• 10 Rekomendasi Yoyo Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Yoyo Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Yoyo Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Yoyo Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Yoyo Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Yoyo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Dahulu yoyo hanya dikenal sebagai salah satu bentuk permainan tradisional. Namun, saat ini yoyo telah berkembang menjadi salah satu cabang olahraga. Bahkan, sudah banyak terbentuk komunitas pencinta yoyo. Tidak sampai di situ saja, kompetisi yoyo dari tingkat daerah hingga internasional pun ada.

Yoyo yang dijual di pasaran saat ini jenisnya sangat bervariasi, mulai dari bentuk classic hingga butterfly. Sebelum membeli, pastikan Anda menyimak tips memilih yoyo terbaik di artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek yoyo yang bagus, seperti Yoyo Blazing dari Auldey, MagicYoyo, dan lain-lain. Simak ulasannya berikut.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Yoyo pada masa sekarang

Yoyo pada masa sekarang

Tahukah Anda bahwa yoyo sudah ada di Indonesia sejak tahun 1930-an? Dahulu yoyo adalah salah satu bentuk permainan tradisional anak-anak yang terbuat dari bahan kayu. Yoyo dimainkan dengan cara melemparkannya ke bawah, kemudian menariknya kembali. 


Yoyo pun mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Yoyo makin modern dengan desain yang lebih menarik. Trik permainan yoyo pun makin berkembang. Berikut ini adalah beberapa trik permainan yoyo untuk pemula yang bisa Anda ikuti dengan mudah.


  • Sleeping trick: Sleeping trick merupakan trik dasar bermain yoyo. Trik ini memungkinkan yoyo berputar lama ketika berada di ujung tali.
  • Looping trick: Trik ini menjadi lanjutan dari sleeping trick. Yoyo bisa dipindahkan ke posisi lain dengan tetap mempertahankan putaran.
  • String trick: Trik permainan ini lebih berfokus pada membentuk tali yoyo. Makin rumit bentuk yang dihasilkan, trik makin sulit dilakukan.

Cara memilih yoyo

Jenis yoyo makin banyak seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini terkadang membuat Anda merasa bingung ketika ingin membeli yoyo. Karena itulah, sebaiknya Anda menyimak cara memilih yoyo yang kami bahas di bawah ini.

Ketahui bentuk yoyo sesuai dengan trik yang ingin dimainkan

Terdapat tiga tipe bentuk yoyo, yaitu classic shape, imperial shape, dan butterfly shape, yang bisa menjadi pilihan. Bentuk yoyo dapat berpengaruh terhadap trik yang ingin dimainkan. Dengan memilih bentuk yang tepat, trik akan lebih mudah dilakukan. Oleh karena itu, penting untuk memahami bentuk yoyo yang sesuai dengan trik yang ingin Anda mainkan.

Classic shape, memungkinkan untuk looping dan string trick

Classic shape, memungkinkan untuk looping dan string trick

Sesuai namanya, yoyo classic shape bisa dikatakan sebagai bentuk awal yoyo. Classic shape juga menjadi bentuk standar dari mainan yoyo. Classic shape memiliki sisi luar dan dalam yang serupa berupa bentuk bundar


Yoyo classic shape dapat digunakan untuk memainkan looping trick. Hal ini karena bentuk yoyo yang lebih stabil. Selain itu, yoyo ini juga bisa digunakan untuk string trick meskipun harus terlatih ketika memainkannya. 

Imperial shape, memudahkan saat memainkan looping trick

Imperial shape, memudahkan saat memainkan looping trick

Bentuk yoyo yang selanjutnya adalah imperial shape. Yoyo imperial shape sekilas mirip dengan classic shape. Bagian luar yoyo imperial shape berbentuk bundar. Akan tetapi, bagian dalamnya tidak demikian. Bagian dalam yoyo jenis ini cenderung rata dan sempit.


Bentuk rata pada imperial shape menjadikan yoyo mudah dimainkan saat menggunakan looping trick. Namun, karena sempit, sulit untuk melakukan string trick dengan yoyo bentuk ini. Yoyo bentuk ini lebih sesuai untuk memainkan gerakan memutar cepat daripada memainkan benangnya.

Butterfly shape, menjadi pilihan tepat untuk memainkan string trick

Butterfly shape, menjadi pilihan tepat untuk memainkan string trick

Ciri khas butterfly shape adalah bagian dalam yoyo yang terbuka lebar. Bagian dalam yang terbuka lebar tersebut memungkinkan benang terapit dengan lebih luas. Benang yang diapit oleh badan yoyo menjadikannya cocok untuk memainkan string trick


Yoyo berbentuk butterfly shape ini juga bisa digunakan untuk memainkan looping trick. Namun, apabila digunakan untuk memainkan looping trick, Anda harus berhati-hati karena tipe ini kurang stabil. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh bentuknya yang berkebalikan dengan tipe imperial shape.

Pastikan keberadaan bearing pada yoyo

Pastikan keberadaan bearing pada yoyo

Kemudahan dalam melakukan trik bermain yoyo salah satunya bergantung pada bearing. Bearing adalah bagian yoyo yang berfungsi untuk mengatur perputaran yoyo. Saat ini kebanyakan yoyo menggunakan tipe ball bearing. Ball bearing pada yoyo terbuat dari bahan logam.


Ball bearing yang digunakan pada yoyo memiliki jumlah yang berbeda-beda. Jumlah ball bearing yang sering ditemukan kisaran delapan hingga sepuluh. Selain jumlahnya, posisi bearing juga berbeda. Ada yoyo yang menggunakan side bearing, ada pula yoyo yang menggunakan center bearing.

Kenali produsen yoyo terbaik yang ada di pasaran

Kenali produsen yoyo terbaik yang ada di pasaran

Produsen yoyo sebenarnya telah tersebar di seluruh dunia. Namun, ada beberapa produsen yoyo yang lebih populer daripada yang lainnya sehingga bisa menguasai pasar. Kepopulerannya tersebut disebabkan kualitas yoyo yang bagus. Berikut ini adalah beberapa produsen yoyo yang menghasilkan produk berkualitas.


  • Auldey: Auldey dikenal sebagai salah satu perusahaan mainan yang telah mendunia. Perusahaan di bawah Alpha Group Company ini mengeluarkan berbagai produk mainan termasuk yoyo. Di Indonesia, Anda bisa menemukan yoyo yang diproduksi oleh Auldey dengan mudah, terutama seri Yoyo Blazing.


  • MagicYoyo: Sesuai dengan namanya, MagicYoyo memang perusahaan yang khusus memproduksi yoyo. Produsen yoyo dari Tiongkok yang satu ini selalu memperbaharui yoyo yang diproduksi. Produsen ini memang penyedia yoyo untuk pemula sekaligus profesional.

  • Bandai: Bandai adalah merupakan salah satu produsen mainan asal Jepang. Berbagai jenis mainan diproduksi oleh Bandai, termasuk yoyo. Sayangnya, yoyo buatan Bandai kalah saing sehingga tingkat popularitasnya mulai menurun.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi yoyo terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk yoyo terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
BentukButterfly shape
BearingKK bearing
9

AuldeyBlazing Teens Flashy Blade

Mulai dari Rp 165.000,00

BentukButterfly shape
BearingRemovable side bearing
8
BentukButterfly shape
Bearing8 beads stainless steel KK bearing
7

Nobie ToysYoyo Batik

NB-MT008

Mulai dari Rp 49.500,00

BentukClassic shape, butterfly shape
BearingTidak ada
6
BentukButterfly shape
Bearing8 beads stainless steel KK bearing
5
BentukImperial shape
BearingTidak ada keterangan
4
BentukButterfly shape
BearingSide bearing
3
BentukTidak disebutkan
BearingBearing KK
2
BentukButterfly shape
Bearing8 beads stainless steel KK bearing
1
BentukClassic shape
BearingBall bearing

Tabel perbandingan produk yoyo terbaik

Gambar produk
1
Auldey Blazing Teens 1

Auldey

2
MagicYoyo K1 1

MagicYoyo

3
Speed King Chrome Velg Yoyo 1

Speed King

4
Auldey Blazing Teens Demon 1

Auldey

5
Mideer Tin Yo Yo 1

Mideer

6
MagigYoyo Shark Honor-N12 1

MagigYoyo

7
Nobie Toys Yoyo Batik 1

Nobie Toys

8
MagicYoyo Overload-T5 1

MagicYoyo

9
Auldey Blazing Teens Flashy Blade 1

Auldey

10
MagicYoyo V3 1

MagicYoyo

Nama produk

Blazing Teens

K1

Chrome Velg Yoyo

Blazing Teens Demon

Tin Yo Yo

Shark Honor-N12

Yoyo Batik

Overload-T5

Blazing Teens Flashy Blade

V3

Keunggulan

Dilengkapi dengan karakter menarik di bodinya

Terbuat dari plastik ABS yang kokoh sehingga tidak mudah rusak

Ukuran diameter 6,5 cm sehingga pas di genggaman anak

Prototipe juara kompetisi yoyo dunia!

Membantu mengembangkan otak dan koordinasi fisik anak

Terbuat dari sand blasting finish surface sehingga tidak mudah tergores

Kembali bernostalgia dengan mainan masa kecil

Punya celah lebar di bagian tengah sehingga string strick lebih leluasa dimainkan

Mismatched body colors-nya keren, bearing bisa dilepas pasang!

Kecepatan stabil dan seimbang sehingga cocok untuk memainkan string trick

Harga mulai dariRp 6.000,00Rp 60.000,00Rp 11.000,00Rp 150.000,00Rp 60.000,00Rp 200.785,00Rp 49.500,00Rp 186.433,00Rp 165.000,00Rp 200.927,00
BentukClassic shapeButterfly shapeTidak disebutkanButterfly shapeImperial shapeButterfly shapeClassic shape, butterfly shapeButterfly shapeButterfly shapeButterfly shape
BearingBall bearing8 beads stainless steel KK bearingBearing KKSide bearingTidak ada keterangan8 beads stainless steel KK bearingTidak ada8 beads stainless steel KK bearingRemovable side bearingKK bearing
Tautan produk

Cara membuat yoyo berputar lebih lama

Cara membuat yoyo berputar lebih lama

Bermain yoyo memang tidak mudah. Anda butuh kesabaran ekstra untuk melatih skill. Skill dasar dalam bermain yoyo adalah membuat yoyo berputar lebih lama. Skill tersebut bisa dicapai dengan menerapkan sleeping trick. Dengan belajar sleeping trick, Anda akan berupaya menahan yoyo tetap berputar di bagian bawah. Jika sudah mahir, Anda bisa meningkatkan ke trik yang lain.


Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggenggam yoyo dengan telapak tangan menghadap ke atas. Posisi siku tangan menekuk ke sisi tubuh. Setelah itu, lemparkan yoyo ke bawah. Makin kencang Anda melempar yoyo, makin lama juga yoyo akan berputar. Cobalah mempertahankan yoyo tetap berputar ketika sedang berada di bawah. Jika dirasa yoyo mulai berhenti berputar, tariklah yoyo ke atas secara halus.

Baca juga rekomendasi produk hobi lainnya di sini

Bermain yoyo secara terus-menerus bisa menyebabkan bosan meskipun dengan trik yang berbeda. Untuk itu, agaknya Anda harus menjajal hobi lainnya. Dengan mengeklik tautan di bawah ini, Anda bisa mendapatkan produk hobi lain yang Anda sukai.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Anda mengetahui cara memilih produk yoyo yang bagus. Anda pun dapat memilih yoyo berdasarkan bentuk, bearing, atau produsennya. Anda juga bisa memilih produk yoyo yang telah kami rekomendasikan.

Jika sudah mendapatkan yoyo yang Anda inginkan, cobalah trik-trik bermain yoyo yang asyik. Pastikan Anda berulang kali berlatih agar mahir dalam memainkannya. Selamat menikmati hobi baru bermain yoyo!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tamiya Mini 4WD memang tidak ada habisnya. Sejak awal dirilis pada 1986, permainannya masih eksis sampai sekarang. Merek ini memang menawarkan banyak pilihan Mini 4WD yang bagus. Produknya bisa dikoleksi atau dijadikan jagoan di trek balap.Kami akan memandu Anda memilih Tamiya Mini 4WD terbaik, serta membagikan rekomendasi produknya. Rekomendasi Tamiya Mini 4WD kami tentunya original. Magnum Saber bisa Anda jadikan nostalgia. Untuk balap STB atau STCB, seri Mini 4WD PRO dapat diandalkan. Selain itu, perhatikanlah kombinasi chassis dan roda yang dibutuhkan. Yuk, dimulai pembahasannya!
    Permainan
  • 10 Rekomendasi Board Game Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Board Game Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Board game sudah terkenal di seluruh penjuru dunia, baik di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Board game pun dapat dimainkan di kafe dan event tertentu. Saat ini, telah beredar berbagai jenis board game yang bagus di Indonesia yang dapat dibeli secara online. Untuk itu, pada artikel ini kami akan memberikan review dan tips memilih board game terbaik. Kami sertakan juga rekomendasi merek board game ternama, seperti Hasbro yang terkenal dengan Monopoly-nya dan Bezier dengan game Werewolf-nya. Pilihlah board game yang tepat agar Anda enjoy memainkannya.
    Permainan
  • 10 Rekomendasi Rubik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rubik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mainan Rubik's Cube sebenarnya sudah lama beredar di Indonesia. Hanya saja, mainan ini baru booming mulai tahun 2008. Mainan sejenis puzzle yang dapat mengasah kemampuan otak ini banyak disukai oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Variasi model yang beragam menambah asyiknya permainan.Rubik kini dapat dibeli hampir di seluruh toko mainan, baik offline maupun online. Ada beberapa merek yang bagus dan populer, seperti Yong Jun, QiYi, dan MoYu. Namun, untuk mengetahui lebih jelas mengenai cara memilih Rubik yang bagus, silakan simak artikel berikut ini. 
    Permainan
  • 10 Rekomendasi Gasing Beyblade Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gasing Beyblade Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beyblade sudah eksis sejak 1999. Kemunculan Metal Saga dan Beyblade Burst pada 2015 membuat permainan ini kembali meledak. Gasing Beyblade asli diproduksi oleh dua merek ternama, yakni Takara Tomy dan Hasbro. Produknya sangat beragam sehingga Anda perlu teliti sebelum membeli.Untuk membantu Anda mendapatkan gasing Beyblade terbaik, kami akan membagikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh Beyblade yang bagus. Ada Storm Pegasus, Prominence Valkyrie, Archer Hercules dari Beyblade Burst Turbo, dan lainnya. Simak terus artikel ini agar Anda menemukan Beyblade terkuat untuk memenangkan berbagai duel!
    Permainan
  • 10 Rekomendasi Dinamo Tamiya Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dinamo Tamiya Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anak generasi 90-an tentu tidak asing dengan mainan Tamiya. Tamiya merupakan merek ternama dari miniatur mobil yang memiliki mesin. Sebagai penggerak mesinnya, Tamiya memerlukan dinamo. Untuk itu, dinamo merupakan komponen penting pada Tamiya. Nah, artikel kali ini akan mengulas banyak hal mengenai dinamo Tamiya. Kami akan membahas hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan dinamo Tamiya. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi dinamo yang bagus untuk Anda. Dinamo Plasma Dash, Ultra Dash, dan Power Dash adalah beberapa produk yang akan kami ulas di sini. Silakan baca artikel ini sampai habis, ya.
    Permainan
  • 10 Rekomendasi Kartu Remi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kartu Remi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sedang mencari ide untuk mengisi keseruan saat berkumpul? Anda dapat mengadakan permainan yang bisa dilakukan semua usia dengan menggunakan kartu remi , lho! Kartu remi terdiri dari 52 kartu dan bisa dimainkan mulai dari dua sampai sepuluh orang. Tidak hanya itu, kartu remi juga digunakan oleh salah satu olahraga permainan bernama bridge. Di artikel ini, kami akan membahas tips memilih kartu remi untuk memudahkan Anda menemukan kartu remi yang bagus. Ada kartu remi merek Goodlake, Honaga, PokerStars, dan sebagainya dalam artikel ini. Silakan simak rekomendasi dan penjelasan kami di bawah ini, ya!
    Permainan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori