• 10 Rekomendasi Bubuk Cabe Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Bubuk Cabe Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Bubuk Cabe Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Bubuk Cabe Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Bubuk Cabe Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Bubuk Cabe Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Orang Indonesia dikenal gemar menikmati makanan yang pedas. Tak heran jika cabai menjadi rempah yang harus selalu tersedia di dapur. Selain cabai segar, beberapa orang memilih untuk menyetok bubuk cabai atas alasan kepraktisan. Bubuk cabai ini bisa dicampur ke bumbu masakan atau ditabur di makanan siap saji.


Kepopuleran bubuk cabai menjadikan produk ini mudah dijumpai di pasaran. Sayangnya, keberadaan produk ini mungkin  membuat Anda bingung dalam memilih. Agar Anda lebih mudah menemukan produk terbaik, kami akan membagikan tips memilih bubuk cabai yang baik. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk bubuk cabai populer seperti Bon Cabe, Koepoe-Koepoe, dan Lemonilo. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 27 Januari 2020
  • 1.221 Views
Daftar isi

Cara memilih bubuk cabe

Sepintas, bubuk cabai memiliki bentuk dan rasa yang sama, yakni bubuk kemerahan dengan rasa pedas. Lantas bagaimana cara menentukan produk terbaik? Meski definisi terbaik atau terenak bagi tiap-tiap orang relatif, setidaknya ada beberapa poin yang harus dipertimbangkan. Simak penjelasannya satu per satu, ya.

Periksa komposisinya untuk mendapatkan rasa yang diinginkan

Semua bubuk cabai yang dijual di pasaran terbuat dari cabai kering yang dihaluskan, baik digiling atau ditumbuk. Namun, ternyata ada beberapa produk yang sudah dicampur dengan bumbu tambahan agar rasanya lebih nikmat. Sebelum memilih bubuk cabai, sebaiknya Anda memeriksa komposisinya lebih dulu, terbuat dari cabai murni atau campuran.

Bubuk cabe murni, untuk mendapatkan rasa pedas sempurna

Bubuk cabe murni, untuk mendapatkan rasa pedas sempurna

Sesuai dengan namanya, bubuk cabai murni, produk yang satu ini benar-benar terbuat dari cabai kering yang dihaluskan tanpa tambahan bumbu apapun. Rasa yang dihasilkan hanya pedas cabai tanpa rasa gurih atau asin. Dengan rasa yang cenderung kebih netral dan hanya menonjolkan rasa pedas, bubuk cabai jenis ini bisa menggantikan fungsi cabai segar. 


Anda bisa menambahkan bubuk cabai ini ke dalam masakan tanpa takut mengubah cita rasa masakan tersebut. Jika keluarga Anda ada yang tidak suka rasa pedas, Anda tak perlu bingung memasak dua versi masakan. Setelah mengambil bagian untuk anggota keluarga yang tidak doyan pedas, baru tambahkan bubuk cabai ini. Bubuk cabai murni bisa jadi cadangan saat harga cabai sedang tinggi.

Bubuk cabe dengan tambahan bumbu, untuk sensasi rasa yang berbeda

Bubuk cabe dengan tambahan bumbu, untuk sensasi rasa yang berbeda

Selain bubuk cabai yang terbuat dari cabai murni, saat ini ada bubuk cabai yang sudah dicampur dengan aneka bahan tambahan seperti penguat rasa, rempah-rempah, hingga teri. Tujuan dari pemberian bumbu tambahan ini tentu saja untuk menciptakan rasa yang unik dan berbeda dibanding bubuk cabai biasa.


Berhubung bubuk cabai jenis ini sudah mendapatkan bumbu tambahan, cita rasanya akan lebih enak jika digunakan sebagai topping untuk makanan siap saji. Misalnya dijadikan topping mie rebus atau bakso, bahkan dimakan dengan nasi putih hangat saja rasanya sudah enak. Produk ini juga sangat membantu saat dibawa travelling karena praktis dan membuat rasa makanan lebih enak.

Mau bubuk cabe yang lembut atau kasar? Pilih yang paling disukai

Mau bubuk cabe yang lembut atau kasar? Pilih yang paling disukai

Tekstur bubuk cabai yang dijual di toko bermacam-macam. Ada bubuk cabai yang teksturnya halus dan sangat lembut menyerupai tepung (powder). Ada juga bubuk cabai dengan tekstur yang kasar dan menyerupai remah-remah (flake). Terkadang biji cabainya juga masih terlihat utuh. Anda bebas memilih bubuk cabai seperti apa yang hendak dibeli.


Jika Anda berencana membuat aneka keripik pedas, makaroni goreng, atau untuk bumbu campuran pada cilok dan batagor, sebaiknya gunakan bubuk cabai dengan tekstur halus. Namun, jika Anda ingin memasak balado atau menjadikannya sebagai taburan, bubuk cabai yang teksturnya kasar akan terasa lebih nikmat. 

Periksa sertifikasi produk

Sertifikasi produk makanan memang tidak bisa menjamin rasa produknya enak, tetapi membuktikan bahwa produk tersebut layak konsumsi. Dengan mendapat sertifikasi, berarti produk sudah mendapatkan jaminan mutu sehingga pembeli tidak perlu merasa was-was. Ada beberapa jenis sertifikasi produk pangan di Indonesia. Simak penjelasannya ada di bawah ini.

Badan POM, untuk izin keamanan konsumsi produk skala manufaktur

Badan Pengawas Obat dan Makanan yang disingkat BPOM merupakan lembaga yang bertugas mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia serta mengeluarkan izin pengedaran. Produk-produk yang mendapatkan izin adalah produk yang berasal dari industri skala manufaktur.

SPP-IRT, untuk izin layak konsumsi produk skala kecil atau usaha rumahan

Sertifikat Produksi Pangan-Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) merupakan izin tertulis yang diberikan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan kepada pelaku usaha produk pangan. Fungsinya sebagai izin edar produk pangan dan menjadi jaminan bahwa produk tersebut layak dikonsumsi. Izin hanya diberikan pada pelaku industri skala kecil atau skala rumah tangga.

Jangan lupa cek tanggal kedaluwarsa!

Jangan lupa cek tanggal kedaluwarsa!

Tanggal kedaluwarsa merupakan hal paling penting yang harus diperhatikan saat membeli makanan dan minuman, termasuk bubuk cabai. Produk yang sudah melewati tenggat biasanya kualitasnya sudah memburuk dan tidak layak konsumsi. Untuk itu, sebelum membeli pastikan bubuk cabai yang Anda pilih masih dalam masa yang aman dan kedaluwarsanya masih lama.

10 Rekomendasi bubuk cabe terbaik

Setelah memahami beberapa poin untuk memilih bubuk cabai, pada bagian ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk pilihan untuk Anda. Pilihlah produk yang dapat memenuhi ekspektasi rasa pedas Anda!

10
KomposisiCabai
Isi250 gr
SertifikasiP-IRT . Halal MUI
TeksturHalus
9
Isi100 gr
KomposisiCabai Cayenne
SertifikasiTidak ada keterangan
TeksturHalus
8
KomposisiCabai India
Isi1 Kg
SertifikasiP-IRT . Halal
TeksturHalus
7
KomposisiCabai merah
Isi300 gr
SertifikasiP-IRT . Halal MUI
TeksturKasar
6
KomposisiCabai merah
Isi65 gr
SertifikasiBPOM . Halal MUI
TeksturHalus
5
Komposisi Cabai . Teri . Rempah . Penguat rasa
Isi50 gr
SertifikasiBPOM . Halal MUI
TeksturKasar
4

Kwang Che FoodsShinsunmi Gochugaru Red Pepper Powder

Rp 130.000,00

KomposisiCabai Korea
Isi450 gr
SertifikasiBPOM
TeksturKasar
3
KomposisiCabai . Bawang putih . Garam . Gula . Minyak nabati . Lada hitam
Isi50 gr
SertifikasiP-IRT . Halal MUI
TeksturHalus
2

PT Gunacipta MultirasaKoepoe Koepoe Cabe Bubuk

Rp 4.750,00

KomposisiCabai
Isi23 gr
SertifikasiBPOM
TeksturHalus
1
KomposisiCabai kering . Bawang putih . Bawang merah . Lada hitam . Lada putih . Minyak sayur . Garam. Gula . Penguat rasa
Isi45 gr
SertifikasiBPOM . Halal MUI
TeksturKasar

Tabel perbandingan produk bubuk cabe terbaik

Gambar produk
1
Kobe BonCabe Sambal Tabur Rasa Original Level 15 1

Kobe

2
PT Gunacipta Multirasa Koepoe Koepoe Cabe Bubuk 1

PT Gunacipta Multirasa

3
Lemonilo Chillita 40 Derajat 1

Lemonilo

4
Kwang Che Foods Shinsunmi Gochugaru Red Pepper Powder 1

Kwang Che Foods

5
Kobe BonCabe Sambal Tabur Rasa Teri 1

Kobe

6
Jay's Kitchen Jay's Chilli Powder 1

Jay's Kitchen

7
Mizu Ichimi Togarashi Chili Pepper 1

Mizu

8
Yutakachi  Cabe Bubuk Super Pedas 1

Yutakachi

9
Health Paradise  Organic Cayenne Pepper Powder 1

Health Paradise

10
Pacific Aida Cabe Giling  1

Pacific

Nama produk

BonCabe Sambal Tabur Rasa Original Level 15

Koepoe Koepoe Cabe Bubuk

Chillita 40 Derajat

Shinsunmi Gochugaru Red Pepper Powder

BonCabe Sambal Tabur Rasa Teri

Jay's Chilli Powder

Ichimi Togarashi Chili Pepper

Cabe Bubuk Super Pedas

Organic Cayenne Pepper Powder

Aida Cabe Giling

KeunggulanPedasnya gilaaak, langsung ...Terbuat dari 100% cabai murni Sambal tabur yang bebas MSG...Hadirkan cita rasa pedas hi...Ada potongan ikan terinya, ...Untuk masakan berkuah bisa,...Cabai bubuk khas Jepang, ni...Tersedia dalam kemasan besa...Terbuat dari cabai cayenne ...Buat sendiri aneka keripik ...
HargaRp 8.500,00Rp 4.750,00Rp 17.500,00Rp 130.000,00Rp 13.900,00Rp 11.500,00Rp 40.000,00Rp 52.000,00Rp 69.000,00Rp 12.750,00
KomposisiCabai kering . Bawang putih . Bawang merah . Lada hitam . Lada putih . Minyak sayur . Garam. Gula . Penguat rasa CabaiCabai . Bawang putih . Garam . Gula . Minyak nabati . Lada hitamCabai KoreaCabai . Teri . Rempah . Penguat rasaCabai merahCabai merahCabai India100 grCabai
Isi45 gr23 gr50 gr450 gr50 gr65 gr300 gr1 KgCabai Cayenne250 gr
SertifikasiBPOM . Halal MUIBPOM P-IRT . Halal MUIBPOMBPOM . Halal MUIBPOM . Halal MUIP-IRT . Halal MUI P-IRT . HalalTidak ada keteranganP-IRT . Halal MUI
TeksturKasarHalusHalusKasarKasarHalusKasar HalusHalusHalus
Tautan produk

Cara menyimpan bubuk cabe supaya awet

Meski sudah berbentuk bubuk dan kering, jika tidak disimpan dengan benar bubuk cabai akan mudah rusak. Bubuk cabai bisa berjamur, bahkan basah dan menggumpal. Jika kondisinya sudah seperti itu tentu saja bubuk cabai tak lagi layak dikonsumsi. Andai kata masih bisa, hasil masakannya pun tak akan maksimal. Untuk itu, Anda harus menyimpannya dengan benar.


Jika bubuk cabai yang Anda beli dalam kemasan botol, setiap selesai dipakai harus ditutup rapat. Sementara, jika Anda membeli bubuk cabai dalam kemasan plastik yang besar, sebaiknya Anda pindahkan bubuk cabai ke dalam wadah tertutup. Setelah itu, tutup rapat-rapat setiap selesai digunakan. Simpan bubuk cabai di tempat kering, jauhkan dari sinar matahari langsung, suhu panas, serta udara lembap. 

Baca juga rekomendasi sambal lainnya di sini!

Bagi Anda yang menggemari rasa pedas, makan memakai sambal adalah pilihan tatkala masakan yang terhidang di meja tidak terasa pedas sama sekali. Di bawah ini kami sudah mengulas rekomendasi sambal bawang yang pedas dan nendang. Tak hanya itu, kami juga pernah mengulas tentang saus sambal sebagai pengganti sambal alami. Penasaran? Klik saja tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Dari sepuluh bubuk cabai yang kami rekomendasikan, manakah yang paling Anda sukai? Apakah Anda sudah mendapatkan produk yang sesuai selera Anda?


Setiap produk bubuk cabai memiliki keistimewaannya sendiri, baik dari soal rasa, kemasan, hingga teksturnya. Bacalah dengan cermat penjelasan masing-masing produk supaya Anda dapat memilih bubuk cabai yang sesuai dengan keperluan. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kopi instan merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati kopi yang enak. Tidak hanya kopi panas, ada kopi instan yang bisa disajikan sebagai es kopi, kopi susu, atau kopi rendah kafein. Banyak merek kopi instan terkenal seperti NESCAFÉ, Torabika, dan Kapal Api yang mengeluarkan berbagai produk di Indonesia.Kali ini, kami akan merekomendasikan kopi instan terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan cara memilih kopi instan agar Anda dapat menemukan produk yang Anda sukai. Di bagian akhir, kami juga akan menjelaskan cara menyajikan kopi supaya menjadi lebih nikmat. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    28.801 Views
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan proses hidrasi dalam tubuh. Ternyata, ada macam-macam air mineral yang dijual di pasaran. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya?Dalam artikel ini, kami membagi informasi tentang jenis, kandungan, serta manfaat dari air mineral. Kami juga akan memberikan rekomendasi air mineral terbaik di Indonesia seperti Aqua, Club, VIT, Nestle Pure Life, Le Minerale, Eternal Plus, hingga merek lokal Equil yang populer di kalangan menengah ke atas! Sebelum Anda membeli air mineral hari ini, yuk simak artikel ini sampai selesai!
    Makanan & minuman
    49.244 Views
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    48.807 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    13.301 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Makanan & minuman
    40.354 Views
  • 10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Keju cheddar pertama kali dibuat di negara Inggris. Sejak itu, cheddar menjadi jenis keju yang paling banyak dibuat di seluruh dunia. Ciri khasnya adalah rasa asam yang lembut dan tidak berlebihan. Keju cheddar membuat piza dan telur dadar Anda menjadi semakin enak, serta cocok dijadikan isian sandwich dan salad dressing. Rasanya memang tidak tergantikan.Untuk membantu Anda, kami akan mengulas cara memilih keju cheddar sekaligus memberi rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Anchor, Bega, Kraft, dan merek lainnya. Pilihlah keju cheddar favorit Anda agar waktu makan terasa lebih istimewa. Mari kita mulai!
    Makanan & minuman
    14.676 Views
  • 10 Rekomendasi Gula dan Sweetener Rendah Kalori Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gula dan Sweetener Rendah Kalori Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Gula sebagai bahan tambahan di dalam berbagai masakan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia. Namun, tahukah Anda bila tidak semua produk gula baik untuk tubuh? Merek gula rendah kalori seperti Tropicana Slim, Nulife Sweetener, dan yang lainnya memiliki kelebihan tersendiri yang lebih menguntungkan bagi kesehatan Anda.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih gula rendah kalori yang baik bagi kesehatan Anda. Tidak hanya itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk gula maupun sweetener rendah kalori yang dapat Anda konsumsi sesuai dengan preferensi Anda. Simak terus ulasan berikut ini, ya!
    Makanan & minuman
    12.270 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori