1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Produk susu
  6. >
  7. 10 Susu Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Susu Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Susu Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Susu Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Susu Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Susu Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Susu Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)

Memiliki badan yang tinggi adalah impian setiap orang. Berbagai cara pun dilakukan untuk meninggikan badan, termasuk dengan minum susu. Cukup banyak produk susu peninggi badan yang beredar di pasaran. Merek susu peninggi badan seperti HiLo, DANCOW, dan Boneeto tentunya cukup familier bagi Anda.


Pada artikel ini, kami akan membagikan tips memilih susu penambah tinggi badan yang bagus. Setelahnya, review sepuluh susu peninggi badan juga akan kami berikan. Untuk membantu Anda memilih produk terbaik, kami turut berkolaborasi dengan ahli gizi Leona Victoria. Simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 04-11-2022
Pakar
Nutritionist
Leona Victoria

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak. Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent.

Profil Leona Victoria
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Kapan waktu yang tepat untuk minum susu peninggi badan?

Kapan waktu yang tepat untuk minum susu peninggi badan?

Waktu yang berpotensi tepat untuk mengonsumsi susu peninggi badan adalah sebelum berusia 18–20 tahun. Hal ini didasarkan pada kecenderungan bahwa pertumbuhan tubuh berhenti pada usia tersebut. Sebaliknya, pertumbuhan dikatakan terjadi lebih signifikan saat menjalani masa pubertas.


Pubertas merupakan masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual. Bagi wanita, masa pubertas akan mengalami puncaknya pada usia 1014 tahun. Masa pubertas wanita akan berhenti pada usia 14 hingga 16 tahun tergantung waktu kapan pubertas pertamanya.


Sementara itu, bagi pria, pubertas akan mencapai puncaknya ketika menginjak usia 12–16 tahun. Pertumbuhan badan pria akan berhenti menginjak usia 18 tahun tergantung kapan pubertas pertamanya. 


Lantas, apakah Anda yang berusia 18 tahun ke atas masih bisa menambah tinggi badan? Sayangnya, setelah berusia 18 tahun, sebagian besar orang tidak akan bisa lagi bertambah tinggi. Namun, Anda tetap bisa mengonsumsi susu untuk semua kalangan demi mendapatkan vitamin dan mineral di dalamnya.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Ada beberapa langkah tepat untuk mengoptimalkan kepadatan massa tulang Anda. Salah satunya mengonsumsi sumber kalsium dan vitamin D secara teratur setiap hari sampai usia 20-an. Setiap harinya, Anda perlu mengkonsumsi kalsium hingga 1.000 mg atau kira-kira setara dengan tiga gelas 250 ml susu. 


Waktu yang baik untuk mengonsumsi kalsium adalah saat sarapan, jam ngemil, dan sebelum tidur di malam hari. Khususnya, konsumsi kalsium sebelum tidur malam karena hormon pertumbuhan paling tinggi terdapat saat malam hari.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih susu peninggi badan

Pada bagian ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang harus Anda perhatikan saat memilih susu peninggi badan. Untuk itu, simak sampai selesai ya!

① Sesuaikan produk dengan usia peminumnya

Sesuaikan produk dengan usia peminumnya

Pemilihan produk susu peninggi badan sebaiknya disesuaikan dengan usia peminumnya. Beberapa produk dikhususkan untuk bayi usia satu tahun ke atas, balita, dan anak masa sekolah. Sementara itu, sebagian produk lain bisa dikonsumsi oleh hampir semua kalangan.


Susu peninggi badan untuk anak sering diperkaya dengan nutrisi lain untuk menunjang pertumbuhannya, seperti lemak omega-3. Omega-3 seperti DHA membantu menjaga kesehatan otak si kecil. Selain lemak sehat, ada pula nutrisi kolin yang turut mengoptimalkan kecerdasan anak.


Untuk rekomendasi produk susu pertumbuhan untuk anak usia 6 tahun ke atas, bacalah artikel di bawah ini.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Untuk anak-anak di usia aktif, mengkonsumsi susu full cream ataupun low fat tidak masalah. Namun, pengonsumsian tersebut perlu disesuaikan dengan kebutuhan energi dan aktivitas fisik anak. Sementara itu, orang dewasa sebaiknya mengonsumsi susu tinggi kalsium yang rendah atau tanpa lemak.

② Perhatikan kandungan dalam susu peninggi badan

Ada beberapa nutrisi kunci yang kita perlukan untuk mengoptimalkan penambahan tinggi badan. Nutrisi tersebut termasuk kalsium, vitamin D, fosfor, dan protein.

Kalsium: Merangsang pertumbuhan dan kekuatan tulang

Kalsium: Merangsang pertumbuhan dan kekuatan tulang
Kalsium merupakan mineral yang paling banyak di tubuh manusia, khususnya pada tulang dan gigi. Tanpa kalsium yang cukup, tulang manusia akan rentan dan mudah rapuh. Kalsium juga memiliki peran yang penting untuk membentuk jaringan pada tulang


Meminum susu tinggi kalsium merupakan salah satu cara untuk menambah tinggi badan. Lantas, berapa asupan kalsium yang ideal untuk merangsang pertumbuhan dan kekuatan tulang?


Kementerian Kesehatan RI (2009) telah menetapkan asupan minimal kalsium bagi setiap kelompok usia. Jumlah kalsium ini bisa didapatkan dari susu peninggi badan dan asupan makanan sehari-hari. Berikut rekomendasi asupan harian kalsium per kelompok usia.


  • Usia 1-3 tahun: 650 mg
  • Usia 4-9 tahun: 1.000 mg
  • Usia 10-18 tahun: 1.200 mg


Untuk info detail dan rekomendasi susu berkalsium tinggi, silakan baca artikel pada tautan di bawah ini.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Berdasarkan AKG 2019, kebutuhan kalsium berbeda-beda tiap usia. Kebutuhan kalsium untuk usia 4–9 tahun adalah 1.000 mg, 1.200 mg untuk usia 10–18 tahun, dan 1.000 mg untuk usia 19–49 tahun. Kebutuhan kembali meningkat untuk orang dengan usia di atas 50 tahun menjadi 1.200 mg.

Protein: Membantu perbaikan otot setelah aktivitas fisik

Protein: Membantu perbaikan otot setelah aktivitas fisik

Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan tinggi badan ideal, mulai dari mengonsumsi susu peninggi badan hingga rutin berolahraga. Selain untuk mendapatkan tinggi badan yang optimal, olahraga secara tidak langsung dapat membangun otot menjadi lebih kuat. Untuk itu, agar pertumbuhan badan seimbang, Anda dan keluarga membutuhkan lebih banyak asupan protein.


Terdapat dua jenis protein dalam susu peninggi badan, yakni casein dan whey protein. Biasanya, jenis susu peninggi badan memiliki total kandungan 70–80% protein kasein. Sementara itu, sebanyak 20% sisanya adalah whey protein.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Protein digunakan sebagai bahan pembentuk massa otot serta regenerasi sel otot setelah latihan fisik. Untuk menambah tinggi, Anda membutuhkan kalsium sebagai pembentuk massa tulang dan protein sebagai pembentuk otot yang mengelilingi tulang tersebut.

Vitamin D: Memaksimalkan penggunaan kalsium untuk tulang

Vitamin D: Memaksimalkan penggunaan kalsium untuk tulang

Dalam masa pertumbuhan, seseorang harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin. Salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan tulang adalah vitamin D. Susu penambah tinggi badan dapat diminum untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap vitamin D.


Vitamin D membantu memaksimalkan penggunaan kalsium di dalam tubuh. Dengan kalsium yang terserap optimal, penambahan tinggi badan juga diharapkan lebih maksimal.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Fungsi vitamin D adalah membantu penyerapan dan penggunaan kalsium saat pembentukan tulang. Susu hewani merupakan salah satu sumber makanan vitamin D. Anda juga dapat menaikkan tingkat vitamin D Anda dengan mendapatkan sinar matahari pagi yang cukup. Saat ini, vitamin D juga disarankan untuk dikonsumsi oleh semua orang untuk meningkatkan fungsi imun tubuh.

Fosfor: Turut menjadi komponen penyusun tulang

Fosfor: Turut menjadi komponen penyusun tulang

Kandungan lain yang harus diperhatikan saat memilih susu peninggi badan adalah fosfor. Sekitar 85% fosfor dalam tubuh tersimpan di dalam tulang dan gigi. Dengan demikian, fosfor penting untuk kekuatan dan kesehatan tulang dan gigi.


Asupan fosfor yang cukup juga krusial untuk keseimbangan asam dan basa (pH) dalam tubuh. Keseimbangan asam-basa ini sangat penting untuk membantu tubuh bekerja sesuai fungsinya. 

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Mungkin istilah fosfor terdengar asing bagi sebagian orang. Fosfor adalah mineral kedua terbanyak di dalam tubuh manusia, khususnya di tulang dan gigi. Jadi, selain kalsium, kita membutuhkan fosfor sebagai bahan pembentuk tulang dan gigi. Selain itu, fosfor juga menjaga kerja sistem saraf serta menjaga keseimbangan pH (asam dan basa) darah.

③ Ketahui varian rasa pada produk susu peninggi badan

Susu peninggi badan tersedia dalam berbagai varian rasa. Rasa pada produk penting diperhatikan agar Anda dan keluarga dapat menikmati susu peninggi badan dalam jangka panjang.

Rasa plain, cocok dipadukan dengan makanan dan minuman lain

Rasa plain, cocok dipadukan dengan makanan dan minuman lain
Bagi Anda yang menyukai rasa susu asli, susu plain dapat dipilih. Susu dengan rasa plain biasanya juga lebih cocok dikonsumsi dengan penganan lain, seperti kopi, teh, dan oat.

Sebagian susu peninggi badan plain tidak mengandung gula, seperti glukosa atau sukrosa. Namun, beberapa produk dengan label plain tetap memiliki kandungan gula pada daftar komposisinya. Pastikan Anda mengecek dengan saksama komposisi beserta informasi nilai gizi setiap produk, ya.

Rasa cokelat dan buah, untuk Anda yang menyukai rasa manis

Rasa cokelat dan buah, untuk Anda yang menyukai rasa manis
Bagaimana jika Anda atau si kecil tidak menyukai susu dengan rasa plain? Tentu masih ada pilihan rasa lainnya. Anda pun dapat memberikan susu peninggi badan dengan rasa cokelat, vanila, stroberi, maupun rasa lainnya. Rasa cokelat sering kali menjadi rasa favorit anak-anak.


Pada susu dengan rasa tertentu, produsen biasanya akan menambahkan bahan lain, seperti pewarna, perisa, dan gula yang mungkin lebih tinggi. Anda harus cermat dalam memilih produk susu peninggi badan, jangan sampai kandungan gula atau kalorinya malah berlebihan.

10 Rekomendasi susu peninggi badan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk susu peninggi badan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Leona Victoria.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Indolacto

Indomilk UHT 950 ml

Indolacto Indomilk UHT 950 ml 1枚目

Dihasilkan oleh sapi sehat dari peternak binaan Indomilk

2

Nestlé

DANCOW FortiGro Full Cream

Nestlé DANCOW FortiGro Full Cream 1枚目

Jaga imun si kecil saat ia tumbuh dan berkembang

3

Abbott

Pediasure

Abbott Pediasure 1枚目

Diperkaya dengan DHA untuk perkembangan otak anak

4

Nutrifood

HiLo Teen

Nutrifood HiLo Teen 1枚目

Susu peninggi badan remaja agar tubuhnya tumbuh ke atas!

5

Sarihusada

SGM Eksplor 5 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC

Sarihusada SGM Eksplor 5 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC 1枚目

Mengandung ALA, lemak sehat untuk pertumbuhan tubuh

6

Zee

Platinum

Zee Platinum 1枚目

Tinggi badan menjadi ideal, prestasi di sekolah pun dapat optimal

7

Herbal Indo Utama

NutriGOAT

 Herbal Indo Utama NutriGOAT 1枚目

Alternatif susu sapi dengan vitamin A yang tinggi

8

Fonterra

Anchor Boneeto

Fonterra Anchor Boneeto 1枚目

Menjagokan formula A-Force, anak pun menjadi lebih aktif

9

Nestlé

MILO Activ-Go Pouch 1 kg

Nestlé MILO Activ-Go Pouch 1 kg 1枚目

Dengan tambahan malt untuk tingkatkan energi para jagoan

10

Royal FrieslandCampina

Frisian Flag Purefarm Low Fat

Royal FrieslandCampina Frisian Flag Purefarm Low Fat 1枚目

Susu rendah lemak untuk setiap anggota keluarga

Perincian produk
Close
No.1

IndolactoIndomilk UHT 950 ml

Mulai dari Rp18.300,00

Dihasilkan oleh sapi sehat dari peternak binaan Indomilk

Indomilk terus menjadi susu favorit masyarakat Indonesia, termasuk untuk menambah tinggi badan. Susu ini dapat dikonsumsi oleh banyak kalangan, kecuali bayi 0–12 bulan. Dengan produk ini, Anda tak perlu repot mencari susu khusus untuk anak, remaja, maupun anggota keluarga yang sudah dewasa.


Mutu susu Indomilk UHT juga sudah terjamin bagus. Produk ini dihasilkan oleh sapi yang dirawat dengan baik oleh peternak binaan Indomilk. Selain itu, kemasannya juga dirancang dengan formula double lock yang menjaga isi di dalamnya. Susu Indomilk UHT sangat layak untuk dimasukkan dalam pola makan keluarga Anda.

No.2

NestléDANCOW FortiGro Full Cream

Mulai dari Rp28.600,00

Jaga imun si kecil saat ia tumbuh dan berkembang

Tinggi badan dan pertumbuhan anak memang penting untuk dioptimalkan. Namun, jangan sampai Anda luput memperhatikan nutrisi untuk sistem imunnya, ya. Susu peninggi badan untuk enam tahun ke atas ini dapat dipilih. Selain menawarkan nutrisi untuk tulang, produk ini juga mengandung gizi untuk daya tahan tubuh.


DANCOW FortiGro Full Cream mengandung vitamin C, zat besi, dan zink yang krusial untuk daya tahan tubuh. Kandungan vitamin B untuk imunnya juga terbilang cukup mumpuni, seperti vitamin B2, B6, dan B12. Saat si kecil sudah mulai aktif berkegiatan, susu ini dapat membantu menjaganya tetap fit dan sehat.

No.3

Diperkaya dengan DHA untuk perkembangan otak anak

Jika Anda mencari susu peninggi badan anak usia satu tahun ke atas, PediaSure dapat menjadi pilihan. Produk ini menawarkan nutrisi yang diperlukan tulang, mulai dari kalsium hingga fosfor. Meski kadarnya tak begitu tinggi dibandingkan dengan beberapa produk lain, susu ini tetaplah menggoda karena komposisi lainnya.


PediaSure mengandung omega-3 yang disebut DHA. DHA sudah populer sebagai lemak sehat yang menunjang fungsi kognitif anak. Dengan begitu, susu ini tak hanya memaksimalkan penambahan tinggi anak, tetapi juga kecerdasannya. Susu ini juga menawarkan vitamin yang komplet, lho!

No.4

Susu peninggi badan remaja agar tubuhnya tumbuh ke atas!

Bila mendengar kata susu peninggi badan, HiLo pasti langsung ke muncul ke benak Anda. Produk-produk HiLo memang sangat populer berkat komposisinya yang super. Begitu pula dengan HiLo Teen, susu peninggi badan untuk remaja. 


Produk ini mengandung kalsium dengan kadar yang sangat tinggi. Begitu juga dengan kadar vitamin D dan fosfornya. Komposisi tersebut sangat sesuai untuk optimalisasi tinggi badan anak di masa pubertas. Apakah Anda ingin tubuh anak tumbuh ke atas, bukan ke samping? Pastikan HiLo Teen menjadi pilihan.

No.5

SarihusadaSGM Eksplor 5 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC

Mulai dari Rp80.400,00

Mengandung ALA, lemak sehat untuk pertumbuhan tubuh

SGM dapat dipilih sebagai susu penambah tinggi badan anak usia 5 tahun ke atas. Komposisi produk ini cukup mumpuni dengan vitamin dan mineral yang hampir lengkap, termasuk kalsium dan vitamin B yang komplet.


Selain mengandung nutrisi tulang seperti kalsium, SGM Eksplor 5+ juga menawarkan omega-3 yang disebut ALA. Menurut WebMD, ALA sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Ekstra lemak sehat tersebut tentu menambah daya tarik susu peninggi badan anak ini.

No.6

Tinggi badan menjadi ideal, prestasi di sekolah pun dapat optimal

Memiliki anak yang cerdas dan berprestasi adalah impian setiap orang tua. Namun, jika anak kekurangan nutrisi, ia akan sulit untuk bisa berkonsentrasi saat belajar. Salah satu susu penambah tinggi yang sangat direkomendasikan untuk mengiringi proses belajar anak adalah Zee Platinum.


Selain menawarkan kalsium dan vitamin D untuk pertumbuhan tulangnya, produk ini juga mengandung kolin. Kolin merupakan nutrisi yang berkontribusi terhadap daya ingat dan intelegensi. Tambahan omega-3 dalam produk ini juga membantu si kecil maksimal dalam meraih prestasi gemilang.

No.7

Herbal Indo UtamaNutriGOAT

Mulai dari Rp44.000,00

Alternatif susu sapi dengan vitamin A yang tinggi

Susu ini menawarkan komposisi yang cukup legit, terutama vitamin A-nya. Dalam satu sajiannya, Anda dapat memenuhi kebutuhan harian terhadap vitamin A hingga 50%. Asupan vitamin A yang cukup, asal tidak berlebihan, juga penting untuk kesehatan tulang.


Namun, kadar kalsium produk ini lebih rendah daripada produk lain. Dengan demikian, Anda dan keluarga perlu mengonsumsi sumber kalsium lainnya untuk memenuhi asupan yang diperlukan tubuh. Meski kadar kalsiumnya rendah, produk ini layak dipertimbangkan jika Anda dan keluarga menyukai susu kambing.

No.8

Menjagokan formula A-Force, anak pun menjadi lebih aktif

Agar anak senantiasa aktif dan tumbuh tinggi maksimal, Anda tentu perlu selektif dalam memilih susu yang ia konsumsi. Boneeto dapat dipilih sebagai produk yang menunjang aktivitasnya. Dengan formula A-Force, Boneeto membantu anak merasakan pengalaman terbaik di masa pertumbuhannya


Kandungan kalsium pada produk ini juga terbilang tinggi. Dalam satu sajiannya, kebutuhan harian tubuh terhadap kalsium sudah terpenuhi hingga 50%! Kadar ini memang lebih baik dibandingkan dengan susu kebanyakan. Dengan komposisi yang ciamik tersebut, susu tinggi kalsium ini wajib dibeli untuk mengoptimalkan tinggi badan anak.

No.9

NestléMILO Activ-Go Pouch 1 kg

Mulai dari Rp104.400,00

Dengan tambahan malt untuk tingkatkan energi para jagoan

MILO tentu tak bisa dilupakan jika Anda membutuhkan susu penambah tinggi badan anak. Dengan nutrisi tulangnya yang cukup mumpuni, pertumbuhan si kecil dapat lebih maksimal. Kandungan gula dalam susu ini juga dikatakan cenderung sedikit, tetapi rasanya tetap nikmat.


Kandungan menarik lain dalam MILO Activ-Go adalah ekstrak malt (barli). Ekstrak malt dapat menjadi sumber energi tambahan yang akan membuat si kecil tetap aktif. Saat anak mulai sibuk mengikuti kegiatan belajar hingga ekstrakurikuler, ia tetap semangat berkat susu MILO Activ-Go ini.

No.10

Royal FrieslandCampinaFrisian Flag Purefarm Low Fat

Mulai dari Rp6.700,00

Susu rendah lemak untuk setiap anggota keluarga

Apakah Anda mencari susu penambah tinggi badan untuk semua anggota keluarga? Produk ini dapat menjadi pertimbangan. Cukup dengan satu susu saja, kebutuhan nutrisi tulang anggota keluarga pun dapat dioptimalkan. Namun, susu ini tak bisa dikonsumsi oleh bayi berusia 0–12 bulan, ya.


Selain itu, sesuai namanya, susu Frisian Flag ini juga rendah lemak. Komposisi ini tentu memberikan kalori yang relatif lebih rendah. Untuk satu sajiannya, Anda hanya memasukkan energi sekitar 110 kkal. Dengan demikian, selain membantu menambah tinggi badan, susu ini juga cocok untuk diet.

Tips dari ahli gizi Leona Victoria, MND

Tips dari ahli gizi Leona Victoria, MND

Menurut saya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari susu peninggi badan, sebaiknya Anda melihat kandungan kalsium dan protein per takaran saji. Kandungan kalsium dan protein yang ideal untuk susu peninggi badan adalah 250–300 mg kalsium dan 7–8 gram protein per 250 ml


Setelah itu, lihat kandungan kalori, lemak, dan gula tambahannya. Sesuaikan kandungan-kandungan tersebut dengan kebutuhan Anda.

Baca juga rekomendasi susu lainnya di sini

Selain susu peninggi badan, kami telah menyiapkan beberapa rekomendasi produk susu lainnya. Artikel-artikel ini tentunya dapat Anda jadikan referensi untuk mendapatkan produk susu terbaik. Untuk itu, silakan dibaca juga, ya!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan merek susu peninggi badan yang tepat? Perlu diketahui, susu hanyalah salah satu sumber untuk mendapatkan tinggi badan ideal. Anda pun harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang kaya gizi.


Selain itu, gaya hidup lainnya juga perlu dibenahi untuk mengoptimalkan tinggi badan. Pastikan Anda tidur cukup serta aktif dalam menggerakkan badan. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda, ya.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer