1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Ruang tamu & keluarga
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Taplak Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Taplak Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Taplak Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Taplak Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Taplak Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Taplak Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Taplak Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Taplak meja adalah salah satu item penting di ruangan yang memiliki meja. Fungsi dari taplak meja adalah melindungi meja dari goresan, debu, dan kotoran. Pemilihan taplak meja yang tepat dapat mempercantik interior dan membuat suasana ruangan Anda jadi lebih istimewa.


Kali ini kami akan mengulas cara memilih taplak meja yang bagus sesuai kebutuhan Anda. Setelahnya, ada sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti IKEA, Informa, dan Brewsuniq. Anda dapat memilih yang simpel, yang awet digunakan, atau yang memiliki lapisan antiair. Selamat membaca!

Diperbaharui 07-25-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih taplak meja

Taplak meja tak hanya membantu Anda melindungi meja makan dari kotoran, tetapi juga bisa mempermanis ruangan. Namun, sebelum menentukan taplak meja yang akan menghias meja Anda, ada beberapa poin penting yang harus Anda ketahui. Simak dengan saksama, yuk!

① Sesuaikan dengan bentuk meja

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memilih taplak meja adalah mengetahui bentuk dan ukuran meja Anda. Kedua hal tersebut akan berpengaruh pada pemilihan taplak meja yang tepat. Jadi, pastikan Anda mengetahuinya, ya.

Untuk meja persegi panjang: Pakai taplak yang juga berbentuk persegi panjang

Untuk meja persegi panjang: Pakai taplak yang juga berbentuk persegi panjang

Apabila meja di rumah Anda berbentuk persegi panjang, pilihlah taplak meja yang bentuknya sama. Selain itu, pastikan ukurannya sesuai dan bisa menutupi meja Anda dengan sempurna. Sebagai tips, Anda sebaiknya memilih taplak meja dengan ukuran 40–60 cm lebih besar dari ukuran meja Anda. Hal ini akan membuat kain yang tersisa menjuntai indah mengelilingi tiap sisi meja.

Untuk meja bundar: Gunakan taplak berbentuk lingkaran atau persegi

Untuk meja bundar: Gunakan taplak berbentuk lingkaran atau persegi

Jika meja Anda berbentuk bundar, Anda bisa menggunakan baik taplak meja yang berbentuk lingkaran maupun persegi. Apabila Anda menginginkan juntaian kain yang rapi dan terlihat sama di sekeliling meja, gunakan taplak berbentuk lingkaran. Untuk taplak yang berbentuk lingkaran, Anda disarankan memilih produk berdiameter 30 cm lebih besar dari diameter meja


Sementara itu, jika juntaian yang Anda harapkan adalah yang lebih asimetris, Anda dapat memilih taplak berbentuk persegi. Keempat sudut kain yang menjuntai akan memberi kesan lebih unik. Di sisi lain, untuk taplak persegi, pilihlah yang ukurannya 20 cm lebih panjang dari diameter meja.

② Periksa bahan yang digunakan

Bahan adalah salah satu poin penting dalam memilih taplak meja. Pilihlah bahan yang mudah dibersihkan serta sesuai dengan selera Anda. Di bawah ini kami akan jelaskan lebih dalam lagi tentang pemilihan bahan.

Bahan katun, mudah ditemukan di pasaran

Bahan katun, mudah ditemukan di pasaran

Jika Anda menginginkan taplak dengan bahan yang paling mudah ditemukan, pilihlah taplak berbahan katun. Bahan katun memiliki tekstur yang tidak terlalu lembut, tetapi juga tidak terlalu kaku sehingga mudah dirawat. Selain itu, bahan ini juga memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga mudah kering.


Sayangnya, bahan katun mudah kusut sehingga Anda perlu menyetrikanya setelah dicuci. Akan tetapi, bahan ini tetap cocok untuk digunakan sehari-hari karena Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan mesin cuci.

Poliester, tidak mudah kusut

Poliester, tidak mudah kusut

Jika dibanding dengan bahan lainnya, poliester relatif mudah diatur dan tidak gampang kusut atau terlipat. Dengan begitu, Anda tidak perlu menyetrikanya setelah dicuci. 


Jika Anda menginginkan taplak meja yang praktis dan mudah dibersihkan, bahan poliester adalah pilihan terbaik. Di sisi lain, bahan poliester cenderung lebih mengilap dan tampak mewah meskipun tidak semahal kain sutra.

PVC dan PEVA, cukup dilap dengan kain jika terkena tumpahan air

PVC dan PEVA, cukup dilap dengan kain jika terkena tumpahan air

Bahan PVC dan PEVA merupakan material tahan air tanpa perlu dilaminasi. Apabila Anda tanpa sengaja menumpahkan makanan atau minuman ke atasnya, Anda hanya perlu mengelapnya dengan kain. Bahan ini tentu lebih mudah perawatannya dan menghemat waktu. 


Karena itu, bahan ini cocok bagi Anda yang memiliki anak kecil atau hewan peliharaan di rumah. Taplak meja jenis ini juga cocok dibawa piknik atau untuk acara outdoor lainnya.

③ Pilih berdasarkan desain dan coraknya

Pemilihan desain, corak, dan warna akan berpengaruh pada suasana ruangan di rumah Anda. Karena itu, pilihlah taplak meja yang memiliki desain dan corak sesuai interior ruangan.

Desain polos, bisa digunakan untuk waktu yang lama

Desain polos, bisa digunakan untuk waktu yang lama

Desain polos dan solid dari taplak meja ini membuatnya cocok dipadukan dengan beragam gaya interior. Dengan demikian, Anda bisa menggunakannya untuk waktu yang lama. Taplak meja berdesain polos umumnya tidak akan banyak mengubah suasana ruangan


Desain ini akan pas untuk Anda yang menyukai tampilan simpel dan minimalis. Di sisi lain, Anda yang gemar mengoleksi furnitur atau dekorasi meja juga bisa menggunakan taplak meja polos. Dengan begitu, ruangan tidak akan terlihat terlalu ramai atau tabrak motif.

Desain motif, akan terlihat lebih atraktif

Desain motif, akan terlihat lebih atraktif

Taplak meja dengan motif bunga, kotak-kotak, atau yang lainnya membuat ruangan Anda terlihat lebih menarik. Anda hanya perlu membentangkannya di atas meja, lalu suasananya akan terasa berbeda. Karena itu, tipe ini cocok digunakan saat Anda mengadakan pesta atau acara di rumah


Anda hanya perlu memilih motif yang sesuai dengan keinginan atau nuansa yang ingin ditampilkan. Sebagai contoh, motif geometris akan menghadirkan nuansa modern dan tampak lebih formal ketimbang motif bunga yang terkesan homey. Namun, jangan lupa untuk memadukan warna dan motifnya dengan interior di ruangan, ya!

④ Pertimbangkan taplak meja sesuai penggunaannya

Poin penting lainnya dalam memilih taplak meja adalah memastikan pilihan Anda pas dengan tujuan penggunaannya. Ketahui kelebihan dari tiap-tiap tipe dan pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Taplak meja makan: Buat suasana makan menjadi lebih berwarna

Taplak meja makan: Buat suasana makan menjadi lebih berwarna

Penggunaan taplak meja di ruang makan dapat membuat suasana makan bersama lebih meriah dan membangkitkan selera makan. Agar tidak mudah kotor atau bernoda, Anda dapat memilih taplak meja antiair untuk ruang makan. Jika Anda menginginkan dekorasi tambahan selain taplak meja, Anda dapat mempertimbangkan table runner dan napkin


Table runner biasanya memiliki ukuran lebih kecil dan dapat digunakan sebagai alternatif taplak meja. Sementara itu, napkin atau serbet biasanya diletakkan di atas meja makan atau piring. Di bawah ini terdapat artikel yang secara khusus membahas napkin. Simak juga, ya!

Taplak meja ruang tamu: Ciptakan kesan hangat dan membuat betah

Taplak meja ruang tamu: Ciptakan kesan hangat dan membuat betah

Ruang tamu merupakan bagian yang merepresentasikan isi rumah karena memberikan kesan pertama bagi tamu yang datang. Karena itu, pemilihan taplak meja untuk ruang tamu perlu dilakukan dengan cermat. 


Anda bisa memilih taplak meja berdesain minimalis untuk menghadirkan kesan elegan dan clean look. Dengan begitu, Anda dapat menambahkan dekorasi lain seperti vas bunga atau bingkai foto tanpa takut terlihat berlebihan. Ada juga taplak meja yang bersifat dekoratif meskipun tidak dapat menutupi meja secara keseluruhan.

Taplak meja ruang kerja: Hadirkan nuansa produktif dan profesional

Taplak meja ruang kerja: Hadirkan nuansa produktif dan profesional

Kehadiran taplak meja di ruang kerja dapat menciptakan suasana formal yang tidak terlalu kaku. Selain itu, taplak meja dapat melindungi meja dari goresan pena atau pensil saat bekerja. Karena itu, usahakan memilih taplak meja minimalis dengan motif yang tidak terlalu ramai. Meja kerja guru di sekolah merupakan salah satu contoh ruang kerja yang sering menggunakan taplak meja.

⑤ Cek pula cara membersihkan taplak meja

Poin lain yang dapat Anda pertimbangkan saat memilih taplak meja adalah cara membersihkannya. Dengan mengetahui cara membersihkan yang benar, taplak meja akan lebih tahan lama. 

Taplak antiair, tidak mudah kotor dan mudah dibersihkan

Taplak antiair, tidak mudah kotor dan mudah dibersihkan

Sejumlah produk taplak meja terbuat dari bahan yang mampu menghalau air. Taplak meja jenis ini tidak mudah basah atau kotor jika terkena tumpahan makanan dan minuman. Umumnya taplak meja antiair dapat dibersihkan hanya dengan mengelapnya.


Karena tidak gampang kotor, taplak meja ini dapat menjadi pilihan apabila Anda sering masak, tetapi khawatir meja cepat kotor. Anda yang memiliki anak kecil atau hewan peliharaan di rumah juga patut mempertimbangkannya.

Taplak yang bisa dicuci dengan mesin cuci, lebih mudah perawatannya

Taplak yang bisa dicuci dengan mesin cuci, lebih mudah perawatannya

Cara pencucian yang tepat akan mencegah kelunturan dan kerusakan bahan. Kebanyakan taplak meja dengan bahan poliester dan katun bisa dicuci di mesin cuci. Namun, tidak semua bahan taplak meja dapat dicuci dengan mesin cuci karena berisiko luntur atau merusak kain.


Bagaimana jika Anda menggunakan taplak meja berbahan lembut seperti bahan renda? Anda bisa memasukkannya ke dalam kantong cuci lebih dahulu, baru memasukkannya ke mesin cuci. Jadi, Anda sebaiknya mencari informasi lebih detail mengenai cara mencuci produk yang hendak Anda beli.

10 Rekomendasi taplak meja terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk taplak meja terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Bright Crown

Taplak Meja Vintage

Bright Crown Taplak Meja Vintage 1枚目

Berikan nuansa glamor dengan taplak meja mewah vintage

2

Diva Linen

Taplak Meja Batik Serba Guna

Diva Linen Taplak Meja Batik Serba Guna 1枚目

Nuansa etnik makin komplet dengan taplak meja batik khas Indonesia

3

Satu Keluarga

Taplak Meja Persegi

Satu Keluarga Taplak Meja Persegi 1枚目

Lengkapi interior shabby chic dengan taplak meja ini

4

Regashi

PEVA Tablecloth

Regashi PEVA Tablecloth 1枚目

Siap hadirkan nuansa modern di rumah dengan taplak meja plastik PEVA

5

Yooyee

Taplak Meja Sultan

Yooyee Taplak Meja Sultan 1枚目

Ruangan tampak eksklusif dengan taplak meja bermotif geometris

6

IKEA

FULLKOMLIG

IKEA FULLKOMLIG 1枚目

Taplak meja putih timeless dari bahan daur ulang

7

Retota

Taplak Panjang Tenun

Retota Taplak Panjang Tenun 1枚目

Bisa dijadikan taplak meja tamu dan alas meja makan juga!

8

Brewsuniq

Tablecloth Round

Brewsuniq Tablecloth Round 1枚目

Dapatkan kesan hangat dan homey dengan taplak meja makan klasik

9

ACE Hardware

Arthome Taplak Meja Jacquard

ACE Hardware Arthome Taplak Meja Jacquard  1枚目

Desainnya simpel, tetapi tampak manis dan elegan

10

Informa

Table Runner Eyelet

Informa Table Runner Eyelet 1枚目

Tampilkan elemen classy di ruang makan Anda

Perincian produk
Close
No.1

Bright CrownTaplak Meja Vintage

Mulai dari Rp25.000,00

Berikan nuansa glamor dengan taplak meja mewah vintage

Kelebihan:

  • Terdapat dua pilihan warna dan tiga jenis ukuran

Kekurangan:

  • Ada review mengatakan bahannya agak kaku saat baru dibeli

Taplak meja berdesain keemasan dan keperakan ini cocok bagi Anda yang menyukai gaya klasik. Anda mungkin jadi teringat akan taplak meja di rumah orang tua atau nenek Anda. Meski harga yang ditawarkan terjangkau, taplak meja ini dapat memberikan kesan mewah pada ruangan. Material yang digunakan pun dapat mencegah debu, noda, serta percikan air di meja. 

No.2

Diva LinenTaplak Meja Batik Serba Guna

Mulai dari Rp28.800,00

Nuansa etnik makin komplet dengan taplak meja batik khas Indonesia

Kelebihan:

  • Terdapat tujuh pilihan motif 
  • Warna batik tampak cerah dan nyata

Kekurangan:

  • Diperlukan perawatan khusus agar taplak meja awet

Sedang mencari oleh-oleh atau bingkisan yang cocok untuk kolega asing? Produk ini merupakan pilihan yang patut dipertimbangkan. Diva Linen menyediakan tujuh varian taplak meja bermotif batik dengan warna cerah dan nyata. 


Namun, Anda perlu melakukan perawatan khusus agar taplak ini tahan lama dan tidak lekas luntur. Misalnya saja, lakukanlah pencucian secara terpisah tanpa menggunakan
pemutih dan keringkan di tempat teduh.

No.3

Satu KeluargaTaplak Meja Persegi

Mulai dari Rp21.000,00

Lengkapi interior shabby chic dengan taplak meja ini

Kelebihan:

  • Terdapat lima belas pilihan motif dengan dua jenis ukuran
  • Mudah dibersihkan, jahitan pinggirannya rapi

Kekurangan:

  • Ada review mengatakan aroma taplak cukup menyengat

Anda yang menyukai motif feminin seperti nuansa bunga akan menyukai taplak meja satu ini. Merek Satu Keluarga menghadirkan lima belas varian taplak meja yang cocok untuk ruangan bernuansa shabby chic. Kombinasi motif bunga dengan warna cerah membuat taplak meja ini mampu menciptakan suasana seperti di taman bunga. Selain itu, harga yang ditawarkan pun tergolong ekonomis.

No.4

Siap hadirkan nuansa modern di rumah dengan taplak meja plastik PEVA

Kelebihan:

  • Terdapat lima pilihan motif dengan tiga jenis ukuran
  • Mudah dibersihkan, tidak mudah geser

Kekurangan:

  • Ada review mengatakan bahannya tipis

Produk ini sangat cocok bagi Anda yang sering mengadakan jamuan atau acara di rumah, tetapi tidak mau repot. Karena terbuat dari material PEVA yang antiair dan tidak mudah sobek, taplak meja ini amat mudah dibersihkan. 


Di samping itu, taplak ini hadir dalam motif-motif yang membuat ruangan Anda terlihat lebih estetik dan modern. Cocok juga dijadikan alas piknik atau penghalau debu, deh!

No.5

YooyeeTaplak Meja SultanYT206

Mulai dari Rp94.600,00

Ruangan tampak eksklusif dengan taplak meja bermotif geometris

Kelebihan:

  • Terdapat tujuh pilihan motif dengan bahan tebal
  • Mudah dibersihkan, tidak mudah geser

Kekurangan:

  • Ada review mengatakan bekas lipatan tidak mudah hilang

Jika Anda tergolong sibuk dan memiliki waktu terbatas untuk membersihkan meja, produk ini dapat menjadi solusi. Produk ini dapat dibersihkan cukup dengan cara dilap tanpa perlu dicuci. Selain itu, noda minyak tidak akan membekas di taplak meja yang tahan air ini.


Produk yang diklaim antisobek ini akan melekat di meja Anda tanpa mudah bergeser. Motif geometris yang menyerupai kaligrafi tersedia dalam tujuh variasi sehingga bisa disesuaikan dengan interior ruangan.

No.6

Taplak meja putih timeless dari bahan daur ulang

Kelebihan:

  • Terbuat dari poliester daur ulang sehingga lebih ramah lingkungan


Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu varian

IKEA menawarkan taplak meja putih yang dapat dijadikan pilihan apabila Anda pemerhati lingkungan. Taplak meja ini menggunakan poliester daur ulang tanpa pencerah warna. Ruangan Anda akan terlihat lebih cerah dan clean saat menggunakan produk ini.


Taplak meja ini memiliki desain timeless sehingga dapat digunakan di ruang makan, ruang tamu, atau ruang kerja. Agar produk tetap awet Anda disarankan untuk tidak menggunakan pemutih atau mengeringkannya dengan mesin.

No.7

RetotaTaplak Panjang Tenun

Mulai dari Rp249.000,00

Bisa dijadikan taplak meja tamu dan alas meja makan juga!

Kelebihan:

  • Desain tenun dengan empat rumbai menambah keunikan produk

Kekurangan:

  • Ada review mengatakan terdapat bagian benang yang keluar

Ruangan Anda ditata dengan interior ala Skandinavia? Kalau begitu, produk satu ini akan menjadi pilihan tepat untuk melengkapinya. Retota memiliki taplak meja dengan desain tenun untuk melengkapi dekorasi rumah. Selain sebagai alas di meja makan, produk ini juga cocok digunakan di meja ruang tamu ataupun meja televisi. Produk ini diklaim tahan lama dan mudah dibersihkan juga, lho!

No.8

BrewsuniqTablecloth Round

Mulai dari Rp380.000,00

Dapatkan kesan hangat dan homey dengan taplak meja makan klasik

Kelebihan:

  • Desain klasik dengan tambahan rumbai cantik

Kekurangan:

  • Tidak tahan air
  • Harganya lebih tinggi dibandingkan produk sejenis


Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang menginginkan taplak meja dengan kesan cozy. Brewsuniq menawarkan taplak meja untuk meja berbentuk bulat dengan motif kotak-kotak klasik. Bahan kainnya halus ditambah rumbai menggantung mengelilingi kain sehingga taplak ini tampak makin cantik. Berkat desain dan warnanya, ruang makan Anda akan terlihat lebih hangat dan nyaman. 

No.9

ACE HardwareArthome Taplak Meja Jacquard

Mulai dari Rp119.000,00

Desainnya simpel, tetapi tampak manis dan elegan

Kelebihan:

  • Taplak meja dilapisi plastic coating tahan air
  • Tidak mudah sobek, mudah dibersihkan

Kekurangan:

  • Tampilan simpel sehingga mungkin memerlukan dekorasi tambahan

Tampilan taplak meja satu ini memang terlihat simpel dan sederhana. Sekilas, taplak meja dari ACE Hardware polos tanpa motif. Namun, apabila dilihat dari dekat akan tampak motif cantik berbentuk mirip dedaunan dan bunga. 


Anda tak perlu khawatir meja akan terlihat membosankan dengan aneka taplak meja bernuansa earth tone ini. Arthome Taplak Meja Jacquard dilapisi plastic coating yang tahan air sehingga meja Anda terlindungi dari noda. Produk ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai interior simpel dan tidak terlalu mencolok.

No.10

InformaTable Runner Eyelet

Mulai dari Rp129.000,00

Tampilkan elemen classy di ruang makan Anda

Kelebihan:

  • Menambah dekorasi meja makan

Kekurangan:

  • Tidak dapat menutupi meja besar secara keseluruhan

Apabila ruang makan dirasa terlalu polos dan Anda ingin menambahkan aksen di meja makan, inilah produk yang tepat. Produk ini dapat digunakan langsung di atas meja makan atau bersama taplak meja. 


Informa menghadirkan Table Runner Eyelet dengan sejumlah pilihan warna dan motif yang menarik, Di sisi lain, variasi warna yang natural akan mudah dipadukan dengan berbagai tema dekorasi interior Anda.

Baca juga rekomendasi produk kebutuhan ruang makan terbaik di sini

Dalam artikel ini kami telah merekomendasikan taplak meja terbaik. Namun, jika Anda juga mencari rekomendasi produk meja lainnya, kami telah memiliki sejumlah artikel pendukung. Cek artikelnya di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang artikel ini? Sudahkah Anda menemukan taplak meja yang paling menarik hati?


Kami telah membagikan tips dalam memilih taplak meja serta merekomendasikan produk yang bisa Anda pilih. Pemilihan taplak meja yang tepat bisa mengubah suasana ruangan Anda. Anda bisa memilih taplak meja berdasarkan jenis meja, motif, serta kegunaannya. Jangan lupa untuk disesuaikan dengan dekorasi ruangan, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer