• 10 Wajan Crepes Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Wajan Crepes Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Wajan Crepes Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Wajan Crepes Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Wajan Crepes Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Wajan Crepes Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)

Tak harus ke kafe, Anda bisa membuat crepes sendiri di rumah! Dengan memanfaatkan wajan crepes, Anda bisa membuat kue crepes kapan saja sebagai teman minum teh. Jika Anda scrolling di internet, banyak sekali wajan crepes yang bisa dipilih. 


Tak perlu bingung, Anda bisa mencari rekomendasi wajan crepes yang bagus di sini, seperti merek Stoneline, Maxim, dan Neoflam. Selain rekomendasi produk, kami juga akan membahas tips memilih di artikel ini. Sebagai informasi, artikel ini juga sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Yuk, simak selengkapnya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Stella Permata
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Pastry instructor, Stella Permata

Profil pakar: Pastry instructor, Stella Permata
Stella Permata
Pastry instructor
Stella Permata

Stella Permata aktif sebagai ahli dalam bidang pastry. Ia memiliki pengalaman bekerja di beberapa hotel, cake shop, dan restoran di Jakarta selama 7 tahun. Stella juga mengajar pastry di Podomoro University selama kurang lebih 2 tahun. Selain mengajar di universitas, ia juga mengajar di MODENA dan mengisi beberapa konten brand alat masak lainnya.

Apa itu wajan crepes?

Sesuai dengan namanya, wajan crepes adalah wajan yang diciptakan untuk membuat crepes. Sama halnya dengan wajan jenis lainnya, wajan crepes juga dapat langsung digunakan di atas kompor. Namun, berbeda wajan crepes yang digunakan, berbeda pula waktu untuk memanaskannya


Oleh sebab itu, untuk menghasilkan crepes yang renyah dengan tingkat kematangan yang pas, Anda perlu memilih wajan yang tepat. Praktisnya lagi, wajan crepes juga dapat digunakan untuk memanggang telur dan aneka hidangan lainnya. Oleh sebab itu, Anda wajib memiliki setidaknya satu wajan crepes di rumah, ya!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih wajan crepes

Apakah Anda berencana membeli wajan crepes dalam waktu dekat ini?  Agar tidak salah beli, silakan cek beberapa poin penting saat memilih wajan crepes di bawah ini. 

Tentukan dulu ukuran crepes yang akan dibuat

Tentukan dulu ukuran crepes yang akan dibuat

Ukuran wajan crepes hampir sama dengan wajan penggorengan pada umumnya. Ukuran paling kecil adalah sebesar 16 cm dan meningkat dengan selisih 2 cm untuk tiap ukuran. Makin besar ukuran wajan, makin besar crepes yang dapat dibuat. 


Anda dapat memilih wajan crepes ukuran 26 cm atau 28 cm untuk pemakaian di rumah. Jika memiliki wajan seukuran ini, Anda dapat membuat crepes berukuran besar untuk keluarga. Akan tetapi, mohon perhatikan apakah ruang penyimpanan di dapur Anda memadai atau tidak. 


Seandainya Anda ingin membuat crepes berukuran jumbo seperti di kafe-kafe, Anda bisa memilih wajan berukuran 30 cm. Penting untuk dicatat, wajan berukuran besar lebih sulit digunakan dan disimpan. Oleh karena itu, pertimbangkan baik-baik sebelum Anda menjatuhkan pilihan. Selain itu, ada juga wajan crepes dengan ukuran di luar standar yaitu 25 cm.

Perhatikan material bahan pembuatnya

Wajan crepes terbuat dari pelbagai jenis material yang masing-masing memiliki karakteristik dan keunggulan. Oleh sebab itu, silakan memilih material bahan yang paling mudah digunakan. 

Teflon: Mudah digunakan untuk para pemula

Teflon: Mudah digunakan untuk para pemula

Ini dia wajan crepes antilengket yang dilapisi dengan besi atau aluminium. Sebagian besar wajan crepes teflon memakai fluorin dan dilapisi fluoroplastic. Oleh sebab itu, permukaan wajan crepes tipe ini cukup licin dan tidak lengket. Selain itu, ada juga wajan yang melewati pemrosesan enamel dengan penambahan lapisan glasir kaca dan silikon resin untuk pemanggangan pada suhu tinggi. 


Jika lapisannya sudah dilapisi bahan antilengket, crepes akan lebih mudah dibuat dan tidak menempel sehingga sangat direkomendasikan untuk pemula. Meskipun begitu, fungsi antilengket ini akan menghilang jika lapisannya mengelupas selama dipakai. Jika Anda khawatir, silakan memilih tipe enamel yang tahan lama dan awet dengan harga yang sedikit lebih mahal. 

Besi: Proses pemanasan cukup memakan waktu, tetapi tahan lama

Besi: Proses pemanasan cukup memakan waktu, tetapi tahan lama

Produk wajan crepes berbahan besi sangat disukai di pasaran karena awet meski membutuhkan waktu lama untuk panas. Namun, tipe ini sulit digunakan dan crepes akan lengket karena permukaan wajannya tidak dilapisi bahan antilengket


Meskipun demikian, jika Anda panaskan dengan minyak, wajan akan menjadi licin dan tidak lengket. Saat digunakan, minyaknya akan melapisi seluruh permukaan wajan lebih merata sehingga pembuatan crepes terasa lebih mudah.


Bahan ini memang membutuhkan waktu untuk panas agar bisa digunakan, tetapi kondisi ini bisa mendorong adonan mengembang dengan baik. Sebagai tambahan informasi, tipe ini beratnya bisa mencapai lebih dari 1 kg. Oleh sebab itu, periksalah beratnya terlebih dahulu supaya Anda tidak kelelahan memakainya dalam waktu lama. 

Aluminium: Mudah digunakan dan tahan panas

Jika Anda mencari wajan crepes yang ringan, silakan memilih produk berbahan aluminium. Meskipun diameternya mencapai 28 cm, beratnya hanya sekitar 0,6 kg. Untuk Anda yang tangannya mudah lelah, wajan crepes ini sangat nyaman digunakan. 


Kelebihan lain dari bahan aluminium adalah mampu menghantarkan panas dengan cepat. Walaupun Anda membuat banyak adonan, pasti akan selesai dengan kilat!

Periksa juga apakah bisa dipakai di kompor induksi (IH)

Periksa juga apakah bisa dipakai di kompor induksi (IH)

Khusus untuk Anda yang memakai kompor induksi (IH), pastikan juga kalau wajan crepes yang dipilih compatible di kompor induksi. Umumnya, wajan besi dan stainless steel dapat digunakan di atas kompor induksi. Namun, tergantung dari bentuk bagian bawahnya, ada juga wajan crepes berbahan ini yang tidak bisa dipakai di kompor induksi.  


Sementara itu, wajan aluminium dan tembaga biasanya tidak dapat dipakai di kompor induksi. Oleh karena itu, kami sarankan untuk mengecek penjelasan produk di kemasan sebelum membeli wajan crepes tertentu. 

Perhatikan juga bentuk tepi wajan crepes

Perhatikan juga bentuk tepi wajan crepes

Tepi wajan crepes memiliki bentuk yang bervariasi tergantung dari mereknya. Sebagai contoh, ada produk dengan tepi yang serupa dengan wajan biasa dan ada pula yang tepinya miring. Wajan dengan tepian miring memudahkan Anda memasukkan adonan, membalik, dan menghidangkannya di atas piring


Sebaliknya, adonan yang dituangkan di wajan crepes dengan tepi yang rata tanpa cekungan biasanya sulit dibalik. Hal tersebut menjadikan bentuk crepes mudah pecah. Jadi, pastikan untuk mengecek bentuk tepi wajan crepes juga,ya. 

Pertimbangkan wajan crepes yang dijual secara set dengan aksesori tambahan

Pertimbangkan wajan crepes yang dijual secara set dengan aksesori tambahan

Salah satu peralatan yang dipakai untuk membuat crepes adalah stretcher berbentuk T yang terbuat dari kayu. Alat ini juga biasa disebut dengan spreader yang berfungsi untuk menuangkan dan meratakan adonan di wajan crepes. Selain itu, ada juga produk yang dilengkapi dengan spatula dan pisau palet untuk membalik crepes.


Jika Anda bisa memiliki beberapa alat ini, Anda bisa membuat crepes secara lebih maksimal. Kalau Anda tidak memilikinya, Anda bisa menggunakan alat lain yang masih memiliki fungsi serupa. Intinya, pilihlah aksesori tambahan yang paling sesuai dengan crepes yang akan Anda buat.  

10 Rekomendasi wajan crepes terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk wajan crepes terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Stella Permata.

10

DecdealCrepe Maker with Spreader & Spatula

Mulai dari Rp 710.900,00

Diameter29 cm
Berat0,719 kg
MaterialAluminum alloy
Kompor induksi
Aksesori pelengkapSpreader, spatula, brush
9

SupraRound Grill Pan Wajan Pemanggang Teflon

RM-30-RG

Mulai dari Rp 135.000,00

Diameter30 cm
Berat1 kg
MaterialAluminium berlapis teflon
Kompor induksi×
Aksesori pelengkapTidak ada
8
Diameter26 cm
Berat1,5 kg
MaterialKeramik ecolon, die-cast alumunium
Kompor induksi
Aksesori pelengkapTidak ada
7

StonelineCrepe Pan 25 cm with Batter Spreader

Mulai dari Rp 499.000,00

Diameter25 cm
Berat1,5 kg
MaterialAluminium, STONELINE® coating
Kompor induksi
Aksesori pelengkapWooden batter spreader
6
Diameter25 cm
Berat1,2 kg
MaterialTeflon XTRA (teflon dua lapis)
Kompor induksi
Aksesori pelengkapTidak ada
5

CHEFMADE6" Round Crepe Pan With Bamboo Spreader

Mulai dari Rp 175.000,00

Diameter18 cm
Berat0,5 kg
MaterialNon-stick carbon steel
Kompor induksi
Aksesori pelengkapTidak ada
4
Diameter20 cm
Berat1 kg
MaterialTeflon
Kompor induksi×
Aksesori pelengkapWadah adonan
3
Diameter30 cm
Berat1,2 kg
MaterialDie-cast aluminium, gold marble coating
Kompor induksi
Aksesori pelengkapTidak ada
2
Diameter21 cm
Berat1 kg
MaterialTeflon
Kompor induksi×
Aksesori pelengkapWadah adonan, spatula kayu
1
Diameter16 cm, 18 cm, 20 cm, 22 cm, 25 cm
Berat0,24 kg
MaterialTeflon
Kompor induksi
Aksesori pelengkapTidak ada

Tabel perbandingan produk wajan crepes terbaik

Gambar produk
1
Makcook Crepes Pan 1

Makcook

2
Vicenza Crepe Maker 1

Vicenza

3
Suggo Round Grill Pan 1

Suggo

4
Bistro Collection Multi Creper 1

Bistro Collection

5
CHEFMADE 6" Round Crepe Pan With Bamboo Spreader 1

CHEFMADE

6
Maxim  Ultra Round Griddle Crepes 25 cm 1

Maxim

7
Stoneline Crepe Pan 25 cm with Batter Spreader 1

Stoneline

8
Neoflam Crepe Pan 26 cm 1

Neoflam

9
Supra Round Grill Pan Wajan Pemanggang Teflon 1

Supra

10
Decdeal Crepe Maker with Spreader & Spatula 1

Decdeal

Nama produk

Crepes Pan

Crepe Maker

Round Grill Pan

Multi Creper

6" Round Crepe Pan With Bamboo Spreader

Ultra Round Griddle Crepes 25 cm

Crepe Pan 25 cm with Batter Spreader

Crepe Pan 26 cm

Round Grill Pan Wajan Pemanggang Teflon

Crepe Maker with Spreader & Spatula

Keunggulan

Banyak pilihan ukuran, mudah disesuaikan dengan kebutuhan

Suka bereksperimen di dapur? Coba wajan Vicenza yang mudah dipakai!

Permukaannya sparkling, tampak mewah dan elegan

Ukuran minimalis, hemat tempat penyimpanan

Kunci rahasia membuat leker Surabaya yang tipis dan renyah

Lebih awet berkat adanya dua lapisan ekstra

Tahan banting meski dipakai pada suhu 180℃

Desain futuristis, eco-friendly pula

Membuat satai dengan wajan crepes? Tentu bisa!

Paket lengkap, sempurna untuk bisnis

Harga mulai dariRp 50.000,00Rp 201.000,00Rp 90.000,00Rp 145.000,00Rp 175.000,00Rp 321.000,00Rp 499.000,00Rp 495.000,00Rp 135.000,00Rp 710.900,00
Diameter16 cm, 18 cm, 20 cm, 22 cm, 25 cm21 cm 30 cm20 cm18 cm25 cm25 cm 26 cm30 cm29 cm
Berat0,24 kg1 kg1,2 kg1 kg0,5 kg1,2 kg1,5 kg1,5 kg1 kg0,719 kg
MaterialTeflonTeflonDie-cast aluminium, gold marble coatingTeflonNon-stick carbon steelTeflon XTRA (teflon dua lapis)Aluminium, STONELINE® coatingKeramik ecolon, die-cast alumuniumAluminium berlapis teflonAluminum alloy
Kompor induksi×××
Aksesori pelengkapTidak adaWadah adonan, spatula kayuTidak adaWadah adonan Tidak adaTidak adaWooden batter spreaderTidak adaTidak adaSpreader, spatula, brush
Tautan produk

Wajan crepes juga berfungsi untuk membuat jenis makanan lainnya

Wajan crepes juga berfungsi untuk membuat jenis makanan lainnya

Banyak orang yang enggan membeli wajan crepes karena menduga bahwa produk rumah tangga ini tidaklah fungsional. Usut punya usut, produk ini bisa juga dipakai untuk membuat berbagai jenis camilan dan hidangan lainnya, lho. 


Sebagai contoh, untuk membuat okonomiyaki, martabak, pancake, pizza, dan lainnya. Saat membuat okonomiyaki, Anda membutuhkan wajan yang mudah untuk dibalik. Dibandingkan wajan biasa, wajan crepes lebih mudah dipakai untuk membalik adonan.


Tak hanya itu, wajan crepes dengan diameter yang lebar sangat ideal untuk membuat omelet. Nantinya, telur lebih mudah untuk disatukan sehingga terciptalah omelet dengan bentuk yang cantik. Kesimpulannya, Anda dapat membuat aneka jenis makanan dengan memakai wajan crepes. Pastikan untuk mencobanya, ya!

Baca juga rekomendasi produk tepung di sini

Tepung adalah bahan utama dalam membuat roti dan kue, termasuk saat Anda berencana untuk membuat crepes. Sebelum membuat aneka kue dan roti, pastikan Anda mengetahui jenis tepung yang harus dipakai dan kualitasnya. Silakan membaca rekomendasi tepung di bawah ini untuk menemukan produk berkualitas di online shop

Kesimpulan

Kami telah memberikan sepuluh rekomendasi wajan crepes terbaik yang bisa Anda pilih. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan? Wajan crepes memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan untuk membuat crepes lezat dengan bentuk yang indah.


Wajan ini tak hanya dapat dipakai untuk membuat crepes, tetapi juga berbagai jenis hidangan lainnya. Silakan mencari produk yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Penggiling/Grinder Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Penggiling/Grinder Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Halo, coffee addict! Anda sudah punya mesin penggiling kopi model apa? Biji kopi yang digiling dan langsung diseduh memang terasa sangat nikmat. Itu karena aroma dan rasanya sangat autentik. Mesin penggiling kopi atau grinder sangat banyak variasinya. Anda bisa menemukan berbagai desain, fungsi, dan tipe.Kali ini kami akan membahas lebih dalam mengenai grinder kopi, baik grinder kopi manual maupun elektrik. Kami juga akan mengenalkan berbagai merek yang bagus seperti Porlex, Hario, dan De'Longhi. Anda juga akan mendapatkan tips memilih gilingan kopi dari coffee consultant, Deni Dermanto. Selamat membaca!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Blender Smoothies Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Blender Smoothies Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Blender smoothies merupakan alat rumah tangga yang wajib dimiliki bila Anda rutin mengonsumsi smoothie. Sebenarnya, Anda bisa membuat smoothie dengan blender biasa, tetapi hasilnya lebih maksimal kalau menggunakan blender untuk smoothies. Saat ini, banyak merek smoothies blender yang dijual di pasaran, antara lain Nutribullet, Philips, dan Oxone.Dengan banyaknya smoothies blender yang dijual, mungkin Anda jadi bingung memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan tentang cara memilih smoothies blender yang bagus serta memberikan rekomendasi blender untuk smoothies terbaik. Anda bahkan akan menemukan blender smoothies portable dan vacuum blender. Yuk, simak artikelnya!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Pasta Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasta Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda pencinta mi atau pasta? Kalau begitu, sebaiknya Anda menyediakan pasta maker, atau yang juga dikenal dengan sebutan ampia, di rumah. Jika Anda baru pertama kali ingin membeli ampia, Anda mungkin sedikit bingung ketika memilihnya. Terlebih lagi, banyak merek terkenal seperti Shuma, Oxone, dan Philips yang meluncurkan produk pasta maker dengan berbagai keunggulan.Untuk itu, jangan lewatkan pembahasan berikut ini. Kami akan membagikan tips memilih pasta maker yang bagus serta memberikan rekomendasi produk-produk terbaiknya untuk Anda. Yuk, buat pasta yang enak dengan pasta maker terbaik pilihan Anda!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Toaster Pop Up Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Toaster Pop Up Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Toaster pop up adalah pemanggang roti elektronik yang penampangnya bisa otomatis terangkat ketika proses memanggang sudah selesai. Toaster tipe pop up sangat mudah digunakan dan dapat menghemat waktu. Bahkan beberapa tipe toaster pop up bisa digunakan untuk menghangatkan croissant ataupun bagel.Nah, di artikel ini kami akan mengulas beberapa rekomendasi toaster pop up terbaik yang bagus. Anda juga akan menemukan toaster low watt untuk kebutuhan rumahan. Beberapa merek toaster terbaik dan menarik dari Philips, Oxone, SHARP dan juga merek lainnya akan direkomendasikan. Yuk! Baca artikelnya dan temukan bread toaster terbaik.
    Alat masak khusus
  • 10 Waffle Maker Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Waffle Maker Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya untuk sarapan, waffle juga cocok dijadikan menu pendamping minum teh sore. Waffle pun telah menjadi menu andalan beberapa kafe atau restoran. Kini, Anda tak perlu pergi ke kafe untuk menyantap seporsi waffle hangat! Pasalnya, Anda dapat membuat waffle sendiri di rumah dengan memakai waffle maker.Pada artikel ini kami akan membagikan kriteria memilih waffle maker dan rekomendasi produknya. Beragam merek waffle maker yang bagus juga turut kami ulas, seperti Oxone, Klaz, dan Sonifer. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Simak sampai akhir, ya!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Mesin Sostel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Sostel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sostel adalah makanan berbahan dasar sosis dan telur. Makanan berbentuk silinder ini biasanya disajikan memakai tusukan sate sehingga lebih mudah ketika dikonsumsi. Untuk membuat hidangan ini, Anda harus menggunakan mesin sostel. Apabila Anda tertarik membeli mesin sostel, silakan membaca tips memilih mesin sostel yang bagus di bawah ini.Di artikel ini kami akan berbagi informasi mengenai mesin sostel gas, listrik, hingga mesin sostel mini. Kami juga akan memberikan review mesin sostel merk Getra, Ardin, dan Goto beserta harga mesin sostel terbaik di pasaran. Jadi, simak pembahasannya sampai tuntas, ya!
    Alat masak khusus
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori