• 10 Bubuk Cabe Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Bubuk Cabe Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Bubuk Cabe Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Bubuk Cabe Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Bubuk Cabe Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Bubuk Cabe Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)

Cabai adalah salah satu rempah yang selalu tersedia di dapur orang Indonesia. Selain cabai segar, beberapa orang memilih untuk menstok bubuk cabai kering. Dengan cabai bubuk, Anda bisa langsung menghidangkan makanan pedas tanpa perlu menggiling cabai. Makaroni, seblak, hingga masakan Korea bisa menjadi lebih nikmat dengan taburan bubuk cabai.


Kali ini kami akan memberikan tips memilih bubuk cabe yang enak sekaligus membagikan beberapa rekomendasi produknya. Merek cabe bubuk yang bagus, seperti BonCabe dan Aida, ada di dalamnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Nurrahma Asri S.
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Praktisi herbal, Nurrahma Asri Saraswati

Profil pakar: Praktisi herbal, Nurrahma Asri Saraswati
Nurrahma Asri S.
Praktisi herbal dan wirausaha
Nurrahma Asri S.

Asri adalah wirausaha dan juga praktisi herbal selama hampir 8 tahun. Melalui Agradaya dan warung Murakabi Minggir, Asri mengolah pangan lokal dan rempah-rempah khas Indonesia sehingga nilainya lebih tinggi. Asri juga melakukan edukasi tentang penggunaan tanaman rempah untuk keluarga serta kelompok tani.


Award yang pernah diraihnya antara lain adalah Perempuan Penjaga Bumi versi majalah Tempo 2018, CNN Indonesia Hero, dan Local Hero versi DSC X. Saat ini Asri sedang mengikuti kursus pendek mengenai Woman in Business sebagai salah satu Australian Award awardee.  

Apa manfaat bubuk cabe?

Apa manfaat bubuk cabe?

Keberadaan bubuk cabai memang menjadi penyelamat saat Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengolah cabai segar. Karena kepraktisannya, cabai tabur sering dimanfaatkan untuk tambahan berbagai jenis camilan. Terlebih, kepedasan bubuk cabe juga tak kalah nikmat dengan cabai atau sambal pada umumnya.


Tak hanya mudah diolah, cabe bubuk juga mempunyai banyak manfaat kesehatan berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya. Menurut U.S Department of Agriculture, setiap 100 gram cabai bubuk mengandung serat sebanyak 34,8 gram. Tak heran bila mengonsumsi bumbu tabur pedas ini dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga mencegah terjadinya sembelit.


Bubuk cabai juga kaya akan zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah, serta meningkatkan aliran darah. Kandungan vitamin dalam bubuk cabai juga tergolong variatif. Di dalamnya terdapat vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata, serta vitamin C yang efektif meningkatkan kekebalan tubuh.


Karena banyaknya manfaat bubuk cabe, banyak orang gemar menaburkannya ke dalam makanan. Namun, jangan sembarangan memilih bubuk cabai, ya! Pastikan Anda membaca penjelasan kami di bawah ini terlebih dahulu sebelum berbelanja.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih bubuk cabe

Sepintas, bubuk cabai memiliki bentuk dan rasa yang sama yakni bubuk kemerahan dengan rasa pedas. Jadi, bagaimana cara menentukan produk terbaik? Meski definisi terbaik atau terenak bagi tiap-tiap orang relatif, setidaknya ada beberapa poin yang harus dipertimbangkan. Simak penjelasannya satu per satu, ya.

Kenali berbagai tipe bubuk cabe

Pada dasarnya, bubuk cabai dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan asal cabai yang digunakan. Selain cabai lokal, Anda juga bisa dengan mudah menemukan produk yang memanfaatkan cabai Korea, Jepang, atau India. Kami akan menjelaskan perbedaannya di bawah ini.

Bubuk cabe lokal: Lebih mudah ditemukan di pasaran

Bubuk cabe lokal: Lebih mudah ditemukan di pasaran

Karena diproduksi menggunakan cabai dari pertanian lokal, jenis bubuk cabai ini tergolong mudah ditemukan di pasaran. Cabai lokal yang dimanfaatkan juga sangat bervariasi, mulai dari cabai merah hingga cabe cayenne.


Tingkat kepedasan yang ditawarkan bubuk cabe lokal pun cenderung lebih beragam. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menyesuaikan dengan jenis masakan yang ingin dihidangkan.

Bubuk cabe Korea: Rasa pedasnya lebih lembut di lidah

Bubuk cabe Korea: Rasa pedasnya lebih lembut di lidah

Bubuk cabai Korea dikenal juga dengan sebutan gochugaru. Jenis cabai bubuk ini secara tradisional terbuat dari cabai atau paprika merah yang dikeringkan tanpa biji.  Hal itu yang menjadi perbedaan gochugaru dengan bubuk cabe biasa. 


Ketiadaan biji juga membuat rasa gochugaru tidak begitu pedas dibandingkan bubuk cabai lokal. Rasa gochugaru lebih seperti perpaduan antara pedas, manis, dan sedikit smoky

Bubuk cabe Jepang: Lebih kaya rasa berkat komposisinya

Bubuk cabe Jepang: Lebih kaya rasa berkat komposisinya

Bubuk cabai Jepang sering disebut sebagai shichimi togarashi yang artinya cabai tujuh rasa. Sesuai namanya, bubuk cabe jenis ini mengandung tujuh bahan utama. Mulai dari cabai merah, lada sansho, biji rami, biji wijen, jahe, kulit jeruk yuzu, dan nori. Karena kekayaan bahan ini, cabe bubuk Jepang memiliki rasa yang lebih khas.


Selain itu, ada pula bubuk cabai Jepang yang hanya memanfaatkan cabai sehingga rasanya tidak sekaya shichimi togarashi. Di Jepang, bubuk cabai dengan satu rasa ini biasanya disebut ichimi togarashi.

Bubuk cabe India: Warnanya lebih merah menyala

Bubuk cabe India: Warnanya lebih merah menyala

Ciri khas dari cabai bubuk India terletak pada warnanya yang merah terang. Hal tersebut berkat penggunaan cabai merah India atau dikenal sebagai cabai Kashmir. Tak heran bila bubuk cabai ini sering digunakan untuk memberi warna kemerahan pada masakan. Soal rasa, bubuk cabe India justru tidak terlalu pedas ataupun panas. Jadi, jangan tertipu dengan tampilan warnanya, ya.

Periksa komposisinya untuk mendapatkan rasa yang diinginkan

Semua bubuk cabai yang dijual di pasaran terbuat dari cabai kering yang dihaluskan, baik digiling maupun ditumbuk. Namun, ternyata ada beberapa produk yang sudah dicampur dengan bumbu tambahan agar rasanya lebih nikmat. Sebelum memilih bubuk cabai, sebaiknya Anda memeriksa komposisinya lebih dahulu, apakah terbuat dari cabai murni atau campuran.

Bubuk cabe murni, untuk mendapatkan rasa pedas sempurna

Bubuk cabe murni, untuk mendapatkan rasa pedas sempurna

Sesuai dengan namanya, bubuk cabai murni benar-benar terbuat dari cabai kering yang dihaluskan tanpa tambahan bumbu apa pun. Rasa yang dihasilkan hanya pedas cabai tanpa rasa gurih atau asin. Dengan rasa yang cenderung lebih netral dan hanya menonjolkan rasa pedas, serbuk cabai ini bisa menggantikan fungsi cabai segar.


Bubuk cabe murni memiliki wangi yang menyengat khas wangi pedas cabai. Anda dapat menambahkan serbuk pedas ini ke dalam masakan tanpa takut mengubah cita rasa masakan tersebut. Anda bisa membuat dua versi masakan dengan menambahkan bubuk cabai ini yaitu versi pedas dan tidak pedas. Cabai bubuk murni cocok dijadikan cadangan saat harga cabai sedang tinggi.

Bubuk cabe dengan tambahan bumbu, untuk sensasi rasa yang berbeda

Bubuk cabe dengan tambahan bumbu, untuk sensasi rasa yang berbeda

Berbeda dengan bubuk cabai murni, jenis bubuk cabai ini sudah dicampur dengan aneka bahan tambahan. Ada produk yang ditambahkan penguat rasa, rempah-rempah, hingga teri. Tujuan dari pemberian bumbu tambahan ini tentu saja untuk menciptakan rasa yang unik dan berbeda dibandingkan cabai bubuk biasa.


Karena adanya bumbu tambahan, cita rasa cabai bubuk ini akan lebih enak jika dijadikan topping makanan siap saji. Anda bisa menjadikannya topping mi rebus atau bakso. Dimakan dengan nasi putih hangat pun rasanya sudah enak. Bumbu serbuk pedas ini juga praktis untuk dibawa travelling karena langsung membuat rasa makanan lebih enak.

Mau bubuk cabe yang lembut atau kasar? Pilih yang paling disukai

Mau bubuk cabe yang lembut atau kasar? Pilih yang paling disukai

Tekstur bubuk cabai yang dijual di toko bermacam-macam. Ada cabai bubuk yang teksturnya halus, ada pula yang teksturnya kasar. Dengan begitu, Anda bebas memilih bumbu pedas bubuk seperti apa yang hendak dibeli.


  • Bubuk cabai halus umumnya memiliki tekstur yang sangat lembut hingga menyerupai tepung (powder). Karena itu, bubuk cabe halus sangat disarankan untuk Anda yang berencana membuat aneka camilan. Cabe bubuk halus seperti ini bisa cepat meresap ke dalam keripik, basreng, hingga makaroni goreng. Dijadikan bumbu campuran pada cilok dan batagor pun nikmat.

  • Bubuk cabai kasar biasanya memiliki tekstur yang menyerupai remah-remah (flake). Terkadang bahkan biji cabainya juga masih terlihat utuh. Jika Anda ingin memasak balado atau menjadikannya sebagai taburan, penambahan bubuk cabe kasar akan terasa lebih nikmat.

Periksa sertifikasi produk

Sertifikasi produk makanan memang tidak bisa menjamin rasa produknya enak, tetapi membuktikan bahwa produk tersebut layak konsumsi. Dengan mendapat sertifikasi, berarti produk tersebut sudah mendapatkan jaminan mutu sehingga pembeli tidak perlu merasa ketar-ketir. Ada beberapa jenis sertifikasi produk pangan di Indonesia. Simak penjelasannya berikut ini.

Badan POM, untuk izin keamanan konsumsi produk skala manufaktur

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merupakan lembaga yang bertugas mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia. Lembaga ini juga memiliki tugas untuk mengeluarkan izin pengedaran. Produk-produk yang mendapatkan izin BPOM adalah yang berasal dari industri skala manufaktur.

SPP-IRT, untuk izin layak konsumsi produk skala kecil atau usaha rumahan

Selanjutnya adalah Sertifikat Produksi Pangan-Industri Rumah Tangga (SPP-IRT). SPP-IRT merupakan izin tertulis yang diberikan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan kepada pelaku usaha produk pangan. Fungsinya sebagai izin edar produk pangan dan menjadi jaminan bahwa produk tersebut layak dikonsumsi. Izin hanya diberikan kepada pelaku industri skala kecil atau skala rumah tangga.

10 Rekomendasi bubuk cabe terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bubuk cabai terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Nurrahma Asri Saraswati.

10
TipeBubuk cabai Jepang
KomposisiCabai merah, kulit jeruk panggang, wijen hitam, wijen, lada, rumput laut, jahe
Isi18 g
SertifikasiBPOM
TeksturKasar
9

Health Paradise Organic Cayenne Pepper Powder

Mulai dari Rp 50.000,00

TipeBubuk cabai India
KomposisiCabai cayenne organik
Isi100 g
SertifikasiTidak ada keterangan
TeksturHalus
8

Kwang Che FoodsShinsunmi Gochugaru Red Pepper Powder

Mulai dari Rp 125.000,00

TipeBubuk cabai Korea
KomposisiCabai Korea
Isi454 g
SertifikasiBPOM
TeksturKasar
7
TipeBubuk cabai lokal
KomposisiCabai, teri, rempah, penguat rasa
Isi50 g
SertifikasiBPOM, Halal MUI
TeksturKasar
6
TipeBubuk cabai Korea
KomposisiCabai Korea
Isi50 g
SertifikasiHalal
TeksturHalus
5
TipeBubuk cabai lokal
KomposisiCabai merah
Isi65 g
SertifikasiBPOM, Halal MUI
TeksturHalus
4

Sumber Tjandra AbadiYutakachi Cabe Bubuk Super Pedas

Mulai dari Rp 6.500,00

TipeBubuk cabai India
KomposisiCabai India
Isi100 g, 1.000 g
SertifikasiP-IRT, Halal
TeksturHalus
3
TipeBubuk cabai lokal
KomposisiCabai, bawang goreng, penguat rasa, bawang, gula, garam, perisa sintetik, antikempal, perisa alami, minyak cabai
Isi35 g
SertifikasiBPOM, Halal MUI
TeksturKasar
2

Gunacipta MultirasaKoepoe Koepoe Cabe Bubuk

Mulai dari Rp 5.000,00

TipeBubuk cabai lokal
KomposisiCabai
Isi23 g
SertifikasiBPOM
TeksturHalus
1
TipeBubuk cabai lokal
KomposisiCabai
Isi25 g, 250 g, 500 g
SertifikasiP-IRT, Halal MUI
TeksturHalus

Tabel perbandingan produk bubuk cabe terbaik

Gambar produk
1
Pacific Aida Cabe Giling  1

Pacific

2
Gunacipta Multirasa Koepoe Koepoe Cabe Bubuk 1

Gunacipta Multirasa

3
Unilever Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng 1

Unilever

4
Sumber Tjandra Abadi Yutakachi Cabe Bubuk Super Pedas 1

Sumber Tjandra Abadi

5
Jay's Kitchen Chilli Powder 1

Jay's Kitchen

6
Hay's Gochugaru Powder 1

Hay's

7
Kobe BonCabe Sambal Tabur Rasa Teri 1

Kobe

8
Kwang Che Foods Shinsunmi Gochugaru Red Pepper Powder 1

Kwang Che Foods

9
Health Paradise  Organic Cayenne Pepper Powder 1

Health Paradise

10
House Foods Shichimi Togarashi 1

House Foods

Nama produk

Aida Cabe Giling

Koepoe Koepoe Cabe Bubuk

Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng

Yutakachi Cabe Bubuk Super Pedas

Chilli Powder

Gochugaru Powder

BonCabe Sambal Tabur Rasa Teri

Shinsunmi Gochugaru Red Pepper Powder

Organic Cayenne Pepper Powder

Shichimi Togarashi

Keunggulan

Buat sendiri aneka keripik dan makaroni pedasmu!

Rasakan kelezatan cabai segar di dalamnya

Masak antiribet dengan bubuk cabai ini

Tersedia dalam kemasan kiloan, serta memiliki harga termurah

Untuk masakan berkuah bisa, untuk barbeku pun oke

Kondisi bubuk cabai tetap baik meski lama disimpan

BonCabe bubuk dengan potongan ikan teri gurih!

Hadirkan cita rasa pedas yang khas Korea pada kimchi

Terbuat dari cabai cayenne yang baik untuk kesehatan

Cabai bubuk khas Jepang, nikmat disantap bersama ramen

Harga mulai dariRp 2.100,00Rp 5.000,00Rp 6.900,00Rp 6.500,00Rp 16.800,00Rp 13.000,00Rp 12.500,00Rp 125.000,00Rp 50.000,00Rp 26.100,00
TipeBubuk cabai lokalBubuk cabai lokalBubuk cabai lokalBubuk cabai IndiaBubuk cabai lokalBubuk cabai KoreaBubuk cabai lokalBubuk cabai KoreaBubuk cabai IndiaBubuk cabai Jepang
KomposisiCabaiCabaiCabai, bawang goreng, penguat rasa, bawang, gula, garam, perisa sintetik, antikempal, perisa alami, minyak cabaiCabai IndiaCabai merahCabai KoreaCabai, teri, rempah, penguat rasaCabai KoreaCabai cayenne organikCabai merah, kulit jeruk panggang, wijen hitam, wijen, lada, rumput laut, jahe
Isi25 g, 250 g, 500 g23 g35 g100 g, 1.000 g65 g50 g50 g454 g100 g18 g
SertifikasiP-IRT, Halal MUIBPOM BPOM, Halal MUIP-IRT, HalalBPOM, Halal MUIHalalBPOM, Halal MUIBPOMTidak ada keteranganBPOM
TeksturHalusHalusKasarHalusHalusHalusKasarKasarHalusKasar
Tautan produk

Cara menyimpan bubuk cabe supaya awet

Cara menyimpan bubuk cabe supaya awet

Meski sudah berbentuk bubuk dan kering, jika tidak disimpan dengan benar, bubuk cabai akan mudah rusak. Bubuk cabai bisa berjamur, bahkan basah dan menggumpal. Jika kondisinya sudah seperti itu, tentu bubuk cabai tak lagi layak dikonsumsi. Andai kata masih bisa, hasil masakannya pun tak akan maksimal. Untuk itu, Anda harus menyimpannya dengan benar.


Jika bubuk cabai yang Anda beli dikemas dalam botol, Anda harus menutupnya rapat-rapat setelah dipakai. Sementara jika Anda membeli bubuk cabai dalam kemasan plastik besar, sebaiknya pindahkan bubuk cabai ke dalam wadah tertutup. Setelah itu, tutup rapat-rapat setiap selesai digunakan. Simpan bubuk cabai di tempat kering, jauhkan dari sinar matahari langsung, suhu panas, serta udara lembap

Tips dari praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati

Tips dari praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati

Anda bisa membuat sendiri bubuk cabai di rumah untuk stok. Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatannya:

  1. Pertama-tama, siapkan cabai sesuai jumlah yang diinginkan.
  2. Selanjutnya, keringkan cabai di bawah sinar matahari selama 3–5 hari. Anda juga bisa menggunakan oven pada suhu maksimal 100 derajat selama 12 jam agar tetap berwarna merah cerah.
  3. Untuk mempertahankan warna merah yang cantik, keringkan cabai dengan dehidrator. Haluskan cabai kering dengan blender sampai teksturnya sesuai keinginan. Jangan lupa menyimpannya di wadah yang kering dan tertutup rapat. 

Baca juga rekomendasi sambal lainnya di sini

Bagi Anda yang menggemari rasa pedas, makan memakai sambal memang pilihan terbaik. Selain bubuk cabai, Anda juga bisa menambahkan sambal bawang, saus sambal, hingga chili oil. Jika Anda penasaran dengan produk rekomendasi kami untuk beragam jenis sambal tersebut, mari kunjungi artikel kami di bawah ini.

Kesimpulan

Dari sepuluh bubuk cabai yang kami rekomendasikan, manakah yang paling Anda sukai? Apakah Anda sudah mendapatkan produk yang sesuai selera Anda?


Setiap produk bubuk cabai memiliki keistimewaannya sendiri, baik dari soal rasa, kemasan, hingga teksturnya. Bacalah dengan cermat penjelasan tiap-tiap produk supaya Anda dapat memilih bubuk cabai yang sesuai dengan keperluan. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang baik. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Filma, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulannya masing-masing.Guna mendapatkan produk yang tepat, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian? Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    Menambahkan penyedap rasa merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap. Penyedap rasa memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Kali ini kami akan membahas cara memilih penyedap rasa yang enak sekaligus aman dikonsumsi.Anda bisa memilih penyedap rasa dengan MSG yang harganya terjangkau dari merek terkenal Sasa, Masako, dan Royco. Lalu, ada juga penyedap rasa non MSG untuk MPASI dan diet, contohnya Jay's Kitchen, Lemonilo, serta Pawon Ibun. Ada komentar dari cook, Debbie Ariesthea juga, lho. Simak terus artikel ini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Bumbu Merk Kobe Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Bumbu Merk Kobe Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar memasak, Anda mungkin sudah tidak asing dengan berbagai produk dari merk Kobe. Kobe adalah produsen bumbu masakan yang memiliki banyak variasi produk, mulai dari cabe bubuk hingga tepung bumbu. Dengan tepung bumbu dari Kobe, membuat gorengan yang renyah dan lezat jadi lebih mudah!Di artikel ini kami akan memberikan tips yang akan membantu Anda memilih tepung bumbu Kobe yang sesuai dengan kebutuhan. Rekomendasi produk terbaiknya juga telah kami siapkan. Jadi, jika Anda berencana membeli tepung bumbu dari Kobe, simak artikel ini sampai habis, ya.
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori