• 10 ASI Booster Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 ASI Booster Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 ASI Booster Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 ASI Booster Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 ASI Booster Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 5

10 ASI Booster Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)

Anda baru melahirkan sang buah hati, tetapi khawatir produksi ASI kurang mencukupi? Tenang saja, kini banyak produk ASI booster yang aman untuk meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Ada berbagai bentuk dan rasa produk ASI booster yang dijual di pasaran.


Bingung mau pilih yang mana? Simak tips dari kami untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan Anda. Produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Asifit, Mom Uung, dan Herbs of Gold, ada dalam rekomendasi kami. Jangan lewatkan juga komentar dari bidan Ony Christy di artikel ini. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ony Christy
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Bidan, Ony Christy

Profil pakar: Bidan, Ony Christy

Ony Christy adalah bidan lulusan jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Wanita yang akrab dipanggil Bidan Kriwil ini memiliki pengalaman bekerja selama 6 tahun di Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta. Saat ini bidan Ony aktif menjadi content creator yang giat memberikan edukasi melalui media sosialnya. Tengok Instagram, YouTube, atau blognya untuk tahu informasi seputar kesehatan ibu dan anak.

Manfaat ASI booster untuk ibu menyusui

Manfaat ASI booster untuk ibu menyusui

Memberikan ASI eksklusif menjadi kesenangan dan kebanggaan tersendiri bagi ibu yang baru melahirkan. Namun, tidak semua ibu yang baru melahirkan dapat memberikan ASI secara maksimal untuk sang bayi. Selain meningkatkan produksi ASI, mengonsumsi ASI booster juga dapat meningkatkan kualitas ASI.


Agar produksi ASI lebih baik, Anda bisa menggunakan bantuan ASI booster. Anda tentu saja dapat meningkatkan produksi ASI dengan mengonsumsi makanan sehari-hari. Namun, Anda harus mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup banyak untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebagai pengganti makanan, Anda dapat memilih ASI booster yang lebih praktis dan efisien.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Menurut WHO, ASI adalah makanan terbaik bagi bayi karena mudah dicerna serta mengandung nutrisi dan antibodi yang baik bagi bayi. Oleh karena itu, ibu dianjurkan menyusui bayinya selama 6 bulan secara eksklusif dan melanjutkan pemberian ASI hingga bayi berusia 2 tahun.


ASI booster atau galactagogue adalah makanan yang dipercaya dapat meningkatkan kualitas dan produksi ASI jika dikonsumsi. Karena manfaatnya itulah, banyak ibu yang mengonsumsi ASI booster selama masa-masa menyusui.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih ASI booster

Apakah Anda cukup kesulitan menemukan pilihan yang sesuai di tengah maraknya produk ASI booster? Berikut ini kami berikan beberapa poin yang perlu Anda perhatikan ketika memilih ASI booster.

Perhatikan kandungan utamanya

Pemilihan kandungan utama ASI booster sangat penting. Kandungan inilah yang akan membantu meningkatkan produksi ASI. Berikut ini adalah berbagai bahan yang populer dijadikan sebagai bahan utama ASI booster.

Daun katuk dan fenugreek, ramuan herbal turun-temurun

Daun katuk dan fenugreek, ramuan herbal turun-temurun

Ada berbagai bahan alami yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Di antaranya, Anda bisa memilih produk yang mengandung ekstrak daun katuk dan fenugreek. Daun katuk mengandung zat papaverin yang dapat meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin yang aktif selama masa laktasi. Ekstrak biji fenugreek juga dipercaya dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Daun katuk atau fenugreek sudah sejak lama digunakan sebagai ASI booster di Indonesia karena memang banyak ditemukan di wilayah Asia. Daun katuk mengandung laktagogum dan prolaktin yang dapat meningkatkan produksi ASI dan memperlancar pengeluaran ASI.


Beberapa penelitian menunjukkan penggunaan fenugreek dapat meningkatkan produksi ASI. Ini karena fenugreek dapat meningkatkan hormon prolaktin yang bertanggung jawab dalam produksi ASI.

Almond, superfood kaya manfaat

Almond, superfood kaya manfaat

Anda juga dapat memilih ASI booster yang mengandung kacang almond. Kacang almond tergolong dalam superfood atau makanan yang kaya akan manfaat. Di dalam kacang almond terkandung vitamin dan mineral yang tidak hanya baik untuk ibu menyusui, tetapi juga untuk bayi.


Kandungan asam amino dalam almond membantu membentuk hormon serotonin yang dapat meningkatkan produksi ASI. Almond juga dapat menjadi sumber tenaga serta meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Selain itu, almond juga disebut-sebut baik untuk menurunkan berat badan, apalagi setelah melahirkan.

Jika Anda tertarik mengetahui lebih lanjut secara spesifik tentang almond milk, simak pembahasannya di artikel berikut ini.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Almond mengandung kalsium, protein, vitamin E, serta mineral seperti magnesium, fosfor, dan zat besi. Konsumsi almond saat menyusui dapat meningkatkan kualitas dan produksi ASI serta dapat membuat ASI menjadi lebih creamy. Selain itu, almond juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan tulang ibu serta mempercepat pemulihan pascapersalinan.

Asam folat untuk ASI berkualitas

Asam folat untuk ASI berkualitas

Vitamin B9 atau lebih dikenal dengan nama asam folat merupakan zat terpenting saat masa pertumbuhan. Asam folat membantu pembentukan sel-sel saraf pada bayi. Asam folat juga berperan dalam pembentukan sel-sel darah merah serta membantu penyerapan zat besi.


Selain untuk bayi, asam folat juga sangat penting untuk ibu menyusui. Ketika menyusui, sering kali Anda merasa lelah atau kurang darah. Asam folat akan membantu pembentukan sel-sel darah merah yang baru serta membuat ibu lebih sehat.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Asam folat adalah salah satu bentuk vitamin B kompleks yang berperan dalam proses pembentukan sel. Karena itu, asam folat merupakan salah satu suplemen wajib yang dikonsumsi saat hamil. 


Selain meningkatkan kualitas ASI, asam folat meningkatkan penyerapan zat besi dan berperan dalam pembentukan sel darah merah. Asam folat juga membantu perkembangan saraf dan perkembangan pada bayi sehingga ibu menyusui sebaiknya memang mengonsumsi asam folat.

Pastikan ASI booster terbuat dari bahan-bahan alami

Pastikan ASI booster terbuat dari bahan-bahan alami

Apa yang Anda makan akan tersalurkan kepada bayi Anda melalui ASI, termasuk asupan dari ASI booster yang Anda konsumsi. Pemilihan ASI booster tentu memengaruhi kesehatan ibu dan anak. Oleh karena itu, pastikan agar Anda memilih ASI booster dengan bahan-bahan alami dan bebas bahan tambahan yang berbahaya.


Bagi Anda yang menyukai produk ASI booster dengan tambahan rasa, periksa apakah perasa dan pewarnanya berasal dari bahan yang aman. Produk yang menggunakan ekstrak buah-buahan atau bahan food grade akan lebih aman dikonsumsi.


Agar lebih aman lagi, pastikan ASI booster yang Anda pilih telah tersertifikasi BPOM. Meskipun produksi luar negeri, produk tersebut belum tentu aman. Jadi, sertifikasi BPOM sangat diperlukan.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Ada beberapa bahan makanan dan obat yang bisa terekskresi ke dalam ASI. Karena itu, sangat penting bagi ibu untuk memilih ASI booster berbahan aman. Jika tidak demikian, bisa saja nanti bahan tersebut disekresi ke dalam ASI dan terminum oleh bayi. Hal ini terutama perlu diperhatikan jika ibu berencana mengonsumsi ASI booster dalam jangka waktu yang lama.


Untuk alasan yang sama, sebaiknya ibu selalu berkonsultasi dengan dokter jika sakit dan membutuhkan pengobatan. Obat tertentu dapat berbahaya jika masuk ke dalam ASI dan tertelan oleh bayi.

Pilihlah bentuk yang mudah dikonsumsi

ASI booster diproduksi dalam berbagai bentuk untuk kenyamanan konsumsi ibu menyusui. Anda dapat menemukan bentuk tablet, bubuk, dan teh. Berikut ini adalah penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan tiap-tiap bentuk ASI booster.

Tablet, lebih praktis dan efisien untuk dikonsumsi

ASI booster dalam bentuk tableet merupakan yang paling praktis. Anda cukup menelan tablet sesuai anjuran tanpa perlu menyeduh atau meracik. Bentuk ini sangat sesuai bagi Anda yang aktivitasnya padat karena lebih efisien dan mudah dikonsumsi di mana saja, bahkan ketika dalam perjalanan.


Namun, beberapa orang mungkin mengalami kesulitan ketika mengonsumsi tablet. Hal ini dapat terjadi karena ukuran tablet yang terlalu besar atau rasanya yang cukup pahit. Anda dapat menyiasatinya dengan memilih ukuran tablet yang lebih kecil atau mengonsumsi madu setelah menelan tablet.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

ASI booster dengan bentuk tablet biasanya lebih praktis. Dosisnya juga lebih tepat karena biasanya dalam 1 tablet kandungan dosisnya selalu sama. Pastikan untuk mengonsumsi ASI booster ini dengan dosis yang tepat dan menggunakan air putih. Penggunaan teh atau susu untuk konsumsi tablet dapat memengaruhi penyerapan suplemen tersebut dalam tubuh.

Bentuk bubuk, lebih banyak pilihan rasa

Bentuk bubuk, lebih banyak pilihan rasa

ASI booster dalam bentuk bubuk merupakan alternatif terbaik jika Anda tidak suka mengonsumsi tablet. Produk dalam bentuk bubuk biasanya tersedia dalam berbagai pilihan rasa sehingga lebih enak untuk dikonsumsi. Anda juga dapat memilih varian rasa yang Anda sukai agar lebih menikmati ASI booster.


Hanya saja, Anda perlu melarutkan bubuk ASI booster terlebih dahulu sehingga konsumsinya tidak sepraktis bentuk tablet. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kandungan gulanya. Jangan sampai Anda mengonsumsi gula yang berlebihan dari ASI booster karena tidak baik untuk kesehatan.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Jika ibu memilih ASI booster berbentuk bubuk, pastikan untuk melarutkannya sesuai takaran yang tepat. Dengan begitu, ASI booster dapat bekerja maksimal. Perhatikan juga kadar gula dalam ASI booster tersebut sehingga ibu tidak mengonsumsi gula berlebihan. Kadar gula ini biasanya tertera dalam tabel nutrition fact.

Bentuk teh yang menemani waktu santai Anda

Alternatif lainnya bagi Anda yang kesulitan menelan tablet adalah ASI booster dalam bentuk teh seduh. Anda dapat menikmatinya sambil menikmati me time sejenak ketika si kecil tertidur. Aromanya juga membantu menenangkan tubuh dan pikiran Anda.


ASI booster dalam bentuk teh menggunakan racikan herbal tanpa tambahan pemanis sehingga kemungkinan rasanya sedikit pahit. Selain itu, Anda juga perlu menyeduhnya terlebih dahulu sehingga kurang praktis.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

ASI booster dalam bentuk teh biasanya rasanya cenderung pahit. Namun, hal ini tidak akan mengurangi efektivitas ASI booster tersebut. Jika teh tidak hadir dalam bentuk celup, ibu bisa mengikuti petunjuk dalam kemasan. Dengan begitu, jumlah teh yang diseduh tidak terlalu sedikit atau berlebihan.

10 Rekomendasi ASI booster terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh ASI booster terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Bidan Ony Christy.

10

HerbilogyBreastfeeding Tea Untuk ASI Booster

Mulai dari Rp 67.100,00

BentukTeh
KandunganDaun teh, daun katuk, fenugreek
Bahan tambahanx
Pilihan isi1 boks isi 20 teabag
9
BentukTablet
KandunganFenugreek, daun katuk
Bahan tambahanx
Pilihan isi10 kaplet/blister
8

HydromammaMom's Nutrient-rich Hydration Drink

Mulai dari Rp 20.000,00

BentukBubuk
KandunganAsam folat, vitamin C, potassium, magnesium
Bahan tambahanPerisa identik alami, pewarna alami
Pilihan isi1 boks isi 3 saset, 12 saset
7
BentukKaplet
KandunganEkstrak daun katuk, vitamin B kompleks
Bahan tambahanx
Pilihan isi1 boks isi 3 blister (10 kaplet/blister)
6
BentukTablet
KandunganFenugreek, blessed thistle
Bahan tambahanx
Pilihan isi60 tablet
5

Mama's ChoiceAlmond Milk Powder (ASI Booster)

Mulai dari Rp 10.900,00

BentukBubuk
KandunganEkstrak kurma, almond, fenugreek, daun katuk, DHA
Bahan tambahanx
Pilihan isi200 g
4

AsigenCollagen Milk Almond Booster

Mulai dari Rp 35.000,00

BentukBubuk
KandunganAlmond, marine collagen
Bahan tambahanPerisa dan pewarna makanan
Pilihan isi170 g
3
BentukBubuk
KandunganAlmond
Bahan tambahanPerisa dan pewarna makanan
Pilihan isi170 g
2
BentukTeh
KandunganFenugreek, moringa, curcuma, anise, fennel, habatussauda
Bahan tambahanx
Pilihan isi1 boks isi 20 teabag (3 g/teabag)
1
BentukKapsul
KandunganDaun kelor, ikan gabus
Bahan tambahanx
Pilihan isi30 kapsul, 60 kapsul

Tabel perbandingan produk ASI booster terbaik

Gambar produk
1
Mom Uung Asi Booster 1

Mom Uung

2
MamaBear Lactation Herbal Tea 1

MamaBear

3
Alamon Minuman Bubuk Almon 1

Alamon

4
Asigen Collagen Milk Almond Booster 1

Asigen

5
Mama's Choice Almond Milk Powder (ASI Booster) 1

Mama's Choice

6
Herbs of Gold Breastfeeding Support 1

Herbs of Gold

7
Kimia Farma Asifit 1

Kimia Farma

8
Hydromamma Mom's Nutrient-rich Hydration Drink 1

Hydromamma

9
Pharos Milmor NF 1

Pharos

10
Herbilogy Breastfeeding Tea Untuk ASI Booster 1

Herbilogy

Nama produk

Asi Booster

Lactation Herbal Tea

Minuman Bubuk Almon

Collagen Milk Almond Booster

Almond Milk Powder (ASI Booster)

Breastfeeding Support

Asifit

Mom's Nutrient-rich Hydration Drink

Milmor NF

Breastfeeding Tea Untuk ASI Booster

Keunggulan

Booster hits yang terbukti kualitasnya

Minuman herbal pelancar ASI dan bebas kafein

Tanpa takaran, bebas berkreasi!

Rasa kekinian, favorit ibu zaman now

Terbuat dari bahan alami dan dilengkapi kandungan DHA

Bebas sembelit selama laktasi, perut lebih nyaman!

Pekerjaan bukan halangan untuk ASI eksklusif

Terhidrasi dengan pilihan rasa buah yang segar

Efek ganda dengan harga ekonomis untuk hasil maksimal!

Aroma teh dan herbal membuat tubuh makin nyaman

Harga mulai dariRp 70.000,00Rp 42.000,00Rp 45.000,00Rp 35.000,00Rp 10.900,00Rp 215.000,00Rp 33.000,00Rp 20.000,00Rp 33.000,00Rp 67.100,00
BentukKapsulTehBubukBubukBubukTabletKapletBubukTabletTeh
KandunganDaun kelor, ikan gabus Fenugreek, moringa, curcuma, anise, fennel, habatussaudaAlmondAlmond, marine collagenEkstrak kurma, almond, fenugreek, daun katuk, DHAFenugreek, blessed thistleEkstrak daun katuk, vitamin B kompleksAsam folat, vitamin C, potassium, magnesiumFenugreek, daun katukDaun teh, daun katuk, fenugreek
Bahan tambahanxxPerisa dan pewarna makananPerisa dan pewarna makananxxxPerisa identik alami, pewarna alamixx
Pilihan isi30 kapsul, 60 kapsul1 boks isi 20 teabag (3 g/teabag)170 g170 g200 g60 tablet1 boks isi 3 blister (10 kaplet/blister)1 boks isi 3 saset, 12 saset10 kaplet/blister1 boks isi 20 teabag
Tautan produk

Tips dari bidan kami, Ony Christy

Tips dari bidan kami, Ony Christy

Untuk meningkatkan produksi ASI, selain mengonsumsi ASI booster, sebaiknya ibu juga menyusui bayi sesering mungkin minimal setiap 2–3 jam. Ibu juga sebaiknya melakukan power pumping minimal satu kali sehari dan melakukan pijat laktasi


Mengurangi stres dan beristirahat cukup juga penting dilakukan ibu yang sedang menyusui. Perbanyak juga konsumsi makanan yang tinggi protein serta kacang-kacangan dan sayuran hijau.

Baca juga rekomendasi perlengkapan lainnya untuk ibu menyusui di sini

Ibu menyusui membutuhkan kenyamanan agar produksi ASI semakin lancar. Selain ASI booster, ibu menyusui membutuhkan suplemen serta perlengkapan lainnya. Klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan berbagai barang keperluan untuk ibu menyusui.

Kesimpulan

Apakah Anda merasa terbantu dengan artikel kali ini? Anda dapat memilih bentuk ASI booster sesuai dengan kemudahan konsumsinya. Anda juga bisa mencari rasa yang Anda sukai agar lebih nikmat mengonsumsinya. Jangan lupa mengecek komposisinya, ya. Hindari ASI booster yang tidak mencantumkan komposisi serta sertifikasi dari BPOM.


Sekian artikel ini dan semoga Anda mendapatkan gambaran tentang ASI booster. Selamat memberikan ASI eksklusif untuk si kecil!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Susu Ibu Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat proses menyusui, tidak hanya bayi saja yang membutuhkan nutrisi. Ibu pun harus memenuhi tubuhnya dengan gizi seimbang. Hal ini penting dilakukan agar nantinya bayi Anda bisa mendapatkan asupan nutrisi dari ASI. Salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan rutin mengonsumsi susu khusus ibu menyusui.Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips cara memilih susu ibu menyusui yang bagus. Temukan juga beberapa rekomendasi merk susu ibu menyusui, seperti Prenagen, Anmum, atau Lactamil. Yuk, temukan produk susu ibu menyusui pilihan Anda dan berikanlah yang terbaik bagi si buah hati!
    Perlengkapan & perawatan ibu
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Perubahan hormon saat kehamilan sering membuat kulit lebih sensitif. Akibatnya, kulit jadi mudah berjerawat serta lebih rentan saat terkena sinar matahari. Untuk mengatasinya, aplikasikan sunscreen untuk ibu hamil terutama ketika keluar rumah.Kali ini kami akan membahas tentang kandungan sunscreen yang aman untuk ibu hamil. Tips memilih sunscreen yang bagus untuk bumil serta rekomendasi produk dari merek terbaik juga telah kami siapkan. Ada Sensatia Botanicals, Mama's Choice, serta CeraVe. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari disimak untuk menemukan sunscreen untuk ibu hamil yang bagus!
    Perlengkapan & perawatan ibu
  • 10 Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Essential oil adalah minyak yang dihasilkan dari ekstrak akar, batang, bunga, atau buah-buahan tanaman tertentu. Minyak ini dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan cocok pula digunakan oleh ibu hamil. Pasalnya, ibu hamil membutuhkan ketenangan fisik dan mental supaya bisa menjalani proses kehamilannya dengan bahagia.Kali ini kami akan berbagi tips cara memilih essential oil yang aman untuk ibu hamil. Kami juga akan merekomendasikan produk dari merek yang bagus, seperti Young Living dan Bonnels. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan ibu
  • 10 Pelindung Puting Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pelindung Puting Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Pelindung puting merupakan alat yang sangat bermanfaat untuk mengatasi beragam masalah saat menyusui bayi. Wanita biasanya memiliki ketakutan tersendiri dalam hal menyusui. Ada yang khawatir akan kelancaran ASI, ada juga yang putingnya terasa sakit atau terluka saat menyusui. Kesulitan menyusui juga dapat dikarenakan depresi atau masalah puting yang rata.Karena itu, kini kami akan menjelaskan cara memilih pelindung puting yang tepat. Bidan Ony Christy juga turut memberikan komentarnya di artikel ini. Beberapa produk rekomendasi yang bagus, dari merek Medela, Bevavar, dan Pigeon, pun akan kami ulas. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan ibu
  • 10 Rekomendasi Bantal Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bantal Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Perubahan bentuk tubuh saat mengandung akan membuat para ibu hamil sulit menemukan posisi tidur yang nyaman. Karena itu, kami sarankan Anda menggunakan bantal hamil terbaik untuk kenyamanan tidur Anda. Untuk memudahkan Anda menemukan merek bantal hamil yang bagus, kami telah menyusun review bantal hamil untuk Anda.Kami juga menyertakan tips memilih dan rekomendasi bantal hamil terbaik. Misalnya, bantal hamil Omiland, Mooimom, Obayito, dan lain-lain. Dari sekian banyak tipe dan merek bantal hamil, Anda perlu memilih dengan teliti. Yuk, baca artikel berikut ini dan temukan best maternity pillow untuk Anda!
    Perlengkapan & perawatan ibu
  • 10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Breast Pad Terbaik Bahan Kain dan Sekali Pakai (Terbaru Tahun 2022)
    Breastfeeding atau menyusui adalah kesempatan para ibu untuk memperkuat ikatan dengan si kecil. Akan tetapi, ada kalanya Anda direpotkan dengan ASI yang sering bocor sehingga membuat bra cepat kotor. Payudara juga mudah iritasi karena sisa-sisa ASI yang menempel. Pada saat seperti itu, breast pad adalah solusinya.Terdapat dua tipe breast pad yaitu disposable dan washable. Namun, mana yang sebaiknya Anda pilih? Kami akan mengulasnya di sini sekaligus memperkenalkan rekomendasi produknya, mulai dari Pigeon, MOOIMOM, Medela, dan lainnya. Buatlah waktu Anda dengan si kecil makin menyenangkan dengan breast pad yang tepat!
    Perlengkapan & perawatan ibu
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori