1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Produk susu
  6. >
  7. 10 Whipped Cream Terenak - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Whipped Cream Terenak - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Whipped Cream Terenak - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Whipped Cream Terenak - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Whipped Cream Terenak - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Whipped Cream Terenak - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Whipped Cream Terenak - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023)

Para pencinta dessert pasti sudah tidak asing dengan krim kocok atau whipped cream. Whipped cream memiliki rasa dan tekstur yang lembut serta creamy. Selain sebagai dekorasi kue, whipped cream sering dipakai untuk menghias milkshake atau frappuccino. Di antara banyaknya merek whipped cream, manakah yang sebaiknya Anda pilih?


Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih whipping cream yang bagus. Terdapat pula rekomendasi whipped cream dari berbagai merek, seperti Anchor, Elle & Vire, dan Greenfields. Sebagai informasi, artikel ini juga sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta. Baca artikelnya, yuk!

Diperbaharui 02-01-2023
Pakar
Professional baker
Tata Violeta

Tata adalah seorang home baker sekaligus founder dari tatabakes (online cakery) yang berdiri sejak 2018. Tata menyelesaikan pendidikan jurusan Culinary Arts selama dua tahun di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2018. Wanita yang senang berinteraksi dengan customer lewat Instagram-nya ini memanfaatkan hasil pengalamannya untuk membuka online cakery sampai saat ini. Selain itu, Tata juga pernah mengajar di salah satu kampus di kota tempat tinggalnya.

Profil Tata Violeta
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Grace Mulyani

Grace Mulyani adalah lulusan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya yang melanjutkan kembali studinya dalam bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani studi lanjut, Grace menemukan lowongan sebagai freelance writer di mybest Indonesia. Melalui pekerjaan ini, Grace menemukan passion-nya di dalam dunia menulis. Grace hobi menjelajahi supermarket untuk menemukan makanan dan minuman yang menarik untuk dicoba. Review makanan dan minuman tersebut dibagikan dalam akun Instagram pribadinya. Berbekal dari hobi tersebut, kini Grace menjadi seorang content creator di Lemon8. Grace juga gemar membaca informasi terbaru tentang kesehatan, perawatan rambut, wajah, dan tubuh serta tren fashion terkini.

Profil Grace Mulyani
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 18 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa itu whipped cream?

Apa itu whipped cream?

Whipped cream atau krim kocok adalah jenis krim kental yang harus dikocok terlebih dahulu sebelum digunakan. Krim ini populer dijadikan topping minuman, dessert, ataupun krim pelapis kue tar. Jika pergi ke supermarket, Anda akan menemukan whipped cream di rak dairy product. Produk krim kocok biasanya berjejeran di rak pendingin bersama heavy cream


Whipped cream dan heavy cream sekilas tampak sama, kandungan lemak susunya pun sama-sama tinggi. Namun, whipped cream memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan heavy cream. Jika dilihat dari kandungan lemak susunya, whipped cream punya fat lebih rendah, yaitu sekitar 30–35%. Sementara itu, fat pada heavy cream biasanya di atas 38%.

 

Dengan tekstur yang lembut dan ringan, whipped cream cocok untuk topping minuman dan dessert. Sementara heavy cream banyak dipakai untuk masakan dengan kekentalan tertentu, seperti sup krim, saus carbonara, dan rose pasta

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih whipped cream

Whipped cream ada banyak macamnya. Saat memilih whipped cream, Anda perlu mencermati bahan utamanya, kegunaannya, dan bentuk produknya. Agar Anda menemukan whipped cream yang sesuai dengan kebutuhan, simak tips dari kami berikut ini.

① Pilih berdasarkan bahan dasarnya

Whipped cream umumya memang terbuat dari lemak susu sapi. Namun, whipped cream yang terbuat dari bahan non-dairy yang aman untuk vegan juga ada, lho.

Dairy whipped cream, rasanya lebih creamy dan milky

Dairy whipped cream, rasanya lebih creamy dan milky

Dairy whipped cream adalah jenis krim kocok yang paling umum beredar di pasaran. Karena terbuat dari susu sapi, dairy whipped cream memiliki aroma dan rasa yang lebih milky dan creamy.


Jika Anda penggemar krim dengan rasa yang rich, Anda akan menyukai dairy whipped cream. Krim jenis ini akan sangat lezat dijadikan bahan untuk membuat dessert bercita rasa creamy, seperti panna cotta, mousse, dan ganache

Non-dairy whipped cream, aman untuk vegan dan pemilik alergi laktosa

Non-dairy whipped cream, aman untuk vegan dan pemilik alergi laktosa

Whipped cream memang biasanya terbuat dari susu sapi sehingga tidak ramah bagi Anda yang vegan dan lactose intolerant. Karena itu, penting sekali untuk memeriksa bahan dasar whipped cream pilihan Anda agar tidak memicu alergi. 


Beruntungnya, sekarang ada berbagai produk whipped cream yang tidak terbuat dari susu. Whipped cream non-dairy biasanya terbuat dari minyak kelapa sawit atau lemak nabati lainnya. Dengan demikian, produk non-dairy ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang memiliki alergi laktosa atau menghindari dairy product. Keuntungan lainnya, krim kocok yang dairy-free biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau.

② Tentukan bentuk produk berdasarkan kegunaannya

Whipped cream dijual dalam berbagai pilihan bentuk, mulai dari bubuk, cair, hingga aerosol. Setiap bentuknya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Di bawah ini, kami akan memberi penjelasan mengenai berbagai bentuk whipped cream.

Whipped cream bubuk, lebih tahan lama di suhu ruang

Whipped cream bubuk, lebih tahan lama di suhu ruang

Seperti namanya, produk ini dijual dalam bentuk bubuk. Tergantung mereknya, biasanya whipped cream powder punya rasa yang lebih manis daripada krim kocok liquid. Untuk membuat whipped cream dengan bentuk yang satu ini cukup tricky, Anda perlu mencampurkannya dengan air dingin. Takarannya pun harus sesuai agar konsistensinya pas.


Keuntungannya, setelah selesai dikocok, whipped cream dalam bentuk bubuk tidak cepat meleleh jika didiamkan dalam suhu ruang. Dengan begitu, whipped cream ini akan cocok digunakan sebagai dekorasi kue ulang tahun, cupcake, dan sebagainya. 


Berbeda dengan whipped cream cair, whipped cream bubuk dapat disimpan kembali setelah digunakan. Sisa bubuk yang belum terpakai hanya perlu Anda simpan di wadah yang kedap udara.


Namun, beberapa merek whipped cream bubuk, terutama yang beredar di Indonesia, tingkat kemanisannya tidak bisa diatur. Pasalnya, whipped cream ini sudah dicampur dengan gula. Meskipun begitu, harga whipped cream bubuk relatif lebih ekonomis daripada whipped cream cair.

Whipped cream cair, mudah dikocok untuk konsistensi yang diinginkan

Whipped cream cair, mudah dikocok untuk konsistensi yang diinginkan

Dibandingkan bentuk bubuk, whipped cream cair lebih praktis untuk digunakan. Anda dapat mengeluarkan whipped cream dari kulkas dan mengocoknya dengan memakai balloon whisk (manual) atau mixerTingkat kocokan whipped cream terbagi dua, yaitu soft peak dan stiff peak.


Hati hati dalam mengocok whipped cream karena jika terlalu lama bisa overwhippedOverwhipped menyebabkan cream jadi bertekstur dan berlendir. Jadi, pastikan Anda mengocok whipped cream sampai teksturnya pas.

 

Tergantung mereknya, umumnya whipped cream cair memiliki rasa tawar atau gurih. Anda perlu menambahkan gula agar rasanya lebih manis untuk topping dan isian dessert ataupun dekorasi kue tar. 


Sayangnya, whipped cream dalam bentuk cair ini lebih cepat meleleh dalam suhu ruang. Bila Anda akan menggunakannya sebagai dekorasi kue, sebaiknya simpan kue tersebut di kulkas agar suhunya terjaga. Akan tetapi, whipped cream cair non-dairy lebih kukuh daripada yang dairy karena berasal dari lemak nabati.

Bentuk aerosol, lebih praktis sebagai topping makanan dan minuman

Bentuk aerosol, lebih praktis sebagai topping makanan dan minuman

Whipped cream aerosol amat sangat mudah digunakan. Anda dapat langsung menyemprotkannya di atas makanan atau minuman yang akan disajikan. Makanan dan minuman yang diberi topping whipped cream jenis ini akan otomatis menggugah selera untuk disantap. Sayangnya, Anda tidak dapat berkreasi dengan menambahkan rasa atau warna pada whipped cream dalam kemasan kaleng ini. 

③ Sesuaikan ukuran berdasarkan kebutuhan Anda

Jika Anda memilih whipped cream cair, perhatikan juga mengenai ukurannya. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda karena produk tersebut tidak akan bertahan lama setelah dibuka


Apabila Anda ingin membuat dekorasi dalam jumlah banyak, Anda dapat menggunakan whipped cream cair berukuran 500–1.000 ml. Namun, jika hanya untuk memasak dalam jumlah kecil, ukuran satu kali masak 200 ml sudah cukup.


Nah, bagaimana jika ada sisa whipped cream setelah Anda baking atau memasak? Jangan dibuang! Anda bisa menyimpan krim kocok di dalam kulkas dan memakainya kembali di kemudian hari. Caranya, taruh whipped cream dalam wadah kedap udara dan tertutup rapat.


Whipped cream dapat bertahan 2 mingguan di kulkas (bagian chiller). Sementara jika disimpan di freezer, whipped cream bisa bertahan hingga 4 minggu. 

④ Pertimbangkan whipped cream rendah kalori

Pertimbangkan whipped cream rendah kalori

Whipped cream sering disebut-sebut sebagai alternatif yang lebih sehat daripada buttercreamJika dilihat dari jumlah kalorinya, whipped cream memang memiliki kalori yang lebih rendah daripada buttercream


Namun, untuk Anda yang sedang diet, kalori dalam produk whipped cream tetap perlu Anda cermati. Pasalnya, 100 g whipped cream memiliki kalori sebesar 257 kalori dan kandungan lemak setara 22 g. 


Alternatifnya, Anda dapat memilih whipped cream rendah kalori atau rendah lemak. Non-dairy whipping cream juga bisa dipertimbangkan karena tidak mengandung kolesterol, trans fat, atau lemak jenuh. Meski begitu, tetap bijak saat menyantapnya, ya. 

10 Rekomendasi whipped cream terenak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk whipped cream terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Tata Violeta.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Pondan

Whip Cream

Pondan Whip Cream 1枚目

Whipping cream yang tahan di suhu ruang dengan struktur firm

2

Lakeland Dairies

Millac Gold

Lakeland Dairies Millac Gold 1枚目

Paket lengkap untuk sajian manis dan sajian gurih

3

Rich's

Gold Label

Rich's Gold Label 1枚目

Krim kocok cair dengan hint aroma vanila

4

Haan

Wippy Cream

Haan Wippy Cream 1枚目

Whipping cream bubuk yang cepat terbentuk dengan harga ekonomis

5

Greenfields

Whipping Cream

Greenfields Whipping Cream 1枚目

Rasa whipping cream cair yang light, pasangan terbaik buah asam

6

Zeelandia

Biobianca Whip Cream

Zeelandia Biobianca Whip Cream 1枚目

Whipped cream bubuk enak dengan berbagai pilihan rasa

7

Tatua

Dairy Whip

Tatua Dairy Whip 1枚目

Whipping cream 20% lebih rendah lemak, rasa tetap enak!

8

Ever Whip

Non Dairy Whipping Cream Sugar Free

Ever Whip Non Dairy Whipping Cream Sugar Free 1枚目

Non dairy whipping cream tanpa gula, pilihan yang lebih sehat!

9

Elle & Vire

Excellence Whipping Cream

Elle & Vire Excellence Whipping Cream 1枚目

Whipped cream cair dengan 35% lemak, hasilnya lebih stabil

10

Anchor

Extra Whip Whipping Cream

Anchor Extra Whip Whipping Cream 1枚目

Dairy whipping cream cair yang bebas overwhipped

Perincian produk
Close
No.1

Whipping cream yang tahan di suhu ruang dengan struktur firm

Whipped cream bubuk dari Pondan merupakan salah satu produk best seller. Pondan menggunakan campuran wheat flour, skimmed milk powder, vegetable emulsifier, modified starch, dan vanilla period. Perpaduan bahan ini membuat whipped cream bubuk Pondan memiliki kualitas yang baik.


Anda akan mendapatkan whipped cream yang tahan pada suhu ruang dan suhu dingin. Lalu, hasilnya cukup kuat untuk menahan topping buah-buahan, seperti ceri dan stroberi. Jadi, whipped cream ini cocok sekali dijadikan sebagai topping saat Anda menggunakan buah-buahan.

No.2

Lakeland DairiesMillac Gold

Mulai dari Rp65.898,00

Paket lengkap untuk sajian manis dan sajian gurih

Millac Gold berbeda dengan Millac Roselle Supreme. Millac Roselle Supreme memang diformulasikan khusus untuk dessert saja sehingga rasanya cenderung manis. Berbeda dengan Millac berwarna pink, Millac Gold memiliki rasa netral yang bisa digunakan untuk dessert ataupun masakan gurih.


Perpaduan buttermilk, vegetable fat, dan dairy cream dari Millac Gold membuat rasa sajian makin lezat. Bisa dibilang krim ini adalah paket lengkap. Anda bisa menggunakannya baik sebagai whipped cream ataupun cooking cream.

No.3

Krim kocok cair dengan hint aroma vanila

Rich's Gold Label adalah non-dairy whipped cream pertama di dunia. Menariknya, whipped cream cair ini memiliki hint aroma vanila. Saat dijadikan isian pastri atau topping kue, aroma vanilanya akan menambah kelezatan makanan tersebut.


Meski berbentuk cair, Rich's Gold Label memiliki stabilitas yang baik. Hasil dekorasi kue dari krim ini akan tetap firm dan dapat bertahan di suhu ruang selama 4 jam. Tentu saja whipped cream ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang memiliki usaha dessert.

No.4

Whipping cream bubuk yang cepat terbentuk dengan harga ekonomis

Membuat frosting cream menggunakan whipped cream bubuk terkadang membutuhkan waktu pengocokan yang lebih lama. Namun, dengan Haan Wippy Cream, cukup 3–4 menit saja dan Anda akan mendapatkan hasilnya. Kuncinya, Anda harus mengocoknya menggunakan air es dan mixer. Harga produk ini juga cukup ekonomis untuk ibu rumah tangga atau anak kos!

No.5

Rasa whipping cream cair yang light, pasangan terbaik buah asam

Selain sebagai icing dan frosting cream, Anda juga dapat menggunakan whipped cream sebagai teman makan buah. Greenfields Whipping Cream memiliki tekstur light dan tidak enek sehingga pas disajikan bersama buah-buahan, termasuk buah yang asam.


Rasa asam dari buah akan terendam dengan segarnya rasa susu dan creamy mouthfeel dari produk ini. Tentu saja rasa whipped cream Greenfields bisa digunakan untuk mengatasi anak yang malas mengonsumsi buah. Si kecil dijamin akan makin suka mengonsumsi buah!

No.6

ZeelandiaBiobianca Whip Cream

Mulai dari Rp31.000,00

Whipped cream bubuk enak dengan berbagai pilihan rasa

Biobianca Whip Cream dari Zeelandia memang cukup unik. Whipped cream bubuk ini memiliki berbagai pilihan rasa. Selain plain, Anda bisa memilih whipped cream rasa vanila, cokelat, sampai stroberi, lho. Whipped cream bubuk ini sangat memudahkan Anda untuk membuat topping minuman dan kue yang lebih lezat. Lalu, teksturnya pun kukuh dan memiliki rasa yang enak menurut banyak pembeli.

No.7

Whipping cream 20% lebih rendah lemak, rasa tetap enak!

Tatua Dairy Whip menggunakan skim milk sebagai bahan dasarnya sehingga 20% lebih rendah lemak dibandingkan liquid whipped cream. Anda yang sedang diet tetap dapat menikmati segarnya rasa whipped cream dengan camilan atau minuman favorit Anda.


Jangan khawatir rasanya menjadi hambar karena rendah lemak. Tatua Whipping Cream tetap creamy dan fresh sebagai pelengkap dessert. Di samping itu, karena berbentuk aerosol, whipped cream kaleng ini sangat praktis digunakan. Anda cukup menyemprotkannya di atas waffle favorit dan voila! Nikmat!

No.8

Ever WhipNon Dairy Whipping Cream Sugar Free

Mulai dari Rp53.700,00

Non dairy whipping cream tanpa gula, pilihan yang lebih sehat!

Ever Whip adalah adalah produk whipped cream nomor satu asal Korea. Produk ini merupakan non-dairy whipped cream. Rasanya cenderung ringan dan tidak meninggalkan rasa di langit-langit mulut. Selain rasanya, whipped cream ini juga lebih stabil terhadap perubahan suhu ruang. Krim yang satu ini juga dibuat tanpa gula sehingga cocok untuk penderita diabetes ataupun Anda yang sedang diet.

No.9

Elle & VireExcellence Whipping Cream

Mulai dari Rp122.003,00

Whipped cream cair dengan 35% lemak, hasilnya lebih stabil

Elle & Vire Excellence Whipping Cream mengandung 35% lemak. Kandungan lemaknya membuat hasil whipped cream ini lebih cepat terbentuk dan stabil. Tekstur whipped cream ini memudahkan Anda menggunakan piping bag untuk menghias dessert. Selain itu, produk Elle & Vire ini menjadi salah satu whipped cream yang banyak digunakan di dapur profesional.

No.10

Dairy whipping cream cair yang bebas overwhipped

Produk yang satu ini merupakan favorit para chef dan baker. Anchor Extra Whip memberikan volume ekstra dan stabilitas pada whipped cream Anda. Konsistensi dan ketahanannya akan tetap terjaga meski dekorasi kue dipajang dalam jangka waktu yang lama.


Bagi Anda yang baru belajar membuat dekorasi, jangan khawatir terjadi overwhipped. Produk ini memiliki krim yang lebih tolerir sehingga tidak mudah overwhipped. Berkat rasanya yang ringan sekaligus creamy, produk ini sangat cocok untuk bake goods

Pertanyaan umum seputar whipped cream

Pertanyaan umum seputar whipped cream

Setelah membaca tips memilih beserta review whipped cream dari berbagai merek, apakah masih ada hal yang membuat Anda bertanya-tanya? Jika ya, mungkin pembahasan di bawah ini dapat menjawab pertanyaan dan rasa penasaran Anda.

Whipped cream dairy atau non dairy lebih cocok untuk menghias kue?

Kedua jenis whipped cream ini sama-sama cocok untuk menghias kue. Namun, non dairy cream lebih cocok untuk cuaca dan suhu di Indonesia. Jenis non-dairy cream bisa bertahan sampai 1 jam di suhu ruang dan 3–4 hari di kulkas.

Bagaimana cara memperbaiki overwhipped cream?

Cara memperbaiki overwhipped cream adalah mencampurnya dengan cream yang belum dikocok sama sekali. Lalu, campuran ini dikocok lagi secara perlahan. Setelah dikocok, cream akan kembali fluffy seperti semula.

Apa bedanya whipped cream dengan buttercream?

Whipped cream merupakan krim kental dari lemak susu sapi sehingga memiliki rasa yang light, sedikit gurih, dan cenderung tawar. Buttercream terbuat dari margarin, mentega, ataupun shortening dengan tambahan gula bubuk ataupun kental manis. Whipped cream lebih mudah meleleh pada suhu ruang, sedangkan buttercream lebih kukuh dan dapat dipakai menghias cake dengan teknik frosting yang lebih detail.

Whipped cream bisa diganti dengan apa?

Untuk icing atau frosting, jika tak ada whipped cream Anda dapat menggantinya dengan buttercream. Anda juga dapat membuat whipped cream sendiri menggunakan bahan-bahan yang memiliki tekstur mirip whipped cream. Apa saja?


  • Greek yoghurt dan susu cair
  • Susu evaporasi dan air lemon
  • Coconut cream
  • Cream cheese
  • Susu cair dan tepung maizena
  • Susu kental manis, susu bubuk, dan pengemulsi
  • Krimer dan air lemon

Tips agar whipped cream tidak cepat leleh

Tips agar whipped cream tidak cepat leleh

Permasalahan yang kerap terjadi ketika Anda menyajikan kue dengan whipped cream adalah whipped cream yang cepat meleleh.


  • Agar whipped cream awet, pastikan Anda menggunakan whipped cream cair yang benar-benar dingin. Jika Anda memakai whipped cream bubuk, campurlah dengan air dingin. Namun, tidak hanya bahannya yang dingin, wadah yang digunakan untuk mengocok juga harus dingin.

  • Biasanya, whipped cream dikocok menggunakan balloon whisk, standing mixer, food processor, atau mixer tangan. Selain alat tersebut, Anda juga dapat menggunakan blender. Beberapa pendapat menyatakan bahwa hasil whipped cream dari blender lebih tahan lama dan teksturnya terlihat lebih sempurna.

  • Terakhir, pastikan Anda mengocoknya sampai benar-benar kaku. Periksalah, apakah whipped cream tersebut mudah terjatuh atau tidak? Whipped cream yang tidak set membuatnya lebih cepat meleleh saat digunakan.

Baca juga rekomendasi bahan pelengkap dessert lainnya di sini

Selain whipped cream, Anda dapat melengkapi dessert dengan bahan-bahan lainnya. Jika Anda masih mencari ide untuk melengkapi sajian, klik tautan di bawah ini. Dapatkan inspirasi berbagai bahan untuk melengkapi dessert Anda menjadi lebih nikmat dan cantik.

Kesimpulan

Whipped cream dapat menjadikan sajian dessert Anda makin cantik dan enak. Namun, ingatlah untuk memperhatikan bentuk, ukuran, serta bahan dasarnya agar Anda mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan.


Selain itu, jangan lupa untuk menyimpan sisa whipped cream di wadah yang tertutup rapat. Setelah itu, simpanlah whipped cream dalam lemari es agar tetap segar untuk penggunaan selanjutnya. Share artikel ini jika Anda merasa terbantu dengan informasi yang kami berikan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer