• 10 Rekomendasi Air Mawar/Rose Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Air Mawar/Rose Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Air Mawar/Rose Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Air Mawar/Rose Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Air Mawar/Rose Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Air Mawar/Rose Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Air mawar atau rose water terkenal karena manfaat kecantikannya. Di Indonesia sendiri, air mawar mudah didapatkan. Merek air mawar yang bagus di pasaran juga bervariasi, seperti Viva, Wardah, Herborist, dan lainnya. Namun, apakah Anda tahu produk mana yang terbaik?

Kali ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih air mawar. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat digunakan sebagai referensi. Beberapa produk air mawar ini pun ada yang tanpa kandungan alkohol, lho! Mari baca secara saksama agar Anda bisa mendapatkan air mawar yang paling sesuai untuk Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Manfaat air mawar/rose water

Manfaat air mawar/rose water

Air mawar memiliki banyak sekali manfaat. Selain untuk wajah, air mawar juga berkhasiat untuk rambut, relaksasi, dan lainnya. Kami akan menjelaskan masing-masing manfaatnya secara singkat.


  • Untuk wajah: Jika Anda memiliki kulit wajah yang mudah berjerawat, cobalah memasukkan air mawar ke dalam rangkaian skincare Anda. Sebagai antiseptik dan antibakteri, air mawar ampuh untuk membersihkan wajah, mengatasi jerawat, dan mengurangi bekas jerawat. Dengan efek segarnya, air mawar pun sering dijadikan toner. Silakan aplikasikan menggunakan kapas atau disemprotkan langsung ke wajah seperti memakai face mist.


  • Untuk rambut: Permukaan kulit kepala Anda mudah kering dan kotor? Memiliki sifat antiseptik, air mawar dapat membersihkan kulit kepala sekaligus mencegah terjadinya iritasi. Selain itu, air mawar dipercaya dapat menghilangkan ketombe dan bisa digunakan sebagai kondisioner.

  • Untuk badan: Terkadang, rasa bosan dan lelah terhadap rutinitas sehari-hari bisa muncul secara tiba-tiba. Jangan khawatir! Selama memiliki persediaan air mawar, Anda bisa menuangkannya ke dalam bathtub dan berendam. Air mawar memiliki efek relaksasi yang dapat menurunkan tingkat stres dan lelah Anda.

Cara memilih air mawar/rose water

Setelah mengetahui manfaat air mawar, sekarang saatnya kami menjelaskan cara memilih air mawar. Supaya tidak salah saat membeli, mari perhatikan secara saksama!

Pilih berdasarkan jenis kulit

Pilih berdasarkan jenis kulit

Sama seperti produk skincare lainnya, penggunaan air mawar juga perlu disesuaikan kecocokan dengan kulit wajah masing-masing. Meskipun memiliki banyak khasiat untuk kulit, satu produk air mawar belum tentu cocok untuk semua jenis kulit. Untuk menghindari terjadinya alergi pada kulit, sebaiknya kenali jenis kulit wajah Anda terlebih dahulu sebelum membeli air mawar.


Untuk kulit berminyak dan cenderung berjerawat, silakan pilih air mawar yang dapat mengontrol produksi minyak pada wajah. Sebaliknya, pilihlah air mawar yang melembapkan bagi Anda yang berkulit kering. Sementara untuk kulit sensitif, sebaiknya pilih air mawar dengan kandungan alami, tanpa pewangi, dan minim simple alcohol.

Perhatikan kandungan bahannya

Sama seperti saat memilih skincare lain, Anda juga harus mengecek kandungan bahan pada air mawar. Dengan begitu, Anda bisa menghindari bahan-bahan yang kurang cocok atau yang dapat mengiritasi kulit. Biasanya bahan yang berpotensi mengiritasi kulit adalah alkohol, pewangi, dan paraben. Jika Anda masih ragu-ragu terhadap kandungan suatu produk, sebaiknya Anda memilih air mawar dengan bahan-bahan alami. Dengan begitu, risiko alergi atau iritasi pada kulit bisa dihindari.

Alkohol: Dapat memberi sensasi kesat atau membantu menghidrasi kulit

Alkohol: Dapat memberi sensasi kesat atau membantu menghidrasi kulit

Alkohol adalah bahan yang aman dalam skincare. Namun, jika tipe kulit Anda kering dan sensitif, bahan ini dapat membuat kulit makin kering, bahkan teriritasi. Alkohol jenis simple alcohol cenderung mengikis skin barrier dan dapat membuat sensasi kesat pada wajah. Sensasi ini biasanya disukai oleh pemilik kulit berminyak. SD alcohol 40, denatured alcohol, ethanol, isopropyl alcohol, methanol, dan benzyl alcohol adalah contoh-contoh dari simple alcohol.


Akan tetapi, tidak semua alkohol berpengaruh buruk bagi pemilik kulit kering dan sensitif. Fatty alcohol atau alkohol yang berasal dari turunan lemak dan minyak alami, justru bermanfaat karena dapat menghidrasi kulit. Beberapa contoh fatty alcohol adalah cetyl alcohol, stearyl alcohol, propylene glycol, caprylyl glycol, panthenol, dan masih banyak lagi.

Paraben: Mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri

Paraben: Mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri

Bahan ini cukup menuai banyak perdebatan. Sebagai pengawet, paraben berguna untuk mencegah bakteri dan jamur berkembang dalam produk. Kandungan ini aman untuk kulit dan umum ditemukan dalam kosmetik dan obat-obatan karena digunakan dalam konsentrasi sangat rendah. 


Namun, jika kulit Anda sensitif dengan paraben, sebaiknya hindari produk dengan kandungan ini, ya. Berbagai turunan paraben antara lain adalah methylparaben, butylparaben, isobutylparaben, propylparaben, dan ethylparaben.

Pilih yang sesuai budget agar dapat digunakan secara kontinu

Pilih yang sesuai budget agar dapat digunakan secara kontinu

Air mawar mampu memberikan efek yang baik bagi kulit. Namun, efek tersebut hanya dapat dicapai bila Anda mengaplikasikan air mawar secara kontinu. Tentu akan sangat percuma jika Anda hanya menggunakan air mawar sesekali saja. Hal tersebut tidak akan memberikan efek yang maksimal pada kulit.


Karena itu, akan lebih baik jika Anda membeli air mawar yang sesuai dengan bujet. Dengan demikian, Anda dapat terus membelinya secara berkelanjutan setelah habis. Hal ini lebih baik daripada membeli air mawar yang mahal, tetapi Anda tidak membelinya kembali setelah habis.

10 Rekomendasi air mawar/rose water terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk air mawar/rose water terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Isi75 ml
Nonalkohol× (propylene glycol, phenoxyethanol)
Nonparaben
Jenis kulitKering, normal, sensitif
Kandungan aktifRose extract, glycerin, niacinamide, olive oil, allantoin, citric acid
9
Isi248 ml
Nonalkohol× (1,2-Hexanediol)
Nonparaben
Jenis kulitNormal, berminyak, berjerawat, sensitif
Kandungan aktifRosa damascena flower water (9,700 Ppm), glycerin, green tea extract, silver ear mushroom extract, witch hazel extract, cucumber extract, sodium hyaluronate
8

Mario BadescuFacial Spray With Aloe, Herbs, and Rosewater

Mulai dari Rp 89.000,00

Isi59 ml, 118 ml, 236 ml
Nonalkohol× (propylene glycol, caprylyl glycol, hexylene glycol, phenoxyethanol)
Nonparaben
Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan aktifAloe vera juice, Rosa canina extract, thyme leaf extract, Fucus vesiculosus extract, Gardenia florida fruit extract
7
Isi25 ml (trial size), 80 ml, 150 ml, 250 ml, 500 ml
Nonalkohol× (butylene glycol, propanediol, 1,2-hexanediol)
Nonparaben
Jenis kulitKering, sensitif, semua jenis kulit
Kandungan aktifRosa damascena flower water (90.97%), allantoin, sodium hyaluronate, hydrolyzed hyaluronic acid, sodium hyaluronate crosspolymer, hyaluronic acid, sodium acetylated hyaluronate
6

WardahHydra Rose Petal Infused Toner

Mulai dari Rp 125.000,00

Isi100 ml
Nonalkohol× (propanediol, phenoxyethanol, 1,2-hexanediol, butylene glycol, dipropylene glycol)
Nonparaben
Jenis kulitTidak disebutkan
Kandungan aktifRosa damascena flower water, saccharide isomerate, rosa gallica flower powder, allantoin, glycerin, sodium hyaluronate, citric acid
5

EverpureRose Water (Face Mist) 100% Organic

Mulai dari Rp 41.000,00

Isi100 ml
Nonalkohol
Nonparaben
Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan aktifRose water (100%)
4
Isi100 ml, 200 ml
Nonalkohol× (ethanol, propylene glycol)
Nonparaben× (methylparaben)
Jenis kulitNormal, berminyak
Kandungan aktifRose extract, hydrogenated castor oil
3
Isi100 ml
Nonalkohol× (phenoxyethanol, panthenol, propylene glycol)
Nonparaben
Jenis kulitNormal, kering, berminyak
Kandungan aktifGlycerin, diglycerin, pro vitamin B5, rose extract, vitamin E, Cystoseira tamariscifolia extract
2
Isi180 ml
Nonalkohol× (butylene glycol, propanediol, 1,2-hexanediol, phenoxyethanol)
Nonparaben
Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan aktifRosa water, sodium hyaluronate, Centella asiatica extract, allantoin, tea tree extract, rosemary extract, dll
1
Isi100 ml, 250 ml
Nonalkohol
Nonparaben
Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan aktifDistillated red rose water (100%)

Tabel perbandingan produk air mawar/rose water terbaik

Gambar produk
1
Haple Pure Rose Water 1

Haple

2
Nacific Real Floral Toner Rose 1

Nacific

3
Herborist Rose Water 1

Herborist

4
Viva Cosmetics Air Mawar 1

Viva Cosmetics

5
Everpure Rose Water (Face Mist) 100% Organic 1

Everpure

6
Wardah Hydra Rose Petal Infused Toner 1

Wardah

7
Mamonde Rose Water Toner 1

Mamonde

8
Mario Badescu Facial Spray With Aloe, Herbs, and Rosewater 1

Mario Badescu

9
Secret Key Rose Floral Softening Toner 1

Secret Key

10
Azalea Deep Hydration Rose Water 1

Azalea

Nama produk

Pure Rose Water

Real Floral Toner Rose

Rose Water

Air Mawar

Rose Water (Face Mist) 100% Organic

Hydra Rose Petal Infused Toner

Rose Water Toner

Facial Spray With Aloe, Herbs, and Rosewater

Rose Floral Softening Toner

Deep Hydration Rose Water

Keunggulan

Air mawar murni yang cepat menyerap di kulit

Air mawar berkualitas dengan ekstrak tumbuhan dari Jeju, Korea!

Ampuh angkat residu setelah cuci muka

Harga ekonomis, perawatan diri tanpa membuat dompet jebol

Bahan 100% alami untuk perawatan maksimal

Menghidrasi kulit hingga 72 jam

Super melembapkan dengan lima jenis hyaluronic acid

Face mist kaya manfaat dengan kombinasi ekstrak tumbuhan

Toner yang ringan dengan isi yang banyak

Kecil-kecil cabe rawit!

Harga mulai dariRp 39.000,00Rp 179.000,00Rp 10.700,00Rp 6.100,00Rp 41.000,00Rp 125.000,00Rp 80.000,00Rp 89.000,00Rp 120.000,00Rp 20.000,00
Isi100 ml, 250 ml180 ml100 ml100 ml, 200 ml100 ml100 ml25 ml (trial size), 80 ml, 150 ml, 250 ml, 500 ml59 ml, 118 ml, 236 ml248 ml75 ml
Nonalkohol× (butylene glycol, propanediol, 1,2-hexanediol, phenoxyethanol)× (phenoxyethanol, panthenol, propylene glycol)× (ethanol, propylene glycol)× (propanediol, phenoxyethanol, 1,2-hexanediol, butylene glycol, dipropylene glycol)× (butylene glycol, propanediol, 1,2-hexanediol)× (propylene glycol, caprylyl glycol, hexylene glycol, phenoxyethanol)× (1,2-Hexanediol)× (propylene glycol, phenoxyethanol)
Nonparaben× (methylparaben)
Jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitNormal, kering, berminyakNormal, berminyakSemua jenis kulitTidak disebutkanKering, sensitif, semua jenis kulitSemua jenis kulitNormal, berminyak, berjerawat, sensitifKering, normal, sensitif
Kandungan aktifDistillated red rose water (100%)Rosa water, sodium hyaluronate, Centella asiatica extract, allantoin, tea tree extract, rosemary extract, dllGlycerin, diglycerin, pro vitamin B5, rose extract, vitamin E, Cystoseira tamariscifolia extractRose extract, hydrogenated castor oilRose water (100%)Rosa damascena flower water, saccharide isomerate, rosa gallica flower powder, allantoin, glycerin, sodium hyaluronate, citric acidRosa damascena flower water (90.97%), allantoin, sodium hyaluronate, hydrolyzed hyaluronic acid, sodium hyaluronate crosspolymer, hyaluronic acid, sodium acetylated hyaluronateAloe vera juice, Rosa canina extract, thyme leaf extract, Fucus vesiculosus extract, Gardenia florida fruit extractRosa damascena flower water (9,700 Ppm), glycerin, green tea extract, silver ear mushroom extract, witch hazel extract, cucumber extract, sodium hyaluronateRose extract, glycerin, niacinamide, olive oil, allantoin, citric acid
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar air mawar/rose water

Pertanyaan umum seputar air mawar/rose water

Apakah Anda masih bingung atau menimbang-nimbang dalam memakai air mawar? Di bagian ini kami akan berusaha menjawab beberapa pertanyaan umum seputar air mawar.

Apa bedanya toner dengan air mawar?

Air mawar dapat digunakan sebagai toner karena dapat melembapkan dan menyegarkan kulit. Toner itu sendiri merupakan skincare yang mengandung bahan aktif untuk membersihkan residu kotoran dan menyeimbangkan kadar pH kulit. Namun, tentunya tidak semua toner menggunakan air mawar sebagai kandungan utama.

Apakah air mawar berbahaya?

Pada dasarnya air mawar tidak berbahaya karena dibuat dari ekstrak mawar dan air. Namun, selain bahan baku, keamanan dan kualitas produk juga dipengaruhi oleh proses produksi. Untuk menjamin keamanan air mawar yang dibeli, pastikan produk sudah terdaftar di BPOM. Anda bisa memeriksanya dengan memasukkan nama produk dan merek di situs resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Bolehkah memakai air mawar setiap hari?

Secara umum air mawar aman untuk kulit sehingga boleh dipakai setiap hari. Akan tetapi, tetap perhatikan kondisi kulit setelah memakai air mawar dalam beberapa hari. Kalau tidak ada reaksi alergi (gatal-gatal dan kemerahan), silakan lanjutkan pemakaian air mawar.

Tips penggunaan air mawar

Pasti Anda telah mengetahui cara penggunaan air mawar yang biasa, yaitu dengan menyemprotkan atau menepukkan pada wajah. Pada bagian berikutnya, akan dijelaskan cara penggunaan air mawar yang lebih mendalam sehingga hasilnya lebih maksimal. Tips berikut telah banyak dilakukan di beberapa negara, seperti, Korea dan Jepang. Mari disimak!

Digunakan sebagai toner pack

Digunakan sebagai toner pack

Setelah beraktivitas seharian, terkadang wajah akan terlihat lelah dan kusam. Pada saat seperti inilah air mawar dapat digunakan sebagai toner pack untuk wajah. Cukup siapkan dua buah kapas kecantikan kemudian basahi sehingga seluruh bagian kapas mengandung air mawar. Selanjutnya, tempelkan kapas tersebut pada bagian wajah yang lelah, seperti, di bawah mata, dagu, dan kening secara bergantian. Wajah pun akan terlihat lebih rileks, segar, dan cerah setelah menggunakannya.

Diaplikasikan secara berlapis hingga tujuh kali

Diaplikasikan secara berlapis hingga tujuh kali

Untuk tips yang satu ini, yang perlu Anda persiapkan hanyalah sebuah kapas dan air mawar. Pemakaian untuk lapisan pertama, silakan tuangkan air mawar pada kapas, lalu usapkan secara merata pada wajah. Setelah itu, untuk lapisan kedua hingga ketujuh, air mawar dituangkan pada telapak tangan lalu diaplikasikan pada wajah.


Perlu diingat bahwa Anda harus menunggu air mawar meresap terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke lapisan berikutnya. Hal ini bertujuan agar air mawar meresap secara sempurna dan kulit pun menjadi lembap.


Namun, tidak semua air mawar dapat digunakan untuk tips ini melainkan hanya air mawar yang bersifat menghidrasi saja. Bila yang Anda miliki adalah air mawar yang mengeksfoliasi, tentu tidak cocok.

Digunakan sebagai toner pembersih di pagi hari

Digunakan sebagai toner pembersih di pagi hari

Saat bangun di pagi hari, terkadang wajah terasa kering. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan air mawar. Selain dapat membersihkan kulit, penggunaan air mawar di pagi hari dapat menghidrasi kulit sehingga teksturnya menjadi lebih lembut. Cara penggunaannya adalah dengan menuangkan air mawar ke kapas secukupnya, lalu gosokkan dengan lembut pada wajah.

Baca juga rekomendasi face toner, face mist, dan cleansing water di sini

Kami telah menjelaskan berbagai hal mengenai air mawar di artikel ini. Namun, mungkin Anda juga membutuhkan informasi mengenai face toner, face mist, dan cleansing water untuk perawatan sehari-hari. Kami telah menyediakan artikelnya pada link di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang artikel air mawar kali ini? Air mawar telah digunakan sejak zaman dahulu untuk kecantikan. Tidak heran, di masa sekarang, air mawar masih sangat digemari di kalangan masyarakat. 


Meski sekarang air mawar mudah di dapat di pasaran, Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih. Dengan begitu, Anda tidak akan salah membeli produk. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 9 Face Emulsion Terbaik untuk Usia 40-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    9 Face Emulsion Terbaik untuk Usia 40-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Seiring dengan pertambahan usia, produksi kolagen dan fungsi perlindungan kulit akan menurun. Tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, kulit kering, kendur, serta flek hitam menjadi lebih mencolok. Selain pelembap dan serum wajah, face emulsion merupakan produk perawatan wajah yang patut dipertimbangkan dalam skincare routine Anda.Kami akan menjelaskan tips memilih face emulsion yang bagus untuk kondisi kulit Anda. Review produk face emulsion dari merek terbaik dengan formula antianging, seperti SK-II, Sulwhasoo, dan Shiseido juga ada di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori