1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Bumbu & bahan masakan
  6. >
  7. 10 Tepung Sagu Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Tepung Sagu Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Tepung Sagu Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Tepung Sagu Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Tepung Sagu Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Tepung Sagu Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Tepung Sagu Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023)

Makanan Indonesia, seperti bakmi atau bakso, pasti sudah tidak asing bagi Anda. Namun, tahukah Anda tepung apa saja yang digunakan untuk membuat makanan tersebut? Untuk membuat tekstur kenyal yang pas, salah satu bahan yang digunakan adalah tepung sagu. Produknya juga digunakan untuk membuat jajanan pasar, seperti dawet dan bubur mutiara.


Untuk itu, kali ini kami akan membahas cara memilih tepung sagu yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan berbagai merek tepung sagu terkenal, seperti Javara dan Sagu Tani. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Yuk, dimulai!

Diperbaharui 05-17-2022
Pakar
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, ia bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura. Ia juga telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Saat ini, Evrina tengah memperkenalkan digitalisasi bidang pertanian untuk memperkuat promosi dan pemasaran produk pertanian di wilayah binaan. Ia juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Profil Evrina Budiastuti
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Fungsi tepung sagu

Fungsi tepung sagu

Anda mungkin sering mendengar istilah tepung sagu. Tepung sagu banyak ditemukan pada berbagai jajanan Indonesia, seperti talam ubi, pempek, dan kue lapis.


Tepung sagu berfungsi membuat makanan agar teksturnya lembut, lengket, dan empuk. Dalam penggunaannya, tepung sagu perlu dicampurkan dengan jenis tepung lain, misalnya tepung terigu atau tepung beras. Tanpa adanya campuran tersebut, tekstur adonan akan menjadi sangat lembek.


Dengan adanya campuran, seperti tepung terigu atau tepung beras, adonan menjadi lebih mudah dibentuk dan kuat. Salah satu contoh makanan populer yang terbuat dari tepung sagu adalah papeda yang umum ditemukan di Papua dan Maluku.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tepung sagu

Tepung sagu adalah salah satu bahan masakan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Namun, ada beberapa jenis tepung lain dengan nama dan fungsi yang mirip dengan tepung sagu asli. Jadi, Anda jangan sampai keliru dalam memilih, ya!

① Ketahui perbedaan tepung sagu, tepung tapioka, dan tepung maizena

Ketahui perbedaan tepung sagu, tepung tapioka, dan tepung maizena

Sebagian orang masih belum dapat membedakan antara tepung sagu, tepung tapioka, dan tepung maizena. Padahal, ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda. Agar tidak salah memilih tepung, mari simak perbedaan antara ketiga jenis tepung tersebut.


  • Tepung sagu dibuat dari sari pati batang pohon sagu. Tepung ini memiliki tekstur yang kasar dan kesat dengan warna putih susu yang sedikit keruh. Tepung sagu biasa digunakan untuk membuat makanan agar teksturnya empuk dan kenyal. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tepung sagu perlu dicampur dengan tepung lain agar adonan bisa dibentuk.

  • Tepung tapioka terbuat dari sari pati tanaman singkong atau ketela pohon. Tekstur tepung tapioka cukup halus dan terasa licin serta memiliki warna putih bersih. Tepung tapioka digunakan untuk mengembangkan adonan makanan dan memberi tekstur renyah. Bila Anda ingin membuat jajanan, seperti cireng atau batagor, Anda akan memerlukan tepung yang satu ini.

  • Tepung maizena dibuat dari biji jagung. Tepung ini punya warna kekuningan dan sedikit pucat dengan tekstur yang halus, dan terasa kesat saat dipegang. Di dunia kuliner, tepung maizena sering digunakan untuk mengentalkan fla, kuah, dan saus. Selain itu, tepung ini bisa digunakan untuk melembutkan adonan kue dan merenyahkan gorengan atau cookies.

② Periksa jenis tepung sagu pada label kemasan produk

Di pasaran, Anda dapat menemukan tiga jenis tepung sagu yang cukup dikenal luas oleh masyarakat. Namun, hanya ada satu tepung sagu asli yang memiliki kualitas terbaik. Agar Anda tidak salah memilihnya, mari simak penjelasan dari kami berikut.

Tepung sagu asli: Olahan sari pati pohon sagu

Tepung sagu asli: Olahan sari pati pohon sagu


Tepung sagu adalah sari pati yang diperoleh dari hasil pengendapan isi batang pohon rumbia atau pohon sagu (Metroxylon sagu Rottb.). Pohon sagu banyak tumbuh di wilayah timur Indonesia, seperti di Maluku dan Papua. Keunggulan tepung sagu dibandingkan tepung lainnya ada pada cita rasanya lebih lezat dan menghasilkan tekstur kenyal yang padat.


Tepung sagu memang bisa digantikan dengan tapioka atau sagu aren. Namun, untuk beberapa makanan tertentu, seperti pempek dan siomai, sebaiknya Anda menggunakan tepung sagu asli sebagai bahan utama. Dengan menggunakan tepung sagu berkualitas, Anda akan mendapatkan tekstur kenyal, tetapi tetap mudah dipotong dan dikunyah.

Tepung sagu tani: Terbuat dari singkong pilihan dengan olahan tradisional

Tepung sagu tani: Terbuat dari singkong pilihan dengan olahan tradisional
Tepung sagu tani merupakan produk tepung yang terbuat dari singkong pilihan dengan diproses secara alami dan tradisional. Produk tepung bermutu tinggi ini sering disebut sebagai tepung tapioka versi premium.

Namun, tekstur kenyal yang dihasilkan tepung sagu tani lebih bagus dibandingkan dengan tepung tapioka. Di pasaran, produk ini dijual dengan nama Tepung Sagu Tani atau Tepung Sagu Cap Pak Tani.


Meski sering dianggap sama, nyatanya tepung sagu dan tapioka adalah dua produk yang berbeda. Tepung sagu dan tapioka dihasilkan dari proses pengendapan sari pati. Fungsi dari tepung sagu dan tapioka pun sama. 


Akan tetapi, tepung sagu lebih umum digunakan untuk membuat pempek, bakso, siomay, dan selendang mayang. Sementara tepung tapioka kerap digunakan untuk membuat cireng, kerupuk, ronde, hingga bahan pengental dalam aneka tumisan.

Tepung sagu aren: Dibuat dari sari pati batang pohon aren

Tepung sagu aren: Dibuat dari sari pati batang pohon aren

Meskipun dinamakan tepung sagu aren, tepung ini sebenarnya tidak dibuat dari sagu. Tepung aren diproduksi dari batang pohon enau atau aren (Arenga pinnata). Pohon aren sendiri dikenal sebagai tumbuhan serbaguna yang menghasilkan beragam komoditi, seperti gula merah, kolang-kaling, dan tepung.


Di Pulau Jawa, tepung aren lebih mudah ditemukan dibandingkan tepung sagu. Tepung aren sering menggantikan fungsi tepung sagu karena sama-sama menghasilkan tekstur kenyal pada makanan. Oleh karena itu, produk ini sering dilabeli dengan nama tepung sagu aren. Namun, produksi olahan aren sebenarnya sudah mulai dibatasi karena populasi pohon enau yang makin sedikit.

③ Pilih ukuran kemasan yang sesuai kebutuhan Anda

Pilih ukuran kemasan yang sesuai kebutuhan Anda

Anda bisa mendapatkan berbagai informasi suatu produk dengan melihat label kemasan. Mulai dari sertifikasi produk, komposisi, cara menggunakan, manfaat, ukuran, dan lainnya. Tepung sagu sendiri tersedia dalam berbagai ukuran kemasan, mulai dari 200 gram, 500 gram, hingga 1 kg. Anda disarankan untuk memilih ukuran kemasan tepung sagu sesuai dengan kebutuhan. 


Jika Anda ingin memiliki tepung sagu sebagai persediaan di rumah, simpanlah produk di dalam wadah kedap udara. Namun, Anda sebaiknya menyangrai tepung sagu terlebih dahulu untuk menjaga agar produk tetap kering sebelum disimpan. Gunakanlah api kecil selama maksimal sepuluh menit dan jangan sampai tepung berubah warna.

10 Rekomendasi tepung sagu terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tepung sagu terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sumber Mas

Liauw Liong Pit Tjap Orang Tani

Sumber Mas Liauw Liong Pit Tjap Orang Tani 1枚目

Diproses secara tradisional, kualitas tetap terjamin

2

Harsindo

Sagu Aren Kunci Kembar

Harsindo Sagu Aren Kunci Kembar 1枚目

Sukses membuat ongol-ongol dengan tepung sagu berkualitas

3

Sagu Tani

Sagu Tani Asli Grade Premium

Sagu Tani Sagu Tani Asli Grade Premium 1枚目

Tepung dengan aroma wangi pandan, mantap untuk membuat olahan makanan

4

Sagu Tani Tirta Kencana Cap Pak Tani

 Sagu Tani Tirta Kencana Cap Pak Tani 1枚目

Tepung sagu andalan untuk membuat beragam menu makanan

5

ANJAP

Sapapua

ANJAP Sapapua 1枚目

Produk asli Papua yang diproses secara higienis

6

Harsindo

Tepung Sagu Aren Murni Cap Sakt1

Harsindo Tepung Sagu Aren Murni Cap Sakt1 1枚目

Membuat cilok menjadi lebih gurih, kaya rasa, dan kenyal

7

Puri Pangan Sejahtera

Alini Tepung Sagu

Puri Pangan Sejahtera Alini Tepung Sagu 1枚目

Sajikan pempek paling mantap untuk Anda dan keluarga

8

Kofta Unitrada

Tepung Sagu Aren Murni Pondok Daun

Kofta Unitrada Tepung Sagu Aren Murni Pondok Daun 1枚目

Kombinasi bahan berkualitas dan teknologi modern hasilkan tepung sagu bercita rasa tinggi

9

Muria Food

Sagu Tani Merbabu

Muria Food Sagu Tani Merbabu 1枚目

Menjadikan tekstur kerupuk dan rempeyek lebih crispy

10

Javara

Papua Sago Starch Flour

Javara Papua Sago Starch Flour 1枚目

Opsi terbaik bagi Anda yang alergi gluten

Perincian produk
Close
No.1

Sumber MasLiauw Liong Pit Tjap Orang Tani

Mulai dari Rp24.000,00

Diproses secara tradisional, kualitas tetap terjamin

Liauw Liong Pit Tjap Orang Tani adalah salah satu tepung sagu terbaik dan terlaris di pasaran. Bila Anda mencari tepung sagu berkualitas yang diolah secara tradisional, pilih produk ini.


Anda dapat menggunakan tepung ini untuk membuat siomai dan pempek dengan cita rasa yang mantap. Pastikanlah untuk selalu memeriksa label kemasan untuk mendapatkan tepung sagu Liauw Liong Pit yang asli.

No.2

HarsindoSagu Aren Kunci Kembar

Mulai dari Rp7.900,00

Sukses membuat ongol-ongol dengan tepung sagu berkualitas

Apakah Anda memiliki usaha membuat kerupuk homemade dan membutuhkan tepung sagu berkualitas? Jika iya, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan tepung sagu Kunci Kembar.


Produk ini juga bisa digunakan untuk membuat berbagai macam jenis makanan. Misalnya, sohun dan bakso untuk mendapatkan tekstur yang kenyal dan gurih. Jika Anda ingin membuat ongol-ongol dengan tekstur yang mantap, Anda juga bisa menggunakan tepung sagu Kunci Kembar.

No.3

Sagu TaniSagu Tani Asli Grade Premium

Mulai dari Rp12.500,00

Tepung dengan aroma wangi pandan, mantap untuk membuat olahan makanan

Tepung sagu tani ini memiliki aroma yang khas seperti pandan wangi. Hal ini membuatnya berbeda dengan jenis tepung sagu lainnya. Produk ini dibuat dari bahan baku terbaik dan berkualitas. Selain itu, proses pembuatannya dilakukan secara higienis dengan menggunakan sumber mata air alami.


Tepung sagu ini tidak mengandung bahan pemutih sehingga aman untuk diolah menjadi berbagai makanan. Mulai dari boba, bika ambon, pempek, cireng, kue sagu, kerupuk, bakso, dan siomai, semuanya aman. Dengan menggunakan produk yang berkualitas ini, hasil masakan Anda akan terasa makin mantap.

No.4

Sagu Tani Tirta Kencana Cap Pak Tani

Mulai dari Rp9.000,00

Tepung sagu andalan untuk membuat beragam menu makanan

Tepung sagu tani Tirta Kencana bisa Anda pilih dan andalkan untuk membuat berbagai macam makanan. Mulai dari otak-otak, boba, cireng, siomai, tekwan, sampai pempek, semuanya bisa.


Produk ini diproduksi dalam dua tahap, pertama uji laboratorium dan kedua uji masak kemekaran dan viskositas. Dengan hasil tersebut, tepung sagu tani ini memiliki tekstur kenyal dan terasa renyah. Hal ini membuat Sagu Tani Tirta Kencana Cap Pak Tani dianggap sebagai tepung sagu yang serbaguna.

No.5

Produk asli Papua yang diproses secara higienis

Seperti yang diketahui, masyarakat Papua mengonsumsi sagu sebagai makanan pokok. Mereka biasanya mengolah sagu menjadi papeda, kemudian dinikmati bersama hidangan ikan kuah kuning dan tumis bunga pepaya. Kini, Anda pun bisa membuat papeda sendiri di rumah dengan menggunakan Sapapua.


Tepung sagu ini menggunakan bahan baku sagu yang dipanen langsung di hutan alami Papua yang bebas dari pestisida. Produsen mengklaim produknya diolah secara higienis menggunakan mesin modern yang dapat menjaga kualitas tepung. Bagi Anda yang menginginkan produk higienis, tepung ini adalah pilihan yang tepat.

No.6

HarsindoTepung Sagu Aren Murni Cap Sakt1

Mulai dari Rp8.500,00

Membuat cilok menjadi lebih gurih, kaya rasa, dan kenyal

Apakah Anda memiliki usaha makanan olahan? Jika iya, Anda perlu mempertimbangan tepung sagu Sakt1. Produk ini dibuat dari bahan berkualitas sehingga hasil olahan makanan yang Anda buat memiliki cita rasa yang enak. Tepung sagu ini cocok sekali digunakan untuk membuat cilok. Jadi, jika Anda ingin membuat cilok dengan tekstur kenyal dan mantap, pilihlah Tepung Sagu Aren Murni Cap Sakt1.

No.7

Puri Pangan SejahteraAlini Tepung Sagu

Mulai dari Rp21.400,00

Sajikan pempek paling mantap untuk Anda dan keluarga

Pempek merupakan kuliner khas Palembang yang resepnya cukup sederhana dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Namun, untuk menghasilkan tekstur kenyal yang bagus, Anda harus menggunakan tepung sagu berkualitas tinggi. Salah satunya ialah produk ini.


Tepung sagu Alini diklaim memiliki kualitas istimewa karena teksturnya sedikit kasar dan kesat. Tekstur pempek yang dihasilkan dari produk ini akan lebih kenyal dan tidak mudah mengeras. Apabila Anda ingin menghidangkan pempek saat acara keluarga, tepung sagu Alini adalah pilihan yang tepat.

No.8

Kofta UnitradaTepung Sagu Aren Murni Pondok Daun

Mulai dari Rp9.000,00

Kombinasi bahan berkualitas dan teknologi modern hasilkan tepung sagu bercita rasa tinggi

Tepung yang satu ini memiliki karakteristik tidak berbau, terasa kering, bersih, dan berwarna putih. Tepung sagu Pondok Daun dihasilkan dari ekstrak pohon aren dan diolah menggunakan sumber air pegunungan.


Kombinasi bahan-bahan berkualitas, proses pembuatan yang higienis, dan teknologi modern, menghasilkan produk yang berkualitas tinggi. Bila Anda ingin membuat kue basah, cincau, cendol, dan cilok yang enak, pilih tepung sagu Pondok Daun.

No.9

Muria FoodSagu Tani Merbabu

Mulai dari Rp17.800,00

Menjadikan tekstur kerupuk dan rempeyek lebih crispy

Beberapa makanan rasanya kurang lengkap tanpah kehadiran kerupuk atau rempeyek. Untuk itu, kami merekomendasikan tepung sagu Merbabu bagi Anda yang ingin membuat kerupuk dan rempeyek sendiri. Dengan produk ini, Anda akan mendapatkan tekstur kerupuk dan rempeyek yang garing serta renyah.


Selain sebagai bahan makanan, produk ini juga dapat berfungsi sebagai pengental masakan seperti corn starch atau tepung maizena. Produk yang serbaguna, bukan?

No.10

JavaraPapua Sago Starch Flour8994750015013

Mulai dari Rp23.000,00

Opsi terbaik bagi Anda yang alergi gluten

Produk dengan kualitas sagu pilihan ini diperoleh dari Jailolo, Halmahera Barat. Tepung sagu ini terbuat dari tumbuhan sagu liar yang kemudian diolah secara organik untuk mendapatkan hasil terbaik. Tepung sagu merupakan sumber karbohidrat yang ramah lingkungan karena tanaman sagu dapat menyerap karbon dioksida.


Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap gluten, produk ini dapat dijadikan opsi untuk pengolahan makanan sehat. Anda dapat mengolah tepung sagu menjadi berbagai macam makanan, baik kering maupun basah. Kemasan produk dari Javara ini juga ramah lingkungan, lho!

Pertanyaan umum seputar tepung sagu

Pertanyaan umum seputar tepung sagu

Selain membahas cara memilih dan merekomendasikan produk, kami juga memiliki pertanyaan populer tentang tapung sagu. Untuk mengetahui jawabannya, mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa tepung yang dapat digunakan sebagai pengganti tepung sagu?

Apabila Anda kehabisan tepung sagu untuk membuat makanan, Anda dapat menggantinya dengan tepung maizena atau tepung jagung. Tepung maizena termasuk gluten free dan memiliki tekstur yang kental. 


Selain itu, Anda bisa menggunakan tepung kentang. Untuk mengentalkan masakan, Anda hanya perlu melarutkan tepung pengganti dengan air. Tepung sagu tani dan tepung tapioka juga sering dijadikan pengganti tepung sagu karena karakteristiknya sangat mirip.

Berapa lama tepung sagu dapat bertahan?

Apabila Anda menyimpannya dengan benar, tepung sagu tidak akan terkontaminasi kotoran atau debu. Simpanlah tepung sagu di tempat yang kering, sejuk, dan selalu tertutup meski Anda menggunakannya sebentar saja. Dengan begitu, Anda bisa tetap terus menggunakan tepung sagu untuk membuat berbagai resep masakan. Meskipun demikian, tetap perhatikan masa kedaluarsa dan karakteristik tepung setelah dibuka dari kemasan.

Bagaimana cara menyimpan tepung sagu?

Agar bertahan lama, Anda dapat menyimpan tepung sagu di wadah yang kering, tertutup, dan kedap udara. Jangan pernah mencampur tepung sagu dengan tepung lain karena hal tersebut dapat membuatnya terkontaminasi dengan bahan lain.


Selain itu, jauhkan produk dari sinar matahari serta makanan beraroma tajam, seperti bawang, ikan, daging, dan durian. Tetap perhatikan masa kadaluarsa dan karakteristik tepung setelah dibuka juga, ya.

Baca juga rekomendasi produk tepung lainnya di sini

Selain tepung sagu, ada berbagai jenis tepung lain yang digunakan sebagai bahan baku makanan. Setiap tepung memiliki fungsi yang berbeda-beda. Nah, Anda bisa membaca ulasan tepung terigu, tepung roti, dan tepung kentang terbaik pada link di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan tepung sagu terbaik. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan? Apa pun pilihan Anda, periksa dengan cermat nama produk dan ukuran kemasannya, ya.

Dengan demikian, Anda bisa menggunakan tepung sagu yang tepat untuk memasak, seperti pempek, siomai, dan bakso. Hasilnya pun akan terasa lebih kenyal, lezat, dan memiliki cita rasa tinggi. Happy cooking!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer