1. TOP
  2. >
  3. Elektronik rumah tangga
  4. >
  5. Elektronik dapur
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Blender Terbaik yang Mudah Digunakan (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik yang Mudah Digunakan (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik yang Mudah Digunakan (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik yang Mudah Digunakan (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik yang Mudah Digunakan (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik yang Mudah Digunakan (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Blender Terbaik yang Mudah Digunakan (Terbaru Tahun 2023)

Blender merupakan peralatan dapur yang praktis digunakan untuk membuat jus dan smoothie kreasi Anda sendiri. Blender juga bisa digunakan untuk membuat makanan bayi homemade yang sehat. Namun, dengan beragamnya fungsi dan model blender, apakah Anda sudah tahu mana yang paling sesuai kebutuhan?


Di artikel ini, kami akan membahas tips memilih blender terbaik yang mudah digunakan lengkap dengan rekomendasi produknya. Temukan berbagai merek blender yang bagus dan sudah tidak asing di telinga, seperti Cosmos, Philips, dan Sharp. Sudah siap memulai hidup sehat dengan fresh juice?

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Perbedaan blender dengan food processor, hand blender, dan juicer

Perbedaan blender dengan food processor, hand blender, dan juicer

Blender sangat bermanfaat terutama untuk orang yang sibuk, sedang berdiet, atau peduli dengan kesehatan. Dengan blender, jus atau smoothie buah dan sayuran yang kaya nutrisi dapat dengan mudah dibuat. Tidak hanya sebagai pengganti juicer, blender bisa dipakai sebagai pengganti food processor dan hand blender. Minuman, masakan, bahkan dessert pun bisa dibuat menggunakan alat ini.


Dengan fungsi yang beragam, Anda mungkin bingung membedakan blender dengan food processor, hand blender, bahkan juicer. Agar lebih jelas, simak perbedaannya di bawah ini.


  • Perbedaan blender dengan food processor

Dengan mata pisau yang kecil dan lebih tumpul, blender hanya bisa memproses makanan lunak. Blender lebih cocok menghancurkan bahan makanan yang banyak mengandung air. Berbeda dengan food processor yang memiliki bilah pisau lebih tajam. Bilah pisaunya bisa diandalkan untuk mencincang dan menghaluskan bahan makanan padat dan keras.


  • Perbedaan blender dengan hand blender

Hand blender memiliki gagang panjang untuk menghancurkan makanan di wadah, baik dalam jumlah sedikit maupun banyak. Sementara itu, blender memiliki wadah yang menyatu dengan mata pisau. Jadi, kapasitas makanan yang dihancurkan tergantung pada ukuran wadah.


  • Perbedaan blender dengan juicer

Berbeda dengan juicer, blender memproses buah atau sayur seutuhnya, termasuk seratnya. Di sisi lain, juicer memisahkan sari buah dari seratnya, menghasilkan jus yang lebih cair. Dengan hasil yang lebih kental dan creamy, hasil olahan dengan blender baik untuk pencernaan.

Cara memilih blender yang mudah digunakan

Untuk mendapatkan produk blender terbaik yang mudah digunakan, kami menguraikan beberapa poin cara memilih di bawah ini. Yuk, simak dan jadikan referensi untuk memilih!

① Pilih berdasarkan kapasitas blender

Pilih berdasarkan kapasitas blender

Bila membeli blender untuk kesehatan dan kecantikan, pertimbangkan banyaknya jus atau smoothie yang bisa dihasilkan dalam sekali buat. Sehari-harinya, Anda disarankan meminum dua gelas smoothie berukuran 200 ml. Karena itu, pilihlah yang kapasitasnya sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Anda bisa menghitungnya dengan rumus "jumlah anggota keluarga x 200 ml".


Jika digunakan untuk memasak juga, blender berkapasitas 800-1000 ml ideal bagi keluarga beranggotakan empat orang. Namun, bila tinggal seorang diri, blender compact dengan kapasitas satu cup pun cukup. Terakhir, sesuaikan juga ukuran blender dengan besarnya dapur Anda. Jangan sampai meletakkan blender di tempat yang terlalu sempit.

② Tentukan berdasarkan bahan jar blender

Setiap bahan jar blender memiliki kelebihannya masing-masing, seperti kekuatan dan ketahanan akan panas. Simak penjelasannya di bawah ini untuk menentukan bahan jar blender sesuai kebutuhan Anda!

Bahan kaca: Kuat, tahan gores, dan mudah dibersihkan

Bahan kaca: Kuat, tahan gores, dan mudah dibersihkan

Jika mencari yang kuat dan tahan lama, bahan jar dari kaca sangat direkomendasikan. Jar berbahan kaca juga tahan gores. Anda tidak perlu khawatir meski menggunakannya untuk menghaluskan es batu. Daya tahan panasnya juga baik sehingga dapat dicuci dengan mesin dishwasher bersuhu tinggi


Selain itu, tidak perlu khawatir jar berbau karena aroma bahan makanan tidak akan menempel pada jar. Jar berbahan kaca lebih higienis dan mudah dibersihkan. Hanya saja, jar ini cukup berat dan rentan pecah. Hal ini akan sedikit menyusahkan bagi orang yang memiliki lengan kecil atau lemah. 


Apabila tertarik secara khusus dengan blender kaca, Anda bisa membaca lebih banyak informasinya melalui artikel di bawah ini. Klik tautannya dan selamat membaca!

Bahan plastik: Ringan dan lebih terjangkau

Bahan plastik: Ringan dan lebih terjangkau

Apabila jar berbahan kaca dirasa merepotkan, Anda bisa memilih jar dari bahan plastik. Selain ringan, jar berbahan plastik juga bisa Anda gunakan sebagai wadah penyimpan. Ditambah lagi, jar dari plastik harganya relatif terjangkau. Jar ini cocok bagi Anda yang baru pertama kali ingin membeli blender.


Namun, berbeda dengan jar kaca yang tahan gores, jar dari plastik lebih mudah tergores dengan benda-benda keras. Selain itu, pastikan Anda mencucinya dengan bersih setelah memakainya. Jika tidak, kotoran dan aroma bahan makanan akan menempel dan memicu munculnya kuman dan bau tidak sedap.

Bahan tritan: Menggabungkan keunggulan bahan kaca dan plastik

Bahan tritan: Menggabungkan keunggulan bahan kaca dan plastik

Tritan adalah bahan resin sintetik terbaru yang dikembangkan oleh Eastman, sebuah produsen kimia terbesar di Amerika. Bahan ini lebih aman dan sehat untuk tempat penyimpanan makanan dan minuman karena 100% bebas BPA


Bahan ini menggabungkan keunggulan bahan plastik dan kaca. Tritan memiliki karakteristik yang ringan dan tidak mudah pecah seperti plastik, tetapi tahan gores seperti kaca. Pemakaian berkali-kali pun tidak akan membuat jar mudah tergores dan tidak meninggalkan bau atau noda makanan.

③ Sesuaikan jenis mata pisau dengan bahan makanan

Sesuaikan jenis mata pisau dengan bahan makanan

Terdapat beragam jenis mata pisau blender, contohnya wave blade cutter, flat blade cutter, dan saw blade cutter. Mata pisau berbahan stainless steel yang tahan karat banyak dijumpai, tetapi mata pisau berlapis titanium lebih tahan lama. Ada baiknya Anda menyesuaikan mata pisau blender dengan seberapa keras bahan makanan yang ingin dihaluskan.


  • Wave blade cutter dapat melumat bahan makanan dengan baik. Mata pisau tipe ini cocok untuk memasak atau membuat ice smoothie. 

  • Untuk menghaluskan sayuran dengan banyak serat atau kacang-kacangan yang keras, gunakan saw blade cutter yang bergerigi.

  • Flat blade cutter adalah pilihan tepat untuk membuat jus dari buah dan sayuran yang tidak terlalu keras. Mata pisau ini juga bisa untuk menguleni daging dan adonan.

④ Pertimbangkan blender multifungsi yang praktis

Blender multifungsi juga layak Anda pertimbangkan. Blender multifungsi biasanya dilengkapi fitur atau alat pendukung yang praktis Anda gunakan untuk keperluan lain. Simak uraiannya di bawah ini!

Mata pisau bisa diatur, membuat tekstur bahan makanan sesuai selera

Mata pisau bisa diatur, membuat tekstur bahan makanan sesuai selera

Kini, terdapat blender praktis yang bisa diatur kekuatan mata pisaunya. Anda bisa menyesuaikanya dengan jenis bahan makanan yang akan diblender. Pilihlah blender yang memungkinkan Anda untuk mengganti mata pisau atau mengatur kekuatan putarannya. Dengan begitu, Anda bisa membuat smoothie yang teksturnya sesuai dengan selera.

Dilengkapi penggiling, untuk menggiling kopi atau menghaluskan bumbu

Dilengkapi penggiling, untuk menggiling kopi atau menghaluskan bumbu

Keberadaan aksesori yang menyertai blender juga tidak kalah penting untuk dipertimbangkan. Beberapa blender ada yang dilengkapi dengan penggiling. Dengan alat tambahan ini, Anda bisa menggiling biji kopi, kacang-kacangan, bahkan menghaluskan bumbu dapur. Memilih blender yang dilengkapi dengan alat ini akan lebih murah dan hemat ketimbang membeli alat penggiling secara terpisah.

Teknologi vacuum blending, untuk makanan yang lebih sehat dan nikmat

Teknologi vacuum blending, untuk makanan yang lebih sehat dan nikmat
Sumber: tescom.id

Untuk Anda yang mementingkan kesehatan sekaligus kelezatan makanan, blender dengan teknologi ini layak dipertimbangkan. Teknologi vacuum blending dapat mengeluarkan udara, oksigen, dan gas-gas lain yang ada di dalam jar sebelum proses blending dimulai


Dengan fitur ini, proses oksidasi makanan segar, seperti buah dan sayur bisa diminimalkan. Kandungan nutrisi di dalamnya, seperti vitamin C dan polifenol juga lebih terjaga. Dengan teknologi vacuum blending, busa yang dihasilkan juga lebih sedikit. Anda pun bisa membuat smoothie dengan tekstur yang lebih lembut.

⑤ Periksa daya listrik dan suara motor blender

Periksa daya listrik dan suara motor blender
Kekuatan blender ditentukan oleh daya listriknya. Daya listrik blender bervariasi, mulai dari 120-900 watt. Oleh karena itu, sesuaikan daya listrik dengan seberapa kerasnya bahan makanan. Ketika ingin membuat smoothie dengan es batu atau frozen fruit, gunakanlah ice compatible blender bertenaga 300 watt.

Perlu diperhatikan bahwa makin besar daya listrik dan body blender, akan makin bising juga suaranya. Apabila Anda tinggal di apartemen atau lingkungan padat penduduk, pilihlah quiet type blender bersuara pelan. Dengan menggunakan jenis blender ini, Anda tidak akan mengganggu ketenangan lingkungan sekitar.

⑥ Utamakan yang aman digunakan dan mudah dibersihkan

Utamakan yang aman digunakan dan mudah dibersihkan

Untuk menghindari cedera, utamakan memilih blender yang dilengkapi fitur pengaman dan pencegah malfungsi. Hal ini penting terutama jika suka mengajak si kecil ke dapur. Pilihlah blender yang mesinnya tidak bisa menyala jika ada bagian yang belum terpasang dengan benar, terutama tutupnya. Blender dengan fitur ini juga tidak akan menimbulkan korsleting meski kelebihan muatan.


Menjaga kebersihan peralatan memasak adalah sebuah keharusan. Untuk itu, pilih juga blender yang mudah dibersihkan. Bahan makanan mudah terselip dan tertinggal di belakang mata pisau. Jadi, pilihlah yang struktur sekitar mata pisaunya mudah dijangkau atau yang komponennya dapat dilepas saat dicuci. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terluka saat mencuci blender.

10 Rekomendasi blender terbaik yang mudah digunakan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk blender terbaik yang mudah digunakan yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Han River

Blender Portable

Han River Blender Portable 1枚目

Buat smoothie favorit Anda di mana saja!

2

Cosmos

Blender 2 L

Cosmos Blender 2 L 1枚目

Cegah rusaknya motor dengan fitur pengaman panas

3

Philips

Inti Blender

Philips Inti Blender 1枚目

Multifungsi dengan tiga tambahan aksesori pelengkap

4

Miyako

Blender

Miyako Blender 1枚目

Ucapkan selamat tinggal pada ulekan!

5

Sharp

Blender Blazter

Sharp Blender Blazter 1枚目

Satu produk dapat melumatkan berbagai bahan makanan

6

BOLDë

Super BLEND

BOLDë Super BLEND 1枚目

Blender tidak bising dengan air flow technology

7

Tefal

Fruit Sensation

Tefal Fruit Sensation 1枚目

Body compact dan praktis, dilengkapi mini chopper dan grinder

8

Philips

Viva Collection Blender

Philips Viva Collection Blender 1枚目

Jar berbahan tritan, aman dan ramah lingkungan

9

Sharp

Blender

Sharp Blender 1枚目

Selalu aman dengan safety lock function

10

Tescom

Vacuum Juice Blender

Tescom Vacuum Juice Blender  1枚目

Nikmati jus segar berkualitas dengan vacuum blender

Perincian produk
Close
No.1

Han RiverBlender Portable

Mulai dari Rp356.000,00

Buat smoothie favorit Anda di mana saja!

Mulailah pola hidup sehat dengan blender mini satu ini! Dengan sumber daya baterai isi ulang, Anda bisa membuat smoothie sehat di rumah, kantor, bahkan saat di perjalanan sekalipun!


Dua baterai berkapasitas total 4000 mAh membuat produk ini mampu bekerja sebanyak 15–20 kali blender. Selain itu, karena tidak membutuhkan listrik, blender ini pun nirkabel. Sangat praktis untuk Anda yang ingin menikmati jus sendirian, kapan pun, dan dimana pun.

No.2

CosmosBlender 2 LCB-282P

Mulai dari Rp298.000,00

Cegah rusaknya motor dengan fitur pengaman panas

Bila sering memakai blender dalam waktu lama, terkadang badan blender menjadi panas atau overheat. Panas pada blender perlahan akan menyebabkan motor di dalamnya rusak. Untungnya, blender dari Cosmos ini dilengkapi dengan thermostat overheat protection. Fitur ini bekerja sebagai pengaman panas berlebih yang dapat memutuskan arus listrik dan mencegah kerusakan motor.


Produk ini juga dilengkapi safety lock system yang membuatnya tidak bekerja jika belum terpasang dengan benar. Harganya yang tidak menguras kantong, menjadikan produk ini pilihan berkualitas yang ekonomis!

No.3

PhilipsInti BlenderHR2223/30

Mulai dari Rp1.050.000,00

Multifungsi dengan tiga tambahan aksesori pelengkap

Seperti produk Philips yang kami rekomendasikan sebelumnya, kelebihan utama dari blender ini adalah kecepatan putaran pisaunya. Dengan Fitur ProBlend Crush, Anda dapat menyesuaikan putaran pisau dengan lima setelan kecepatan. Smoothie, sup, hingga saus dapat dibuat dengan tekstur sempurna.


Blender ini dilengkapi tiga aksesori yang menjadikannya makin multifungsi dibanding blender lainnya. Dengan membeli satu set blender ini, Anda akan mendapatkan big chopper, filter, dan mill. Produk ini sangat praktis dan cocok untuk Anda yang hobi memasak. Selain itu, blender ini tidak sulit dibersihkan berkat adanya cleaning mode. Perawatan jadi lebih effortless!

No.4

Ucapkan selamat tinggal pada ulekan!

Bagi Anda yang suka masak, terutama menu yang memakai banyak bumbu dan rempah, produk ini pas dimiliki. Blender ini sudah satu set dengan wet mill dan dry mill! Bahan makanan basah dan kering bisa dengan mudah dihaluskan. Anda tak perlu keluar tenaga lebih untuk mengulek banyak bumbu. 


Tidak hanya itu, blender ini juga dilengkapi dengan pengaman panas yang membuat mesin blender berhenti otomatis jika overheat. Selain aman digunakan, blender ini juga lebih awet dan tahan lama.

No.5

SharpBlender BlazterSB-TW101P

Mulai dari Rp410.000,00

Satu produk dapat melumatkan berbagai bahan makanan

Blender Blazter dilengkapi dengan dua mata pisau sekaligus. Flat blade cutter-nya dapat digunakan untuk mengocok krim atau menggiling bahan keras, seperti biji kopi dan rempah. Sedangkan, wave blade cocok digunakan untuk mencacah dan mengaduk bahan masakan, seperti bawang dan daging.


Selain itu, bahan kedua pisaunya terbuat dari stainless steel yang antikarat. Jadi, blender dari Sharp ini juga termasuk tahan lama. Bila dirawat sesuai petunjuk, bisa Anda pakai bertahun-tahun lamanya!

No.6

Blender tidak bising dengan air flow technology

Untuk Anda yang tidak suka suara bising saat mengoperasikan blender, jangan khawatir! Produk ini pasti akan membuat Anda tertarik. Blender dari BOLDë dilengkapi air flow technology  yang membuatnya smooth dan tidak berisik saat digunakan.


Blender ini juga dilengkapi empat mata pisau dengan wave action system sehingga daya kerjanya lebih cepat dan efektif. Anda juga dapat menghancurkan es batu dengan mudah menggunakan blender ini karena memiliki Ice Crush Function.

No.7

TefalFruit SensationBL142A42

Mulai dari Rp2.499.000,00

Body compact dan praktis, dilengkapi mini chopper dan grinder

Jika Anda malas memotong buah dan sayuran dengan pisau, pakai saja blender ini! Produk keluaran Tefal ini sudah satu set dengan chopper dan grinder mini. Chopper mininya bisa digunakan untuk mencincang buah dan sayuran. Sementara itu, grinder-nya dapat menggiling biji kopi dan kacang.


Selain itu, bodinya yang compact dijamin tidak memakan ruang banyak di dapur Anda. Tentunya produk ini pas untuk Anda yang tinggal sendiri atau berdua. Desainnya yang sleek pasti bikin dapur Anda makin elegan!

No.8

PhilipsViva Collection BlenderHR2157/90

Mulai dari Rp774.800,00

Jar berbahan tritan, aman dan ramah lingkungan

Sangat praktis bila Anda bisa membuat minuman dingin favorit sendiri di rumah, bukan? Apalagi, kalau es batunya tercampur dengan sempurna di dalam minuman. Blender dengan teknologi ProBlend 5 ini dapat menghaluskan es batu dalam hitungan beberapa detik saja. Frozen smoothie atau milkshake ala kafe pun mudah dibuat!


Tidak hanya itu, produk keluaran Philips ini juga memiliki keunggulan lain. Jar blender ini terbuat dari bahan tritan sehingga lebih awet dan ramah lingkungan. Jar tritan juga lebih higienis karena mudah dibersihkan tanpa meninggalkan bau.

No.9

Selalu aman dengan safety lock function

Anda menginginkan blender yang kinerjanya cepat juga aman? Pilih blender keluaran Sharp ini! Blender ini memiliki tiga pilihan kecepatan putaran mata pisau. Jadi, Anda bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan.


Selain itu, blender ini memiliki fitur safety lock function. Fitur ini membuat mata pisau tidak akan bergerak bila tutupnya belum dipasang sempurna. Jadi lebih tenang bila si kecil menemani Anda di dapur, deh.

No.10

TescomVacuum Juice Blender TMV1500SEA

Mulai dari Rp6.298.000,00

Nikmati jus segar berkualitas dengan vacuum blender

Oksidasi dapat menyebabkan vitamin yang terkandung pada buah dan sayuran jauh berkurang. Selain itu, rasanya juga jadi kurang segar. Tentunya Anda tidak mau buah yang dikonsumsi ternyata minim nutrisi, kan? Tenang, pakai saja blender dengan teknologi vakum ini!


Dengan fitur vakum, blender ini dapat menarik udara penyebab oksidasi. Hasilnya, jus atau smoothie yang dihasilkan lebih terjaga kesegaran dan nutrisinya. Bahkan, tumbler-nya juga dilengkapi fitur ini. Jadi, disimpan di dalam kulkas pun tidak masalah!

Baca juga rekomendasi blender lainnya di sini

Selain blender yang mudah digunakan, kami juga memiliki artikel tentang blender lainnya yang tidak kalah menarik. Baca artikel selengkapnya dengan cara klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana ulasan produk kami di atas? Sudahkah Anda menentukan blender yang Anda butuhkan? Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih produk blender terbaik yang mudah digunakan. Anda bisa memilihnya berdasarkan kapasitas, jenis pisau, dan bahan jar-nya. 


Pertimbangkan juga keamanan dan kemudahan saat dibersihkan, serta aksesori pelengkap yang menjadikannya multifungsi. Jadikan poin cara memilih di atas sebagai panduan, ya. Selamat berkreasi di dapur dengan blender terbaik pilihan Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer