• 10 Kecap Manis Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kecap Manis Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kecap Manis Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kecap Manis Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kecap Manis Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kecap Manis Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)

Kecap manis merupakan pelengkap dalam masakan Indonesia. Baik pada masakan kuah, bakaran, hingga gorengan, kecap manis membuat rasa masakan jadi kian lezat. Mi ayam dan sate misalnya, terasa kurang lengkap jika tak memakai kecap manis.


Kali ini, kami akan membagikan tips memilih kecap manis terbaik untuk Anda. Review kecap manis yang enak untuk berbagai masakan juga akan kami hadirkan. Kecap manis dari berbagai merek, seperti kecap Tjap Ikan Lele, Bango, dan ABC, juga masuk dalam rekomendasi kami. Artikel ini ditinjau oleh pakar foodie, Dionisius Denizar. Mari simak artikelnya sampai tuntas!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Dionisius Denizar
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Penggemar home cooking dan penikmat dunia kuliner, Dionisius Denizar

Profil pakar: Penggemar home cooking dan penikmat dunia kuliner, Dionisius Denizar
Dionisius Denizar
Penggemar home cooking dan penikmat dunia kuliner
Dionisius Denizar

Dalam karir profesionalnya, Dion berpengalaman di bidang strategy & planning baik korporat maupun proyek. Di luar karirnya, ia memiliki hobi travelling, memasak, dan mencoba masakan beserta bahan-bahannya.


Dion hobi memasak dan memiliki minat terhadap hal-hal yang berkaitan dengan masakan turun dari keluarganya sejak kecil. Ia memiliki minat terhadap kecap dan bumbu masakan Nusantara. Ia aktif mencari informasi tersebut hingga saat ini sejak mengemban studi S2 di Belanda pada 2017.

Kecap manis, kondimen asli Indonesia

Kecap manis, kondimen asli Indonesia

Jika Jepang punya shoyu, Indonesia punya kecap manis. Tidak seperti kecap Jepang yang asin, kecap khas Indonesia ini bercita rasa manis. Menurut almarhum Bondan Winarno, pakar kuliner Indonesia, kecap manis adalah "national condiment" asli Indonesia. Pasalnya, kecap manis bisa dijumpai pada hampir semua masakan nusantara.


  • Sejarah kecap manis

Dalam buku "Kecap Manis", Bondan Winarno mengatakan, kecap manis awalnya merupakan kecap asin yang dibawa pedagang Tiongkok ke Jawa. Menyesuaikan dengan selera orang Jawa yang suka manis, kecap asin ini kemudian diberi gula palem sehingga rasanya menjadi manis. Karena penambahan gula ini pula, kecap manis menjadi kental dan warnanya pekat.


  • Komposisi bahan dalam kecap manis
Kecap manis terbuat dari kedelai yang difermentasi dan ditambahkan dengan gula, garam, serta rempah atau bumbu lainnya. Jenis kedelai untuk membuat kecap tidak harus kedelai hitam. Meski begitu, kedelai hitam dikatakan sebagai bahan yang bagus untuk membuat kecap. Jenis jamur yang digunakan dalam proses fermentasi adalah jamur Aspergillus. Proses fermentasi ini menghasilkan umami flavor pada kecap. 

Manfaat penggunaan kecap manis

Selain membuat momen makan Anda makin nikmat, kecap manis juga memiliki berbagai manfaat. Di bawah ini, kami akan menjelaskan manfaat kecap manis dari segi kesehatan maupun dari segi rasa.

Sumber protein nabati yang tinggi

Sumber protein nabati yang tinggi

Terbuat dari kedelai, kecap manis menjadi bumbu dapur dengan sumber protein nabati yang tinggi. Protein nabati kaya akan asam amino yang baik untuk perkembangan sel dan jaringan otot. 


Selain manfaat di atas, berikut ini beberapa khasiat lain dari kecap manis:

  • Mengandung antioksidan yang baik untuk kulit dan dapat mencegah kanker
  • Mengandung isoflavon untuk menurunkan kadar kolesterol 
  • Kaya serat untuk melancarkan pencernaan
  • Mengandung vitamin A yang baik untuk penglihatan
  • Mencegah anemia dan menstabilkan tekanan darah berkat kandungan zat besi, fosfor, dan zink

Penambah rasa dan pewarna alami makanan

  • Penambah rasa

Sebagai bumbu masakan, tentunya manfaat utama dari kecap manis adalah sebagai penambah rasa. Meski lebih dominan manis, kecap manis juga memiliki rasa umami yang nagih. Inilah mengapa rasa kecap manis cenderung tidak membuat eneg atau membosankan.


  • Penetral rasa pedas

Menyantap masakan dengan cita rasa pedas akan menghadirkan kenikmatan tersendiri. Namun, jika tak kuat pedas, Anda bisa mengontrol atau menetralkan rasa pedasnya dengan menambahkan kecap manis.


  • Pewarna masakan

Selain sebagai bumbu, kecap dapat memberi warna pada masakan. Warna cokelat khas kecap manis akan membuat masakan Anda makin menggugah selera. Contoh makanan yang terlihat lezat dengan warna khas kecap adalah bacem, sate, mi ayam, semur, hingga nasi goreng.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kecap manis

Setelah mengetahui sejarah kecap, kandungan bahan, beserta manfaatnya, mari simak tips memilih kecap di bawah ini. Kami telah menyusun ulasan ini agar Anda dapat menemukan kecap manis yang pas dengan preferensi Anda.

Kenali tipe kecap yang cocok dengan jenis masakan Anda

Setiap produsen pasti memiliki resep kecap manis yang berbeda-beda. Meski sama-sama manis, jika dibandingkan dengan saksama, satu kecap dengan yang lain memiliki rasa dan aroma berbeda. Kecap seperti apa yang cocok untuk sate, saus cocol, maupun masakan kuah? Mari simak tipikal kecap manis untuk tiap hidangan berikut ini!

Menu bakar, pilih kecap berwarna pekat

Menu bakar, pilih kecap berwarna pekat

Sate, ayam bakar, dan ikan bakar adalah beberapa hidangan yang memerlukan kecap manis sebagai bumbu marinasi maupun sausnya. Untuk menghasilkan warna bakaran yang menggugah selera, pakailah tipe kecap yang kental dan pekat. 


Salah satu merek kecap lokal yang enak untuk sate adalah kecap Cap Orang Jual Sate dari Probolinggo. Selain itu, kecap Bango yang terkenal dengan kedelai hitamnya juga sangat cocok untuk menu sate dan bakaran. 

Hidangan kuah, paling pas dengan kecap bercita rasa rempah

Hidangan kuah, paling pas dengan kecap bercita rasa rempah

Untuk hidangan kuah, seperti rawon dan semur, kecap dengan rempah dan bumbu yang kuat bisa Anda pertimbangkan. Rempah atau bumbu dalam komposisi kecap ini akan menguatkan rasa serta aroma masakan Anda


Kecap Tjap Lele khas Pati merupakan salah satu merek kecap yang sedap untuk menu kuah. Karakter rasa kecap ini manis berbalut asin dan gurih yang dapat menaikkan rasa masakan. 

Sambal cocol, kecap yang agak encer bisa diandalkan

Sambal cocol, kecap yang agak encer bisa diandalkan

Apakah Anda tim makan gorengan dicocol kecap? Jika iya, Anda dapat memilih kecap manis yang agak encer. Untuk membuat saus cocol yang enak, tambahkan irisan cabai ke dalam kecap manis. 


Dengan kecap yang tak begitu kental, Anda tak perlu lagi menambahkan air untuk mengencerkan sambal kecap. Tak hanya sebagai cocolan, kecap yang agak encer juga pas untuk kondimen mi ayam, bubur ayam, siomai, dan batagor. 

Pilih kecap berdasarkan kriteria komposisi

Selain kedelai, gula merupakan komposisi utama kecap manis. Jenis gula yang dipakai sebagai bahan pembuatan kecap adalah gula kelapa dan gula aren. Namun, seiring perkembangan zaman, ada juga kecap yang dibuat dengan pemanis rendah kalori, seperti sorbitol dan stevia. Mari simak karakteristik keduanya di bawah ini!

Kecap manis biasa, mudah ditemukan dan rasanya lebih mantap

Kecap manis biasa, mudah ditemukan dan rasanya lebih mantap

Kecap manis yang dimaksud adalah kecap dengan pemanis pada umumnya, seperti gula aren maupun gula kelapa. Jenis kecap ini paling banyak mereknya dan mudah ditemukan di mana saja, baik di warung, minimarket, maupun swalayan. 


Karena komposisi gula dalam kecap yang banyak, cita rasa kecap akan lebih mantap. Namun, untuk penderita diabetes, Anda harus lebih bijak saat mengonsumsi kecap manis biasa, ya.

Kecap manis rendah gula, alternatif untuk Anda yang sedang diet

Kecap manis rendah gula, alternatif untuk Anda yang sedang diet

Meskipun banyak digemari, masakan manis juga banyak dihindari, khususnya oleh orang-orang dengan riwayat kadar gula darah tinggi. Bagi Anda yang pantang mengonsumsi masakan manis, pilihlah produk yang rendah gula.


Produsen kecap manis rendah gula biasanya menggunakan pemanis dari stevia atau sorbitol. Kedua pemanis ini memiliki kalori yang kecil sehingga baik untuk menjaga kadar gula darah. Gula stevia mengandung 0 kalori, tetapi rasanya tetap manis. Sementara sorbitol dikatakan memiliki kalori 35% lebih rendah dibandingkan gula pasir.

10 Rekomendasi kecap manis terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kecap manis terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dionisius Denizar.

10
KemasanRefill, botol platik, botol kaca, jeriken
KomposisiKedelai, gula, garam, pengawet natrium benzoat dan rempah-rempah nabati pilihan
9
KemasanBotol plastik, botol kaca, refill, saset, jeriken
KomposisiGula, kelapa, air, sari kedelai (mengandung gandum), garam, penguat rasa, mononatrium glutamat, pengawet natrium benzoate
8
KemasanSaset, refill, botol plastik, botol kaca, jeriken
KomposisiGula, air, kacang kedelai, garam, penguat rasa monosodium glutamat, pengawet natrium benzoate
7
KemasanRefill, botol plastik, botol kaca
KomposisiKedelai, gula, garam, rempah-rempah
6
KemasanBotol, refill
KomposisiKacang kedelai hitam, gula kelapa, air, garam, dan bumbu
5
KemasanRefill dan botol plastik
KomposisiGula, air, gula aren (10%), sari kedelai (hitam 3%, kuning 2% mengandung gandum), garam, rempah-rempah.
4
KemasanRefill dan botol plastik
KomposisiKecap manis (75%, mengandung kedelai hitam 2%), cabai (cabai rawit hijau 4% dan cabai merah 3%), air, penstabil nabati, gula, bawang (2%), dll.
3
KemasanRefill, saset, botol plastik
KomposisiGula, kelapa, kacang kedelai, biji gandum, garam.
2

NutrifoodTropicana Slim Kecap Manis

Mulai dari Rp 31.700,00

KemasanBotol
KomposisiPemanis alami sorbitol 6.29g/saji, air, maltodekstrin, bubuk kecap (mengandung penguat rasa MSG), dll.
1
KemasanSaset, refill, botol plastik, botol kaca
KomposisiAir, gula, garam, pati termodifikasi, bawang putih, penguat rasa, dll.

Tabel perbandingan produk kecap manis terbaik

Gambar produk
1
Unilever Bango Kecap Manis 1

Unilever

2
Nutrifood Tropicana Slim Kecap Manis 1

Nutrifood

3
Heinz  ABC Kecap Manis 1

Heinz

4
Unilever Bango Kecap Manis Pedas 1

Unilever

5
Indofood Kecap Manis 1

Indofood

6
Firma Sehat Kecap Benteng SH 1

Firma Sehat

7
Tjap Ikan Lele Ketjap Masak No. 1 1

Tjap Ikan Lele

8
Nasional Kecap Manis 1

Nasional

9
Wings Food Sedaap Kecap Manis  1

Wings Food

10
Cap Orang Jual Sate Kecap Manis 1

Cap Orang Jual Sate

Nama produk

Bango Kecap Manis

Tropicana Slim Kecap Manis

ABC Kecap Manis

Bango Kecap Manis Pedas

Kecap Manis

Kecap Benteng SH

Ketjap Masak No. 1

Kecap Manis

Sedaap Kecap Manis

Kecap Manis

Keunggulan

Kecap terlaris dengan bahan utama kedelai hitam malika

Rahasia aman konsumsi kecap manis saat diet

Terbuat dari perasan pertama kedelai hitam yang kaya rasa

Cara praktis untuk menikmati sambal kecap

Meresap sampai ke dalam bahan masakan dengan teknik ungkep

Resep turun temurun yang nikmatnya terjaga sampai sekarang!

Kecap masak yang cocok untuk sate, tumisan, hingga hidangan kuah

Rasa umami dan manis yang seimbang siap hadir dalam masakan Anda!

Difermentasi secara natural dengan tiga tahap penyaringan

Produk legendaris untuk hidangan sate yang menggoda

Harga mulai dariRp 1.000,00Rp 31.700,00Rp 6.690,00Rp 8.890,00Rp 5.800,00Rp 6.000,00Rp 7.000,00Rp 4.000,00Rp 500,00Rp 6.650,00
KemasanSaset, refill, botol plastik, botol kacaBotolRefill, saset, botol plastikRefill dan botol plastikRefill dan botol plastikBotol, refillRefill, botol plastik, botol kacaSaset, refill, botol plastik, botol kaca, jerikenBotol plastik, botol kaca, refill, saset, jerikenRefill, botol platik, botol kaca, jeriken
KomposisiAir, gula, garam, pati termodifikasi, bawang putih, penguat rasa, dll.Pemanis alami sorbitol 6.29g/saji, air, maltodekstrin, bubuk kecap (mengandung penguat rasa MSG), dll.Gula, kelapa, kacang kedelai, biji gandum, garam.Kecap manis (75%, mengandung kedelai hitam 2%), cabai (cabai rawit hijau 4% dan cabai merah 3%), air, penstabil nabati, gula, bawang (2%), dll.Gula, air, gula aren (10%), sari kedelai (hitam 3%, kuning 2% mengandung gandum), garam, rempah-rempah.Kacang kedelai hitam, gula kelapa, air, garam, dan bumbuKedelai, gula, garam, rempah-rempahGula, air, kacang kedelai, garam, penguat rasa monosodium glutamat, pengawet natrium benzoateGula, kelapa, air, sari kedelai (mengandung gandum), garam, penguat rasa, mononatrium glutamat, pengawet natrium benzoateKedelai, gula, garam, pengawet natrium benzoat dan rempah-rempah nabati pilihan
Tautan produk

Tips dari foodie kami, Dionisius Denizar

Tips dari foodie kami, Dionisius Denizar

Kecap manis di Indonesia memiliki kekhasannya masing-masing sesuai dengan daerah asalnya. Kekhasan tersebut berasal baik dari komposisi lengkap maupun tekstur dari kecap manis itu sendiri. Dengan demikian, ada beberapa kecap manis yang hanya cocok digunakan untuk masakan dari daerah asal pembuat kecap tersebut.

Baca juga rekomendasi bumbu dapur lainnya di sini

Selain kecap manis, ada bumbu dapur lain yang tidak kalah penting, seperti kecap asin, saus tiram, dan saus sambal. Untuk itu, kami telah menyediakan rekomendasi bumbu dapur terbaik untuk Anda. Silakan klik tautan di bawah ini untuk membacanya lebih lanjut!

Kesimpulan

Kecap manis adalah saus pelengkap khas Indonesia untuk melezatkan setiap masakan. Baik sebagai saus cocol maupun bumbu masak, kecap manis cocok untuk memperkuat rasa sajian Anda.

Meski rasanya tampak sama, kecap manis memiliki rasa manis yang berbeda-beda, lho. Seperti disebutkan di atas, ada kecap manis yang enak untuk menu bakar dan ada juga yang cocok sebagai cocolan. Selamat menemukan kecap manis terenak versi Anda! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    Menambahkan penyedap rasa merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap. Penyedap rasa memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Kali ini kami akan membahas cara memilih penyedap rasa yang enak sekaligus aman dikonsumsi.Anda bisa memilih penyedap rasa dengan MSG yang harganya terjangkau dari merek terkenal Sasa, Masako, dan Royco. Lalu, ada juga penyedap rasa non MSG untuk MPASI dan diet, contohnya Jay's Kitchen, Lemonilo, serta Pawon Ibun. Ada komentar dari cook, Debbie Ariesthea juga, lho. Simak terus artikel ini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti sudah tidak asing dengan salah satu jenis gorengan ini, bukan? Bakwan dibuat dari campuran tepung terigu, sayuran, jagung, dan bumbu. Kini membuat bakwan tidaklah sulit berkat adanya tepung bakwan instan. Tepung bakwan ini sudah diracik dengan bumbu-bumbu lengkap, Anda hanya perlu menyiapkan bahan, kemudian bakwan siap digoreng.Kobe, Sasa, Mamasuka dan Sajiku adalah beberapa merek tepung bakwan yang populer. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih tepung bakwan untuk Anda. Rekomendasi produk terbaik dan tips membuat bakwan goreng juga akan kami bagikan. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori