• 10 SSD Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 SSD Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 SSD Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 SSD Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 SSD Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 SSD Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)

Sebagai media perekam data, solid state drive (SSD) dianggap mempunyai kemampuan lebih baik dibandingkan HDD. SSD sering digunakan sebagai media penyimpanan utama dengan tingkat kemampuan membaca dan menulis data yang cepat. Saat ini, ada banyak jenis SSD di pasaran dengan kapasitas dan karakter yang beragam. 


Agar Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilih produk SSD yang bagus. Selain itu, kami akan memberikan rekomendasi SSD terbaik, baik SSD internal maupun eksternal, seperti merek Sandisk, Adata, hingga Samsung. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Yosua Surojo
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 29 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016.

Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (optical character recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Apa perbedaan SSD dan HDD?

Pada dasarnya, SSD dan HDD memiliki fungsi yang sama, yaitu menyimpan data dan informasi pada komputer dan laptop. Perbedaan yang paling signifikan antara SSD dan HDD terletak pada teknologi konstruksinya

HDD menggunakan piringan cakram yang berputar saat memproses data dan bekerja secara magnetik seperti sistem kerja CD dan DVD. Sebaliknya, SSD menggunakan chip berteknologi non-volatile yang disebut flash NAND. Teknologi ini mampu menyimpan data walaupun tegangan dayanya dimatikan, sehingga tidak membutuhkan daya listrik yang besar dalam pengoperasiannya. 


Karena SSD tidak memiliki komponen yang bergerak saat memproses data, SSD lebih aman dari kerusakan akibat panas dan guncangan. Selain itu, sistem elektrik pada SSD dapat memproses data dengan lebih cepat dan tidak bising. 


Bahkan, SSD dapat mempercepat transfer data hingga 20x lebih cepat daripada HDD. Anda bisa membuka program tanpa perlu menunggu proses booting terlalu lama dan membuka banyak program secara bersamaan tanpa lagging.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih SSD

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih SSD adalah jenis konektor, kapasitas data, serta kecepatan SSD. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Sesuaikan jenis konektor dengan kebutuhan

Sebelum memilih produk, Anda perlu mengecek jenis konektor SSD yang sesuai dengan perangkat komputer Anda. Untuk lebih jelasnya, silakan simak pembahasan kami.

SATA, konektor standar pada komputer dan konsol game

SATA adalah salah satu model SSD pertama yang tersedia di pasaran. SSD ini memiliki bentuk, ukuran, dan konektor yang sama dengan HDD, yaitu form factor 2,5 inci. Form factor secara sederhana merupakan bentuk dan ukuran fisik dari sebuah perangkat keras. Jika Anda memiliki komputer, laptop, atau konsol game yang sebelumnya menggunakan HDD, Anda bisa menggantinya dengan SDD ini.


SATA memiliki beberapa tipe, yaitu SATA 1, SATA 2, dan SATA 3. Makin tinggi tipenya, kecepatan transfernya juga makin tinggi. Berikut adalah kecepatan transfer dari setiap tipe SATA:


  • SATA 1.0: 1,5 Gb/s, 150 MB/s
  • SATA 2.0: 3 Gb/s, 300 MB/s
  • SATA 3.0: 6 Gb/s, 600 MB/s


SSD SATA masih memerlukan kabel SATA untuk memasangnya pada komputer atau laptop. Jika Anda hendak menggunakannya untuk PS4, pilihlah konektor berukuran 7 mm atau kurang.

mSATA, SATA versi mini untuk laptop dan tablet

Kelebihan SSD ini terletak pada bentuknya yang mini sehingga bisa digunakan untuk perangkat berukuran kecil. Pada beberapa laptop ultrabook dan tablet, mSATA dapat digunakan sebagai drive utama untuk menjalankan sistem operasi. SSD mSATA terbaru memiliki kapasitas penyimpanan hingga 1 TB, sedangkan kecepatan membaca dan menulis data hingga 6 Gb/s.


Meskipun harganya lebih ekonomis, performanya tidak kalah dengan SSD SATA. Konsumsi dayanya pun lebih rendah. Bila perangkat Anda memiliki slot mSATA, Anda dapat meningkatkan kinerja sistem dengan menambahkan SSD mSATA pada perangkat Anda.

M.2, kecepatan transfernya lebih cepat

M.2 merupakan salah satu form factor terbaru dan terlaris untuk SSD. Slot M.2 ini menempel di motherboard pada perangkat Anda tanpa kabel untuk pengoperasiannya. Penting untuk diingat, M.2 ini merupakan form factor saja. Hal yang menentukan kecepatan SSD tipe ini adalah konektornya. Berikut tipe-tipe konektor pada form factor M.2:

  • M.2 SATA SSD
M.2 SATA memiliki kecepatan yang sama dengan SSD SATA, yaitu maksimal 600 MB/s. Perbedaannya terletak pada slot yang digunakan menggunakan slot M.2 sehingga terlihat lebih rapi karena tidak ada kabel yang menjuntai.

  • M.2 PCIe SSD
Kecepatan transfer pada jalur PCIe jauh lebih cepat dibandingkan jalur SATA. Slot PCIe hadir dalam konfigurasi fisik yang berbeda, seperti x1, x4, x8, x16, x32. Angka setelah x artinya ada berapa banyak jalur yang dimiliki slot PCIe. Makin banyak jalurnya, makin tinggi pula kecepatan transfer datanya.

  • M.2 NVMe SSD
NVMe bukanlah tipe koneksi, melainkan protokol yang menggunakan koneksi PCIe yang sudah ada sebelumnya. Berbeda dengan M.2 SATA SSD yang menggunakan jalur SATA saat beroperasi, SSD M.2 NVMe menggunakan jalur PCIe saat bekerja. Saat ini, kecepatan maksimum SSD NVMe PCIe 3.0 (Gen 3) mencapai 3.500 MB/s. Sementara itu, SSD NVMe PCIe 4.0 (Gen 4) dapat mencapai hingga 7.500 MB/s.

Ukuran dan bentuk kunci pada setiap konektor M.2 berbeda-beda. Jika perangkat Anda memiliki slot M.2, sebelum membeli SSD periksa terlebih dahulu apakah mendukung NVMe, SATA, atau keduanya.


Ingin tahu lebih jauh mengenai SSD tipe konektor M.2? Simak artikel berikut ini!

Eksternal portabel SSD, praktis digunakan dengan konektor berupa USB

Ada juga SSD eksternal yang dapat dihubungkan via USB. SSD ini adalah pilihan yang praktis dan mudah digunakan, baik pada perangkat komputer maupun game konsol. Supaya kecepatan transfernya tinggi, interface-nya harus kompatibel dengan USB 3.0 atau lebih


Selain itu, harap diingat bahwa SSD eksternal ini tidak kompatibel dengan USB yang menggunakan full size interface. Di sisi lain, ada beberapa komputer yang hanya memiliki port USB tipe C. Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal tersebut.


Kami juga sudah mengulas tentang SSD eksternal portabel secara lengkap. Simak artikelnya di bawah ini.

Pilih berdasarkan kapasitas data yang diperlukan

Selanjutnya, hal lain yang harus diperhatikan saat memilih SSD adalah melihat kapasitas SSD itu sendiri. Silakan pilih kapasitas yang sesuai kebutuhan Anda.

Kapasitas 128–256 GB, cukup untuk OS/system storage

Kapasitas 128–256 GB, cukup untuk OS/system storage

Salah satu fungsi SSD adalah untuk mempercepat proses startup atau booting pada komputer dan meningkatkan performa pada sistem OS. Jika Anda menggunakan SSD dengan tujuan tersebut, kami merekomendasikan SSD yang berkapasitas 128 GB hingga 256 GB. Namun, jika Anda juga menggunakan SSD sebagai media penyimpanan data sistem, kami menyarankan Anda memilih SSD berkapasitas 256 GB.

Kapasitas lebih dari 512 GB, untuk menyimpan data game

Kapasitas lebih dari 512 GB, untuk menyimpan data game

SSD 512 GB ke atas direkomendasikan untuk Anda yang gemar mengunduh beragam game, seperti game online atau STEAM. Selain itu, SSD dengan kapasitas ini juga bisa digunakan untuk menyimpan data berkapasitas yang besar.


Jika Anda membutuhkan penyimpan data yang sangat banyak, pilihlah SSD yang kapasitasnya bisa di-upgrade. Namun, bila Anda ingin merekam dan mengedit game, pertimbangkan kapasitas SSD yang telah ditentukan oleh produsen game tersebut.

Kapasitas 1 TB atau lebih, cocok untuk content creator dan profesional

Kapasitas 1 TB atau lebih, cocok untuk content creator dan profesional

Pekerjaan seperti edit foto dan video menuntut penyimpanan data yang besar. Jika Anda membutuhkan SSD untuk membaca data berukuran besar, kami merekomendasikan kapasitas antara 512 GB–1 TB. 


Agar komputer dapat bekerja lebih efisien, Anda bisa menggunakan SSD untuk menyimpan data yang belum diedit serta memprosesnya. Setelah diedit, data tersebut dapat Anda simpan di HDD yang juga berkapasitas 1 TB. Jadi, SSD dapat Anda fokuskan untuk membaca data sehingga prosesnya pun akan lebih cepat.

Ketahui kecepatan SSD dalam membaca dan menulis data

Ketahui kecepatan SSD dalam membaca dan menulis data

Karena terdapat perbedaan kecepatan baca atau tulis pada setiap produk SSD, perhatikan juga spesifikasi yang tertera. Apabila SSD tertulis 550 mbps, berarti SSD tersebut mempunyai kecepatan standar maksimum 550 mbps. Makin besar angka yang tertulis, makin tinggi juga tingkat kecepatannya.


Meski begitu, kecepatan transfer maksimum yang tertera pada SSD belum tentu berlaku pada semua komputer. Kecepatan tersebut akan Anda peroleh jika komputer Anda memiliki spesifikasi yang sesuai. Karena itu, kami menyarankan Anda untuk mencari review dari pengguna lainnya.

10 Rekomendasi SSD terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk SSD terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitasproduk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yosua Surojo.

Gambar produk
1
Adata Ultimate SU650 Solid State Drive 1

Adata

2
Adata XPG SX8200 Pro PCIe Gen3x4 M.2 2280 Solid State Drive 1

Adata

3
Western Digital SanDisk Ultra 3D SSD  1

Western Digital

4
V-GeN V-GeN SSD M.2 NVMe 1

V-GeN

5
Samsung Portable SSD T7 1

Samsung

6
RX7  SSD Apocalypse SATA III 1

RX7

7
Samsung 860 EVO SATA M.2 SSD 1

Samsung

8
Crucial P2 500GB PCIe M.2 2280 SSD 1

Crucial

9
Western Digital SanDisk Extreme Pro Portable SSD 1

Western Digital

10
Adata XPG SD700X External SSD 1

Adata

Nama produk

Ultimate SU650 Solid State Drive

XPG SX8200 Pro PCIe Gen3x4 M.2 2280 Solid State Drive

SanDisk Ultra 3D SSD

V-GeN SSD M.2 NVMe

Portable SSD T7

SSD Apocalypse SATA III

860 EVO SATA M.2 SSD

P2 500GB PCIe M.2 2280 SSD

SanDisk Extreme Pro Portable SSD

XPG SD700X External SSD

Keunggulan

Kompatibel dengan banyak perangkat, kinerja optimal dan stabil

SSD dengan performa bagus untuk para gamer dan profesional

Tahan terhadap guncangan dan getaran

SSD NVMe dengan pilihan kapasitas terlengkap

SSD portabel super cepat dengan suhu stabil

SSD internal yang ramah di kantong

Dengan sistem keamanan berbasis enkripsi agar data terlindungi

Menjamin tingkat kecepatan transfer data yang tinggi

SSD eksternal dengan kecepatan transfer hingga 1.050 MBps

Gaming jadi lebih leluasa dengan SSD yang tangguh

Harga mulai dariRp 255.000,00Rp 635.000,00Rp 899.000,00Rp 340.000,00Rp 1.848.000,00Rp 249.900,00Rp 1.490.000,00Rp 764.000,00Rp 1.303.100,00Rp 1.392.000,00
Tipe konektorSATA 3M.2 NVMe 1.3 PCIe Gen 3 x 4 SATA 3M.2 NVMe 1.3 , PCIe Gen 3.0 x 4USB 3.2 Gen 2SATA 3M.2 SATAM.2 NVMe PCIe Gen 3 x 4USB 3.1 Gen 2USB 3.2 Gen1
Ketebalan0,7 cm0,35 cm0,71 cm0,23 cm 0,8 cm0,7 cm0,69 cm0,1 cm1,02 cm1,39 cm
KecepatanBaca: 520 MBps . Tulis: 450 MBpsBaca: 3500 MBps . Tulis: 3000 MBpsBaca: 550 MBps . Tulis: 525 MBpsBaca: 3500 MBps. Tulis 2500 MBpsBaca: 1050 MBps. Tulis: 1000 MBpsBaca: 550 MBps. Tulis: 470 MBpsBaca: 550 MBps . Tulis: 520 MBpsBaca: 2300 MBps . Tulis: 940 MBps1050 MBpsBaca: 440 MBps. Tulis: 430 MBps
Ukuran10 cm x 6,9 cm x 0,7 cm8 cm x 2,2 cm x 0,35 cm10 cm x 6,96 cm x 0,71 cm8,01 cm x 2,21 cm x 0,23 cm8,5 cm x 5,7 cm x 0,8 cm2,5 inch10 cm x 6,98 cm x 0,69 cm8 cm x 2,2 cm x 0,1 cm11 cm x 5,57 cm x 1,02 cm8,35 cm x 8,35 cm x 1,39 cm
Kapasitas120 GB, 240 GB, 256 GB, 480 GB, 512 GB, 960 GB256 GB, 512 GB, 1 TB, 2 TB250 GB, 500 GB, 1 TB, 2 TB, 4 TB128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB, 2 TB500 GB, 1TB, 2 TB128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB, 2 TB250 GB, 500 GB, 1 TB, 2 TB, 4 TB250 GB, 500 GB, 1 TB500 GB, 1TB, 2 TB256 GB, 512 GB, 1 TB
Tautan produk
10
Tipe konektorUSB 3.2 Gen1
Ketebalan1,39 cm
KecepatanBaca: 440 MBps. Tulis: 430 MBps
Ukuran8,35 cm x 8,35 cm x 1,39 cm
Kapasitas256 GB, 512 GB, 1 TB
9

Western DigitalSanDisk Extreme Pro Portable SSD

Mulai dari Rp 1.303.100,00

Tipe konektorUSB 3.1 Gen 2
Ketebalan1,02 cm
Kecepatan1050 MBps
Ukuran11 cm x 5,57 cm x 1,02 cm
Kapasitas500 GB, 1TB, 2 TB
8

CrucialP2 500GB PCIe M.2 2280 SSD

CT500P2SSD8

Mulai dari Rp 764.000,00

Tipe konektorM.2 NVMe PCIe Gen 3 x 4
Ketebalan0,1 cm
KecepatanBaca: 2300 MBps . Tulis: 940 MBps
Ukuran8 cm x 2,2 cm x 0,1 cm
Kapasitas250 GB, 500 GB, 1 TB
7
Tipe konektorM.2 SATA
Ketebalan0,69 cm
KecepatanBaca: 550 MBps . Tulis: 520 MBps
Ukuran10 cm x 6,98 cm x 0,69 cm
Kapasitas250 GB, 500 GB, 1 TB, 2 TB, 4 TB
6

RX7 SSD Apocalypse SATA III

128 GB

Mulai dari Rp 249.900,00

Tipe konektorSATA 3
Ketebalan0,7 cm
KecepatanBaca: 550 MBps. Tulis: 470 MBps
Ukuran2,5 inch
Kapasitas128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB, 2 TB
5
Tipe konektorUSB 3.2 Gen 2
Ketebalan 0,8 cm
KecepatanBaca: 1050 MBps. Tulis: 1000 MBps
Ukuran8,5 cm x 5,7 cm x 0,8 cm
Kapasitas500 GB, 1TB, 2 TB
4
Tipe konektorM.2 NVMe 1.3 , PCIe Gen 3.0 x 4
Ketebalan0,23 cm
KecepatanBaca: 3500 MBps. Tulis 2500 MBps
Ukuran8,01 cm x 2,21 cm x 0,23 cm
Kapasitas128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB, 2 TB
3

Western DigitalSanDisk Ultra 3D SSD

Mulai dari Rp 899.000,00

Tipe konektorSATA 3
Ketebalan0,71 cm
KecepatanBaca: 550 MBps . Tulis: 525 MBps
Ukuran10 cm x 6,96 cm x 0,71 cm
Kapasitas250 GB, 500 GB, 1 TB, 2 TB, 4 TB
2

AdataXPG SX8200 Pro PCIe Gen3x4 M.2 2280 Solid State Drive

Mulai dari Rp 635.000,00

Tipe konektorM.2 NVMe 1.3 PCIe Gen 3 x 4
Ketebalan0,35 cm
KecepatanBaca: 3500 MBps . Tulis: 3000 MBps
Ukuran8 cm x 2,2 cm x 0,35 cm
Kapasitas256 GB, 512 GB, 1 TB, 2 TB
1

AdataUltimate SU650 Solid State Drive

Mulai dari Rp 255.000,00

Tipe konektorSATA 3
Ketebalan0,7 cm
KecepatanBaca: 520 MBps . Tulis: 450 MBps
Ukuran10 cm x 6,9 cm x 0,7 cm
Kapasitas120 GB, 240 GB, 256 GB, 480 GB, 512 GB, 960 GB

Pertanyaan umum seputar SSD

Pertanyaan umum seputar SSD

Berikut ini adalah pertanyaan yang sering membuat orang-orang bingung saat memilih SSD. Semoga dapat menjawab pertanyaan Anda, ya.

Berapa lama SSD bisa digunakan?

Kemampuan baca/tulis data pada SSD memiliki batas tertentu. Biasanya, SSD mempunyai batas usia pemakaian hingga 5 tahun. Banyak produsen yang juga memberi garansi produk selama 5 tahun. Namun, batas usia SSD ini juga dipengaruhi oleh cara pemakaian Anda.


Waktu pakai selama 5 tahun itu disimpulkan dengan asumsi Anda memproses sebanyak 36,5 TB data. Jadi, bila Anda hanya memproses data sebanyak 20 GB per hari, SSD Anda akan bertahan hingga 5 tahun. Namun, akan lebih baik jika Anda mencari informasi detail mengenai masa pakai SSD yang Anda beli.

Bisakah menggunakan SSD dan HDD secara bersamaan?

Anda bisa menggunakan SSD dan HDD secara bersamaan selama motherboard perangkat Anda memiliki colokan HDD dan slot SDD. SSD bisa digunakan untuk mempercepat kinerja sistem dan aplikasi,  sedangkan HDD untuk menyimpan data yang besar.

Bisakah SSD meningkatkan FPS?

SSD tidak meningkatkan FPS secara langsung, tetapi dapat membantu mencegah stuttering atau tersendat-sendat saat memainkan game yang berat. Anda bisa memainkan game dengan lebih lancar karena data game akan dibuka dan dimuat ke permainan dengan lebih cepat.

Baca juga rekomendasi media perekam data lainnya di sini

Kami sudah pernah mengulas beberapa produk penyimpan data, seperti HDD atau SD Card. Silakan klik tautan berikut ini untuk mendapatkan referensi lebih luas tentang media perekam data.

Kesimpulan

Setiap orang ingin dapat menggunakan komputernya dengan efektif dan efisien. Karena itu, banyak orang yang membutuhkan perangkat tambahan untuk memaksimalkan kinerja komputernya, misalnya dengan menggunakan SSD. 


Mengganti HDD dengan SSD akan membuat kerja komputer Anda menjadi lebih cepat dan lebih baik. Oleh sebab itu, pilihlah SSD yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga dengan ulasan ini, Anda bisa menemukan SSD yang tepat.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Hard Disk Internal Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hard Disk Internal Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Hard disk internal atau internal HDD berguna sebagai alat penyimpanan data. Dengan begitu, Anda dapat menyimpan banyak file penting dan data dari perangkat lunak di device Anda. Ada berbagai jenis hard disk internal yang bisa Anda temukan di pasaran. Bagi orang awam, hal ini mungkin akan membingungkan.Kami akan merekomendasikan produk hard disk internal yang bagus dari berbagai merek. Ada dari Western Digital, Toshiba, Seagate, dan juga HGST. Kami juga akan mengulas poin penting untuk memilih hard disk internal. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo.
    Media penyimpanan data
  • 10 Hard Disk Eksternal Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hard Disk Eksternal Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Hard disk eksternal atau HDD eksternal merupakan perangkat yang dapat membantu Anda menyimpan berbagai data penting. Produk ini berguna untuk Anda yang memiliki banyak data dan device yang sering digunakan. Hard disk eksternal memiliki kapasitas, kompabilitas, dan fitur yang berbeda-beda sehingga mungkin membingungkan Anda dalam memilih.Nah, kami akan berbagi tips memilih hard disk eksternal yang bagus. Produk external HDD terbaik dari merek Toshiba, Transcend, Western Digital, dan Seagate ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Disimak sampai habis, ya.
    Media penyimpanan data
  • 10 SSD External Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 SSD External Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    SSD external sering menjadi pilihan media penyimpanan yang praktis. Selain memiliki transfer data yang cepat, SSD juga mudah dibawa ke mana-mana. Saat ini, Anda bisa dengan mudah menemukan SSD yang ekonomis dengan kapasitas, ukuran, hingga kecepatan transfer yang beragam.Kami akan memperkenalkan cara memilih SSD external yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek SSD eksternal terbaik keluaran Samsung, Sandisk, Kingston, dan lainnya. Semua produk ini bisa digunakan baik di Windows ataupun Mac. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Selamat membaca!
    Media penyimpanan data
  • 10 USB Flash Drive OTG Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 USB Flash Drive OTG Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    USB flash drive atau flashdisk OTG (on-the-go) memiliki kapasitas penyimpanan besar dan berukuran kecil sehingga mudah dibawa. Flashdisk OTG cocok digunakan untuk memindahkan file lagu, video, atau file lainnya dari komputer ke gadget. Anda bisa menemukan beragam merek flashdisk OTG yang bagus, seperti SanDisk, Kingston, atau Samsung.Banyaknya jenis flashdisk OTG dengan berbagai keistimewaannya malah mungkin membuat Anda kebingungan saat hendak membelinya. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi flashdisk OTG terbaik. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Silakan disimak!
    Media penyimpanan data
  • 10 Flashdisk yang Bagus - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Flashdisk yang Bagus - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk kebutuhan pemindahan data pada komputer, diperlukan memori eksternal yang praktis. Flashdisk atau USB flash drive merupakan perangkat external storage yang tergolong praktis untuk penyimpanan dan pemindahan data. Di pasaran terdapat berbagai macam jenis flashdisk dengan berbagai spesifikasi dan fitur yang berbeda.Kami akan memberi Anda tips memilih flashdisk yang bagus. Berbagai produk flashdisk terbaik dari merek seperti Toshiba, Kingston, Transcend, hingga Western Digital ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak artikel ini sampai akhir dan temukan flashdisk terbaik sesuai kebutuhan Anda!
    Media penyimpanan data
  • 10 Rekomendasi Flashdisk Kingston Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Flashdisk Kingston Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kingston merupakan salah satu merek flashdisk terbaik saat ini. Ada berbagai seri flashdisk Kingston yang dapat Anda pilih, seperti Kyson, microDuo, dan Exodia. Karena ada berbagai pilihan dan fitur, Anda mungkin bingung menentukan pilihan.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih flashdisk Kingston yang bagus untuk Anda. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk terbaiknya yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Jadikanlah artikel ini sebagai referensi Anda dalam memilih flashdisk Kingston terbaik!
    Media penyimpanan data
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori