1. TOP
  2. >
  3. Komputer & laptop
  4. >
  5. Media penyimpanan data
  6. >
  7. 10 SSD Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 SSD Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 SSD Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 SSD Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 SSD Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 SSD Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 SSD Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023)

Sebagai media perekam data, solid state drive (SSD) dianggap mempunyai kemampuan lebih baik dibandingkan HDD. SSD sering digunakan sebagai media penyimpanan utama dengan tingkat kemampuan membaca dan menulis data yang cepat. Saat ini, ada banyak jenis SSD di pasaran dengan kapasitas dan karakter yang beragam. 


Agar Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilih produk SSD yang bagus. Selain itu, kami akan memberikan rekomendasi SSD terbaik, baik SSD internal maupun eksternal, seperti merek Sandisk, Adata, hingga Samsung. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Selamat membaca!

Diperbaharui 08-29-2022
Pakar
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016. Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Profil Yosua Surojo
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa perbedaan SSD dan HDD?

Apa perbedaan SSD dan HDD?
Sumber: adata.com
Pada dasarnya, SSD dan HDD memiliki fungsi yang sama, yaitu menyimpan data dan informasi pada komputer dan laptop. Perbedaan yang paling signifikan antara SSD dan HDD terletak pada teknologi konstruksinya

HDD menggunakan piringan cakram yang berputar saat memproses data dan bekerja secara magnetik seperti sistem kerja CD dan DVD. Sebaliknya, SSD menggunakan chip berteknologi non-volatile yang disebut flash NAND. Teknologi ini mampu menyimpan data walaupun tegangan dayanya dimatikan, sehingga tidak membutuhkan daya listrik yang besar dalam pengoperasiannya. 


Karena SSD tidak memiliki komponen yang bergerak saat memproses data, SSD lebih aman dari kerusakan akibat panas dan guncangan. Selain itu, sistem elektrik pada SSD dapat memproses data dengan lebih cepat dan tidak bising. 


Bahkan, SSD dapat mempercepat transfer data hingga 20x lebih cepat daripada HDD. Anda bisa membuka program tanpa perlu menunggu proses booting terlalu lama dan membuka banyak program secara bersamaan tanpa lagging.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih SSD

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih SSD adalah jenis konektor, kapasitas data, serta kecepatan SSD. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

① Sesuaikan jenis konektor dengan kebutuhan

Sebelum memilih produk, Anda perlu mengecek jenis konektor SSD yang sesuai dengan perangkat komputer Anda. Untuk lebih jelasnya, silakan simak pembahasan kami.

SATA, konektor standar pada komputer dan konsol game

SATA, konektor standar pada komputer dan konsol game
Sumber: samsung.com

SATA adalah salah satu model SSD pertama yang tersedia di pasaran. SSD ini memiliki bentuk, ukuran, dan konektor yang sama dengan HDD, yaitu form factor 2,5 inci. Form factor secara sederhana merupakan bentuk dan ukuran fisik dari sebuah perangkat keras. Jika Anda memiliki komputer, laptop, atau konsol game yang sebelumnya menggunakan HDD, Anda bisa menggantinya dengan SDD ini.


SATA memiliki beberapa tipe, yaitu SATA 1, SATA 2, dan SATA 3. Makin tinggi tipenya, kecepatan transfernya juga makin tinggi. Berikut adalah kecepatan transfer dari setiap tipe SATA:


  • SATA 1.0: 1,5 Gb/s, 150 MB/s
  • SATA 2.0: 3 Gb/s, 300 MB/s
  • SATA 3.0: 6 Gb/s, 600 MB/s


SSD SATA masih memerlukan kabel SATA untuk memasangnya pada komputer atau laptop. Jika Anda hendak menggunakannya untuk PS4, pilihlah konektor berukuran 7 mm atau kurang.

mSATA, SATA versi mini untuk laptop dan tablet

mSATA, SATA versi mini untuk laptop dan tablet
Sumber: adata.com

Kelebihan SSD ini terletak pada bentuknya yang mini sehingga bisa digunakan untuk perangkat berukuran kecil. Pada beberapa laptop ultrabook dan tablet, mSATA dapat digunakan sebagai drive utama untuk menjalankan sistem operasi. SSD mSATA terbaru memiliki kapasitas penyimpanan hingga 1 TB, sedangkan kecepatan membaca dan menulis data hingga 6 Gb/s.


Meskipun harganya lebih ekonomis, performanya tidak kalah dengan SSD SATA. Konsumsi dayanya pun lebih rendah. Bila perangkat Anda memiliki slot mSATA, Anda dapat meningkatkan kinerja sistem dengan menambahkan SSD mSATA pada perangkat Anda.

M.2, kecepatan transfernya lebih cepat

M.2 merupakan salah satu form factor terbaru dan terlaris untuk SSD. Slot M.2 ini menempel di motherboard pada perangkat Anda tanpa kabel untuk pengoperasiannya. Penting untuk diingat, M.2 ini merupakan form factor saja. Hal yang menentukan kecepatan SSD tipe ini adalah konektornya. Berikut tipe-tipe konektor pada form factor M.2:

  • M.2 SATA SSD
M.2 SATA memiliki kecepatan yang sama dengan SSD SATA, yaitu maksimal 600 MB/s. Perbedaannya terletak pada slot yang digunakan menggunakan slot M.2 sehingga terlihat lebih rapi karena tidak ada kabel yang menjuntai.

  • M.2 PCIe SSD
Kecepatan transfer pada jalur PCIe jauh lebih cepat dibandingkan jalur SATA. Slot PCIe hadir dalam konfigurasi fisik yang berbeda, seperti x1, x4, x8, x16, x32. Angka setelah x artinya ada berapa banyak jalur yang dimiliki slot PCIe. Makin banyak jalurnya, makin tinggi pula kecepatan transfer datanya.

  • M.2 NVMe SSD
NVMe bukanlah tipe koneksi, melainkan protokol yang menggunakan koneksi PCIe yang sudah ada sebelumnya. Berbeda dengan M.2 SATA SSD yang menggunakan jalur SATA saat beroperasi, SSD M.2 NVMe menggunakan jalur PCIe saat bekerja. Saat ini, kecepatan maksimum SSD NVMe PCIe 3.0 (Gen 3) mencapai 3.500 MB/s. Sementara itu, SSD NVMe PCIe 4.0 (Gen 4) dapat mencapai hingga 7.500 MB/s.

Ukuran dan bentuk kunci pada setiap konektor M.2 berbeda-beda. Jika perangkat Anda memiliki slot M.2, sebelum membeli SSD periksa terlebih dahulu apakah mendukung NVMe, SATA, atau keduanya.


Ingin tahu lebih jauh mengenai SSD tipe konektor M.2? Simak artikel berikut ini!

Eksternal portabel SSD, praktis digunakan dengan konektor berupa USB

Ada juga SSD eksternal yang dapat dihubungkan via USB. SSD ini adalah pilihan yang praktis dan mudah digunakan, baik pada perangkat komputer maupun game konsol. Supaya kecepatan transfernya tinggi, interface-nya harus kompatibel dengan USB 3.0 atau lebih


Selain itu, harap diingat bahwa SSD eksternal ini tidak kompatibel dengan USB yang menggunakan full size interface. Di sisi lain, ada beberapa komputer yang hanya memiliki port USB tipe C. Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal tersebut.


Kami juga sudah mengulas tentang SSD eksternal portabel secara lengkap. Simak artikelnya di bawah ini.

② Pilih berdasarkan kapasitas data yang diperlukan

Selanjutnya, hal lain yang harus diperhatikan saat memilih SSD adalah melihat kapasitas SSD itu sendiri. Silakan pilih kapasitas yang sesuai kebutuhan Anda.

Kapasitas 128–256 GB, cukup untuk OS/system storage

Kapasitas 128–256 GB, cukup untuk OS/system storage

Salah satu fungsi SSD adalah untuk mempercepat proses startup atau booting pada komputer dan meningkatkan performa pada sistem OS. Jika Anda menggunakan SSD dengan tujuan tersebut, kami merekomendasikan SSD yang berkapasitas 128 GB hingga 256 GB. Namun, jika Anda juga menggunakan SSD sebagai media penyimpanan data sistem, kami menyarankan Anda memilih SSD berkapasitas 256 GB.

Kapasitas lebih dari 512 GB, untuk menyimpan data game

Kapasitas lebih dari 512 GB, untuk menyimpan data game

SSD 512 GB ke atas direkomendasikan untuk Anda yang gemar mengunduh beragam game, seperti game online atau STEAM. Selain itu, SSD dengan kapasitas ini juga bisa digunakan untuk menyimpan data berkapasitas yang besar.


Jika Anda membutuhkan penyimpan data yang sangat banyak, pilihlah SSD yang kapasitasnya bisa di-upgrade. Namun, bila Anda ingin merekam dan mengedit game, pertimbangkan kapasitas SSD yang telah ditentukan oleh produsen game tersebut.

Kapasitas 1 TB atau lebih, cocok untuk content creator dan profesional

Kapasitas 1 TB atau lebih, cocok untuk content creator dan profesional

Pekerjaan seperti edit foto dan video menuntut penyimpanan data yang besar. Jika Anda membutuhkan SSD untuk membaca data berukuran besar, kami merekomendasikan kapasitas antara 512 GB–1 TB. 


Agar komputer dapat bekerja lebih efisien, Anda bisa menggunakan SSD untuk menyimpan data yang belum diedit serta memprosesnya. Setelah diedit, data tersebut dapat Anda simpan di HDD yang juga berkapasitas 1 TB. Jadi, SSD dapat Anda fokuskan untuk membaca data sehingga prosesnya pun akan lebih cepat.

③ Ketahui kecepatan SSD dalam membaca dan menulis data

Ketahui kecepatan SSD dalam membaca dan menulis data

Karena terdapat perbedaan kecepatan baca atau tulis pada setiap produk SSD, perhatikan juga spesifikasi yang tertera. Apabila SSD tertulis 550 mbps, berarti SSD tersebut mempunyai kecepatan standar maksimum 550 mbps. Makin besar angka yang tertulis, makin tinggi juga tingkat kecepatannya.


Meski begitu, kecepatan transfer maksimum yang tertera pada SSD belum tentu berlaku pada semua komputer. Kecepatan tersebut akan Anda peroleh jika komputer Anda memiliki spesifikasi yang sesuai. Karena itu, kami menyarankan Anda untuk mencari review dari pengguna lainnya.

10 Rekomendasi SSD terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk SSD terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitasproduk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Adata

Ultimate SU650 Solid State Drive

Adata Ultimate SU650 Solid State Drive 1枚目

Kompatibel dengan banyak perangkat, kinerja optimal dan stabil

2

Adata

XPG SX8200 Pro PCIe Gen3x4 M.2 2280 Solid State Drive

Adata XPG SX8200 Pro PCIe Gen3x4 M.2 2280 Solid State Drive 1枚目

SSD dengan performa bagus untuk para gamer dan profesional

3

Western Digital

SanDisk Ultra 3D SSD

Western Digital SanDisk Ultra 3D SSD  1枚目

Tahan terhadap guncangan dan getaran

4

V-GeN

V-GeN SSD M.2 NVMe

V-GeN V-GeN SSD M.2 NVMe 1枚目

SSD NVMe dengan pilihan kapasitas terlengkap

5

Samsung

Portable SSD T7

Samsung Portable SSD T7 1枚目

SSD portabel super cepat dengan suhu stabil

6

RX7

SSD Apocalypse SATA III

RX7  SSD Apocalypse SATA III 1枚目

SSD internal yang ramah di kantong

7

Samsung

860 EVO SATA M.2 SSD

Samsung 860 EVO SATA M.2 SSD 1枚目

Dengan sistem keamanan berbasis enkripsi agar data terlindungi

8

Crucial

P2 500GB PCIe M.2 2280 SSD

Crucial P2 500GB PCIe M.2 2280 SSD 1枚目

Menjamin tingkat kecepatan transfer data yang tinggi

9

Western Digital

SanDisk Extreme Pro Portable SSD

Western Digital SanDisk Extreme Pro Portable SSD 1枚目

SSD eksternal dengan kecepatan transfer hingga 1.050 MBps

10

Adata

XPG SD700X External SSD

Adata XPG SD700X External SSD 1枚目

Gaming jadi lebih leluasa dengan SSD yang tangguh

Perincian produk
Close
No.1

AdataUltimate SU650 Solid State Drive

Mulai dari Rp255.000,00

Kompatibel dengan banyak perangkat, kinerja optimal dan stabil

SSD dari Adata ini direkomendasikan bagi Anda yang memiliki perangkat dengan slot HDD atau form factor 2,5 inci. Produk ini mengaplikasikan teknologi 3D NAND Flash, high speed controller, fitur caching SLC yang canggih, serta tahan guncangan.


Selain itu, SSD ini juga menyematkan teknologi advanced error correction yang berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja dan integritas data. Bila Anda ingin meningkatkan kinerja perangkat Anda secara signifikan dengan harga yang terjangkau, SSD ini bisa Anda jadikan pilihan.

No.2

AdataXPG SX8200 Pro PCIe Gen3x4 M.2 2280 Solid State Drive

Mulai dari Rp635.000,00

SSD dengan performa bagus untuk para gamer dan profesional

SSD dari Adata ini memiliki kecepatan baca/tulis hingga 3500 MBps/3000 MBps. Tingkat efisiensi dayanya yang unggul dan pengontrol panasnya yang efektif membuat SSD ini tidak overheat saat digunakan. SSD ini juga mendukung spesifikasi NVMe 1.3 yang dilengkapi dengan perlindungan data dari ujung ke ujung.

Dilengkapi dengan pengontrol SMI SM2262EN dan fitur caching SLC, SSD ini memiliki performa dan efisiensi data yang lebih baik. SSD ini cocok untuk para gamer dan profesional yang membutuhkan performa terbaik dan kapasitas yang besar.

No.3

Western DigitalSanDisk Ultra 3D SSD

Mulai dari Rp899.000,00

Tahan terhadap guncangan dan getaran

Anda membutuhkan SSD yang awet dan tahan lama? Sandisk Ultra SSD 3D dapat menjadi pilihan tepat. Produk ini diklaim tetap stabil pada suhu panas serta didesain mampu menahan guncangan dan getaran. Dengan demikian, data Anda tetap aman meskipun komputer terjatuh.


Selain itu, SSD ini menggunakan teknologi 3D NAND yang membuatnya tetap dingin. Konsumsi dayanya juga tidak besar. Alhasil, usia baterai laptop Anda akan lebih panjang. Selain itu, kecepatannya dalam membaca data membuat produk ini cocok untuk game serta edit foto dan video beresolusi tinggi.

No.4

V-GeNV-GeN SSD M.2 NVMe

Mulai dari Rp340.000,00

SSD NVMe dengan pilihan kapasitas terlengkap

V-Gen merupakan merek yang sudah lama memproduksi produk storage device, seperti microSD, USB Flashdisk, hingga SSD. SSD dari V-Gen ini menggunakan konektor NVMe PCIe Gen 3.0 sehingga performanya cukup cepat.


Meski tidak disematkan banyak fitur tambahan lainnya, SSD ini menyediakan plihan kapasitas yang beragam sesuai kebutuhan Anda. Ada kapasitas 128 GB untuk pekerjaan kasual hingga 2 TB untuk Anda yang membutuhkan storage lebih besar.

No.5

SamsungPortable SSD T7

Mulai dari Rp1.848.000,00

SSD portabel super cepat dengan suhu stabil

Produk ini dibekali teknologi NVMe PCIe sehingga Anda bisa melakukan transfer file yang besar dalam hitungan detik. Sistem keamanan hardware SSD ini juga sudah menggunakan AES 256-bit encrypted password.


Tak hanya itu, produk ini memiliki fitur Dynamic Thermal Guard yang berguna untuk menahan dan mengontrol panas. SSD ini akan selalu berada di suhu optimal bahkan pada kecepatan tinggi. Bila Anda bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama, SSD ini cocok untuk Anda.

No.6

RX7 SSD Apocalypse SATA III128 GB

Mulai dari Rp249.900,00

SSD internal yang ramah di kantong

Bagi Anda yang menggunakan laptop untuk pekerjaan kantor dan membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar, SSD ini bisa Anda pertimbangkan. SSD dari RX7 ini memiliki banyak pilihan kapasitas penyimpanan dan memiliki kecepatan yang sesuai dengan deskripsi produk.


SSD ini memiliki kecepatan 10x lebih cepat dari kecepatan HDD pada umumnya. Proses booting laptop dan komputer Anda akan jauh lebih cepat. Harganya pun tidak membuat kantong Anda bolong, bisa dibilang SSD ini termasuk yang termurah di kelasnya.

No.7

Samsung860 EVO SATA M.2 SSD

Mulai dari Rp1.490.000,00

Dengan sistem keamanan berbasis enkripsi agar data terlindungi

Bila Anda menggunakan SSD untuk menyimpan data yang bersifat penting dan rahasia, SSD 860 EVO bisa menjadi pilihan. Produk ini didukung dengan perangkat AES 256-bit yang kompatibel dengan TCG Opal dan IEEE 1667. Fitur tersebut akan melindungi data yang tersimpan di dalam SSD. Menariknya lagi, SSD ini bisa digunakan pada PS4.

No.8

CrucialP2 500GB PCIe M.2 2280 SSDCT500P2SSD8

Mulai dari Rp764.000,00

Menjamin tingkat kecepatan transfer data yang tinggi

SSD dengan kecepatan transfer data yang tinggi akan dibutuhkan oleh orang-orang yang aktivitasnya padat. Jika Anda termasuk di antaranya, produk ini bisa menjadi pilihan. Konektornya yang berjenis M.2 mampu mentransfer data dengan kecepatan yang tinggi.


Anda tidak perlu ragu mengenai kualitasnya karena produk ini telah menjalani berbagai rangkaian pengujian. Tak hanya itu, SSD ini juga dilengkapi dengan buku panduan yang dirancang agar mudah dimengerti. Alhasil, Anda tidak akan merasa kesulitan saat memasangnya.

No.9

Western DigitalSanDisk Extreme Pro Portable SSD

Mulai dari Rp1.303.100,00

SSD eksternal dengan kecepatan transfer hingga 1.050 MBps

Kami merekomendasikan produk satu ini untuk Anda yang mencari SSD eksternal dengan kecepatan transfer tinggi. Memiliki teknologi NVMe, SSD ini mempunyai kecepatan transfer hingga 1.050 MBps. Namun, harap diingat bahwa performa tersebut juga dipengaruhi oleh kapasitas drive, perangkat host, dan OS.


Desain SSD ini diklaim sangat kukuh dengan bodi yang terbuat aluminium tempa. Fungsinya untuk melindungi inti SSD dan mengurangi panas. Selain itu, SSD ini juga sudah teruji mampu menahan tekanan air hingga 30 kPa selama 3 menit. Jadi, Anda bisa membawanya saat berpergian ke berbagai tempat dengan beragam kondisi.

No.10

AdataXPG SD700X External SSD

Mulai dari Rp1.392.000,00

Gaming jadi lebih leluasa dengan SSD yang tangguh

Bila Anda seorang gamer yang membutuhkan SSD tangguh untuk gaming, Anda bisa memilih produk ini. Kecepatan baca/tulis SSD ini empat kali lebih tinggi dibandingkan HDD internal yang ada di Xbox One dan PS4. Alhasil, Anda tidak perlu berlama-lama menunggu proses loading game yang ingin dimainkan.


XPG SD700X merupakan SSD gaming pertama yang bersertifikat IP68 dengan fitur waterproof, dustproof, dan shockproof sesuai standar US Army. Bahkan, SSD ini diklaim mampu bertahan di dalam air dengan kedalaman 1,5 meter selama 1 jam!

Pertanyaan umum seputar SSD

Pertanyaan umum seputar SSD

Berikut ini adalah pertanyaan yang sering membuat orang-orang bingung saat memilih SSD. Semoga dapat menjawab pertanyaan Anda, ya.

Berapa lama SSD bisa digunakan?

Kemampuan baca/tulis data pada SSD memiliki batas tertentu. Biasanya, SSD mempunyai batas usia pemakaian hingga 5 tahun. Banyak produsen yang juga memberi garansi produk selama 5 tahun. Namun, batas usia SSD ini juga dipengaruhi oleh cara pemakaian Anda.


Waktu pakai selama 5 tahun itu disimpulkan dengan asumsi Anda memproses sebanyak 36,5 TB data. Jadi, bila Anda hanya memproses data sebanyak 20 GB per hari, SSD Anda akan bertahan hingga 5 tahun. Namun, akan lebih baik jika Anda mencari informasi detail mengenai masa pakai SSD yang Anda beli.

Bisakah menggunakan SSD dan HDD secara bersamaan?

Anda bisa menggunakan SSD dan HDD secara bersamaan selama motherboard perangkat Anda memiliki colokan HDD dan slot SDD. SSD bisa digunakan untuk mempercepat kinerja sistem dan aplikasi,  sedangkan HDD untuk menyimpan data yang besar.

Bisakah SSD meningkatkan FPS?

SSD tidak meningkatkan FPS secara langsung, tetapi dapat membantu mencegah stuttering atau tersendat-sendat saat memainkan game yang berat. Anda bisa memainkan game dengan lebih lancar karena data game akan dibuka dan dimuat ke permainan dengan lebih cepat.

Baca juga rekomendasi media perekam data lainnya di sini

Kami sudah pernah mengulas beberapa produk penyimpan data, seperti HDD atau SD Card. Silakan klik tautan berikut ini untuk mendapatkan referensi lebih luas tentang media perekam data.

Kesimpulan

Setiap orang ingin dapat menggunakan komputernya dengan efektif dan efisien. Karena itu, banyak orang yang membutuhkan perangkat tambahan untuk memaksimalkan kinerja komputernya, misalnya dengan menggunakan SSD. 


Mengganti HDD dengan SSD akan membuat kerja komputer Anda menjadi lebih cepat dan lebih baik. Oleh sebab itu, pilihlah SSD yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga dengan ulasan ini, Anda bisa menemukan SSD yang tepat.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer