• 10 Rekomendasi Tepung Sagu Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Tepung Sagu Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Tepung Sagu Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Tepung Sagu Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Tepung Sagu Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Tepung Sagu Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Makanan seperti bakmi, bakso, atau pempek pasti sudah tidak asing bagi Anda. Namun, tahukah Anda tepung apa saja yang biasanya digunakan untuk membuat makanan tersebut? Untuk membuat tekstur kenyal yang pas, salah satu bahan yang digunakan adalah tepung sagu. Tepung sagu juga digunakan untuk membuat jajanan pasar seperti dawet dan bubur mutiara.


Tertarik membeli tepung sagu? Di artikel ini, kami merekomendasikan berbagai produk dari merek terkenal, seperti Javara, KebonQta, serta Alini. Tidak hanya produk rekomendasinya, kami juga akan membahas cara memilih tepung sagu yang baik karena ternyata ada berbagai macam tepung sagu, lho. Penasaran? Yuk, simak artikel berikut!

  • Pembaharuan terakhir: 29 Januari 2020
  • 1.235 Views
Daftar isi

Cara memilih tepung sagu

Tepung sagu merupakan salah satu bahan masakan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Ada beberapa jenis tepung dengan nama dan fungsi yang mirip dengan tepung sagu asli. Jangan sampai keliru dalam memilih, ya!

Periksa label nama produk yang tertera pada kemasan

Tersedia tiga jenis tepung sagu yang beredar di pasaran. Namun, hanya ada satu tepung sagu yang asli, lho! Simak penjelasannya di bawah ini!

Tepung sagu asli: Diolah dari batang pohon sagu

Tepung sagu asli: Diolah dari batang pohon sagu

Tepung sagu merupakan sari pati yang diperoleh dari hasil pengendapan isi batang pohon rumbia atau pohon sagu (Metroxylon sagu Rottb.). Pohon sagu banyak tumbuh di wilayah timur Indonesia. Keunggulan tepung sagu dibandingkan tepung lainnya ialah cita rasanya lebih lezat dan menghasilkan tekstur kenyal yang padat.


Tepung sagu memang bisa digantikan dengan tapioka atau sagu aren. Namun, untuk beberapa makanan tertentu, seperti pempek dan siomai, sebaiknya Anda menggunakan tepung sagu asli sebagai bahan utama. Dengan tepung sagu yang berkualitas, Anda akan mendapatkan tekstur yang tepat, yaitu kenyal, tetapi tetap mudah dipotong dan dikunyah.


Tepung sagu memiliki warna putih susu atau lebih kusam dibandingkan tapioka dan sagu aren. Tepung dengan kandungan karbohidrat yang tinggi ini memiliki tekstur yang kesat dan kering ketika dipegang. Tepung sagu juga dapat menghasilkan tekstur renyah jika diolah menjadi kue kering atau makanan tradisional, seperti papeda.

Tepung sagu tani: Produk populer yang berasal dari singkong

Tepung sagu tani: Produk populer yang berasal dari singkong
Meskipun sebenarnya berbeda, banyak orang yang menyamakan produk tepung tapioka dengan tepung sagu. Tapioka atau tepung kanji merupakan tepung yang dihasilkan dari proses pengendapan sari pati singkong. Keduanya memiliki fungsi sama, yakni membuat tekstur makanan jadi lebih kenyal. Salah satu makanan yang terbuat dari tapioka adalah cireng.


Tepung sagu tani sendiri merupakan produk yang terbuat dari singkong pilihan dengan melewati proses alami dan tradisional. Produk ini bermutu tinggi sehingga sering disebut tepung tapioka versi premium. Tekstur kenyal yang dihasilkan oleh tepung sagu tani pun lebih bagus dibandingkan dengan tepung tapioka.


Ciri-ciri fisik dari tepung sagu tani dan tepung tapioka ialah memiliki warna yang putih terang dan bertekstur licin. Tepung sagu tani dan tepung tapioka memang sering dijadikan pengganti tepung sagu karena karakteristiknya sangat mirip. Di pasaran, produk ini dijual dengan nama Tepung Sagu Tani atau Tepung Sagu Cap Pak Tani.

Tepung sagu aren: Dibuat dari sari pati aren sebagai pengganti sagu

Tepung sagu aren: Dibuat dari sari pati aren sebagai pengganti sagu

Meskipun dinamakan tepung sagu aren, tepung ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan sagu. Tepung aren diproduksi dari batang pohon enau atau aren (Arenga pinnata). Pohon aren sendiri memang terkenal sebagai tumbuhan serbaguna. Produk yang dihasilkan pohon aren meliputi gula merah, kolang-kaling, serta tepung.


Di Pulau Jawa, tepung aren lebih mudah ditemukan dibandingkan dengan tepung sagu. Tepung aren sering menggantikan fungsi tepung sagu karena sama-sama menghasilkan tekstur kenyal pada makanan. Oleh karena itu, produk ini sering dilabeli dengan nama tepung sagu aren. Namun, produksi olahan aren sebenarnya sudah mulai dibatasi mengingat populasi pohon enau yang semakin sedikit.

Pilih ukuran kemasan yang sesuai kebutuhan Anda

Pilih ukuran kemasan yang sesuai kebutuhan Anda

Produk tepung sagu tersedia dalam berbagai ukuran kemasan, mulai dari 200 gram sampai 1 kilogram. Dikarenakan produk ini memang sulit ditemukan, kemasannya rata-rata berukuran besar. Anda disarankan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan. Tepung sagu juga harus digunakan dan dihabiskan segera setelah kemasan dibuka.


Jika Anda ingin memiliki tepung sagu sebagai persediaan di rumah, simpanlah produk di dalam wadah kedap udara seperti Tupperware. Namun, Anda dianjurkan untuk menyangrai tepung sagu terlebih dahulu untuk menjaga agar produk tetap kering. Gunakanlah api kecil selama maksimal sepuluh menit dan jangan sampai tepung berubah warna, ya.

10 Rekomendasi tepung sagu terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi tepung sagu terbaik untuk Anda. Silakan pilih sesuai selera dan kebutuhan Anda!

10

DSSagu Khas Luwu Utara - Kering

Rp 15.000,00

Isi1 kg
KemasanPlastik
SertifikasiHalal MUI
9
Isi225 gr
KemasanPlastik
SertifikasiHalal MUI
8
Isi1 kg
KemasanPlastik
SertifikasiP-IRT
7
Isi750 gr
KemasanPlastik
SertifikasiHalal MUI, P-IRT
6
Isi500 gr
KemasanPlastik dan kertas
SertifikasiHalal MUI, P-IRT
5
Isi500 gr
KemasanPlastik
SertifikasiP-IRT
4
Isi500 gr
KemasanPlastik
SertifikasiP-IRT
3
Isi500 gr
KemasanPlastik ziplock
SertifikasiBPOM RI
2
Isi450 gr
KemasanKotak karton
SertifikasiTidak disebutkan
1
Isi300 gr
KemasanToples
SertifikasiHalal MUI, P-IRT

Tabel perbandingan produk tepung sagu terbaik

Gambar produk
1
KebonQta  Tepung Sagu 1

KebonQta

2
Javara Papua Sago Starch Flour 1

Javara

3
Healthy Choice  Tepung Sagu 1

Healthy Choice

4
Alini Tepung Sagu 1

Alini

5
Merbabu Sagu 1

Merbabu

6
Sago One Tepung Sagu 1

Sago One

7
Engka Tepung Sagu 1

Engka

8
Sapapua Sagu Asli Papua 1

Sapapua

9
Cap Bunga Menik Tepung Sagu  1

Cap Bunga Menik

10
DS Sagu Khas Luwu Utara - Kering 1

DS

Nama produk

Tepung Sagu

Papua Sago Starch Flour

Tepung Sagu

Tepung Sagu

Sagu

Tepung Sagu

Tepung Sagu

Sagu Asli Papua

Tepung Sagu

Sagu Khas Luwu Utara - Kering

KeunggulanProduk premium dengan kemas...Opsi terbaik bagi Anda yang...Pengganti makanan pokok bag...Sajikan pempek paling manta...Menjadikan tekstur kerupuk ...Produk alami tanpa bahan ki...Produk tepat untuk olahan k...Produk asli Papua yang higi...Mampu menghasilkan adonan b...Yuk, berkreasi dengan aneka...
HargaRp 35.000,00Rp 20.900,00Rp 23.000,00Rp 16.500,00Rp 18.200,00Rp 10.000,00Rp 18.000,00Rp 20.000,00Rp 8.000,00Rp 15.000,00
Isi300 gr450 gr500 gr500 gr500 gr500 gr750 gr1 kg225 gr1 kg
KemasanToplesKotak kartonPlastik ziplockPlastikPlastikPlastik dan kertasPlastikPlastikPlastikPlastik
SertifikasiHalal MUI, P-IRTTidak disebutkanBPOM RIP-IRTP-IRTHalal MUI, P-IRTHalal MUI, P-IRTP-IRTHalal MUIHalal MUI
Tautan produk

Baca juga rekomendasi tepung lainnya di sini!

Selain tepung sagu, terdapat berbagai jenis tepung lainnya yang digunakan sebagai salah satu bahan baku dalam makanan. Sebut saja tepung terigu, tepung beras, dan lain-lain. Masing-masing tepung memiliki fungsi yang berbeda-beda. Anda bisa mencari rekomendasi terbaik pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Periksa dengan cermat nama produk yang tertera pada kemasan. Anda tentu tidak mau terkecoh karena terdapat produk yang memiliki fungsi dan nama yang mirip.

Mengonsumsi tepung sagu sebagai karbohidrat harian Anda juga sangat baik bagi kesehatan. Untuk membuat pempek dan bakso pun paling bagus menggunakan tepung sagu. Selamat mencoba, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kopi instan merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati kopi yang enak. Tidak hanya kopi panas, ada kopi instan yang bisa disajikan sebagai es kopi, kopi susu, atau kopi rendah kafein. Banyak merek kopi instan terkenal seperti NESCAFÉ, Torabika, dan Kapal Api yang mengeluarkan berbagai produk di Indonesia.Kali ini, kami akan merekomendasikan kopi instan terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan cara memilih kopi instan agar Anda dapat menemukan produk yang Anda sukai. Di bagian akhir, kami juga akan menjelaskan cara menyajikan kopi supaya menjadi lebih nikmat. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    28.808 Views
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan proses hidrasi dalam tubuh. Ternyata, ada macam-macam air mineral yang dijual di pasaran. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya?Dalam artikel ini, kami membagi informasi tentang jenis, kandungan, serta manfaat dari air mineral. Kami juga akan memberikan rekomendasi air mineral terbaik di Indonesia seperti Aqua, Club, VIT, Nestle Pure Life, Le Minerale, Eternal Plus, hingga merek lokal Equil yang populer di kalangan menengah ke atas! Sebelum Anda membeli air mineral hari ini, yuk simak artikel ini sampai selesai!
    Makanan & minuman
    49.252 Views
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    48.812 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    13.305 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Makanan & minuman
    40.361 Views
  • 10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Keju cheddar pertama kali dibuat di negara Inggris. Sejak itu, cheddar menjadi jenis keju yang paling banyak dibuat di seluruh dunia. Ciri khasnya adalah rasa asam yang lembut dan tidak berlebihan. Keju cheddar membuat piza dan telur dadar Anda menjadi semakin enak, serta cocok dijadikan isian sandwich dan salad dressing. Rasanya memang tidak tergantikan.Untuk membantu Anda, kami akan mengulas cara memilih keju cheddar sekaligus memberi rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Anchor, Bega, Kraft, dan merek lainnya. Pilihlah keju cheddar favorit Anda agar waktu makan terasa lebih istimewa. Mari kita mulai!
    Makanan & minuman
    14.685 Views
  • 10 Rekomendasi Mie Instan Terbaik Kemasan Cup (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mie Instan Terbaik Kemasan Cup (Terbaru Tahun 2020)
    Mie instan kemasan cup sangat cocok disantap saat lapar tiba-tiba menyerang di malam hari. Berbagai merek, seperti Pop Mie, Mie Sedaap, dan ABC menghadirkan mie cup dalam beragam rasa. Bagi Anda yang bergaya hidup sehat atau sedang diet, sekarang pun banyak dijual berbagai produk mie cup rendah kalori.Kali ini, kami akan memberikan tips dalam memilih mie instan kemasan cup sekaligus merekomendasikan 10 mie instan kemasan cup terbaik. Simak ulasan berikut ini dan temukanlah mie instan kemasan cup yang sesuai dengan selera Anda!
    Makanan & minuman
    1.721 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori