• 10 Rekomendasi Produk Terbaik untuk Menghilangkan Jerawat Punggung (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Produk Terbaik untuk Menghilangkan Jerawat Punggung (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Produk Terbaik untuk Menghilangkan Jerawat Punggung (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Produk Terbaik untuk Menghilangkan Jerawat Punggung (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Produk Terbaik untuk Menghilangkan Jerawat Punggung (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Produk Terbaik untuk Menghilangkan Jerawat Punggung (Terbaru Tahun 2022)

Jerawat punggung tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga bisa mengurangi kepercayaan diri. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan produk penghilang bekas jerawat punggung. Tersedia banyak skincare ataupun obat untuk jerawat punggung di pasaran. Produk tersebut juga hadir dalam berbagai merk, seperti Acnes, Erha21, hingga The Body Shop. 


Kali ini kami akan membagikan tips memilih produk untuk mengobati hingga menghilangkan bekas jerawat di punggung. Kami juga memberikan rekomendasi produk yang bagus untuk melawan jerawat di punggung. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Indah Maharani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Berkolaborasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Indah Maharani

Berkolaborasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Indah Maharani

Dokter Indah Maharani merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya dan Universitas Indonesia. Rani merupakan dokter spesialis yang berpengalaman di bidang dermatologi kosmetik dan estetika, tumor dan bedah kulit, serta dermatologi anak. Sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin, Dokter Rani aktif praktik di ERHA Derma Center Kemanggisan dan RS Premier Jatinegara.


Dokter Rani juga menjadi owner dan salah satu dokter aktif di klinik Medivita, Jakarta Barat. Menyukai olahraga, Rani juga merupakan founder dari komunitas olahraga Derm Runners dan Derm Cyclist. Dokter yang juga aktif sebagai pengurus Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia ini bisa Anda sapa melalui Instagram-nya.

Cara memilih produk untuk menghilangkan jerawat punggung

Pertama-tama, ada baiknya Anda perhatikan terlebih dahulu ulasan cara memilih produk untuk mengobati jerawat punggung. Simak baik-baik, ya.

Pilihlah produk berdasarkan jenisnya

Dalam memilih produk penghilang jerawat punggung, Anda harus menentukan jenisnya terlebih dahulu. Kami akan menjelaskan empat jenis produk, yaitu sabun mandi, handuk/sikat badan, body spray, atau gel/krim. Bacalah penjelasannya di bawah ini.

Sabun mandi: Mengandung bahan aktif dan kemampuan membersihkan yang efektif

Sabun mandi: Mengandung bahan aktif dan kemampuan membersihkan yang efektif

Sabun mandi sering menjadi pilihan bagi banyak orang untuk mengatasi jerawat punggung. Produk ini banyak disukai karena kemampuan membersihkannya yang efektif. Jenis ini juga praktis karena bisa digunakan saat mandi. Saat ini, sudah banyak sabun mandi yang diformulasikan khusus dengan bahan aktif pereda jerawat. 


Secara garis besar, ada dua tipe sabun mandi yaitu berbentuk batang dan cair. Anda bisa menyesuaikan tipe sabun yang dipilih sesuai preferensi. Jika Anda memilih sabun batang, sebaiknya jangan digunakan bersama orang lain. Selain itu, pastikan sabun ini hanya dipakai untuk tubuh, tidak untuk mencuci tangan atau muka. 

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Punggung merupakan salah satu area tubuh yang rentan berjerawat. Hal ini karena punggung memiliki kelenjar sebum. Punggung memiliki sifat yang sama seperti wajah, dada, leher, lengan atas, bahkan pubis (area di bawah pusar dan di atas kemaluan). Oleh karena itu, area-area tersebut termasuk area yang bisa berjerawat.


Menjaga kebersihan punggung merupakan cara yang paling efektif mencegah jerawat punggung. Jika Anda tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, pastikan Anda rutin mandi sebanyak dua kali sehari. Anda juga harus mandi meskipun hanya beraktivitas seharian di rumah. Hal ini penting untuk membersihkan punggung dari keringat, minyak atau sebum, dan kotoran.


Sebum dan minyak yang menumpuk dapat menyebabkan meningkatnya jumlah jamur ragi yang ada di kulit secara alami. Peningkatan jumlah jamur ragi golongan Malassezia sp. dapat menyebabkan masalah jerawat punggung. Tidak hanya itu, peningkatan koloni bakteri juga dapat menyebabkan jerawat punggung.


Sabun mandi yang mengandung bahan aktif sulfur dan tea tree oil memiliki efek fungisidal dan mampu membasmi jamur Malassezia sp. Karena itu, kandungan ini bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi jerawat punggung. Sabun dengan kandungan bahan aktif antiseptik seperti triclosan ataupun zinc pyrithione juga membantu mengurangi jerawat meradang

Handuk/sikat badan: Membersihkan punggung secara menyeluruh

Handuk/sikat badan: Membersihkan punggung secara menyeluruh

Sikat badan atau handuk badan perlu dimiliki karena mampu membersihkan punggung Anda secara menyeluruh. Bahan sikat yang terbuat dari serat sintetis seperti nilon memang sering digunakan. Namun, berhati-hatilah karena serat sintetis dapat mengiritasi kulit Anda. Jadi, hindarilah pemakaian bahan tersebut pada bagian punggung yang berjerawat.


Untuk kulit yang sensitif dan berjerawat, Anda bisa menggunakan handuk badan yang terbuat dari sutra atau kapas. Sementara untuk sikat badan, kami rekomendasikan bulu alami seperti rambut kuda. Kedua bahan tersebut lebih lembut dan cocok untuk kulit sensitif atau kering.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Untuk mengatasi jerawat punggung, perhatikanlah kebersihan handuk. Hindari handuk yang tersimpan lembap karena kondisi tersebut memungkinkan tumbuhnya jamur pada handuk. Selalu jemur atau angin-anginkan handuk setelah dipakai. Selain itu, pastikan handuk dalam keadaan kering saat dipakai kembali. Jangan lupa untuk mengganti handuk sebanyak dua kali seminggu.


Selain itu, sponge ataupun sikat pembersih tubuh juga perlu diperhatikan kebersihannya. Selalu bersihkan sponge ataupun sikat badan setelah dipakai dan jangan biarkan kotoran ataupun sisa sabun menempel. 


Hindarilah untuk menyimpan sponge ataupun sikat badan di kamar mandi yang lembap. Hal ini akan menyebabkan sponge ataupun sikat badan menjadi lembap dan menjadi media pertumbuhan jamur. Hindari pula menggosok punggung terlalu kuat karena dapat menyebabkan reaksi iritasi. Melakukan hal ini dapat memperparah peradangan pada jerawat punggung.

Body spray: Melembapkan kulit tubuh dan mengurangi iritasi

Body spray: Melembapkan kulit tubuh dan mengurangi iritasi

Setelah mencuci punggung dengan bersih, gunakanlah body spray untuk mencegah kulit kering. Seperti halnya sabun, Anda disarankan untuk memilih spray yang bebas dari zat aditif, pewangi, dan pewarna buatan untuk menghindari iritasi.


Penggunaan body spray sangat mudah karena hanya disemprot ke punggung tanpa perlu dibilas. Selain cara penggunaannya yang praktis, kemasannya juga lebih travel friendly.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Jika Anda memiliki masalah jerawat punggung, pilihlah skincare yang berbentuk cairan dalam kemasan spray. Hal ini penting untuk mempermudah Anda saat mengaplikasikan skincare pada punggung. Tentunya Anda akan lebih mudah menyemprotkan cairan dalam botol spray daripada harus mengoleskan langsung ke punggung. Dengan begini, Anda bisa mengaplikasikan skincare tanpa bantuan orang lain.


Selain itu, skincare berbentuk cair terasa lebih nyaman di punggung karena tidak lengket. Produk seperti ini juga tidak akan menempel di pakaian. Ditambah lagi, skincare berbentuk cairan tidak akan menutup muara kelenjar keringat dan pori-pori muara kelenjar sebum

Gel dan krim: Memiliki kandungan pelembap yang lebih tinggi

Gel dan krim: Memiliki kandungan pelembap yang lebih tinggi

Anda sudah memakai body spray, tetapi masalah kulit kering belum teratasi? Jika iya, gunakanlah gel atau krim jerawat punggung. Jenis ini menawarkan daya pelembap yang lebih tinggi. Anda dapat memoleskannya di kulit punggung agar tidak terasa kering. 


Selain itu, ada juga jenis gel atau krim totol yang dapat meredakan jerawat aktif yang kemerahan dan meradang. Namun, dibanding body spray yang mudah disemprotkan, gel atau krim tentunya lebih sulit diaplikasikan di bagian punggung. Jadi, pilihlah produk yang sesuai dengan kenyamanan Anda.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Krim memiliki bentuk campuran berbahan dasar air dan minyak dengan komponen air yang lebih banyak. Sebaliknya, gel memiliki kandungan air yang lebih tinggi dan biasanya memiliki sifat sedikit oklusif atau menutup.


Bentuk krim dan gel dapat lebih melembapkan kulit dibandingkan yang berbahan cairan. Namun, tetap hindarilah pemilihan skincare untuk punggung yang mengandung minyak
Hal ini karena minyak dapat menyebabkan meningkatnya pertumbuhan jamur Malassezia sp. Selain itu, penggunaan skincare yang bersifat oklusif atau menutup pori dapat menyebabkan masalah biang keringat pada punggung.

Periksa material atau kandungannya

Periksa material atau kandungannya

Untuk menyembuhkan jerawat di punggung, periksalah terlebih dahulu kandungan produk yang Anda pilih. Jika Anda memilih produk berupa sabun, pastikan sabun tersebut tidak mengandung terlalu banyak bahan detergen. Anda juga sebaiknya menghindari bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi, seperti pengawet, pewarna, pewangi, mineral oil, dan alkohol.


Bahan-bahan yang sebaiknya ada dalam produk pilihan Anda antara lain salicylic acid dan isopropyl methylphenol. Salicylic acid dikenal ampuh mengatasi jerawat dan peradangan, sedangkan isopropyl methylphenol mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, untuk menghindari kulit kering, pilihlah produk yang tinggi kandungan pelembap, contohnya glycerin. 


Anda juga bisa memilih bahan organik yang minim bahan kimia untuk meminimalkan efek samping. Bahan alami yang dikenal ampuh dalam menghadapi jerawat antara lain Aloe veratea tree oil, ekstrak daun sirih, dan sea salt.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Untuk mengatasi masalah jerawat punggung, ada beberapa bahan aktif yang perlu diperhatikan. 


  • Pilihlah produk dengan bahan aktif yang mampu mengurangi produksi sebum. 
  • Pilih juga bahan aktif yang mampu mengurangi pertumbuhan jamur dan bakteri. 
  • Carilah produk dengan kandungan yang mampu mengurangi reaksi peradangan pada kulit dan jerawat punggung.

Bahan aktif asam salisilat bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah jerawat punggung karena memiliki efek antibakteri. Selain itu, kandungan ini juga bisa mengurangi produksi sebum dan juga efek antiradang. 


Sulfur bermanfaat karena memiliki efek fungisidal. Selain itu, triclosan dapat dijadikan pilihan karena efek antibakterinya. Tea tree oil juga memiliki efek antibakteri dan juga memiliki efek antiradang sehingga cocok untuk mengatasi jerawat punggung.


Zat aktif tersebut di atas sering kali dikombinasikan dengan kandungan yang memiliki efek antiradang, seperti Aloe vera, allantoin, dan witch hazel. Beberapa kandungan ini dapat dipilih untuk membantu mengatasi peradangan jerawat punggung dan mencegah iritasi kulit.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Nature RepublicSoothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel

Mulai dari Rp 110.000,00

10 Rekomendasi produk terbaik untuk menghilangkan jerawat punggung

Berikutnya, kami rekomendasikan sepuluh produk pilihan untuk mengobati jerawat di punggung. Semua produk di bawah merupakan produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Indah Maharani. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda!

10
Bahan aktifIsopropyl methylphenol, salicylic acid, sulfur, stearyl slycyrrhetinate, glycerin, butylene glycol
Jenis produkGel
Isi5 gr, 9 gr, 18 gr
9
Jenis produkKrim
Bahan aktifNicotinamide, zinc, Anti Bacteria Adhesive (ABA)
Isi40 ml
8

JFAcne Spot Care Transparent Cleanser Bar

Mulai dari Rp 14.760,00

Jenis produkSabun mandi batang
Bahan aktifNatural Antibacterial Active bio sulfur, niacinamide, lactid acid
Isi65 gr
7

Xiaomi Mijia Mijia Double-sided Bath Brush

32997182039

Mulai dari Rp 285.500,00

Jenis produkSikat badan
Bahan aktifKayu pinus, batu vulkanis, sikat gel silika
Isix
6

PalmerhausTerry Palmer Bath Towel Highend Imperium

Mulai dari Rp 119.000,00

Jenis produkHanduk
Bahan aktif100% katun combed USA
Isix
5
Jenis produkBody spray
Bahan aktifSalicylic acid, zinc gluconate, allantoin, Aloe vera, witch hazel
Isi100 ml
4
Jenis produkBody spray
Bahan aktifSalicylic acid, gluconolactone, witch hazel extract, niacinamide
Isi50 ml
3

As Seen On Tv Spin Spa Body Brush

Mulai dari Rp 93.000,00

Jenis produkSikat badan
Bahan aktifABS
Isix
2

The Body ShopTea Tree Skin Clearing Body Wash Shower Gel

Mulai dari Rp 129.000,00

Jenis produkSabun mandi cair
Bahan aktifTea tree oil
Isi250 ml
1

Johnson & JohnsonNeutrogena Body Clear Pink Grapefruit Salicylic Acid Acne Treatment Body Wash

Mulai dari Rp 170.000,00

Jenis produkSabun mandi cair
Bahan aktifSalicylic acid 2%, glycerin, grapefruit extract
Isi250 ml

Tabel perbandingan produk untuk menghilangkan jerawat punggung

Gambar produk
1
Johnson & Johnson Neutrogena Body Clear Pink Grapefruit Salicylic Acid Acne Treatment Body Wash 1

Johnson & Johnson

2
The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Body Wash Shower Gel 1

The Body Shop

3
As Seen On Tv  Spin Spa Body Brush 1

As Seen On Tv

4
Céleteque DermoScience Back Acne Spray 1

Céleteque DermoScience

5
Erha21  Acne Care Lab Acne Back Spray 1

Erha21

6
Palmerhaus Terry Palmer Bath Towel Highend Imperium 1

Palmerhaus

7
Xiaomi Mijia  Mijia Double-sided Bath Brush 1

Xiaomi Mijia

8
JF Acne Spot Care Transparent Cleanser Bar 1

JF

9
Papulex Oil-Free Cream 1

Papulex

10
Rohto Mentholatum Acnes Sealing Jell 1

Rohto Mentholatum

Nama produk

Neutrogena Body Clear Pink Grapefruit Salicylic Acid Acne Treatment Body Wash

Tea Tree Skin Clearing Body Wash Shower Gel

Spin Spa Body Brush

Back Acne Spray

Acne Care Lab Acne Back Spray

Terry Palmer Bath Towel Highend Imperium

Mijia Double-sided Bath Brush

Acne Spot Care Transparent Cleanser Bar

Oil-Free Cream

Acnes Sealing Jell

Keunggulan

Body wash yang membantu mengeksfoliasi kulit Anda

Tubuh relaks dengan wangi alami daun teh

Satu barang dengan lima manfaat

Kemasan praktis yang mudah dibawa ke mana saja

Mengobati jerawat di bagian tak terjangkau

Handuk eksklusif dengan perlindungan antibakteri

Dengan dua sisi sikat yang berbeda, lebih maksimal bersihkan tubuh

Menyamarkan noda bekas jerawat tanpa membuat kulit kering

Krim pelembap yang membantu menghilangkan jerawat

Menyembuhkan jerawat yang meradang tanpa menguras kantong

Harga mulai dariRp 170.000,00Rp 129.000,00Rp 93.000,00Rp 135.000,00Rp 87.600,00Rp 119.000,00Rp 285.500,00Rp 14.760,00Rp 208.120,00Rp 15.000,00
Jenis produkSabun mandi cairSabun mandi cairSikat badanBody sprayBody sprayHandukSikat badanSabun mandi batangKrimIsopropyl methylphenol, salicylic acid, sulfur, stearyl slycyrrhetinate, glycerin, butylene glycol
Bahan aktifSalicylic acid 2%, glycerin, grapefruit extractTea tree oilABSSalicylic acid, gluconolactone, witch hazel extract, niacinamideSalicylic acid, zinc gluconate, allantoin, Aloe vera, witch hazel100% katun combed USAKayu pinus, batu vulkanis, sikat gel silikaNatural Antibacterial Active bio sulfur, niacinamide, lactid acidNicotinamide, zinc, Anti Bacteria Adhesive (ABA)Gel
Isi250 ml250 mlx50 ml100 mlxx65 gr40 ml5 gr, 9 gr, 18 gr
Tautan produk

Tips mengatasi jerawat punggung

Tips mengatasi jerawat punggung

Jerawat di punggung dapat disebabkan penyumbatan pori-pori kulit akibat penumpukan minyak berlebih, kotoran, dan sel-sel kulit mati. Penumpukan tersebut dapat diakibatkan beberapa hal, misalnya kurang menjaga kebersihan, aktivitas yang menyebabkan keringat, serta hormon. 


Selain itu, faktor genetik, penggunaan produk yang kurang cocok, dan gesekan kulit dengan pakaian juga dapat menjadi penyebabnya. Agar jerawat punggung tidak menghalangi Anda untuk tampil maksimal, Anda perlu mengatasinya dengan cermat. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan.


  1. Pertama, Anda perlu menjaga kebersihan tubuh, terutama setelah beraktivitas yang menimbulkan keringat. 
  2. Saat mandi, Anda dapat menggunakan produk yang mengandung bahan aktif untuk mengurangi jerawat. 
  3. Setelah itu, pastikan Anda mengeringkan tubuh dengan benar. Berikutnya, usahakan untuk menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat.
  4. Sebisa mungkin lakukan eksfoliasi kulit secara rutin. Tujuannya adalah untuk mengurangi penumpukan kotoran. 
  5. Jika Anda memiliki rambut panjang, sebaiknya tidak membiarkan rambut tergerai terlalu sering. Kandungan minyak dan kotoran di rambut dapat menempel di area kulit punggung sehingga menyebabkan jerawat. 
  6. Cobalah untuk memakai produk alami yang minim bahan kimia. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi.
dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Hindari mengaplikasikan produk perawatan kulit berbahan dasar minyak, krim, dan lotion pada area punggung. Anda berarti harus menghindari produk berminyak, seperti body oil, massage cream, dan lainnya. Pastikan Anda juga membilas tubuh dengan saksama setelahnya agar terhindar dari jerawat punggung. 

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Salah satu penyebab jerawat di punggung bisa jadi berasal dari produk rambut. Untuk Anda yang memiliki rambut panjang, berhati-hatilah saat memilih produk rambut seperti conditioner ataupun masker rambut. Jika Anda menggunakan produk rambut yang bersifat creamy atau oily, pastikan produk tersebut tidak menempel pada punggung untuk menghindari jerawat punggung.

Baca juga rekomendasi produk perawatan lainnya untuk kulit berjerawat di sini

Selain untuk mengatasi jerawat di punggung, ada juga produk lainnya yang diformulasikan khusus untuk perawatan kulit berjerawat. Bagi Anda yang tertarik, kami merekomendasikan produk-produk terbaik lainnya melalui artikel berikut ini.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda sudah mendapatkan produk yang tepat untuk membantu mengatasi jerawat punggung? Kami sudah memaparkan tips memilih produk yang mampu mencegah dan mengatasi jerawat punggung, serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik. 

Tiap-tiap produk memiliki jenis dan manfaat yang berbeda-beda. Pilihlah secara cermat agar sesuai kebutuhan. Selain itu, untuk mencegah dan mengobati jerawat, Anda wajib selalu menjaga kebersihan dan kelembapan kulit. Selamat memilih!


Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering beserta rekomendasi produk dari merek terbaik di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sinar matahari berlebihan berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali melindungi kulit dengan mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen. Beragam sunscreen yang bagus untuk badan dan muka banyak beredar di pasaran. Merek impor, seperti Cetaphil dan Skin Aqua, maupun produk lokal seperti Wardah dan Somethinc, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin kami, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK. Simak sampai akhir, yuk!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk melindungi kulit anak-anak yang masih rentan terhadap sinar UV (ultraviolet), diperlukan sunscreen atau sunblock khusus anak-anak. Berbagai merek sunscreen anak dan sunblock anak beredar di pasaran dengan keistimewaan masing-masing. Misalnya, merek Nivea, Banana Boat, Neutrogena, dan masih banyak lagi.Simaklah dahulu tips memilih sunscreen untuk anak-anak di bawah ini sebelum membeli. Setelah itu, jangan lewatkan sepuluh rekomendasi sunscreen terbaik yang bagus untuk anak-anak. Sunscreen untuk balita hingga sunscreen untuk anak SD (sekolah dasar), ada di sini! Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina.
    Perawatan badan
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Paparan sinar UV memberikan efek buruk terhadap kulit. Oleh sebab itu, Anda perlu melindungi kulit menggunakan sunscreen atau sunblock. Ada banyak produk sunscreen/sunblock di pasaran dengan tingkat SPF yang berbeda. Untuk perlindungan yang maksimal, banyak orang memilih sunscreen atau sunblock SPF 50.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih sunscreen/sunblock SPF 50 serta memberi review produk yang bagus. Produk dari merek ternama, seperti Nivea, LANEIGE, dan Wardah ada dalam rekomendasi kami. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan komentarnya.
    Perawatan badan
  • 10 Body Serum Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Body Serum Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Body serum adalah salah satu produk perawatan tubuh yang mampu memberi nutrisi lebih pada kulit. Berbeda dengan body lotion, tekstur serum badan lebih ringan sehingga kandungannya lebih mudah meresap. Dengan begitu, Anda pun bisa merasakan manfaat body serum dengan lebih cepat.Pada artikel ini, kami ingin membahas tentang cara memilih body serum yang bagus untuk kulit. Tak lupa, kami juga akan membagikan rekomendasi body serum terbaik dari berbagai merek, misalnya Nivea, Vaseline, dan Azarine. Baca juga tips memilihnya dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Silakan disimak!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori