• 10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)

Tempered glass atau kaca antigores merupakan pelindung layar handphone yang terbuat dari kaca. Fungsinya untuk melindungi layar handphone agar tidak tergores ataupun pecah. Saat handphone tidak sengaja terjatuh, biasanya bagian yang retak adalah tempered glass yang menempel di layar handphone.


Kami kali ini akan membahas tentang tempered glass khusus iPhone. Ada beberapa jenis tempered glass yang bagus dari merek Spigen, Otterbox, Nillkin, dan Mocolo. Kami akan memberikan tips memilih tempered glass terbaik agar Anda tidak salah pilih. Yuk, langsung saja simak artikel ini!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Tabel perbandingan produk tempered glass (kaca anti gores) terbaik untuk iPhone

Gambar produk
1
Cafele 4D Tempered Glass Full Cover 1

Cafele

2
Copper Tempered Glass Full Glue Anti Glare Matte 1

Copper

3
Mocolo Anti Spy Full Screen Cover Tempered Glass Ultrathin Clear 1

Mocolo

4
Brooklyn Gaming Tempered Glass iPhone Full Cover 3D Matte 1

Brooklyn

5
Spigen AlignMaster FC 1

Spigen

6
Nillkin Amazing H+ Pro Tempered Glass Screen Protector for Apple 1

Nillkin

7
Uneed Hybrid Pro Anti Gores iPhone 11 Pro Max 1

Uneed

8
ESR iPhone 13 Armorite Ultra-Tough Tempered-Glass Screen Protector 1

ESR

9
Whitestone Dome Glass Pro Dome Glass Tempered Glass Screen Protector 1

Whitestone Dome Glass

10
Otterbox Amplify Glass Antimicrobial Screen Protector 1

Otterbox

Nama produk

4D Tempered Glass Full Cover

Tempered Glass Full Glue Anti Glare Matte

Anti Spy Full Screen Cover Tempered Glass Ultrathin Clear

Gaming Tempered Glass iPhone Full Cover 3D Matte

AlignMaster FC

Amazing H+ Pro Tempered Glass Screen Protector for Apple

Hybrid Pro Anti Gores iPhone 11 Pro Max

iPhone 13 Armorite Ultra-Tough Tempered-Glass Screen Protector

Pro Dome Glass Tempered Glass Screen Protector

Amplify Glass Antimicrobial Screen Protector

Keunggulan

Harga kaca antigores ekonomis dengan kualitas yang tetap mumpuni

Kaca antigores tipe matte dengan teknologi nano optics

Jaga privasi layar iPhone Anda dengan fitur anti-spy

Tempered glass untuk gaming dengan tampilan matte

Memasang tempered glass iPhone makin mudah dengan AlignMaster Spigen

Supertipis, serasa tidak pakai pelindung layar!

Antigores dengan teknologi nano rebound yang dapat self healing

Produk tangguh yang tahan dengan tekanan sampai 50 kg

Layar HP retak? Tetap bisa berfungsi dengan tempered glass ini!

Pelindung HP yang higienis berkat teknologi antimikroba

Harga mulai dariRp 80.000,00Rp 100.000,00Rp 120.000,00Rp 110.000,00Rp 245.000,00Rp 218.281,00Rp 199.000,00Rp 389.850,00Rp 499.000,00Rp 589.000,00
Seri iPhone yang didukungiPhone X seriesiPhone 6 series, iPhone 7 series, iPhone 8 series, iPhone X series, iPhone 11 series, iPhone 12 series, iPhone 13 seriesiPhone 11 series, iPhone X seriesiPhone X series, iPhone 11 series, iPhone 12 seriesiPhone 11 series, iPhone X seriesiPhone 12 seriesiPhone 11 Pro MaxiPhone 13 seriesiPhone 13 seriesiPhone 13 series
TipeGlare, 4DAnti-glare, 2,5DGlare, 3DAnto-glare, 2,5 DGlare, 2,5DAnti-glare, 2,5DGlare, 2,5DGlare, 2,5DGlare, 2,5DGlare, 2,5D
Ketebalan0,2 mm0,3 mm0,26 mmTidak disebutkanTidak disebutkan0,2 mm0,13 mmTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Tingkat kekerasan kaca9H9H9H9H9H9H9H9HTidak disebutkanTidak disebutkan
Fitur lainnyaAnti blue light, 2x IONOleophobic coatingAnti-spy, 2x IONOleophobic coatingOleophobic coatingOleophobic coating, anti-shattered, arc-edgingOleophobic coating, sel heal, anti-break, scratch resistantOleophobic coating, anti-scratchAnti blue lightAntimicrobial, anti-scratch
Set✔︎ (alcohol wipe, microfiber cloth, dust remover sticker)✔︎ (glass cleaning set)✔︎ (alcohol wipe, dust remover sticker, microfiber cloth)✔︎ (cloth, 4 removal sticker, alcohol tissue)✔︎ (microfiber cloth, wet / dry cleaner, dust remover sticker, installation guide)X✔︎✔︎ (easy installation frame, alcohol wipes, microfiber cloth)✔︎ (frame)X
Tautan produk

Perbedaan antara tempered glass dengan pelindung layar plastik

Perbedaan antara tempered glass dengan pelindung layar plastik

Ada dua jenis pelindung layar yang bisa digunakan untuk iPhone yaitu jenis tempered glass dan pelindung layar plastik. Sesuai namanya, tempered glass merupakan pelindung layar berbahan kaca tipis yang sangat kuat. Selain itu, tempered glass juga mampu melindungi layar, baik dari benturan benda keras maupun ringan.


Di sisi lain, pelindung layar plastik merupakan pelindung berbahan film plastik yang tipis. Karena tipis, pelindung layar plastik tidak mudah terlihat seolah-olah Anda tidak sedang menggunakan pelindung. Pelindung plastik juga cocok digunakan bersama case. Namun, tipe plastik hanya mampu melindungi dari goresan biasa dan tidak kuat menahan benturan seperti tempered glass.


Tempered glass lebih banyak dipilih karena dapat melindungi layar HP dengan lebih maksimal. Layar Anda tidak akan retak serta bebas gores. Kini ada banyak produk kaca antigores untuk iPhone yang bisa Anda temui di marketplace.

Cara memilih tempered glass (kaca anti gores) untuk iPhone

Ada berbagai macam tempered glass untuk iPhone yang dijual di pasaran. Lalu, produk tempered glass mana yang bagus untuk digunakan? Nah, simak dahulu tips dari kami berikut ini agar Anda dapat menemukan temperd glass yang sesuai kebutuhan.

Kenali dua macam model perlindungan layar HP

Sebelum memilih tempered glass, pastikan terlebih dahulu apakah Anda menggunakan iPhone dengan casing atau tidak. Ada dua tipe model perlindungan tempered glass, yaitu 2,5D dan 3D.


Jika Anda menggunakan casing, pilihlah tempered glass tipe layar 2.5D yang hanya menutupi bagian permukaan layar. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan casing iPhone tanpa terhalang tempered glass.


Sebaliknya, jika Anda tidak menggunakan casing, pilihlah tempered glass tipe layar 3D. Tempered glass tipe 3D dapat menutupi keseluruhan hingga bagian lengkungan layar.

Pilih pelindung jenis glare atau non-glare sesuai kebutuhan Anda

Tempered glass memiliki dua tipe, yaitu jenis glare dan anti-glare (non-glare). Anda dapat membedakannya dari warna tempered glass tersebut.


  • Tipe glare memiliki bentuk kaca yang bening transparan dan lebih licin. Tipe ini mampu melindungi layar sekaligus memberikan tampilan layar yang jernih dan terang. Dengan demikian, tipe ini direkomendasikan untuk Anda yang mengutamakan jernihnya tampilan visual.

  • Tipe anti-glare memiliki warna transparan yang lebih gelap dan tekstur matte. Tipe ini cocok untuk Anda yang sering menggunakan handphone di luar rumah agar tidak silau. Anti-glare tempered glass juga memiliki permukaan yang mulus sehingga finger swipe terasa lebih mudah.

Periksa kekuatan dan ketebalan tempered glass

Selanjutnya, pertimbangkan pula kekuatan serta ketebalan kaca pelindung layar HP. Dua poin ini akan membantu Anda menemukan produk tempered glass dengan kualitas kaca yang baik.

Tingkat kekerasan kaca pelindung: Membantu menjaga layar dengan maksimal

Hal lainnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah tingkat kekerasan tempered glass. Anda dapat mengetahui kekerasannya melalui informasi yang tertera pada kemasan. Makin tinggi angka yang ditunjukkan, makin resistan pula terhadap goresan.


Pastikan untuk memilih tempered glass dengan tingkat kekerasan lapisan kaca tertinggi sebesar 9H. Perlu diketahui bahwa kekerasan kuku manusia adalah sekitar 2H. Tempered glass dengan tingkat kekerasan di atas 2H dinilai lebih kuat dan tidak mudah lecet meski tergores oleh kuku.

Ketebalan tempered glass: Sesuaikan dengan penggunaan casing

Tempered glass yang tebal memiliki ketebalan lebih dari 0,4 mm, sedangkan produk yang tipis ketebalannya kurang dari 0,3 mm, Perhatikan informasi yang diberikan oleh produsennya sebelum membeli, ya. Tempered glass tebal sayangnya sulit ditemukan di marketplace di Indonesia.


Tempered glass yang cenderung tipis tidak akan mengganggu penggunaan casing. Meski begitu, tingkat perlindungannya memang kurang maksimal. Sebaliknya, tempered glass tebal memang sanggup melindungi layar dengan lebih baik. Tempered glass yang tebal sayangnya dapat mengganggu penggunaan casing iPhone.

Periksa keunggulan dan fitur lainnya

Beberapa tempered glass memiliki fitur keunggulan lainnya, seperti anti-spy, anti blue light, anti-scattering, dan oleophobic coating. Kami akan memaparkan keunggulan tersebut di bawah ini.

Anti-spy: Menjauhkan iPhone Anda dari si tukang kepo

Jika Anda sering mengoperasikan iPhone di kendaraan umum ataupun tempat umum, pilihlah tempered glass dengan fitur anti-spy. Fitur anti-spy menghindari layar iPhone Anda terlihat dari sisi samping. Jadi, layar iPhone hanya dapat terlihat dari depan saja.

Anti blue light: Mengurangi risiko mata lelah

Untuk mencegah mata lelah, kami merekomendasikan tempered glass dengan fitur anti blue light atau blue light cut. Makin tinggi persentase blue light cut-nya, layar tersebut akan makin nyaman dilihat oleh mata Anda. Namun, tingkat blue light cut yang tinggal akan membuat layar iPhone terlihat lebih kebiru-biruan.

Anti-scattering: Retak tanpa menjadi kepingan-kepingan kecil

Anti-scattering: Retak tanpa menjadi kepingan-kepingan kecil

Memang ada kemungkinan iPhone Anda jatuh dan mengenai bagian tempered glass-nya. Saat jatuh, tempered glass Anda memiliki kemungkinan pecah. Anda bisa memilih kaca antigores dengan fitur anti-scattering. 


Fitur ini mencegah kaca pecah berkeping-keping. Kaca antigores ini sangat cocok dipilih untuk Anda yang menggunakan iPhone bersama anak. Serpihan kaca yang pecah dapat menyebabkan luka pada anak-anak.

Oleophobic coating: Layar bebas bekas sidik jari

Oleophobic coating: Layar bebas bekas sidik jari

Minyak yang ada pada tangan membuat sidik jari membekas di permukaan tempered glass. Sidik jari yang menempel tentu saja sangat mengganggu tampilan layar, ya. 


Oleh karena itu, beberapa produk tempered glass dilengkapi dengan oleophobic coating. Adanya oleophobic coating membuat sidik jari Anda tidak membekas di permukaan tempered glass. Selain itu, layar juga bebas dari bercak-bercak pelangi.

Pastikan kelengkapan lainnya untuk memudahkan pemasangan tempered glass

Salah satu dilema saat memasang tempered glass adalah penempatan yang kurang simetris serta munculnya gelembung udara. Untuk itu, Anda dapat memilih tempered glass yang dijual sepaket dengan perlengkapan lainnya. 


Perlengkapan lainnya dapat berupa alcohol wipe untuk membersihkan layar HP Anda terlebih dahulu. Lalu, ada juga frame agar penempelan tempered glass lebih akurat. Terakhir, ada microfiber cloth untuk membersihkan tempered glass setelah dipasang.

10 Rekomendasi tempered glass (kaca anti gores) terbaik untuk iPhone

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tempered glass terbaik untuk iPhone yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

OtterboxAmplify Glass Antimicrobial Screen Protector

Mulai dari Rp 589.000,00

Seri iPhone yang didukungiPhone 13 series
TipeGlare, 2,5D
KetebalanTidak disebutkan
Tingkat kekerasan kacaTidak disebutkan
Fitur lainnyaAntimicrobial, anti-scratch
SetX
9

Whitestone Dome GlassPro Dome Glass Tempered Glass Screen Protector

Mulai dari Rp 499.000,00

Seri iPhone yang didukungiPhone 13 series
TipeGlare, 2,5D
KetebalanTidak disebutkan
Tingkat kekerasan kacaTidak disebutkan
Fitur lainnyaAnti blue light
Set✔︎ (frame)
8

ESRiPhone 13 Armorite Ultra-Tough Tempered-Glass Screen Protector

Mulai dari Rp 389.850,00

Seri iPhone yang didukungiPhone 13 series
TipeGlare, 2,5D
KetebalanTidak disebutkan
Tingkat kekerasan kaca9H
Fitur lainnyaOleophobic coating, anti-scratch
Set✔︎ (easy installation frame, alcohol wipes, microfiber cloth)
7

UneedHybrid Pro Anti Gores iPhone 11 Pro Max

Mulai dari Rp 199.000,00

Seri iPhone yang didukungiPhone 11 Pro Max
TipeGlare, 2,5D
Ketebalan0,13 mm
Tingkat kekerasan kaca9H
Fitur lainnyaOleophobic coating, sel heal, anti-break, scratch resistant
Set✔︎
6

NillkinAmazing H+ Pro Tempered Glass Screen Protector for Apple

Mulai dari Rp 218.281,00

Seri iPhone yang didukungiPhone 12 series
TipeAnti-glare, 2,5D
Ketebalan0,2 mm
Tingkat kekerasan kaca9H
Fitur lainnyaOleophobic coating, anti-shattered, arc-edging
SetX
5
Seri iPhone yang didukungiPhone 11 series, iPhone X series
TipeGlare, 2,5D
KetebalanTidak disebutkan
Tingkat kekerasan kaca9H
Fitur lainnyaOleophobic coating
Set✔︎ (microfiber cloth, wet / dry cleaner, dust remover sticker, installation guide)
4

BrooklynGaming Tempered Glass iPhone Full Cover 3D Matte

Mulai dari Rp 110.000,00

Seri iPhone yang didukungiPhone X series, iPhone 11 series, iPhone 12 series
TipeAnto-glare, 2,5 D
KetebalanTidak disebutkan
Tingkat kekerasan kaca9H
Fitur lainnyaOleophobic coating
Set✔︎ (cloth, 4 removal sticker, alcohol tissue)
3

MocoloAnti Spy Full Screen Cover Tempered Glass Ultrathin Clear

Mulai dari Rp 120.000,00

Seri iPhone yang didukungiPhone 11 series, iPhone X series
TipeGlare, 3D
Ketebalan0,26 mm
Tingkat kekerasan kaca9H
Fitur lainnyaAnti-spy, 2x ION
Set✔︎ (alcohol wipe, dust remover sticker, microfiber cloth)
2

CopperTempered Glass Full Glue Anti Glare Matte

Mulai dari Rp 100.000,00

Seri iPhone yang didukungiPhone 6 series, iPhone 7 series, iPhone 8 series, iPhone X series, iPhone 11 series, iPhone 12 series, iPhone 13 series
TipeAnti-glare, 2,5D
Ketebalan0,3 mm
Tingkat kekerasan kaca9H
Fitur lainnyaOleophobic coating
Set✔︎ (glass cleaning set)
1
Seri iPhone yang didukungiPhone X series
TipeGlare, 4D
Ketebalan0,2 mm
Tingkat kekerasan kaca9H
Fitur lainnyaAnti blue light, 2x ION
Set✔︎ (alcohol wipe, microfiber cloth, dust remover sticker)

Tips cara menempelkan tempered glass agar tidak gagal

Banyak orang berpikir bahwa menempelkan tempered glass sendiri sangat susah dan rumit. Nah, kami akan berbagi tips untuk menempelkan tempered glass agar tidak gagal.

Langkah pertama: Bersihkan layar dengan kain pembersih dan selotip

Langkah pertama: Bersihkan layar dengan kain pembersih dan selotip

Langkah pertama adalah membersihkan layar iPhone Anda terlebih dahulu. Alat yang Anda butuhkan adalah kain pembersih atau microfiber cloth, selotip atau dust remover sticker, dan alcohol wipes. 


Bersihkan layar Anda menggunakan cairan pembersih, seperti alkohol, agar kotorannya mudah dibersihkan dengan cepat. Selanjutnya, gunakan dust remover sticker untuk mengangkat debu-debu yang tak terlihat.

Langkah kedua: Pasang sesuai dengan lubang kamera dan tombol home

Langkah kedua: Pasang sesuai dengan lubang kamera dan tombol home

Setelah layar Anda bersih, pastikan Anda menyesuaikan lubang yang ada. Jadikan kamera depan, speaker depan, dan tombol home atau assistive touch sebagai patokan Anda. Lekatkan tempered glass dan tekan bagian tengahnya dengan kuat. 


Agar tidak ada udara yang tertinggal, tekan bagian layar dari tengah ke bagian luar dengan kain pembersih. Apabila Anda tidak yakin untuk menyesuaikan sendiri, pilihlah tempered glass yang lengkap dengan pasting kit.

Langkah ketiga: Singkirkan debu dan gelembung dengan selotip

Langkah ketiga: Singkirkan debu dan gelembung dengan selotip

Bagaimana jika ada gelembung setelah kaca dipasang? Anda bisa menggosok area tersebut dengan kain ke arah ke luar. Hal ini untuk mengeluarkan gelembung udara.


Apabila gelembung tidak keluar, kemungkinan ada debu di dalamnya. Anda dapat mengangkat area kaca di sekitar gelembung dan gunakan selotip untuk mengangkat kotoran. Jika sudah, rekatkan bagian tersebut kembali.

Baca juga rekomendasi case iPhone di sini

Selain tempered glass untuk melindungi layar iPhone dari goresan, Anda membutuhkan casing juga. Casing bermanfaat melindungi bagian lainnya dari iPhone kesayangan Anda. Yuk, cari tahu jenis casing yang cocok dan keren untuk iPhone Anda dari tautan berikut ini!

Kesimpulan

Jika iPhone kesayangan Anda tidak menggunakan tempered glass, kemungkinan rusak akan sangat tinggi. Ditambah lagi, biaya mengganti layar untuk iPhone terbilang mahal. Cara paling mudah untuk melindungi layarnya adalah menggunakan tempered glass.


Kami sudah memaparkan sepuluh rekomendasi kaca antigores terbaik untuk iPhone. Apakah Anda sudah menemukan yang cocok untuk iPhone kesayangan? Pilihlah produk dengan fitur-fitur sesuai kebutuhan dan seri iPhone Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Power bank merupakan baterai portabel yang berfungsi mengisi daya smartphone tanpa memerlukan stopkontak. Dengan menggunakan power bank, Anda dapat menonton video dan bermain game saat bepergian. Power bank merk Xiaomi, Samsung, Anker, dan lainnya menawarkan spesifikasi yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat harga power bank menjadi variatif.Kali ini, kami akan membahas cara memilih power bank. Kami juga akan memberikan rekomendasi power bank yang bagus, berkualitas terbaik, dan dijual secara online. Power bank MOFIT, BASIKE, power bank 10.000 mAh, bahkan 50.000 mAh bisa Anda temukan. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah headphones dan earphones, sekarang muncul wireless earbuds. Wireless earbuds adalah perangkat audio tanpa kabel yang memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa saat memakainya. Berbagai merek, seperti Bose, Sony, JBL, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi, berlomba-lomba meluncurkan wireless earbuds terbaiknya.Berbagai produk yang ditawarkan mungkin membuat Anda cukup kesulitan memilih produk yang cocok untuk digunakan. Tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds. Temukan juga beragam wireless earbuds no delay terbaik serta dijual dengan harga murah, tetapi tetap bagus kualitasnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Earphone Bluetooth membuat Anda bisa mendengarkan musik secara nyaman dan lebih bebas tanpa adanya kabel yang mengganggu. Meski begitu, terdapat beberapa kekhawatiran yang muncul, misalnya kualitas suara yang buruk, koneksi tidak stabil, dan tidak cocok dengan bentuk telinga. Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli earphone Bluetooth. Dalam artikel ini, kami akan mengulas cara memilih earphone Bluetooth yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, mulai dari merek Apple, JBL, hingga SoundPEATS. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Simak artikel ini hingga tuntas!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi External Memory Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi External Memory Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    Sama seperti Android, iPhone merupakan jenis smartphone yang populer. Namun, berbeda dengan Android, iPhone tidak memiliki slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan. Dengan begitu, Anda membutuhkan perangkat tambahan seperti external memory jika ingin menyimpan banyak file. Ada berbagai merek external memory untuk iPhone yang bisa Anda temukan di pasaran dengan karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Jadi, kami akan mengulas hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memilih external memory yang bagus untuk iPhone Anda. Kami juga memberikan beberapa rekomendasi produk misalnya merek SanDisk, iKlips, dan lainnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Speaker Pasif Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Speaker Pasif Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Speaker pasif menjadi perangkat yang Anda perlukan untuk melengkapi sound system agar mendapatkan kualitas audio lebih optimal. Dengan demikian, Anda dapat mendengarkan musik atau menonton film seperti halnya saat Anda berada di bioskop. Di pasaran, Anda akan menemukan berbagai merek terkenal, seperti speaker pasif Polytron, Edifier, harman/kardon, dan sebagainya. Untuk mendapatkan produk yang bagus, Anda perlu mengetahui cara memilih speaker pasif, bukan? Di sini, kami juga akan merekomendasikan sepuluh speaker pasif terbaik untuk Anda. Dengan begitu, Anda dapat menikmati kualitas audio yang mantap dari produk pilihan Anda.
    Aksesori handphone & tablet
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori