1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Bumbu & bahan masakan
  6. >
  7. 10 Tepung Tempura Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Tepung Tempura Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Tepung Tempura Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Tepung Tempura Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Tepung Tempura Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Tepung Tempura Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Tepung Tempura Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023)

Tempura adalah masakan Jepang sejenis gorengan yang dibalut tepung. Bahan dasarnya sangat beragam, seperti udang, cumi-cumi, dan sayuran. Anda bisa membuat tempura dengan memakai tepung tempura instan, seperti dari merek Nisshin, MamaSuka, dan Beksul. Anda juga akan menemukan tepung tempura Jepang serta Korea.


Kali ini kami akan memaparkan sepuluh rekomendasi tepung tempura terbaik. Namun, simak dahulu cara memilihnya agar tempura dapat sesuai dengan selera Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy. Baca sampai selesai dan temukan tepung tempura yang enak dan bisa menggoyang lidah Anda!

Diperbaharui 09-13-2022
Pakar
Home Cook, Influencer
Mariska Tracy

Mantan wartawan salah satu majalah remaja terbesar di Indonesia ini pernah menulis buku nonfiksi dan fiksi. Mariska juga pernah menjadi content writer di sebuah online travel agent. Setelah menikah, Mariska aktif memasak dan baking. Ia kerap berbagi resep masak dan baking di Instagram melalui foto dan video masak. Dari hobi tersebut, akhirnya Mariska aktif mengikuti aneka lomba fotografi makanan dan lomba memasak. Ia cukup sering pula meraih gelar juara. Mariska kemudian ikut MasterChef Indonesia dan berhasil menjadi finalis di MasterChef Indonesia season 7, hingga menduduki peringkat Top 10. Kini, Mariska aktif menjadi content creator di bidang memasak. Selain aktif berbagi resep, Mariska juga kerap me-review aneka jajanan, aneka produk memasak, cookware, dan aneka peralatan dapur.

Profil Mariska Tracy
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa manfaat menggunakan tepung tempura instan?

Tempura merupakan jenis makanan yang mudah dibuat karena tidak memerlukan teknik khusus dalam memasaknya. Dibandingkan meracik tepung tempura sendiri, akan lebih praktis kalau Anda menggunakan tepung tempura instan. Rasanya pun tidak kalah lezat. Jika Anda masih ragu, berikut manfaat menggunakan tepung tempura instan.

Bisa ditakar sesuai keinginan

Bisa ditakar sesuai keinginan

Tepung tempura hanya perlu ditambahkan air saja sebelum digunakan. Anda pun bisa menakar sendiri sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin menggoreng tempura hanya untuk bekal makan siang, Anda bisa menggunakannya sebagian saja. Setelah itu, sisa dari tepung tempura bisa disimpan kembali.


Karena itu, pilihlah kemasan tepung tempura yang memiliki zipper lock agar mudah dibuka dan ditutup kembali. Jika Anda membeli tepung tempura dalam kemasan besar, siapkan wadah tertutup khusus untuk menyimpan sisa tepungnya.

Bisa dimasak dengan sedikit minyak

Bisa dimasak dengan sedikit minyak

Akhir-akhir ini banyak makanan olahan yang dibuat khusus agar tetap lezat meski digoreng menggunakan sedikit minyak. Hal tersebut karena meningkatnya kesadaran akan kesehatan dengan mengurangi asupan minyak. Selain itu, penggunaan minyak yang lebih sedikit juga akan memudahkan Anda membersihkan sisa penggorengan.


Namun, minyak yang digunakan juga jangan terlalu sedikit seperti ingin menumis. Anda bisa mencoba teknik shallow frying. Makanan yang digoreng tidak “tenggelam” di dalam minyak. Ukuran tinggi minyaknya kira-kira hanya sepertiga dari tinggi makanan.


Beberapa produsen tepung tempura pun berinovasi menciptakan produk yang tetap renyah dan lezat meski digoreng dengan sedikit minyak. Saat ini banyak jenis tepung tempura yang dijual di pasaran. Akan tetapi, tepung tempura yang menggunakan sedikit minyak akan lebih ekonomis dalam penggunaan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tepung tempura

Tepung tempura berbeda dengan tepung yang mungkin biasa Anda gunakan di rumah. Kandungan tepung kentang dan tepung beras membuat tempura bertekstur renyah. Berikut akan kami paparkan beberapa tips tentang cara memilih tepung tempura.

① Kenali bahan dasar tepung tempura

Umumnya bahan dasar dari tepung tempura adalah tepung terigu. Namun, ada beberapa produk yang menggunakan jenis tepung lainnya sebagai bahan dasar. Maka dari itu, rasa dan teksturnya bisa berbeda-beda.

Tepung beras: Untuk tekstur yang renyah

Tepung beras: Untuk tekstur yang renyah

Jika Anda ingin membuat tempura yang bertekstur renyah, pilihlah tepung tempura berbahan dasar tepung beras. Tepung tempura berbahan dasar tepung beras juga memiliki rasa yang lebih ringan. Tak heran bila jenis ini punya penggemar setia. Agar tidak terlalu keras, biasanya tepung beras dicampur dengan tepung terigu.


Kami juga telah mengulas beberapa rekomendasi tepung beras yang bisa Anda coba. Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Tepung besan: Untuk lapisan yang tebal

Tepung besan: Untuk lapisan yang tebal

Tepung besan adalah tepung yang terbuat dari kacang Arab. Nah, pakora adalah salah satu camilan khas India yang terbuat dari tepung kacang Arab ini. Pakora memiliki tekstur empuk dan lapisan tepung yang tebal. Kandungan protein yang tinggi pada tepung besan membuat Anda tidak memerlukan telur lagi untuk mendapatkan tekstur tersebut


Tepung besan yang juga bertekstur liat ini biasa dibumbui dengan beraneka rempah. Meski begitu, tepung besan masih cukup sulit ditemukan di Indonesia dan tidak terlalu familier. Namun, Anda tak perlu khawatir! Produsen-produsen lokal juga banyak berinovasi dalam membuat tepung tempura yang lezat.

② Temukan berbagai variasi tempura

Temukan berbagai variasi tempura

Tempura memang berasal dari Jepang, tetapi makanan ini juga ada di negara lain dengan nama yang berbeda. Misalnya, Anda akan menemukan tempura Korea yang disebut pula twigim dan tempura ala India yang disebut pakora. Karena asalnya beda, cita rasa tempura ini pun berbeda dengan tempura asli Jepang.


Jika Anda ingin merasakan variasi tempura dari daerah lain, Anda bisa mencari tepung tempura yang berasal dari negara tersebut. Tempura khas Jepang bisa dirasakan dari tepung merek Nisshin. Sementara itu, cita rasa tempura khas Korea bisa didapatkan dari merek Beksul.


Cara menikmati tempura di setiap negara juga berbeda-beda. Tempura khas Jepang bisa dimakan bersama udon atau soba dan dengan cocolan kecap manis. Di pihak lain, twigim dari Korea biasa dinikmati sebagai pelengkap tteokbokki atau dengan cocolan kecap asin.


Anda berencana menikmati tempura dengan kecap asin? Berikut ulasan rekomendasi kecap asin yang bisa Anda pilih untuk menikmati tempura.

③ Pertimbangkan yang bisa digunakan untuk membuat masakan lainnya

Pertimbangkan yang bisa digunakan untuk membuat masakan lainnya

Tepung tempura instan umumnya berbahan dasar tepung terigu dengan tambahan perpaduan bahan lainnya. Karena itu, Anda bisa menggunakan tepung tempura untuk memasak hidangan lain, seperti ayam goreng dan bakwan sayur. Piza, omelette, dan jajanan pasar pun bisa dibuat dengan tepung tempura bila Anda bisa kreatif


Produsen kadang mencantumkan resep kreasi di belakang kemasan sehingga Anda tak akan merasa bingung. Bila masih bimbang memilih produknya, Anda dapat menentukan dengan cara lain. Pikirkan dua atau lebih hidangan lain yang bisa dibuat dengan tepung tempura dan pilih produk yang tepat. Cara yang mudah dan praktis, bukan?

10 Rekomendasi tepung tempura terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tepung tempura terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Pondan Unifood

Tempura Batter Mix

Pondan Unifood Tempura Batter Mix 1枚目

Buat aneka tempura sayur jadi lebih renyah

2

Sriboga

Easy Mix Japanese Tempura

Sriboga Easy Mix Japanese Tempura 1枚目

Tempura lezat dengan tepung berkualitas yang non-MSG

3

MamaSuka

Tepung Tempura Krispi Ala Resto

MamaSuka Tepung Tempura Krispi Ala Resto  1枚目

Kriuk dan gurihnya seperti sajian asli ala restoran Jepang

4

Nisshin

Tempurako (Tepung Tempura)

Nisshin Tempurako (Tepung Tempura) 1枚目

Rasakan cita rasa tempura khas Jepang yang gurihnya lite

5

Lobo

Tempura Batter Mix

Lobo Tempura Batter Mix 1枚目

Komposisinya dimodifikasi, menghasilkan cita rasa yang khas

6

Beksul

Frying Mix for Cooking

Beksul Frying Mix for Cooking 1枚目

Crispy di luar hingga ke dalam!

7

Kruawangthip

Tempura Batter Mix Flour

Kruawangthip  Tempura Batter Mix Flour 1枚目

Diolah dengan teknologi tinggi sehingga higienitas terjaga

8

PakLong

Tempura Batter Mix

PakLong Tempura Batter Mix 1枚目

Cara mudah dan cepat membuat tempura lezat

9

msh

Tepung Tempura

msh Tepung Tempura 1枚目

Tempura ala Jepang dengan rasa rempah asli Indonesia

10

Asian Home Gourmet

Powder Mix for Tempura Batter

Asian Home Gourmet Powder Mix for Tempura Batter  1枚目

Porsinya pas untuk sekeluarga, hasilnya renyah seperti tempura khas Jepang

Perincian produk
Close
No.1

Pondan UnifoodTempura Batter Mix

Mulai dari Rp6.000,00

Buat aneka tempura sayur jadi lebih renyah

Pondan merupakan produsen asli Indonesia yang menyediakan bahan makanan premix siap pakai. Perusahaannya didirikan sejak 1978 dan kualitas produknya pun sudah tidak diragukan lagi. Tepung tempura ini adalah salah satu produknya. 


Tepung ini bisa menjadikan tempura sayur Anda lebih renyah, awet kriuk, dan enak untuk dimakan. Bila anak Anda susah makan sayur, membuat tempura sayur dengan tepung ini bisa menjadi salah satu solusi.

No.2

SribogaEasy Mix Japanese Tempura

Mulai dari Rp12.500,00

Tempura lezat dengan tepung berkualitas yang non-MSG

Easy Mix Japanese Tempura memiliki bahan baku yang sudah tidak diragukan lagi. Bahan dasarnya berkualitas terbaik dan diolah dengan standar tinggi. Hasilnya adalah cita rasa tepung yang lebih kaya dan terjamin, sekalipun tanpa tambahan MSG.


Selain itu, varian ukuran kemasannya juga lebih beragam karena tersedia ukuran 25 kg. Anda yang gemar berkreasi di dapur atau memiliki usaha kuliner tentunya akan lebih hemat bila menggunakan tepung ini.

No.3

MamaSukaTepung Tempura Krispi Ala Resto

Mulai dari Rp23.133,00

Kriuk dan gurihnya seperti sajian asli ala restoran Jepang

Jika Anda ingin menikmati tempura, kini tak perlu repot-repot pergi ke restoran Jepang. Tepung tempura dari MamaSuka bisa membuat gorengan tempura lebih crunchy dan seenak tempura ala restoran. 


Kerenyahan dan rasa gurihnya terasa dari setiap gigitannya. Dijamin keluarga Anda akan ketagihan dan tidak berhenti memakannya. Apa pun masakannya, baik itu tempura sayur maupun ikan, tepung tempura MamaSuka kuncinya.

No.4

NisshinTempurako (Tepung Tempura)

Mulai dari Rp47.000,00

Rasakan cita rasa tempura khas Jepang yang gurihnya lite

Tempurako merupakan produk dari Nisshin yang diimpor dari Jepang. Tidak heran bila Anda bisa menemukan rasa asli tempura Jepang dalam produk ini. Dengan memakai tepung tempura ini, Anda bisa dengan mudah merasakan tempura khas Jepang di rumah.


Cita rasanya cenderung gurih tanpa rasa asin yang terlalu mencolok. Bagi lidah Indonesia, barangkali terasa ada yang kurang. Namun, Anda bisa lebih mudah merasakan kelezatan bahan tempura dengan racikan rasa yang pas. Yuk, dicoba!

No.5

LoboTempura Batter Mix

Mulai dari Rp13.900,00

Komposisinya dimodifikasi, menghasilkan cita rasa yang khas

Tepung tempura Labo yang berasal dari Thailand ini memang relatif terjangkau harganya untuk ukuran produk impor. Namun, kualitas produk ini tak perlu diragukan lagi. Lobo adalah salah satu produsen bumbu instan yang banyak mentransformasi masakan khas Asia sesuai selera di Asia Tenggara.


Berbeda dengan tepung tempura lainnya, produk ini sudah dilengkapi rempah-rempah beraroma ringan sehingga cocok untuk masakan rumahan. Tinggal balut saja bahan-bahan tempura favorit Anda dengan tepung ini dan goreng seperti biasa. Anda akan menikmati tempura dengan cita rasa yang khas dan lezat.

No.6

BeksulFrying Mix for Cooking

Mulai dari Rp21.900,00

Crispy di luar hingga ke dalam!

Beksul merupakan salah satu produsen bumbu siap saji yang berasal dari Korea. Didirikan sejak 1953, Beksul menjadi salah satu produsen yang laris di kalangan masyarakat. Salah satu bumbu cepat saji untuk membuat tempura adalah Frying Mix for Cooking.


Komposisinya begitu mirip dengan produk tepung tempura Jepang. Pilihlah produk ini bila Anda ingin membuat tempura yang crispy luar dan dalam. Produk ini pas bagi Anda yang menyukai tekstur kriuk-kriuk khas gorengan. Kerenyahannya pun lebih tahan lama!

No.7

Kruawangthip Tempura Batter Mix Flour

Mulai dari Rp21.700,00

Diolah dengan teknologi tinggi sehingga higienitas terjaga

Bagi Anda yang mengutamakan kesehatan keluarga, tepung yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Tepung tempura buatan Thailand ini terbuat dari bahan alami dengan standar produksi teknologi tinggi.


Bahan-bahannya diolah secara efektif. Tepungnya pun dikemas secara higienis sehingga kualitasnya terjaga. Produk ini juga tidak menggunakan bahan pengawet ataupun pewarna. Jadi, siapa pun anggota keluarga Anda bisa menikmatinya tanpa perlu waswas.

No.8

PakLongTempura Batter Mix

Mulai dari Rp16.500,00

Cara mudah dan cepat membuat tempura lezat

PakLong Batter Mix merupakan produk tepung tempura favorit di Malaysia. Meskipun produk ini berasal dari Malaysia, rasanya tidak kalah dengan tempura Jepang. Anda bisa menggunakannya sebagai pelapis udang atau sayuran goreng. Cara pengolahan yang mudah dan sederhana membuat produk ini bisa digunakan oleh pemula hingga profesional. Semua orang pasti bisa membuat tempura lezat dengan produk ini!

No.9

Tempura ala Jepang dengan rasa rempah asli Indonesia

msh merupakan produsen bumbu makanan yang menggunakan bahan alami rempah asli Indonesia. Tepung tempura ini bisa langsung diolah tanpa penyedap lainnya. Meskipun demikian, rasa yang dihasilkan tetaplah lezat.


Produk ini pun konon telah banyak digunakan oleh restoran-restoran, lho. Selain itu, bahan dasarnya bebas pengawet sehingga lebih sehat untuk keluarga tercinta dan cocok untuk selera Indonesia!

No.10

Asian Home GourmetPowder Mix for Tempura Batter

Mulai dari Rp26.000,00

Porsinya pas untuk sekeluarga, hasilnya renyah seperti tempura khas Jepang

Asian Home Gourmet merupakan produsen bumbu instan yang mengunggulkan makanan khas Asia. Salah satu produknya adalah Powder Mix for Tempura Batter. Untuk setiap bungkusnya, Anda dapat membuat empat hingga enam porsi tempura. Porsi yang pas sekali untuk sekeluarga, ya! 


Selain itu, produk ini aman dihidangkan untuk orang-orang tersayang karena tidak mengandung penyedap, pengawet, dan pewarna kimia. Tempura yang dihasilkan juga renyah dan rasanya ringan. Yuk, rasakan kenikmatan home made tempura bersama keluarga tercinta dengan produk ini.

Pertanyaan umum seputar tepung tempura

Pertanyaan umum seputar tepung tempura

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar tepung tempura. Jika Anda masih penasaran dengan tepung tempura, simak jawabannya di bawah ini!

Tempura terdiri dari apa saja?

Adonan tempura terdiri dari tepung terigu, tepung beras, baking powder, air soda, dan es batu. Setelah itu, campurkan adonan dengan aneka isian, seperti wortel, ubi, udang, atau terung.

Apa bedanya ebi furai dan tempura?

Salah satu isian tempura yang paling populer adalah udang sehingga makanan ini sering disebut ebi tempura. Ebi tempura dan ebi furai sering disamakan, padahal keduanya memiliki perbedaan.


Ebi furai dimasak dengan lapisan tepung terigu, telur, dan tepung panir. Sementara itu, lapisan tepung tempura terdiri dari tepung terigu, tepung beras, baking powder, air soda, dan es batu.

Apa perbedaan tempura dan gorengan khas Indonesia

Tempura ala Jepang sebenarnya agak mirip dengan gorengan khas Indonesia. Namun, gorengan khas Indonesia biasanya tidak pakai air soda.


Adonan tempura terbuat dari tepung khusus yang dicampur dengan air dingin dan menghasilkan adonan yang sedikit encer. Sementara itu, adonan gorengan terbuat dari tepung terigu serbaguna yang dicampur dengan air suam-suam kuku.

Tips membuat tempura yang renyah

Tips membuat tempura yang renyah

Bahan-bahan tempura umumnya adalah wortel, ubi, kentang, jamur, udang, cumi-cumi, terung, dan kaboca. Anda mungkin pernah mendapati gorengan tempura yang mudah lembek sehingga rasanya tidak nikmat lagi.

 
Prinsip supaya tempura lebih crispy adalah adonannya harus ringan atau cenderung encer. Nah, berikut tips membuat tempura yang renyah.


  • Gunakan air soda, baking powder, dan es batu supaya adonan tidak menyerap minyak.

  • Gunakan tepung khusus tempura atau tepung protein rendah supaya kadar glutennya lebih rendah.

  • Jangan gunakan mixer atau pengocok karena dapat mengaktifkan gluten dan membuat adonan jadi kental.

  • Jangan melapisi adonan terlalu tebal karena di bagian luar mungkin terasa renyah, tetapi bagian dalam lembek.

  • Masukkan adonan dalam keadaan minyak panas supaya adonan tidak menyerap minyak terlalu banyak. Ciri-ciri suhu minyak goreng tepat adalah adonan akan tenggelam ke bawah saat dimasukkan, kemudian muncul ke atas.

  • Masak selama 2–3 menit saja dan jika adonan sudah menggelembung, tempura bisa diangkat. Tiriskan minyaknya saat tempura sudah matang agar tetap renyah dan tidak berminyak.

Baca juga rekomendasi tepung lainnya di sini

Untuk memasak dan mengulik berbagai resep di dapur, tepung merupakan salah satu bahan yang wajib dimiliki. Dengan menyediakan berbagai jenis tepung di dapur, Anda makin bisa berkreasi. Simak rekomendasi tepung lainnya dari kami di link berikut!

Kesimpulan

Kami telah memaparkan sepuluh rekomendasi tepung tempura terbaik. Anda sudah menemukan yang sesuai dengan selera dan kebutuhan? Selain untuk meracik tempura, tepung tempura bisa dikreasikan karena proses pengolahannya yang cukup mudah. 


Selain itu, gunakanlah minyak secukupnya untuk menggoreng, agar minyak sisa tidak terbuang percuma. Anda pun bisa terhindar dari kolesterol berlebihan. Setelah memakai tepung tempura, simpan baik-baik sisanya agar bisa digunakan kembali, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer