• 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Bibir Kering (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Bibir Kering (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Bibir Kering (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Bibir Kering (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Bibir Kering (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Bibir Kering (Terbaru Tahun 2022)

Lipstik adalah salah satu senjata wanita untuk tampil lebih memesona. Akan tetapi, bagaimana jika Anda memiliki bibir yang kering? Mungkin tidak mudah untuk menemukan lipstik yang dapat memperindah bibir kering Anda. Karena itu, kami akan memberikan rekomendasi lipstik terbaik untuk bibir kering. 


Make Over, Maybelline, dan Wardah adalah beberapa merek lipstik yang bagus untuk bibir kering. Produk-produk berkualitas buatan produsen lain juga ada dalam daftar rekomendasi kami. Namun, pertama-tama simaklah dahulu cara memilih lipstik untuk bibir kering supaya Anda tidak salah memilih.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Sha Aullia
Primastuti Indah
Winda Trisuci
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih lipstik untuk bibir kering

Untuk pemilik bibir kering, memilih lipstik yang tepat bisa jadi membingungkan. Salah memilih lipstik dapat membuat bibir makin kering, kusam, bahkan pecah-pecah. Oleh karena itu, perhatikan cara memilih lipstik untuk bibir kering di bawah ini agar Anda tak salah pilih. 

Sesuaikan dengan warna bibir alami Anda

Warna kulit dan bibir menentukan hasil akhir tampilan lipstik, pilihlah warna lipstik sesuai dengan warna alami bibir Anda. Aplikasikan dahulu lipstik pada bibir bagian bawah, kemudian bandingkan dengan bibir bagian atas yang belum diberi lipstik. Pilihlah warna lipstik yang lebih gelap daripada bibir bagian atas untuk mendapatkan warna akhir natural.

Warna cerah untuk bibir pucat

Warna  cerah untuk bibir pucat

Pemilik bibir kering biasanya memiliki bibir berwarna cenderung pucat. Jika bibir kering Anda terlihat pucat, pilihlah warna lipstik yang cerah dan segar. Peach, orange, maupun fuchsia merupakan warna pilihan yang cocok untuk bibir pucat. Jangan memilih lipstik berwarna lembut sebab akan membuat bibir makin terlihat pucat. 

Varian warna cokelat untuk bibir gelap

Varian  warna cokelat untuk bibir gelap

Bibir yang kering sering pula berwarna gelap. Jika Anda memiliki bibir kering dan berwarna cenderung gelap, pilihlah lipstik berwarna cokelat dan turunannya. Contohnya, Anda dapat memilih warna maroon, deep brown, atau plum. Warna-warna ini dapat menyamarkan warna gelap bibir Anda. Anda juga dapat memilih lipstik berwarna merah untuk tampil beda di acara-acara spesial. 

Perhatikan kandungan yang ada di lipstik

Pemilik bibir kering harus benar-benar memperhatikan kandungan dalam lipstik. Jangan sampai bibir menjadi makin kering karena kandungan lipstik yang tidak tepat. Agar Anda dapat menentukan kandungan lipstik yang sesuai, simaklah informasi berikut ini.

Bees wax dan candelila wax, bantu atasi bibir pecah dan kasar

Bees wax dan candelila wax, bantu atasi bibir pecah dan kasar

Wax merupakan salah satu kandungan utama dalam lipstik yang dapat melembapkan bibir. Dua jenis wax yang umum digunakan dalam lipstik adalah bees wax dan candelilla wax. Bees wax diproduksi dari sarang lebah dan dapat merawat kulit kering dan kasar. Sementara candelilla wax berasal dari semak candelilla dan mampu mencegah bibir pecah-pecah. 

Natural oils, sehatkan bibir Anda

Natural oils, sehatkan bibir Anda

Beberapa produk lipstik menggunakan beragam jenis minyak alami sebagai pelembap. Jenis minyak yang digunakan dalam lipstik antara lain jojoba oil, olive oil, juga avocado oil. Jojoba oil mengandung vitamin B dan E, juga mineral yang bermanfaat agar bibir Anda lembut. Jojoba oil juga dapat mencegah bibir menjadi kering dan pecah-pecah. 

Olive oil sudah digunakan sebagai bahan pelembap sejak lama dan dapat mengatasi bibir yang menghitam. Jenis minyak alami lain yang digunakan dalam lipstik adalah avocado oil yang mengandung sterolin, kandungan pelembut kulit bibir. Avocado oil juga berkhasiat mempercepat penyembuhan luka sehingga cocok untuk bibir kering dan pecah-pecah.

Vitamin E, menghalau radikal bebas

Vitamin E, menghalau radikal bebas

Vitamin E tak hanya baik untuk kulit, tetapi juga merawat bibir Anda. Vitamin E dapat menjaga agar bibir tetap lembut dan tidak pecah-pecah. Selain itu, vitamin E juga dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas. Pastikan lipstik pilihan Anda mengandung vitamin E untuk mempercantik sekaligus merawat bibir kering Anda.

Shea butter, kaya akan berbagai vitamin

Shea butter, kaya akan berbagai vitamin

Bahan pelembap yang banyak ditemukan dalam lipstik adalah shea butter. Shea butter berasal dari biji buah pohon shea yang kaya akan vitamin A, E, dan F. Kandungan ini tak hanya menjaga kesehatan kulit, tetapi juga melindungi kulit dari radikal bebas. Shea butter juga berkhasiat menjaga skin barrier sehingga mempertahankan kelembapan kulit dan menjaga elastisitasnya.

Squalane, jaga kadar squalene di kulit

Squalane, jaga kadar squalene di kulit

Squalane adalah hasil dari proses hidrogenasi squalene, lemak alami yang dapat dihasilkan tubuh. Meski dapat dihasilkan tubuh, produksi squalene akan menurun seiring bertambahnya usia. Squalane mengandung emolien yang dapat menjaga kelembapan kulit.

Periksa kandungan zat aditif yang ada di lipstik

Periksa kandungan zat aditif yang ada di lipstik

Salah memilih lipstik berisiko membuat bibir Anda makin kering. Ada beberapa orang yang tidak cocok dengan zat aditif, seperti pewarna, pewangi, dan pengawet yang ada di lipstik. Zat aditif yang umumnya ada di lipstik antara lain methylparaben dan polyparaben. Keduanya merupakan bahan pengawet yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang membahayakan. 


Selain itu, ada juga zat antioksidan yang termasuk dalam zat aditif yaitu BHT (butylated hydroxy toluene). Jika jumlah kandungannya tidak sesuai dengan standar, BHT dapat menyebabkan iritasi.


Namun, hampir semua produk lipstik memang mengandung zat aditif. Hanya takarannya saja yang berbeda-beda. Selama kandungannya masih berada dalam taraf aman, produk tersebut tidak akan menimbulkan dampak buruk pada kulit. Untuk itu, pastikan produk pilihan Anda telah terdaftar di BPOM sehingga Anda lebih yakin bahwa takarannya sesuai batas yang ditentukan.

Pertimbangkan lipstik yang dapat membuat bibir kering jadi lebih memesona

Pertimbangkan lipstik yang dapat membuat bibir kering jadi lebih memesona

Ada beragam jenis lipstik di pasaran tergantung hasil akhirnya. Anda bebas memilih varian yang dirasa paling cocok untuk Anda.


  • Lipstik matte, banyak disukai para wanita. Lipstik jenis ini cenderung tahan lebih lama. Namun, lipstik matte cenderung membuat bibir terlihat makin kering. Jika Anda tetap ingin menggunakan lipstik matte, oleskan lip balm terlebih dahulu.

  • Lipstik glossymembuat penampilan jadi lebih segar. Lipstik glossy juga dapat membuat bibir tampak lebih bervolume

  • Lipstik creamy, pilihan bagi Anda yang menginginkan hasil akhir yang tidak terlalu mengilap. Lipstik jenis ini juga memiliki warna yang lebih pekat dibandingkan lipstik glossy. Jika Anda menginginkan lipstik yang pekat, tetapi tetap lembap dan sedikit mengilap, lipstik yang creamy adalah solusinya

  • Lipstik satin, berikan hasil akhir yang semi-matte. Anda akan mendapat warna yang lebih pekat dan tidak terlalu creamy. Lipstik satin juga terasa ringan dan membuat bibir tetap lembap.

Pilih lipstik dengan pigmentasi tinggi dan tahan lama

Pilih  lipstik dengan pigmentasi tinggi dan tahan lama

Bagi pemilik bibir kering, mengaplikasikan lipstik berulang kali dapat membuat bibir semakin kering. Lipstik yang diaplikasikan berulang kali dapat menyerap kelembapan alami bibir. Akibatnya, bibir dapat menjadi semakin kering, bahkan pecah-pecah. Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah lipstik dengan pigmentasi warna tinggi.


Pertimbangkan juga lipstik yang tahan lama agar Anda tak perlu touch-up berulang kali. Untuk menguji ketahanan lipstik, Anda tentu harus mencobanya sendiri. Namun, Anda juga dapat membaca ulasan dari beauty blogger untuk mengetahui lebih detail tentang lipstik pilihan Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

L'Oreal Paris Color Riche Matte 248 Flatter Me Nude

Mulai dari Rp 62.100,00

Spesialis
mybest

Mustika RatuBeauty Queen Bold & Nour Lipstick

Mulai dari Rp 59.000,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi lipstik terbaik untuk bibir kering

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lipstik terbaik untuk bibir kering yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Revlon Inc.ULTIMA II Delicate The Matte Lipstick

07 Magnetic Mauve

Mulai dari Rp 110.000,00

Kandungan pelembapShea butter, vitamin C, vitamin E, kolagen
Rekomendasi warna bibirBibir hitam atau gelap
Hasil akhirMatte
9
Kandungan pelembapVitamin E, olive oil, jojoba oil, shea butter, squalane
Rekomendasi warna bibirSemua warna bibir
Hasil akhirCreamy
8
Kandungan pelembapCandelilla wax, aloe barbadensis leaf extract, vitamin E, petrolatum
Rekomendasi warna bibirSemua warna bibir
Hasil akhirGlossy
7

Make OverHydrastay Smooth Lip Whip

C07 Soiree

Mulai dari Rp 105.000,00

Kandungan pelembapCalendula , macadamia seed oil, dan vitamin E
Rekomendasi warna bibirBibir pucat
Hasil akhirSatin
6

Make OverColor Hypnose Creamy Lip Matte

04 Hypnotic

Mulai dari Rp 79.000,00

Kandungan pelembapVitamin E, moisture light oil
Rekomendasi warna bibirBibir hitam atau gelap
Hasil akhirSatin
terjual10 ribu
5

Y.O.UColorland-Juicy Pop Lipstick

101 Festive Peach

Mulai dari Rp 69.000,00

Kandungan pelembapShea butter, Vitamin E
Rekomendasi warna bibirBibir kering dan pucat
Hasil akhirSatin
4
Kandungan pelembapAvocado Oil, Vitamin E
Rekomendasi warna bibirSemua warna bibir
Hasil akhirSatin
3

L'Oreal ParisColor Riche Matte Lipstick

245 Sleek Dominance

Mulai dari Rp 75.000,00

Kandungan pelembapJojoba oil, hydrating honey
Rekomendasi warna bibirBibir hitam atau gelap
Hasil akhirMatte
2

WardahColorfit Ultralight Matte Lipstick (Limited Korean Edition)

10 Stunning Seoul

Mulai dari Rp 43.000,00

Kandungan pelembapVitamin E, jojoba oil
Rekomendasi warna bibirBibir pucat
Hasil akhirMatte
1

Maybelline Color Sensational The Creamy Mattes

702 Tangerine Wave

Mulai dari Rp 59.000,00

Kandungan pelembapShea butter, honey nectar
Rekomendasi warna bibirBibir pucat
Hasil akhirMatte

Tabel perbandingan produk lipstik terbaik untuk bibir kering

Gambar produk
1
Maybelline  Color Sensational The Creamy Mattes 1

Maybelline

2
Wardah Colorfit Ultralight Matte Lipstick (Limited Korean Edition) 1

Wardah

3
L'Oreal Paris Color Riche Matte Lipstick 1

L'Oreal Paris

4
Revlon  SuperLustrous Lipstick 1

Revlon

5
Y.O.U Colorland-Juicy Pop Lipstick  1

Y.O.U

6
Make Over Color Hypnose Creamy Lip Matte 1

Make Over

7
Make Over Hydrastay Smooth Lip Whip 1

Make Over

8
Moodmatcher Split Stick 1

Moodmatcher

9
Emina Sugar Rush Lipstick 1

Emina

10
Revlon Inc. ULTIMA II Delicate The Matte Lipstick 1

Revlon Inc.

Nama produk

Color Sensational The Creamy Mattes

Colorfit Ultralight Matte Lipstick (Limited Korean Edition)

Color Riche Matte Lipstick

SuperLustrous Lipstick

Colorland-Juicy Pop Lipstick

Color Hypnose Creamy Lip Matte

Hydrastay Smooth Lip Whip

Split Stick

Sugar Rush Lipstick

ULTIMA II Delicate The Matte Lipstick

Keunggulan

Pilihan lipstik matte yang intens untuk bibir kering dan pucat

Tampil memesona ala wanita Korea Selatan untuk pemilik bibir pucat

Kuatkan kesan bold bagi pemilik bibir kering dan hitam

Tampil menawan dengan 50 pilihan warna

Dengan ujung unik, mudah diaplikasikan tanpa takut berlepotan

Pesona tampilan sehalus sutra untuk bibir kering dan hitam

Sekali oles, garis halus pada bibir kering tersamarkan

Ekspresikan mood Anda dengan lipstik 3-in-1 ini

Lipstik creamy untuk bibir kering yang pucat ataupun gelap

Pilihan tampil natural untuk bibir kering dan hitam

Harga mulai dariRp 59.000,00Rp 43.000,00Rp 75.000,00Rp 40.000,00Rp 69.000,00Rp 79.000,00Rp 105.000,00Rp 99.000,00Rp 38.000,00Rp 110.000,00
Kandungan pelembapShea butter, honey nectar Vitamin E, jojoba oilJojoba oil, hydrating honey Avocado Oil, Vitamin EShea butter, Vitamin EVitamin E, moisture light oilCalendula , macadamia seed oil, dan vitamin ECandelilla wax, aloe barbadensis leaf extract, vitamin E, petrolatumVitamin E, olive oil, jojoba oil, shea butter, squalaneShea butter, vitamin C, vitamin E, kolagen
Rekomendasi warna bibirBibir pucatBibir pucatBibir hitam atau gelapSemua warna bibirBibir kering dan pucatBibir hitam atau gelapBibir pucatSemua warna bibirSemua warna bibirBibir hitam atau gelap
Hasil akhirMatteMatteMatteSatinSatinSatinSatinGlossyCreamyMatte
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar bibir kering

Pertanyaan umum seputar bibir kering

Bibir kering dapat dialami siapa saja. Kami sudah menyiapkan beberapa pertanyaan seputar bibir kering dan cara mengatasinya. Jika Anda masih penasaran mengenai bibir kering, simak jawabannya di bawah ini. 

Apa penyebab bibir kering?

Bibir kering disebabkan oleh berbagai hal seperti dehidrasi, kekurangan nutrisi, paparan sinar matahari, juga pergantian cuaca. Kebiasaan menjilat bibir, merokok, dan jarang menggunakan pelembap bibir juga dapat menyebabkan bibir kering. Penyebab bibir kering lainnya adalah penggunaan lipstik yang mengandung alkohol atau mentol. Kedua bahan ini dapat mengikis kelembapan kulit.

Bagaimana cara mengatasi bibir kering?

Minum cukup air dan mencukupi asupan nutrisi tubuh merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi bibir kering. Menghentikan kebiasaan menjilati bibir juga dapat membantu mengatasi bibir kering. Cara lain untuk mengatasi bibir kering adalah menggunakan pelembap bibir secara teratur. Pilihlah produk pelembap bibir yang sekaligus melindungi dari paparan sinar matahari. 

Baca juga rekomendasi lipstik dan produk perawatan bibir lainnya di sini

Kami telah secara khusus mengulas berbagai hal mengenai lipstik untuk bibir kering. Namun, mungkin Anda juga membutuhkan rekomendasi lipstik secara umum. Kami telah menyiapkannya untuk Anda. Bukan itu saja, ada juga rekomendasi berbagai produk perawatan bibir untuk Anda. Anda bisa membacanya pada link di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana dengan ulasan kami di atas? Apakah kini Anda telah menemukan lipstik yang tepat untuk bibir kering Anda? Ingatlah untuk selalu memilih lipstik yang tidak hanya mempercantik, tetapi juga dapat menjaga kelembapan bibir Anda. 

 
Selain menggunakan lipstik yang tepat untuk kondisi bibir Anda yang kering, rawatlah juga bibir agar senantiasa lembap. Selamat memilih dan selamat bergaya dengan lipstik idaman!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bibir yang tampak lembap dan cerah akan membuat penampilan Anda makin segar. Namun, gaya hidup dan paparan sinar ultraviolet dapat mengakibatkan bibir gelap dan kering. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan pelembap bibir untuk mengatasi bibir gelap dan kering.Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan tips memilih lip balm yang bagus dan ber-BPOM. Berbagai merk lip balm mancanegara, seperti Nivea, dan Vaseline telah kami siapkan. Kami juga akan mengulas lip balm lokal, seperti Wardah, Emina, dan Tiff Body. So, jangan lewatkan ulasan kami, ya!
    Lip color & lip care
  • 10 Serum Bibir Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Bibir Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Serum bibir atau lip serum adalah produk perawatan bibir yang populer akhir-akhir ini. Serum dapat membuat bibir lebih kenyal, memperbaiki tekstur, serta memudarkan kerutan di bibir. Beberapa serum juga bisa digunakan sebagai pewarna bibir serta efektif melindungi bibir dari sinar UV.Di sini kami akan menjelaskan cara memilih serum bibir yang bagus. Baca juga tips memilihnya dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Temukan rekomendasi serum bibir terbaik dari merk lokal dan luar negeri, seperti Emina, Clarins, Dior, Ms. Glow, dan lainnya. Selamat tinggal bibir hitam!
    Lip color & lip care
  • 10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Lipstik waterproof cukup diminati oleh orang Indonesia. Lipstik ini memudahkan Anda agar tidak perlu melakukan touch up dalam waktu beberapa jam. Bahkan, ada produk yang tahan lama dan tidak luntur meski dipakai saat makan. Lipstik waterproof hadir dalam berbagai tipe, baik cream, stick, maupun liquid.Jika Anda tertarik untuk membeli lipstik waterproof yang bagus, simaklah tips dari kami. Temukan tips tambahan dari makeup artist, Renata Aprianti. Jangan ketinggalan juga untuk membaca rekomendasi lipstik waterproof terbaik. Anda akan menemukan merek Maybelline, Revlon, serta merek lokal, seperti Wardah dan Emina. Selamat membaca!
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lip tint merupakan produk pewarna bibir dari Korea yang diklaim tahan lama. Penggunaan lip tint bahkan tidak membuat bibir hitam dan bibir kering. Karena formulanya yang unik, lip tint cocok untuk semua orang, termasuk untuk remaja.Kini telah banyak merk ternama seperti Etude House, Innisfree, Tony Moly hingga Emina yang mengeluarkan lip tint. Ada produk yang dilengkapi Aloe vera, ada pula yang bersifat waterproof. Namun, produk manakah yang bagus? Kali ini kami akan menjabarkan cara memilih sekaligus memperkenalkan rekomendasi lip tint terbaik. Untuk lebih lengkapnya, bacalah artikel ini hingga selesai!
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lipstik Ombre Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lipstik Ombre Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Riasan bibir ombre berasal dari Korea Selatan dan mendapat sambutan baik di Indonesia. Gaya riasan ini memberikan gradasi warna yang indah pada bibir. Untuk menciptakan efek ombre dengan cara mudah, Anda bisa menggunakan lipstik ombre ataupun lip tint. Namun, lipstik ombre seperti apa yang cocok untuk Anda?Laneige yang berasal dari Korea Selatan menjadi salah satu merek lipstik ombre yang bagus. Produsen lokal seperti Madame Gie juga memiliki paket lipstik ombre cantik. Tidak perlu bingung memilih lipstik ombre yang pas untuk Anda karena kami akan memberikan tips cara memilihnya.
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Bibir Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Bibir Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    Bibir hitam sering menjadi penyebab banyak orang menjadi tidak percaya diri. Menghitamnya bibir disebabkan oleh beberapa hal, seperti paparan sinar matahari, penggunaan kosmetik, atau faktor genetik. Untuk mengembalikan warna alaminya, Anda dapat menggunakan lip balm yang kandungannya dapat mengatasi masalah bibir hitam.Kali ini, kami akan memberikan sejumlah tips dalam memilih lip balm yang bagus untuk bibir hitam. Tidak lupa, sepuluh rekomendasi merek lip balm terbaik juga sudah kami siapkan untuk membantu Anda menentukan pilihan. Anda dapat menemukan produk dari Emina, Nivea, Wardah, dan Vaseline pada artikel ini. Selamat membaca!
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lipstik matte masih menjadi must-have item untuk para wanita. Lipstik matte dinilai lebih nyaman digunakan, tahan lama, dan cocok dipakai kapan saja. Berbagai brand makeup mengeluarkan lipstik matte populer, di antaranya Make Over, Luxcrime, Emina, Rollover Reaction, Wardah, hingga L’Oréal.Untuk membantu Anda memilih lipstik matte yang bagus, kami telah merangkum tips memilih lipstik matte. Beragam review lip matte terbaik dari berbagai merk juga sudah kami sediakan di sini. Mari, temukan rekomendasi lipstik matte yang bagus dan tahan lama bersama kami!
    Lip color & lip care
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori