1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Makanan kecil & snack
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Pie Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Pie Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Pie Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Pie Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Pie Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Pie Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Pie Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Pie susu adalah kue kering yang bagian tengahnya berisi kustar. Kustar (custard) terbuat dari campuran susu atau krim, kuning telur, dan gula. Rasanya yang manis, lembut, dan ringan membuat penganan ini terkenal dan disukai banyak orang. 


Selain pie susu Bali yang terkenal sebagai oleh-oleh, ada juga pie susu dari daerah lain, seperti Bandung, Malang, dan Surabaya. Dalam artikel ini, kami akan me-review pie susu terenak untuk Anda. Merek pie susu terbaik, seperti Pie Susu Dhian, Pie Susu Enaaak, dan Pie Susu Chandra, ada dalam rekomendasi kami. Mari baca artikelnya!

Diperbaharui 10-09-2022
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ulil Maulida

Ulil Maulida merupakan seorang culinary enthusiast. Menurutnya, makanan yang enak akan membuat orang bahagia secara instan. Hobi kulineran dan eksplorasi rasa membawanya untuk membangun brand roti dengan ragi alami bersama suaminya yang diberi nama “Rotibati”. Selain itu, dirinya juga memiliki ketertarikan terhadap fragrance atau dunia wewangian. Sama halnya seperti makanan, wewangian juga dapat membangkitkan mood lewat aroma yang dihirup indra penciuman.

Profil Ulil Maulida
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih pie susu

Terdapat banyak sekali varian pie susu yang tersedia di pasaran. Anda pun mungkin sudah memiliki merek pie susu favorit. Namun, saat Anda ingin mencoba pie susu yang lain, jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal berikut. Mari simak lebih lanjut mengenai cara memilih pie susu terbaik.

① Ketahui varian rasa kustar pada pie susu

Seiring dengan berkembangnya inovasi pada bidang kuliner, pie susu dibuat dalam berbagai varian rasa. Olahan kustar yang banyak dikreasikan oleh setiap produsen menghasilkan cita rasa yang kaya, serta mempercantik penampilan pie susu. Berikut ini ialah informasi mengenai varian rasa kustar pada pie susu.

Kustar original: Rasa asli pie susu yang autentik dan melegenda

Kustar original: Rasa asli pie susu yang autentik dan melegenda

Kustar original terbuat dari campuran susu, kuning telur, dan gula. Dengan tiga bahan sederhana tersebut, warna yang dihasilkan menjadi krim kekuningan. Kustar ini memiliki rasa manis yang pas dan tidak lebih manis dari kustar dengan varian rasa lain. Rasa original juga sangat lekat dengan sejarah pertama kali dibuatnya pie susu, lho!


Dalam bahasa Portugis, pie susu disebut pastel de nata. Kemudian, resep pie susu dikembangkan dan dikenalkan juga di Hong Kong pada tahun 1940-an. Saat itu, kue kering berupa pie ini diisi egg custard yang saat ini dikenal sebagai kustar original. Rasa asli pie susu favorit semua orang ini ternyata sudah menjadi legenda!

Kustar variasi: Aneka rasa kustar yang legit dan kekinian

Kustar variasi: Aneka rasa kustar yang legit dan kekinian


Jika Anda bosan mengonsumsi pie susu dengan kustar original, tersedia aneka pilihan kustar dengan rasa lainnya. Setiap produsen memiliki kreasi varian rasa kustar yang berbeda-beda.


Rasa yang paling banyak tersedia adalah cokelat dan keju. Namun, beberapa produsen juga membuat kustar dengan rasa buah seperti stroberi, bluberi, dan durian. Sementara itu, ada juga produsen yang membuat inovasi rasa baru dan kekinian untuk merambah pasar yang lebih luas. Misalnya saja, ada pie susu dengan rasa taro, matcha, hingga tiramisu. 


Membayangkan varian kustar yang beraneka rasa ini pasti membuat Anda makin tertarik untuk menikmatinya, bukan? Rasanya sudah pasti legit di lidah!

Kustar topping: Pie susu dengan penampilan menarik

Kustar topping: Pie susu dengan penampilan menarik

Di tengah maraknya kue-kue kekinian, pie susu yang sejak dahulu punya tampilan selalu sama, turut melakukan inovasi. Kini, telah tersedia pie susu dengan aneka topping.


Pie susu yang memiliki bentuk mungil ini ditaburi keju, choco chips, kacang almond, serta kismis di atas kustarnya. Selain sebagai penambah rasa, aneka topping tersebut tentunya membuat penampilan pie susu makin cantik. Penampilan menarik yang dimiliki pie susu modern ini tentu akan menambah selera mencamil Anda!

② Pilih berdasarkan ukuran kemasan

Mengenai pengemasan, satu per satu pie susu dibungkus dengan plastik, kemudian dimasukkan ke dalam kotak karton. Pie susu dibungkus terpisah dengan tujuan agar kue tidak rusak, berantakan, atau remuk. Kemasan pie susu juga tersedia dalam berbagai ukuran, menyesuaikan jumlah isian per kotak.


Umumnya terdapat kemasan dalam ukuran kecil, sedang, dan besar. Kemasan ukuran kecil berisi empat sampai sepuluh pie susu. Pie susu yang berjumlah 25 buah sampai 35 buah termasuk ke dalam kemasan ukuran sedang. Sementara itu, terdapat juga kemasan ukuran besar berisi 50 buah pie susu. Jadi, pilihlah sesuai selera dan kebutuhan Anda.

③ Tentukan cara pengiriman terbaik

Tentukan cara pengiriman terbaik

Berbeda dengan saat membeli langsung, pertimbangkan juga cara pengirimannya saat Anda membeli online. Tekstur pie susu yang rapuh memungkinkan produk lebih rentan rusak saat pengiriman. Untuk itu, pilihlah cara pengiriman paling tepat agar kualitas produk terjaga maksimal.


Anda disarankan untuk meminta kemasan tambahan berupa kardus atau bubble wrap kepada seller agar produk lebih terlindungi. Menambahkan stiker fragile atau rapuh juga bisa membantu untuk menambah keamanan. 


Ingat juga bahwa pie susu memiliki masa kedaluwarsa yang cukup cepat. Jadi, akan lebih baik lagi jika Anda memilih opsi pengiriman ekspres.

10 Rekomendasi pie susu terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pie susu terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Chandra

Pie Susu

Chandra Pie Susu 1枚目

Camilan lezat dengan harga ekonomis, teman setia saat kumpul!

2

Asli “Enaaak”

Pie Susu

Asli “Enaaak” Pie Susu  1枚目

Cita rasa asli pie susu terenak yang legendaris

3

Dhian

Pie Susu

Dhian Pie Susu 1枚目

Camilan manis untuk teman minum teh atau kopi

4

Ajik

Pie Susu

Ajik Pie Susu 1枚目

Pie susu produksi toko oleh-oleh yang terkenal di Bali

5

Gendhis

Pie Susu

Gendhis Pie Susu  1枚目

Produk unggulan Kota Malang yang patut dicoba

6

Kunangkunang22

Pie Susu Lembang

Kunangkunang22 Pie Susu Lembang  1枚目

Tersedia rasa mix! Bisa mencicipi semua varian rasa pie susu

7

Prema

Pie Susu

Prema Pie Susu 1枚目

Kue mungil dengan kustar susu yang lumer di mulut

8

Belvia

Mini Pie

Belvia Mini Pie 1枚目

Produk homemade tanpa bahan pengawet

9

Pie Susu 21 Bali

Besek isi 20 pcs Original

Pie Susu 21 Bali  Besek isi 20 pcs Original 1枚目

Kemasan yang pas untuk hampers ataupun dinikmati sendiri

10

Kartika Sari

Pie Susu

Kartika Sari Pie Susu  1枚目

Pie susu buatan toko oleh-oleh legendaris di Bandung!

Perincian produk
Close
No.1

Camilan lezat dengan harga ekonomis, teman setia saat kumpul!

Apakah Anda ingin menikmati pie susu bersama keluarga dan teman-teman? Produk ini bisa menjadi pilihan. Produk yang memiliki slogan “enak & lezat” ini tersedia dalam kemasan ukuran besar berisi 50 pcs pie susu. Terdapat lima varian rasa kustar, yaitu original, stroberi, cokelat, bluberi, dan keju.


Produk ini dibungkus kotak karton putih dengan desain yang sederhana. Selain itu, produk ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi, Anda tidak perlu bingung jika ingin berbagi camilan lezat. Semua orang kebagian, dompet Anda pun tetap aman!

No.2

Asli “Enaaak”Pie Susu

Mulai dari Rp35.000,00

Cita rasa asli pie susu terenak yang legendaris

Untuk Anda yang mencari pie susu Bali legendaris, inilah jawabannya. Produk ini masih mempertahankan resep asli pie susu Bali sejak awal berdiri tahun 1989. Boks kemasannya pun memiliki desain vintage. Sebagai tambahan info, pie susu asli ini juga merupakan salah satu produk yang tertua di Bali.


Varian rasa kustar yang dimiliki produk ini adalah rasa original, cokelat, dan keju. Pinggiran kulit pie yang sedikit tebal menyuguhkan tekstur yang lebih renyah. Jika Anda baru pertama kali mencoba pie susu dan ingin menikmati resep asli, produk ini bisa jadi pilihan. 

No.3

Camilan manis untuk teman minum teh atau kopi

Anda punya hobi minum teh atau kopi? Pie Susu Dhian bisa menjadi camilan yang pas untuk menemani aktivitas Anda. Berbagai pilihan rasa kustar pada produk ini adalah original, keju, cokelat, stroberi, bluberi, serta cokelat keju. Sama seperti pie susu asal Bali lainnya, produk ini juga diproduksi tanpa menggunakan bahan pengawet.


Produk ini dapat bertahan 14 hari dalam lemari pendingin. Sebelum disantap, Anda bisa menghangatkan pie susu ke dalam microwave, lalu sajikan hangat-hangat sebagai pendamping teh atau kopi.

No.4

Pie susu produksi toko oleh-oleh yang terkenal di Bali

Pie susu yang kali ini kami review merupakan produk pie susu dari toko oleh-oleh khas Bali, Krisna Bali. Toko oleh-oleh yang dimiliki Ajik Krisna ini tersebar di berbagai penjuru Bali, seperti Denpasar, Kuta, hingga Ubud. Setelah sukses dengan toko oleh-olehnya, Ajik Krisna melebarkan sayap membuat produk pie susu yang diberi label Pie Susu Ajik. 


Pie susu ini tersedia dalam berbagai varian rasa yang menggoda. Ada pie susu klasik yang autentik, hingga pie susu dengan rasa kekinian, seperti green tea. Anda tertarik mencobanya?

No.5

Produk unggulan Kota Malang yang patut dicoba

Selain terkenal sebagai daerah penghasil buah apel terbaik, Kota Malang juga menghasilkan buah stroberi dan durian. Salah satu pendiri UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) bernama Titik Suwahyuni pun membuat produk berupa pie susu buah. Pie susu Malang ini bahkan menjadi UMKM unggulan di Kota Malang.


Produk kemasan kecil ini hanya berisi empat buah. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika ingin membeli dalam jumlah banyak karena masa konsumsinya mencapai empat bulan. Bagi Anda para penggemar buah apel, pilihlah kustar dengan rasa apel. Temukan cita rasa manis dan asam yang segar dari buah apel khas Kota Malang!

No.6

Kunangkunang22Pie Susu Lembang

Mulai dari Rp16.000,00

Tersedia rasa mix! Bisa mencicipi semua varian rasa pie susu

Lembang merupakan daerah dataran tinggi di Bandung Barat yang terkenal dengan sentra peternakan sapi perah. Maka dari itu, jangan heran kalau banyak produk dari Lembang yang menggunakan susu, seperti produk ini. Produsen ini tergolong masih sangat baru karena didirikan pada tahn 2019.


Pie susu Lembang ini memiliki banyak varian rasa. Menariknya, Anda dapat mencicipi semua rasanya jika memilih varian Mix. Anda para milenial pasti familier dengan rasa taro dan matcha, bukan? Bayangkan rasa kustar susu yang lembut dikombinasikan dengan talas ungu atau teh hijau. Lezat, sekali! 

No.7

Kue mungil dengan kustar susu yang lumer di mulut

Prema merupakan salah satu merek cukup terkenal yang memproduksi oleh-oleh khas Bali. Produk unggulannya tentu saja pie susu. Tersedia tujuh varian rasa kustar, yaitu original, cokelat, keju, vanila, durian, bluberi, dan stroberi. Namun, kami lebih rekomendasikan Anda untuk memilih rasa original.


Prema Rasa mengeklaim produknya memiliki keunikan, khususnya pada tekstur kustarnya. Kustar pada pie susu ini memiliki cita rasa susu yang legit dan lumer di mulut. Anda akan mendapatkan perpaduan tekstur kulit pie yang renyah serta kustar yang lembut. Kudapan ini bisa disajikan untuk anak-anak serta orang tua yang lebih dianjurkan mengonsumsi makanan yang mudah dikunyah.

No.8

Produk homemade tanpa bahan pengawet

Selanjutnya, kami merekomendasikan produk yang berasal dari Surabaya. Belvia Mini Pie dibuat secara homemade sejak 2009. Produk ini terbuat dari bahan-bahan baku pilihan dan tidak menggunakan pengawet. Jadi, produk ini bisa menjadi camilan yang aman dikonsumsi keluarga.

 

Pie susu Surabaya ini hadir dengan berbagai pilihan topping, seperti choco chips, kismis, dan almond. Pembelian produk ini berlaku kelipatan 24 pcs. Anda juga bisa memilih berbagai paket yang tersedia untuk mendapatkan produk mix atau campuran dalam satu kemasan. 

No.9

Pie Susu 21 Bali Besek isi 20 pcs Original

Mulai dari Rp49.000,00

Kemasan yang pas untuk hampers ataupun dinikmati sendiri

Pie susu yang satu ini hadir dalam kemasan yang menawan. Hal ini membuat Pie Susu 21 Bali menarik dijadikan oleh-oleh atau hampers untuk orang terdekat. Dibandingkan pie susu lainnya yang dikemas dengan isi 10 pcs, Pie Susu 21 Bali hadir dengan isi 20 pcs


Dengan isi yang lebih banyak, Anda akan lebih puas menikmatinya. Saat dibagikan sebagai oleh-oleh atau dijadikan hampers, tentu sang penerima akan merasa lebih puas. Pie susu homemade dalam boks kotak ini tersedia dalam satu rasa saja, yakni rasa kustar original.

No.10

Pie susu buatan toko oleh-oleh legendaris di Bandung!

Saat pergi ke Bandung, tentu belum lengkap rasanya tanpa membeli oleh-oleh di Kartika Sari. Kali ini, toko oleh-oleh khas Bandung ini hadir dengan pilihan menu baru, pie susu! Anda yang pencinta pie susu sejati, tentunya tidak boleh melewatkan pie susu Bandung ini. 


Pie susu dari Kartika Sari tersedia dalam empat varian rasa yang menarik. Selain pie susu rasa keju, ada varian lainnya yang menarik dan tak pasaran, seperti tiramisu, lemon, dan stroberi-cokelat. Rasanya tentunya sudah tidak usah diragukan lagi. Kartika Sari selalu berhasil untuk membuat menu barunya menjadi favorit pencinta camilan!

Baca juga rekomendasi produk kue lainnya di sini

Selain pie susu, Anda dapat memilih rekomendasi kue lainnya yang cocok disantap dalam berbagai kegiatan. Berkumpul bersama keluarga dan berwisata rasanya akan lebih lengkap jika ditemani dengan camilan. Silakan klik untuk mengetahui informasi lebih banyak tentang produk-produk tersebut.

Kesimpulan

Hal yang paling perlu diperhatikan saat memilih pie susu ialah masa konsumsi produk. Kebanyakan pie susu, khususnya pie susu dari Bali, tidak menggunakan bahan pengawet. Untuk itu, simpanlah produk di dalam lemari pendingin segera setelah Anda menerimanya agar lebih tahan lama. 


Setelah membaca artikel di atas, semoga Anda menemukan produk sesuai selera Anda, ya. Selamat berbelanja pie susu terenak sesuai selera Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer