• 10 Rekomendasi LEGO Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi LEGO Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi LEGO Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi LEGO Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi LEGO Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi LEGO Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020)

Siapa tidak kenal LEGO? Permainan menyusun bricks yang satu ini sudah sangat terkenal di segala kalangan. Karena bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas dan imajinasi, LEGO cocok dimainkan oleh anak-anak. Namun, LEGO seperti apa yang cocok untuk anak Anda?


Jika Anda berniat membelikan LEGO untuk si kecil, bacalah artikel kali ini. Kami akan memberikan tips cara memilih LEGO terbaik untuk anak. Selain itu, simak juga rekomendasi berbagai produk LEGO yang sesuai dengan usia anak, mulai dari seri DUPLO hingga CREATOR. Jangan sampai ada yang terlewatkan dan selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 27 Januari 2020
  • 892 Views
Daftar isi

LEGO, permainan yang mendukung perkembangan si kecil

Mainan konstruksi yang terbuat dari plastik ini sangat digemari di kalangan anak-anak dan orang dewasa. Bukan hanya sekadar mainan, LEGO juga memiliki nilai edukasi untuk anak-anak. Bentuknya yang beragam ditambah dengan warna-warninya dapat membantu si kecil mengenal warna dan bentuk.


LEGO terdiri dari bricks dengan beberapa bulatan di permukaannya. Si kecil bisa meningkatkan kemampuan motorik halusnya melalui kegiatan menempelkan brick yang satu ke brick yang lain sampai menyatu dengan tepat. Koordinasi antara tangan dan matanya pun dapat dilatih dengan bermain LEGO.


Kreativitas anak juga dapat diasah saat bermain LEGO. Selain itu, LEGO akan melatih anak-anak untuk berusaha memecahkan masalah ketika sedang stuck saat menyusunnya. Ajarkan anak Anda untuk tetap membaca instruksi dengan sabar dan teliti agar dapat menyusun LEGO sampai selesai.


Ajak anggota keluarga lain atau temannya untuk bermain bersama si kecil. Bermain bersama akan mengajarkan anak untuk berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik. Supaya Anda dapat menemukan LEGO yang tepat untuk si kecil, simak tips di segmen berikutnya, ya.

Cara memilih LEGO untuk anak

LEGO sangat beragam, mulai dari seri, jumlah bricks, hingga jenisnya. Di bawah ini, kami akan menjelaskan cara memilih LEGO yang tepat untuk anak dengan mempertimbangkan usia anak dan jenis LEGO. Mari kita mulai!

Pilih berdasarkan usia anak

LEGO memiliki beragam model yang diperuntukkan bagi anak-anak dengan berbagai usia. Tergantung pada target usianya, setiap model memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Jadi, jangan sampai salah membelikan LEGO untuk si kecil, ya. Berikut ini adalah penjelasan macam-macam LEGO berdasarkan usia si kecil.

Usia 1-2 tahun, ukuran bricks-nya besar dan berwarna-warni

Pada usia ini, si kecil sedang berkembang dengan pesat-pesatnya. Jadi, ini merupakan usia yang tepat untuk memperkenalkan LEGO pada si kecil. Mereka mulai kuat memegang, mengangkat, dan menarik benda. Karena itu, LEGO dapat membantu mengasah perkembangan motorik anak menjadi lebih baik. Saat anak sedang menyusun dan menumpuk LEGO, aspek motorik mereka akan terlatih..


Untuk anak batita, LEGO dengan warna-warni yang cerah akan terlihat sangat menarik. Selain itu, pilihlah bricks berukuran besar agar lebih mudah dipegang serta mencegah risiko tertelan. Anda dapat memilih objek LEGO yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, seperti sayuran, buah-buahan, binatang, atau mobil-mobilan.

Usia 3-5 tahun, LEGO edukatif sebagai media belajar yang menyenangkan

Anak-anak berusia 3-5 tahun sudah memiliki perkembangan motorik yang lebih baik. Pada usia ini, anak-anak lebih dipersiapkan untuk mampu berpikir, berkreasi, serta bersosialisasi. Ajak si kecil untuk bermain LEGO bersama teman-temannya agar mereka dapat belajar bekerja sama dan berkomunikasi. 


Pada usia ini, Anda mungkin juga sudah harus mempersiapkan si kecil untuk masuk sekolah. Pilihan LEGO dengan abjad dan angka dapat membantu anak belajar lebih dini. 


Di samping itu, ada kemungkinan si kecil sudah mulai mengenal karakter favoritnya. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah memilih LEGO yang sesuai dengan kesukaannya. Akan tetapi, ingatlah untuk tetap memilih jumlah bricks yang masih sedikit.

Usia 6-8 tahun, LEGO tematik untuk mengembangkan imajinasi

Anda dapat memberikan pengalaman baru untuk anak berusia 6-8 tahun. Pada usia ini, anak-anak sudah mulai makin imajinatif sehingga Anda dapat memberikan LEGO tematik, seperti rumah-rumahan, perkotaan, dan lainnya. Setelah menyusun LEGO-nya, si kecil dapat belajar mengarang cerita tentang tema LEGO yang sudah dibuatnya. Dengan demikian, daya imajinasinya juga berkembang.


Anak-anak usia ini sudah mulai belajar membaca instruksi dalam mengerjakan sesuatu. Karena itu, Anda dapat memberikan LEGO dengan jumlah bricks yang lebih banyak untuk memberikan sedikit tantangan kepada anak. Namun, jangan terlalu banyak, ya! Anda bisa memberikan yang jumlahnya sekitar 300 bricks.

Usia 9-11 tahun, LEGO berjumlah banyak akan terasa menantang

Saat berusia 9-11 tahun, anak-anak sudah mulai memasuki masa praremaja. Pada masa ini, emosi mereka biasanya sedang tidak stabil. Jadi, akan baik bila mereka juga berlatih untuk mengelola emosi. Memberikan LEGO yang lebih kompleks merupakan pilihan yang tepat. Dengan jumlah bricks yang lebih banyak, mereka akan belajar sabar dalam menyusunnya, serta berlatih untuk tidak mudah menyerah saat menghadapi hal yang sulit. 


Tipe LEGO yang lebih kompleks akan mendorong anak-anak untuk lebih berkonsentrasi ketika sedang menyusunnya. Anda dapat menyediakan bricks yang jumlahnya lebih dari 300 untuk menemani mereka bermain di akhir pekan. Dengan demikian, mereka akan memiliki rasa kepuasan tersendiri setelah menyelesaikan LEGO tersebut sampai selesai.

Pilih berdasarkan jenisnya

Ada dua jenis LEGO yang dikeluarkan, bentuk brick box dan tematik Keduanya memiliki fungsi yang berbeda untuk si kecil. Berikut ini penjelasannya untuk Anda.

Brick box untuk melatih imajinasi dan kreativitas

Brick box merupakan jenis LEGO yang membebaskan anak untuk membentuk dan menyusunnya sesuai keinginan. Di dalam setiap kotaknya, terdapat banyak potongan LEGO dengan berbagai bentuk dan warna. Jadi, imajinasi dan kreativitas si kecil akan terstimulasi. Anak Anda dapat dengan leluasa membentuk bangunan, benda, hewan, serta tokoh imajinasi mereka. Setelah itu, Anda dapat minta mereka untuk bercerita tentang apa yang baru saja dibuatnya. Alhasil, aspek verbal anak pun ikut terlatih.

LEGO tematik akan memberi tantangan lebih untuk anak

LEGO dengan tema tertentu, seperti bangunan terkenal, kota, dan scene film, memang akan lebih menantang. Jenis yang satu ini akan membiasakan si kecil untuk dapat membaca instruksi dengan detail, serta memecahkan masalah. Setelah bisa menyelesaikan suatu produk, anak Anda akan merasakan kepuasan tersendiri. Tak hanya sampai di sana, setelah selesai membuat LEGO tematik, si kecil juga bisa berimajinasi dengan apa yang sudah dibuatnya. Bahkan, mereka bisa menggabungkan beberapa LEGO dengan tema berbeda, lalu membuat cerita baru.

Hindari produk LEGO palsu

Menjadi merek yang terkenal tidak membuat LEGO luput dari plagiat. Tentu Anda tidak mau mendapatkan LEGO imitasi untuk anak Anda, ya. Agar tidak tertipu, periksalah baik-baik kualitas LEGO yang Anda beli.


Ingat bahwa produk yang asli memiliki tulisan "LEGO" pada bagian bulatan yang timbul di setiap brick-nya. Selain itu, bricks yang asli akan pas satu sama lain ketika digabungkan, serta tidak mudah terlepas. Warna LEGO asli juga terlihat berkilau dan tampilannya lebih kukuh. 


Tidak sedikit produk palsu yang dijual dan diklaim sebagai salah satu seri dari LEGO. Jika Anda membeli LEGO secara online, pastikan terlebih dahulu bahwa seri yang dijual ada dalam website resmi LEGO. Supaya lebih aman, belilah produk dari official store LEGO. 


Hindari toko yang menjual LEGO dengan harga sangat murah karena produk asli LEGO dijual dengan harga yang cukup tinggi. Harga LEGO terbilang tinggi karena kualitasnya telah teruji dan telah mendapatkan lisensi dari berbagai film. Jangan sampai salah pilih, ya!

10 Rekomendasi LEGO terbaik untuk anak

Tidak sulit untuk memilih LEGO untuk anak, ya. Selanjutnya, kami akan berikan berbagai seri LEGO yang sesuai dengan usia anak.

10
Untuk usia1,5 tahun ke atas
JenisBrick box
Jumlah brick15 pieces
9
Untuk usia6 tahun ke atas
JenisTematik
Jumlah brick363 pieces
8
Untuk usia7 tahun ke atas
JenisTematik
Jumlah brick207 pieces
7

LEGODUPLO My First Balancing Animals

10884

Rp 215.400,00

Untuk usia1,5 tahun ke atas
JenisTematik
Jumlah brick15 pieces
6
Untuk usia1,5-5 tahun
JenisBrick box
Jumlah brick65 pieces
5

LEGOCREATOR Townhouse Pet Shop & Café

31097

Rp 1.699.000,00

Untuk usia9 tahun ke atas
JenisTematik
Jumlah brick969 pieces
4
Untuk usia2 tahun ke atas
JenisTematik
Jumlah brick24 pieces
3

LEGOStar Wars Kessel Run Millennium Falcon

75212

Rp 2.390.000,00

Untuk usia9-14 tahun
JenisTematik
Jumlah brick1414 pieces
2

LEGODisney Elsa's Jewelry Box Creation

41168

Rp 1.799.000,00

Untuk usia6 tahun ke atas
JenisTematik
Jumlah brick300 pieces
1

LEGOCLASSIC LEGO Large Creative Brick Box

10698

Rp 690.000,00

Untuk usia4 tahun ke atas
JenisBrick box
Jumlah brick790 pieces

Tabel perbandingan produk LEGO terbaik untuk anak

Gambar produk
1
LEGO CLASSIC LEGO Large Creative Brick Box 1

LEGO

2
LEGO Disney Elsa's Jewelry Box Creation 1

LEGO

3
LEGO Star Wars Kessel Run Millennium Falcon 1

LEGO

4
LEGO DUPLO Submarine Adventure 1

LEGO

5
LEGO CREATOR Townhouse Pet Shop & Café 1

LEGO

6
LEGO DUPLO All-in-One-Box-of-Fun 1

LEGO

7
LEGO DUPLO My First Balancing Animals 1

LEGO

8
LEGO CREATOR Underwater Robot 1

LEGO

9
LEGO CITY Fire Plane 1

LEGO

10
LEGO DUPLO My First Fun Puzzle 1

LEGO

Nama produk

CLASSIC LEGO Large Creative Brick Box

Disney Elsa's Jewelry Box Creation

Star Wars Kessel Run Millennium Falcon

DUPLO Submarine Adventure

CREATOR Townhouse Pet Shop & Café

DUPLO All-in-One-Box-of-Fun

DUPLO My First Balancing Animals

CREATOR Underwater Robot

CITY Fire Plane

DUPLO My First Fun Puzzle

KeunggulanFavorit anak-anak sampai or...Bukan sembarang kotak perhi...Lebih dari seribu bricks, l...Cemplungkan ke air, mandi j...Berbagai model bangunan dal...Berhitung dan asah kreativi...Ayo, kita susun sampai seim...Mau dibentuk jadi robot ata...Pemadaman kebakaran hutan j...Mulai ajarkan warna dan pol...
HargaRp 690.000,00Rp 1.799.000,00Rp 2.390.000,00Rp 349.000,00Rp 1.699.000,00Rp 403.000,00Rp 215.400,00Rp 359.000,00Rp 484.500,00Rp 239.500,00
Untuk usia4 tahun ke atas6 tahun ke atas9-14 tahun2 tahun ke atas9 tahun ke atas1,5-5 tahun1,5 tahun ke atas7 tahun ke atas6 tahun ke atas1,5 tahun ke atas
JenisBrick boxTematikTematikTematikTematikBrick boxTematikTematikTematikBrick box
Jumlah brick790 pieces300 pieces1414 pieces24 pieces969 pieces65 pieces15 pieces207 pieces363 pieces15 pieces
Tautan produk

Baca juga rekomendasi mainan anak lainnya di sini

Mainan untuk anak bukan hanya memberikan kesenangan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya. Mainan dapat menjadi media edukasi, juga sarana komunikasi antara anak dengan orang tua. Selain LEGO, masih banyak permainan anak lain yang dapat Anda temui. Jika Anda sedang mencari berbagai mainan edukasi lain untuk si kecil, klik tautan di bawah ini. Temukan mainan yang sesuai dengan usianya.

Kesimpulan

LEGO, permainan yang sangat digemari oleh segala usia, memiliki banyak manfaat untuk anak-anak. Harganya yang tidak murah juga diimbangi dengan kualitasnya yang tidak main-main. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pilihlah LEGO yang sesuai dengan usia anak Anda. Perhatikan juga seri dan modelnya agar pas dengan kesukaan anak.


Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel kali ini. Ingat untuk memilih LEGO yang asli, ya! Selamat bermain dengan anak!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    181.113 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    95.492 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    76.317 Views
  • 10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika makin besar, bayi Anda akan membutuhkan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Bubur bayi merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan karena memiliki berbagai rasa, kandungan vitamin dan mineral, dan lain sebagainya. Namun, banyaknya produk yang beredar mungkin membuat Anda bingung untuk memilihnya.Karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang enak dan sehat, serta memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik untuk bayi Anda. Produk-produk ternama dari Milna, Promina, SUN, dan sebagainya pun tak ketinggalan untuk kami ulas. Yuk, simak ulasan kami!
    Ibu & anak
    47.291 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Ibu & anak
    56.604 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pompa ASI merupakan alat perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Misalnya, ketika si kecil belum sempat menyusu tetapi sudah tertidur. Selain itu, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Pompa ASI tersedia dalam dua jenis, manual dan elektrik. Kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih pompa ASI. Tidak ketinggalan rekomendasi produk seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips juga akan kami berikan. Jadi, baca sampai habis, ya!
    Ibu & anak
    51.030 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi sebagian besar bayi yang baru lahir, ASI merupakan makanan pertamanya. ASI mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan bayi ketika belum dapat mengonsumsi makanan lainnya. Anda dapat mengonsumsi berbagai suplemen untuk memperlancar ASI serta menjaga kesehatan Anda.Beberapa merek, seperti Asifit, Herbilogy, Blackmores, mungkin sangat familiar di telinga Anda. Kami akan menjelaskan cara memilih suplemen untuk ibu menyusui serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Baca terus artikel ini untuk mendapatkan informasinya.
    Ibu & anak
    19.511 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori