mybest
Stroller

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan bayi
  4. 10 Rekomendasi Stroller Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Stroller Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Stroller Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Stroller Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Stroller Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Stroller Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Stroller Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Stroller roda tiga belakangan ini menarik perhatian para ibu muda karena memiliki penampilan yang lebih stylish. Selain itu, jenis ini juga tidak pasaran karena orang lebih banyak menggunakan stroller roda empat ketimbang yang beroda tiga. 


Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih stroller roda tiga yang bagus dan tepat. Kami juga akan merekomendasikan merek terbaik yang bisa Anda pilih, antara lain merek Cocolatte atau Baby Jogger. Simak baik-baik dan dapatkan stroller dengan model stylish ini! 

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Perbandingan stroller roda 3 dengan roda 4

Perbandingan stroller roda 3 dengan roda 4

Apakah Anda sedang mencari stroller? Stroller yang ada di pasaran Indonesia memang lebih banyak beroda empat. Namun, stroller roda tiga bisa Anda jadikan pertimbangan untuk dibeli. Agar Anda lebih paham, berikut ini kami paparkan perbandingan dari kedua stroller tersebut.


  • Jika dibandingkan dengan stroller roda empat, stroller roda tiga jauh lebih smooth saat didorong. Maka dari itu, di luar negeri, stroller model ini banyak dipakai oleh ibu-ibu yang joging sambil mendorong stroller

  • Karena jalannya lebih luwes, Anda bahkan bisa mendorong stroller roda tiga cukup menggunakan satu tangan. Hal ini akan sulit dilakukan jika Anda memiliki stroller roda empat. Itu sebabnya stroller roda tiga cenderung diminati oleh para ibu, khususnya jika pergi berdua saja bersama bayi. 

  • Jika dibandingkan stroller roda empat, stroller roda tiga juga lebih nyaman dipakai bermanuver di lorong-lorong yang sempit, seperti di supermarket. Stroller roda empat biasanya butuh sedikit effort saat berbelok atau bermanuver. 

  • Lalu, beberapa jenis stroller roda tiga, ukurannya ada yang jauh lebih besar dan berat dibandingkan stroller roda empat. Hal itu membuat produk tersebut memiliki kestabilan yang lebih baik.

Cara memilih stroller roda tiga

Sebelum Anda membeli stroller roda tiga, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Pertama, Anda perlu mencari stroller yang sesuai dengan umur bayi Anda. Lalu, model, jenis ban, dan fungsi lainnya juga perlu Anda cek dan cermati. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja baca ulasan kami di bawah ini. 

1

Pilih stroller yang sesuai dengan usia bayi

Tidak semua stroller bisa digunakan untuk bayi yang baru lahir. Beberapa stroller biasanya didesain untuk anak yang sudah bisa duduk tegak, sekitar umur 6 bulan ke atas. Salah satu cara membedakannya adalah dengan mengetahui besarnya sudut reclining chair pada stroller. Maka dari itu, pastikan stroller yang Anda pilih sudah tepat. 

Untuk bayi 1–6 bulan, cari stroller dengan sudut kemiringan 150°

Untuk bayi 1–6 bulan, cari stroller dengan sudut kemiringan 150°

Jika Anda mencari stroller roda tiga yang bisa dipakai mulai dari bayi baru lahir, pastikan tempat duduknya bisa diatur hingga 150°. Sudut kemiringan ini sangat ideal, khususnya untuk bayi yang belum bisa duduk sama sekali. Posisi 150°merupakan posisi tidur yang memang direkomendasikan untuk bayi.


Pastikan juga stroller yang didesain untuk bayi baru lahir juga memiliki deep reclining seat atau bassinet. Hal ini untuk mendukung kepala bayi tetap aman selama berada di dalam stroller

Untuk bayi 7 bulan ke atas, pilih stroller dengan kemiringan 100°

Untuk bayi 7 bulan ke atas, pilih stroller dengan kemiringan 100°

Pilihan stroller untuk bayi usia 7 bulan ke atas biasanya lebih beragam. Pada umur ini, umumnya bayi sudah bisa duduk dan kepalanya pun jauh lebih kuat. 


Namun, untuk kenyamanan, pastikan stroller dapat direbahkan hingga kemiringan 100°. Akan lebih baik lagi jika stroller tersebut bisa diatur posisinya untuk rebahan, duduk, dan makan

2

Sesuaikan model stroller dengan keperluan Anda

Saat ini ada beberapa model stroller roda tiga yang bisa Anda pilih. Anda bisa menyesuaikan model serta ukurannya dengan preferensi masing-masing.

Stroller compact: Mudah disimpan dalam bagasi mobil

Stroller compact: Mudah disimpan dalam bagasi mobil

Stroller roda tiga memiliki berbagai jenis ukuran. Jika ingin membawa stroller menggunakan mobil, pastikan ukurannya saat dilipat bisa masuk ke dalam bagasi mobil Anda. Bila bagasi mobil Anda kecil, pilihlah stroller berukuran compact. Namun, jika Anda memiliki bagasi mobil yang cukup besar, seharusnya ukuran apapun tidak akan jadi masalah. 

Stroller ringan dan ramping: Ideal untuk Anda yang sering naik transportasi umum

Stroller ringan dan ramping: Ideal untuk Anda yang sering naik transportasi umum

Jika Anda sering bepergian menggunakan transportasi umum seperti KRL atau MRT, kami merekomendasikan stroller yang ringan dan ramping. Carilah yang memiliki lebar 55 cm atau kurang supaya stroller dapat melewati gerbang tiket di stasiun kereta


Selain itu, perhatikan juga bobot dari stroller yang akan Anda beli. Kebanyakan stroller roda tiga memiliki bobot 5-10 kg. Jika Anda sering naik bus, akan lebih baik jika Anda mencari stroller dengan bobot yang paling ringan. 

3

Ketahui jenis ban dan jumlah rodanya

Selain model dan ukuran stroller, Anda juga perlu mencermati jenis dan jumlah roda stroller. Hal ini akan memengaruhi manuver stroller serta kemudahannya saat didorong. 

Ban berisi udara: Stroller lebih mudah dikemudikan

Ban berisi udara: Stroller lebih mudah dikemudikan

Jika Anda menginginkan stroller yang mudah dikemudikan dan minim getaran, pilih jenis stroller yang menggunakan ban berisi udara. Ban jenis ini seperti roda sepeda yang dapat meredam guncangan dan getaran di jalanan yang tidak rata


Hal ini dapat membuat bayi Anda lebih nyaman saat berada di dalam stroller. Sayangnya, ban udara memiliki risiko kempis karena tertusuk benda tajam dan daya tahannya agak rendah. Maka dari itu, saat ini tidak banyak stroller roda tiga yang menggunakan ban jenis ini. 

Ban maintenance-free: Lebih mudah dirawat dan awet

Ban maintenance-free: Lebih mudah dirawat dan awet

Kemudian, ada juga stroller roda tiga yang menggunakan maintenance-free tires. Ban jenis ini lebih minim perawatan karena tidak akan bocor atau kempis. Biasanya, ban maintenance-free adalah jenis ban solid


Meskipun mudah perawatannya dan lebih awet, ban ini kurang bisa meredam getaran di jalanan yang tidak rata. Selain itu, seller yang memberikan informasi tentang ban stroller pun masih sangat minim. Jadi, jika Anda peduli terhadap jenis ban yang digunakan, Anda bisa menanyakannya langsung kepada penjual sebelum membeli.   

Roda single: Dapat berjalan lebih luwes

Roda single: Dapat berjalan lebih luwes

Selain jenis ban, jumlah ban depan juga memengaruhi kemulusan stroller saat dikendalikan. Roda single unggul karena dapat berjalan dengan bunyi yang lebih halus. Sebagai contoh, jika Anda melewati jalanan conblock, roda single tidak akan menghasilkan bunyi gemeretak. Namun, saat melewati jalan yang berkerikil, roda single mungkin tidak sestabil roda double

Roda double: Lebih stabil digunakan di permukaan yang tidak rata

Roda double: Lebih stabil digunakan di permukaan yang tidak rata

Dibandingkan roda single, roda double jauh lebih stabil saat dipakai, terutama di jalanan tidak rata. Anda pun tak perlu khawatir selip atau tergelincir saat mendorong stroller. Kemungkinan stroller terbalik juga lebih kecil karena kedua roda di depannya membuat stroller makin stabil


Di sisi lain, dengan bertambahnya jumlah ban, ada kekhawatiran bahwa kemudahan stroller saat digunakan akan sedikit lebih rendah. Namun, untuk memastikan, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu di toko. 

4

Pastikan stroller dilengkapi rem

Pastikan stroller dilengkapi rem

Karena berat, stroller roda tiga cenderung akan meluncur saat melintasi jalanan yang menurun. Maka dari itu, pastikan stroller yang Anda pilih disertai dengan rem. Tanpa rem, Anda mungkin harus bersusah payah menahan stroller yang berat dengan tenaga Anda sendiri


Stroller yang banyak dijual di Indonesia memang rata-rata memiliki rem. Namun, rem tersebut merupakan rem kaki, bukan rem tangan. Stroller dengan rem tangan biasanya adalah produk buatan luar yang jarang dijual di Indonesia.

5

Periksa fungsi tambahan yang disediakan

Periksa fungsi tambahan yang disediakan

Selain rem tangan, Anda juga perlu memeriksa fungsi tambahan yang ditawarkan oleh tiap-tiap produk. Salah satu fungsi yang keberadaannya penting adalah kanopi. Dengan adanya kanopi, si kecil akan terlindungi saat berada di dalam stroller, baik dari panas maupun hujan. 


Kemudian, untuk mengurangi beban bawaan, pertimbangkan juga stroller yang memiliki keranjang besar. Bila ingin dipakai traveling, tambahan travel bag untuk menyimpan stroller juga bisa dipilih. Di luar itu, carilah fungsi tambahan lain yang sesuai dengan kebutuhan Anda atau si kecil, ya.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi stroller roda tiga terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk stroller roda tiga terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Cocolatte

UR 2008 Isport

Cocolatte UR 2008 Isport 1

Rp1.299.000

Menengah

Desain stylish dengan warna eyecatching yang memikat hati

2

CYBEX

Mycro T

CYBEX Mycro T 1

Rp1.599.000

Menengah

Ramping dan ringan, cocok dibawa bepergian menggunakan kendaraan umum

3

Cocolatte

Flame R Travel SystemCL 536

Cocolatte Flame R Travel System 1

Rp3.799.000

Agak Mahal

Dilengkapi dengan removable carier yang bisa dilepas-pasang

4

BabyDoes

Stroller Jogger5016

BabyDoes Stroller Jogger 1

Rp1.650.000

Agak Mahal

Dirancang khusus untuk jogging bersama bayi

5

Pliko

Milano568

Pliko Milano 1

Rp1.000.000

Menengah

Memiliki roda bersuspensi yang buat stroller mudah dikendalikan

6

Labeille

Flour A-503N

Labeille Flour  1

Rp699.000

Agak Murah

Makin mudah dibawa sendiri berkat sistem lipat satu tangan

7

BabyElle

WaveS300

BabyElle Wave 1

Rp935.000

Menengah

Ukurannya compact, muat masuk kabin

8

Creative

Baby Runner 2BS328

Creative Baby Runner 2 1

Rp519.500

Agak Murah

Ada meja dan mainan, si kecil pun makin betah

9

Quinny

Zapp Xpress StrollerAll Black

Quinny Zapp Xpress Stroller 1

Rp4.799.000

Lebih Mahal

Tampilannya modern dan elegan dengan warna hitam netral

10

Babydoes

AnzuLC200S

Babydoes Anzu 1

Rp570.000

Agak Murah

Bebas dari gangguan nyamuk dengan adanya kelambu

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

CocolatteUR 2008 Isport

UR 2008 Isport 1
Sumber: shopee.co.id
UR 2008 Isport 2
Sumber: shopee.co.id
UR 2008 Isport 3
Sumber: shopee.co.id
UR 2008 Isport 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp1.299.000
Menengah
Harga referensi
Rp1.299.000
Menengah

Desain stylish dengan warna eyecatching yang memikat hati

Selain kenyamanan, desain yang menarik juga menjadi hal penting dalam memilih stroller. Jika Anda ingin tampak modis saat mendorong stroller, pilihlah produk ini! Terdapat delapan pilihan warna mencolok yang pasti akan memikat hati kaum ibu. 


Desainnya yang stylish dapat menyesuaikan dengan gaya Anda. Tentu Anda akan menjadi pusat perhatian saat berkumpul bersama teman-teman! Selain itu, stroller ini juga dilengkapi sandaran tangan sehingga si kecil makin nyaman duduk di stroller. Ikut Mama window shopping ke mal? Pasti betah, deh!

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

CYBEXMycro T

Harga referensi
Rp1.599.000
Menengah

Ramping dan ringan, cocok dibawa bepergian menggunakan kendaraan umum

Untuk Anda yang terbiasa pergi naik kendaraan umum membawa balita, coba lirik stroller dari CYBEX. Bobot stroller-nya sangat ringan sehingga memudahkan Anda meski harus menggotongnya saat menaiki kendaraan umum. 


Ketika dilipat, bentuk stroller ini sangat ramping dan tidak makan tempat. Anda bisa menyimpannya di sela-sela kaki tanpa mengganggu penumpang lain. Kursi stroller-nya juga empuk sehingga nyaman untuk si kecil.

No.3

CocolatteFlame R Travel SystemCL 536

Harga referensi
Rp3.799.000
Agak Mahal

Dilengkapi dengan removable carier yang bisa dilepas-pasang

Ketika bepergian dengan bayi, Anda mungkin akan kerepotan memindahkan mereka saat sedang tidur. Belum lagi jika bayi Anda mudah terbangun saat dipindahkan. Bila Anda sering merasakan kerepotan tersebut, pilihlah stroller dari Cocolatte


Produk ini dilengkapi dengan removable carrier yang bisa dilepas-pasang tanpa harus memindahkan bayi. Jadi, ketika sudah sampai di mobil, Anda tinggal melepas dudukannya dan menjadikan tempat duduknya sebagai carseat. Dengan kemudahan ini, Anda tak perlu repot lagi menunggu jam tidur dan jam bangun si bayi saat mau pergi. Bayi tidur nyenyak, aktivitas Anda pun lebih lancar. 

No.4

BabyDoesStroller Jogger5016

Harga referensi
Rp1.650.000
Agak Mahal

Dirancang khusus untuk jogging bersama bayi

Apakah Anda hobi joging? Punya bayi bukanlah alasan untuk tidak lagi melakukan hobi Anda tersebut. Anda bisa membawa bayi Anda berjoging dengan stroller dari BabyDoes karena stroller ini memang khusus dirancang untuk joging. 


Terdapat shockbreaker yang akan meredam guncangan meski jalanan tidak rata. Anda pun tak perlu khawatir bayi merasa terganggu bahkan saat ia tidur sekalipun. Lalu, karena terbuat dari material aluminium chasis, bobot stroller ini juga sangat ringan lho.

No.5

PlikoMilano568

Harga referensi
Rp1.000.000
Menengah

Memiliki roda bersuspensi yang buat stroller mudah dikendalikan

Bila Anda mencari stroller roda tiga yang bisa dipakai mulai dari bayi baru lahir, kami rekomendasikan produk Pliko. Kanopi stroller ini bisa dilepas sehingga Anda bisa memaksimalkan cahaya matahari saat menjemur bayi.


Selain itu, stroller ini juga punya roda-roda bersuspensi sehingga roda dapat berjalan dengan mulus. Stroller mudah dikendalikan dan bayi akan merasa nyaman meski jalanan di sekitar rumah berkerikil atau tidak rata. 

No.6

LabeilleFlour A-503N

Harga referensi
Rp699.000
Agak Murah

Makin mudah dibawa sendiri berkat sistem lipat satu tangan

Apabila Anda sering bepergian berdua dengan anak Anda, Anda tentu mencari stroller yang mudah dilipat dan dibuka. Kami merekomendasikan stroller Labeille untuk Anda miliki. Alasannya karena produk ini memiliki sistem lipat satu tangan. 


Jadi, Anda hanya perlu menggunakan satu tangan untuk melipat stroller. Praktis dan cepat! Selain itu, keranjang di bawah stroller juga sangat besar dan muat menampung tas bayi Anda. Jalan-jalan berdua bersama bayi jadi lebih menyenangkan dan mudah. 

No.7

BabyElleWaveS300

Harga referensi
Rp935.000
Menengah

Ukurannya compact, muat masuk kabin

Bila Anda berencana membawa si kecil pergi berlibur naik pesawat, kami rekomendasikan stroller dari BabyElle ini untuk dibawa. Ukurannya yang compact dapat dilipat dan dimasukan ke kabin. Jadi, Anda tetap bisa nyaman membawa si kecil di stroller hingga ke dalam pesawat.


Bila ingin dibawa masuk bagasi, stroller ini juga dilengkapi traveling bag. Stroller tetap aman di bagasi pesawat tanpa perlu khawatir lecet ataupun rusak. Meski berukuran compact, produk ini kuat membawa anak hingga bobot 20 kg, lho. Jalan-jalan makin nyaman, semua pun senang.

No.8

CreativeBaby Runner 2BS328

Harga referensi
Rp519.500
Agak Murah

Ada meja dan mainan, si kecil pun makin betah

Jika terlalu lama berada di stroller, sering kali anak merasa bosan. Namun, jika Anda membeli stroller ini, Anda akan mendapatkan meja plus mainan sekaligus! 


Ini akan menjadi salah satu pengalihan supaya si kecil tidak mudah bosan di stroller. Selain itu, stroller ini bisa diatur dalam tiga posisi, yaitu tiduran, duduk, dan rebahan. Dijamin anak Anda makin betah berada di stroller-nya!

No.9

QuinnyZapp Xpress StrollerAll Black

Harga referensi
Rp4.799.000
Lebih Mahal

Tampilannya modern dan elegan dengan warna hitam netral

Stroller untuk bayi dan anak-anak memang kebanyakan memiliki warna yang cerah atau motif yang lucu. Namun, jika Anda menginginkan stroller dengan warna netral seperti hitam, Anda bisa melirik produk dari Quinny. Produk ini memiliki desain yang modern dan tampilannya pun elegan. 


Pas dipakai oleh ibu muda yang menginginkan tampilan stroller kekinian, tetapi tidak mencolok. Tak hanya itu, stroller ini juga mudah dikendalikan dengan satu tangan dan mudah sekali dilipat. Must have item for modern mom!

No.10

BabydoesAnzuLC200S

Harga referensi
Rp570.000
Agak Murah

Bebas dari gangguan nyamuk dengan adanya kelambu

Bagi Anda yang sering membawa si kecil pergi keluar, stroller mungkin menjadi salah satu tempat andalan untuk si kecil beristirahat. Namun, kulit bayi yang sensitif bisa dengan mudah tergigit nyamuk, apalagi jika berada di ruangan terbuka.


Maka dari itu, cocok sekali jika Anda membeli stroller yang memiliki kelambu, seperti produk satu ini. Anda tidak perlu khawatir membawa si kecil ke mana saja karena si kecil akan bebas dari gigitan nyamuk. Bahan kelambunya yang berpori juga memungkinkan si kecil bernapas lega di dalam stroller

Tips merawat stroller agar tahan lama

Tips merawat stroller agar tahan lama

Stroller adalah salah satu perlengkapan bayi yang harganya tergolong tinggi. Maka dari itu, Anda harus rajin merawat stroller supaya lebih awet dan tahan lama. Untuk merawatnya, Anda bisa melakukan beberapa hal ini: 


1. Pilih stroller yang memiliki seatpad yang bisa dilepas 

Anda mungkin memakai stroller tak hanya saat pergi berjalan-jalan, tetapi juga untuk menyuapi anak saat makan dan lainnya. Maka dari itu, seatpad anak sangat mungkin terkena kotoran atau tumpahan makanan. Agar lebih mudah dicuci, akan lebih baik jika Anda memilih stroller dengan removeable seatpad. Dengan begitu, seatpad akan lebih mudah dibersihkan dan dicuci. 


2. Cuci roda setelah bepergian dari luar

Sebelum menyimpan stroller di dalam rumah, cuci dahulu roda stroller, terutama jika Anda habis bepergian. Jika roda stroller tidak dibersihkan, karet roda bisa rusak tak lagi nyaman saat digunakan. 


3. Simpan dalam keadaan kering

Jangan lipat stroller ketika masih dalam keadaan basah atau lembap karena akan membuat stroller berjamur. Stroller yang berjamur dapat mengiritasi kulit si kecil dan menimbulkan penyakit lainnya. 


4. Berikan pelumas pada roda secara berkala 

Bila Anda merasa roda stroller sudah mulai seret, itu artinya roda harus diberi pelumas. Agar roda tetap berjalan baik dan tidak tersendat, berikanlah pelumas secara berkala. 

Baca juga rekomendasi stroller jenis lain di sini

Selain stroller roda tiga, ada banyak jenis stroller lain yang bisa Anda pilih. Anda bisa membandingkannya dengan stroller yang sudah kami rekomendasikan di atas agar mendapatkan produk yang tepat. Ada juga jenis stroller untuk bayi kembar, lho.! Langsung saja simak artikelnya melalui tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Setelah membaca keseluruhan artikel di atas, apakah Anda sudah menentukan stroller pilihan Anda? Mulai dari yang ringan hingga yang berat, desain minimalis hingga trendi, semua sangat menarik untuk dipilih!


Jangan lupa juga untuk memilih stroller yang sesuai dengan kebutuhan. Apa pun pilihannya, pastikan untuk memilih produk yang paling membuat Anda dan anak Anda merasa nyaman, ya!

5 Rekomendasi Stroller Roda Tiga terbaik

No. 1: CocolatteUR 2008 Isport

No. 2: CYBEXMycro T

No. 3: CocolatteFlame R Travel SystemCL 536

No. 4: BabyDoesStroller Jogger5016

No. 5: PlikoMilano568

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan bayi
  4. 10 Rekomendasi Stroller Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.