• 10 Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Tetap aktif bergerak merupakan kebutuhan masyarakat zaman sekarang agar tetap sehat. Smartband hadir untuk melengkapi gaya hidup sehat Anda sehari-hari. Fitur-fiturnya dirancang untuk mendata detak jantung, pembakaran kalori, deteksi gerakan, dan hal lainnya yang berkaitan dengan kesehatan.


Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih smartband terbaik yang sesuai kebutuhan. Selanjutnya, berbagai merek smartband yang bagus, seperti Huawei, Xiaomi, dan Samsung ada dalam rekomendasi kami. Ayo simak artikel ini dan jangan sampai ada poin yang terlewatkan, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 18 Agustus 2022
Daftar isi

Apa bedanya smartband dan smartwatch?

Apa bedanya smartband dan smartwatch?

Perangkat wearable merupakan perangkat teknologi yang dapat digunakan untuk mendata informasi kesehatan dan dapat disinkronisasikan dengan smartphone. Perangkat ini mulai menjamur dan banyak diminati oleh pasar Indonesia karena dapat memudahkan pekerjaan sehari-hari. Contoh dari perangkat ini adalah smartband dan smartwatch, tetapi apa itu smartband dan smartwatch serta apa perbedaannya?


  • Smartwatch memiliki ukuran yang lebih besar dan cenderung berbentuk seperti jam tangan, sedangkan smartband memiliki desain yang lebih minimalis.

  • Smartband memiliki fitur fitness tracker yang dapat mengukur detak jantung dan pembakaran kalori, sedangkan smartwatch memiliki fitur yang lebih kompleks, seperti SIM card slot, Wi-Fi, bluetooth, serta pengambilan gambar.

Perbedaan tersebut menjadikan smartband memiliki harga lebih murah daripada smartwatch. Fitur dan desain smartband menjadikan wearable ini lebih cocok digunakan oleh Anda yang sering berolahraga. Namun, apa saja yang perlu Anda perhatikan? Simak tips selanjutnya ya!

Cara memilih smartband

Smartband hadir dalam berbagai ukuran, bahan, dan fitur. Berikut ini adalah poin yang harus Anda perhatikan ketika ingin membeli watch band terbaik. 

Pilih bentuk dan ukuran smartband sesuai pergelangan tangan

Pilih bentuk dan ukuran smartband sesuai pergelangan tangan

Smartband pada umumnya memiliki bentuk yang lonjong karena mengikuti desain strap-nya. Namun, terdapat juga smartband yang memiliki bentuk lebih besar, seperti HUAWEI Band 6. Smartband seperti ini lebih cocok digunakan oleh pria karena cocok untuk pergelangan tangan yang besar.


Anda juga perlu memili produk yang ukurannya pas. Smartband ramping lebih cocok untuk wanita atau pria dengan pergelangan tangan yang lebih kecil. Ukuran yang lebih ramping juga membuat tampilan lebih feminin. 


Ukuran smartband yang lebih besar akan menciptakan tampilan yang lebih sporty. Rata-rata ukuran smartband adalah 17 mm hingga 18 mm dan produk besar memiliki ukuran sekitar 25 mm.

Periksa bahan strap smartband

Ada beberapa bahan yang lazim digunakan untuk membuat smartband. Masing-masing bahan memiliki keunggulan tersendiri.

TPU, durability-nya mumpuni

TPU, durability-nya mumpuni

Thermoplastic polyurethane (TPU) merupakan bahan campuran yang berasal dari plastik, silikon, dan karet. Bahan TPU dikenal dengan bobotnya yang ringan dan tahan terhadap benturan. Smartband yang memiliki strap berbahan TPU cocok digunakan oleh Anda yang mengutamakan keawetan untuk jangka panjang. Smartband TPU ini juga tepat dipilih jika Anda sering melakukan kegiatan outdoor.

Silikon, elastis di pergelangan tangan

Silikon, elastis di pergelangan tangan

Untuk Anda yang hobi berolahraga, smartband dengan strap silikon dapat menjadi pilihan yang tepat. Smartband silikon sangat elastis sehingga dapat melekat sangat erat di pergelangan tangan Anda. Selain itu, teksturnya yang lembut membuat smartband tetap nyaman saat digunakan. 


Namun, sering kali debu atau partikel kecil menempel di bahan silikon. Dengan begitu, Anda juga harus sering membersihkannya agar tetap terlihat bagus.

Stainless steel, untuk Anda yang ingin tampil formal

Stainless steel, untuk Anda yang ingin tampil formal

Bahan stainless steel umum digunakan pada jam tangan. Smartband yang merupakan pengganti jam tangan juga ada yang memiliki strap berbahan stainless steel. Bahan stainless steel dikenal dengan tampilannya yang formal. 


Jika Anda sering bertemu rekan bisnis atau menghadiri acara formal, smartband dengan bahan ini dapat menjadi opsi. Anda dapat memadukannya dengan setelan jas atau blazer.

Pastikan ketahanan baterainya

Pastikan ketahanan baterainya

Sama seperti smartphone, smartband memiliki baterai yang harus diisi atau rechargeable battery. Ketahanan baterai smartband tentu lebih lama daripada baterai smartphone. Jenis rechargeable battery memang sangat praktis untuk digunakan karena Anda hanya perlu mengisi dayanya saja. Namun, baterai jenis ini lama kelamaan akan mengalami penurunan daya sehingga Anda perlu menggantinya dengan yang baru.


Beberapa smartband dengan rechargeable battery memiliki ketahanan baterai selama 15 hari. Ada juga yang dapat bertahan sampai seminggu bahkan sampai 21 hari. Hal ini tergantung dari kapasitas baterai dan fitur yang Anda gunakan. Jika Anda aktif berolahraga, produk yang baterainya tahan lebih lama merupakan pilihan tepat.

Pertimbangkan fitur yang terdapat di smartband

Smartband memang dirancang untuk berolahraga, tetapi setiap smartband memiliki fitur yang berbeda-beda. Fitur yang dimiliki smartband cukup banyak dan beragam, seperti fitness tracker, pengingat untuk gerak, dan notifikasi smartphone. Berikut ini penjelasan kami tentang fitur yang paling sering ditemukan di smartband.

Heart rate monitor, memberikan informasi detak jantung Anda

Heart rate monitor, memberikan informasi detak jantung Anda

Fitur paling umum yang terdapat pada smartband adalah pengukur detak jantung atau heart rate monitor. Jika Anda memang sangat peduli dengan kesehatan, fitur ini sangat bermanfaat. Anda dapat mengetahui detak jantung Anda setiap saat


Fitur ini juga sangat berguna bagi orang tua. Ketika detak jantung Anda berdenyut lebih cepat, Anda dapat mengetahuinya dan beristirahat sejenak.


Beberapa smartband terbaik memungkinkan heart rate monitor dihubungkan dengan aplikasi smartphone agar Anda dapat melihat rekam jejak pengukurannya. Ada juga smartband yang dapat menampilkan notifikasi di smartphone Anda. Fitur ini sangat menguntungkan bagi Anda yang memiliki jadwal padat, tetapi ingin tetap sehat.


GPS, memberikan gambaran perjalanan Anda

GPS, memberikan gambaran perjalanan Anda

Beberapa smartband dilengkapi dengan global positioning system (GPS). Berkat adanya GPS, smartband dapat merekam rute yang dilalui dan mencatat jarak tempuh Anda. Gambar rute yang dilalui tadi dapat Anda lihat pada aplikasi di smartphone. Dengan begitu, Anda akan memiliki data rute ketika berlari atau bersepeda secara akurat.

Waterproof, melindungi smartband dari air

Waterproof, melindungi smartband dari air

Smartband memang dirancang untuk digunakan berolahraga dan kegiatan outdoor sehingga ketahanan air merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Biasanya, smartband memiliki ketahanan air sampai 5 ATM atau 50 meter di bawah permukaan air. Ketahanan air ini sangat penting terutama bagi Anda yang senang berenang.


Ketahanan airnya juga bermanfaat jika Anda sedang beraktivitas di luar ruangan. Smartband yang tahan air tentu akan lebih terlindungi ketika hujan ringan. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah segera keringkan smartband setelah terkena air. Air yang terlalu lama kontak dengan device juga akan menyebabkan kerusakan.

10 Rekomendasi smartband terbaik

Di bawah ini, kami akan merekomendasikan sepuluh produk smartband terbaik. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
Xiaomi Mi Smart Band 6 1

Xiaomi

2
UNEED Fitpro X2 1

UNEED

3
HONOR Band 5 1

HONOR

4
HUAWEI Band 6 1

HUAWEI

5
Xiaomi Mi Smart Band 4 1

Xiaomi

6
OPPO Band 1

OPPO

7
Xiaomi Mi Smart Band 5 1

Xiaomi

8
Samsung Galaxy Fit 2 1

Samsung

9
Amazfit Band 5 1

Amazfit

10
Fitbit Luxe Special Edition gorjana Soft Gold Stainless Steel Parker Link Bracelet 1

Fitbit

Nama produk

Mi Smart Band 6

Fitpro X2

Band 5

Band 6

Mi Smart Band 4

Band

Mi Smart Band 5

Galaxy Fit 2

Band 5

Luxe Special Edition gorjana Soft Gold Stainless Steel Parker Link Bracelet

Keunggulan

Makin versatile berkat 30 fitness mode

Smartband IP67, tahan di segala kondisi

Siap temani Anda berenang

Indikator makin komplet berkat layar besar

Tinggalkan rebahan, mulai hidup sehat yuk!

Hubungkan ke smartphone dan nikmati fungsi On-the-Go

Bantu pantau siklus bulanan, baterainya pun awet

Baterai tahan lama hingga 21 hari

Ukur saturasi oksigen dalam darah dengan OxygenBeats

Hadiri acara formal dengan smartband? Mengapa tidak!

Harga mulai dariRp 599.000,00Rp 399.000,00Rp 459.000,00Rp 699.000,00Rp 449.000,00Rp 599.000,00Rp 449.000,00Rp 799.000,00Rp 535.000,00Rp 3.499.000,00
UkuranDevice: 47,4 mm × 18,6 mm × 12,7 mm ・ Strap: 155–219 mmDevice: Tidak disebutkan ・ Strap: Tidak disebutkanDevice: Tidak disebutkan ・ Strap: Tidak disebutkanDevice: 43 mm x 25,4 mm x 10,99 mm ・ Strap: Tidak disebutkanDevice: Tidak disebutkan ・ Strap: 155-216 mmDevice: 40,4 cm x 17,6 cm x 11,45 mm ・ Strap: 130–205 mmDevice: 46,95 cm x 18,15 cm x 12,45 mm ・ Strap: 155–219mmDevice: 46,6 cm x 18,6 cm x 11,1 mm ・ Strap: Tidak disebutkanDevice: 47,2 mm x 18,5 mm x 12,4 mm ・ Strap: 162–235 mmDevice: 36,30 mm x 17,62 mm x 10,05 mm ・ Strap: 135–190,5 mm
Bahan strapTPUTPUTidak disebutkanSilikonTPUTPUTPUTidak disebutkanTPUStainless steel
Daya tahan baterai14 hariTidak disebutkan14 hari14 hari20 hari±12 hari14 hari15–21 hari±15 hari5 hari
FiturHeart rate monitor, waterproof, blood oxygen measurement, 30 fitness modes, dan sebagainyaHeart rate monitor, waterproof, remote camera function, sleep monitoring, dan sebagainyaHeart rate monitor, waterproof, sleep tracking, stylish clock faces dan sebagainyaHeart rate monitor, waterproof, sleep tracking, workout mode, dan sebagainyaHeart rate monitor, waterproof, heart rate alert, health monitor, dan sebagainyaHeart rate monitor, waterproof, blood oxygen measurement, fungsi On-the-Go, dan sebagainyaHeart rate monitor, waterproof, pemantau kesehatan wanita, sleep tracker, dan sebagainyaHeart rate monitor, waterproof, sleep tracker, stress management, dan sebagainyaBlood oxygen measurements, heart rate tracking, waterproof, stress monitoring, dan sebagainyaHeart rate monitor, GPS, waterproof, stress management, dan sebagainya
Tautan produk
10

FitbitLuxe Special Edition gorjana Soft Gold Stainless Steel Parker Link Bracelet

Mulai dari Rp 3.499.000,00

UkuranDevice: 36,30 mm x 17,62 mm x 10,05 mm ・ Strap: 135–190,5 mm
Bahan strapStainless steel
Daya tahan baterai5 hari
FiturHeart rate monitor, GPS, waterproof, stress management, dan sebagainya
9
UkuranDevice: 47,2 mm x 18,5 mm x 12,4 mm ・ Strap: 162–235 mm
Bahan strapTPU
Daya tahan baterai±15 hari
FiturBlood oxygen measurements, heart rate tracking, waterproof, stress monitoring, dan sebagainya
8

SamsungGalaxy Fit 2

SM-R220NZKAXSE

Mulai dari Rp 799.000,00

UkuranDevice: 46,6 cm x 18,6 cm x 11,1 mm ・ Strap: Tidak disebutkan
Bahan strapTidak disebutkan
Daya tahan baterai15–21 hari
FiturHeart rate monitor, waterproof, sleep tracker, stress management, dan sebagainya
7
UkuranDevice: 46,95 cm x 18,15 cm x 12,45 mm ・ Strap: 155–219mm
Bahan strapTPU
Daya tahan baterai14 hari
FiturHeart rate monitor, waterproof, pemantau kesehatan wanita, sleep tracker, dan sebagainya
6
UkuranDevice: 40,4 cm x 17,6 cm x 11,45 mm ・ Strap: 130–205 mm
Bahan strapTPU
Daya tahan baterai±12 hari
FiturHeart rate monitor, waterproof, blood oxygen measurement, fungsi On-the-Go, dan sebagainya
5
UkuranDevice: Tidak disebutkan ・ Strap: 155-216 mm
BahanTPU
Daya tahan baterai20 hari
FiturHeart rate monitor, waterproof, heart rate alert, health monitor, dan sebagainya
4
UkuranDevice: 43 mm x 25,4 mm x 10,99 mm ・ Strap: Tidak disebutkan
Bahan strapSilikon
Daya tahan baterai14 hari
FiturHeart rate monitor, waterproof, sleep tracking, workout mode, dan sebagainya
3
UkuranDevice: Tidak disebutkan ・ Strap: Tidak disebutkan
Bahan strapTidak disebutkan
Daya tahan baterai14 hari
FiturHeart rate monitor, waterproof, sleep tracking, stylish clock faces dan sebagainya
2
UkuranDevice: Tidak disebutkan ・ Strap: Tidak disebutkan
Bahan strapTPU
Daya tahan bateraiTidak disebutkan
FiturHeart rate monitor, waterproof, remote camera function, sleep monitoring, dan sebagainya
1
UkuranDevice: 47,4 mm × 18,6 mm × 12,7 mm ・ Strap: 155–219 mm
Bahan strapTPU
Daya tahan baterai14 hari
FiturHeart rate monitor, waterproof, blood oxygen measurement, 30 fitness modes, dan sebagainya

Pertanyaan umum seputar smartband

Pertanyaan umum seputar smartband

Selain mengulas cara memilih dan memberikan rekomendasi smartband terbaik, kami juga akan membahas pertanyaan umum seputar smartband. Silakan disimak!

Apa fungsi dari smartband?

Fungsi dan kegunaan smartband utamanya terkait kegiatan olahraga. Fitur-fitur yang terdapat di smartband seperti fitness tracker dan berbagai mode sport sangat membantu dalam berolahraga. 


Selain itu, smartband terbaru 2021 juga dapat berfungsi sebagai pemantau kesehatan penggunanya. Fitur-fitur seperti heart rate monitor dan blood oxygen cukup membantu untuk mengontrol keadaan tubuh pengguna. Dengan menggunakan smartband, Anda dapat merekam kegiatan fisik harian Anda.

Apa merek smartband yang bagus?

Terdapat beragam merek rekomendasi smartband 2021 di pasaran. Beberapa merek yang bagus, seperti Xiaomi, Samsung, dan Huawei dapat menjadi pilihan Anda dalam memilih merk smartband terbaik. Tentunya merek-merek tersebut tidak diragukan lagi dalam urusan perangkat elektronik.

Baca juga rekomendasi smartwatch dan jam tangan lainnya di sini

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, smartwatch dan jam tangan juga merupakan wearable yang banyak diminati. Jika Anda juga tertarik dengan produk tersebut, klik tautan di bawah ini. Anda akan mendapatkan informasi tentang cara memilih smartwatch dan jam tangan serta rekomendasinya. Selamat membaca!

Kesimpulan

Smartband merupakan wearable yang banyak diminati karena kemampuannya untuk mendeteksi aktivitas Anda. Berbagai fitur dihadirkan dalam smartband, seperti heart rate monitor dan GPS, serta dapat disambungkan dengan smartphone Anda untuk mencatat data aktivitas. Jangan lupakan juga fitur waterproof agar dapat digunakan ketika berenang.


Selain fiturnya, perhatikan juga style yang dapat meningkatkan gaya Anda. Semoga Anda menemukan smartband yang sesuai kebutuhan. Selamat memulai hidup sehat dari sekarang!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Dompet Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Dompet Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Dompet kulit menjadi salah satu jenis dompet favorit para pria karena memberi kesan berwibawa, keren, dan stylish. Selain itu, dompet kulit juga terkenal lebih awet dan tahan lama. Apakah Anda juga penggemar dompet jenis ini?Nah, kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih dompet kulit yang bagus untuk pria. Tak lupa, kami pun akan memberikan rekomendasi merek dompet kulit terbaik untuk pria, seperti Fossil, Eiger, dan Voyej. Ada juga produk dompet kulit asli yang pastinya menarik untuk Anda miliki. Mari simak artikel berikut dan temukanlah dompet pria terbaik untuk Anda!
    Aksesori pria
  • 10 Merk Clutch Bag Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Clutch Bag Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Clutch bag merupakan tas pegang yang mirip dompet dan ukurannya bervariasi. Anda yang melek fashion tentunya sudah tidak asing dengan clutch bag. Fashion item ini tidak hanya diminati oleh wanita, tetapi juga banyak digunakan oleh kaum pria. Clutch bag biasanya dipakai saat ke pesta atau dijadikan tempat menyimpan barang saat bepergian.Kali ini kami akan menginformasikan cara memilih clutch bag pria yang keren. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh merek clutch bag yang bagus. Ada clutch bag dari brand Hush Puppies, Buccheri, dan KEE INDONESIA yang mungkin akan Anda sukai.
    Aksesori pria
  • 10 Rekomendasi Blangkon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Blangkon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Blangkon pada zaman dahulu hanya dipakai saat menghadiri acara khusus saja. Kini, blangkon tidak hanya dipakai saat menghadiri acara formal, tetapi juga sering dipakai anak muda sebagai fashion item! Anda dapat tampil lebih nyeni dengan memakai berbagai jenis blangkon.Namun, blangkon memiliki beberapa tipe. Anda bisa menemukan blangkon Solo dan blangkon Yogyakarta yang bagus dari berbagai merek dan tersedia dalam berbagai motif. Sudah barang tentu Anda ingin mencari blangkon yang bagus dengan harga yang cocok. Silakan membaca cara memilih dan rekomendasi blangkon terbaik dari kami di bawah ini.
    Aksesori pria
  • 10 Merk Kacamata Photochromic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kacamata Photochromic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kerjaan Anda menuntut untuk berpindah-pindah tempat dari outdoor ke indoor atau sebaliknya? Mungkin inilah saatnya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan kacamata photochromic. Kacamata yang lebih familier disebut kacamata transisi ini bisa menangkal silaunya sinar UV. Jadi, Anda tidak perlu repot bergonta-ganti dari kacamata baca ke kacamata hitam. Ada banyak model dan fungsi kacamata photochromic yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan membelinya. Untuk itu, kami telah menyiapkan tips memilih kacamata photochromic yang bagus untuk Anda. Kacamata transisi bermerek, seperti Oakley, Ray-Ban, dan Shimano juga turut kami ulas di sini. Simak ulasannya, yuk!
    Aksesori pria
  • 10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Topi menjadi salah satu aksesori yang kerap digunakan pria saat beraktivitas di luar ruangan. Selain untuk melindungi kepala, mengenakan topi dapat membuat tampilan Anda makin keren. Nah, di pasaran sendiri, ada banyak sekali jenis topi pria yang dapat Anda beli. Bingung memilih model dan warna topi yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan mengulas model topi pria yang keren dan sedang tren. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek topi pria terbaik, seperti Eiger, Adidas, Animous, dan sebagainya. Selamat membaca!
    Aksesori pria
  • 10 Rekomendasi Smartwatch Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Smartwatch Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Merek Samsung punya berbagai elektronik yang memudahkan kehidupan Anda, salah satunya adalah smartwatch. Tak hanya fitur-fiturnya saja yang mutakhir, modelnya juga stylish untuk digunakan. Spesifikasi smartwatch yang beragam juga membuat harganya beragam pada kisaran tiga juta sampai tujuh juta rupiah.Samsung Galaxy Watch 4, Galaxy Watch Active 2, dan Galaxy Fit 2 adalah beberapa rekomendasi produk smartwatch yang bagus dari Samsung. Jika Anda ingin membeli smartwatch Samsung, simak dahulu tips dari kami untuk memilih produk yang tepat. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja baca sampai habis, ya!
    Aksesori pria
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Casio Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Casio Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Merek jam tangan Casio yang berasal dari Jepang ini sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, baik dari segi model, fungsi, maupun keawetannya. Casio memiliki seri jam tangan yang laku keras di pasar, seperti G-Shock, Baby-G, atau Edifice. Meskipun bodinya cukup besar, jam Casio tetap memiliki keunikan yaitu cocok dipakai untuk acara kasual ataupun outdoor.Jika Anda sedang mencari jam tangan Casio untuk pria, bacalah artikel ini sampai habis. Kami akan membahas cara memilih jam tangan Casio dan menyediakan beberapa rekomendasi produk terbaiknya. Mari dipilih!
    Aksesori pria
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori