1. TOP
  2. >
  3. Fashion pria
  4. >
  5. Aksesori pria
  6. >
  7. 10 Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Smartband Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Tetap aktif bergerak merupakan kebutuhan masyarakat zaman sekarang agar tetap sehat. Smartband hadir untuk melengkapi gaya hidup sehat Anda sehari-hari. Fitur-fiturnya dirancang untuk mendata detak jantung, pembakaran kalori, deteksi gerakan, dan hal lainnya yang berkaitan dengan kesehatan.


Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih smartband terbaik yang sesuai kebutuhan. Selanjutnya, berbagai merek smartband yang bagus, seperti Huawei, Xiaomi, dan Samsung ada dalam rekomendasi kami. Ayo simak artikel ini dan jangan sampai ada poin yang terlewatkan, ya!

Diperbaharui 11-30-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa bedanya smartband dan smartwatch?

Apa bedanya smartband dan smartwatch?

Perangkat wearable merupakan perangkat teknologi yang dapat digunakan untuk mendata informasi kesehatan dan dapat disinkronisasikan dengan smartphone. Perangkat ini mulai menjamur dan banyak diminati oleh pasar Indonesia karena dapat memudahkan pekerjaan sehari-hari. Contoh dari perangkat wearable adalah smartband dan smartwatch, tetapi apa itu smartband dan smartwatch serta apa perbedaannya?


  • Smartwatch memiliki ukuran yang lebih besar dan cenderung berbentuk seperti jam tangan, sedangkan smartband memiliki desain yang lebih minimalis.

  • Smartband memiliki fitur fitness tracker yang dapat mengukur detak jantung dan pembakaran kalori, sedangkan smartwatch memiliki fitur yang lebih kompleks, seperti SIM card slot, Wi-Fi, Bluetooth, serta pengambilan gambar.

Perbedaan tersebut membuat smartband memiliki harga yang lebih murah dari smartwatch. Fitur dan desain smartband juga lebih cocok digunakan untuk aktivitas outdoor khususnya olahraga. Untuk mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih smartband, simak penjelasan kami selanjutnya ya!

Cara memilih smartband

Smartband hadir dalam berbagai ukuran, bahan, dan fitur. Berikut ini adalah poin yang harus Anda perhatikan ketika ingin membeli watch band terbaik. 

① Pilih bentuk dan ukuran smartband sesuai pergelangan tangan

Pilih bentuk dan ukuran smartband sesuai pergelangan tangan

Smartband pada umumnya memiliki bentuk yang lonjong karena mengikuti desain strap-nya. Rata-rata ukuran smartband adalah 17 mm hingga 18 mm. Apabila Anda memiliki pergelangan yang kecil, smartband dengan bentuk yang lonjong dan ramping bisa menjadi pilihan.


Namun, terdapat juga smartband yang memiliki ukuran lebih besar, seperti HUAWEI Band 7 atau HONOR Band 6. Smartband dengan bentuk layar persegi yang sedikit menyerupai smartwatch ini cocok dipakai di pergelangan tangan yang besar. Kesan sporty juga akan muncul saat Anda menggunakannya. 

② Periksa bahan strap smartband

Ada beberapa bahan yang lazim digunakan untuk membuat strap smartband. Setiap bahan memiliki keunggulan tersendiri. Kenali tiap karakteristiknya, yuk!

TPU, durability-nya mumpuni

TPU, durability-nya mumpuni

Thermoplastic polyurethane (TPU) merupakan bahan campuran yang berasal dari plastik, silikon, dan karet. Bahan TPU dikenal dengan bobotnya yang ringan dan tahan terhadap benturan. Smartband dengan strap TPU cocok untuk Anda yang mengutamakan keawetan untuk jangka panjang. Smartband TPU ini juga tepat dipilih jika Anda sering melakukan kegiatan outdoor.

Silikon, elastis di pergelangan tangan

Silikon, elastis di pergelangan tangan

Untuk Anda yang hobi berolahraga, smartband dengan strap silikon dapat menjadi pilihan yang tepat. Smartband silikon sangat elastis sehingga dapat melekat sangat erat di pergelangan tangan Anda. Selain itu, teksturnya yang lembut membuat smartband tetap nyaman saat digunakan. Namun, sering kali debu atau partikel kecil menempel di bahan silikon. Dengan begitu, Anda juga harus sering membersihkannya agar tetap terlihat bagus.

Stainless steel, untuk Anda yang ingin tampil formal

Stainless steel, untuk Anda yang ingin tampil formal

Bahan stainless steel umum digunakan pada jam tangan. Smartband yang merupakan pengganti jam tangan juga ada yang memiliki strap berbahan stainless steelBahan stainless steel dikenal dengan tampilannya yang formal. Apabila sering bertemu rekan bisnis atau menghadiri acara formal, smartband dengan bahan ini dapat menjadi pilihan. Anda dapat memadukannya dengan setelan jas atau blazer.

③ Pastikan ketahanan baterainya

Pastikan ketahanan baterainya

Sama seperti smartphone, smartband memiliki baterai yang harus diisi atau rechargeable battery. Ketahanan baterai smartband tentu lebih lama daripada baterai smartphoneBeberapa smartband dengan rechargeable battery memiliki ketahanan baterai selama 15 hari


Ada juga yang dapat bertahan sampai seminggu bahkan sampai 21 hari. Hal ini tergantung dari kapasitas baterai dan fitur yang Anda gunakan. Jika Anda aktif berolahraga, produk yang baterainya tahan lebih lama merupakan pilihan tepat.

④ Pertimbangkan fitur yang terdapat di smartband

Smartband memang dirancang untuk berolahraga, tetapi setiap smartband memiliki fitur yang berbeda-beda. Fitur yang dimiliki smartband cukup banyak dan beragam, seperti fitness tracker, pengingat untuk gerak, dan notifikasi smartphone. Berikut ini penjelasan kami tentang fitur yang paling sering ditemukan di smartband.

Heart rate monitor, memberikan informasi detak jantung Anda

Heart rate monitor, memberikan informasi detak jantung Anda

Fitur paling umum yang terdapat pada smartband adalah pengukur detak jantung atau heart rate monitor. Jika Anda memang sangat peduli dengan kesehatan, fitur ini sangat bermanfaat. Anda dapat mengetahui detak jantung Anda setiap saat. Fitur ini juga sangat berguna bagi orang tua. Ketika detak jantung Anda berdenyut lebih cepat, Anda dapat mengetahuinya dan beristirahat sejenak.


Beberapa smartband terbaik memungkinkan heart rate monitor dihubungkan dengan aplikasi smartphone agar Anda dapat melihat rekam jejak pengukurannya. Ada juga smartband yang dapat menampilkan notifikasi di smartphone Anda. Fitur ini sangat menguntungkan bagi Anda yang memiliki jadwal padat, tetapi ingin tetap sehat.


GPS, memberikan gambaran perjalanan Anda

GPS, memberikan gambaran perjalanan Anda

Beberapa smartband dilengkapi dengan global positioning system (GPS). Berkat adanya GPS, smartband dapat merekam rute yang dilalui dan mencatat jarak tempuh Anda. Gambar rute yang dilalui tadi dapat Anda lihat pada aplikasi di smartphone. Dengan begitu, Anda akan memiliki data rute ketika berlari atau bersepeda secara akurat.

Waterproof, melindungi smartband dari air

Waterproof, melindungi smartband dari air

Smartband dirancang untuk digunakan berolahraga dan kegiatan outdoor sehingga ketahanan air merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Biasanya smartband memiliki ketahanan air sampai 5 ATM atau 50 meter di bawah permukaan air. Ketahanan air ini sangat penting terutama bagi Anda yang senang berenang.


Ketahanan airnya juga bermanfaat jika Anda sedang beraktivitas di luar ruangan. Smartband yang tahan air tentu akan lebih terlindungi ketika hujan ringan. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah segera keringkan smartband setelah terkena air. Air yang terlalu lama kontak dengan device juga akan menyebabkan kerusakan.

10 Rekomendasi smartband terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk smartband terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

HUAWEI

Band 7

HUAWEI Band 7 1枚目

Makin casual dengan layar besar layaknya smartwatch

2

Vyatta

Fitme Lite Smartband

Vyatta Fitme Lite Smartband 1枚目

Bisa menampilkan beragam notifikasi dari smartphone

3

Xiaomi

Mi Smart Band 6

Xiaomi Mi Smart Band 6 1枚目

Makin versatile berkat 30 fitness mode

4

OPPO

Band

OPPO Band 1枚目

Hubungkan ke smartphone dan nikmati fungsi On-the-Go

5

Amazfit

Band 5

Amazfit Band 5 1枚目

Ukur saturasi oksigen dalam darah dengan OxygenBeats

6

Samsung

Galaxy Fit 2

Samsung Galaxy Fit 2 1枚目

Baterai tahan lama hingga 21 hari

7

HONOR

Band 6

HONOR Band 6 1枚目

Siap temani Anda berenang ataupun menyelam hingga 50 meter!

8

Xiaomi

Smart Band 7

Xiaomi Smart Band 7 1枚目

Bantu pantau siklus bulanan, baterainya pun awet

9

UNEED

Fitpro X2

UNEED Fitpro X2 1枚目

Memotret lebih fleksibel berkat adanya fitur remote camera

10

Fitbit

Luxe Special Edition Smartwatch Luxury Fitness Tracker

Fitbit Luxe Special Edition Smartwatch Luxury Fitness Tracker 1枚目

Smartband dengan strap mewah, cocok untuk menghadiri acra formal

Perincian produk
Close
No.1

Makin casual dengan layar besar layaknya smartwatch

Kelebihan:

  • Pengisian daya sudah fast charging

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk yang menyukai smartband dengan layar mungil dan simpel

Kami merekomendasikan HUAWEI Band 7 untuk Anda yang mencari smartband dengan layar yang besar. Dengan layar AMOLED sebesar 1,47 inci, berbagai informasi mengenai aktivitas fisik Anda akan terlihat lebih jelas. Anda juga sekaligus bisa tampil casual berkat ukuran dan bentuk layarnya yang menyerupai smartwatch. Cocok untuk Anda yang mencari smartband dengan layar besar layaknya smartwatch.

No.2

VyattaFitme Lite Smartband

Mulai dari Rp449.000,00

Bisa menampilkan beragam notifikasi dari smartphone

Kelebihan:

  • Layar sentuh yang responsif
  • Sudah bersertifikasi waterproof  IPX7

Kekurangan:

  • Built quailty terlihat ringkih
  • Layarnya belum terlindungi antigores sehingga mudah timbul baret halus


Vyatta Fitme Lite dilengkapi fitur yang mampu menampilkan notifikasi dari smartphone. Layarnya akan menampilkan notifikasi berbagai aplikasi pesan dan sosial media, seperti WhatsApp, LINE, Instagram, dan banyak lagi.


Smartband ini dilengkapi tujuh fitur penunjang olahraga, seperti pengukur detak jantung, tekanan darah, oksigen darah, dan lainnya. Daya tahan baterainya cukup lama dengan masa pakai hingga tujuh hari. Cocok untuk Anda yang baru memulai gaya hidup sehat dan tetap tidak ketinggalan informasi dari smartphone.

No.3

XiaomiMi Smart Band 6

Mulai dari Rp599.000,00

Makin versatile berkat 30 fitness mode

Kelebihan:

  • Layarnya lebih besar 50% dari Mi Band 5
  • Sudah menggunakan pengisi daya magnet

Kekurangan:

  • Ada reviewer yang bilang daya tahan baterainya menurun dari versi pendahulunya

Di urutan ketiga, kami memiliki smartband untuk Anda yang gemar melakukan berbagai macam jenis olahraga. Pasalnya, Mi Smart Band 6 ini memiliki 30 fitness mode yang dapat memantau banyak tipe latihan. Anda dapat melakukan zumba, basket, bahkan HIIT dan memantau hasilnya dengan smartband ini. Selain itu, layarnya sudah AMOLED, lho!

No.4

Hubungkan ke smartphone dan nikmati fungsi On-the-Go

Kelebihan:

  • Bisa memantau kadar oksigen dalam darah (SpO2)
  • Sudah dilengkapi GPS

Kekurangan:

  • Untuk sekadar melihat jam, layar harus disentuh terlebih dahulu
  • Pilihan warnanya sedikit

Fungsi On-the-Go pada smartband ini dapat segera Anda nikmati begitu Anda menginstal aplikasinya di smartphone. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk memantau berbagai aplikasi melalui smartband. Melihat notifikasi, menyetel musik, mengontrol kamera, bahkan mencari smartphone kini jadi lebih mudah.


Dengan begitu, best smartband dari OPPO ini sangat membantu saat smartphone tidak dalam genggaman Anda. Bagi Anda yang mencari smartband dengan kemudahan akses pada smartphone, produk ini dapat dipertimbangkan.

No.5

Ukur saturasi oksigen dalam darah dengan OxygenBeats

Kelebihan:

  • Sudah menggunakan layar AMOLED

Kekurangan:

  • Layar belum mendukung fitur always-on
  • Tidak memiliki GPS

Smartband Amazfit Band 5 dilengkapi fitur OxygenBeats untuk mengukur saturasi oksigen dalam darah Anda. Kadar oksigen dalam darah sangat penting untuk mengetahui tingkat kesehatan dan kinerja tubuh. Rata-rata nilai saturasi oksigen yang cukup adalah di atas 89 persen.


Fitur OxygenBeats ini sangat pas digunakan bagi Anda yang sering bepergian ke dataran tinggi. Mengingat kadar oksigen di dataran tinggi cukup rendah, dengan smartband ini Anda dapat mengontrol waktu istirahat.

No.6

SamsungGalaxy Fit 2SM-R220NZKAXSE

Mulai dari Rp799.000,00

Baterai tahan lama hingga 21 hari

Kelebihan:

  • Memiliki fitur pengingat untuk mencuci tangan, serta menghitung durasi Anda mencuci tangan

Kekurangan:

  • Belum bisa mendeteksi SpO2

Produk ini direkomendasikan bagi Anda yang mencari smartband dengan baterai tahan lama lama. Bagaimana tidak, Samsung Galaxy Fit 2 mampu bertahan hidup hingga 21 hari berkat baterai berkapasitas 159 mAh. Apabila dipakai aktivitas berat, seperti olahraga rutin setiap hari, baterainya masih bisa bertahan hingga 15 hari. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu sering mengisi daya baterai smartband.

No.7

Siap temani Anda berenang ataupun menyelam hingga 50 meter!

Kelebihan:

  • Port pengisian daya sudah menggunakan sistem magnetic dan fast charging


Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi dengan fitur GPS
  • Hanya direkomendasikan untuk kegiatan berenang di indoor

Smartband ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai kegiatan di air, seperti berenang dan menyelam. Pasalnya, Honor 6 sudah berspesifikasi waterproof 5 ATM yang berarti bisa dipakai untuk menyelam hingga kedalaman 50 meter. Tidak hanya tangguh dipakai di air, sensor cerdasnya sekaligus mampu mendeteksi gerakan renang sambil mendeteksi detak jantung. Menarik, bukan?

No.8

Bantu pantau siklus bulanan, baterainya pun awet

Kelebihan: 

  • Sudah menggunakan layar AMOLED
  • Baterai tahan hingga dua minggu untuk penggunaan standar

Kekurangan:

  • Ada reviewer yang bilang daya tahan baterainya tidak sekuat yang diklaim

Mi Smart Band 5 memiliki fitur yang dapat digunakan oleh wanita. Terdapat fitur pemantau kesehatan wanita yang sangat fungsional. Fitur ini berfungsi untuk mencatat siklus menstruasi dan fase ovulasi wanita. 


Selain itu, fitur tersebut dapat memberikan peringatan yang bermanfaat mengenai siklus bulanan. Dipadukan dengan baterainya yang tahan lama, produk ini pun makin fungsional digunakan. Produk ini tepat dijadikan hadiah untuk wanita terdekat Anda.

No.9

Memotret lebih fleksibel berkat adanya fitur remote camera

Kelebihan:

  • Sudah mendukung sertifikasi IP67 tahan air

Kekurangan:

  • Masih menggunakan Bluetooth 4.0 yang agak lama untuk transfer data

Anda suka ber-selfie atau wefie saat berolahraga di luar ruangan? Jika ya, Anda mungkin membutuhkan smartband ini. Pasalnya, dengan mengunduh aplikasi Fitpro, Anda bisa menjadikan smartband ini sebagai remote kamera smartphone. Anda cukup menggoyangkan smartband untuk mengambil foto. Praktis, bukan?


Sejumlah fitur standar penunjang aktivitas tubuh pun tersedia, seperti blood pressure, step analysis, heart rate, calories, dan banyak lagi. Selain itu, Fitpro X2 semakin andal berkat sertifikasi IP67 yang tahan partikel debu dan air hingga kedalaman satu meter.

No.10

FitbitLuxe Special Edition Smartwatch Luxury Fitness Tracker

Mulai dari Rp3.499.000,00

Smartband dengan strap mewah, cocok untuk menghadiri acra formal

Kelebihan:

  • Dilengkapi dua pilihan strap yang menarik
  • Memiliki desain dan built quailty yang premium elegan

Kekurangan:

  • Kekuatan baterai hanya lima hari sehingga perlu lebih sering di-charge

Siapa bilang smartband tidak cocok dipakai untuk fashion acara formal? Dengan Fitbit Luxe SE, Anda bisa melakukannya. Fitbit menghadirkan smartband berkelas dengan strap terbuat dari stainless steel berwarna soft gold. Smartband ini cocok untuk menemani Anda ketika bertemu rekan bisnis atau menghadiri berbagai acara formal lainnya. 


Fitbit juga tetap memberi strap rubber tambahan berwarna soft pink yang casual sekaligus tetap sportySmartband ini memiliki total 36 fitur canggih yang siap menyediakan berbagai laporan mengenai kesehatan dan lingkungan Anda. Cocok dipakai untuk Anda para wanita yang menginginkan smartband dengan dua karakter, luxury dan sporty.

Pertanyaan umum seputar smartband

Pertanyaan umum seputar smartband

Selain mengulas cara memilih dan memberikan rekomendasi smartband terbaik, kami juga akan membahas pertanyaan umum seputar smartband. Silakan disimak!

Apa fungsi dari smartband?

Fungsi dan kegunaan smartband utamanya terkait kegiatan olahraga. Fitur-fitur yang terdapat di smartband seperti fitness tracker dan berbagai mode sport sangat membantu dalam berolahraga. 


Selain itu, smartband terbaru 2022 juga dapat berfungsi sebagai pemantau kesehatan penggunanya. Fitur-fitur seperti heart rate monitor dan blood oxygen cukup membantu untuk mengontrol keadaan tubuh pengguna. Dengan menggunakan smartband, Anda dapat merekam kegiatan fisik harian Anda.

Apa merek smartband yang bagus?

Terdapat beragam merek rekomendasi smartband 2021 di pasaran. Beberapa merek yang bagus, seperti Xiaomi, Samsung, dan Huawei dapat menjadi pilihan Anda dalam memilih merek smartband terbaik. Tentunya merek-merek tersebut tidak diragukan lagi dalam urusan perangkat elektronik.

Baca juga rekomendasi smartwatch dan jam tangan lainnya di sini

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, smartwatch dan jam tangan juga merupakan wearable yang banyak diminati. Jika Anda juga tertarik dengan produk tersebut, klik tautan di bawah ini. Anda akan mendapatkan informasi tentang cara memilih smartwatch dan jam tangan serta rekomendasinya. Selamat membaca!

Kesimpulan

Smartband merupakan wearable yang banyak diminati karena kemampuannya untuk mendeteksi aktivitas Anda. Berbagai fitur dihadirkan dalam smartband, seperti heart rate monitor dan GPS, serta dapat disambungkan dengan smartphone Anda untuk mencatat data aktivitas. Jangan lupakan juga fitur waterproof agar dapat digunakan ketika berenang.


Selain fiturnya, perhatikan juga style yang dapat meningkatkan gaya Anda. Semoga Anda menemukan smartband yang sesuai kebutuhan. Selamat memulai hidup sehat dari sekarang!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer