• 10 Rekomendasi Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Tetap aktif bergerak merupakan kebutuhan masyarakat zaman sekarang agar tetap sehat. Smartband hadir untuk melengkapi gaya hidup sehat Anda sehari-hari. Fitur-fiturnya dirancang untuk mendata detak jantung, pembakaran kalori, deteksi gerakan, dan hal lainnya yang berkaitan dengan kesehatan.


Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih smartband yang sesuai kebutuhan. Selanjutnya, berbagai merek smartband ternama, seperti Fitbit, Garmin, Xiaomi, dan Samsung ada dalam rekomendasi kami. Ayo simak artikel ini dan jangan sampai ada poin yang terlewatkan, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 21 Januari 2020
  • 6.210 Views
Daftar isi

Apa bedanya smartband dan smartwatch?

Apa bedanya smartband dan smartwatch?

Perangkat wearable merupakan perangkat teknologi yang dapat digunakan untuk mendata informasi kesehatan dan dapat disinkronisasikan dengan smartphone. Perangkat ini mulai menjamur dan banyak diminati oleh pasar Indonesia karena dapat memudahkan pekerjaan sehari-hari. Contoh dari perangkat ini adalah smartband dan smartwatch, tetapi apakah keduanya merupakan benda yang sama?


Keduanya memang memiliki layar sentuh serta baterai, tetapi Anda mungkin saja keliru untuk membedakan smartband dan smartwatch. Keduanya memiliki harga, desain, serta beberapa fitur yang berbeda. Smartwatch memiliki ukuran yang lebih besar dan cenderung berbentuk seperti jam tangan, sedangkan smartband memiliki desain yang lebih minimalis.


Berbeda dengan smartwatch dengan layar berwarna, kebanyakan smartband memiliki layar hitam putih saja. Namun, sekarang ini beberapa brand mulai memunculkan smartband dengan layar berwarna. Selain tampilan layarnya, fiturnya pun berbeda.


Smartband memiliki fitur fitness tracker yang dapat mengukur detak jantung dan pembakaran kalori, sedangkan smartwatch memiliki fitur yang lebih kompleks, seperti SIM card slot, Wi-Fi, bluetooth, serta pengambilan gambar. Meskipun keduanya dapat terhubung dengan smartphone, smartwatch memiliki tampilan notifikasi dari smartphone yang lebih baik dibandingkan dengan smartband.


Perbedaan tersebut menjadikan smartwatch memiliki harga yang lebih mahal daripada smartband. Fitur dan desain smartband menjadikan wearable ini lebih cocok digunakan oleh Anda yang sering berolahraga. Namun, apa saja yang perlu Anda perhatikan? Simak tips selanjutnya ya!

Cara memilih smartband

Smartband hadir dalam berbagai fitur, ukuran, dan warna. Berikut ini adalah poin yang harus Anda perhatikan ketika ingin membeli smartband

Fitur-fitur pada smartband lengkapi aktivitas Anda

Smartband memang dirancang untuk berolahraga, tetapi setiap smartband memiliki fitur yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasan kami tentang fitur yang ada pada smartband.

Fitness tracker, fitur umum pada smartband

Fitur paling umum yang terdapat pada smartband adalah pengukur detak jantung, penghitung langkah, serta pembakaran kalori. Jika Anda memang sangat aktif berolahraga, Anda dapat memilih smartband dengan fitur-fitur lainnya, seperti penghitung asupan kalori, pendeteksi jenis olahraga, penghitung repetisi gerakan serta fitur pencapaian goal pada berbagai jenis olahraga.


Tidak hanya itu, smartband juga hadir dengan fitur pengingat agar tetap aktif. Fitur ini sangat penting untuk para pekerja yang duduk seharian agar tetap sehat. Fitur pendeteksi waktu tidur juga menunjang kesehatan Anda dengan memberikan ringkasan waktu tidur Anda. Anda dapat lebih memperhatikan waktu tidur Anda agar keseharian Anda lebih berkualitas.


Smartband mulai hadir dengan aplikasi yang dapat di-download pada smartphone agar Anda dapat melihat rekam jejak pengukurannya. Beberapa smartband bahkan dapat menampilkan notifikasi yang terdapat pada smartphone Anda. Fitur ini sangat menguntungkan bagi Anda dengan pekerjaan yang padat.

Smartband tahan air untuk olahraga air

Wearable yang satu ini memang dirancang untuk berolahraga dan kegiatan outdoor sehingga ketahanan air merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Biasanya smartband memiliki ketahanan air sampai 5 ATM atau 50 meter di bawah permukaan air. 


Ketahanan air ini sangat penting terutama bagi Anda yang senang berenang. Anda dapat merekam jumlah kalori yang terbakar, waktu renang, jarak, serta gerakan ketika berenang dengan smartband yang tahan air. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah segera keringkan smartband setelah keluar dari air. Air yang terlalu lama kontak dengan device juga akan menyebabkan kerusakan.


Ketahanan airnya juga bermanfaat jika Anda sedang beraktivitas di luar ruangan. Smartband yang tahan air tentu akan lebih terlindungi ketika hujan ringan. Sama seperti setelah berenang, segera keringkan smartband Anda yang terkena hujan.

Perhatikan jenis dan ketahanan baterainya

Perhatikan jenis dan ketahanan baterainya

Sama seperti smartphone, smartband memiliki baterai yang harus diisi atau rechargeable battery. Ketahanan baterai smartband tentu lebih lama daripada baterai smartphone. Jenis rechargeable battery memang sangat praktis untuk digunakan karena Anda hanya perlu mengisi dayanya saja. Namun, baterai jenis ini lama kelamaan akan mengalami penurunan daya sehingga Anda perlu menggantinya dengan yang baru.


Beberapa smartband dengan rechargeable battery memiliki ketahanan baterai selama 2-3 hari. Ada juga yang dapat bertahan sampai seminggu bahkan sampai 20 hari. Hal ini tergantung dari kapasitas baterai dan fitur yang Anda gunakan. Jika Anda aktif berolahraga, ketahanan baterai yang lebih lama merupakan pilihan yang praktis untuk digunakan.


Selain rechargeable battery, ada juga smartband dengan baterai yang harus diganti atau replaceable battery. Baterai yang digunakan pada jenis replaceable battery merupakan baterai jam tangan biasa. Jenis baterai ini mungkin tampak kurang praktis, tetapi daya tahannya cukup lama bahkan sampai 6 bulan penggunaan. 


Baik rechargeable maupun replaceable battery, Anda perlu memperhatikan indikator baterainya. Jangan sampai Anda kehabisan baterai sehingga aktivitas Anda tidak dapat diukur dengan smartband.

Pilih ukuran dan warna agar serasi dengan fashion Anda

Tidak hanya fitur, Anda juga perlu memilih ukuran yang pas di pergelangan tangan. Smartband dengan bentuk yang lebih ramping lebih cocok untuk wanita atau pria dengan pergelangan tangan yang lebih kecil. Ukuran yang lebih ramping juga membuat tampilan yang lebih feminin. Ukuran smartband yang lebih besar menciptakan tampilan yang lebih sporty.


Kebanyakan smartband hadir dalam warna hitam. Warna hitam memang lebih mudah dipadankan dengan warna pakaian apa saja. Selain hitam, beberapa brand membuat smartband dengan berbagai pilihan warna strap. Jika Anda kurang menyukai warna yang terlalu mencolok, warna abu-abu dan putih dapat Anda pilih selain warna hitam. Bagi Anda yang memiliki kepribadian fun, pilih warna-warna cerah, seperti merah, oranye, hijau, atau kuning.  

10 Rekomendasi smartband terbaik

Setelah mengetahui beberapa poin tentang memilih smartband, berikut ini adalah berbagai produk terbaiknya. Perhatikan spesifikasinya dan temukan yang sesuai untuk Anda.

10
Ketahanan baterai6 bulan (replacable battery)
Tahan air
Ukuran7,6 x 226 mm
WarnaFusion red, aqua blue, blizzard white, stealth black
FiturHeart rate monitor, swim with Moov HR Sweat™ and Moov Now™, detailed reports, calorie counting, sleep analysis, motion tracking, real-time coaching, bluetooth
9
Ketahanan baterai14 hari
Tahan air
Ukuran15 x 210 mm
WarnaMisty grey, sakura coral, seaweed green, ceylon yellow, alizarin red, cobalt violet
FiturClock, step counter, heart rate monitor, distance counter, activity reminer, stand reminder, sleep tracker, achievement reminder, smartphone notification
8
Ketahanan baterai6 hari
Tahan air
Ukuran17 x 208 mm
WarnaAmber sunrise, graphite black, sakura pink
FiturClock, heart rate monitor, Tru Sleep, step counter, distance counter, speed counter, calorie counter
7
Ketahanan baterai14 hari
Tahan air
Ukuran16 x 203 mm
WarnaBlack, navy, pink
FiturClock, heart rate monitor, Sp O2, TruSleep, six axis sensor, message reminder, phone finder, remote picture taking, remote music control.
6
Ketahanan baterai6-7 hari
Tahan air
Ukuran16 x 252,2 mm
WarnaBlack, white, yellow
FiturClock, heart rate monitor, activity tracker, sleep tracker
5
Ketahanan baterai20 hari
Tahan air
Ukuran18 x 216 mm
WarnaBlack, coral red, dark purple, navy
FiturClock, alarm, hear rate monitor, sleep tracker, 6 activity mode, calory burned counter, step counter, night mode, reminder to move
4
Ketahanan baterai5 hari
Tahan air
UkuranTidak disebutkan
WarnaBlack, lilac, white black
FiturClock, heart rate monitor, calorie burn counter, sleep tracking, guided breathing session, goal based exercise mode, reminder to move, goal celebration, smart track
3
Ketahanan baterai±2-3 hari
Tahan air
Ukuran51,3 x 165 mm / 51,3 x 205 mm
WarnaBlack, red
FiturClock, alarm, stopwatch, heart rate monitor, step counter, calories burned, UA Record, MapMyRun, MyFitnessPal, Endomondo, Spotify, moves count, GPS, bluetooth, wifi
2
Ketahanan baterai7 hari
Tahan air
Ukuran10,5 x 223 mm
WarnaGrey, black, berry, azure,
FiturClock, alarm, stopwatch, heart rate monitor, step counter, calories burned, move bar, auto goal, energy monitor, pulse ox sensor, stress tracking, gym ativity profile, smart notification, response phone call with text, weather
1
Ketahanan baterai7 hari
Tahan air
Ukuran55 x 160 mm
WarnaBlack, blue grey
FiturClock, weather, heart rate monitor, fitness tracking, sleep tracking, calorie burn counter, female health tracking, reminders to move, smartphone notification, personalised guided breathing

Tabel perbandingan produk smartband terbaik

Gambar produk
1
Fitbit Charge 3 1

Fitbit

2
Garmin Vivosmart 4 1

Garmin

3
Samsung Gear Fit2 Pro 1

Samsung

4
Fitbit Inspire HR 1

Fitbit

5
Xiaomi Mi Smart Band 4 1

Xiaomi

6
Samsung Galaxy Fit e 1

Samsung

7
HONOR Band 5 1

HONOR

8
Huawei Band 4 1

Huawei

9
Huawei Band 4e 1

Huawei

10
Moov Moov Now Motion Based Coach 1

Moov

Nama produk

Charge 3

Vivosmart 4

Gear Fit2 Pro

Inspire HR

Mi Smart Band 4

Galaxy Fit e

Band 5

Band 4

Band 4e

Moov Now Motion Based Coach

KeunggulanFitur lengkap, desain minim...Bantu hilangkan stres sehar...Semakin kaya fitur untuk me...Hadiri berbagai acara denga...Tinggalkan rebahan, mulai h...Ringan dan ringkas, praktis...Ubah tampilan layar sesuka ...Pengisian baterai bebas kab...Tingkatkan performa bermain...Baterai tahan lama, olahrag...
HargaRp 2.000.000,00Rp 1.900.000,00Rp 2.350.000,00Rp 1.015.000,00Rp 320.000,00Rp 430.000,00Rp 334.900,00Rp 389.000,00Rp 239.134,00Rp 702.378,00
Ketahanan baterai7 hari7 hari±2-3 hari5 hari20 hari6-7 hari14 hari6 hari14 hari6 bulan (replacable battery)
Tahan air
Ukuran55 x 160 mm10,5 x 223 mm51,3 x 165 mm / 51,3 x 205 mmTidak disebutkan18 x 216 mm16 x 252,2 mm16 x 203 mm17 x 208 mm15 x 210 mm7,6 x 226 mm
WarnaBlack, blue greyGrey, black, berry, azure, Black, redBlack, lilac, white blackBlack, coral red, dark purple, navyBlack, white, yellowBlack, navy, pinkAmber sunrise, graphite black, sakura pinkMisty grey, sakura coral, seaweed green, ceylon yellow, alizarin red, cobalt violetFusion red, aqua blue, blizzard white, stealth black
FiturClock, weather, heart rate monitor, fitness tracking, sleep tracking, calorie burn counter, female health tracking, reminders to move, smartphone notification, personalised guided breathingClock, alarm, stopwatch, heart rate monitor, step counter, calories burned, move bar, auto goal, energy monitor, pulse ox sensor, stress tracking, gym ativity profile, smart notification, response phone call with text, weatherClock, alarm, stopwatch, heart rate monitor, step counter, calories burned, UA Record, MapMyRun, MyFitnessPal, Endomondo, Spotify, moves count, GPS, bluetooth, wifiClock, heart rate monitor, calorie burn counter, sleep tracking, guided breathing session, goal based exercise mode, reminder to move, goal celebration, smart trackClock, alarm, hear rate monitor, sleep tracker, 6 activity mode, calory burned counter, step counter, night mode, reminder to moveClock, heart rate monitor, activity tracker, sleep trackerClock, heart rate monitor, Sp O2, TruSleep, six axis sensor, message reminder, phone finder, remote picture taking, remote music control.Clock, heart rate monitor, Tru Sleep, step counter, distance counter, speed counter, calorie counterClock, step counter, heart rate monitor, distance counter, activity reminer, stand reminder, sleep tracker, achievement reminder, smartphone notificationHeart rate monitor, swim with Moov HR Sweat™ and Moov Now™, detailed reports, calorie counting, sleep analysis, motion tracking, real-time coaching, bluetooth
Tautan produk

Baca juga rekomendasi smartwatch di sini!

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, smartwatch juga merupakan wearable yang banyak diminati. Jika Anda juga tertarik dengan produk tersebut, klik tautan di bawah ini. Anda akan mendapatkan informasi tentang cara memilih smartwatch dan juga rekomendasinya. Selamat membaca!

Kesimpulan

Smartband merupakan wearable yang banyak diminati karena kemampuannya untuk mendeteksi aktivitas Anda. Berbagai fitur dihadirkan dalam smartband, seperti fitness tracker, sleep tracker, pengingat kegiatan, serta dapat disambungkan dengan smartphone Anda untuk mencatat data aktivitas. Jangan lupakan juga fitur waterproof agar dapat digunakan ketika berenang.


Selain fiturnya, perhatikan juga style yang dapat meningkatkan gaya Anda. Semoga Anda menemukan smartband yang sesuai kebutuhan. Selamat memulai hidup sehat dari sekarang!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Smartwatch merupakan gadget praktis yang bisa digunakan sebagai jam tangan dan dioperasikan bersama smartphone. Fungsi smartwatch sangat beragam, seperti mengukur tekanan darah, detak jantung, jam tidur, dan lainnya. Bahkan, smartwatch terbaru juga dilengkapi dengan fitur pembayaran elektronik maupun kartu kredit. Supaya tidak bingung dalam memilih, simaklah cara memilih smartwatch sesuai kebutuhan Anda berikut ini. Kami juga memberikan sepuluh rekomendasi produk smartwatch terbaik dari berbagai merek, seperti Garmin, Samsung, Apple, dan lainnya. Cek artikel ini sampai akhir dan temukan smartwatch yang Anda butuhkan!
    Jam tangan & aksesori
    53.526 Views
  • 10 Rekomendasi Kacamata Baca Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kacamata Baca Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Presbiopi atau rabun dekat adalah ketidakmampuan mata untuk melihat atau membaca dengan jelas tulisan yang berada dalam jarak dekat. Biasanya presbiopi menyerang lansia, tetapi kini anak muda pun sudah ada yang mengalami presbiopi. Penderita biasanya harus menggunakan kacamata baca plus untuk bisa melihat dengan jelas.Kacamata baca kini tersedia dalam beragam jenis, harga, dan desain frame yang bervariasi. Saat ini kami akan memperkenalkan 10 produk kacamata baca yang populer. Selain itu, kami juga akan menjelaskan bagaimana cara memilih kacamata baca dengan tepat. Simak informasinya ya!
    Jam tangan & aksesori
    29.572 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2020)
    Selain sebagai penunjuk waktu, bagi wanita jam tangan juga merupakan aksesori yang wajib dimiliki. Namun, memilih jam tangan ternyata harus disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan pemakai supaya ideal saat dikenakan.Maka dari itu, pada artikel ini kami akan membahas cara memilih jam tangan yang tepat dan sesuai untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, seperti Daniel Wellington, Casio, atau Fossil. Untuk Anda yang sedang mencari jam tangan wanita, baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Jam tangan & aksesori
    3.650 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Umumnya, jam tangan terbuat dari bahan logam, plastik, atau kulit. Nah, kali ini kami ingin memperkenalkan jam tangan yang dibuat dari bahan unik, yaitu kayu. Produsen jam tangan kayu lebih jarang terdengar dibanding produsen jam lainnya. Namun, belakangan ini berbagai produsen jam tangan kayu lokal, seperti Matoa, Lanccelot, dan Lima, makin populer. Ada beberapa pilihan jam tangan kayu berdasarkan jenis kayu dan fitur lainnya. Dalam artikel kali ini, kami akan mengulas tentang pemilihan jam tangan kayu sekaligus memberikan rekomendasi untuk Anda. Simak artikel berikut!
    Jam tangan & aksesori
    13.389 Views
  • 10 Rekomendasi Tato Temporer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tato Temporer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat menonton festival musik atau berlibur ke pantai, tentu Anda ingin berpenampilan modis. Sentuhan tato temporer dengan motif menarik di tubuh Anda dapat membuat penampilan Anda berbeda dari biasanya. Namun, banyaknya tato temporer yang dijual di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung menentukan pilihan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan sepuluh tato temporer yang mudah ditemukan di online shop favorit Anda. Saatnya menemukan tato temporer favorit Anda untuk membuat penampilan menjadi lebih fashionable!
    Jam tangan & aksesori
    21.520 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Militer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Militer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jam tangan militer atau military watch merupakan fashion item populer yang fungsional karena memiliki berbagai fitur tangguh, seperti waterproof, shockproof, dan lain sebagainya. Jenis jam tangan outdoor ini juga hadir dalam berbagai variasi desain, mesin, dan bahan yang dapat dipilih.Anda akan menemukan berbagai jam tangan militer keluaran Garmin, Casio, Luminox, dan sebagainya sehingga bisa saja Anda bingung untuk memilih. Tenang saja, kami akan memberikan rekomendasi jam tangan militer terbaik sekaligus menjelaskan cara memilihnya agar Anda bisa menemukan produk yang paling tepat. Semoga bermanfaat!
    Jam tangan & aksesori
    19.860 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Meja Analog Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jam Meja Analog Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jam adalah benda yang akan sering dilihat dalam sehari. Jenis jam pun ada bermacam-macam, seperti jam dinding dan jam meja. Tidak hanya itu, jam pun terbagi lagi menjadi tipe analog dan digital. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan mengenai jam meja bertipe analog. Anda akan menemukan berbagai produsen jam seperti Seiko, TXL, dan sebagainya.Begitu banyaknya desain jam yang terlihat menarik di pasaran mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Tenang saja karena kami akan menjelaskan poin memilihnya serta memberikan rekomendasi produk terbaik pilihan kami. Dengan desain jam yang cantik, tentu akan membuat tampilan meja Anda juga semakin menarik!
    Jam tangan & aksesori
    912 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori