• 10 Rekomendasi Cover Stir Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Cover Stir Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Cover Stir Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Cover Stir Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Cover Stir Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Cover Stir Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Sarung setir atau cover setir mobil termasuk hiasan interior mobil yang populer. Dengan cover setir, Anda dapat mengubah tampilan mobil Anda jadi lebih stylish. Untuk memudahkan Anda menemukan sarung atau cover stir mobil yang bagus, kami akan memberikan rekomendasi produk dari beragam merek.


Anda akan menemukan sarung setir mobil terbaik merek Mbtech, O-PRO, Carinn, dan sebagainya. Cover setir untuk berbagai tipe mobil pun dapat Anda miliki. Ada sarung/cover setir mobil untuk Brio, Innova, Avanza, Mobilio, Rush, bahkan Grand Livina. Selamat memilih!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cover stir mobil dan manfaat penggunaannya

Cover stir mobil dan manfaat penggunaannya

Banyak orang berpikir bahwa cover setir mobil digunakan hanya untuk dekorasi setir. Hal ini tidak sepenuhnya salah. Namun, ternyata cover setir juga punya manfaat pada aspek keamanan dan kenyamanan menyetir, lho!


Setir mobil tanpa cover biasanya tipis dan sulit digenggam. Bila tangan Anda berkeringat, setir juga dapat menjadi licin. Akan tetapi, jika dipasangkan cover, setir menjadi lebih tebal dan mudah digenggam. Bahan cover setir yang antiselip juga akan efektif meningkatkan keamanan Anda dalam menyetir.


Selain itu, cover juga melindungi setir mobil dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari dan sidik jari. Dengan kata lain, cover setir menghilangkan ketidaknyamanan kemudi sekaligus mempercantik setir Anda. Tentunya Anda ingin berkendara dengan aman dan nyaman, bukan?

Cara memilih cover stir mobil

Sebelum menuju rekomendasi produk, mari pahami poin-poin yang perlu diperhatikan saat memilih cover setir mobil. Semuanya terangkum di bawah ini!

Sesuaikan desain dengan image interior mobil yang ingin ditonjolkan

Tidak hanya meningkatkan keamanan dalam menyetir, cover setir juga memengaruhi tampilan interior mobil Anda. Maka dari itu, pilihlah cover setir sesuai nuansa yang ingin Anda hadirkan dalam mobil. 

Cover stir berdesain simpel atau sporty, tonjolkan gaya kasual

Cover stir berdesain simpel atau sporty, tonjolkan gaya kasual

Cover setir mobil dengan desain simpel dan sporty banyak dijual di e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, atau Lazada. Bila Anda menginginkan nuansa kasual, pilihlah cover dengan desain simpel.


Cover setir berdesain simpel ada yang warnanya kalem, ada juga yang mencolok. Cover setir warna kalem akan terlihat menyatu dengan setir orisinal. Sementara itu, cover setir yang warnanya menyala membuat mobil Anda jadi tampak eye-catching.

Cover stir karakter, memberikan kesan ceria

Bagi Anda yang ingin mencerahkan nuansa interior mobil, pilihlah cover setir berdesain ceria dan lucu. Ada juga sarung setir mobil berdesain pola atau karakter tertentu. Tipe cover setir seperti ini sangat populer di kalangan wanita dan keluarga. Bosan dengan setir mobil yang polos? Anda bisa gunakan cover dengan gambar ilustrasi kartun yang lucu.


Tentunya tidak hanya desain, pilihan warna cover setir jenis ini juga ada banyak. Agar lebih serasi, Anda bisa memakai cover setir yang warna atau gambarnya senada dengan bodi mobil.

Cover stir desain braided, tampak lebih mewah

Cover stir desain braided, tampak lebih mewah

Desain braided disarankan bagi Anda yang ingin membuat look interior mobil terkesan mewah. Sebagian besar cover tipe ini terbuat dari bahan kulit berkualitas tinggi. Anda dapat merasakan tekstur dari kulit asli yang sedikit berbeda dengan kulit sintetis.


Berbeda dari tipe cover yang lain, cover braided dijahit dengan jarum dan benang sehingga nampak seperti barang custom-made. Jahitan pada cover juga mempertegas kesan stylish. Cover ini pun lebih tipis dibandingkan cover tipe lainnya. Karena itu, cover ini layak dipilih bila Anda menginginkan setir yang tidak terlalu tebal digenggam.

Periksa bahan dan tekstur permukaannya

Penting bagi Anda untuk tidak hanya memperhatikan desain, tetapi juga kenyamanan cover setir saat digenggam. Berikut akan kami jabarkan lebih detail mengenai bahan dan tekstur sarung setir. 

Bahan kulit, untuk gripping yang nyaman

Bahan kulit, untuk gripping yang nyaman

Kulit asli dan sintetis memiliki tekstur yang agak kasar sehingga Anda jadi lebih mantap memegang setirCover setir berbahan kulit ada juga yang memiliki bantalan empuk, Anda pun akan makin nyaman mencengkeram setir. Selain itu, cover setir berbahan kulit memiliki desain yang timeless. Anda dapat menggunakan sarung setir berbahan kulit kapan pun tanpa khawatir terlihat kuno.

Bahan mesh, berlubang dan breathable

Bahan mesh, berlubang dan breathable

Bahan mesh berbentuk seperti jaring yang terbuat dari serat katun atau serat sintetis. Karena permukaan bahan mesh berlubang-lubang, sirkulasi udara dapat berlangsung lebih lancar. Hal tersebut membuat cover setir dengan bahan mesh tidak mudah bau


Tidak hanya itu, sirkulasi udara yang bagus juga dapat mencegah tangan Anda berkeringat bahkan saat cuaca panas. Agar Anda bisa menyetir dengan nyaman, cover setir dari berdaya serap baik ini layak dipertimbangkan. 

Bahan uretan dan bulu, untuk mengurangi lelah saat menyetir

Bahan uretan dan bulu, untuk mengurangi lelah saat menyetir

Jika Anda sering menyetir untuk jangka waktu yang lama, bahan uretan atau bulu patut dipertimbangkan. Kedua bahan ini bertekstur halus sehingga Anda tidak akan terlalu letih menggenggam setir. Bahan ini juga dapat kembali ke bentuk semula sehingga membuat gripping makin nyaman.


Selain itu, bahan bulu akan memberikan sensasi genggaman yang lembut sekaligus menurunkan suhu telapak tangan saat cuaca panas. Bahan bulu juga dapat menghangatkan telapak tangan Anda ketika cuaca dingin.

Bahan karet, tidak cepat kotor

Bahan karet, tidak cepat kotor

Lalu, ada juga sarung setir yang terbuat dari bahan karet. Elastis dan tidak mudah panas merupakan karakteristik dari bahan karet. Karena bahan karet tidak menyerap cairan layaknya bahan mesh atau kain, cover setir dengan bahan ini tidak gampang kotor. 


Selain itu, cover setir berbahan karet biasanya memiliki banyak gerigi pada bagian permukaannya. Hal tersebut membuatnya tidak licin dan memudahkan Anda untuk menggenggam setir dengan lebih ajek.

Periksa ukurannya agar sesuai dengan stir mobil Anda

Periksa ukurannya agar sesuai dengan stir mobil Anda

Terdapat dua tipe cover setir di pasaran, yaitu ukuran S (diameter ± 35–37 cm) dan ukuran M (diameter ± 37–39 cm). Biasanya, sarung atau cover stir mobil New Avanza, Brio, Calya, Sigra, atau Yaris menggunakan ukuran S. Sementara itu, mobil Xenia, Terios, Fortuner, Pajero, atau Xpander dapat menggunakan sarung setir ukuran M. 


Diameter yang dimaksud adalah jarak antara sisi luar setir yang saling berseberangan. Agar tidak salah beli, sebaiknya Anda mengukur terlebih dahulu diameter setir mobil Anda. Bila perlu, Anda bisa juga mengecek situs resmi produsennya. Kemudian, berhati-hatilah bila setir Anda berbentuk oval atau huruf D. Kebanyakan cover setir yang dijual di pasaran tidak kompatibel dengan bentuk setir ini.

10 Rekomendasi cover stir mobil terbaik

Di bawah ini, kami akan memperkenalkan produk cover setir mobil berbagai desain. Ada cover berdesain cool, lucu, mewah, dan sebagainya. Pilih dan sesuaikan dengan gaya Anda!

10

Sarung Setir Mobil Kain Aneka Karakter

Mulai dari Rp 122.265,00

BahanKain
Ukuran38 cm (universal)
DesainKarakter
Pilihan warnaHitam, biru, pink, dan sebagainya
9

Cover Setir Mobil Plush

Mulai dari Rp 220.000,00

BahanNatural fur (wol)
Ukuran38 cm
DesainSimpel
Pilihan warnaPutih, merah, ungu, hitam, dan sebagainya
8
BahanKulit asli suede
UkuranUniversal
DesainBraided
Pilihan warnaAbu-abu
7
BahanBeludru
UkuranSemua jenis mobil di atas tahun 2000
DesainKarakter
Pilihan warnaHitam dan pink
6

Steering Wheel Cover Sandwich Mesh

Mulai dari Rp 175.900,00

BahanMesh sandwich
Ukuran38 cm
DesainSporty
Pilihan warnaHitam
5

Steering Wheel Cover Gentleman Design Wood

Mulai dari Rp 167.500,00

BahanFiber leather dan PU kayu
UkuranUniversal
DesainSimpel
Pilihan warnaBlack, cream, dan grey
4
BahanKaret silikon
Ukuran35,56 cm
DesainSimpel
Pilihan warnaMerah, biru, kuning, dan sebagainya
3
BahanKulit sintetis
Ukuran36 cm
DesainBraided
Pilihan warnaHitam merah
2
BahanPVC (Polyvinyl chloride) dan silikon
Ukuran38 cm
DesainSimpel
Pilihan warnaMerah hitam
1
BahanKulit sintetis oscar
Ukuran37 cm
DesainBraided
Pilihan warnaHitam, merah, beige, abu-abu

Tabel perbandingan produk cover stir mobil terbaik

Gambar produk
1
Carinn Diamond Cover Stir 1

Carinn

2
O-PRO Sporty Steering Wheel Cover 1

O-PRO

3
Mbtech Sarung Setir Jahit 1

Mbtech

4
Sarung Setir Karet Silikon 1

5
Steering Wheel Cover Gentleman Design Wood 1

6
Steering Wheel Cover Sandwich Mesh 1

7
Sarung Setir LINE 1

8
Cover Setir Kulit Asli 1

9
Cover Setir Mobil Plush 1

10
Sarung Setir Mobil Kain Aneka Karakter 1

Nama produk

Diamond Cover Stir

Sporty Steering Wheel Cover

Sarung Setir Jahit

Sarung Setir Karet Silikon

Steering Wheel Cover Gentleman Design Wood

Steering Wheel Cover Sandwich Mesh

Sarung Setir LINE

Cover Setir Kulit Asli

Cover Setir Mobil Plush

Sarung Setir Mobil Kain Aneka Karakter

Keunggulan

Terdapat bantalan empuk yang nyaman digenggam

Desain sporty dan tahan sinar matahari

Cover jahit untuk pencinta kerajinan tangan

Hadirkan suasana ceria dengan warna mencolok

Kombinasi bahan kayu untuk tampilan klasik

Makin istimewa berkat enam bantalan yang mengelilingi

Tiga boneka LINE imut siap menemani perjalanan Anda

Lebih elegan dengan bahan kulit asli

Cover bulu yang hangat dan lembut di tangan

Koleksi wajib penggemar kartun dan anime!

Harga mulai dariRp 172.000,00Rp 165.000,00Rp 60.000,00Rp 100.000,00Rp 167.500,00Rp 175.900,00Rp 104.000,00Rp 465.000,00Rp 220.000,00Rp 122.265,00
BahanKulit sintetis oscarPVC (Polyvinyl chloride) dan silikonKulit sintetisKaret silikonFiber leather dan PU kayuMesh sandwichBeludruKulit asli suedeNatural fur (wol)Kain
Ukuran37 cm38 cm36 cm35,56 cmUniversal38 cmSemua jenis mobil di atas tahun 2000Universal38 cm38 cm (universal)
DesainBraidedSimpelBraidedSimpelSimpelSportyKarakterBraidedSimpelKarakter
Pilihan warnaHitam, merah, beige, abu-abuMerah hitamHitam merahMerah, biru, kuning, dan sebagainyaBlack, cream, dan greyHitamHitam dan pinkAbu-abuPutih, merah, ungu, hitam, dan sebagainyaHitam, biru, pink, dan sebagainya
Tautan produk

Tips memasang cover stir mobil untuk pemula

Tips memasang cover stir mobil untuk pemula

Bagi Anda yang masih ragu mengenai cara memasang cover setir dengan baik, di bawah ini akan kami beberkan tipsnya. Bahkan, pemula pun tentu bisa memasangnya!


Perlu diingat, cover setir apa pun dapat dengan mudah dipasang sampai setengahnya. Lanjutkan pasang setengah bagian lainnya dengan membayangkan seperti sedang menyarungi setir. Lakukan perlahan dari satu sisi ke sisi lainnya bila sulit memasang sekaligus. Dengan begitu, Anda dapat memasang cover setir dalam waktu sekitar sepuluh menit saja.


Sekadar pengingat, saat cuaca dingin, cover setir mungkin jadi lebih sulit meregang. Solusinya, Anda bisa menghangatkannya terlebih dahulu dengan hair dryer sebelum memasangnya.

Baca juga rekomendasi aksesori mobil lainnya di sini

Untuk membuat tampilan mobil Anda makin stylish, tentunya cover setir saja tidak cukup. Cek beberapa artikel di bawah ini untuk menemukan produk-produk lain yang Anda butuhkan!

Kesimpulan

Cover setir mobil adalah barang praktis yang dapat memperindah interior mobil sekaligus meningkatkan kenyamanan menyetir. Selain itu, dengan memakai cover, setir mobil juga terlindungi dari debu dan efek buruk karena faktor eksternal. Setir mobil asli Anda pun bisa selalu tampak baru.


Selain itu, dengan menggunakan cover setir favorit Anda, menyetir pun pasti makin menyenangkan. Nah, segera dapatkan cover setir yang oke untuk mobil kesayangan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Kenaikan suhu dalam kabin mobil karena paparan sinar matahari dapat mengurangi kenyamanan berkendara. Terlebih, sinar matahari yang menyilaukan mata dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Karena itu, penting untuk memasang kaca film yang bagus, baik di kaca depan, samping, maupun belakang. Kali ini, kami akan membahas cara memilih kaca film, mulai dari yang murah sampai premium. Kami juga akan mengulas beberapa pilihan kaca film mobil terbaik dari merek-merek ternama, seperti 3M, V-Kool, dan Solar Gard. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Selamat membaca!
    Aksesori mobil
  • 10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Speaker mobil berperan penting dalam menghasilkan suara audio yang jernih di dalam mobil. Selain untuk mengusir kantuk, sebuah kepuasan tersendiri jika Anda dapat menikmati lagu kesayangan dengan kualitas suara terbaik. Adanya berbagai macam produk speaker mobil di luar sana pastinya membuat Anda kebingungan dalam memilih.Untuk membantu Anda, di bawah ini kami membagikan poin-poin penting dalam hal pemilihan speaker mobil. Simak juga rekomendasi merek mulai dari Pioneer, JBL, dan Kenwood. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Mari temukan speaker mobil untuk menemani Anda berkendara!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cover mobil dapat melindungi mobil Anda dari berbagai kondisi. Misalnya paparan air hujan, debu, dan kotoran yang dapat menggores permukaan cat mobil. Selain itu, cover mobil juga mampu melindungi mobil dari sinar UV. Dengan demikian, cat mobil Anda lebih terlindungi dan tidak cepat kusam.Untuk mendapatkan cover mobil yang bagus, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh merek cover mobil terbaik. Anda akan menemukan cover mobil Krisbow, Durable, Urban dan sebagainya. Semoga Anda menemukan cover mobil yang tepat setelah membaca artikel ini, ya.
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Cover Jok Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cover Jok Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cover jok mobil berguna untuk mencegah kotoran menempel, serta mempercantik interior mobil. Produknya juga dikenal sebagai sarung jok mobil. Anda bisa memilih tipe universal atau yang khusus untuk mobil Anda, misalnya Avanza atau Brio. Meskipun demikian, material dan fiturnya beragam. Jadi, produk seperti apa yang bagus untuk mobil Anda?Simak artikel ini agar Anda memahami cara memilih cover jok mobil terbaik. Rekomendasi beserta ulasan produknya juga sudah kami siapkan untuk Anda. Ada produk dari merk Nobleman, Sparco, dan lainnya. Baik untuk Xenia, Calya, atau Sigra, semuanya ada. Yuk, dimulai!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Charger Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Charger Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Di masa seperti ini, kehabisan daya baterai gadget bisa menimbulkan masalah. Terlebih saat ada pembicaraan atau urusan penting, kehabisan daya baterai fatal akibatnya. Untuk mencegah terjadinya hal-hal demikian, charger mobil sangat tepat Anda miliki.Anda akan menemukan charger mobil berkualitas keluaran Baseus, Xiaomi, Aukey, dan sebagainya dalam artikel ini. Tenang saja, cara memilih charger mobil juga akan kami berikan untuk Anda. Dengan begitu, Anda bisa dengan cepat dan mudah menemukan produk terbaik. Silakan baca artikel ini sampai tuntas!
    Aksesori mobil
  • 10 Wiper Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Wiper Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Wiper mobil adalah alat yang memiliki peran penting bagi pengendara agar pandangan tetap maksimal kala hujan turun. Di gerai online, Anda dapat menemukan variasi wiper mobil dengan berbagai bentuk dan merek. Akan tetapi, di antara bermacam-macam wiper yang dijual di pasaran, produk manakah yang tepat untuk Anda?Kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pilihan. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi wiper mobil yang bagus, seperti Bosch, DENSO, dan ASPIRA. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Simak informasinya sampai akhir, ya!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Spion Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Spion Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Spion kamera dikenal juga sebagai spion digital video recorder (DVR). Spion ini dapat dihubungkan ke berbagai perangkat seperti DVD dan kamera belakang. Karena mudah dipasang dan dioperasikan saat mengemudi, spion kamera menjadi populer. Berbagai merk spion kamera dari Lenovo, Pioneer, dan Hiro Automotive pasti membuat Anda bingung memilih.Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih spion kamera yang bagus dan tepat. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi spion kamera yang dapat Anda jadikan referensi. Ayo, temukan spion kamera yang sesuai untuk Anda dan segera memasangnya!
    Aksesori mobil
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori