• 10 Rekomendasi Tuner Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Tuner Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Tuner Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Tuner Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Tuner Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Tuner Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Beberapa jenis alat musik seperti gitar, bass, ukulele, dan lainnya perlu disetem dengan nada yang tepat agar tidak sumbang. Namun, terkadang menyetem peralatan musik tidak selalu mudah karena ada gangguan dari suara di sekitar. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda membutuhkan tuner supaya dapat menyetem alat musik dengan lebih mudah dan akurat.


Ada beragam merek tuner seperti D'Addario, KORG, dan sebagainya yang bisa ditemukan di pasaran. Masing-masing merek mempunyai fitur dan desain yang berbeda. Agar tidak membingungkan Anda, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih tuner yang tepat. Selanjutnya, kami juga memberikan rekomendasi produk yang bisa dijadikan pilihan. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

  • Pembaharuan terakhir: 10 November 2020
  • 3.071 Views
Daftar isi

Cara memilih tuner

Pertama, kami akan menjelaskan cara memilih tuner yang tepat. Berhubung terdapat beberapa jenis tuner di pasaran, mari simak penjelasan kami untuk lebih jelasnya berikut ini.

Tuner dengan kabel, tidak perlu khawatir kehabisan baterai

Tipe ini menghubungkan tuner dengan kabel dan merupakan jenis tuner yang paling umum dijumpai di pasaran. Berhubung tidak menggunakan tenaga baterai, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan daya ketika sedang digunakan. Kebanyakan tipe ini juga dijual dalam harga yang terjangkau sehingga pas untuk Anda yang memiliki budget ketat. Nah, mari simak dua poin yang perlu Anda jadikan pertimbangan saat hendak memilih tuner berkabel berikut ini.

Pilih jack berbentuk L agar sulit terlepas dan tidak mudah rusak

Sebagian produk tuner memiliki kabel jack/plug yang lurus, sedangkan sebagian lainnya berbentuk L. Masalah yang sering terjadi saat menggunakan tuner berkabel adalah kabelnya copot karena tidak sengaja tertarik. Bila Anda hendak memilih tuner yang menggunakan kabel, pilihlah tuner dengan plug berbentuk L. Alasannya karena jenis ini lebih tidak mudah lepas ketimbang plug lurus saat Anda gunakan menyetem.


Dari sisi ketahanan, dibanding tuner yang memiliki plug lurus, tuner dengan plug berbentuk L diklaim lebih tahan lama. Plug lurus cenderung lebih mudah rusak sehingga membuat Anda harus membeli tuner baru lagi. Agar jangka waktu pemakaiannya lebih lama, direkomendasikan untuk memilih tuner dengan plug berbentuk L.

Pilih panjang kabel tuner sesuai ukuran alat musik yang digunakan

Saat menggunakan tuner berkabel, perhatikanlah panjang kabelnya. Tuner dengan kabel pendek biasanya tidak terlalu tebal dan tidak mudah kusut. Namun, tuner ini sulit digunakan pada instrumen berukuran besar seperti bass elektrik. Di sisi lain, tuner dengan kabel panjang akan mudah digunakan untuk instrumen besar. Akan tetapi, kabelnya lebih mudah kusut sehingga akan merepotkan Anda.


Baik tuner dengan kabel pendek maupun panjang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, Anda perlu memilih tuner yang sesuai dengan ukuran instrumen musik yang dimainkan. Sayangnya, informasi mengenai panjang kabel jarang dicantumkan. Anda bisa mencari info lebih lanjut mengenai hal ini melalui review pengguna atau bertanya langsung kepada penjualnya.

Tuner nirkabel/wireless, praktis tanpa repot

Jenis tuner nirkabel/wireless direkomendasikan bila Anda tidak ingin direpotkan dengan kabel yang melilit atau putus. Pada kebanyakan produk, Anda hanya perlu memasangkan langsung tuner menggunakan klip yang tersedia. Anda pun bisa menggunakannya pada beragam alat musik, bahkan yang berukuran besar sekalipun. Namun, berhubung tipe ini menggunakan baterai, Anda harus menyiapkan baterai cadangan untuk berjaga-jaga bila baterainya habis.

Pilih tuner terintegrasi bila ingin penggunaan lebih nyaman

Ada juga tuner yang sudah terintegrasi sehingga klip mikrofonnya langsung terpasang ke bagian utama tuner. Anda hanya perlu memasangkan klipnya pada alat musik. Anda pun jadi tidak perlu repot memiliki tuner dan mikrofon secara terpisah. Hal tersebut juga membuat tuner seperti ini cocok untuk Anda yang masih pemula dalam memainkan musik. Tanpa adanya kabel, tuner ini menjadi compact dan tidak terasa bulky sehingga sangat nyaman digunakan. Namun, tergantung bentuknya, beberapa alat musik misalnya flute mungkin tidak cocok menggunakan tuner ini.

10 Rekomendasi tuner terbaik

Setelah memperhatikan beberapa hal untuk memilih tuner, berikut rekomendasi tuner terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Bandingkan dan pilihlah tuner yang paling tepat sesuai kebutuhan Anda!

10
TipeWireless
Panjang kabelTidak ada
Jenis jackTidak ada
9
TipeKabel
Panjang kabelTidak disebutkan
Jenis jackLurus
8
TipeWireless
Panjang kabel Tidak ada
Jenis jackTidak ada
7
TipeWireless
Panjang kabelTidak ada
Jenis jackTidak ada
6
TipeWireless
Panjang kabelTidak ada
Jenis jackTidak ada
5
TipeKabel
Panjang kabelTidak disebutkan
Jenis jackL
4
TipeWireless
Panjang kabelTidak ada
Jenis jackTidak ada
3
TipeKabel
Panjang kabelTidak disebutkan
Jenis jackTidak disebutkan
2
TipeKabel
Panjang kabelTidak disebutkan
Jenis jackTidak disebutkan
1
TipeKabel
Panjang kabelTidak disebutkan
Jenis jackTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk tuner terbaik

Gambar produk
1
Tuner TC Electronic Polytune 3 1

TC Electronic

2
Tuner Joyo Power Tune  1

Joyo

3
Tuner NUX Pedal Tuner 1

NUX

4
Tuner D'Addario Micro Soundhole Tuner 1

D'Addario

5
Tuner KORG TM 50C 1

KORG

6
Tuner KORG  Pitchclip Clip-On Tuner 1

KORG

7
Tuner Aroma  Tuner/Metronome 1

Aroma

8
Tuner Flanger  Clip-On Tuner 1

Flanger

9
Tuner Musedo Compact Metro-Tuner  1

Musedo

10
Tuner JOYO 8th Anniversary Tuner 1

JOYO

Nama produk

Polytune 3

Power Tune

Pedal Tuner

Micro Soundhole Tuner

TM 50C

Pitchclip Clip-On Tuner

Tuner/Metronome

Clip-On Tuner

Compact Metro-Tuner

8th Anniversary Tuner

Keunggulan

Akurasi tinggi, dapat mengenali nada dalam sekali petikan

Menyetem gitar elektrik tanpa harus mengeluarkan suara bising

Desain trendi untuk beraksi di atas panggung

Ukurannya mini, tidak tampak mencolok meski selalu terpasang

CM-200 Contact Microphone pada alat ini akan memaksimalkan kinerja tuner!

Varian warnanya melimpah, pilih sesuka hati Anda!

Adanya fitur mati otomatis akan membuat baterai jadi lebih awet

Display lebar, jadi lebih mudah dilihat

Tiga fungsi dalam satu produk, makin multifungsi

Ringan! Tidak repot ketika dibawa ke mana-mana, deh

HargaRp 1.983.000,00Rp 855.000,00Rp 415.000,00Rp 280.000,00Rp 330.000,00Rp 149.500,00Rp 71.500,00Rp 104.700,00Rp 110.000,00Rp 50.000,00
TipeKabelKabelKabelWirelessKabelWirelessWirelessWirelessKabelWireless
Panjang kabelTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak adaTidak disebutkanTidak adaTidak adaTidak adaTidak disebutkanTidak ada
Jenis jackTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak adaLTidak adaTidak adaTidak adaLurusTidak ada
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan musik gitar lainnya di sini

Tidak hanya tuner, kami juga telah mengulas peralatan musik lainnya seperti gitar akustik dan pick gitar. Bila Anda tertarik untuk mengetahui lebih detail mengenai seluruh produk tersebut, Anda bisa membacanya pada artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah memperkenalkan cara memilih tuner beserta rekomendasi produk yang bisa dijadikan referensi pilihan sebelum membeli. Tuner sangat diperlukan bila Anda hendak menyetem instrumen musik dengan nada yang lebih akurat. 


Ada beberapa jenis tuner yang bisa Anda pilih tergantung jenis alat musik yang dimainkan, baik elektrik maupun biasa. Oleh karena itu, pilihlah tuner yang sesuai. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda, ya!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.
    Musik
    47.609 Views
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai alat musik, ukulele dikenal lebih mudah dimainkan dengan suaranya yang tak kalah merdu daripada gitar. Biasanya, para pemusik pemula menggunakan ukulele jenis sopran. Namun, bila Anda belajar di tingkat lanjutan, Anda bisa memilih jenis concert, tenor, atau bariton. Ukulele juga memiliki jenis yang beragam dan dibedakan berdasarkan material, jenis senar, hingga pegs-nya.Untuk membantu Anda, kini kami akan memperkenalkan cara memilih ukulele dengan mempertimbangkan jenis nada hingga material pembuatnya. Sebagai referensi, kami juga memberikan rekomendasi produk yang ada di pasaran seperti Grande, Cowboy, Fender, dan lainnya. Selamat membaca!
    Musik
    60.127 Views
  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    165.328 Views
  • 10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Stik drum akan memengaruhi kualitas bunyi dari sebuah drum. Tersedia berbagai variasi stik drum di pasaran, seperti yang diproduksi oleh D'Addario, Meinl, dan Zildjian. Selain itu, ada juga stik yang terbuat dari pohon hickory atau oak. Bila Anda baru belajar memainkan drum, Anda perlu mengetahui cara memilih stik drum dengan tepat.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika memilih stik drum. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi stik drum terbaik yang bisa didapatkan secara online. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!
    Musik
    9.652 Views
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Biola adalah alat musik gesek yang cenderung kurang diminati karena dipandang sulit untuk dikuasai. Apalagi, harganya juga cukup tinggi. Meski sulit dipelajari, Anda belum terlambat untuk mempelajarinya mulai sekarang! Dengan biola yang tepat untuk pemula, Anda bisa mulai berlatih dengan menyenangkan.Di pasaran, terdapat biola dengan berbagai ukuran dan rentang harga, seperti dari Cremona, Karl Höfner, Skylark, dan Makoa. Jika Anda bingung memilih, kami akan membantu Anda melalui artikel ini. Kami tidak hanya memberikan rekomendasi produk terbaik, tetapi juga cara memilih supaya Anda menemukan produk yang benar-benar pas.
    Musik
    47.093 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbeda dengan senar akustik yang terbuat dari metal, senar pada gitar klasik memiliki karakter menghasilkan nada yang halus dan lembut. Genre musik yang cocok dimainkan dengan gitar klasik yang dapat menghasilkan musik asyik pun beragam, di antaranya bossa nova dan jazz.Senar gitar klasik tersedia dalam bermacam jenis sehingga mungkin sulit untuk mengetahui karakter senar dari kemasannya saja. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih senar gitar klasik yang tepat, sekaligus merekomendasikan beberapa merek terbaiknya, seperti D’Addario, Augustine, dan Savarez. Check it out!
    Musik
    42.173 Views
  • 10 Rekomendasi Speaker Terbaik untuk Mendengarkan Musik Rock (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Speaker Terbaik untuk Mendengarkan Musik Rock (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda penikmat musik rock? Musik yang sudah memiliki banyak jenis ini, seperti punk rock, post-rock, alternative rock, dan rock ballads, akan terdengar lebih baik jika Anda memakai speaker. Saat sedang mencari jenis speaker yang cocok, mungkin Anda bingung memilih karena ada banyak merek yang dijual, seperti JBL, Marshall, Pioneer, dan sebagainya. Untuk itu, kami akan memperkenalkan sepuluh produk speaker yang cocok untuk menyuarakan musik rock dengan dahsyat. Selain itu, kami juga akan menyampaikan tips dan trik untuk memilih speaker yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Tetap disimak, ya!
    Musik
    2.893 Views
  • 10 Rekomendasi Drum Elektrik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Drum Elektrik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Drum elektrik menjadi pilihan yang tepat untuk seorang drummer pemula. Hal ini karena Anda dapat mengatur volume suara yang dikeluarkan sehingga bisa berlatih tanpa mengganggu. Drum elektrik juga menjadi alat latihan yang sempurna karena tidak membutuhkan ruang luas untuk dimainkan. Kali ini, kami akan memperkenalkan kepada Anda hal yang harus diperhatikan saat memilih drum elektrik. Kami juga mengulas rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda temukan dari Yamaha, NUX, Roland, Alesis, dan lainnya. Bacalah dan temukan drum elektrik yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan Anda.
    Musik
    6.304 Views
  • 10 Rekomendasi DJ Controller Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi DJ Controller Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dahulu, untuk menjadi seorang disk jockey (DJ), Anda membutuhkan rekaman analog dan CD yang memerlukan banyak latihan. Kini, menjadi DJ lebih mudah dengan menggunakan komputer, smartphone, dan DJ controller. Banyaknya produk DJ controller dengan berbagai fungsi seperti Pioneer, Numark, dan Roland pasti membuat Anda bingung ketika memilih.Kali ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih DJ controller dan rekomendasi produk terbaik. Kami juga akan mengulas software dan aplikasi DJ untuk komputer dan smartphone. Ayo menjadi DJ menggunakan lagu favorit Anda dan nikmati musik dengan lebih bebas!
    Musik
    439 Views
  • 10 Rekomendasi Keyboard Yamaha Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Keyboard Yamaha Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain piano, pilihan alat musik yang paling banyak diminati saat ini adalah keyboard. Alat musik ini menggabungkan model permainan piano dengan teknologi. Yamaha merupakan merek alat musik top of mind ketika Anda mencari keyboard. Yamaha menawarkan banyak pilihan keyboard sesuai dengan kebutuhan Anda.Anda mungkin bingung memilihnya dari segi style, fitur, dan harga. Oleh karena itu, kami akan memberikan poin-poin cara memilih keyboard Yamaha. Simak rekomendasi keyboard Yamaha terbaik sebagai referensi Anda. Berbagai keyboard Yamaha dari seri PSR-E, PSR-SX, dan Genios juga ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Musik
    25 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    165.328 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Akustik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Akustik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Senar berperan penting dalam hasil suara gitar akustik. Jenisnya pun beragam, ada yang berbahan phosphor bronze, 80/20 bronze, dengan ketebalan yang juga berbeda-beda. Bingung harus memilih yang mana?Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan Anda cara memilih senar untuk gitar akustik. Setelah itu, kami juga akan memperkenalkan kepada Anda rekomendasi produk terbaik seperti dari Martin, Elixir, dan D'Addario. Memilih senar yang tepat akan membuat pertunjukan Anda makin istimewa!
    Musik
    39.972 Views
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda bercita-cita menjadi seorang musisi terutama gitaris, Anda tentunya membutuhkan perlengkapan musik yang memadai. Salah satu benda yang sangat penting saat bermain gitar adalah amplifier. Amplifier merupakan peralatan untuk memperkuat sinyal sehingga hasil suara lebih baik dan lebih keras.Ada beberapa merek amplifier yang terkenal seperti Marshall, Roland, dan Fender. Akan tetapi, untuk Anda yang seorang pemula tentunya akan sulit untuk menemukan amplifier yang terbaik. Oleh karena itu, kali ini kami memberikan Anda tips memilih amplifier terbaik serta merekomendasikan beberapa produk untuk Anda. Simak artikel kami berikut ini!
    Musik
    38.241 Views
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai alat musik, ukulele dikenal lebih mudah dimainkan dengan suaranya yang tak kalah merdu daripada gitar. Biasanya, para pemusik pemula menggunakan ukulele jenis sopran. Namun, bila Anda belajar di tingkat lanjutan, Anda bisa memilih jenis concert, tenor, atau bariton. Ukulele juga memiliki jenis yang beragam dan dibedakan berdasarkan material, jenis senar, hingga pegs-nya.Untuk membantu Anda, kini kami akan memperkenalkan cara memilih ukulele dengan mempertimbangkan jenis nada hingga material pembuatnya. Sebagai referensi, kami juga memberikan rekomendasi produk yang ada di pasaran seperti Grande, Cowboy, Fender, dan lainnya. Selamat membaca!
    Musik
    60.127 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbeda dengan senar akustik yang terbuat dari metal, senar pada gitar klasik memiliki karakter menghasilkan nada yang halus dan lembut. Genre musik yang cocok dimainkan dengan gitar klasik yang dapat menghasilkan musik asyik pun beragam, di antaranya bossa nova dan jazz.Senar gitar klasik tersedia dalam bermacam jenis sehingga mungkin sulit untuk mengetahui karakter senar dari kemasannya saja. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih senar gitar klasik yang tepat, sekaligus merekomendasikan beberapa merek terbaiknya, seperti D’Addario, Augustine, dan Savarez. Check it out!
    Musik
    42.173 Views
  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2020)
    Pernahkah Anda mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Karena itu, dalam artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik untuk Anda. Tak lupa, kami juga akan merekomendasikan produk dari merek-merek terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan mikrofon tipe dinamik terbaik, ya!
    Musik
    12.815 Views
  • 10 Rekomendasi Speaker Terbaik untuk Mendengarkan Musik Rock (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Speaker Terbaik untuk Mendengarkan Musik Rock (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda penikmat musik rock? Musik yang sudah memiliki banyak jenis ini, seperti punk rock, post-rock, alternative rock, dan rock ballads, akan terdengar lebih baik jika Anda memakai speaker. Saat sedang mencari jenis speaker yang cocok, mungkin Anda bingung memilih karena ada banyak merek yang dijual, seperti JBL, Marshall, Pioneer, dan sebagainya. Untuk itu, kami akan memperkenalkan sepuluh produk speaker yang cocok untuk menyuarakan musik rock dengan dahsyat. Selain itu, kami juga akan menyampaikan tips dan trik untuk memilih speaker yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Tetap disimak, ya!
    Musik
    2.893 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori