukaan

Laser: Sensor sensitif yang bisa dipakai di segala permukaan

Silent mouse dengan sensor laser memiliki kemampuan yang lebih unggul dibanding LED. Jenis sensor ini bersifat lebih sensitif dan bisa digunakan pada segala permukaan, termasuk alas kaca yang reflektif. Jadi, Anda tak perlu menambahkan mousepad untuk memakai silent mouse ini.


Keunggulan lainnya, sensor laser ini mampu mendeteksi hingga 5,8 megapiksel per detik. Dengan kemampuan tersebut, harga dari mouse bersensor laser pun cenderung lebih tinggi. Jenis silent mouse ini biasanya dipakai oleh para gamer profesional. Sayangnya, silent mouse gaming dengan sensor ini masih jarang ditemukan di marketplace yang ada di Indonesia.

Periksa review dan perbandingan keheningan suaranya dengan mouse biasa

Periksa review dan perbandingan keheningan suaranya dengan mouse biasa

Saat memilih silent mouse, utamakanlah produk dengan intensitas suara sekitar 30 dB atau kurang. Besaran suara 30 dB ini hampir sama dengan suara orang berbisik sehingga cocok digunakan di tempat sunyi. Jika ingin lebih senyap lagi, tersedia pula silent mouse dengan suara sekitar 20 dB. Jadi, pastikan untuk mengecek tingkat keheningannya terlebih dahulu sebelum Anda membeli, ya!


Tak hanya dengan satuan desibel (dB), beberapa produk memakai persentase untuk menggambarkan keheningan mouse. Kelemahannya, Anda mungkin sulit untuk menilai seberapa hening suara mouse tersebut. Jika demikian, Anda bisa memeriksa video review dan perbandingannya dengan mouse lain terlebih dahulu.


Dari perbandingan tersebut, pilihlah mouse yang paling hening. Anda pun tidak perlu bingung mencari perbandingan ini karena ada produsen mouse yang mengunggah video produknya. Biasanya, di video tersebut akan disebutkan pula mengenai suara yang ditimbulkan oleh mouse. Silakan lihat dan bandingkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perhatikan juga faktor click feeling-nya

Perhatikan juga faktor click feeling-nya

Meski silent mouse tidak mengeluarkan suara, perlu diingat bahwa tekanan ketika mengeklik mouse (click feeling) juga penting. Pasalnya, mouse yang terlampau hening dan tidak menimbulkan rasa klik saat dipencet dikhawatirkan dapat mengurangi efisiensi kerja Anda.


Click feeling ini bisa Anda rasakan dengan mencoba menyentuh dan menggunakan mouse secara langsung. Jika membelinya melalui toko online, Anda dapat memeriksa keterangan yang diberikan oleh penjual ataupun review dari pembeli. Selain itu, disarankan pula untuk memilih mouse yang masih satu brand dengan yang Anda miliki sebelumnya.

Pertimbangkan mouse berdesain ergonomis

Pertimbangkan mouse berdesain ergonomis

Terlalu lama memakai mouse dapat membuat tangan dan jari Anda terasa pegal, kram, hingga kesemutan. Bila Anda bekerja dalam waktu yang lama, gunakanlah silent mouse dengan desain ergonomis. Mouse ini sangat nyaman saat dipakai dan tidak membuat jari tangan Anda cepat pegal atau lelah


Sebagai tambahan, beberapa mouse silent click ergonomis juga dibekali side button dan tombol DPI (dots per inch). Side button ini biasanya digunakan sebagai tombol pintas untuk fungsi back dan forward. Sementara itu, tombol DPI atau DPI adjustment berguna untuk mengatur kecepatan mouse. Anda bisa memilih level DPI 800, 1.200, 1.600, atau lebih tinggi sesuai kebutuhan.


Di samping itu, pertimbangkan juga ukuran dan bobot dari silent mouse. Sebagai contoh, apabila Anda memiliki mobilitas tinggi, pilihlah mouse berukuran compact dan berbobot ringan yang mudah dibawa-bawa. Sementara itu, gunakan mouse berukuran besar dan pas di tangan untuk pemakaian di dalam rumah atau kantor.

10 Rekomendasi silent mouse terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk silent mouse terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yosua Surojo.

10

NAFFEE Iron Man Wireless Mouse Gaming Silent Click 2.4Ghz

Mulai dari Rp 77.700,00

Koneksi Wireless dengan konektor USB
Sumber dayaBaterai
Ukuran12,2 cm x 6,9 cm x 3,9 cm
BobotTidak disebutkan
Fitur lainnya4 level DPI: 800, 1.200, 1.600, dan 2.400
9

CLIPtecMouse Silent Wireless Tri-Mode

RZS790

Mulai dari Rp 210.000,00

Koneksi Wireless: USB dan Bluetooth
Sumber dayaBaterai
Ukuran11 cm x 7,36 cm x 4,38 cm
Bobot 65,5 g
Fitur lainnyaDPI adjustment: 800, 1.200, dan 1.600
8
Koneksi Wireless: USB dan Bluetooth
Sumber dayaBaterai
Ukuran9,8 cm x 6,1 cm x 3,8 cm
Bobot55 g
Fitur lainnyaTidak ada
7

RokeetMouse Gaming RGB Silent Wired

Mulai dari Rp 199.000,00

Koneksi Wired (kabel)
Sumber dayaListrik
Ukuran12,8 cm x 6,5 cm x 3,5 cm
Bobot70 g
Fitur lainnyaRhytm Breathing Light
6

ArmaggeddonRaven-III Stealth (8000 CPI) RGB

Mulai dari Rp 299.000,00

Koneksi Wired (kabel)
Sumber dayaListrik
UkuranTidak disebutkan
BobotTidak disebutkan
Fitur lainnyaSoftware untuk kustomisasi ringan dan makro
5
Koneksi Wireless dengan konektor USB
Sumber dayaBaterai
Ukuran10,69 cm x 5,85 cm x 2,68 cm
Bobot47±5 g
Fitur lainnyaTidak ada
4
Koneksi Wireless: USB dan Bluetooth
Sumber dayaBaterai
Ukuran10,62 cm x 6,2 cm x 3,77 cm
BobotTidak disebutkan
Fitur lainnya5-Button + 2-Way Click Scroll
3

UpupinWireless Silent Mouse Gaming

Q13

Mulai dari Rp 285.000,00

Koneksi Wireless USB
Sumber dayaListrik (rechargeable)
Ukuran13 cm x 8 cm x 3,8 cm
Bobot170 g
Fitur lainnyaDPI adjustment: 1.200, 1.600, dan 2.400
2

GroticMouse Wireless X1 Silent Rechargeable

Mulai dari Rp 250.000,00

Koneksi Wireless dengan kontektor USB
Sumber dayaListrik (rechargeable)
Ukuran11,2 cm x 5,8 cm x 2,6 cm
Bobot68,6 g
Fitur lainnya3 level DPI: 800, 1.200, dan 1.600
1
Koneksi Wireless: USB dan Bluetooth
Sumber dayaBaterai
Ukuran10,7 cm x 5,9 cm x 2,65 cm
Bobot100 g (termasuk baterai)
Fitur lainnyaTidak ada

Pertanyaan umum seputar silent mouse

Pertanyaan umum seputar silent mouse

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar silent mouse. Jika Anda tertarik untuk mengetahuinya, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah mouse pad bisa membantu mengurangi suara mouse lebih lagi?

Mouse pad dapat membantu mengurangi suara ketika mouse sedang digeser selama penggunaan. Mouse pad membuat gesekan antara permukaan mouse dengan permukaan meja menjadi lebih kecil. Dengan begitu, suara juga menjadi lebih hening.

Baca juga rekomendasi produk mouse lainnya di sini

Melalui artikel di atas, Anda telah mengetahui lebih dalam mengenai silent mouse atau mouse tanpa suara terbaik. Selain silent mouse, masih ada banyak produk lain yang diproduksi oleh produsen elektronik ternama. Kami memiliki rekomendasi produk mouse lainnya yang bisa Anda baca melalui tautan artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca rekomendasi ini? Apakah Anda sudah menemukan silent mouse yang sesuai? Kami harap Anda menemukan silent mouse yang dapat memperlancar pekerjaan serta kegiatan Anda.


Selain dari produk-produk yang kami rekomendasikan, masih ada banyak produk mouse yang tidak bersuara lainnya. Jika Anda belum menemukan mouse yang sesuai kebutuhan, silakan merujuk pada cara memilih yang telah kami bahas di atas. Pilihlah yang paling nyaman sesuai selera Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain merek Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam. Beberapa di antaranya adalah ANKER, UGREEN, dan ENERGEA.Kali ini kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kabel data iPhone. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak ulasannya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain game di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Acer, Xiaomi, LG, dan AOC, memiliki monitor gaming terbaik.Faktor apa yang memengaruhi kualitas monitor? Kali ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sound card adalah perangkat terintegrasi yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara atau audio dan sebaliknya. Bila Anda suka menonton video, main games, atau menikmati musik, Anda mungkin tahu pentingnya sound card.  Sound card yang dimaksud termasuk sound card USB, sound card eksternal, sound card HP, dan sound card PC. Merek sound card seperti V8 dan Behringer mungkin terdengar familier bagi Anda. Nah, untuk mendapatkan produk yang bagus, mari simak rekomendasi sound card terbaik dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer sangat diperlukan ketika ingin mencetak dokumen atau foto di rumah. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga makin mudah karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih printer yang bagus, mulai dari mengulas berbagai jenis printer hingga berbagai fungsinya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan Brother. Perhatikan juga review printer sebelum membeli agar Anda lebih memahami keunggulan setiap printer, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Laptop memang sudah punya sistem pendinginnya sendiri. Meski begitu, terkadang laptop tidak mampu membuat mesinnya dingin sehingga harus dibantu cooling pad. Produknya dapat menurunkan suhu laptop saat kepanasan. Bekerja atau gaming pun jadi lebih nyaman.Kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih cooling pad yang bagus. Kami juga akan membagikan rekomendasi produknya untuk Anda di artikel ini, seperti merek Cooler Master, Havit, dan lainnya. Kami berkolaborasi dengan software engineer, Yosua Surojo, dalam artikel ini. Yuk, lanjut scroll ke bawah agar Anda bisa menemukan cooling pad laptop sesuai kebutuhan!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Menggunakan headphone dapat membuat Anda lebih nyaman saat mendengarkan musik, menonton film, ataupun bermain games. Namun, kualitas suara yang dihasilkan tiap produk headphone tentu berbeda-beda. Begitu pula dengan koneksinya, baik yang berkabel maupun nirkabel. Selain itu, desain yang beragam juga memengaruhi kebocoran suara. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih headphone dengan kualitas suara terbaik. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Anda akan menjumpai produk merek Sony, JBL, dan Logitech. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Webcam Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Webcam Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk Anda yang sedang mencari webcam terbaik, Logitech adalah merek yang bagus dan kami rekomendasikan. Ada banyak produk webcam dari Logitech. Beberapa di antaranya adalah C270 HD Webcam, C922 Pro HD Stream Webcam, C310 HD Webcam, dan C920 HD Pro Webcam. Setiap produk memiliki rentang harga yang bervariasi dan fitur yang berbeda-beda sesuai kebutuhan penggunanya, misalnya menghasilkan video beresolusi HD. Bahkan, webcam Logitech juga mempunyai fitur autofocus. Jika Anda mencari webcam Logitech, silakan baca artikel ini. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla.
    Aksesori komputer & laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori